.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Sunday, October 1, 2017

Ezra 7-10, 2 Korintus 8, Amsal 24

Ezra 7:10 (TB)  Sebab Ezra telah bertekad untuk meneliti Taurat TUHAN dan melakukannya serta mengajar ketetapan dan peraturan di antara orang Israel.

Ezra berketetapan untuk:
👉 meneliti Taurat Tuhan
👉 melakukan Taurat Tuhan
👉 mengajar ketetapan dan peraturan di antara orang Israel
Perhatikan urutannya! Ezra gak mengajar tanpa terlebih dahulu melakukan Taurat Tuhan,  dan dia gak melakukan tanpa menelitinya terlebih dahulu. Ezra tahu sebagai pengajar maka apa yang diajarkannya akan punya kuasa kalau dia sudah melakukannya. Gak kebayang kalau dia mengajar tapi dia belum melakukan, pastinya akan susah mengajar banyak orang. Selain itu, Ezra melakukan firman Tuhan dengan pengertian karena dia menyediakan waktu untuk menyelidiki firman Tuhan.

Ezra 7:18 (TB)  Tetapi apa yang dianggap baik olehmu dan oleh saudara-saudaramu untuk diperbuat dengan perak dan emas yang selebihnya, boleh kamu perbuat sesuai dengan kehendak Allahmu.

Luar biasa perkataan Raja Artahsasta kepada Ezra, dia berikan kuasa dan kepercayaan bagi Ezra untuk untuk menggunakan perak dan emas yang ada untuk rumah Allah di Yerusalem. Apa yang dianggap olehnya baik boleh diperbuat sesuai dengan kehendak ALLAH.

Saat aku diberikan kuasa dan kepercayaan, sudahkah aku menggunakannya sesuai kehendak Allah? Entah di kantor, di rumah,  di gereja, dalam pergaulan,  dll aku bertanggung jawab untuk gak menyia-nyiakan kepercayaan yang Tuhan berikan.

Ezra 9:6 (TB)  dan kataku: "Ya Allahku, aku malu dan mendapat cela, sehingga tidak berani menengadahkan mukaku kepada-Mu, ya Allahku, karena dosa kami telah menumpuk mengatasi kepala kami dan kesalahan kami telah membubung ke langit.

Ezra mengasihi bangsanya dan memohonkan doa bagi bangsanya,  ia datang kepada Tuhan dalam doa dan mengakui kesalahan bangsanya. Padahal, bisa saja dia cuci tangan karena diantidak turut melakukan dosa seperti yang dilakukan orang Israel, tapi nggak tuh. Ezra tetap mau bersyafaat bagi bangsanya.

👉  Reminder buatku untuk gak berhenti bagi bangsa Indonesia khususnya,  dimana aku ditempatkan sekarang. Saat ini pemerintah kabupaten Katingan tempatku bekerja mangalami masalah karena korupsi yang dilakukan petinggi di sini. Sejak awal tahu kejadian ini, belum sekalipun aku berdoa buat daerah ini.

Ezra 9:9 (TB)  Karena sungguhpun kami menjadi budak, tetapi di dalam perbudakan itu kami tidak ditinggalkan Allah kami. Ia membuat kami disayangi oleh raja-raja negeri Persia, sehingga kami mendapat kelegaan untuk membangun rumah Allah kami dan menegakkan kembali reruntuhannya, dan diberi tembok pelindung di Yehuda dan di Yerusalem.

Karena sungguhpun kami menjadi budak, tetapi di dalam perbudakan itu kami tidak ditinggalkan Allah kami. 👉 Indah sekali saar kita menyadari kalau dalam kesulitan dan kesesakan sekalipun kita gak pernah ditinggalkan Allah. Kupikir ini penghiburan yang sangat luar biasa. Terkadang masalah membuat kita lupa dengan kehadiran Allah,  padahal kehadiranNya yang dapat membuat kita kuat.

Amsal 24:30-31 (TB)  Aku melalui ladang seorang pemalas dan kebun anggur orang yang tidak berakal budi.
Lihatlah, semua itu ditumbuhi onak, tanahnya tertutup dengan jeruju, dan temboknya sudah roboh.

Tanah di samping rumah dan halaman kami mulai ditumbuhi banyak rumput liar gara-gara kemalasan dan suka menunda-nunda, padahal saat rumput belum banyak tidaklah berat membersihkannya. Tapi ya itu tadi, karena keseringan berkata nanti-nanti jadinya sekarang semakin banyak dan semakin malas rasanya membersihkannya. Apalagi sejak hamil ini, aku gampang ngantuk dan lemas, jadi sore pulang kantor paling sempat ngurus bagian dalam rumah aja,  weekend dah rasanya pengen full istirahat.

Harus dilawan kemalasan ini! Setiap hari paling gak setengah jam kami mau spending time buat membersihkan rumput-rumput itu Aku bilang "kami"  karena aku dan suami harus bekerja sama, salah satu dari kami membersihkan dan yang lain menjaga Sara.  Hamil yang ini sama sih kayak dulu, gak ada mual dan muntah, tapi ngantuk mulu rasanya. Katanya sih bawaan hamil beda-beda, tapi aku mau coba lawan rasa lemas ini dengan gerak.

2 Korintus 8:2 (TB)  Selagi dicobai dengan berat dalam pelbagai penderitaan, sukacita mereka meluap dan meskipun mereka sangat miskin, namun mereka kaya dalam kemurahan.

Sukacita meluap saat menderita.
Wooowwww! Aku mau! Aku mau Tuhan! 🙌
👉 Stop mengasihani diri sendiri Meg! Bahkan dalam setiap masalah Tuhan sudah sediakan solusi. Selalu ada alasan untuk bersukacita.
👉 Aku akan bersukacita saat aku menderita karena aku percaya penderitaan akan mengerjakan sesuatu yang baik dalam diriku dan menghasilkan karakter Kristus saat aku berespon dengan benar.
👉 Apa yang aku alami gak akan melebihi kekuatanku dan aku akan melaluinya, dalam kelemahanku kuasa Tuhan sempurna dan aku dimampukanNya bersukacita.

Kasongan,  24 September 2017
-Mega Menulis-

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir, silakan tinggalkan komentar ya.

Mazmur 13

Mazmur 13 Scripture Mazmur 13:6 (TB)  (13-6b) Aku mau menyanyi untuk TUHAN, karena Ia telah berbuat baik kepadaku.  Observation Ya. Tuhan ga...