.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Saturday, August 11, 2018

Roma 11, Mazmur 51

Roma 11

Scripture
Roma 11:32 (TB)  Sebab Allah telah mengurung semua orang dalam ketidaktaatan, supaya Ia dapat menunjukkan kemurahan-Nya atas mereka semua.
Roma 11:32 (BIMKSebab Allah sudah membiarkan seluruh umat manusia dikuasai ketidaktaatan, supaya Ia dapat menunjukkan belas kasihan-Nya kepada mereka semuanya.

Observation
Seringkali aku bertanya-tanya kenapa si Tuhan sepertinya membiarkan ketidaktaatan anak-anakNya. Orang Israel terkenal sebagai bangsa yang tegar tengkuk,padahal mereka umat pilihanNya. Bukan hanya mereka gak taat, tapi mereka tahu yang benar dan memilih gak taat. Gak usah jauh mikir sih aku, di gereja aja yang notabene penetua atau diakon aja banyak yang nyeleneh kelakuannya. Kenapa sih Tuhan gak kasih peringatan supranatural, saat orang-orang baru ingin membuat dosa? Hari ini terjawab,  Tuhan ingin menunjukkan kemurahan-Nya, Dia ingin orang-orang menaati Dia bukan karena takut, tapi karena hati yang rela. Dan Allah ingin umatNya mengenal satu lagi karakterNya, kemurahanNya.

Aplication
Berdoa buat seseorang yang aku tahu sedang bergumul dengan dosa tertentu supaya menyadari kemurahan Tuhan dan meninggalkan dosa lamanya.

Prayer
Tuhan, terima kasih telah bermurah hati kepada kami yang berdosa ini. Aku teringat buat saudaraku  P yang bergumul dengan dosa seksual, kiranya dia boleh meninggalkan dosanya dan menyadari kemurahan Tuhan baginya. Amin.

Mazmur 51

Scripture
Mazmur 51:10 (TB)  (51-12) Jadikanlah hatiku tahir, ya Allah, dan perbaharuilah batinku dengan roh yang teguh!

Observation
Daud menyadari kalau persoalan dosa itu bersumber dari hati.
Yesus bahkan pernah dengan jelas bilang :
Markus 7:21-22 (TB)  sebab dari dalam, dari hati orang, timbul segala pikiran jahat, percabulan, pencurian, pembunuhan,
perzinahan, keserakahan, kejahatan, kelicikan, hawa nafsu, iri hati, hujat, kesombongan, kebebalan.
Kalau hati beres maka segala dosa dapat kita hindari. Jangan meremehkan apa yang ada di hati kita. Segera bereskan di hadapan Tuhan dan selalu menjaga hati dengan segala kewaspadaan.

Aplication
✔️ Aku kadang meremehkan apa yang ada di dalam hatiku. Pikiran jahat pun aku remehkan dengan bilang, "Ah, aku gak sampai melakukan kejahatan, cuma mikir doang". NO! Gak boleh gitu. Jangan beri celah ke iblis Meg! Tiap ada pikiran jahat dalam hati segera ganti!
Filipi 4:8 (TB)  Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu.
✔️ Pilih lakukan yang benar.

Prayer
Jadikanlah hatiku tahir, ya Allah, dan perbaharuilah batinku dengan roh yang teguh! Amin.

Palangka Raya, 11 Agustus 2018
-Mega Menulis-

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir, silakan tinggalkan komentar ya.

Mazmur 13

Mazmur 13 Scripture Mazmur 13:6 (TB)  (13-6b) Aku mau menyanyi untuk TUHAN, karena Ia telah berbuat baik kepadaku.  Observation Ya. Tuhan ga...