.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Tuesday, January 31, 2012

Multiple Intelligences


Multiple Intelligences adalah teori psikologi dari Howard Gardner tentang orang-orang dan berbagai jenis kecerdasan mereka (logis, visual, musik, dll). Ia menggolongkan menjadi 8 jenis kecerdasan. Aku pernah mengikuti tes gratisnya di sini

Ini penjelasan dari 8 jenis kecerdasan itu:
Kecerdasan Verbal/Linguistik

Orang dengan kecerdasan linguistik secara alami baik dengan menulis atau berbicara dan menghafal. Ia memiliki kemampuan menggunakan kata-kata secara efektif, lisan maupun tertulis. Meliputi juga kemampuan memanipulasi tata bahasa atau struktur bahasa, bunyi bahasa makna sehingga peka terhadap kata kalimat, susunan, huruf, dan mampu menyusunnya dengan baik dan indah.

 Kecerdasan Logis/Matematis
Orang dengan kecerdasan logis didorong oleh logika dan penalaran. Kemampuan menggunakan angka sangat baik, melakukan penalaran dengan benar, kepekaan pada pola dan hubungan antar hal, fungsi logis dan abstraksi lain. Proses yang digunakan dalam kecerdasan ini antara lain kategorisasi (pengelompokan sesuatu), klasifikasi (pemisahan), pengambilan kesimpulan, generalisasi, penghitungan, dan pengujian hipotesisi. Cocok buat mereka yang suka hitung-menghitung agak rumit dan senang denagn permainan angka.

Visual / Ruang
Orang dengan kecerdasan visual baik mengingat gambar dan sadar lingkungan. Kemampuan mempresepsikan dunia spasial-visual secara akurat, mentranformasikannya. Kecerdasan ini meliputi kepekaan pada warna, garis, bentuk, ruang, dan hubungan antar unsure itu, kemampuan membayangkan sesuatu, mempresentasi ken ide dengan cara visual, mengorientasikan diri secara tepat dalam matriks spasial. Kamu suka menyesatkan diri saat jalan-jalan, tapi kamu selalu menemukan jalan. Inilah kecerdasan kamu.

Kecerdasan Tubuh/Kinestetik
Orang dengan kecerdasan Kinestetik memiliki keterampilan motorik yang baik dan menyadari tubuh mereka. Kemampuan menggunakan seluruh tubuh untuk mengekspresikahn ide atau perasaan, keterampilan menggunakan tangan untuk menciptakan atau mengubah sesuatu, kelenturan kakuatan, akan berhubungkan hal yang berkaitan dengan sentuhan.

Kecerdasan Musikal

Orang dengan kecerdasan musikal adalah musik berbakat dan memiliki "telinga yang baik" untuk ritme dan komposisi. Kemampuan menangani bentuk-bentuk musikal dengn cara membedakan, mengubah, kepekaan pada nada, irama, melodi. Bisa dengan cepat menghafal lagu dan menggunakan musik untuk menghafal pelajaran.

Kecerdasan Intrapersonal
Orang dengan kecerdasan intrapersonal mahir melihat ke ‘dalam’. Kemampuan memahami diri sendiri dan bertindak berdasarkan pemahaman tersebut. Kepekaan memahami diri sendiri, kesadaran atas suasana hati, kainginan, kemampuan berdisiplin diri, memahami, menghargai diri.

Kecerdasan Interpersonal
Orang dengan kecerdasan interpersonal yang baik dengan orang dan berkembang dalam interaksi sosial. Kemampuan mempersepsikan dan membedakan suasana hati, maksud, motifasi, dan perasaan orang lain. Kepekaan terhadap ekspresi wajah, reka, suara, kemampuan menanggapi secara efektif tanda-tanda tersebut dan mempengaruhi kelompok orang untuk melakukan tindakan tertentu.

Kemampuan naturalis
Orang dengan kecerdasan naturalis memiliki kepekaan dan apresiasi terhadap alam.

Dan hasilnya seperti yang dapat kalian lihat di bagian paling bawah blogku ini, ayo scroll ke paling bawah :p
Ini dia....
Click to view my Personality Profile page

Intrapersonal: 75 %
Logika: 75 %
Interpersonal: 75 %
Verbal/Linguistik: 70%
Musikal: 65 %
Tubuh/Kinestetik: 30 %
Naturalis: 25 %
Visual/Ruang: 25 %

Bersyukur banget aku sebagaimana adanya aku itu, dengan kecerdasan-kecerdasan itu (dan dengan kebodohan-kebodohan yang ada ^^V). Terkadang pengen tuh kayak teman-temanku yang lain yang punya berbagai kecerdasan yang gak aku punya, tapi kupikir aku sempurna dalam ketidaksempurnaanku, hahaaaaayyyyy... \(“,)/ (halah-halah......^^’)

BTW, Pantesan yooo...aku paling lemah dengan yang namanya ruang-ruang gitu, sulit buatku ngebayangin bentuk-bentuk gitu, hahahahahaha. Bagaimana denganmu? Ayo, dicobain tesnya, ntar share ya.....



Kasongan, 31 Januari 2012
-Mega Menulis-

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir, silakan tinggalkan komentar ya.

Mazmur 13

Mazmur 13 Scripture Mazmur 13:6 (TB)  (13-6b) Aku mau menyanyi untuk TUHAN, karena Ia telah berbuat baik kepadaku.  Observation Ya. Tuhan ga...