.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Wednesday, August 8, 2018

Roma 8, Mazmur 48

Mazmur 48

Scripture
Mazmur 48:3 (TB)  (48-4) Dalam puri-purinya Allah memperkenalkan diri-Nya sebagai benteng.

Observation
Gambaran bagaimana Allah memperkenalkan diriNya sebagai benteng mengingatkanku kalau kita mengenal Allah pun inisiatif dariNya, Allah rindu dikenal oleh setiap ciptaanNya. Jadi ingat juga ayat yang bilang langit dan bumi menceritakan kemuliaanNya, cakrawala menceritakan pekerjaan tanganNya. Sekeliling kita, apa saja, bisa dipakai Tuhan untuk menyatakan diriNya. Di ayat ini, bahkan benteng buatan manusia pun dipakai Tuhan untuk mengingatkan bahwa diriNya adalah benteng, pelindung manusia.

Aplication
Saat aku melihat buatan tangan Tuhan, banyak hal di sekelilingku, apakah aku melihat kebesaran Tuhan dan memuliakan Dia? Kalau tidak, aku harus lebih peka. Minta Tuhan menunjukkan dan menyatakan diri-Nya,lalu aku memuji Dia. Pernah sewaktu zaman kuliah aku mengamati orang-orang berseliweran di kampus lalu aku  terkagum-kagum melihat begitu banyak rupa manusia, betapa kreatifnya Tuhan. Dan aku memuji Dia.

Prayer
Tuhan, berikan aku kepekaan untuk melihat pernyataan pribadiMu pada hal-hal di sekelilingku. Aku mau melihat kebesaranMu dan memuliakanMu. Amin.

ROMA 8

Scripture
Roma 8:5 (TB)  Sebab mereka yang hidup menurut daging, memikirkan hal-hal yang dari daging; mereka yang hidup menurut Roh, memikirkan hal-hal yang dari Roh.

Observation
✖️ Hidup menurut daging, maka memikirkan hal-hal yang dari daging
Hal-hal apa saja yang dari daging?Perbuatan daging :percabulan, kecemaran, hawa nafsu, penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah,kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya.

✔️ Hidup menurut roh, memikirkan hal-hal yang dari Roh.
Hal-hal apa saja yang dari Roh?
Buah Roh : kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahanlembutan, penguasaan diri

Aplication
Aku mau hidup menurut Roh dan bekerja sama dengan Roh Kudus menghasilkan buah Roh di dalam diriku. Caranya:
- Setiap aku mau melakukan sesuatu aku HARUS berpikir, apakah motivasiku melakukan ini? Apakah kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahanlembutan, penguasaan diri?
- Setiap mengalami sesuatu, BERPIKIR, responku yang bagaimana yang akan memunculkan/menghasilkan kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahanlembutan, penguasaan diri. Lalu lakukan!

Prayer
Tuhan, aku gak mau hidup menurut daging, tapi menurut roh. Tolonglah aku untuk mengganti keinginan dagingku dengan hidup menurut Roh supaya nyata buah Roh di dalam hidupku. Amin.

Palangka Raya, 8 Agustus 2018
-Mega Menulis-

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir, silakan tinggalkan komentar ya.

Nehemia 10-11

Nehemia 10 Scripture        Nehemia 10:28 (TB)  Dan orang-orang yang lain, yakni: para imam dan orang-orang Lewi, para penunggu pintu gerban...