.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Monday, July 30, 2012

KASIH di bulan AGUSTUS ^^V (ayat hapalan kita)


Masi ingat komitmenku untuk menghapal FirTu beberapa waktu lalu di sini
Nah, gak disangka-sangka, Dhieta ngajakin aku buat proyek menghapal FirTu bareng, ceritanya bisa diliat di tulisannya yang berjudul 30Hari Menghapal Ayat


Ternyata, ada beberapa teman yang juga mau ikutan dalam proyek ini, makanya kali ini aku mau postingkan ayat-ayat yang akan kita hapalkan bareng selama bulan Agustus ntar ^^ Di blognya Dhieta juga bakal ada postingan tentang ayat yang akan dihapalkan. Sama ntar isinya, karena kami emang nyari dan diskusi bareng buat nentuin ayat-ayat yang akan dihapalkan.

Tema dari ayat-ayat yang akan dihapalkan buat bulan Agustus adalah KASIH.
Kenapa KASIH? Well, kemaren waktu awal milih sih Cuma karena mikir inilah karakter pengikut KRISTUS yang penting banget dan jadi ciri-ciri kita. Tapi tau gak sih, GOD is awesome, waktu aku sama Dhieta nyari ayat-ayat tentang KASIH. Kami menemukan banyak hal yang luar biasa yang TUHAN bukakan tentang KASIH ini. Dah kayak PA bareng aja kami kemaren, hehehehe. Karenanya, aku menyarankan, saat teman-teman membaca dan menghapal ayat sesuai harinya, silakan teman-teman baca juga perikopnya. Wah....kamu bakal menemukan harta karun yang gak terduga. Beneran deh, firman Tuhan tu kaya banget. Aku dan Dhieta berulang kali terheran-heran ato mengangguk –angguk membaca ayat tertentu. Sungguh alangkah dalamnya kekayaan, hikmat dan pengetahuan Allah.

Entah kenapa, jadi ingat salah satu lagu Kidung Jemaat no.51 yang berjudul Kitab Suci, Hartaku
  1. Kitab Suci, hartaku, tak ternilai hargamu;
    olehmu terungkaplah siapa ‘ku sesungguhnya.
  2. Alkitab membimbingku pada Jurus’lamatku
    dan memuatku sedar bila aku tak benar
  3. ‘Ku dihibur olehnya bila susah dan lelah –
    dan diajar beriman, atas maut pun ‘ku menang.
  4. Sukacita yang baka diungkapkan olehnya.
    Kitab Suci, hartaku, tak ternilai hargamu.

Seperti harta yang untuk mendapatkannya kita harus bersusah payah mencarinya, mengorbankan waktu dan melakukan berbagai usaha, menggalinya,berenang ke dasar laut (dah kayak film mencari harta karun aja ya...:p), demikianlah FirTu. FirTu gak akan jadi harta kita, kalo kita gak menggalinya, berusaha menemukan nilainya yang jauh lebih dalam dari sekedar kata-kata indah saja. Kalo aku memulai komitmen menghapal FirTu ini karena aku ingin punya senjata untuk menghadapi berbagai hal di hidupku seperti yang aku ceritakan di postinganku The Dark Knight Risesdan Pedang Roh , kali ini aku menemukan motivasi lain menghapal Firtu, yakni karena aku ingin menemukan harta yang telah Tuhan berikan padaku, yang selama ini ada di depan mataku, tapi belum aku gali, dan melihat nilai sesungguhnya. Aku gak mau Cuma sekedar menghapal, aku mau merenungkannya siang dan malam ^^V

Waktu memilih ayat-ayat ini, ada ayat yang puanjuaanggggg dan lebar, hahahaha, dunno gimana menghapalnya dah. Bakal kerja keras nih aku TUHAN, gitu pikirku, piye menghapalnya *masi mikir* Apalagi kalo ngapal, aku gak mau nanggung-nanggung, yang intinya doang, maunya isi dan alamat ayatnya lengkap (kumat perfeksionisnya, hahahaha). Tapi, aku diingatkan TUHAN kalo yang terpenting adalah bener-bener berpetualang dalam kasih, do LOVE! Gak cuman NGAPAL tapi gak melakukannya.

Golnya bukan sekedar kita ayat-ayat tentang KASIH, tapi bagaimana melalui ayat-ayat hapalan ini, aku jadi makin mengasihi sesama seperti yang ALLAH inginkan. Kalo Cuma ngapal ma ntar kita jadi kayak ahli Taurat dan Orang Farisi dunk, mau? :p

Jadi, inilah ayat-ayat hapalan kita:
(nomor-nomor yang tercantum adalah tanggal kita menghapalnya ^^)

A. MENGASIHI ADALAH PERINTAH ALLAH
1.      Yoh 13 : 34
Aku memberikan perintah baru kepada kamu, yaitu supaya kamu saling mengasihi; sama seperti Aku telah mengasihi kamu demikian pula kamu harus saling mengasihi.

2.      I Yoh 4 : 21
Dan perintah ini kita terima dari Dia: Barang siapa mengasihi Allah, ia harus juga mengasihi saudaranya.


B. MENGAPA KITA MENGASIHI
·      karena Allah terlebih dahulu mengasihi kita
3.      I Yoh 4 : 19
Kita mengasihi karena Allah terlebih dahulu mengasihi kita.

4.      I Yoh 4 : 11
Saudara-saudaraku yang kekasih, jikalau Allah sedemikian mengasihi kita, maka haruslah kita juga saling mengasihi.

·      sebab kita berasal dari Allah
5.      I Yoh 4 : 7
Saudara-saudaraku yang kekasih, marilah kita saling mengasihi, sebab kita berasal dari Allah; dan setiap orang yang mengasihi, lahir dari Allah dan mengenal Allah.

