.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Sunday, September 30, 2018

31 Days Of Gratitude : September 29th

29 September 2018

1. Bersyukur akhirnya hari ini terima kunci rumah.
2. Bersyukur bisa bantuin di persiapan pameran walaupun gak begitu banyak yang aku lakukan.
3. Bersyukur ada yang jual cobek ulin dari Sampit.
4. Bersyukur bisa makan sop buatan sendiri, masih ada bakso pula.
5. Bersyukur bisa istirahat cepat pas malam.

Palangka Raya, 29 September 2018
-Mega Menulis-

31 Days Of Gratitude : September 28th

28 September 2018

1.  Bersyukur pagi ini Sara makan banyak, haduh senangnya lihat anak makan banyak.
2. Bersyukur hari ini bisa senam,  walaupun sebenarnya instruktur senam gerakannya itu-itu aja.
3. Bersyukur bisa keluar kantor cari bahan pameran.
4. Bersyukur gak lupa minta tanda tangan suami untuk elhkpn,dari kemarin lupa melulu.
5. Bersyukur Oka mau dan bisa bantu jagain anak-anak sore ini, karena aku gak bisa pulang, ada acara rapat di kantor.
6. Bersyukur ketemu anak pemilik rumah yang mau aku beli, dijanjikan terima kunci secepatnya.
7. Bersyukur ditraktir Bu Lis makan lontong.

Palangka Raya, 28 September 2018
-Mega Menulis-

Friday, September 28, 2018

31 Days Of Gratitude : September 27th

27 September 2018

1.  Bersyukur masih ada nasi sisa kemarin jadi bisa bikin nasi goreng tadi pagi.
2. Bersyukur panitia pameran dapat kaos dari kantor.
3. Bersyukur hari ini lumayan sibuk di kantor, jadi gak terasa waktu cepat berlalu.
4. Bersyukur siang pulang dan the girls tidur, jadi bisa masak sayur untuk makan siang.
5. Bersyukur sore bisa jalan bareng keluarga dan makan bakso bareng, ketemu juga langganan kami yang dah pindah. Ternyata pindahnya gak jauh dari tempat sebelumnya, bersyukur Sara mau makan banyak.

Palangka Raya, 27 September 2018
-Mega Menulis-

Thursday, September 27, 2018

Yesaya 27

Yesaya 27

Scripture
Yesaya 27:13 (TB)  Pada waktu itu sangkakala besar akan ditiup, dan akan datang mereka yang hilang di tanah Asyur serta mereka yang terbuang ke tanah Mesir untuk sujud menyembah kepada TUHAN di gunung yang kudus, di Yerusalem.

Observation
Berulang kali baca pasal ini dan gak dapat rhema, terus tahu-tahu penasaran berapa sih jarak Mesir ke Yerusalem, googling dan ketemu, 696 km bo! Terus jadi ingat bangsa Israel yang melakukan perjalanan dari Mesir ke tanah perjanjian dong, 'cuma' 613 km dong 😅 Tuhan bawa orang Israel melakukan perjalanannya selama 40 tahun baru sampai, astagaaaa....!!! Mereka berputar-putar di padang gurun selama 40 tahun dengan tujuan.
Ulangan 8:2 (TB)  Ingatlah kepada seluruh perjalanan yang kaulakukan atas kehendak TUHAN, Allahmu, di padang gurun selama empat puluh tahun ini dengan maksud merendahkan hatimu dan mencobai engkau untuk mengetahui apa yang ada dalam hatimu, yakni, apakah engkau berpegang pada perintah-Nya atau tidak.

Aplication
✔️ ALWAYS REMEMBER MEG, PERJALANAN YANG KAMU TEMPUH INI ADALAH KEHENDAK TUHAN. Sesulit apapun, sebanyak apapun masalah yang kamu alami, dan selama apapun perjalanan yang harus kamu tempuh (tapi kalo nyampe 40 tahun, lama juga ya GOD? Hahahahahaha ^^V), INI ADALAH KEHENDAK TUHAN MEG.
✔️ Gak cuman buat orang Israel, aku menyadari bahwa selama perjalananku, saat aku mengitari padang gurunku dan mendapati banyak kesukaran, aku jadi tau dengan pasti kalo aku gak bisa mengandalkan diriku sendiri. Ketidakmampuanku harusnya membuatku semakin bergantung sama Tuhan. ➡️ Aku harus terus mengandalkan Tuhan dan hanya Tuhan saja.
✔️ Terkadang aku baru menyadari kebaikan Tuhan sewaktu 'dipaksa' keluar dari zona nyamanku. Dia slgak pernah berhenti berbuat baik sejak dulu, cuma akunya yang kurang bersyukur. Saat aku di padang gurun seharusnya jadi saat aku paling menyadari kebaikan Tuhan ➡️ Lebih banyak bersyukur!

Prayer
Tuhan, kalau aku merasakan kesulitan dan harus berputar-putar menempuh perjalananku menuju tempat yang Tuhan mau atau karakter yang Tuhan mau, aku mau mengingat apa yang dialami orang Israel selama 40 tahun perjalanannya. Aku mau berespon dengan benar dalam setiap hal yang aku alami. Tolong aku ya Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 27 September 2018
-Mega Menulis-

31 Days Of Gratitude : September 26th

26 September 2018

1.  Bersyukur hari ini bisa tiga kali masak sayur bayam.
2. Bersyukur dipercaya jadi sekretaris panitia pameran di kantor.
3. Bersyukur sudah ada yang pesan 50 bungkus kripik.
4. Bersyukur Sara suka makan sayur bayam.
5. Bersyukur Sofia anteng dibawa ke kantor.
6. Bersyukur Sara senang main mainamln barunya.
7. Bersyukur tahu ada diskon gila-gilaan di gramedia.com
8. Bersyukur hari ini syuting buat hapalan ayat  Mazmur 63:1-8 dan Amsal 3:5-80 selesai.
9. Bersyukur melihat postingan Mina Nara yang berangkan ke Israel, akhirnya berangkat juga, ikut senang karena aku tahu sudah lama banget dia dijadwalkan tapi baru berangkat kemarin. Berdoa supaya suatu hari aku dan suami bisa ke sana juta dan bawa orang tua kami.
10. Bersyukur di grup C sudah 4 orang yang setor ayat hapalan bulan ini.

Palangka Raya, 26 September 2018
-Mega Menulis-

Wednesday, September 26, 2018

Yesaya 26

Yesaya 26

Scripture
Yesaya 26:4 (TB)  Percayalah kepada TUHAN 7-lamanya, sebab TUHAN ALLAH adalah gunung batu yang kekal.

Observation
Mudah untuk mempercayai Tuhan sewaktu Tuhan terasa dekat dan sewaktu Tuhan menjawab doaku. Tapiiii.... Tantangannya adalah, bagaimana kalau Tuhan belum juga menjawab doaku, saat Tuhan ingin aku menanti. Sewaktu kami gagal membeli rumah yang kami inginkan, aku mulai berpikir, "Kok Tuhan gini sih?". Padahal posisinya dekat dari kantor, harganya masih masuk budget, ada
, pokoknya enak deh. Yang sungguh menyesakkan, saat itu posisinya kami sudah bayar dp dan rumah itu malah dijual ke orang lain. Kenapa sih Tuhan membiarkan kami diperlakukan seperti ini, itu pertanyaanku.  Tapiiii.... Gak sampai seminggu, Tuhan tunjukkan sebuah rumah yang jauh lebih dekat dengan kantor, berpagar pula,  dan believe it or not, harganya jauh lebih murah. Sekarang kami sedang dalam proses  pembelian rumah itu. Puji Tuhan.

Aplication
✔️ Tuhan terbukt dapat dipercaya. Pada saat aku gak tahu harus bagaimana, tetap pilih percaya sama Tuhan. Jangan kuatir Meg!

Pray
Tuhan, terima kasih karena Engkau Allah yang dapat dipercaya. Ampuni aku yang sering meragukan Tuhan, aku mau mempercayaiMu selama-lamanya. Amin.

Palangka Raya, 26 September 2018
-Mega Menulis-

31 Days Of Gratitude : September 25th

25 September 2018

1.  Bersyukur hari ini gak usah masak, tinggal manasin makanan yang dibawa Mama dan Ruri semalam.
2. Bersyukur pagi sempat ke Hokki beli kue buat Sara.
3. Bersyukur masalah dengan suami bisa selesai hari ini juga.
4. Bersyukur ada diantar lagi 100 bungkus kripik singkong ke kosan.
5. Bersyukur bisa tidur cepat, capek banget.
6. Bersyukur tugas di tim Zona Integritas bisa selesai hari ini juga.

7. Bersyukur ada waktu buat potong sayur sore tadi, besok tinggal cemplung-cemplung masaknya. 

Palangka Raya, 25 September 2018
-Mega Menulis-

Tuesday, September 25, 2018

31 Days Of Gratitude : September 24th

24 September 2018

1. Bersyukur masak gulai yang bisa buat beberapa hari, jadi bisa manasin buat lauk. Tinggal mikir masak sayur.
2. Bersyukur pagi-pagi bangun dan bagi tugas dengan suami melakukan pekerjaan rumah tangga, bersyukur punya suami yang mau dan siap membantu mengerjakan pekerjaan rumah tangga.
3. Bersyukur di kantor ada rapat dan dapat nasi kotak yang lauknya ikan nila (padahal cuka sedikit ikannya, kebanyakan ayam), jadi bisa bawa pulang buat makan Sara
4. Bersyukur walaupun rapat seharian, tetap bisa pulang di jam-jam tertentu buat jagain the girls saat papanya kerja.
5. Bersyukur harga saham sedang turun, jadi bisa beli.
6. Bersyukur sore ada Mama dan Ruri yang ke kosan dan bawa kue pie susu kesukaan Sara dan beberapa makanan.
7. Bersyukur malam bisa punya quality time dengan Sara dan bacain beberapa buku buat Sara.
8. Bersyukur suami belanja sayur di pasar malam.
9. Bersyukur sudah selesai membuat laporan realisasi per 24 September.

10. Bersyukur bisa belanja online beberapa barang yang dibutuhkan. 

Palangka Raya, 24 September 2018
-Mega Menulis-

Yesaya 25

Yesaya 25

Scripture
Yesaya 25:1 (TB)  Ya TUHAN, Engkaulah Allahku; aku mau meninggikan Engkau, mau menyanyikan syukur bagi nama-Mu; sebab dengan kesetiaan yang teguh Engkau telah melaksanakan rancangan-Mu yang ajaib yang telah ada sejak dahulu.

Observation
Ayat ini berbicara tentang meninggikan dan bersyukur kepada Tuhan yang telah merencanakan rancanganNya yang ajaib dengan kesetiaan teguh. Di sini aku mendapati, kalau Tuhan kita bukan Allah yang sering berubah pikiran lalu mengubah tindakanNya. Dia melaksanakan segala rancanganNya tanpa dipengaruhi orang lain, Dia setia pada apa yang sudah jadi ketetapanNya. Dan aku bersyukur diingatkan hal ini.

Aplication
✔️ Karena TUHAN gak pernah berubah, aku dapat terus berpegang pada firmanNya. FirmanNya berlaku di sepanjang zaman. Perintah mengasihi sesama bukan dilakukan dengan syarat dan ketentuan berlaku, misal saat diperlakukan gak adil lalu aku gak mengasihi sesama. No. Tuhan ingin aku tetap mengasihi apapaun yang terjadi.
✔️ Aku mau meneladani Tuhan dan setia melakukan apa yang benar. Sikapku setiap hari gak boleh bergantung pada keadaan, tapi terus setia berespon yang benar dan melakukan yang menyenangkan Tuhan.

Prayer
Tuhan, tolong aku melakukan yang benar dalam segala situasi dan gak ngeles dengan bilang tapi sama Tuhan. Aku mau setia melakukan firmanMu dengan pertolonganMu.Amin.

Palangka Raya, 25 September 2018
-Mega Menulis-

Yesaya 24

Yesaya 24

Scripture
Yesaya 24:16 (TB)  Dari ujung bumi kami dengar nyanyian pujian: "Hormat bagi Yang Mahaadil!" Tetapi aku berkata: "Kurus merana aku, kurus merana aku. Celakalah aku! Sebab para penggarong menggarong, ya, terus-menerus mereka melakukan penggarongannya!"

