.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Saturday, March 3, 2018

Amsal 1, Yohanes 1

Yohanes 1:47 (TB)  Kata Filipus kepadanya: "Mari dan lihatlah!" Yesus melihat Natanael datang kepada-Nya, lalu berkata tentang dia: "Lihat, inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya!"

Tidak ada kepalsuan dalam diri Natanael. Dia tulus dan gak berpura-pura. Mudah bagi seseorang mengatakan sesuatu yang manis demi menyenangkan orang lain, tetapi Natanael nggak melakukan hal itu. Di depan Filipus dia tetap mengatakan hal yang jujur sesuai pemikirannya.

Aku diingatkan tentang integritas, orang yang memiliki integritas memiliki kesesuaian antara pikiran, perkataan dan perbuatannya kapan saja dan di mana saja. Dia tidak perlu merubah dirinya hanya untuk menyenangkan orang lain. Atau melakukan yang berbeda saat bersama si B dibanding bersama si C. Orang yang berintegritas melakukan  sesuatu apa adanya tanpa embel-embel atau maksud tertentu.

Amsal 1:4 (TB)  untuk memberikan kecerdasan kepada orang yang tak berpengalaman, dan pengetahuan serta kebijaksanaan kepada orang muda —

Sudah setahun lebih tiap hari membaca Amsal dan aku masih merasa banyak hal yang aku gak tahu. Dan aku  belum juga cerdas menghadapi banyak perkara. Aku masih sering berlaku bodoh dan melakukan banyak kesalahan dalam melakukan sesuatu. Padahal kalau dipikir nih, tiap hari aku membaca semua nasehat yang baik. Aku jadi ingat, membaca dan melakukan adalah hal yang sama sekali berbeda. Bisa saja aku membaca banyak buku bagus dan aku tidak memperoleh apa-apa sampai aku berhasil melakukannya. Amsal termasuk buku seperti ITU. Sebanyak apapun aku membacanya tapi kalau aku gak 'melakukan sesuatu',  ya sudah,aku gak akan merasakan perubahan dalam hidupku.

Amsal berisi ribuan nasehat yang baik dan berarti. Hanya dengan melakukan yang kita baca saja maka kita memperoleh manfaat terbaik dari membacanya. Kalau nggak dilakukan sih yang ada kita merasa bosan. Tapi saat kita berusaha terus melakukan, berkali-kali pun membaca, kita gak akan merasa bosan, karena kita akan terus menemukan banyak hal yang kita belum selaras dengan yang kita baca.

Kasongan, 1 Maret 2018
-Mega Menulis-

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir, silakan tinggalkan komentar ya.

2 Raja-Raja 13-14

2 Raja-raja 13 Scripture 2 Raja-raja 13:11 (TB)  Ia melakukan apa yang jahat di mata TUHAN. Ia tidak menjauh dari segala dosa yang disuru...