.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Wednesday, January 11, 2012

Tiga Tipe Pria


Dulu pernah baca tulisan berjudul Three Types of Men di blognya Erlyn di sini , dan sekarang lagi belajar bahasa Inggris, hahahahaha, jadi mencoba-coba translate nih, biar nambah vocabulary. Erlyn bikin postingan mereview sebuah buku berjudul Created to Be His Help Meet yang ditulis oleh Debi Pearl, dan Debi membagi pria ke dalam 3 tipe, inilah yang dishare Erlyn di blognya.

O,iya...jangan heran kalo aku punya waktu melakukan ini, di kantor DPA blom keluar, jadi kagak ada kegiatan di bidang kami. Sepertinya aku bisa menambahkan kegiatan mentranslate ini ke dalam daftar hal-hal yang bisa aku kerjakan waktu gak ada kerjaan :p. So....here I am....trying to translate any good posting what I read.

Tiga tipe pria dalam buku “Created to Be His Help Meet”-nya Debi Pearl:


Pemimpin

Allah adalah
pengatur, Dia Allah yang berdaulat dan Maha Kuasa. Dia juga visioner,Maha Tahu dan selalu mewujudkan apa yang menjadi rancanganNya. Dan, Allah tidak berubah, Dia sama, baik kemarin, hari ini, dan selamanya, Dia Imam Besar kita yang setia. Kebanyakan pria melambangkan salah satu dari tiga sifat Allah. Tidak ada pria lajang yang benar-benar mengekspresikan ketiga sifat tadi secara utuh.


Beberapa orang dilahirkan dengan sifat yang suka mengatur segala sesuatu, di permukaan, terlihat mereka kurang lembut. Mereka sering berada dalam posisi memerintah atau mengatur orang lain. Kita mereka Pemimpin. Mereka dilahirkan menjadi pemimpin. Mereka sering dipilih menjadi komandan militer, politisi, pengkhotbah, kepala perusahaan, dan manajer bisnis. Winston Churchill, George Patton, dan Ronald Reagan adalah contoh dari Tuan Pengatur. Karena dunia hanya memerlukan beberapa pemimpin, Allah tampaknya membatasi jumlah pemimpin. Orang-orang ini melihat kehidupan dari  sebuah gunung yang tinggi, mereka melihat gambaran yang lebih besar daripada yang dilihat orang lain.


Mereka mengharapkan istri mereka menunggu mereka. Mereka tidak ingin istrinya terlibat dalam setiap proyek yang menghalanginya dari melayani kebutuhan suaminya. Jika Anda diberkati untuk menikah dengan seorang pria, yang kuat, suka memerintah, seperti saya, maka sangat penting bagi Anda belajar bagaimana bersikap tapi tanpa menantang otoritasnya. Kita akan membahasnya nanti.


Pria Pemimpin memiliki toleransi yang kurang sehingga mereka sering berjalan pergi dan meninggalkan istri mereka sambil berteriak-teriak, sebelum akhirnya sang istri menyadari bahwa ia hampir kehilangan pernikahannya. Pada saat istri menyadari bahwa ada masalah serius, dia telah bercerai dan sibuk mencari bantuan bagaimana membesarkan anaknya sendirian.Seorang wanita dapat melawan pria pemimpin, namun itu tidak akan mengubah pria pemimpin. Melawan hanya akan menentang kepribadiannya. Dia tidak seakrab atau rentan seperti juga orang lain dalam berbagi perasaan atau panggilan pribadinya dengan istrinya. Dia tampaknya cukup puas dengan dirinya sendiri. Hal ini memang mengerikan. Seorang wanita yang menikah dengan seorang Tuan Pengatur harus mendapat tempat di dalam hati suaminya dengan membuktikan bahwa dia akan berdiri di samping suaminya, mempercayainya, setia, dan taat. Ketika dia telah memenangkan kepercayaan dari suaminya, suaminya akan sangat memujanya.


Seorang raja menginginkan ratu, itulah mengapa seorang Pria pemimpin menginginkan istri yang setia untuk berbagi ketenaran dan kemuliaannya. Tanpa kekaguman seorang wanita, kemenangannya tidak berarti. Jika seorang istri belajar dari awal untuk menikmati menjadi orang kedua, dan jika istri tidak tersinggung dengan agresivitas keras kepala dari Pria pemimpin, dia akan duduk di sisi kanan sang suami dan dipuja, karena pria semacam ini benar-benar akan memuja dan menghargai istri yang demikian. Istri akan menjadi orang yang terdekat, dan kadang-kadang satu-satunya, orang yang dipercayainya. Setelah bertahun-tahun, Pria Pemimpin bisa menjadi lebih lembut. Istrinya yang demikian telah menemukan jalan menuju hatinya.