Observation
Allah itu Maha Adil, tapi hidup sering terasa gak adil saat aku fokus pada kehidupan orang lain. Lagipula, keadilan bukan berarti sama persis dengan apa yang didapat orang lain. Bahkan nih, saat aku menerima sama dengan yang dimiliki orang lain bisa jadi aku merasa gak adil karena aku gak bersyukur. Terkadang aku merasa ada banyak ketidakadilan dalam hidup, aku kadang merasa diperlakukan gak adil juga oleh orang lain. Kalau mikirin adil ga adil sih memang ga ada habisnya.  Bacaan hari ini mengingatkanku, Allah itu adil. Titik. Dia mengenalku dan orang lain melebihi diri kami sendiri. Dia tahu apa yang keperlukan untuk membuat karakterku menjadi semakin Kristus, Dia tahu mana yang terjadi dalam hidupku yang akan membuatku semakin mengenal Tuhan.

Aplication
✔️  Allah itu adil. Titik. Kalau sekarang aku merasa Tuhan gak adil, itu karena aku gak tahu seluruh rancanganNya dalam hidupku, aku hanya fokus pada titik tertentu sedangkan Tuhan melihat keseluruhan hidupku.
✔️ Kehidupan adalah serangkaian kesempatan untuk memuliakan Tuhan. Kalau misalkan sekarang aku merasa ada ketidakadilan dalam hidupku atau diperlakukan gak adil, aku perlu berpikir : bagaimana aku memuliakan Tuhan dalam situasi ini.

Prayer
Tuhan, ampuni aku yang kadang memikirkan tentang adil gak adil terlalu sering. Padahal Engkau sungguh baik dan adil. Mampukanlah aku dalam setiap kesempatan memuliakan Tuhan,bahkan saat aku merasa diperlakukan gak adil oleh hidup. Amin.

Palangka Raya, 24 September 2018
-Mega Menulis-

Monday, September 24, 2018

31 Days Of Gratitude : September 23th

23 September 2018

1. Bersyukur hari ini bisa bangun lebih siang dari biasanya.
2. Bersyukur akhirnya hari ini bisa ke pasar beli anting-anting buat Sofia, gantinya yang hilang minggu kemarin.
3. Bersyukur bisa jalan-jalan bareng sekeluarga di hari libur sekalian belanja.
4. Bersyukur bisa merasakan bubur di Triana, enak, murah, cuma 13 ribu.
5. Bersyukur adikku hari ini cetak undangan buat pernikahannya tanggal 20 Oktober nanti.
6. Bersyukur bisa masak daging kerbau hari ini, rencana masak rendang sama suami. Tapi gagal dan malah masak gulai.
7. Bersyukur bisa punya me time dan baca buku Anak Semua Bangsa.

Palangka Raya, 23 September 2018
-Mega Menulis-

Sunday, September 23, 2018

Yesaya 23

Yesaya 23

Scripture
Yesaya 23:9 (TB)  TUHAN semesta alam yang telah memutuskannya untuk mematahkan kesombongan, untuk menghinakan segala yang permai dan semua orang mulia di bumi.

Observation
Kesombongan tidak akan bertahan di hadapan Tuhan bahkan Ia akan mematahkan segala kesombongan. Kalau dipikir-pikir memang gak ada yang bisa aku sombongkan dalam hidup, semua yang aku punya dari Tuhan. Aku menyadari itu semua dan aku merasa gak sombong. Tapiii... Aku diingatkan saat menghapalkan Amsal 3:5-8, kalau aku melakukan sesuatu dengan mengandalkan kekuatan sendiri pun adalah bentuk kesombongan lain. Aku merasa bisa tanpa Tuhan adalah kesombongan. Sudahkah aku mengandalkan Tuhan dalam segala perkara di hidupku? Atau jangan-jangan aku mencari Tuhan saat mentok semua jalanku?

Aplication
✔️  Berdoa untuk setiap perkara yang kuhadapi, tanya Tuhan sebelum mengambil keputusan.

Prayer
Tuhan,  ampuni kesombonganku saat merasa dapat dan mampu tanpa Engkau. Ampuni aku saat jadikan Tuhan ban serep, saat semua sudah mentok baru cari Tuhan.  Aku mau andalkan Tuhan di saat pertamaku. Memulai bersama Tuhan, terus bersamaMu dan mengakhirinya bersamaMu. Amin.

Palangka Raya, 23 September 2018
-Mega Menulis-

31 Days Of Gratitude : September 22nd

22 September 2018

1. Bersyukur hari ini dah ke notaris buat urus legalitas rumah yang kami beli.
2. Bersyukur bisa ke rumah mama siang ini, Sara senang banget dan mau makan daun singkong di sana. Oka masak daun singkong kesukaan Sara dan pa Sara.
3. Bersyukur hari ini bisa jual 8 bungkus kripik lagi.
4. Bersyukur dibungkusin mama sayur daun singkong tumbuk dan sambal goreng teri, lumayan deh buat sayur dan lauk besok.
5. Bersyukur ke Hypermart dari tempat mama, ada diskon.  Bersyukur suami teliti pas di Hypermart, bisa langsung komplain.
6. Bersyukur Sara suka makan sayur daun singkong tumbuk, boru Batak banget.
7. Bersyukur malam bisa nonton Little House On The Prairie, Jadi pengen baca bukunya.

Palangka Raya, 22 September 2018
-Mega Menulis-

Saturday, September 22, 2018

Yesaya 22

Yesaya 22

Scripture
Yesaya 22:12-13 (TB)  Pada waktu itu Tuhan, TUHAN semesta alam menyuruh orang menangis dan meratap dengan menggundul kepala dan melilitkan kain kabung;
tetapi lihat, di tengah-tengah mereka ada kegirangan dan sukacita, membantai lembu dan menyembelih domba, makan daging dan minum anggur, sambil berseru: "Marilah kita makan dan minum, sebab besok kita mati!"

Observation
Tuhan memberikan penduduk Yerusalem kesempatan untuk menangis dan meratap atas dosa-dosanya. Ia menginginkan pertobatan. Bukan hanya penyesalan, tapi perubahan hidup. Yang terjadi? Eh, penduduk Yerusalem bukannya menggunakan waktu yang masih diberikan Tuhan untuk bertobat tetapi malahan mereka tinggal tetap dalam dosa karena beranggapan toh besok mati. Aku GAK BOLEH gitu! Sewaktu Tuhan tegur, harus segera bertobat dan jangan menunda-nunda untuk berubah.

Aplication
✔️ Kalau ditegur jangan defense atau langsung ngeles bilang, "Aku gak gitu".
✔️ Jangan menunda melakukan yang benar, taat dengan firman Tuhan.

Prayer
Tuhan, ampuni aku kalau aku menunda pertobatan. Ampuni kekerasan hatiku. Tolong aku untuk segera bertobat sewaktu ditegur. Amin.

Palangka Raya, 22 September 2018
-Mega Menulis-

Friday, September 21, 2018

31 Days Of Gratitude : September 21st

21 September 2018

1. Bersyukur pagi-pagi sempat masak opor ayam dan goreng terong.
2.Kaos kaki buat olahraga gak ada, yang biasa kupakai di rumah mama. Bersyukur bisa pakai punya suami.
3. Bersyukur pakai sepatu olahraga baru. Hasil beres-beres di Kasongan minggu lalu, eh ternyata ada sepatu pembagian dari kantor lama yang gak pernah kupakai sama sekali. Lumayan pakai sepatu baru.
4. Bersyukur punya rekan kerja yang tanggung jawab,  pekerjaan yang deadline hari ini dari pusat bisa diselesaikan.
5. Bersyukur masih semangat buat senam setiap Jumat. Lumayan, olahraga seminggu sekali. Lol.
6. Bersyukur laptop dan pc yang kupakai sudah bisa dipakai, kemarin sempat diinstall ulang.
7. Bersyukur sore ada Adi datang ke kosan bawa nasi goreng, mi goreng, dan cumi rica. Sara mau makan mie gorengnya.

Palangka Raya, 21 September 2018
-Mega Menulis-

Yesaya 21

Yesaya 21

Scripture
Yesaya 21:17 (TB)  Dan dari pemanah-pemanah yang gagah perkasa dari bani Kedar, akan tinggal sejumlah kecil saja, sebab TUHAN, Allah Israel, telah mengatakannya."

Observation
*sebab TUHAN, Allah Israel, telah mengatakannya.*
Apa yang difirmankan Tuhan yang terjadi, sesimple itulah yang terjadi di dalam hidup pemanah-pemanah dari Bani Kedar. Jadi ingat juga perkataan Yesus, manusia hidup bukan dari roti saja, tapi oleh setiap firman yang keluar dari mulut Allah. Firman Tuhanlah yang membuatku hidup, aku sungguh butuh firmanNya. Berasa banget sejak aku pindah di kosan, aku mengurus segala sesuatu sendiri (karena dulu di rumah mama urusan masak dihandle mama). Jadinya aku bangun subuh pun sehabis kasih susu Sofia, langsung masak dan gak baca firman Tuhan, karena pagi dah bersiap harus ke kantor. Melelahkan dan rasanya overwhelmed. Seharian rasanya ada yang kurang karena belum baca firman, baru sesudah baca firman berasa 'hidup'.

Aplication
✔️  Memprioritaskan baca firman Tuhan saat pagi, biarpun baru nulis rhema sewaktu siang.

Prayer
Tuhan, aku mau kembali lagi memprioritaskan mendengar firmanMu sebelum melakukan aktivitasku tiap hari. AMIN.

Palangka Raya, 21 September 2018
-Mega Menulis-

Mazmur 80, Yesaya 20

Yesaya 20

Scripture
Yesaya 20:6 (TB)  Dan penduduk tanah pesisir ini akan berkata pada waktu itu: Lihat, beginilah nasib orang-orang yang kami harapkan, kepada siapa kami melarikan diri minta pertolongan supaya diselamatkan dari raja Asyur. Bagaimana mungkin kami terluput?"

Observation
Saat mengharapkan manusia maka kita perlu bersiap akan menghadapi kekecewaan.Tidak ada manusia yang gak akan mengecewakan kita. Itu harapan yang gak realistis. Jadiiii.... Aku diingatkan untuk berharap sama Tuhan. Hanya Tuhan yang gak akan mengecewakan. Bukan karena aku akan selalu mendapatkan yang aku inginkan dalam Tuhan, tapi pengharapan di dalam Dia gak akan mengecewakan. Kalau aku gak mendapatkan yang aku inginkan, Tuhan akan berikan yang terbaik.

Aplication
✔️  Gak terlalu kecewa dan patah hati saat dikecewakan manusia, ingat aja kalau hanya Tuhan yang gak pernah mengecewakan.

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk terus mengandalkan Tuhan. Saat aku dikecewakan manusia, biarlah  membuatku ingat untuk selalu berharap sama Tuhan saja. Terima kasih Tuhan, karena gak pernah mengecewakanku. Ampuni aku yang sering mengecewakan Tuhan. Amin.

Mazmur 80

No rhema.

Palangka Raya, 20 September 2018
-Mega Menulis-

31 Days Of Gratitude : September 20th

20 September 2018

1. Bersyukur kapan hari beli ikan kembung dah dibumbuin dan masukin kulkas, jadi pagi tinggal goreng dan buat sambal. Bersyukur pagi-pagi sempat buat puding.
2. Bersyukur teman-teman bidang kooperatif dan sudah menyelesaikan tugasnya membuat RKA/KL 2019.
3. Bersyukur Papa Sara ketemu ibu yang mau jual rumahnya sama kami di kelurahan sedang urus pembayaran PBB tahun ini, berarti ibu itu dapat dipercaya.
4. Bersyukur pas tahu NJOP rumah itu nilainya gak terlalu jauh dari harga jualnya.
5. Bersyukur hari ini dapat uang perjalanan dinas sewaktu aku ke Jakarta bulan Agustus kemarin.
6. Bersyukur sore sempat bikin soun goreng dan Sara suka.

