.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Wednesday, January 11, 2012

Hari Ke-17:Batasi Asupan Gula Anda

Ayat Hapalan:
Ia serupa kapal-kapal saudagar, dari jauh ia mendatangkan makanannya.
Ia bangun kalau masih malam, lalu menyediakan makanan untuk seisi rumahnya, dan membagi-bagikan tugas kepada pelayan-pelayannya perempuan.
Amsal 31:14-15

Bacaan Alkitab: Amsal 23:1-3
Bila engkau duduk makan dengan seorang pembesar,perhatikanlah baik-baik apa yang ada di depanmu. Taruhlah sebuah pisau pada lehermu, bila besar nafsumu! Jangan ingin akan makanannya yang lezat, itu adalah hidangan yang menipu.

Duh, jadi ingat beberapa hari lalu, tepatnya pas aku ultah, aku makan di luar dengan keluargaku. Dan emang aku  makan besar. Cape duehhhh...^^’ Udah kenyang, tapi maksain di ngabisin apa yang dipesan. Pesan pun gara-gara lapar mata. Duh....Saat itu udah ngerasa bersalah sih makan segitu banyak, tapi membela diri dengan bilang,”Gak papa lah Meg, gak tiap hari juga, pas ulang tahun ini.” Haiyaaaa.....Padahal gak usah pas ulang tahun juga kalo pas datang kalapnya juga kalap kok. Haiiiisssss ^^

Jangan mentang-mentang kelihatan enak(ato emang enak) lalu jadi kalap pangkat n dong Meg! Bayangkan tuh makan dengan seorang pembesar. Jadi ingat, pernah nonton film zaman dulu, aku lupa judulnya, tentang seorang gadis biasa yang ternyata putri kerajaan gitu. Pas udah gede dia mau dibawa lagi ke kerajaan, jadi sama neneknya yang ratu, dia disuruh mempelajari etiket dan banyak hal, tabble manner, cara berdansa, cara berbicara yang anggun, bahkan cara makan!!!! Menghadapi pembesar ato pejabat kerajaan tentu berbeda dengan menghadapi orang biasa, she’s a princess gitu loh, mosok makan dengan sembarangan. Makannya dengan anggun dong.....^^V Sepertinya tiap makan aku perlu membayangkan duduk bersama seorang pembesar nih, biar bisa mengendalikan makanku ^^’

BTW, ayat berikutnya agak-agak serem ya, mosok tiap makan ngebayangin ada pisau berjarak cuman beberapa centi dari leherku, alamaaakkkkk....Seolah-olah diancam,”Pilih nafsu, mati!!” Serem amat yah?? Sapa juga yang selera makan kalo pas makan ada pisau di lehernya, yang ada ma ketakutan duluan deh buat makan. Haisssss...Gak banget deh kayaknya, makan kok jadi acara horor. Aku lebih memilih makan dengan anggun, menikmati setiap gigitan dan suapan,hmm..... like a princess dah...^^’ Princess Mega gitu lohhhh....Hohohohoho.

Dan terakhir, jadi diingatin untuk memilih apa yang kumakan. Gak asal makan. Gak asal enak lahu  HAPPPP....!!! Perlu belajar memilih, mana yang baik untuk tubuh, mana yang ngga. Ini rada susah nih, soalnya kan biasanya apa yang enak gak baik untuk tubuh, dan apa yang gak enak biasanya baik untuk tubuh *sigh* Maunya sih yang enak-enak dan baik untuk tubuh ya? Hehehehehehe. Baiklah, aku akan  belajar memilah-milah apa yang sebaiknya aku makan....^^’

Sepertinya, beberapa hari ini emang aku perlu merenung-renungkan dan mengendalikan area yang namanya makanan. Perlu pemilihan makanan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksaan dalam permusyawaratan yang tidak diwakilkan neh ^^V Semangat Megggg...!!!

Eh, sebelum aku akhiri ini, kayaknya aku perlu jelaskan yo napa judulnya postingan ini BATASI ASUPAN GULA ANDA. Iyo nih, dari tu buku udah gitu.  Ide dan tindakan praktisnya sih supaya mulai hari ini mengurangi asupan gula. Maklum, di Amrik sono kan penduduknya mengasumsi gula berlebih tiap harinya. Kok bisa? Perhatikan ini:
-          6 sendok teh gula sekali makan akan menurunkan fungsi kekebalan tubuh sampai 25 %.
-          12 sendok teh gula akan menurunkan fungsi kekebalan sampai 60 %.
-          24 sendok teh gula akan menurunkan fungsi kekebalan sampai 92%.
Lah, darimana mereka mengasumsi gula berlebih? Sekaleng coke mengandung lebih dari 8 sendok teh gula. Nah, bayangkan berapa banyak gula yang masuk setiap harinya.

Membaca ini, aku ngerasa aman, hahahaha, secara, aku gak terlalu suka minuman bersoda. Tentunya asupan gulaku standar aja kali yaaaa....??!!! Dan tiba-tiba teringat, nasi juga mengandung gula kannn??!! Hiks....Alamakkkkkk, harus mengurangi makan nasi dunk T_T Ya sudahlah, demi tidak mengurangi kekebalan tubuh aku mau ngurangin makan nasi.

Kasongan, 11 Januari 2012
-Mega Menulis-

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir, silakan tinggalkan komentar ya.

Mazmur 13

Mazmur 13 Scripture Mazmur 13:6 (TB)  (13-6b) Aku mau menyanyi untuk TUHAN, karena Ia telah berbuat baik kepadaku.  Observation Ya. Tuhan ga...