.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Wednesday, April 3, 2013

Sapa yang Laper Mataaaaa???!!



Sebagai cewek, sering banget lah ya ngalamin yang namanya laper mata :p
Kalo udah ngeliatin barang-barang yang lucu dan bagus banget, or ditaksir, kata-kata macam:
“Ih lucu, mauuuu...”
“Bagus ya..”
“Waduh, barang gini didiskon...beliii...”
Yeah, something like that lah pokoknya.


Tapiiii...aku gak laper mata kok Meg....
*suara seorang wanita lain*
Ah, itu dulu juga suaraku, aku gak ngerasa laper mata, hahahaha, ternyata dalam beberapa situasi aku dapetin kalo aku juga bisa laper mata trus kalaaapppp :p *kalo gak percaya tanyakan pada echa* Secara, diriku yang susah cari baju yang muat, giliran maen ke Bandung jalan ma Echa, ngeliat berbagai model bajku yang harganya terjangkau dan MUAT DI BADANKU (ini yang paling penting :p). Yo wes lah, Echa jadi saksi hidup kekalapanku tahun kemaren, hahahahaha.

Jarang-jarang lo aku gitu Cha *ngeles* tapi dengan gitu, emang ketahuan kalo aku masi seperti cewe normal lainnya (selama ini gak normal, hahahaha), masi doyan baju. Alamakkk, gak kebayang kalo aku punya badan kurus, bisa gak kalap lagi diriku, tapi super kalap sama yang namanya baju :p Untungnya setelah belanja besar-besaran tahun kemaren di  Bandung dan Jakarta, o iyaaa...Dhieta juga saksi kekalapanku ya, hahahahaha, aku emang gak ada lagi beli baju.
Tahun ini pun gak ada tuh beli baju. Yessss!!!

Tapiiii, sayangnya mataku jadi laper lagi pas jalan-jalan ke Banjarmasin sama Fani, kali ini bukan baju yang kulahap, tapi BUKU, yeahhhhh....maen ke Gramedia danb disana lagi ada cuci gudang, alhasil pulang ke Palangka Raya bawa buku buanyak dan tuebel buanget, novel-novel yang dijual murah (dan sampe sekarang belum dibaca *sigh*. Sejujurnya aku gak nyesal, cumaaaa...bulan kemaren aku emang harus mengencangkan ikat pinggang sekencang-kencangnya sampe sakit gara-gara “kekhilafanku” :p

Kenapa jadi ngomongin laper mata gini?
Teringat perbincanganku dengan teman kantorku, si Yubi. Waktu aku bilang pengen punya butik ato paling gak jualan baju di rumah, dia bilang rugi, mending dijual kayak yang aku lakukan selama ini aja, nawarin ke kantor, teman-teman ato sodara aja, datangin langsung!! Alasannya, memanfaatkan “lapar mata”nya cewek. Cewek ni kalo udah ngeliat barang yang dia suka, jadi pengen banget punya dan cenderung gak mikir-mikir lagi.

Jadi merenung, iya juga ya....Pantes aja jualanku selama ini laris, because of karena, asal bawa barang bagus dan DILIHAT orang, trus dicoba, pas pulak, bisa ngutang, taraaaa...SOLD :p
Coba deh dipikir, kebanyakan wanita yang kukenal dan aku sempat tanya ke beberapa wanita, mereka gak punya target tertentu tuh buat beli baju baru. Misal, sebulan sekali buat beli baju baru, kagaaaakkkkk....!!! Jarang banget yang gituan.  Gimana dengan kamu, punyakah target demikian?
Nah, masalahnya, begitu jalan-jalan , waktu melihat barang yang disukanya...tanpa bisa mengendalikan diri, hasrat untuk memiliki jadi yang meluap gitu, huaaa...apalagi kalo liat kata keramat DISKON :p Langsung deh, para wanita jadi GANAS. 

Pengalaman seorang kawan yang punya toko pakaian, ada seorang wanita yang menemani kawannya melihat-lihat baju, lahhhh...namanya melihat, begitu ketemu yang disuka, walaupun gak pengen beli, jadi beli dah :p Bener banget tuh, dari mata turun ke hati, hahahaha. Parahnya, begitu kawannya mengingatkan kalau suami sang pembeli baju ini bakal ngomel, tau gak jawabnya apa, “Ntar gampang, aku bilang aja oleh-oleh dari si A”. Gubraakssss!!!! Laper mata rupanya membawa ke dalam dosa juga ya *geleng-geleng* Aku yang mendapat kisah ini bengong, kok bisa ya istri ini tadi kepikiran untuk berbohong gitu Cuma gara-gara selembar baju, ckckckckck....

Pengalamanku laper mata dengan yang namanya baju mungkin gak dahstyat-dahsyat amat, tapi emang kalo liat buku, waaaa...kebanyakan emang susah buat nahan diri. Langsung tuh berlari ke ATM terdekat dan minta duit buat beli buku, disertai membela diri dengan kata-kata “Mumpung diskonnnn...”, yeahhhh tiap orang dicobai dengan keinginannya masing-masing, bisa juga baju, ato buku, ato gadget, ato batik/anggrek/something pink *senggol fani*, yang jelas namanya laper mata ini dapat diderita siapa aja.

