.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Wednesday, July 18, 2012

Kristus Yes, Orang Kristen No!!

Seorang non Kristen mengatakan, “Saya menyukai Kristus, namun saya tidak suka pada orang Kristen. Orang-orang Kristen itu sangat tidak mirip dengan Kristus!”
“Benarkah demikian?” tanya saya kepada sahabat saya, seorang hamba Tuhan.
“Yah, begitulah. Menjadi seperti Kristus memang berat. Beberapa kawan non-Kristen memang berkomentar serupa. Kristus yes, orang Kristen no!” jawab sahabat saya.

Deretan kalimat di atas adalah status tanteku beberapa waktu yang lalu, apa yang kamu rasakan dan pikirkan sewaktu membacanya?
Simpan dulu jawabanmu ya, ntar share ya di komen, hehehehe ^^

Ada beberapa reaksi yang menarik dari kawan tanteku, komennya seperti ini:
-Apa maksudnya statusmu ni? Kamu ga bangga kah dengan agamamu? Aturannya kamu kasih tahu sebenarnya orang Kristen tu. Jangan sesat
-Siapa yang bilang gitu sama kamu? Kenalin dong sama aku. Aku mau tahu siapa orangnya.
-Pendapat temanmu itu jelas-jelas menghina agama Kristen. Aku mau tahu Tuhan dia itu macam apa.
-Di dunia ini gak ada manusia yang bernilai 100, jadi lebih baik bercermin dulu kalo mau mengungkapkan pendapat. Ga usah menilai agama orang lain. Lihat dulu agama sendiri seperti apa kondisinya. Coba kalo dibalikkan ke dia sendiri omongannya, pasti dia juga sakit hati. Manusia bisa dihina, tetapi agama ga boleh dihina.

Nampak kali lah ya kalo yang komen tu rada-rada emosi, dia ngerasa marah karena agamanya dihina. O, iya for you know ya....yang komen gitu 1 orang lo...Nampak banget kan esmosinya? ^^’
Well, aku gak marah loooo.....^^’
WHATTTT???? Kok bisa kamu gak marah Meg? Kamu gak ngerasa terhina tuh agamamu dihina? Kok bisa? Aneh kamu ni! Murtad yaaa....!!!
Mungkin ada kali ya yang berpikiran kayak gitu. Tapi serius deh, aku gak marah. Ngapain marah? Seenggaknya ada 2 sebab kenapa aku gak marah.
1.         Yang dibilang kawannya tanteku di status itu BENAR

Gak ada kok yang salah sama pendapat itu, aku sebagai orang Kristen juga ngakuin kok kalo aku blom serupa dengan Kristus T_T Bener aja kok, kalo seseorang mengenal pribadi KRISTUS,dia akan kagum. Tapi kalo orang Kristen banyak yang gak suka sih wajar, apalagi yang cuma bisa ngomong doang tapi kelakuannya gak mencerminkan Kristus. Kalo mau jujur-jujuran, bukankah ada banyak orang Kristen di sekeliling kita yang kelakuannya emang sama sekali gak mirip Kristus. Or kalo lebih baek dikit, kadang mirip, kadang kagak. Tentunya kita sering mendengar ato bahkan kadang berucap gini:

“Kok dia gitu ya, padahal katanya orang Kristen tu kasih....”

“Kenapa ya dia ngomongnya kasar banget, padahal penetua diakon?”
“Kok pendeta gitu ya?”

Dan banyak kali kita mempertanyakan sikap orang-orang Kristen di sekitar kita. Ya kan? Bahkan kalo mau gampang lagi, berdiri deh di depan cermin. Kita akan ngeliat seseorang yang gak mirip sama sekali dengan Kristus. Kelakuanku, ku akui, bukan Yesus banget!!! Saat aku membandingkan diriku dengan Kristus, yang aku dapati perbedaannya jauhhhhhhh buanget, aku belumlah mencerminkan dia dalam hidupku.

Iyeee....kita tahu, nobody’s perfect, TAPIIIII...kembali ke kita gak boleh menghakimi, emang harus menyadari bhw gak ada yang sempurna, jadi saling ingatin ^^ Memang semua orang telah berbuat dosa dan kehilangan kemuliaan Allah. Tapi saat Allah memanggil kita menjadi serupa dengan Kristus, itu pasti bukan sesuatu yang mustahil. Kita bisa, tapi cuma dengan anugrah Kristus aja kita dimampukan serupa dengan Dia ^^ kalo dengan kekuatan sendiri si ga mungkin.

Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula, mereka juga ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung di antara banyak saudara. Dan mereka yang ditentukan-Nya dari semula, mereka itu juga dipanggil-Nya. Dan mereka yang dipanggil-Nya, mereka itu juga dibenarkan-Nya. Dan mereka yang dibenarkan-Nya, mereka itu juga dimuliakan-Nya. Roma 8:29-30


Menjadi seperti Kristus bukan sekejap mata, orang Kristen akan berproses seumur hidup. Bukan karena dia jadi orang Kristen, lalu CLINGGGG!!! Berubah jadi mirip Kristus. Kagaaakkkkk...itu proses seumur hidup. Yakin lah! Emang gak gampang. Tapi semakin hari seharusnya ada perubahan yang terjadi, menjadi makin seperti Kristus. Bukan tinggal tetap dalam keadaan yang sama seperti mereka yang tidak mengenal Kristus. Kalo itu terjadi sih, paraaahhhhhh......

Menyadari semua orang Kristen masih berproses seumur hidup, membuatku menahan diri untuk gak menghakimi seseorang, karena aku tahu kita semua belum selesai diprosesNya, kalo kagak salah di buku Pupose Driven Life ada kalimat seperti ini:
Please Be Patient God Is Not Finish With Me Yet

Aku belajar memberi ruang buat kesalahan-kesalahan orang lain, karena aku juga gak sempurna. Tapi semakin hari aku rindu semua orang percaya menjadi semakin serupa dengan Kristus dan mencerminkan Dia.


Ini juga bahan kita mengoreksi diri lo, sudahkah sebagai orang Kristen kita bersikap sebagaimana standar yang ditetapkan Allah bagi kita. Karena aku yakin, gimanapun, standar Allah pasti lebih tinggi daripada kawan tanteku ini, Allah gak Cuma ngeliat kelakuan kita lo, Dia liat hati kita loooo...Nah, kalo yang diliat mata aja ternyata orang Kristen dah ‘ditolak’, gimana kita bisa bersaksi tentang Kristus?

Bener kata Paulus:

Kamu adalah surat pujian kami yang tertulis dalam hati kami dan yang dikenal dan yang dapat dibaca oleh semua orang. 2 korintus 3:2


Orang Kristen tu dikenal dan dibaca SEMUA ORANG, termasuk orang-orang non Kristen, apa yang kita tampilan, ya itu yang dinilai orang-orang. Semua orang Kristen harus menyadari itu.

2.         Kawannya tanteku tu memuji Kristus looooo.....^^V

So, ngapaen aku marah ya? Kalo dibilang agama Kristen dihina, hmm....Gak juga tuh! Malah tu orang memuji dunkkkk, wong dia bilang DIA MENYUKAI KRISTUS!! Padahal dia bukan orang Kristen loooo, tapi dia menyukai Kristus, harusnya kita bangga kan? Bahkan orang yang gak mengenal Kristus dengan baik aja menyukaiNya. Lalu menghinanya dimana? Apa karena dibilang KRISTUS YES, ORANG KRISTEN NO? Aku pikir dia gak sembarangan lo ngomong gitu, tentunya dia punya pengalaman yang kurang baik dengan beberapa orang Kristen yang menyebabkan dia berkata seperti itu. Aku gak menyalahkan dia. Malah kembali aku tersanjung, waktu aku tahu,saat dia bilang gitu tentunya dia punya STANDAR TINGGI gimana seharusnya orang Kristen tu.

Saat kawannya tanteku berkata seperti itu, aku benar-benar gak merasa terhina, ato ngerasa agamaku dihina. Mau dibilang ORANG KRISTEN NO, aku gak merasa terluka. Mau agama Kristen dihina pun, sebenarnya aku gak terlalu ambil pusing. Karena menurutku pribadi kekristenan bukan sekedar agama, KEKRISTENAN adalah tentang YESUS yang tinggal dalam hidup kita, bagaimana aku mencerminkan KRISTUS dalam hidupku.

