.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Wednesday, December 6, 2017

Amsal 25, Yeremia 22

Amsal 25:8 (TB)  jangan terburu-buru kaubuat perkara pengadilan. Karena pada akhirnya apa yang engkau dapat lakukan, kalau sesamamu telah mempermalukan engkau?

Teringat oknum yang melakukan pungli kemarin dan memang aku sempat berpikir untuk melaporkannya ke saber pungli. Sejujurnya rasa kesalku sudah berkurang tapi aku masih pengen dia mendapat pelajaran, selain itu ada efek jera ke lingkungan sekitarnya. Memang di lingkungan situ terkenal kalau orang berurusan tapi gak ngasih duit gak bakal diurusin. Harus berpikir jernih supaya gak mengambil keputusan yang salah.

Di Palangka Raya sedang ramai kasus seorang kepala sekolah SMA dipidanakan karena aduan ortu murid yang gak terima ada pungutan untuk kegiatan ekskul,padahal kesepakatan dalam rapat ortu dan guru tapi tetap saja pungutan itu tidak ada dasar hukumnya. Akibatnya kepala sekolah dipenjara dan kegiatan ekskul terhenti. Parahnya nih, guru di sekolah itu gak bijaksana, karena dukungan mereka pada si kepala sekolah, begitu mereka tahu siapa yang melapor di polisi maka anak dari ortu tadi di sekolahnya malah dibully, gara-gara si guru membuat pengumuman di sekolah ortu siapa yang melapor. Ckckck.

🙏 Tuhan, berikan aku hikmat untuk melakukan yang benar. Jangan sampai aku melakukan hal bodoh untuk memuaskan nafsuku. Biarkan aku mempertimbangkan segala aspek dari keputusanku dengan bijak dan melakukan yang memuliakan Tuhan. Amin.

Yeremia 22:8-9 (TB)  Dan apabila banyak bangsa melewati kota ini, maka mereka akan berkata seorang kepada yang lain: Mengapakah TUHAN melakukan seperti itu kepada kota yang besar ini?
Orang akan menjawab: Oleh karena mereka telah melupakan perjanjian TUHAN, Allah mereka, dan telah sujud menyembah kepada allah lain dan beribadah kepadanya."

Terkadang Tuhan izinkan hal buruk atau hukuman menimpa seseorang untuk SARANA Tuhan mendidik orang lain, semacam efek jera gitu. Tuhan mau apa yang terjadi menjadi pembelajaran bagi orang lain, supaya kita tahu apa akibatnya jika menentang Tuhan, jadi kita belajar untuk taat dengan sungguh pada Tuhan. Pengalaman adalah guru yang baik tapi alangkah baiknya kalau kita belajar dari pengalaman orang lain, gak dari pengalaman sendiri.

Kasongan,  25 November 2017
-Mega Menulis-

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir, silakan tinggalkan komentar ya.

2 Raja-Raja 13-14

2 Raja-raja 13 Scripture 2 Raja-raja 13:11 (TB)  Ia melakukan apa yang jahat di mata TUHAN. Ia tidak menjauh dari segala dosa yang disuru...