Palangka Raya, 20 September 2018
-Mega Menulis-

Wednesday, September 19, 2018

31 Days Of Gratitude : September 19th

19 September 2018

1. Bersyukur bisa sarapan bareng suami sebelum dia pergi kerja.
2. Bersyukur dapat kue brownies di kantor dan bisa bawa pulang buat Sara.
3. Bersyukur sudah bayar sisa pembayaran rumah.
4. Bersyukur bisa masak ikan asin dan sayur buncis masak kuning, Sara suka.
5. Roti tawar yang dibeli mau kadaluarsa, bersyukur jadi gak usah masak nasi sore, makan roti tawar deh.
6. Bersyukur sore bisa keluar dan jalan bareng keluarga.
7. Bersyukur pagi tadi pas Pa Sara mau pergi hujan berhenti padahal sebelumnya hujan deras banget, jadi gak kehujanan deh.
8. Bersyukur pagi tadi Pa Sara sempat ke rumah mamah ambil beberapa barang yang masih di sana.

Palangka Raya, 19 September 2018
-Mega Menulis-

Mazmur 79, Yesaya 19

Yesaya 19

Scripture
Yesaya 19:21-22 (TB)  TUHAN akan menyatakan diri kepada orang Mesir, dan orang Mesir akan mengenal TUHAN pada waktu itu; mereka akan beribadah dengan korban sembelihan dan korban sajian, dan mereka akan bernazar kepada TUHAN serta membayar nazar itu.
TUHAN akan menghajar orang Mesir, akan menghajar dan menyembuhkan; dan mereka akan berbalik kepada TUHAN dan Ia akan mengabulkan doa mereka serta menyembuhkan mereka.

Observation
Tuham menghajar orang Mesir, Dia menghajar dan menyembuhkan mereka. Tuhan ingin menyatakan diri kepada orang Mesir supaya mereka mengenal Tuhan. Jadiiii...Kalau saat ini aku sedang bergumul dengan penyakit, atau merasa sedang dihajar Tuhan padahal aku tidak melakukan dosa, mungkin saja itu terjadi karena Tuhan ingin menyatakan diri-Nya di hidupku, Ia ingin aku semakin mengenalNya, Ia ingin menyatakan kuasaNya. Beberapa waktu yang lalu, aku gagal membeli rumah dan merasa ditipu, sempat bertanya sama Tuhan kok Tuhan biarkan itu terjadi. Ya, Tuhan ingin alu semakin mengenalNya. Melalui semuanya aku tahu Tuhan adalah Bapa yang ingin memberikan yang terbaik kepadaku. Saat ini aku dan suami sedang naksir sebuah rumah yang jauh lebih murah dan lebih dekat daripada rumah yang gagal kami beli dulu. Dan kami menemukannya beberapa hari saja setelah kejadian rumah yang gagal kami beli itu. Tuhan menyatakan diriNya.

Aplication
✔️ Aku mau percaya kalau aku akan melihat Tuhan berkarya dalam segala sesuatu yang terjadi dalam hidupku, bahkan dalam hal buruk sekalipun Tuhan berkuasa dan sanggup menyatakan diriNya.

Prayer
Tuhan, terima kasih buat segala sesuatu yang terjadi dalam hidupku,semuanya baik karena di dalamNya Tuhan ingin aku semakin kenal Tuhan dan meihat pernyataan kasih dan kuasaMu. Aku percaya Tuhan. Amin.

Mazmur 79

Scripture
Mazmur 79:13 (TB)  Maka kami ini, umat-Mu, dan kawanan domba gembalaan-Mu, akan bersyukur kepada-Mu untuk selama-lamanya, dan akan memberitakan puji-pujian untuk-Mu turun-temurun.

Observation
Perikop bacaan hari ini berjudul saat terancam. Saat Tuhan menyelamatkan umatNya dan menghancurkan musuh mereka maka mereka akan bersyukur dan memuji Tuhan. Diingatkan untuk TAHU BERTERIMAKASIH. Seringkali saat masalah dan ancaman datang, aku berdoa makin kencang sama Tuhan, tapiiii...  Saat Tuhan sudah tolong, aku kadang lupa berterima kasih. Kembali diingatkan untuk tahu berterima kasih. Jangan tahunya cuma minta dan ngeluh aja sama Tuhan. O, iya jadi ingat 2 hari lalu, anak-anak susah tidur, padahal lampu sudah dimatikan, sudah doa sebelum tidur, aku dan suami sudah diam, mereka masih aja ngoceh dan nangis. Akhirnya aku menyanyi memuji Tuhan, entah berapa lagu, eh tahu-tahu Sara dan Sofia diam dan tidur. Rhema hari ini membuatku mikir, bagus juga kayaknya aku lakukan ini tiap malam.

Aplication
✔️ Bilang terima kasih sama Tuhan untuk setiap hal yang terjadi dalam hidupku. Lanjut bikin Gratitude Journal. Bersyukur karena yang lebih buruk bisa terjadi namun nyatanya tidak terjadi. Tuhan sangat baik.
✔️ Memuji Tuhan sebelum tidur, menyanyi buat Tuhan.

Prayer
Aku mau bersyukur dan memuji Engkau seumur hidupku ya Tuhan. Aku mau menyanyi bagiMu setiap malam. Amin.

Palangka Raya, 19 September 2018
-Mega Menulis-

Tuesday, September 18, 2018

31 Days Of Gratitude : September 18th

18 September 2018

1. Bersyukur bisa bangun pagi sekali dan belanja do pasar subuh.
2. Bersyukur bisa selesai masak sop pagi-pagi dan beberapa jenis masakan untuk stok beberapa hari (ikan dan ayam yang sudah diungkep).
3. Bersyukur suami mau bantuin bersihkan ikan pagi-pagi.
4. Bersyukur gak jadi dinas ke Aquarius karena mengurusi penyusunan anggaran.
5. Bersyukur uang kredit sudah keluar.
6. Bersyukur tinggal di kosan yang dekat sekali dengan kantor, banyak sekali kemudahan.
7. Bersyukur bisa  makan choipan setelah sekian lama gak makan, bersyukur Nia mau antarkan ke bank.
8. Bersyukur Sara gak kenapa-kenapa walaupun jatuh sehabis mandi.

Palangka Raya, 18 September 2018
-Mega Menulis-

31 Days Of Gratitude : September 17th

17 September 2018

1. Bersyukur bisa tidur nyenyak di kosan baru.
2. Bersyukur gak perlu buru-buru ke kantor pagi tadi, tinggal nyebrang.
3. Bersyukur walaupun belum selesai beres-beres semua barang tapi kamar sudah lumayan nyaman ditinggali.
4. Bersyukur sempat bikin laporan realisasi baru minggu ini.
5. Bersyukur dapat tugas dinas dari hari Selasa-Jumat di Palangka Raya.
6. Bersyukur sore bisa naik motor sekeluarga dan makan bareng. Makanannya mahal, tapi jadi bersyukur karena masih bisa bayar.
7. Bersyukur anak-anak gak kehujanan sepulang makan bareng karena naik Grab.
8. Bersyukur aku bisa belanja banyak saat malam, bersyukur kuat bolak-balik.

Palangka Raya, 17 September 2018
-Mega Menulis-

Mazmur 78, Yesaya 18

Yesaya 18

Scripture
Mazmur 78:18 (TB)  Mereka mencobai Allah dalam hati mereka dengan meminta makanan menuruti nafsu mereka.

Observation
Saat meminta sesuatu kepada Allah untuk menuruti nafsu ternyata itu sedang mencobai Allah. Duh. Betapa sering aku mencobai Tuhan kalau gitu. Bagaimana meminta kepada Tuhan? Apa yang seharusnya kuminta?
👉 yang sesuai kebutuhan
👉 minta sesuatu yang akan memuliakan Tuhan

Aplication
✔️  Aku gak boleh lagi menuruti hawa nafsu saat meminta sesuatu sama Tuhan.
✔️ Berpikir, saat aku meminta sesuatu sama Tuhan, akankah ini mendatangkan kemuliaan bagiNya?

Prayer
Tuhan, selidiki hatiku, apakah yang aku minta benar-benar untuk memenuhi nafsuku atau apa yang aku butuhkan. Apakah untuk kemuliaan Tuhan atau untuk keinginanku saja. Jangan biarkan aku mencobai Tuhan. Amin.

Yesaya 18

Scripture
Yesaya 18:5 (TB)  Sebab sebelum musim buah, apabila waktu berbunga sudah berakhir, dan gugusan putik menjadi buah anggur yang hendak masak, maka TUHAN akan mengerat ranting-rantingnya dengan pisau pemangkas, dan menyisihkan carang-carangnya dengan memancungnya.

Observation
Wow! Sesaat sebelum musim buah, Tuhan akan mengerat ranting-ranting dan menyisihkan carang-carangnya. Tujuannya apa? Supaya pohon tersebut bisa berbuah-buah banyak. Hal-hal yang gak penting dan menghalangi buah yang banyak, akan dibuang oleh Tuhan. Saat pohon menyerap sari-sari makanan dari tanah akan digunakan untuk berbuah, tapi kalau pada pohon terdapat banyak ranting yang tidak berbunga karena menyulitkan maka akan dibersihkan supaya tidak menghabiskan energi.

Aplication
✔️ Tidak membuang waktu untuk merusak diri tapi membiarkan Tuhan mrmbersihkan bagian dariku yang gak diperlukan (contoh:dosa, kebiasaan yang jelek dan merusak, dll).

Prayer
Tuhan, aku mau dibersihkan sama Tuhan supaya berbuah banyak bagi kemuliaan Tuhan. Mampukan aku untuk lepas dari dosa dan kebiasaan yang buruk ya Tuhan. Amin.

Palangka Raya,  18 September 2018
-Mega Menulis-

Monday, September 17, 2018

Mazmur 77, Yesaya 17

Mazmur 77

Scripture
Mazmur 77:12 (TB)  (77-13) Aku hendak menyebut-nyebut segala pekerjaan-Mu, dan merenungkan perbuatan-perbuatan-Mu.

Observation
Menyebut-nyebut segala pekerjaan Tuhan 👉 BERSAKSI
Merenungkan perbuatan-perbuatan Tuhan 👉 BERSYUKUR
Orang yang hidupnya penuh dengan rasa syukur sekalipun dia punya banyak alasan untuk mengeluh tentu akan jadi kesaksian yang hebat bagi orang lain.  Aku terinspirasi dengan cara beberapa orang menjalani hidupnya, saat hidup memberinya alasan buat menangis tapi dia tetap bisa menyaksikan kebaikan Tuhan dan jadi berkat bagi banyak orang. Terima kasih Ci Lia,  terima kasih Melva. Aku belajar, hidup itu indah bukan karena hal baik terjadi tapi karena kita memilih bersyukur.

Aplication
✔️ Terus buat gratitute journal dan shhare ke orang lain.
✔️ Melihat kebaikan Tuhan dalam hal yang kelihatannya gak baik, tetap punya respon hati yang benar.

Prayer
Tuhan, selama ini aku 'menyimpan' pekerjaan Tuhan untuk diriku dan gak pernah share lagi ke orang lain. Ampuni aku ya Tuhan, aku mau mulai share lagi. Amin.

Yesaya 17

Scripture
Yesaya 17:7-8 (TB)  Pada waktu itu manusia akan memandang kepada Dia yang menjadikannya, dan matanya akan melihat kepada Yang Mahakudus, Allah Israel;
ia tidak akan memandang kepada mezbah-mezbah buatan tangannya sendiri, dan tidak akan melihat kepada yang dikerjakan oleh tangannya, yakni tiang-tiang berhala dan pedupaan-pedupaan.

Observation
Jangan fokus kepada apa yang dikerjakan seseorang Meg, fokus pada apa yang dikerjakan Tuhan dalam hidupnya!  Fokus ke kejelekan orang lain bikin kesel dan ujung-ujungnya nggosip, ujung-ujungnya jadi benci, bikin dosa deh. Lebih baik BELAJAR mencari Tuhan dalam segala sesuatu termasuk hidup orang lain.

Aplication
✔️   Menyadari karya Tuhan dalam hidup orang lain dan mensyukurinya.

Prayer
Tuhan, terima kasih buat hal baik yang Tuhan kerjakan dalam hidup orang lain. Mampukan aku menyadari dan mensyukurinya. Amin.