Terserah kalo orang mau menghina agama Kristen. Gak perlu marah lah ya, kita harus berkepala dingin dan menghayati sebenarnya apa sih makna kekristenan itu? Kalo emang hanya sekedar agama, ya wajar marah-marah. Tapi aku teringat Daud yang juga pernah marah besar dan merasa terhina mendengar Goliat menghina Allahnya

Lalu berkatalah Daud kepada orang-orang yang berdiri di dekatnya: "Apakah yang akan dilakukan kepada orang yang mengalahkan orang Filistin itu dan yang menghindarkan cemooh dari Israel? Siapakah orang Filistin yang tak bersunat ini, sampai ia berani mencemoohkan barisan dari pada Allah yang hidup?". 1 Samuel 17:26

Daud gak sekedar melihat dirinya ato orang Israel yang dihina, dia mendengar maksud dari si Goliat yang menghina Allahnya orang Israel. Aku merasakan hal yang sama setiap kali orang menghujat Kristus ato berkata-kata macam-macam yang gak baik tentang Kristus. Pernah aku membaca orang-orang yang berkomentar tentang Kristus, awalnya aku marah, tapi kemudian aku sedih looo....Orang yang berkata demikian gak tahu apa yang dia perbuat. Dan kemudian aku merasakan belas kasihan terhadap mereka. Kasihan orang-orang yang seperti ini, mereka belum merasakan disentuh sama kasih Kristus, how poor they are T_T

Nah, kali ini aku merasa bukan Kristus yang dihina, tapi orang Kristen yang dihina.
Kalo dibilang DIHINA ini, aku jadi teringat  Paulus yang juga dihina dalam pelayanannya:

Sebagai teman-teman sekerja, kami menasihatkan kamu, supaya kamu jangan membuat menjadi sia-sia kasih karunia Allah, yang telah kamu terima. Sebab Allah berfirman: "Pada waktu Aku berkenan, Aku akan mendengarkan engkau, dan pada hari Aku menyelamatkan, Aku akan menolong engkau." Sesungguhnya, waktu ini adalah waktu perkenanan itu; sesungguhnya, hari ini adalah hari penyelamatan itu. Dalam hal apapun kami tidak memberi sebab orang tersandung, supaya pelayanan kami jangan sampai dicela. 2 Kor 6:1-3

“Sebaliknya, dalam segala hal kami menunjukkan, bahwa kami adalah pelayan Allah, yaitu: dalam menahan dengan penuh kesabaran dalam penderitaan, kesesakan dan kesukaran, dalam menanggung dera, dalam penjara dan kerusuhan, dalam berjerih payah, dalam berjaga-jaga dan berpuasa; dalam kemurnian hati, pengetahuan, kesabaran, dan kemurahan hati; dalam Roh Kudus dan kasih yang tidak munafik; dalam pemberitaan kebenaran dan kekuasaan Allah; dengan menggunakan senjata-senjata keadilan untuk menyerang ataupun untuk membela ketika dihormati dan ketika dihina; ketika diumpat atau ketika dipuji; ketika dianggap sebagai penipu, namun dipercayai,..... “ 2 Korintus 6:4-10

Setiap harinya, kalo kita gak mau dihina, harusnya kita belajar dari Paulus, ini nih tips-tips dari Paulus:
-          Jangan membuat menjadi sia-sia kasih karunia Allah, yang telah kamu terima
Kalo orang Kristen hidup seperti tidak mengenal Allah dan hidupnya bikin malu, aihhhh....gimana orang gak menghina coba! Makanya, hiduplah sebagaimana harusnya kita hidup.
-      Jangan memberi sebab orang tersandung, supaya jangan sampai dicela
        Mungkin saja kita melakukan sesuatu yang benar menurut keyakinan kita pada Kristus, tapi kalo hal itu membuat orang lain tersandung alias gak bisa menerima kita, please, pikiran lagi deh sebelum melakukannya.
-      Dalam segala hal tunjukkan bahwa orang Kristen adalah pelayan Allah
        Bahkan waktu dihina, waktu menderita, waktu sengsara, waktu ngalamin APA SAJAAAA.....!!! Lakukan yang benar, bersikaplah sebagai pelayan Allah, gak peduli ada yang lihat ato gak ^^’

Yakin deh, kalo tips-tips ini dilakukan, pastinya orang Kristen gak akan lagi dihina ^^V



Kasongan, 18 Juli 2012
-Mega Menulis-


Mazmur 13

Mazmur 13 Scripture Mazmur 13:6 (TB)  (13-6b) Aku mau menyanyi untuk TUHAN, karena Ia telah berbuat baik kepadaku.  Observation Ya. Tuhan ga...