.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Saturday, May 19, 2018

1 Samuel 19, Amsal 19

1 Samuel 19:13 (TB)  Sesudah itu Mikhal mengambil terafim dan menaruhnya di tempat tidur; ditaruhnya sehelai tenunan bulu kambing di bagian kepala dan ditutupinya dengan selimut.

Apa itu terafim?
Aku penasaran dan googling. Dari hasil googling, aku dapat kalau *terafim adalah benda berhala yang diagungkan sebagai dewa milik keluarga, biasanya berbentuk patung.*
Pertanyaanku berikutnya, kok bisa ya Mikhal punya terafim ini di rumahnya? Apakah dia menyembah dewa? Kalau Daud gak mungkin lah ya, karena kalau dia melakukan itu pasti Tuhan gak berkenan padanya. Dulu aku pernah baca Alkitab tentang Mikhal yang mencemooh Daud yang menari-nari untuk Tuhan bersama rakyatnya. Well, membaca ini jadi gak heran,rupanya Mikhal menyembah dewa ya. Kalau ini dewa keluarga, bisa jadi Mikhal memiliki terafim ini karena ini dewa keluarga Saul. Pantas saja kan Saul pernah bilang, "Tuhanmu",  ke Samuel, Saul mendua hati dong.

Hanya 'gara-gara' terafim ini aku mikir:
- Mikhal masih mempercayai dewa keluarga dan tidak menyembah Tuhan dengan segenap hati, ini terlihat dari terafim yang masih dimiliki dan disimpannya.
- Harus ada keterbukaan antara suami isteri. Aku gak tahu persis, Daud tahu apa nggak kalau istrinya menyimpan terafim itu tapi kan Mikhal pasti tahu cintanya Daud ke Tuhan gimana. Mungkinkah Mikhal menyembunyikan ini dari Daud? Atau Daud gak menegur Mikhal?

Amsal 19:19 (TB)  Orang yang sangat cepat marah akan kena denda, karena jika engkau hendak menolongnya, engkau hanya menambah marahnya.

Sudah 2 malam ini Sofi tidurnya gak enak gitu, sebentar-bentar bangun, siang pun gak bisa ditaruh bentar langsung bangun,maunya digendong melulu.Bawaannya mau marah aja 2 hari ini karena kecapekan dan kurang tidur. Akibatnya suami dan Sara kena semprot. Padahal Sara cuma mau main sama mamanya tapi karena timingnya gak pas kena semprot deh. Sara jadi takut sama aku, duh sedihnya 😩 Saat aku gampang marah akibatnya buruk : hubungan dengan anak dan suami terganggu, mood jelek seharian. Hari ini aku mau menang di area ini. Gak mau gampang marah, harus bisa mengendalikan diri.

Evaluasi, apa penyebab aku gampang marah lalu cari solusinya:
- kecapean 👉 bikin prioritas, gak semua harus dikerjakan sekarang.
- kurang tidur 👉 usahakan tidur sewaktu anak tidur, kalau gak sempat minta tolong orang rumah jagain anak sebentar supaya bisa tidur
- kebanyakan mengeluh 👉 bersyukur

🙏Tuhan, aku gak mau gampang marah dan melukai orang lain di sekelilingku. Tolonglah aku untuk menahan bibirku dan menjaga sikapku. Amin.

Palangka Raya, 19 Mei 2018
-Mega Menulis-

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir, silakan tinggalkan komentar ya.

Mazmur 13

Mazmur 13 Scripture Mazmur 13:6 (TB)  (13-6b) Aku mau menyanyi untuk TUHAN, karena Ia telah berbuat baik kepadaku.  Observation Ya. Tuhan ga...