.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Tuesday, November 1, 2011

Visioneering

Udah lama mau sharing nih buku, judulnya Visioneering, karangan Andy Stanley.
Pertama kali tertarik sama buku ini gara-gara Ajeng (kakak KTBku di Kelas Bertumbuh KAMBIUM), waktu itu kami janjian ketemu pas ada pameran buku, trus pas aku minta rekomendasinya buku apa yang bagus, buku ini langsung deh disodorin ke aku, disertai kata-kata,”GAK BAKAL NYESAL MEG”. Berhubung, aku percaya, walopun saat itu isi dompet tipis, aku beli juga, pikirku,”Ntar kalo udah gak diskon lagi malah lebih mahal” lagipula aku penasaran.

Dan setelah aku baca, aku jatuh cinta ma ni buku, KERENNNNN, TOP ABIS DAH....!!! dd^^bb Beneran gak nyesal deh. Kalo kita dah baca buku ini, pasti pengen deh orang lain juga baca, banyak hal yang membuka mataku dan menguatkanku, dan rindu sangat orang lain juga baca.

Kata-katanya Om Andy Stanley (haissss, om dari mana Meg....) dalam banget. Bener-bener mendorongku untuk mencari tujuan unik Allah bagiku. Gak sampai menemukan aja, tapi bagaimana mewujudkan dan menjalankan sebuah visi. Banyak sekali kata-kata yang indah dan menginspirasi dari buku ini. Believe it or not, hampir di tiap halaman aku menandai kalimat-kalimatnya. Kapan-kapan ya akan aku share, tapi kali ini secuil aja, biar kalian penasaran dan pengen baca, hahahahaha.

Dalam buku ini, Om Andy ini banyak ngambil contoh dari kisah Nehemia, pernah baca kan kitab Nehemia? Aku dulu pas baca kagak terlalu ngerti maksudnya apa, tapi sambil baca buku ini buka kitab Nehemia, wuihhhh......banyak kali aku manggut-mangut dan bilang, “Oooooo....”, ternyata Nehemia ni seorang visioner lo, dia adalah teladan yang luar biasa. Seseorang yang menemukan visinya dan dalam hidupnya melakukan banyak hal untuk mewujudkan visi itu. Itung-itung PA Kitab Nehemia pas baca buku ini, hehehehehe.

Ada 18 bab dalam buku ini, dan aku mau share dikit ya.....

1.      Visi itu Dilahirkan
Bab ini membahas kurang lebih tentang apa itu visi, unsur-unsur visi, asal muasal visi, bagaimana visi bisa muncul, dan hubungan visi kita dengan Allah. Kukasih bocoran ya, visi itu berawal dari KEPEDULIAN. Jadi, hal apa yang kamu pedulikan, biasanya berhubungan dengan visimu. Hayooo, penasaran kan? ^^


  1. Berdoa dan Merencanakan
Sesuai judulnya, di bab ini kita mulai melihat bagaimana mendoakan dan merencanakan sebuah visi. Penting banget nih berdoa dan merencanakan, karena seringkali visi gak perlu tindakan segera. Kita sering gak sabar, grasak-grusuk kesana kemari untuk mewujudkan visi, padahal kita perlu berdoa.

  1. Tempatkan Diri Anda
Dimana kita ditempatkan sekarang dan apapun yang kita alami sekarang adalah tempat Allah mempersiapkan kita untuk mencapai visi-Nya bagi kita.

  1. Allah yang Memberi Tahu Bagaimana Melakukannya
Di bagian ini ada kalimat yang sangat menginspirasi: “Apa yang Tuhan mulai, Ia juga yang akan mengaturnya.” WOW.WOW.WOW.

  1. Iman, Materi yang Penting
Untuk mewujudkan visi, pastinya perlu yang namanya iman. Nah, dikupas deh disini peranan Mas Iman ini ^^V

  1. Membuat Inventaris
Perlu banget yang namanya inventarisasi berkaitan dengan visi, mencari data, menyelidiki, dan mencari informasi. Sebelum memulai, kita perlu menyelidiki. Apa aja yang diselidiki? Well, mari baca bukunya...Hahahhahaha.

  1. Mengumumkan Visi Anda, #1
  2. Mengumumkan Visi Anda, #2
Bab 7 dan 8 sebenarnya gak terpisahkan, sama-sama membahas bagaimana membagikan visi kita kepada orang lain. Mengkomunikasikan visi gak bisa ke sembarang orang, perlu tuh menyampaikan pada orang yang tepat, dan pada waktu yang tepat.

  1. Kekuatan Visi
Sebuah visi memiliki kekuatan, apakah itu?

  1. Visi Memiliki Harganya
Sesuatu yang berharga layak mendapatkan semua pengobanan kita, jadi kita harus siap berkorban.Jangan mengharapkan orang lain untuk mengambil resiko yang lebih besar atau membuat pengorbanan yang lebih besar dari yang telah kita buat.

  1. Menanggapi Kritikan
Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan terhadap kritik yang disampaikan atas visi kita, dan salah satu dari ketiganya adalah MENGINGAT. Apa yang perlu diingat? Ok, biar bisa tidur, aku kasih tau ya....^^ Mengingat siapa yang memulai visi ini, kalau memang visi ini dari Allah, kita gak perlu kuatir akan kritik yang datang.

  1. Keterpaduan
Dalam mewujudkan visi, kita gak akan jadi lone ranger looo....Allah akan menaruhkan orang-orang yang memiliki visi sama, atau orang-orang yang mendukung visi ini. Kalau kita telah menemukan orang-orang ini, kita harus bekerja sama sebagai sebuah tim dan bersatu, visi ini akan semakin kuat berkembang dalam lingkungan seperti ini.

  1. Otoritas Moral
Jangan pernah menempatkan visi kita lebih tinggi dari otoritas moral kita.Saat kita menjalani visi berbeda dengan apa yang kita katakan, kita gak punya lagi kredibilitas.

  1. Gangguan-gangguan
Ada 3 gangguan utama yang dihadapi semua visioner. Mau tebak gak sebelum membaca langsung? ^^V

  1. Kehidupan yang Tidak Mudah Dipahami
Ada potensi Ilahi di dalam semua yang kita visikan untuk dilakukan. Saat segala sesuatu seakan jauh dari terwujudnya suatu visi, maka akan semakin besar hormat dan kemuliaan yang diterima Allah saat visi itu terwujud.

  1. Akhir dari Proses
Taukah tujuan akhir dari visi yang diberikan Allah? Hal itu akan dibahas di bab ini.

  1. Mempertahankan Jalan yang Sedang Anda Tempuh
Bagaimana memelihara visi adalah tema inti dari keselurahan bab ini.

  1. Mandat Pemimpin
Pada akhirnya, mempertahankan suatu visi menuntut kepemimpinan yang berani.   

Setiap orang berakhir di suatu titik dalam hidupnya. Beberapa orang berakhir di suatu tempat dengan sengaja. Mereka adalah orang-orang yang memiliki visi.

Jadiiiiii....Setelah membaca review ini, tertarik kah kalian membaca buku ini? 
Hahahahahaha.
Selamat mencari buku ini yaaa....!!!
Kalo dah dapat dan udah baca, share yukkkk.....
Kutungguuuu......^^V


Kasongan, 1 November 2011
-Mega Menulis-

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir, silakan tinggalkan komentar ya.

Mazmur 13

Mazmur 13 Scripture Mazmur 13:6 (TB)  (13-6b) Aku mau menyanyi untuk TUHAN, karena Ia telah berbuat baik kepadaku.  Observation Ya. Tuhan ga...