Palangka Raya, 17 September 2018
-Mega Menulis-

31 Days Of Gratitude : September 16th

16 September 2018

1. Bersyukur tengah malam bangun bareng suami dan lanjut packing. Melelahkan tapi kami bersenang-senang, tertawa bersama mengenang masa-masa menyenangkan di Kasongan.
2. Bersyukur walaupun bangun telat dari waktu yang kami inginkan, sudah hidupkan alarm tapi kami terlalu capek. Jadi telat deh. Bersyukur buat waktu istirahat yang Tuhan beri.
3. Bersyukur ada roti dari tante dan om, jadi bisa buat sarapan.
4. Walaupun harus bayar 60 rb/orang (karena rupanya ongkos calo 10 rb/orang, aku dan Pa Sara sama-sama pesan tapi beda calo sama sopir), aku bersyukur karena masih dapat travel.
5. Bersyukur dapat sewa truk dari tetangga yang oke banget kerjanya. Dan kuli angkutnya juga hati-hati sama barang kita. Sangat terbantu dalam proses angkut barang. Bersyukur sekali.
6. Bersyukur bisa pindah ke kosan yang dekat kantor, pas di depan kantor, jadi punya waktu banyak sama the girls.
7. Bersyukur punya suami yang keren banget bersih-bersih kosan, aku dan anak-anak bisa tidur nyaman pasti ntar.
8. Bersyukur aku merasa nyaman dan tenang di kosan baru, padahal kata orang di sini pernah ada yang bunuh diri.
9. Bersyukur bisa beli  AC buat di kosan.
10. Bersyukur proses pindah berjalan sangat mulus.

Palangka Raya, 16 September 2018
-Mega Menulis-

Sunday, September 16, 2018

Yesaya 16, Mazmur 76

Yesaya 16

Scripture
Yesaya 16:3 (TB)  "Berilah nasihat, pertahankanlah hak, jadilah naungan yang teduh di waktu rembang tengah hari; sembunyikanlah orang-orang yang terbuang, janganlah khianati orang-orang pelarian!

Observation
Entah kenapa rasanya teduh banget ayat di atas. Ayat di atas kalau boleh aku simpulkan berbicara tentang CARING-mempedulikan orang lain. Hal yang sangat sulit dilakukan kalau aku hanya fokus pada kebutuhan diri sendiri.

Aplication
✔️ Aku harus beajar peka dengan kebutuhan orang lain dan meresponinya dengan tepat.
✔️  Melakukan yang terbaik sesuai porsinya. Fokus pada menyatakan kasih Tuhan supaya orang lain gak melihat diriku, tapi supaya orang lain melihat Allah yang hidup di dalamku dan semakin bergantung sama Tuhan.

Prayer
Tuhan, jadikanlah aku saluran kasih karunia Tuhan bagi mereka yang membutuhkan Tuhan. Biarlah kasih Tuhan dinyatakan melalui hidupku dan jangan biarkan aku mencuri kemuliaan-Mu. Amin.

Mazmur 76

No rhema.

Kasongan, 16 September 2018
-Mega Menulis-

31 Days Of Gratitude : September 15th

15 September 2018

1. Bersyukur gak ada suamiku, bisa ngurusin anak-anak dan persiapan ke Kasongan.
2. Bersyukur Tuhan sertai perjalanan kami ke Kasongan.
3. Bersyukur sempat ketemu om dan tante yang datang dari Jakarta sebelum ke Kasongan.
4. Bersyukur pompa air di Kasongan bisa jalan setelah panggil tukang servis.
5. Bersyukur ada yang bakal bantuin angkat barang besok pas pindahan.
6. Bersyukur bisa makan di nasi goreng langganan kami di Kasongan, Sara makan banyak banget.
7. Bersyukur sempat tidur malam sebelum lanjut packing.

Kasongan, 15 September 2018
-Mega Menulis-

Yesaya 15, Mazmur 75

Mazmur 75

Scripture
Mazmur 75:5 (TB)  (75-6) Jangan mengangkat tandukmu tinggi-tinggi, jangan berbicara dengan bertegang leher!"

Observation
Ayat di atas menyoroti dua hal menurutku: kesombongan dan pengendalian diri. Pas banget dengan yang terjadi kemarin di kantor. Di grup WA kantor ada seorang rekan kerja yang marah karena namanya masuk daftar temuan masalah absen karena dia merasa gak bersalah, dia mengucapkan kata-kata yang agak kasar menyalahkan beberapa orang. Orang yang disalahkan gak terima dan beberapa yang membela akhirnya berbantahan di  chat grup. Di satu sisi aku mengerti gaya rekan kerjaku yang blak-blakan karena suamiku juga tipenya sama, tapi aku mengerti perasaan rekan yang disalahkan karena aku setipe, hahahaha. Jadi aku gak membela keduanya. Hanya aku belajar kalau aku marah pun aku harus mengendalikan diri sekalipun memang aku benar. Aku gak boleh congkak karena merasa benar.

Aplication
✔️ Tetap mengendalikan diri saat emosi. Sekali pun benar, menegur pun harus dengan cara yang sopan dan menjaga perasaan orang lain.

Prayer
Tuhan, mampukan aku mengendalikan diri saat marah. Saat marah pun aku mau memuliakan Tuhan. Amin.

Yesaya 15

Scripture
Yesaya 15:1 (TB)  Ucapan ilahi tentang Moab. Sungguh, dalam suatu malam Ar-Moab sudah dirusakkan, dibinasakan; sungguh, dalam suatu malam Kir-Moab sudah dirusakkan, dibinasakan!

Observation
Moab dibinasakan karena kecongkakannya! Mengerikan sekali. Tuhan menganggap serius dosa kesombongan. Bagaimana denganku? Aku gak boleh sombong lagi. Sering kali aku merasa sombong dan merasa lebih baik dari orang lain. Well, gak terucapkan sih. Tapi aku tahu hatiku. Dan Tuhan juga pasti tahu hatiku.

Aplication
✔️ Gak boleh sombong. Semua yang aku miliki, lakukan, semua adalah karya Tuhan semata. Semua orang sama di mata Tuhan.
✔️ Mengembalikan segala pujian dan hormat hanya bagi kemuliaan Tuhan.

Prayer
Tuhan, Engkau tahu hatiku. Betapa mudahnya aku jatuh dalam dosa kesombongan. Ampuni aku Tuhan, jangan musnahkan aku seperti Moab. Tolong aku yang sering jatuh ini Tuhan. Aku perlu terus diingatkan bahwa hanya bagi Tuhan lah segala kemuliaan. Amin.

Palangka Raya, 15 September 2018
-Mega Menulis-

Friday, September 14, 2018

31 Days Of Gratitude : September 14th

14 September 2018

1. Bersyukur bisa senam gratis setiap hari Jumat di kantor, kalau dipikir-pikir, orang buat senam harus ke studio atau sanggar senam dan bayar. Aku nggak tuh, di kantor dan gratis pulak.
2. Bersyukur dipercaya jadi MC di acara kantor. Awalnya sebal, kok gak orang lain aja. Tapi jadi mikir, o iya ya, ga semua orang dapat talenta ini dan kesempatan buat melipatgandakan talenta yang Tuhan berikan.
3. Bersyukur namaku gak ada di LHP Irwas. Bersyukur kesempatan belajar dari LHP tahun 2017,  semoga aku gak mengulangi kesalahan orang kantor dan bisa lebih baik.
4. Bersyukur punya arsip menjawab (lagi) surat dari pusat. Jadi tinggal kirim ulang.
5. Bersyukur bersuamikan suamiku, belajar dari karakternya yang keras dan blak-blakan. Jadi gak kaget menghadapi orang yang setipe dengan dia dan gak emosi. Di kantor ada yang bertipe sama soalnya.
6. Bersyukur Sara sewaktu dibawa ke kantor gak rewel dan bersikap supel ke orang lain.
7. Bersyukur Tuhan sertai perjalanan suami ke Kasongan malam ini.
8. Bersyukur Sara tidur malam gak rewel.
9. Bersyukur suami beli paket data murah untuk sebulan ini, ada promo khusus hari ini.

10. Bersyukur ada yang daftar TIX ID pakai undanganku, aku dapat voucher 25 ribu. Yay! 

Palangka Raya, 14 September 2018
-Mega Menulis-

Yesaya 14, Mazmur 74

Yesaya 14

Scripture
Yesaya 14:27 (TB)  TUHAN semesta alam telah merancang, siapakah yang dapat menggagalkannya? Tangan-Nya telah teracung, siapakah yang dapat membuatnya ditarik kembali?

Observation
Tidak ada yang bisa menggagalkan rancangan Tuhan. Tidak ada yang bisa membatalkan ketetapanNya. Aku diingatkan bahwa Allah berdaulat dalam segala yang terjadi dalam hidupku. Ada hal-hal yang pasti terjadi menurut ketetapanNya dan gak bisa diubah. Saat menyadari itu terkadang jadi mikir kalau semua yang terjadi sudah ditetapkan, lalu buat apa kita berusaha dan berdoa? Toh Tuhan sudah merancangkan. Tapiiii.... Diingatkan kalau ada bagian yang harus aku kerjakan dan ada yang Tuhan kerjakan. Aku berdoa bukan untuk membuat Tuhan berubah pikiran atau rancanganNya, tapi untuk: mengubah hatiku, untukku mengenal kehendak Tuhan dan melakukan kehendakNya.

Aplication
✔️ Tunduk pada kedaulatan Tuhan dan berespon dengan benar pada apa yang terjadi dalam hidupku.
✔️ Berdoa dan berusaha dengan sungguh.

Prayer
Tuhan, aku bersyukur untuk setiap rancanganMu dalam hidupku. Semuanya baik dan aku mau hidup dalam kehendakMu. Aku gak mau meragukan setiap keputusanMu. Ajar aku supaya selalu nenyenangkan hatiMu ya Tuhan. Amin.

Mazmur 74

Scripture
Mazmur 74:12 (TB)  Namun Engkau, ya Allah adalah Rajaku dari zaman purbakala, yang melakukan penyelamatan di atas bumi.

Observation
Allahku adalah Allah yang berkuasa dan melakukan banyak perkara ajaib. Dia adalah Rajaku yang telah melakukan karya keselamatan di bumi. Allahku adalah Rajaku, Penyelamatku. Sudahkah aku memperlakukan Allahku sebagai Raja dan Penyelamatku? Apa yang dapat kulakukan baginya?

Aplication
✔️ Aku mau mensyukuri karya keselamatan Allah dengan berhenti berbuat dosa. Mengingat  pengorbanannya bagiku supaya aku gak dikuasai dosa.
✔️ Allah adalah rajaku jadi aku tunduk segala ketetapan dan kehendakNya,bukan menuruti kehendak sendiri.

Prayer
Ya Allah, Engkaulah Rajaku dan Penyelamatku. Aku mau hidup bagiMu dan melakukan kehendakMu saja setiap hari. Amin.

Palangka Raya, 14 September 2018
-Mega Menulis-

Thursday, September 13, 2018

31 Days Of Gratitude : September 13th

13 September 2018

1. Bersyukur pagi-pagi aku dan suami gak telat bangun, padahal malamnya habis nonton malam banget.
2. Bersyukur hari ini di kantor banyak makanan karena ada pemeriksaan Irwas , hahahaha.
3. Bersyukur siang bisa makan bareng suami.
4. Bersyukur hari ini ada diantarkan kripik singkong pedas buat dikirim lagi.
5. Bersyukur tunjangan kinerja dah keluar. Puji Tuhan, tepat pada waktunya.
6. Bersyukur pemeriksaan Irwas seminggu ini untuk pekerjaan tahun 2017 jadi aku bisa banyak belajar.
7. Bersyukur sore tadi makan martabak dan terang bulan bareng keluarga.

Palangka Raya, 13 September 2018
-Mega Menulis-

Yesaya 12, Mazmur 72

Yesaya 12

Scripture
Yesaya 12:6 (TB)  Berserulah dan bersorak-sorailah, hai penduduk Sion, sebab Yang Mahakudus, Allah Israel, agung di tengah-tengahmu!"

Observation
Yesaya mengingatkan penduduk Sion untuk berseru dan bersorak-sorai, 'hanya karena'  Allah ada di tengah-tengah mereka. Wow! Bukan karena Allah melakukan sesuatu bagi mereka, tapi kehadiranNya saja pun cukup menjadi alasan untuk melakukan itu. Gak perlu alasan ini itu untuk berseru bagi Tuhan,cukup dengan menyadari Dia ada dan hidup di tengah-tengah kita maka kita akan bersorak-sorai.