Jika Anda menikah dengan seorang raja, anda harus menghormatinya setiap hari, jika anda ingin dia menjadi seorang pria yang baik hati, jujur, kuat, dan dipenuhi Allah. Dia memiliki potensi untuk menjadi pemimpin yang luar biasa. Jangan mempermalukan dia, dan jangan meremehkan dia atau mengabaikan prestasi-prestasinya. Buatlah tujuan hidup Anda adalah menjadi ratunya.


PRIA VISIONER

Allah adalah visioner seperti terlihat dalam pribadi-Nya, Roh Kudus. Dia membentuk beberapa pria seperti itu. Nabi, baik itu benar atau salah, biasanya dari jenis ini.Beberapa dari Anda mungkin menikah dengan pria yang suka mengubah keadaan, dan pemimpi. Orang-orang ini dapat menyebabkan keluarganya kecewa dalam menanggapi beberapa masalah, seperti: Apakah kita harus merayakan Natal? Apakah kita harus meliliki akte perkawinan? Apakah orang Kristen perlu keluar dari sistem jaminan sosial?  Masalah yang dibahas mungkin serius dan mempertanyakan komitmen seseorang, namun  dalam berbagai derajat, orang-orang ini hanya berfokus pada satu aspek. Mereka adalah orang-orang yang menuntut kekudusan dan perilaku yang pantas. Seperti seorang nabi, mereka mengajak orang lain untuk menyelesaikan tugasnya.Jika mereka tidak bijaksana, mereka dapat menjadi seseorang yang memaksakan keinginannya dan membuat orang lain pergi menjauh dari mereka.


Visioner seringkali orang-orang berbakat atau penemu, dan saya yakin mereka sekaliber  Wild West, meskipun mereka tidak akan menjadi petani yang menetap itu. Hari ini pria visioner adalah para pengkhotbah jalanan, aktivis politik, organisator, dan mereka yang berdiri di garis depan segala masalah sosial. Mereka mencintai konfrontasi, dan benci status quo. "Mengapa membiarkan masalah itu ketika Anda dapat mengubahnya?". Mereka adalah orang-orang yang tersisa dari dunia yang mulai membosankan. Visioner dipenuhi dengan kebutuhannya untuk berkomunikasi dengan kata-katanya, musik, tulisan, suara, seni, atau tindakan. Dia adalah "suara yang berteriak di padang gurun”, dia berusaha untuk mengubah cara manusia berperilaku atau berpikir. Niat baik tidak selalu menghindarkan visioner dari bahaya.  Istri yang bijaksana dapat memberikan racun dengan kata-kata negatif, atau dia juga bisa, dengan kata-kata sederhana dan hati-hati, memberikan perhatian pada kebaikan dan kebijaksanaan bagi suami dan meninggalkannya sendirian memikirkanya. Setiap Pria Visioner membutuhkan istri yang baik dan bijaksana, istri yang tenang dan memiliki pandangan positif tentang kehidupan.


Istri Pria Visioner perlu sedikit cuek dan menutup satu matanya jika dia ingin menikmati perjalanan. Jika ini adalah pria Anda, Anda perlu belajar dua hal yang sangat penting (di luar bagaimana bersikap). Pelajarilah bagaimana menjadi fleksibel, dan belajarlah untuk selalu setia kepada pria Anda. Anda akan terkejut dengan kebahagiaan   dan kesenangan yang anda terima saat anda belajar mengikuti arus-arusnya. Hidup akan menjadi sebuah petualangan. Anda akan mulai merasa kasihan dengan wanita yang menikahi pria stabil. Dan sekali anda mendapati suami anda tidak layak anda ikuti, maka anda akan berkata,”Selamat tinggal” pada kehendak orang tua anda menikahi pria stabil, walaupun mereka berteriak anda menikahi pria yang gila-Pria Visioner.

Orang mungkin menganggap menakjubkan anda menikahi pria seperti ini, dan bisa mengasihi dan menghargainya, tapi anda mengenalnya lebih baik, anda melihat kebesaran jiwanya.

