.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Sunday, October 8, 2017

Yohanes 5, Amsal 7, Ulangan 7

Yohanes 5:30 (TB)  Aku tidak dapat berbuat apa-apa dari diri-Ku sendiri; Aku menghakimi sesuai dengan apa yang Aku dengar, dan penghakiman-Ku adil, sebab Aku tidak menuruti kehendak-Ku sendiri, melainkan kehendak Dia yang mengutus Aku.

sebab Aku tidak menuruti kehendak-Ku sendiri, melainkan kehendak Dia yang mengutus Aku.
👉 Yesus aja gak menuruti kehendakNya sendiri melainkan kehendak BapaNya. Yesus lo! Lalu siapa aku, kok seringkali gak mau menaati kehendak Tuhan? Yesus aja taat bahkan sampai mati si kayu salib. Aku? Belum sampai disuruh mati tapi kok masih aja gak taat. Huhuhu 😭

Yohanes 5:6-7 (TB)  Ketika Yesus melihat orang itu berbaring di situ dan karena Ia tahu, bahwa ia telah lama dalam keadaan itu, berkatalah Ia kepadanya: "Maukah engkau sembuh?"
Jawab orang sakit itu kepada-Nya: "Tuhan, tidak ada orang yang menurunkan aku ke dalam kolam itu apabila airnya mulai goncang, dan sementara aku menuju ke kolam itu, orang lain sudah turun mendahului aku."

Yesus cuma tanya," MAUKAH ENGKAU SEMBUH?"
Jawabannya seharusnya cuma MAU tau NGGAK, ya kan? Tetapi orang sakit itu malah menjelaskan KENAPA dia masih sakit.

Mau ikut Tuhan?
Mau!
Hayuk bergerak! Mulai ikut Tuhan. Taatin Tuhan. Jangan  suka ngasih banyak alasan dan ngomong :
"Tapi Tuhan, aku masih banyak pekerjaan"
"Tapi Tuhan, aku harus ngurusin keluargaku"

Ulangan 7:16 (TB)  Engkau harus melenyapkan segala bangsa yang diserahkan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu; janganlah engkau merasa sayang kepada mereka dan janganlah beribadah kepada allah mereka, sebab hal itu akan menjadi jerat bagimu.

Kenapa sih bangsa Israel disuruh menumpas bangsa-bangsa lain saat itu? Kok kesannya Tuhan kejam banget ya?
Tapi, ternyata itu karena Tuhan mengenal bangsa Israel melebihi diri mereka sendiri. Bayangkan kalau bangsa-bangsa lain yang gak mengenal Tuhan hidup bersama di tanah perjanjian dengan Israel, kira-kira apa yang akan terjadi. Tuhan tahu kalau umatNya ini mudah terpengaruh dengan bangsa lain,makanya Dia ingin Israel melenyapkan mereka. Aku jadi ingat  bagaimana saat Israel meminta seorang raja kepada TUHAN karena mereka melihat bangsa lain memiliki raja padahal Tuhan sendiri seharusnya yang menjadi raja mereka.

👉  Aku harus berhati-hati dengan siapa yang akrab denganku karena itu akan mempengaruhi hubunganku dengan Tuhan. Ya,  Tuhan ingin aku mengasihi sesama. Tetapi aku harus berhati-hati dengan siapa aku menghabiskan waktuku. Jangan sampai aku terpengaruh dengan mereka yang gak kenal Tuhan.

Amsal 7:9 (TB)  pada waktu senja, pada petang hari, di malam yang gelap.

Pada waktu senja...
Pada petang hari...
Di malam yang gelap....
Di saat hari gak terang,  saat sendirian,  saat tidak ada yang melihat maka seseorang mudah tergoda untuk jatuh dalam dosa. Ada waktu-waktu tertentu seseorang begitu mudah jatuh. Bayangkan,  seseorang yang menyukai pornografi, mungkinkah dia melihat pornografi di tengah keramaian atau saat bersama orang lain, pasti saat sendiri. Begitu juga, ada gak orang yang mencuri saat dilihat orang lain, nggak kan?

Kita harus mengenali situasi apa yang membuat kita jatuh dalam dosa lalu HINDARI. Minta tolong saudara seiman atau orang terdekat untuk berjaga-jaga atas hidup kita dengan berdoa atau mengingatkan pada "saat-saat kita mudah terjatuh"  supaya kita gak jadi berbuat dosa. Untuk lepas dari dosa kita gak boleh diam dan menyendiri tapi harus terbuka dan menelanjangi dosa.

Palangka Raya,  7 Oktober 2017
-Mega Menulis-

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir, silakan tinggalkan komentar ya.

Matius 4

Matius 4:1 - 11 Scripture Matius 4:7 (TB)  Yesus berkata kepadanya: "Ada pula tertulis: Janganlah engkau mencobai Tuhan, Allahmu!"...