·      tanpa kasih semuanya sia-sia
6.      I Kor 13 : 3
Dan sekalipun aku membagi-bagikan segala sesuatu yang ada padaku, bahkan menyerahkan tubuhku untuk dibakar, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, sedikitpun tidak ada faedahnya bagiku.

III. MENGASIHI ADALAH TANDA
·         tanda kasih kita kepada Allah
7.      I Yoh 4 : 20
Jikalau seorang berkata: “ Aku mengasihi Allah”, dan ia membenci saudaranya yang dilihatnya, tidak mungkin mengasihi Allah yang tidak dilihatnya.

·         tanda pengenalan kita kepada Allah
8.      I Yoh 4 : 8
Barang siapa tidak mengasihi, ia tidak mengenal Allah sebab Allah adalah kasih.


·         tanda bahwa kita adalah murid Kristus
9.      Yoh 13: 35
Dengan demikian semua orang akan tahu bahwa kamu adalah murid-muridKu, yaitu jika kamu saling mengasihi.

·         tanda respon kita akan anugerah Allah
10.  Lukas 7 : 47
Sebab itu aku berkata kepadamu: Dosanya yang banyak itu telah diampuni, sebab ia telah banyak berbuat kasih. Tetapi orang yang sedikit diampuni, sedikit juga ia berbuat kasih.

·         tanda takut akan Allah
11.  Ayub 6:14
Siapa menahan kasih sayang terhadap sesamanya, melalaikan takut terhadap yang Maha Kuasa.

D. SIFAT-SIFAT KASIH

12.  I Kor 13 : 4
Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong.

13.  I Kor 13 : 5
Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain.

14.  I Kor 13 : 6
Ia tidak bersukacita karena ketidakadilan, tetapi karena kebenaran.

15.  I Kor 13 : 7
Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu.

16.  I Kor 13 : 8
Kasih tidak berkesudahan; nubuat akan berakhir; bahasa roh akan berhenti; pengetahuan akan lenyap.

17.  I Kor 13 : 13
Demikianlah tingga ketiga hal ini, yaitu iman, pengharapan dan kasih, dan yang paling besar di antaranya adakah kasih.

E. MENGAPA KASIH ITU PENTING
·         karena kasih adalah inti hukum Taurat
18.  Mat 22 : 37 – 39
Jawab Yesus kepadanya: “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. Itulah hukum yang terutama dan yang pertama. Dan hukum kedua yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.

·         karena kasih adalah kegenapan hukum Taurat
19.  Roma 13 : 10
Kasih tidak berbuat jahat kepada manusia, karena kasih itu adalah kegenapan hukum Taurat.

·         karena kasih adalah buah Roh
20.  Galatia 5 : 22
Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan,

·         karena kasih adalah pengikat
21.  Kol 3:14
Dan di atas semuanya itu: kenakanlah kasih, sebagai pengikat yang mempersatukan dan menyempurnakan.

·         karena kasih adalah senjata rohani
22.  I Tes 5 : 8
Tetapi kita adalah orang-orang siang, baiklah kita sadar, berbajuzirahkan iman dan kasih, dan berketopongkan pengharapan keselamatan.

F. SIAPA YANG HARUS KITA KASIHI
·           semua orang
23.  Lukas 6 : 32, 35
Dan jilakau kamu mengasihi orang yang mengasihi kamu, apakah jasamu? Orang-orang berdosa pun berbuat demikian. Tetapi kamu, kasihilah musuhmu dan berbuat baiklah kepada mereka dan pinjamkan dengan tidak mengharapkan balasan, maka upahmu akan besar dan kamu akan menjadi anak-anak Allah Yang Maha Tinggi, sebab ia baik terhadap orang-orang yang tidak tahu berterima kasih dan terhadap orang-orang yang jahat.

G. DALAM HAL APA KITA HARUS MENGASIHI
·         dalam segala hal
24.  Kor 16 : 14
Lakukanlah segala pekerjaanmu dalam kasih!

H. EFEK KASIH
·         menutupi dosa
25.  I Petrus 4 : 8
Tetapi yang terutama: kasihilah seorang akan yang lain, sebab kasih menutupi banyak sekali
dosa.

26.  Amsal 10:12
Kebencian menimbulkan pertengkaran, tetapi kasih menutupi segala pelanggaran.

·         membawa pengampunan
27.  Ams 16:6 
Dengan kasih dan kesetiaan, kesalahan diampuni, karena takut akan TUHAN orang menjauhi kejahatan.

·         menjaga kita tetap dalam Allah

28.  I Yoh 4 : 16
Kita telah mengenal dan telah percaya akan kasih Allah kepada kita. Allah adalah kasih,dan barang siapa tetap berada di dalam kasih, ia tetap berada di dalam Allah dan Allah di dalam dia.

I. BAGAIMANA MENGASIHI
29.  Ibrani 13 : 1
Peliharalah kasih persaudaraan

30.   1Kor 14:1
 Kejarlah kasih itu dan usahakanlah dirimu memperoleh karunia-karunia Roh, terutama karunia untuk bernubuat.

J. KAPAN MENGASIHI

31.  Ams 3:3 
Janganlah kiranya kasih dan setia meninggalkan engkau! Kalungkanlah itu pada lehermu, tuliskanlah itu pada loh hatimu,



Mari kita berpetualang dalam kasih...\(“,)/

Kasongan, 30 Juli 2012
-Mega Menulis-




Mazmur 13

Mazmur 13 Scripture Mazmur 13:6 (TB)  (13-6b) Aku mau menyanyi untuk TUHAN, karena Ia telah berbuat baik kepadaku.  Observation Ya. Tuhan ga...