Kebesaran jiwa, bukan prestasi tertentu. Seiring waktu, manusia akan menjadi lebih praktis. Jika anda telah menikahi seorang pria yang dipikir ibumu gila-seorang pria visioner. Mulai saat ini, tanamkan dalam hatimu bahwa kamu akan menghormatinya dan bersikap fleksibel. Biarkan impian anda pergi. Bersandarlah dan nikmati perjalananmu, lihatlah akan terjadi sesuatu yang menarik. Pria visioner akan berbicara, berbicara dan berbicara pada istrinya jika dia mendapati istrinya menerimanya. Dia akan menjadi subjektif, berpikir tentang apa yang dirasakannya, suasana hatinya dan keadaan spiritualnya. Salah satu kebutuhan terbesarnya adalah istri yang berpikir objektif  dan menggunakan akal sehat, yang akan membantunya agar tidak terbang terlalu jauh. Dia menghabiskan hidupnya mencari melalui teleskop atau mikroskop, dan ia akan tercengang mengetahui apa yang ia lihat, ternyata orang lain tidak memerhatikan atau peduli.


Pria Tenang

Tuhan adalah gunung batu yang tetap, yang merawat, menyediakan, dan setia, seperti Yesus Kristus. Dia menciptakan manusia dalam berbagai rupa. Pria Tenang tidak membuat keputusan tanpa pertimbangan atau menghabiskan uangnya pada ide-ide baru, dan dia tidak mencoba untuk memberitahu orang lain apa yang harus dilakukan.Dia menghindari kontroversi.


Menikah dengan Pria Tenang memiliki suka duka tersendiri.Sisi baiknya, suami Anda tidak memberikan tekanan berlebihan pada Anda untuk melakukan mukjizat. Dia tidak mengharapkan Anda untuk menjadi pelayannya. Anda tidak menghabiskan hari-hari anda untuk memadamkan api emosionalnya, karena ia tidak menciptakan ketegangan dalam keluarga. Anda jarang perlu merasa bergegas, mendorong, menekan, atau dipaksa. Para wanita yang menikah dengan Pria Visioner melihat anda dan heran melihat suami Anda tampak begitu seimbang dan stabil. Istri dari Pria Pemimpin kagum pada waktu luang yang anda miliki.Jika ayahmu kebetulan Pria Tenang, maka kemungkinan Anda akan menghargai suami anda yang down to earth ini, sungguh harta yang menakjubkan bagi anda.

Bila anda menikahi seorang pria yang stabil dan hati-hati, dan anda memiliki sedikit sifat romantis, maka ada kemungkinan anda kurang menghargai dan menghormatinya. Anda mungkin merasa tidak puas, karena dia lambat dan terlalu berhati-hati mengambil pimpinan atau membuat keputusan yang cepat. Seorang wanita yang suka memerintah tidak sabar melihat suaminya seperti ini. Ketenangannya membuatnya lambat berubah,  sehingga dia terlihat lebih menjadi pengikut karena dia jarang tampil di depan. Tidak ada yang membuatnya terburu-buru, dia lambat, memanjat mantap tanpa bel atau peluit. Anda berharap dia dapat bersikap lebih baik daripada itu, dan anda berharap dia dapat mengambil sikap di dalam gereja. Tapi tampaknya dia membiarkan orang lain memimpinnya. Ada saatnya anda berharap dia memberitahu anda apa yang harus dilakukan sehingga anda tidak perlu mengambil keputusan.


Beberapa wanita menyamakan kurangnya gairah suami mereka sebagai kurang rohani. Kurangnya spontanitas dan keberanian terbuka mereka mungkin terlihat seperti ketidakpedulian terhadap hal-hal rohani. Namun, sebenarnya ia seperti air yang dalam.Kedalamannya sangat sehingga membuat gerakannya hampir tak terlihat, tetapi, bagaimanapun, sangat kuat.


Dia akan bingung dengan ketidakbahagiaan anda dan mencoba untuk melayani anda lebih, yang selanjutnya dapat mengurangi rasa hormat anda untuk maskulinitas-nya. Kekecewaan dan sikap anda yang tidak bersyukur dapat membuat anda lebih lelah daripada seharusnya. Ketenangannya akan membuat wanita yang suka memegang kontrol menjadi gila


Inilah sebabnya mengapa banyak wanita tidak puas menikah dengan Pria Tenang, akan mengalami masalah ketidakseimbangan hormon, penyakit fisik, atau masalah emosional.


Mengenali Priamu

Istri terdiri atas darah dan daging, dan sebagai perempuan muda, kita tidak datang ke pernikahan dengan semua kemampuan yang dibutuhkan untuk membuatnya sempurna. Saat anda mengetahui tipe pria anda dan Allah membentuknya menjadi apa, anda akan berhenti berusaha mengubahnya menjadi apa yang anda pikirkan seharusnya. Kuncinya adalah mengenali tipe pria Anda. Jika dia adalah Pria Tenang, anda perlu belajar untuk bersyukur dan menghormati dia sebagai seseorang yang diberikan bagimu yang segambar Allah. Kelembutan suami Anda bukan kelemahan, melainkan kekuatan. Apa yang tampak pada suami anda seperti keraguan sebenarnya adalah kebijaksanaan dan sikap hari-hati. Kurangnya percakapan spiritual yang mendalam adalah bukan kurangnya kepedulian, itu hanya tutup pada gunung emosi yang intens.