Aplication
✔️  Menyadari kalau Allah selalu ada di dekatku maka aku mau memuji Tuhan.
✔️ Kemarin baru melihat gerak dan lagu sebuah lagu SHM yang berjudul Tuhan Allah di Tengah Kita, aku sudah download. Mau aku ajarkan ke Sara.

Prayer
Terima kasih Tuhan buat kehadiranMU di setiap hariku. Terima kasih karena Engkau gak pernah tahu tinggalkanku, Engkau selalu menjagaku bahkan di saat aku gak menyadarinya. Terima kasih Tuhan. Aku bersyukur Engkau selalu ada bagiku. Amin.

Mazmur 72

Scripture
Mazmur 72:20 (TB)  Sekianlah doa-doa Daud bin Isai.

Observation
Daud mendoakan raja. Pokok doa Daud terutama supaya raja memerintah dengan keadilan. Daud bersungguh-sungguh mendoakan raja karena dia tahu seorang raja membutuhkan Tuhan. Bahkan Daud berdoa agar semakin banyak orang yang mendoakan raja.

Aplication
✔️  Berdoa bagi pemimpin di daerahku supaya hikmat Tuhan memampukan dia memerintah dengan adil.
✔️ Berdoa buat Presiden Jokowi untuk kesehatan dan kekuatan memimpin Indonesia.
✔️ Berdoa buat presiden terpilih tahun depan, siapapun itu.

Prayer
Tuhan, terima kasih sudah ingatkan aku berdoa bagi pemimpin di negeriku. Tolong supaya aku selalu ingat mendoakan mereka yang sudah Tuhan izinkan menjadi pemimpin negeri ini. Kiranya Tuhan berkati negeri ini dengan pemimpin-pemimpin yang takut akan Tuhan. Dan bangkitkanlah orang-orang yang mau berdoa bagi pemimpin negeri kami ya Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 12 September 2018
-Mega Menulis-

Yesaya 13, Mazmur 73

Mazmur 73

Scripture
Mazmur 73:1 (TB)  Mazmur Asaf. Sesungguhnya Allah itu baik bagi mereka yang tulus hatinya, bagi mereka yang bersih hatinya.

Observation
Baca ayat di atas jadi ingat lirik lagu ini:
God is too wise to be mistaken
God is too good to be unkind
So when you don't understand
When don't see His plan
When you can't trace His hand
Trust His Heart
Trust His Heart

Seringkali sewaktu ada hal buruk terjadi padaku, aku mikir kalau Tuhan sedang menghukumku. Seminggu yang lalu, aku dan suami baru menemui kenyataan kalau rumah yang mau kami beli sudah dijual ke orang lain selama proses kelengkapan surat-surat. Kami suka rumah itu, lokasinya cukup dekat dengan kantor, gak perlu terlalu banyak renovasi pulak. Ternyata kenyataan yang terjadi seperti itu. Padahal, kami sudah memberikan DP. Kecewa sekali rasanya dan jadi mikir, "Kok Tuhan kayak gini?". Suami lebih tenang dan bilang kalau ada saja nanti Tuhan kasih gantinya yang lebih baik. Dua hari kemudian kami menemukan dua rumah yang lebih dekat lokasi kantorku dan lebih murah. Seakan-akan Tuhan gak mau aku meragukan kasihNya.

Aplication
✔️ Jaga hati dengan segala kewaspadaan dari pikiran negatif. Belajar mempercayai Tuhan sepenuhnya, jangan meragukan hatiNya.

Prayer
Tuhan, aku mau mempercayai Tuhan sepenuhnya. Engkau adalah Bapa yang rindu memberikan yang terbaik bagi anak-anakMu,  dan aku akan menerima gak kurang dari yang terbaik. Jangan biarkan aku meragukan kasihMu ya Tuhan. KepadaMu aku percaya. Amin.

Yesaya 13

Scripture
Yesaya 13:9 (TB)  Sungguh, hari TUHAN datang dengan kebengisan, dengan gemas dan dengan murka yang menyala-nyala, untuk membuat bumi menjadi sunyi sepi dan untuk memunahkan dari padanya orang-orang yang berdosa.

Observation
Tidak ada yang tahu kapan hari Tuhan akan datang, tapi dari bacaan hari ini terlihat kengerian saat waktunya tiba. Jadi merenung, kalau saya tahu hari ini adalah hari Tuhan, apakah yang akan saya lakukan? Hidup yang bagaimana yang akan saya jalani? Karena aku gak tahu kapan hari Tuhan maka aku harus berjaga-jaga senantiasa supaya saat Tuhan datang kita kedapatan hidup dalam kebenaran.

Aplication
✔️ Lakukan yang terbaik setiap hari seakan-akan ini hari terakhir di dunia.

Prayer
Tuhan, mampukan aku untuk hidup setiap hari seperti ini adalah hari terakhir hidupku supaya aku kedapatan melakukan yang benar bagi kemuliaan Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 13 September 2018
-Mega Menulis

31 Days Of Gratitude : September 12nd

12 September 2018

1. Bersyukur urusan pengajuan kredit hari ini lancar. Semua yang perlu ditemui untuk tanda tangan ada semua.
2. Bersyukur sudah selesai isi laporan kekayaan di aplikasi SIHARKA.
3. Bersyukur suamiku punya kesempatan menolong om yang sakit di RS.
4. Bersyukur kami bisa bayar dp rumah sebesar 20%.
5. Bersyukur kami sudah bayar kamar kos sekat kantor dan cek kamarnya.
6. Bersyukur bisa beli tiket nonton 15 ribu untuk 2 tiket untuk nonton bareng suami. Promo hari Rabu, beli gratis 1 dan manfaatkan voucher. Yay!
7. Bersyukur bisa ngedate nonton di bioskop berdua suami. Semenjak punya anak, baru kali ini bisa ngedate sama suami. Bersyukur bisa nonton walaupun telat sedikit. Bersyukur filmnya rame.
8. Bersyukur anak-anak belum bangun saat kami pulang  nonton.

Palangka Raya, 12 September 2018
-Mega Menulis-

Tuesday, September 11, 2018

31 Days Of Gratitude : September 11st

11 September 2018

1. Bersyukur bisa bangun siang di hari libur, fresh banget pas bangun.
2. Bersyukur hari ini Sara mau ikan bawal dan sayur daun singkong.
3. Bersyukur gak perlu ke kantor walaupun ada pemeriksaan Irwas hari ini.
4. Bersyukur  bisa tidur siang bareng sekeluarga.
5.Bersyukur sore bisa jalan-jalan bareng keluarga ke Kameloh.
6. Bersyukur hari ini Oka masak sayur daun singkong tumbuk, enak banget.
7. Bersyukur malam-malam bisa ngobrol sama suami membicarakan rencana kami ke depan.
8. Bersyukur ada kos-kosan kosong di dekat kantorku, jadi sementara belum dapat rumah, kami berencana pindah ke sana.

Palangka Raya, 11 September 2018
-Mega Menulis-

31 Days Of Gratitude : September 11st

11 September 2018

1. Bersyukur bisa bangun siang di hari libur, fresh banget pas bangun.
2. Bersyukur hari ini Sara mau ikan bawal dan sayur daun singkong.
3. Bersyukur gak perlu ke kantor walaupun ada pemeriksaan Irwas hari ini.
4. Bersyukur  bisa tidur siang bareng sekeluarga.
5.Bersyukur sore bisa jalan-jalan bareng keluarga ke Kameloh.
6. Bersyukur hari ini Oka masak sayur daun singkong tumbuk, enak banget.
7. Bersyukur malam-malam bisa ngobrol sama suami membicarakan rencana kami ke depan.
8. Bersyukur ada kos-kosan kosong di dekat kantorku, jadi sementara belum dapat rumah, kami berencana pindah ke sana.

Palangka Raya, 11 September 2018
-Mega Menulis-

31 Days Of Gratitude : September 10th

10 September 2018

1. Bersyukur pagi-pagi sebelum berangkat ke kantor Sofia sudah minum dan Sara sudah makan.
2. Bersyukur suamiku berhasil nego harga.
3. Bersyukur siang bisa makan gado-gado bareng suami.
4. Bersyukur suami dapat blessing saat bantu uruskan dokumen kendaraan saudara.
5. Bersyukur ada pemeriksaan Irwas di kantor dan gak banyak dokumen yang diminta pemeriksa. Bersyukur saat ada dokumen yang diminta, sudah ada dan tinggal print.
6. Bersyukur gak mesti ngelembur sampai malam menunggu Irwas memeriksa. Gak terbayangkan punya bayi dan anak kecil tapi harus lembur.
7. Bersyukur dapat oleh-oleh dari Fani dan Shinta di Padang.
8. Bersyukur suami sempat ambil syarat mengajukan kredit di bank.

Palangka Raya, 10 September 2018
-Mega Menulis-

Yesaya 11, Mazmur 71

Yesaya 11

Scripture
Yesaya 11:3 (TB)  ya, kesenangannya ialah takut akan TUHAN. Ia tidak akan menghakimi dengan sekilas pandang saja atau menjatuhkan keputusan menurut kata orang.

Observation
Ayat ini adalah nubuatan tentang Yesus. Kebayang ga sih ada orang yang KESUKAANNYA/HOBINYA melakukan kehendak Tuhan?  Menurut KBBI, definisi hobi adalah :
n kegemaran; kesenangan istimewa pada waktu senggang, bukan pekerjaan utama: melukis itu sebagai -- saja, bukan sebagai mata pencahariannya
Kesenangan yang istimewa! Wow! Aku jadi membayangkan, kalau ada orang yang bertanya apakah hobi/kesukaanku, mungkinkah aku menjawab 'melakukan kehendak Tuhan'? Sepertinya nggak deh. Kenapa? Karena, sejujurnya, kehendak Tuhan seringkali berbeda dengan kehendakku, melakukan kehendak Tuhan itu membutuhkan pengorbanan.

Aplication
✔️ Menyadari kalau kehendak Tuhan itu selalu baik. Ya. Butuh tenaga dan pengorbanan terkadang sewaktu melakukannya, tapi hasilnya sepadan. Saat aku hidup di luar kehendak Tuhan maka ada akibat yang harus aku tanggung.
✔️  Kenapa kehendak Tuhan terkadang terlihat begitu berat? Mungkin karena aku gak sungguh mengasihi Tuhan. Saat aku mengasihi Tuhan tentu aku ingin menyenangkan hati Tuhan. Mencintai itu butuh komitmen. Sekalipun berat, saat aku ingat komitmenku maka aku punya kekuatan untuk melakukan kehendakNya.

Prayer
Tuhan, aku mau belajar menyukai kehendakMu dan melakukannya di dalam hidupku dengan sukacita. Aku mau hidup di dalam kehendakMu. Amin.

Mazmur 71

Scripture
Mazmur 71:8 (TB)  Mulutku penuh dengan puji-pujian kepada-Mu, dengan penghormatan kepada-Mu sepanjang hari.

Observation
Puji-pujian 👉 Rasa syukur
Penghormatan 👉 Takut akan Tuhan
Apakah sepanjang hari dalam hidupku ada rasa syukur dan takut akan Tuhan?
Sudahkah hidupku mendatangkan pujian dan hormat kepada Tuhan? Apakah orang lain ikut memuji dan menghormati Tuhan karena melihat hidupku? Atau jangan-jangan apa yang kulakukan malah membuat Tuhan dipermalukan dan dicemooh orang lain?

Aplication
✔️  Melakukan SEGALA SESUATU dengan sikap hati melakukannya untuk kemuliaan Tuhan. Berusaha melakukan hanya yang kudus, berkenan dan menyenangkan hati Tuhan.
✔️ Hidup dengan ucapan syukur dan takut akan Tuhan.

