.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Sunday, August 19, 2018

Ester 3, Roma 59

Ester 3

Scripture
Ester 3:6 (TB)  tetapi ia menganggap dirinya terlalu hina untuk membunuh hanya Mordekhai saja, karena orang telah memberitahukan kepadanya kebangsaan Mordekhai itu. Jadi Haman mencari ikhtiar memunahkan semua orang Yahudi, yakni bangsa Mordekhai itu, di seluruh kerajaan Ahasyweros.

Observation
Dosa awal Haman  : Ingin dihormati.
Awalnya hanya karena ingin dihormati, lalu MARAH karena Mordekhai tidak mau menuruti. Lalu jadi merancangkan PEMBUNUHAN,  gak cuma satu orang tapi satu bangsa. Sekali buka hati untuk dosa maka terbukalah celah untuk melakukan dosa lain,bahkan dosa yang lebih mengerikan.

Aplication
Setiap dosa diakui dan dibereskan di hadapan Tuhan, jangan dibiarkan karena akan buka celah untuk iblis. Dosa 'kecil'  yang harus kuhentikan:
-menunda pekerjaan
-kemalasan
Seringkali aku menunda pekerjaan karena malas mengerjakannya sekarang, padahal nantinya akan jadi masalah yang lebih besar.Aku harus berubah.

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk gak menganggap enteng dosa. Sekecil apapun itu,itu dosa. Mampukan aku meninggalkan dosa kemalasanku ya Tuhan. Amin.

Mazmur 59

Scripture
Mazmur 59:12 (TB)  (59-13) Karena dosa mulut mereka adalah perkataan bibirnya, biarlah mereka tertangkap dalam kecongkakannya. Oleh karena sumpah serapah dan dusta yang mereka ceritakan,

Observation
Mulut kita kecil, tapi punya potensi besar untuk membawa diri kita ke dalam dosa  besar. Oleh karena itu, lebih baik menahan mulut daripada berbuat dosa.

Aplication
✔️ Lebih banyak mendengar daripada berbicara
✔️ Gak langsung menjawab, lebih baik cepat mendengar dan lambat berbicara
✔️ Jika sesuatu yang diucapkan membuat yang mendengarnya gak diberkati, lebih baik berdiam diri.

Prayer
Tuhan, berjaga-jagalah pada pintu bibirku supaya aku tidak berbuat dosa. Amin.

Palangka Raya, 19 Agustus 2018
-Mega Menulis-

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir, silakan tinggalkan komentar ya.

Matius 14

Matius 14 Scripture Matius 14:31 (TB)  Segera Yesus mengulurkan tangan-Nya, memegang dia dan berkata: "Hai orang yang kurang percaya, m...