Jika inilah tipe pria anda, anda perlu belajar bagaimana untuk berdiam dan mendengarkan, kemudian membiarkan Tuhan menggerakkan suami anda pada waktu yang tepat.Mintalah Tuhan hikmat dan kesabaran. Berusahalah memiliki roh penyangat yang lembut. Berhentilah mengharapkan dia melakukannya untuk anda, untuk berdoa bersama keluarga, untuk berbicara dalam bersaksi, atau untuk mengambil sikap berani di gereja. Berhentilah mencoba untuk membuat dia marah terhadap anak-anak hanya untuk membuatnya merasakan apa yang anda rasakan.Biarkan dia menjadi seseorang yang Allah inginkan dia menjadi:seorang yang tenang, pendiam, bijaksana - untuk Anda!


Pria Tenang menyukai wanita yang berjalan di sampingnya, namun tumbuh dengan benar di hadapan Allah dan dia.


Ia membutuhkan seorang wanita, yang bekerja keras dengan martabat dan kehormatannya. Hal ini penting untuk Pria Tenang merasa bahwa istrinya mampu mencukupi diri sendiri dalam semua tugas sehari-hari.


Orang-orang ini dapat menjadi orang yang paling penting dalam gereja, karena kesabaran dan keyakinan mereka, dan loyalitas mereka yang kuat. Mereka bijaksana, baik dalam pemikiran maupun pengambilan keputusan.


Biasanya, Pria Tenang tidak menjadi seperti Pria Pemimpin atau Pria visioner. Mereka tidak menonjol atau berdiri di depan. Mereka tidak keras. Mereka tidak menjengkelkan atau mengagumkan. Wanita dan pria menyukai sekaligus iri pada  Pria Pemimpin. Orang sering ditarik dan didorong oleh para visioner.Tapi Pria Tenang memiliki hal lain yang dapat diberikan.


Sebagian besar buku telah ditulis untuk membantu istri muda belajar menghormati, mematuhi, dan menghargai Pria Tenang seperti ini.


Pria Tenang akan menikmati bekerja di perusahaan orang lain dan menjadi yang paling nyaman menghabiskan waktu dalam pembicaraan kecil dengan siapa pun di sekitarnya. Dari tiga jenis pria, ia adalah salah satu yang paling disukai oleh semua orang. Pria Tenang selalu dibutuhkan. Dia milik semua orang. Dia tidak fokus pada gambaran yang kekal seperti Si Pemimpin, dia juga tidak melihat melalui mikroskop sebagai visioner.Tapi dia menghargai keduanya. Visinya sebagai manusia melihat kehidupan sebagaimana adanya. Dia bisa memandang ke langit dan tahu ada lebih banyak di sana daripada yang dia bisa lihat, dan ia bertanya-tanya tentang hal itu. Atau, dia bisa menatap ke kolam berlumpur dan menghargai bahwa ada seluruh dunia di sana dan ia tidak tahu apa-apa. Dalam hidup, ia adalah jembatan antara dua jenis manusia tadi. Dia adalah ekspresi yang sangat penting dari gambar Allah. Dari tiga jenis pria yang berbeda tadi, paling penting bahwa Pria Tenang memiliki penolong yang menyukai dia apa adanya.

Menarik ya? Aku baca ini jadi penasaran pengen baca langsung bukunya Debi Pearl ^^
Dan ini baru sedikit review yang dibuat Erlyn, kalo mau liat lebih banyak, mampir dan tongkrongin aja blognya. Or...pergi ke toko buku terdekat dan cari bukunya langsung, hahahahaha. Eh, sambil translate ini aku mulai memikirkan pria-pria kenalanku, keluargaku, teman-temanku, mereka masuk tipe yang mana ya, hehehehehe. Dan jadi tau sedikit banyak bagaimana bersikap menghadapi mereka ^^’

Kasongan, 11 Januari 2012
-Mega Menulis-

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir, silakan tinggalkan komentar ya.

Mazmur 13

Mazmur 13 Scripture Mazmur 13:6 (TB)  (13-6b) Aku mau menyanyi untuk TUHAN, karena Ia telah berbuat baik kepadaku.  Observation Ya. Tuhan ga...