Prayer
Tuhan, terima kasih karena mengingatkan lagi kalau hidupku bukanlah untuk diriku sendiri. Biarlah hidupku mendatangkan puji-pujian dan hormat bagi Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 11 September 2018
-Mega Menulis-

Monday, September 10, 2018

31 Days Of Gratitude : September 9th

9 September 2018

1. Bersyukur Sara dan Sofia gak panas walaupun baru diimunisasi.
2. Bersyukur bisa jalan sore hari melihat rumah. Berdoa buat keputusan yang aku dan suami akan ambil.
3. Bersyukur siang-siang dapat blessing dari sepupu, kue bolu dari Kapuas.
4. Bersyukur punya rekan kerja yang bertanggung jawab dan dapat dipercaya  jadi hari libur pun tenang, gak perlu kuatir kalau tugas terbengkelai.
5. Bersyukur kipas angin di kamar rusak, jadi punya kipas angin baru. Bersyukur ada uang untuk beli kipas yang baru.
6. Bersyukur ketemu mie ayam kesukaan zaman dulu,  Mie Ayam Trisno di Jl. Rajawali samping Salon Obelix. Rasanya gak berubah. Sara san suami juga suka.

Palangka Raya, 9 September 2018
-Mega Menulis-

Yesaya 10, Mazmur 70

Mazmur 70

Scripture
Mazmur 70:4 (TB)  (70-5) Biarlah bergirang dan bersukacita karena Engkau semua orang yang mencari Engkau; biarlah mereka yang mencintai keselamatan dari pada-Mu selalu berkata: "Allah itu besar!"

Observation
Percaya dengan iman,saat aku mencari Tuhan maka Tuhanlah yang berikan kegirangan dan sukacita.  Sukacitaku gak akan pernah bergantung keadaan tapi dari Tuhan.Sukacita karena Tuhan itulah perlindunganku. Tuhanlah yang memberikanku alasan untuk bersukacita.

Aplication
✔️ Bangun dengan iman setiap hari dan bilang, "Inilah hari yang dijadikan Tuhan. Aku mau bersukacita di dalamNya".
✔️ Tekun mencari Tuhan alias bersekutu dengan Tuhan. Gak peduli aku ingin atau ngga, gak peduli aku dapat rhema apa ngga, gak peduli aku lagi 'kering' atau ngga, aku mau sediakan waktu untuk bersekutu dengan Tuhan.

Prayer
Tuhan, aku mau bersukacita di hari yang telah Tuhan jadikan. Aku mau menjalani hariku dengan Tuhan.Engkaulah yang membuat sukacitaku penuh. Amin.

Yesaya 10

Scripture
Yesaya 10:15 (TB)  Adakah kapak memegahkan diri terhadap orang yang memakainya, atau gergaji membesarkan diri terhadap orang yang mempergunakannya? seolah-olah gada menggerakkan orang yang mengangkatnya, dan seolah-olah tongkat mengangkat orangnya yang bukan kayu!

Observation
Aku adalah alatnya Tuhan. Dia lah yang mengerjakan segala pekerjaan baik di dalamku. Roh Kudus berkarya di dalamku dan melaluiku. Bahkan kemauan untuk melakukan yang baik pun berasal dari Tuhan. Tidak ada tempat untuk memegahkan diri sendiri saat memegahkan diri saat menyadari kalau semua yang terjadi dalam hidupku adalah karyaNya.

Aplication
✔️  Gak sombong dan merasa terlalu bangga dengan diri sendiri.
✔️ Setiap dipuji, ingat kalau hanya Tuhan yang layak menerima pujian itu. Sebelum sempat GR, dalam hati berucap :"Terima kasih Tuhan. Segala pujian hanya buat Tuhan".

Prayer
Tuhan, aku bersyukur untuk segala hal baik yang Tuhan kerjakan dalam hidupku. Segala pujian, hormat dan kemuliaan hanya buat Tuhan yang berkarya luar biasa dalam hidupku. Terima kasih Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 10 September 2018
-Mega Menulis-

Sunday, September 9, 2018

Yesaya 9, Mazmur 69

Yesaya 9

Scripture
Yesaya 9:3 (TB)  (9-2) Engkau telah menimbulkan banyak sorak-sorak, dan sukacita yang besar; mereka telah bersukacita di hadapan-Mu, seperti sukacita di waktu panen, seperti orang bersorak-sorak di waktu membagi-bagi jarahan.

Observation
Membayangkan sukacita seperti di ayat ini rasanya hati terasa penuh. Pastinya hati limpah dengan ucapan syukur. Ya, Tuhan sanggup memberikan sukacita sebesar ini dalam hidup anak-anakNya. Kalaupun saat ini aku gak mengalaminya, kalau hari terasa flat atau malahan sedang mengalami dukacita. Ingat aja terus,  Allah SANGGUP memberikan sukacita besar yang membuat sorak-sorak. Tetap berharap. Tetap percaya. Tetap bersyukur.

Aplication
✔️ Stop self-pity.
✔️ Pilih untuk bersyukur dalam setiap kesempatan dan Tuhan akan melipatgandakan sukacitaku.

Prayer
Tuhan, terima kasih untuk firmanMu hari inu yang mengingatkanku kalau Tuhan sanggup beri sukacita sebesar ini dalam hidupku. Aku mau tinggal di dalamMu supaya limpah sukacitaku. Amin.

Mazmur 69

Scripture
Mazmur 69:20 (TB)  (69-21) Cela itu telah mematahkan hatiku, dan aku putus asa; aku menantikan belas kasihan, tetapi sia-sia, menantikan penghibur-penghibur, tetapi tidak kudapati.

Observation
Aku pernah merasakan ayat ini banget.
👉 Saat dicela atau mendapat omongan yang gak baik, aku down banget. Mengasihani diri sendiri dan menganggap diriku gak berharga.
👉  Saat butuh orang lain (teman/pacar) dan mereka gak ada, aku akan sedih banget karena merasa gak ada yang memperhatikan.
Kalau aku kenang masa itu sekarang, mesake banget deh kayaknya hidupku, aku terlalu menggantungkan diri pada penerimaan orang lain. Jadi, aku berusaha menyenangkan semua orang, yang jelas-jelas gak mungkin. Aku begitu ingin dikasihi orang lain dan saat gak mendapatkannya maka aku merasa gak berharga. Aku merasa berharga saat dikasihi orang lain. Setelah terima Kristus secara pribadi, aku gak mau menaruh rasa berhargaku lada penerimaan manusia lagi, aku dikasihi Tuhan sebagaimana aku ada, aku mulai tahu kebenaran. Saat diserang perasaan-perasaan yang dulu lagi, aku perkatakan firman. Imanku gak tergantung perasaan tapi pada firman Tuhan.

Aplication
✔️ Aku tahu perasaan yang kurasakan itu rentan dialami anak-anakku. Apalagi kalau aku gak kasih tahu mereka sejak kecil kalau mereka dikasihi tanpa syarat. Terkadang aku keceplosan waktu Sara gak obey dengan bilang "Kalau kamu gitu, mama gak mau lagi bla bla bla.. .".  Aku gak boleh gitu lagi.

Prayer
Tuhan, berikanku hikmat dalam menunjukkan ke anak-anakku kalau mereka dikasihi tanpa syarat. Jangan biarkan aku memanipulasi mereka demi mendapatkan yang aku mau. Tolong aku Tuhan, kendalikan mulutku. Hiduplah di dalamku supaya mereka melihat Tuhan yang hidup dalamku dan merasakan kasih Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 9 September 2018
-Mega Menulis-

Saturday, September 8, 2018

31 Days Of Gratitude : September 8th

8 September 2018

1. Bersyukur bisa bangun lebih siang dari biasanya, menyenangkan bisa tidur lama saat weekend.
2. Bersyukur Sara dan Sofia akhirnya bisa imunisasi, beberapa minggu lalu mereka gak bisa imunisasi karena sakit.
3. Bersyukur karena hari ini gak perlu lembur, karena rekan kerja di kantor berjanji menyelesaikan pekerjaannya hari Senin.
4. Bersyukur Sara dan Sofia gak panas pasca imunisasi, malahan ke Hypermart tadi siang. Bersyukur ada diskon susu UHT buat Sara.
5. Bersyukur Sara dibelikan puding kesukaannya oleh ontinya.
6. Bersyukur bisa main bareng Sara dan Sara senang banget, ketawa terus, banyak ngoceh, banyak cerita. Menyenangkan. Gak nyangka seminggu yang lalu dia di RS.
7. Bersyukur baca lagi sharing parenting anggota BRG, bersyukur sudah aku simpan di blogku, bisa dibaca lain kali.

Palangka Raya, 8 September 2018
-Mega Menulis-

Sharing Parenting BRG

Y : 2 hr lalu, slh satu ank ( sebut aja X ) pas abis lunch time maen sepeda, trs sy blg.  jgn maen jauh2 bntr lg nap time. Dia blg blh ga hr ini skip nap? sy  blg engga... nap is important. km  gpp main sepeda skrg tp ntar 10-15mnt lg mama mau km nap.Sy sibuk di dapur 15mnt an bikin kambucha trus gak lama hujan, sy ambil jemuran dulu abis itu si nina mo poop jd sy urus dia cebokin sgala. Sy pikir si X sudah drmh en maen2 krn di luar juga hujan gede. Trus sy ambil buku mo bc dan pggl anak2 tnyt si X gak ada. Sy tny 3ank yg laen, gada yg tau. feeling sy blg dia maen krmh tetangga. Sy gada payung lg, payungnya di mobil, mobil lg di bengkel. akhrnya sy pk jas hujan ke rmh tetangga, si nina nangis2 mo ikut, tp gabs dong krn gada payung. sy pun jalan kan susah pk tongkat. tnyata bnr si X dsana, sepeda nya ada, akhrnya dia plg sm saya tp ujan2an. Dia ganti baju, sy doa.. minta Tuhan ksabaran dan jg hikmat bt ngomong shg bs reaching out ke hatinya, bkn mlh disiplin dia dgn emosi dan bikin hatinya jd tertutup.

sjujurnya pas doa.. ada prasaan kesel, duh nih ank uda tau nap time,pk acr ke rmh tetangga dan aku mst cpk2 nyusulin. tp yah inget bgt... klo kita disiplin tujuannya apa? bring understanding to the children, *bukan utk lampiasin rasa kesel, marah, sebel, emosi* tp in purpose to teach the children obedience, to let them know we love them strong enough and not let them despair bcause of disobedience.

hati sy sudah calm, trs sy ajk dia ngmg baik2...
tanya :
td lg maen sepeda kok tiba2 jd maen drmh the girls? kan km tau hrs nap.

dia blg uda izin sm daddy. Daddynya kan plg bt lunch en jg ngajar HS math tp abis itu balik lg ke skul.

Sy blg " oh, really? " sy tau suami pasti sll satu suara sm sy. kami bikin rule cm after nap blh maen drmh the girls. sy blg mama will check with daddy if you tell a lie u will get hard punishment .. trus matanya lgs guilty dan peluk saya " forgive me mamaaaa, I told a lie "

Sy blg lgs rightaway, I forgive you X.

tell mama knp sih km bohong? km takut apa? km knp?
( trying to pull the root of the sin )

trus sy inget wktu itu dia jg prnh bohong hal yg serupa... blg sudah get permittion but actually belom.

tears run down di wajahnya. dia tau dia salah.

sy ksh dia ayat.. Tuhan benci lying lips but suka sm truthful lips. T syg sm km tp klo km pny habit of telling lie, km ga akn jd org yg dipercaya, not with God and not also with people.

Lying is a serious sin. klo km uda biasa kyk gt, susah ubahnya, tp there is a hope, Jesus's power will help you to help speaking the truth.

Even if the lie slipped from ur mouth, and God speak softly in ur heart... it is not true, km mst lgs cpt2 blg sorry aku bohong. jgn smpe mama blg "u will get hard punishment if u tell a lie " br ngaku.

Trus sy ajak dia doa. Dan sy blg.. this time I will spank u 5x ( biasanya sy klo spank anak cm 1-2x tp bnr2 kenceng ) tp ini uda repeated sins.

sy srh dia baringan telungkup di kaki dan spank dia. nangis kejer tp sy peluk, dia blg lg... forgive me, mama... forgive me... sy usap2 blg iya, mama maafkan km, mama syg kamu! Km hrs brani berkata benar dan jujur skalipun ada resikonya. Do not try to cover your sins by telling a lie.

hampir stgah jam sy dealing with X. late nap jam 2 br tdr smuanya. Tp sy sukacitaaaaa sekali... bcause I know the Father is pleased with the way I responded to X in this situation.

