.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Thursday, June 24, 2010

PengAruH

Aku baru baca bukunya John C. Maxwell yang judulnya KEPEMIMPINAN 101, disitu dia bilang kalo dia pernah ketemu seorang sosiolog yang mengadakan penelitian(entah penelitiannya pake metode apa, valid ato gak),yang jelas hasilnya : orang yang SULIT BERGAUL sekalipun bisa mempengaruhi PALING SEDIKIT 10000 orang sepanjang hidupnya.Berarti untuk orang yang GAMPANG BERGAUL bisa lebih banyak lagi. WOW!!! Do you believe it? 10000?

Jujur aja aku rada gak percaya, optimis banget tuh orang! 10000 orang ’terpengaruh’ oleh kita. I can’t imagine! Oke, tiap orang bisa mempengaruhi orang lain, aku percaya. Tapi masalahnya disini, angkanya terlalu besar untuk dipercaya. Karena aku bukan orang yang optimis, aku berpikir kalo 10% dari 10000 mungkin masi bisa diterima dengan akal sehat, tapi ternyata 1000 pun tetap aja terasa banyak buatku. Trus aku coba hitung dengan perhitungan PALING PESIMIS 1% dari 10000 gimana? Mmmm….100? Oke! Masuk akal kan? Jadi, paling gak kita mampu mempengaruhi 100 orang dalam hal apapun juga. Finish! Itu kesimpulanku pribadi.


TAPIIIIII………..Sejak hari Sabtu, 14 November 2009 pendapatku berubah. Tiba-tiba aja angka 10000 itu terlihat kecil buatku, hehehehe….. Kenapa gitu? Begini ceritanya…..


Hari Sabtu, aku, Stevi dan 2 orang temannya (R dan O) naek mobilnya R untuk pergi ke Kasongan ikut tes CPNSD Katingan, perjalanan Palangka Raya- Kasongan kurang lebih 1-1,5 jam. Gak kebetulan, R dan O ngobrolin tentang tes yang akan kami ikutin. Oborolan mereka kira-kira gini :


R : Formasi punyaku 4 orang yang dicari, kam pang?

O : 3 kah berapa lah….
R : Punyaku 4 tu gen, 1 ja yang bujur-bujur dicari, yang 3 lainnya tu udah jatah orang. Ada aku tanya sama orang BKD. Malas aku umpat kalo dah jatah orang berataan.
O : Iyakah?
R : Iya, memangnya....sama-sama tau ja kita kalo formasi yang lebih dari 1 tu nah biasanya 75% dah jatah orang, kita tinggal memperebutkan yang 1 tu ai....Makinnya yang 1 ja formasinya, pasti dah jatah orang am tu...

AKU BARU TAU........Asli, aku shock banget dengar kayak gitu Gimana ngga, formasi jabatan yang dicari punyaku kan Cuma 1. Kalo udah jatah orang berarti apa yang mau kukerjain ni sia-sia dong? Aku ngerasa down banget. Emang dari dulu dah sering dengar kalo tes-tes gini nih sarat KKN, sarat sogok-menyogok, tapi dengar gini lagi pada H-1 tesnya, aduh….aku diam jadinya. Aku yang awalnya ikut tes dengan semangat jadi gak semangat lagi, aduh……


Cuma beberapa kalimat dari orang yang aku gak terlalu kenal, yang bahkan gak lagi ngomong ma aku, bisa bikin aku down. Aku gak ngobrol sama mereka waktu itu, aku Cuma dengar. Aku dah terpengaruh…. Huh!! Hiks….hiks…hiks… Aku sedih banget pokoknya, sampe brdoa gini: Biarpun gak dapat, sgala perkara dapat kutanggung di dalam Engkau Tuhan,aku percaya. Aku down banget waktu itu….Emang sih pada akhirnya aku bangkit lagi karena kebaikan Tuhan ^_^ Ntar deh aku ceritain kapan-kapan.


Sekarang, aku jadi ingat kata-kata yang kubaca dari Maxwell itu. Betapa 10000 orang bisa kita pengaruhi tu ternyata EMANG BISA. Tiap hari selama kita hidup, kita bertemu banyak orang, kita mempengaruhi mereka sadar ga sadar, baik itu lewat sikap, kata-kata, penampilan, ekspresi, dan lain-lain. Dan mereka terpengaruh, sadar ga sadar. Gini deh, anggap aja tiap hari kita bertemu dan mempengaruhi 1 orang selama kita hidup, maka kalo dihitung dengan harapan hidup(cuma) 30 tahun :


Jmlh Org Trpengaruh = 1 org/hr x 365 hr/thn x 30 thn =10950 org


Trus kalo ada yang bilang, gimana mau dihitung 1 orang per hari, waktu baru lahir sampe usia balita, kita paling ketemu keluarga kita doang kan? Gimana bisa kita mempengaruhi orang lain waktu bayi gitu?Jangan salah!!! Bayangin gini, waktu bgitu lahir, yang terjadi:

- khidupan ortu kita berubah (prioritas, cara mengatur duit,rumah tangga pastinya jadi berubah dengan adanya kita DAN saat mereka berubah, pasti ada orang-orang di sekeliling mereka yang juga terpengaruh kan?)
- saudara-saudara kita (jadi harus jagain adek bayi, belajar gak manja karena udah punya adek, dll)
- teman-teman ortu (yang gak punya anak-mungkin jd pengen punya anak)
- dll.....

Bahkan tanpa kita sadari,baru lahirpun kita sudah mempengaruhi kehidupan orang lain ^_^ Terlebih lagi saat kita sudah sadar kalo kita bisa mempengaruhi orang lain, betapa kekuatan kita untuk mempengaruhi orang lain semakin bertambah!


Jadi pertanyaanya bukanlah:

APAKAH kita mempengaruhi seseorang, ttapi BAGAIMANA kita akan menggunakan pengaruh kita

Karena pengalaman di perjalanan bersama si R tadi, aku benar-benar bertekad menggunakan kemampuanku mempengaruhi orang lain dengan baik, aku gak mau membawa pengaruh yang negatif. Mungkin R gak sadar kalo dia sudah mempengaruhiku, tapi aku berterima kasih untuk salah satu guru kehidupanku ini, yang mengajarkan sesuatu tanpa disadarinya, yang tidak berhati-hati dengan kata-katanya, tapi membuatku belajar kalo aku perlu berhati-hati dengan kata-kataku (”,) Aku akan menggunakan pengaruhku dengan baik!

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir, silakan tinggalkan komentar ya.

Matius 4

Matius 4:1 - 11 Scripture Matius 4:7 (TB)  Yesus berkata kepadanya: "Ada pula tertulis: Janganlah engkau mencobai Tuhan, Allahmu!"...