.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Thursday, May 10, 2018

1 Samuel 9, Amsal 9

Amsal 9:11 (TB)  Karena oleh aku umurmu diperpanjang, dan tahun-tahun hidupmu ditambah.

Hikmat membuat orang berumur panjang.
Kemarin di wa grup keluarga ada saudara yang share foto nenekku dan saudaranya yang paling tua,mereka berumur 94 dan 90 tahun. Sungguh mengucap syukur mereka diberi umur  sepanjang itu. Jadi saat baca ayat ini teringat lagi dengan mereka. Orang tua zaman dulu biasanya rata-rata berumur panjang. Memang sih, umur panjang adalah pemberian Tuhan. Tapi ada bagian kita untuk menjaga kesehatan kita, ada banyak orang yang gak berumur panjang karena gak berhikmat. Gak berhikmat karena hidup seenaknya:makan seenaknya gak tahu aturan, kurang beraktivitas, gila kerja, istirahat kurang, punya kebiasaan yang buruk, dll.

Hari ini diingatkan untuk berhikmat dalam hidup supaya diberkati dengan umur panjang :
👉 Salah satu pergumulanku ialah mengendalikan nafsu makanku, aku suka makan seenaknya. Aku mau mengurangi makan karbohidrat, karena ada riwayat diabetes dalam keluargaku.
👉 Kebiasaan makan sayur dan buah sewaktu hamil mulai kendor sekarang, apalagi sudah ga ada habit Tracker, aku mau mulau lagi.

1 Samuel 9:15 (TB)  Tetapi TUHAN telah menyatakan kepada Samuel, sehari sebelum kedatangan Saul, demikian:

Salah satu keistimewaan menjadi seorang yang mau mendengarkan Tuhan ya seperti ayat di atas, Tuhan menyatakan hal-hal yang akan terjadi dalam hidup Samuel supaya Samuel dapat melayani orang lain. Jadi ingat sewaktu Samuel kecil pun Tuhan sudah menyatakan apa yang akan terjadi pada keluarga Eli. Awalnya aku pikir sih karena Samuel seorang nabi makanya Tuhan berikan penglihatan akan banyak hal yang belum terjadi. Tapi kan gak mungkin juga ya seseorang menjadi nabi kalau dia gak dipilih Tuhan. Pastinya Tuhan memilih orang yang mau mendengarkan Dia.

Apakah aku mau mendengarkan Tuhan?
Sudahkah aku memberikan waktu untuk Tuhan berbicara dan memakaiku?
Atau jangan-jangan aku menjalankan 'agendaku'  saja dan gak mempersilakan Tuhan leluasa berbicara. Seringnya sekarang karena merasa banyak yang dikerjakan sejak beranak dua jadi 'membatasi' Tuhan bicara sewaktu baca firman Tuhan dengan mikir:"Ah, nanti aku sate maksimal setengah jam aja,  aku mau melakukan ini itu".  Gak boleh lagi berpikiran begitu, waktu yang aku punya adalah anugerah Tuhan. Gak boleh lagi membatasi Tuhan seperti itu. Waktu yang aku habiskan bersama Tuhan gak akan sia-sia, aku tetap bisa melakukan ini itu dengan waktu yang tersisa.

🙏 Tuhan, terima kasih buat waktu yang Tuhan berikan buatku. Aku mau memakainya untuk mendengarkan Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 9 Mei 2018
-Mega Menulis-

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir, silakan tinggalkan komentar ya.

Mazmur 13

Mazmur 13 Scripture Mazmur 13:6 (TB)  (13-6b) Aku mau menyanyi untuk TUHAN, karena Ia telah berbuat baik kepadaku.  Observation Ya. Tuhan ga...