What bring God glory? when we can submit our will to Him and choose obedience.. choose to response in Godly way...

So blessings to you, moms, yg ngadepin byk kasus ktidaktaatan anak... we can depend on His strength, we can choose what is right! God will give us victory! amen 🙏🏼

Y : Sy mo cerita kmenangan saya nih... 3 hr lalu pas lg spelling test, sy lihat T tulis 3 kata di halaman dia ( sbg contekan) trus ktahuan sm sy. Sy ngmg baik2 sm dia... cheated is wrong, it is a sin, bcause u tell a lie try to manipulate ppl to think u can do it, wanna get easier effort bt bs dpt bgs, but it will not make u happy mlh bhkn takut, tertuduh dan mrasa bsalah... Tuhan ksh tunjuk sy, bhw ini akarnya adl sikap perfectionis dia... dia pgn dpt 💯, ga suka klo spelling testnya ada yg salah. salah 1 aja bs bikin dia susah terima... Tuhan ksh tau sy utk trs speak truth... ttg kberhargaan diri, bukan krn prestasi/ ksuksesan, bukan krn "nilai full/sempurna". let it go... as long km bljr the best, ask God help you, it is ok to have mistake...

dia ngerti dan blg sorry mama... We pray together and I affirm her unconditional love. Mama's acceptance is not bcause ur study. km bgs bljrnya, pinter, ga bikin mama tmbh sayang.. km ga dpt perfect score ga bikin mama kurang sayang. you are loved already... your value ga ditentuin oleh ur achievement.
If you obedience, thats make mama happy. If u disobey itu bikin mama sedih, tp itu ga akan ngurangin sayang mama ke km. you are loved already.

mberikan konfirmasi ksh syg tnp syarat itu pntg sekali, hrs trs mnerus mnanamkan kbenaran, value, konfes Ft dln hdp mrk..  krn itu akan jd "inner voice" bt mrk khususnya ktk mrk gede dan ngalamin peer pressure.

R : dalam hal ini ak yg malah di tegor sm G... 2minggu lalu saking putus asanya ak ngajarin G spelling test. beberapa kata susah dan sll salah. momnya perfectionist. anaknya dapat 3 pun bangga 😂 jadilah ak ajarin G untuk liat contekan... beberapa kata kayak computer ak suru gwen liat di pencilnya ad tulisan computer trus eraser ak suru dia liat cover penghapusnya ad tulisan eraser. klo2 dia lupa uda liat aja lah ya nak disitu trus copy paste aja. ak ngajarin begitu terus terang ga kepikiran apa2 sama sekali pikiranku msh positif ga kepikiran klo ternyata secara tidak sadar ak ngajarin anak cheating. besoknya pulang sekolah ak periksa pencil casenya. ternyata cover penghapusnya ud dibuka dan dibuang sm dia, pencil yg ad tulisan computer dibagi2 ke temen2nya. sisa cm yg mechanic pencil aja yg gada tulisan computer. trus ak tanya, loh kenapa dibuang nak? dan jawaban G bikin ak bertobat! mommy thats cheating! thats really bad attitude bad habit not good for me. 😱😱😱 jadi pas mau test dia malah ngaku dosa sm missnya disuru mommy liat ke pencil dan erasernya klo dia lupa spellingnya dan missnya yg kasi tau klo yg itu cheated 😂 tp yg ak bangga G yg berkeputusan utk buang pencil dan erasernya dg gagah perkasa tanpa takut dia bakal salah spellingnya. dan memang salah sih 2 kata itu 😂. tp dr sharing sebelumnya ak belajar unconditionally love. ak sungguhan ga inget soal ini. memang bener sih anak berharga bukan krn prestasinya  ak ga boleh egois ngajarin anak utk menghalalkan segala cara demi nilai. padahal dl pas ak kecil pernah sekali waktu ak pulang skolah ulangan dapat 4. mamaku ud tanya mau dipukul pake apa? mistar, sabuk, sapu lidi, sandal jepit, dikurung di kamar mandi, apa cubitan maut mama? (maklum mamaku ibu piala, jd prestasi itu wajib -> ini salah satu root penyebab ak perfectionist dan tanpa sadar ak mengulangi pola asuh mamaku soal nilai) tapi papaku waktu itu cm bilang 1kalimat "gapapa dpt 4 yg penting km jujur, papa lebih bangga daripada km dpt 10 tp hasil nyontek" u know itu alasan hidupku berubah krn 1 kalimat dr papa, sampe detik ini ga sekalipun ak pernah nyontek. krn ak tau walo dpt jelek papaku tetep proud of me. agh... ak sungguhan bertobat Tuhan ud ngajarin anakku cheating hanya demi memuaskan egoku pribadi, tp ak justru mengajarkan value yg buruk buat anakku.

F: 😭😭 praying for me spy bisa menang respon spt itu jg yaaa..

Sama ni 2 hr lalu jg kyknya, aku bwin bekal pagi2 bt anak2.. udh sgj bangun pagi2 (pdhl itu pagi lg cape bgt msh pgen tidur2an), masakin pasta bolognase, aku bilang sama anak2 klo aku masukin kotak makan di bagian depan tas (ada zipper terpisah, tkt tumpah or gmn spy ga kena  buku2), mreka iya iya aja sambil main2 gt..
Plg skolah, yg kecil blg "kok td ga ada kotak makannya?" Lah? Kan udh diblg ada.di depan.. 😬😠muLai kesel ni.. intinya dia lupa, jd dia ga makan..
Eh yg besar pulang pun samaaa casenya..
Jd smua bekal yg aku bkin td pagi itu ga dimakn gara2 "lupa" ada di depan 😤😤😢
sebeell bgt rasanya, aku omel2in krn mreka ga pay attention, berkali2 sepele in apa yg dibilangin..
Duh kmr itu bener2 ga bs mkir calm.. no spanking sih, cm kyknya aku ngomel2 berlebihan 🙄🙄

Y: F, ⁩ hugssss for you! itu attentiveness ( habit penuh perhatian ) emg mst terus dilatih.

slh satu anakku gitu, klo disuruh ambil brg ( kan aku susah jln gt ) jd lbh byk nyuruh2 sih... nah klo suruh 1 ank, 10x misalnya dlm shari, pasti bykan salah or ga dapetnya.. entah dia slh ambil brg, or balik lg tnya, ambil apa mama? ada dmn mama? gak ada mama, trs kusuruh ank lain kshtau tmptnya, ketemu kok.

uda si anak emg krg cermat eh dia ga pnh phatian. nah kdg yg kyk gitu beneran suka dongkol.

tp trs aku inget, klo komunikasiku ga nyampe ke anak brarti partly salah aku juga. entah cara pnyampaian OR aku blm dpt full attention tp uda ksh intruksi.

So, aku coba ubah caraku.. klo mo srh si anak :
aku panggil, contohnya X sini...
dia dtg ke aku, br aku ngmg..
1. km tau coconut oil mama? yg tutup botolnya hitam?
2. itu ada di bawah ranjang, klo gada dsitu cari di samping ranjang, nyelip2 di antara ranjang dengan tembok.
bisa ambilin ga?
oke mama!

thank u X. coba skrg km ulang, mama suruh apa?

ambil coconut oil. tutupnya hitam. cari di bawah ranjang ato ga samping ranjang nyelip2.

oke, bagus. skrg ambil yah.

jd aku suruh repeat instruction ku.

Jgn ngmg klo ank blm ksh full attention. jd jgn ngmg dr dapur, trs si ank lg maen druang tamu. mama teriak.. " X ambil coconut oil di kamar dong... " nah ini ga bgs. intruksi ga detail, si ank jg blm tentu ksh full attention. lbh bgs panggil srh dia dtg dulu, jelasin intruksi dan suruh repeat. sekian tips mghindari sedikit stress... 😛

Palangka Raya, 7 September 2018
-Mega Menulis-

Yesaya 8, Mazmur 68

Scripture
Mazmur 68:2-3 (TB)  (68-3) Seperti asap hilang tertiup, seperti lilin meleleh di depan api, demikianlah orang-orang fasik binasa di hadapan Allah.
(68-4) Tetapi orang-orang benar bersukacita, mereka beria-ria di hadapan Allah, bergembira dan bersukacita.

Observation
Perbedaan apa yang terjadi pada orang benar dan orang fasik di hadapan Allah:
- orang fasik ➡️ binasa
- orang benar ➡️bergembira dan bersukacita
Orang benar tidak perlu takut menghadapi Tuhan, malahan baginya adalah sukacita jika dapat berhadapan dengan Tuhan yang mengasihiNya. Tidak ada kekuatiran dan ketakutan akan penghukuman karena dia tahu kebenaran yang menyelamatkannya adalah penebusan Kristus. Tidak seperti orang fasik yang hidup seakan-akan gak memerlukan Tuhan dan akan menemukan kebinasaan.

Aplication
✔️ Aku perlu mati bagi dosa setiap harinya supaya aku selalu bersukacita di hadapan Tuhan. Aku harus mengakui setiap dosa yang sudah kubuat supaya dosa ditelanjangi dan gak berkuasa lagi atasku.
✔️ Harus ada pertobatan sejati. Setelah mengakui dosa, benar-benar ditinggalkan. Jangan jadi penjahat kambuhan.

Prayer
Tuhan, terima kasih karena kebenaranmu yang menyelamatkanku. Yesus sudah mati menebus dosaku. Tolong aku ya Tuhan untuk hidup dalam kebenaran, bertobat setiap hari dan meninggalkan dosa lamaku. Amin.

Yesaya 8

Scripture
Yesaya 8:20 (TB)  "Carilah pengajaran dan kesaksian!" Siapa yang tidak berbicara sesuai dengan perkataan itu, maka baginya tidak terbit fajar.

Observation
Cari pengajaran!
Cari kesaksian!
Terkadang kalau rasanya kepala sudah penuh, banyak pikiran. Males banget dengar pengajaran dan kesaksian. Dalam hati dah defense dan mikir, "Ah, itu kan hanya terjadi di hidup orang lain,  belum tentu terjadi di hidupku. Gak mungkin deh aku mengalami itu".  Ya, emang benar sih, belum tentu yang terjadi sama. Tapiiii... Aku diingatkan kalau hati yang mau diajar dan mau mendengarkan orang lain akan terbuka dengan didikan Tuhan, banyak perbuatan ajaib yan akan kulihat. Perbuatan Tuhan sungguh dahsyat. Allah yang mengerjakan itu dalam hidup orang lain juga rindu mengerjakan yang sama dalam hidupku.

Aplication
✔️  Aku harus buka hati saat mendapat pengajaran dan mendengarkan kesaksian orang lain.
✔️ Aku mau percaya kalau Tuhan juga akan mengerjakan hal yang dahsyat dengan hidupku.

Prayer
Tuhan, ampuni aku kalau aku terkadang menutup hati dan telingaku. Aku mau punya hati yang mau diajar sama Tuhan. Aku gak mau jadi orang bebal yang gak mau menerima didikan Tuhan. Tolong aku untuk gak mengandalkan diri sendiri ya Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 8 September 2018
-Mega Menulis-

Friday, September 7, 2018

31 Days Of Gratitude : September 7th

7 September 2018

Gratitude Challenge
1. Bersyukur hari ini gak terlambat ngantor dan bisa ikut senam pagi. Setelah itu kerja bakti, lumayan lah bisa olahraga.
2. Bersyukur sehabis kerja bakti di kantor bisa bareng teman-teman makan kue dan ngobrol bareng.
3. Bersyukur tadi malam pas kami sudah tidur, Adi dan mama belikan mie goreng buat Sara. Jadi pagi ini Sara bisa sarapan mie goreng.
4. Bersyukur hari ni sewaktu rapat gak jadi paparan, hahaha.
5. Bersyukur Sara pas dibawa ke kantor dan siang ini gak terlalu heboh.
6. Bersyukur tadi siang mendengarkan suami, awalnya mau nekat ke kantor bawa Sara ke kantor gak pakai bawa perlengkapan perang(popok,  tisu basah, dll).  Ternyata dong, Sara dua kali ganti popok #sigh.
7. Bersyukur malam bisa menahan diri gak makan malam.
8. Bersyukur perwabkeu perjalanan dinas sudah selesai.
9. Bersyukur malam dapat gambar lucu bikin ngakak.

