.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Wednesday, December 6, 2017

Amsal 30, Yeremia 27

Yeremia 27:11 (TB)  Tetapi bangsa yang mau menaruh tengkuknya ke bawah kuk raja Babel dan yang takluk kepadanya, maka mereka akan Kubiarkan di atas tanahnya, demikianlah firman TUHAN, dan mereka akan mengolahnya dan diam di sana."

Aneh ya, kok Tuhan malah menyuruh Yermia dan bangsa-bangsa takluk kepada Raja Babel. Bahkan nantinya kalau gak salah Tuhan menyuruh agar mengusahakan kesejahteraan kota di mana mereka dibuang. Padahal di sana banyak orang yang gak menyembah Tuhan lho.

Kenapa ya Tuhan menyuruh seperti ini?
👉 Ada kalanya Tuhan menaruh kita dalam kondisi di mana kita berada di tempat yang gak kita inginkan, tempat yang gak kita sukai. Bayangkan, disuruh takluk kepada orang yang gak menyembah Tuhan. Tuhan ingin kita untuk tetap taat padaNya bahkan saat kita ingin memilih gak taat.
👉 Tuhan ingin kita percaya kepada Tuhan dan gak mengandalkan pengertian kita sendiri, karena kalau secara manusia kita pasti menolak dong disuruh tunduk ke orang yang gak kenal Tuhan. Tapiiii.... Ini Tuhan yang suruh lo, pasti Dia punya maksud. Jadi, kita harus belajar untuk percaya sepenuhnya pada Tuhan.

Amsal 30:28 (TB)  cicak yang dapat kautangkap dengan tangan, tetapi yang juga ada di istana-istana raja.

Kita disuruh belajar dari cicak, lah apa yang bisa dipelajari ya dari cicak? Aku baca berulang ayat ini dan ini yang kudapat:
👉 Cicak pintar beradaptasi, di rumah siapapun kayaknya ada deh cicak ini. Bahkan di istana raja pun ada.
👉 Pernah coba nangkap cicak? Katanya sih bisa ditangkap dengan tangan, aku sih nggak pernah coba, jijik ih. Tapi aku tanya suami, katanya pernah (speechless), eh bener dong katanya gampang ditangkap asal si cicak gak lagi di langit-langit. Cicak jarang di lantai kan. Nah kalau pun dia di lantai, kata suami si cicak ini kalau ditangkap dan dia gesit, dia sudah duluan memutuskan ekornya dan kabur. Cicak pandai menempatkan dirinya.
👉 Di istana cicak ada,  menurut yang pernah kubaca konon dulu di istana si cicak dibiarkan hidup karena dia berguna menangkap nyamuk. Walaupun lemah dan gampang ditangkap, dia berguna makanya gak dimusnahkan.

Ternyata benar ya, kita dapat belajar dan mendapatkan hikmat dari siapapun atau apapun. Dari hewan seperti cicak pun kita dapat belajar banyak hal.

Kasongan, 30 November 2017
-Mega Menulis-

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir, silakan tinggalkan komentar ya.

2 Raja-Raja 21-22

2 Raja-Raja 21 Scripture        2 Raja-raja 21:3 (TB)  Ia (Manasye) mendirikan kembali bukit-bukit pengorbanan yang telah dimusnahkan ole...