.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Monday, August 20, 2018

Ester 4, Mazmur 60

Ester 4

Scripture
Ester 4:16 (TB)  "Pergilah, kumpulkanlah semua orang Yahudi yang terdapat di Susan dan berpuasalah untuk aku; janganlah makan dan janganlah minum tiga hari lamanya, baik waktu malam, baik waktu siang. Aku serta dayang-dayangku pun akan berpuasa demikian, dan kemudian aku akan masuk menghadap raja, sungguhpun berlawanan dengan undang-undang; kalau terpaksa aku mati, biarlah aku mati."

Observation
Dari ayat ini terlihat beberapa karakter Ester :
- Ester bijaksana
Keadaan sudah mendesak. Tapi Ester gak sekonyong-konyong mau menghadap raja tanpa persiapan, dia tahu dia akan menghadap seorang raja dan gak bisa sembarangan. Ester mengambil waktu untuk mempersiapkan dirinya, hatinya. Dia berpikir sebelum bertindak.
- Ester gak mengandalkan kekuatan sendiri
Ester mempersiapkan dirinya dengan berdoa puasa dan meminta dukungan doa puasa dari saudara sebangsanya. Ester menyadari bahwa Tuhanlah sumber kekuatan yang sesungguhnya. Ester memilih mengandalkan Tuhan bukan hanya dirinya, bukan hanya hikmatnya sendiri. Ester juga menyertakan saudara sebangsanya dalam perjuangannya.
- Ester berani
Ester siap menghadapi resiko dari tindakannya. Segala tindakan memiliki akibat dan Ester menyadari itu. Sekalipun yang terburuk terjadi, Ester sudah siap menerimanya.

Aplication
✔️ Aku mau menjadi TENANG sekalipun keadaan mendesak. Belajar untuk menenangkan diri dan mengendalikan diri supaya gak salah langkah.
✔️ Jangan pernah melangkah tanpa doa Meg! Seperti Ester yang berdoa sebelum melangkah, aku juga perlu melakukannya. Keputusan kecil ataupun besar, semuanya memerlukan Tuhan.
✔️ Jangan ragu melangkah. Terkadang aku takut dengan segala resiko. Tapi, aku perlu ingat Allah berdaulat dalam segala keputusanku, bahkan yang buruk sekalipun. Tidak perlu takut karena Dia bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia.

Prayer
Tuhan,  terima kasih buat teladan dari Ester hari ini. Mampukan aku meneladani Ester ya Tuhanku. Amin.

Mazmur 60

Scripture
Mazmur 60:11 (TB)  (60-13) Berikanlah kepada kami pertolongan terhadap lawan, sebab sia-sia penyelamatan dari manusia.

Observation
Dalam ayat ini ada dua pernyataan dari Daud :
- permintaan tolong dari Daud kepada Tuhan
Daud yang sering memenangkan peperangan bisa saja gak meminta pertolongan Tuhan dan sombong dengan kekuatannya dan pasukannya. Tapi Daud tetap meminta tolong kepada Tuhan karena dia menyadari hanya Tuhan yang sanggup menolongnya. Daud memilih mengandalkan Tuhan dibanding sekutunya. Dia tahu kalau Tuhan suka saat seseorang meminta pertolongannya.
- kesia-siaan penyelamatan dari manusia
Manusia bisa saja menolong tapi tidak ada manusia yang bisa melakukan apa yang dilakukan Tuhan. Daud menyadari itu.

Aplication
✔️  Aku gak boleh sombong. Tetap rendah hati. Tidak ada hari dimana aku gak butuh Tuhan, tiap jam aku butuh pertolongan Tuhan. Tiap jam aku memerlukan Tuhan.

Prayer
Ya TUHAN, tiap jam aku memerlukanmu. Tidak peduli seberapa banyak 'pertempuran' yang aku menangkan. Aku tetap membutuhkanmu. Jangan biarkan aku berjalan sendiri tanpa Engkau ya Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 20 Agustus 2018
-Mega Menulis-

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir, silakan tinggalkan komentar ya.

Mazmur 13

Mazmur 13 Scripture Mazmur 13:6 (TB)  (13-6b) Aku mau menyanyi untuk TUHAN, karena Ia telah berbuat baik kepadaku.  Observation Ya. Tuhan ga...