Palangka Raya,  7 September 2018
-Mega Menulis-

Yesaya 7, Mazmur 67

Mazmur 67

Scripture
Mazmur 67:1 (TB)  Untuk pemimpin biduan. Dengan permainan kecapi. Mazmur. Nyanyian. (67-2) Kiranya Allah mengasihani kita dan memberkati kita, kiranya Ia menyinari kita dengan wajah-Nya, Sela

Observation
Baca ayat ini ingat ayat yang sering jadi berkat Tuhan dari Bilangan 6:24-26
TUHAN memberkati engkau dan melindungi engkau;
TUHAN menyinari engkau dengan wajah-Nya dan memberi engkau kasih karunia;
TUHAN menghadapkan wajah-Nya kepadamu dan memberi engkau damai sejahtera.

Entah kenapa tiap mendengarkan berkat Tuhan ini di saat selesai ibadah selalu membuat sukacitaku penuh. Berasa Tuhan benar-benar sudah memberkati aku, memperhatikanku dan memberikan kasih karuniaNya. Menghadapkan wajah menunjukkan perhatian penuh lo.... Setiap aku menyanyikan lagu baru, Sara pasti akan memperhatikanku dengan seksama (dia senang dengar mamanya menyanyi, hohoho). Aku suka saat Sara memusatkan perhatiannya gitu, dia benar-benar menghadapkan mukanya ke aku. Membayangkan Tuhan mau memperhatikanku sedemikian benar-benar membuatku merasa dikasihi.

Aplication
Confession ayat di Bilangan 6:24-26 (TB) secara personal :
TUHAN memberkati Mega dan melindungi Mega;
TUHAN menyinari Mega dengan wajah-Nya dan memberi Mega kasih karunia;
TUHAN menghadapkan wajah-Nya kepada Mega dan memberi Mega damai sejahtera.

Yesaya 7

Scripture
Yesaya 7:4 (TB)  dan katakanlah kepadanya: Teguhkanlah hatimu dan tinggallah tenang, janganlah takut dan janganlah hatimu kecut karena kedua puntung kayu api yang berasap ini, yaitu kepanasan amarah Rezin dengan Aram dan anak Remalya.

Observation
Kalau jadi Raja Ahas pasti tersanjung aku,  Tuhan sendiri sampai menyuruh nabiNya untuk menenangkan hatinya. Dengan perkataan yang meneguhkan dan menguatkan pulak. Teringat juga kesaksian Ci Lia tadi pagi, bagaimana Tuhan kasih kekuatan melalui apa yang disampaikan temannya. Tuhan so sweet banget. DIA tahu dengan tepat, apa yang diperlukan anak-anakNya. Sebenarnya Tuhan bisa saja sampaikan sendiri perkataanNya, tapi saat Dia berkenan memakai anak-anakNya menyampaikan isi hatiNya dan menguatkan anak-anakNya yang lain, itu sungguh indah.

Aplication
✔️  Bersyukur buat orang-orang yang dipakai Tuhan untuk menegur, meneguhkan, menguatkan, menghibur, mengajar, dan membuatku merasa dikasihi.
✔️ Berdoa supaya aku gak melewatkan kesempatan dari Tuhan untuk melayani orang lain melalui ucapanku.

Prayer
Tuhan, aku bersyukur buat keberadaan mereka yang membuatku merasa dikasihi dan memberkatiku dengan perkataan bibirnya. Tolong aku juga ya Tuhan, menjadi berkat melalui ucapanku. Amin.

Palangka Raya, 7 September 2018
-Mega Menulis-

31 Days Of Gratitude : September 6th

6 September 2018

Gratitude Challenge
1. Bersyukur siang hari tertawa-tawa di kantor bareng teman-teman seruangan.
2. Bersyukur sudah selesai buat cascading (pohon kinerja).
3. Kos-kosan yang aku dan suami incar di depan kantor ternyata penuh. Bersyukur menemukan rumah yang dijual di dekat kantor, aku dan suami mendoakan rumah tersebut.
4. Bersyukur Sara makan denganku seharian ini mau. Bersyukur bisa punya quality time dengan Sara, cuma nemenin dia main pasir tapi dia hepi banget.
5. Bersyukur bareng suami bisa punya waktu membicarakan rencana-rencana kami ke depan.
6. Bersyukur seharian mendung jadi cuaca gak terlalu panas.
7. Bersyukur bisa tidur cepat karena seharian banyak sekali yang dikerjakan.
8. Bersyukur ada mama dan Oka yang masak di rumah.
9. Bersyukur Sara sudah gak batuk lagi.
10. Bersyukur waktu di Jakarta sempat beli Nebulizer buat di rumah, jadi sewaktu-waktu bisa nebu.

Palangka Raya,  6 September 2018
-Mega Menulis-

Thursday, September 6, 2018

31 Days Of Gratitude : September 5th

5 September 2018

Gratitude Challenge
1. Bersyukur hari ini banyak sekali pekerjaan di kantor. Bersyukur masih punya semangat untuk cari regulasi untuk dasar membuat ini itu. Bersyukur masih punya semangat belajar hal yang baru.
2. Bersyukur walaupun jiwa raga lelah, tapi Tuhan hiburkan dengan banyak hal.
3. Bersyukur ada solusi dari kesalahan yang aku buat.
4. Bersyukur jualan kripik singkongku hari ini lumayan laku. Hanya sisa 15 bungkus dari total 75 bungkus.
5. Bersyukur tadi sore aku dan suami bisa lihat sebuah rumah yang mau dijual yang letaknya gak jauh dari kantor.
6. Bersyukur tadi istirahat siang inisiatif bikin ayam geprek buat suami. Pas makan suami baru cerita kalau sebenarnya dia pengen ayam geprek tapi ga enak minta aku buatkan karena dilihatnya aku calek sekali minggu ini.

Palangka Raya,  5 September 2018
-Mega Menulis-

Yesaya 6, Mazmur 66

Yesaya 6

Scripture
Yesaya 6:8 (TB)  Lalu aku mendengar suara Tuhan berkata: "Siapakah yang akan Kuutus, dan siapakah yang mau pergi untuk Aku?" Maka sahutku: "Ini aku, utuslah aku!"

Observation
Sebuah ayat tentang pengutusan yang sering sekali diperdengarkan semasa pelayanan di zaman kuliah, baik sewaktu persekutuan umum, persekutuan wisuda, persekutuan doa, retret regenerasi maupun khotbah di komunitas KAMBIUM. Sekarang jarang sekali kudengar. Tapiii...  Aku diingatkan 'pengutusan' dari Tuhan di masa sekarang buatku emang beda dengan di masa kuliah. Saat ini aku diutus untuk melayani keluargaku. Menjadi seorang istri dan mama adalah tugas dan panggilan dari Tuhan buatku. Saat aku capek berat seperti beberapa hari ini, aku diteguhkan untuk tetap melakukan panggilanku dengan sukacita. Aku melayani Tuhan saat melayani keluargaku, harus tetap sepenuh hati. Saat Sofia atau Sara minta susu malam-malam atau di waktu lain aku capek, aku kesal rasanya karena kadang mereka maunya sama aku, gak sama papanya. Pengen sekali bilang, "Udahlah Papa aja yang kasih minum, gantian, aku capek" . Susah sekali bilang dengan rela hati, "Ya sudah, aku aja". Gak boleh gitu Meg!

Aplication
✔️  Dengan sukacita bilang, "Aku aja", saat Sara dan Sofia minta sesuatu. Berinisiatif. Gak menunggu atau meminta suami yang lakukan.
✔️ Gak ngedumel dalam hati saat anak-anak lebih ingin main sama aku daripada papanya, sekalipun aku capek.

Prayer
Tuhan, terima kasih sudah mengutusku melayani suami dan anak-anakku. Mampukan aku mengerjakan panggilanMu ini dengan sukacita. Amin.

Mazmur 66

Scripture
Mazmur 66:19 (TB)  Sesungguhnya, Allah telah mendengar, Ia telah memperhatikan doa yang kuucapkan.

Observation
Setelah kekecewaan gagal mendapatkan rumah yang telah kami DP, kemarin sore sepulang kantor, aku dan suami menyempatkan diri keliling lingkungan sekitar kantorku. Eh, ternyata ada dong kemarin sore rumah yang dijual.Luar biasa sekali Tuhan itu, dia benar-benar mendengarkan doa.Kami memang ingin sekali punya rumah yang dekat kantorku supaya waktu istirahat siang aku bisa pulang dan memberi makan anak-anak.  Letaknya lebih dekat dibandingkan rumah yang gagal kami beli. Aku dan suami masih mempertimbangkan beberapa hal sebelum memutuskan membeli atau ngga, lokasinya sudah bagus tapi banyak yang perlu direnovasi kalau kami jadi beli. Banyak biaya bo. Jadi atau pun nggak kami membeli rumah itu. Yang jelas aku kagum dengan cara Tuhan menunjukkan rumah itu. Dia seperti berkata secara pribadi padaku, "Tuh Meg, masih ada lo rumah di dekat kantormu. Lihat, Aku dengar doamu kan?". Aku gak perlu kuatir lagi masalah rumah. Cepat atau lambat, Tuhan bisa jawab doaku,hanya aku perlu tetap bersabar. Jangan meragukan kuasaNya.

Aplication
✔️ Allah menunjukkan Dia memperhatikan doa yang aku ucapkan, jadi aku harus semakin tekun berdoa.

Prayer
Terima kasih Tuhan karena Tuhan tunjukkan Engkau sungguh mendengarkan doaku. Terima kasih buat pernyataan kasihMu ya Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 6 September 2018
-Mega Menulis-

Wednesday, September 5, 2018

Yesaya 5, Mazmur 65

Mazmur 65

Scripture
Mazmur 65:2 (BIMK)  (65-3) Sebab Engkaulah yang mengabulkan doa; semua orang datang kepada-Mu karena telah berdosa.

Observation
Tuhan gak cuma mendengarkan doa, Dia mengabulkan doa. Aku harus tekun mendoakan apa yang jadi keinginanku.  Kemarin kami sempat DP sebuah rumah, selama proses melengkapi berkas, tahu-tahu rumah itu dijual ke orang lain. Kecewa banget rasanya. Memang setelah men-dp aku tidak berdoa setekun waktu maaih mencari rumah, aku merasa sekian persen sudah yakin mendapatkan rumah itu. Gak boleh gitu! Seharusnya tetap tekun berdoa.

Aplication
✔️ Tekun mendoakan rumah aku ingin.

Prayer
Tuhan, ampuni aku karena gak tekun berdoa. Aku mau tekun dalam meminta ya Tuhan. Tolong aku supaya tetap berdoa dan menjaga hatiku dalam kondisi berharap. Amin.

Yesaya 5

Scripture
Yesaya 5:12 (TB)  Kecapi dan gambus, rebana dan suling, serta anggur terdapat dalam perjamuan-perjamuan mereka, tetapi perbuatan TUHAN tidak dipandangnya dan pekerjaan TUHAN tidak dilihatnya.

Observation
*perbuatan TUHAN tidak dipandangnya dan pekerjaan TUHAN tidak dilihatnya.*
Akhir-akhir ini lelah rasanya. Istirahat kurang sehabis anak-anak sakit, mereka masih pemulihan. Pas juga mau ada pemeriksaan di kantor, jadi banyak yang harus disiapkan. Urusan rumah belum juga kelar. Sama suami jadi kurang quality time. Duh, hari-hari seperti berlalu begitu saja.Aku diingatkan untuk menghargai pekerjaan Tuhan.  Harus bersyukur supaya aku terus melihat dan memandang pekerjaan Tuhan dalam hidupku.

Aplication
✔️  Bikin Gratitude list seperti di awal bikin, detail dan bener-bener merasakan pekerjaan Tuhan yang luar biasa.

Prayer
Tuhan, tiap-tiap hari aku mau melihat dan memandang pekerjaan tanganMu. Aku mau memuji Tuhan pada segala waktu. Amin.

Palangka Raya, 5 September 2018
-Mega Menulis-

2 Raja-Raja 21-22

2 Raja-Raja 21 Scripture        2 Raja-raja 21:3 (TB)  Ia (Manasye) mendirikan kembali bukit-bukit pengorbanan yang telah dimusnahkan ole...