.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Wednesday, July 18, 2018

Kuasa Akuntabilitas, Menghapal Ayat dan Share Rhema

Kemarin aku share video waktu aku hapal Mazmur 16. Terus ada yang bilang hebat bisa ngapalin Mazmur 16 kemarin. Terima kasih 🙏 Puji Tuhan. Tapi tahu gak sih, ngapalinnya 10 hari lo 😂 Btw, gak cuma aku yang hapal, tapi teman-teman BRG juga hapal lho. Ada beberapa teman yang juga share di IG rekaman menghapalnya bulan lalu. Aku baru sekarang share. Lol.

Beberapa hari di awal ngapalin Mazmur 16 bulan lalu kadang yo aku mikir, yo wes berusaha sebisanya. Kalau gak hapal banget ya sudahlah. Sudah tua bo. Dulu zaman kuliah sih gampang, tapi itu pun seminggu paling 1-2 ayat, lah ini? 11 ayat bo. Banyak 😩. Syukurlah, disuruh menghapal gak dalam waktu sesingkat-singkatnya. Itu bukan hasil SKS (sistem kebut semal). Ga sanggup eike, hahaha. Diberi waktu 10 hari buat ngapalinnya. Gimana caranya? Setiap hari baca lantang Mazmur 16 3x menolong banget buat menghapal.Baca lantang. Bukan dalam hati ya. Iman timbul dari pendengaran, pendengaran oleh firman Kristus (Roma 10:17).  Terus sepanjang hari meditasi ayat-ayat tersebut.

Beberapa kali mau nyerah, bisa hapal separuh aja sudah syukur pikirku dalam hati. Terus teringat sharing Ci Lia tentang orang Cina (di Cina sono, zaman dulu) yang ngapalin Alkitab full bukan lagi ayat atau pasal karena kalau ketahuan punya Alkitab bakal dianiaya, ya masa aku harus dianiaya dulu buat ngapalin 1 pasal doang. Terus saudara-saudara Muslim yang hapal Al Quran juga menginspirasi dan menguatkan untuk aku menghapal, mereka menghapal bukan dalam bahasa ibu lo, ini lebih susah pasti, tapi mereka bisa. Terus apa kabar dengan tiga anak Ci Lia, waktu masih balita udah mulai ngapalin 1 pasal. BALITA. Mak jang, ini standarnya tinggi banget, hahaha. Jadi aku harus berusaha lah ya.Ubah mindset yang bilang gak bisa. Aku bisa, Tuhan pasti tolong, aku percaya. Dan akhirnya, walaupun belum perfect, aku mulai bisa ingat 11 ayat di Mazmur 16. Paling gak intinya dapat dah, walaupun belum persis sama. LOL. Puji Tuhan.

Ngapain pakai direkam dan share?
Kuasa Akuntabilitas. Aku gak akan membuat progress dalam hidupku kalau gak ada akuntabilitas dalam hidupku. Aku perlu belajar hidup di dalam terang. Jujur. Melakukan apa yang aku katakan. Mengatakan apa yang aku lakukan. Ini gak mudah karena lebih gampang ngeles lo dibandingkan jujur. Akuntabilitas menjaga untuk hidup dalam terang. Aku gak perlu bohong bilang aku dah hapal sama teman-teman lain padahal aku gak hapal (karena malu), tapi aku akan berusaha untuk melakukan apa yang aku katakan karena kewajiban share video hapalan itu. Dan saat aku mengatakan aku hapal, video itu membuktikan apa yang aku katakan. Begitu juga dengan Bible Reading setiap hari yang mewajibkan untuk share rhema di grup, ngapain coba? Gak percayaan amat sih PICnya kalau kita dah baca Alkitab? Kan cukup ya bilang sudah baca. Sebenarnya, bukan PIC yang butuh rhema kita. Tapiiii.... Aku yang butuh share rhema,supaya aku mendisiplin diri sendiri untuk jujur dan berkomitmen baca Alkitab 2 pasal sehari dan gak mencari alasan untuk gak disiplin 😊 Aku jadi berusaha sungguh-sungguh mengatakan apa yang kita lakukan. Ini melatih untuk hidup dalam terang. Dalam kejujuran. Dalam kebenaran.

O, iya... Mengenai menghapal Mazmur 16 bulan lalu. Beberapa hari kalau aku bangun subuh ngasih minum Sofia bulan lalu, dah selesai Sofia minum gak lama Sara pasti ikutan bangun dan rewel, minta susu, minta gendonglah, nangis-nangis lumayan lama. Akhirnya, aku peluk Sara. Terus aku sambil memperkatakan Mazmur 16 (yang seingatku aja). Eh, tahu-tahu Sara diam dan memperhatikan aku. Aku ulangi entah berapa kali, ketiduran deh dia 😅 Jadi semangat store banyak ayat dan perkatakan ke anak.
Semangat buat Juli Meg!
Mazmur 34:1-10 menanti 😉

#BRGchallenge #BRGchallenge2018 #kuasaakuntabilitas

Palangka Raya, 18 Juli 2018
-Mega Menulis-

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir, silakan tinggalkan komentar ya.

Nehemia 10-11

Nehemia 10 Scripture        Nehemia 10:28 (TB)  Dan orang-orang yang lain, yakni: para imam dan orang-orang Lewi, para penunggu pintu gerban...