.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Friday, August 17, 2018

Ester 1, Mazmur 57

Ester 1

Scripture
Ester 1:17 (BIMK)  Sebab perbuatan ratu itu akan diketahui oleh semua wanita, dan mereka akan meremehkan suaminya masing-masing. Mereka akan berkata bahwa Baginda telah memerintahkan Ratu Wasti untuk menghadap, tetapi sang ratu tidak mau datang.

Observation
Ahasyweros adalah seorang raja dan suami. Aku tidak tahu apakah merupakan adat kebiasaan seorang raja memamerkan ratunya makanya dia marah luar biasa saat ditolak. Pun, alasan Ratu Wasti menolak permintaan raja tidak disebutkan dengan jelas, apakah karena dia sedang sibuk dengan pestanya atau karena memang dia tidak suka harus 'dipamerkan' oleh sang raja. Yang jelas, Wasti tidak mau tunduk pada raja sekaligus suaminya, dan ini dipandang buruk oleh orang lain karena akan menjadi teladan bagi para wanita di kerajaannya.

Aplication
✔️ Sebagai istri aku gak boleh mencari-cari alasan untuk gak tunduk ke suami sepanjang yang dimintanya gak bertentangan dengan Firman Tuhan.
✔️ Saat diminta suami melakukan sesuatu, SEGERA taat dan gak menunda-nunda. Butuh latihan untuk berespon seperti ini.
✔️ Kalau yang diminta suami memang membuatku gak nyaman, sebisa mungkin dikomunikasikan dengan baik.
✔️ Mungkin sikapku ke suami gak akan diikuti oleh rakyat seperti halnya Wasti. Tapi saat aku gak taat, aku harus ingat kalau aku punya anak-anak yang melihatku. Bagaimana aku mengharapkan mereka taat ke kami sebagai orang tuanya, kalau aku gak kasih teladan yang benar.

Prayer
Tuhan, mampukan aku berespon dengan segera pada setiap permintaan suamiku. Tolong aku ya Tuhan. Aku mau memberikan teladan bagi anak-anakkku dalam hal ketaatan pada otoritas. Amin.

Mazmur 57

Scripture
Mazmur 57:7 (TB)  (57-8) Hatiku siap, ya Allah, hatiku siap; aku mau menyanyi, aku mau bermazmur.

Observation
Dalam ayat ini, dua kali Daud menyatakan kesiapannya untuk bernyanyi dan bermazmur bagi Tuhan. Mengagumkan, mengingat Mazmur ini ditulisnya pada saat dia lari dari Saul dan bersembunyi di gua. Padahal, siapapun bisa beralasan kalau ini bukan waktu yang tepat untuk memuji Tuhan. Daud bukannya sedang dalam suasana ibadah. Dia sedang melarikan diri lo! Daud memberikan teladan kalau DALAM SEGALA WAKTU DAN KEADAAN, dia SIAP untuk memuji Tuhan.

Aplication
✔️ Mempersiapkan hati dan pikiran saat mau datang ke Tuhan. Kalau ada yang perlu dibereskan dengan hati, segera bereskan. Misalkan perlu mengampuni orang lain, ampuni dulu. Karena kalau konflik dengan orang lain bisa menganggu kesiapan hati
✔️ Aku mau fokus pada saat datang ke hadapan Tuhan dan gak teralihkan dengan hal lain seperti HP, media sosial, pikiran belum mengerjakan ini itu,  dll.
✔️ Menyelesaikan apa yang harus kuselesaikan sebelum beribadah ATAU sekalian menunda melakukannya sampai selesai ibadah.

Prayer
Tuhan, aku mau lebih sungguh mempersiapkan hatiku saat datang ke hadapan Tuhan supaya manis Kau dengar pujianku. Tolong aku ya Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 17 Agustus 2018
-Mega Menulis-

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir, silakan tinggalkan komentar ya.

Mazmur 13

Mazmur 13 Scripture Mazmur 13:6 (TB)  (13-6b) Aku mau menyanyi untuk TUHAN, karena Ia telah berbuat baik kepadaku.  Observation Ya. Tuhan ga...