Kali ini, aku mau share tipsku buat menangani yang namanya laper mata:
1.       Jangan berjalan-jalan dengan membawa banyak uang/atm dengan banyak uang
Kalo ngerasa banyak uang, lah....jadi royal dan gak Cuma laper mata lagi ngeliat barang-barang yang disuka, salah-salah malah gelap mata :p Aku sekarang gak menyimpan banyak uang di tabunganku yang ber- ATM, karena itu membuatku tergoda membelanjakannya.  Yang ada di ATMku adalah simpanan secukupnya untuk keperluan bulanan dan keperluan tak terduga. Simpanan yang bener-bener tabungan aku simpan di tabungan yang gak punya ATM ato dalam bentuk emas.

2.       Siapkan anggaran khusus buat belanja
Misal, budget untuk beli buku/baju setiap bulan adalah sekian ribu. Itu adalah budget maksimal untuk belanja barang tersebut, tapi bukan berarti memaksa diri menghabiskan semua anggaran pada bulan itu ya, berhikmat. Kalo emang blom nemu yang kita butuhkan bulan itu, jangan dipaksain dunk membeli yang gak kita butuhkan. Mending disimpan dulu aja. Jangan mengambil anggaran belanja dari tempat lain.

3.       Tiap mau belanja, MIKIR!
Mikir, ini barang aku butuhkan gak sih.
Mikir, ini barang seandainya gak diskon bakal aku beli gak sih.
Mikir, ini barang bakal aku gunakan segera gak sih, ato jangan-jangan beli ntar gak dipakai.
Mikir, ini barang kalo aku gak beli akibatnya apa nih.

4.       Kurangin tuh ngelike fanpage or berkawan sama Online Shopping
Sekarang laper mata gak terjadi kalo kita ke toko doang, di inet noh bertebaran barang dagangan yang murah n nampak oke. Lebih gampang pulak belanjanya, tinggal pilih dan transfer,dikirim pulask sampai rumahhhh, huaaa...sapa yang gak tergoda coba. Jadi, demi menyelamatkan keuangan kita,kapan perlu dihide aja tuh jualan-jualan yang di FB, hehehehe.

Jadi, girls, jangan laper mata yoo....!!!
Mari belajar jadi penatalayan yang baek atas harta yang Tuhan percayakan buatmu. Jadi ingat postingan ini

Mungkin kita mikirnya, gak papa lah ya, laper mata, toh duit yang kita belanjain ya duit kita sendiri, hasil kerja sendiri pulak, tapi kebenarannya tidak demikian, semua harta yang kita punya sekarang sebenarnya hanya milik Tuhan, kita Cuma pengelola. Nah looo, CUMA PENGELOLA loooo...artinya someday, kita harus mempertanggungjawabkan kepada Sang Empu yang sebenarnya. Gimana tuh kalo didapetinNya harta miliknya berakhir di mall-mall or shopping online? Malu gak tuhhh... ^^’

Kasongan, 3 April 2013
-Mega Menulis-


5 comments:

  1. Eh, emakku juga ajarin biar ga laper mata. Jangan beli yang butuh, tapi beli yang butuhhhhh sekaliii bangeett dan teramat sangattt...

    Gara-gara itu aku jadi ga pernah jadi beli apa-apa kalo ga bener-bener lagi mepet butuhnya. Malahan ga jarang jadi ga beli apa-apa gara-gara kebanyakan mikir.

    Jadinya malah ngerasa pelit sama diri sendiri. Hahhaha

    ReplyDelete
  2. kalo gini, kamu sealiran dah sama adekku yang namanya Ruri, beli2 buat dirinya sendiri tu juaruaaanggggg buanget, tapi sekalinya beli emang yang bagus sekalian si, jadi awet gitu makenya, salut si sama dia, ngatur duitnya luar biasa uyyy d^^b

    ReplyDelete
  3. Hahaha iya bener banget... Klo aku cenderung laper mata klo liat baju2 buat kimmy! Tapi puji Tuhan, sejauh ini gak pernah sampe bohong sama suami wkwkwkwwkkwk

    ReplyDelete
  4. Hwakakakak! Postingan ini pas banget buat akuuu~ Dua bulan kemarin aku kalap =.= liat baju unyu2 di Onlines hop jadi kumat deh...

    Bulan ini masuk bulan mengencangkan ikat pinggang *ugh...* semoga berhasil

    *kita emang cewek kan? :3 heheeh~

    ReplyDelete
  5. Mama Kimmy: hahaha, tiap kita laper mata sama hal2 yang beda ya, tapi inti ne si tetep laper mata, gkgkgkgkgk.

    Nita : Yeahhh, kita cewek :p Mari mengencangjan ikat pinggang, hohohoho. Semoga sukses sampai akhir bulan. aminnnn

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir, silakan tinggalkan komentar ya.

1 Samuel 17-18

1 Samuel 17 Scripture        1 Samuel 17:15, 37 (TB)  Tetapi Daud selalu pulang dari pada Saul untuk menggembalakan domba ayahnya di Bet...