.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Thursday, December 29, 2011

Hari Ke-4:Menjadi Seorang Perempuan yang Layak Dipercaya

Ayat Hapalan:
Istri yang cakap, siapakah akan mendapatkannya? Ia lebih berharga daripada permata. Hati suaminya percaya kepadanya, suaminya tidak akan kekurangan keuntungan. Amsal 31:10-11

Bacaan Alkitab:
Amsal 31:10-12

Bacaan Alkitabnya nambah 1 ayat dari ayat hapalanku, ayat 12 itu berbunyi:
Ia berbuat baik kepada suaminya dan tidak berbuat jahat sepanjang umurnya. Amsal 31:12

Waks, jadi ingat Lasma dan postingannya kemaren, judulnya Amsal 31:12  ^^’

Disitu, Echa juga sempat komen gini:
aku dlu nemu ayat ini rasanya gileee beud, gmna cara brbuat baik seumur hdup gitu ya?ga bkin yg jahat2 sm sekali...heuheu. sampe wondering "ooh Tuhan knapa ayat ini buat isteri?yg bwt suami mana?" hhuehe

Bener banget tuh yang Echa bilang, bisa ya ada wanita kayak gini ^^’ SEUMUR HIDUP BO....! SEUMUR HIDUP! Yaelah, seumur hidup lho....*Iyo Meg, kagak usah diulang-ulang*
How can?
I can not understand...*angguk-angguk geleng-geleng*

Dan di buku yang kubaca, di renungannya tertulis (kurang lebih) gini:
BAGAIMANA MEMBAWA KEJAHATAN BAGI ALLAH?
Salah satu cara yang paling jelas adalah membuat suami sorgawi atau dunia kita cemburu dengan mengejar relasi ekslusif lainnya. Iya lahhhh, mana ada suami yang mau diduakan. Istri pun tak mau diduakan.

Seorang kawan pernah bercerita kalau dia murka melihat di dompet suaminya tersimpan foto mantan pacar suaminya. Gubrak!! Sadar gak sih suami kawanku ini  kalo dia sedang membawa kejahatan bagi istrinya? Seseorang istri/suami mungkin bisa memaafkan kesalahan-kesalahan ‘kecil’ pasangannya dengan mudah. Tapi begitu masalahnya adalah pengkhianatan....Eitsss, itu berat banget lo. Akan muncul berbagai masalah ke belakangnya. Dan pastinya bukan sesuatu yang baik.

Dan Allah pun sama, Dia tidak mau kita menjadikanNya yang kedua.
Ingat perintah pertama Allah:
Jangan ada padamu allah lain di hadapan-Ku. Keluaran 20:3

Itu berarti masalah ini sangat penting bagi Allah! Dan Allah ingin jadi yang pertama dalam hidup kita. Dahulukanlah Allah. Kita membawa lebaikan bagi Allah dengan hidup sedemikian rupa sehingga Dia bisa percaya sepenuhnya pada kita.

DAPATKAH ALLAH MEMPERCAYAIMU?
Seorang istri yang baik melakukan yang benar bahkan saat suaminya tidak melihat, dia tetap setia dalam kondisi apapun. Dia layak dipercaya. Nah, dapatkah Allah percaya sepenuhnya kepada kita? Apakah kita melakukan yang benar bahkan saat tidak ada manusia lain melihatnya? Secara pribadi, apakah kita perempuan yang sama dengan apa yang kita proklamirkan di depan publik?

Alkitab berkata:
Tidak ada sesuatupun yang tertutup yang tidak akan dibuka dan tidak ada sesuatupun yang tersembunyi yang tidak akan diketahui. Karena itu apa yang kamu katakan dalam gelap akan kedengaran dalam terang, dan apa yang kamu bisikkan ke telinga di dalam kamar akan diberitakan dari atas atap rumah. Lukas 12:2-3

Jangan katakan pada diri sendiri, “Dosa kecil kesayanganku ini tidak membawa kejahatan pada siapapun.”

Jadilah bisa dipercaya dalam segala hal-hal rahasia sehingga Allah dapat percaya sepenuhnya bahwa kita akan membawa kebaikan bagiNya sepanjang hidup kita.

1.      Periksa hidupmu. Adakah sesuatu yang kamu lakukan atau gagal kamu lakukan dalam kehidupanmu, dan kamu izinkan karena “RAHASIA”? Kenali kelemahan-kelemahanmu, jujurlah dan tangani dengan tegas. Bayangkan kalau hal itu diketahui banyak orang, apakah itu akan membahayakan reputasi keluarga, atasan dan Allahmu? Apa itu akan membuat malu mereka? Kalau iya, berarti kiya sudah membawa kejahatan bagi Allah di mata “banyak saksi,yang bagaikan awan mengelilingi kita” (Ibrani 12:1).
2.      Carilah seseorang partner yang dengannya kita bisa sepenuhnya terbuka tentang pergumulan kita, seorang yang cukup mengasihi kita uuntuk menegur kita jika kita berjalan ke arah yang salah.
3.      Buatlah daftar ALAT-ALAT KUASA. Di situ tuliskan ayat-ayat Alkitab yang bisa menolongmu, tips-tips dan sumber-sumber untuk mengatasi kelemahanmu.

Tadi pagi aku sudah menuliskan ‘dosa kesayanganku yang rahasia’ di diaryku, banyak sekali kelemahanku yang kusembunyikan rupanya. Tapi aku belum sempat mencari ayat-ayat yang bisa meolongku melawan keinginanku berbuat itu lagi. Dan aku sedang mendoakan partner yang padanya aku bisa mengungkapkan semua yang terselubung dalamku.

Ternyata dalam hal-hal tertentu aku belum menjadi perempuan yang layak dipercaya T_T

TUHAN, aku mau membereskan satu per satu dosa-dosa rahasiaku, supaya aku menjadi istri yang cakap, yang layak dipercaya, seorang wanita yang berbuat baik kepada Allahnya dan tidak berbuat jahat kepada Allah seumur hidupku. Mampukan aku ya Tuhan. Tolong aku. Aku memerlukan pertolonganMu.


Kasongan, 29 Desember 2011
-Mega Menulis-

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir, silakan tinggalkan komentar ya.

Roma 12

Roma 12 Scripture        Roma 12:20 (TB)  Tetapi, jika seterumu lapar, berilah dia makan; jika ia haus, berilah dia minum! Dengan berbuat de...