.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Thursday, June 24, 2010

LisTeNing

Tuhan menyuruh kita untuk mendengarkan. “Setiap orang hendaklah cepat mendengar, tetapi lambat untuk berkata-kata, dan juga lambat untuk marah!” (Yakobus 1:19). Untuk beberapa orang (termasuk aku) , pengaturan kata-kata untuk ayat ini sering dirubah – “Lambat mendengar, cepat berbicara dan cepat marah.”

Apa hubungan antara tidak mendengar dan marah? Ketika kita tidak mengambil waktu untuk benar-benar mendengarkan apa yang seseorang katakan, kita bereaksi atas hal pertama yang mereka ucapkan dan tidak menunggu sampai kita benar-benar mengerti apa yang mereka hendak mereka sampaikan. Pendengar yang baik berusaha untuk mendengarkan hati si pembicara di balik perkataan yang sedang mereka ucapkan, kebutuhan mereka. Orang-orang yang lebih suka berkata-kata kebanyakan memperoleh informasi yang tidak lengkap, dan hanya apa yang di permukaan saja. Tidak mendengarkan, tidak ada pengertian. Tidak ada pengertian, kesimpulan yang salah – dan kemarahan.

Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk membuat mereka mengerti bahwa kita menghargai mereka lebih, tidak hanya mendengarkan perkataan mereka, tapi juga hati mereka. Jika kita tidak dapat memberikan mereka perhatian penuh kepada mereka sekarang, katakan kapan kita bisa dan berikanlah. Begitu banyak salah paham, argumentasi, kata-kata kasar, hati yang terluka, hubungan yang retak, hanya karena seseorang tidak mau mendengarkan.

Kasih itu mendengarkan lho....^_^

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir, silakan tinggalkan komentar ya.

1 Petrus 1

1Petrus 1:13-25 Scripture 1 Petrus 1:14 (TB)  Hiduplah sebagai anak-anak yang taat dan jangan turuti hawa nafsu yang menguasai kamu pada wak...