.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Wednesday, October 31, 2018

31 Days Of Gratitude : October 30th

30 Oktober 2018

1. Bersyukur rehab rumah sudah selesai, tinggal dibersihkan dan kami bisa segera tempati.
2. Bersyukur hari ini haid, pantesan beberapa hari ini emosi gak stabil.
3.Bersyukur untuk kecukupan biaya selama rehab rumah.
4. Bersyukur sore tadi Sara makan mie ayam porsi dewasa dan habis.
5. Bersyukur malam bisa punya quality time dengan Sara dan bacakan beberapa buku buat dia.
6. Bersyukur tadi dapat misoa pas rapat, hehehe.
7. Bersyukur Ci Lia bakal gabung di grup C bulan November nanti.
8. Bersyukur separuh member gruo C dah setor ayat hapalannya.

Palangka Raya, 30 Oktober 2018
-Mega Menulis-

Tuesday, October 30, 2018

31 Days Of Gratitude : October 29th

29 Oktober 2018

1. Bersyukur walaupun hasil review pekerjaan kantor belum dikirim, tapi sudah selesai.
2. Bersyukur dapat berkat meja dari Mbak Sinta.
3. Bersyukur bisa datang Aqiqah cucunya Om Damiri, makan sate kambing dan gulai kambing. Sudah lama gak makan daging kambing dan ya ampun sate kambingnya empuk banget, hahahaha.
4.Bersyukur sore bisa jalan bareng keluarga.
5.Bersyukur walaupun ngadain rapat dan gak banyak yang datang tapi aku gak terlalu kecewa.

Palangka Raya, 29 Oktober 2018
-Mega Menulis-

Yesaya 60

Yesaya 60

Scripture
Yesaya 60:1 (TB)  Bangkitlah, menjadi teranglah, sebab terangmu datang, dan kemuliaan TUHAN terbit atasmu.

Observation
Aku merasa terpuruk bulan ini, jatuh bangun dalam hal emosi, iman, pengendalian diri, manajemen waktu, komunikasi dengan suami, dll. Mau menyerah rasanya pada beberapa hal. Sempat berpikir mau melepaskan tanggung jawab dalam beberapa hal tapi firman Tuhan hari ini mengajak aku untuk bangkit dan menjadi terang. Jadi aku gak boleh lama-lama membiarkan diriku terpuruk terus-menerus. Harus segera bangkit dan jadi terang. Terang sesungguhnya adalah Kristus dan kalau mau jadi terang, aku harus membiarkan hidupku dikuasai Kristus, membiarkan Dia hidup dalamku supaya aku hidup seperti Dia hidup.

Aplication
✔️  Aku gak boleh menyerah terhadap diri sendiri, bangkit dan segera mengubah hal-hal yang membuatku terpuruk : komunikasi dengan suami yang buruk akhir-akhir ini, menggunakan waktu dengan gak efektif, gak berusaha melakukan segala hal (belajar menentukan prioritas).
✔️  Berdoa dan gak mengambil keputusan secara emosional, kalau memang ada beberapa tanggung jawab yang harus aku lepaskan, aku harus tenang.

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk bangkit dari keadaanku. Tolonglah aku dalam pengambilan keputusan supaya aku sungguh-sungguh maksimal dalam berbagai area yang Tuhan percayakan dan menjadi terang. Amin.

Palangka Raya, 30 Oktober 2018
-Mega Menulis-

Yesaya 59

Yesaya 59

Scripture
Yesaya 59:12 (TB)  Sungguh, dosa pemberontakan kami banyak di hadapan-Mu dan dosa kami bersaksi melawan kami; sungguh, kami menyadari pemberontakan kami dan kami mengenal kejahatan kami:

Observation
Apakah aku sudah menyadari pemberontakanku dan sudah mengenali kejahatanku? Aku harus tahu area di mana aku lemah dan mudah jatuh supaya bisa segera bertobat. VN Ci Lia bulan ini membuatku menyadari kalau aku masih menjadikan ponsel sebagai berhala bagiku. Belajar mengendalikan diri dan buat batasan lagi dalam pemakaian HP.

Aplication
✔️ Disiplin words before world.
✔️ Gak pegang HP saat sedang bermain sama anak-anak.

Prayer
Tuhan, ampuni aku karena aku masih jadikan HP sebagai berhalaku. Tolong aku ya Tuhan untuk mengendalikan diri dan bukannya dikendalikan oleh HP. Amin.

Palangka Raya, 29 Oktober 2018
-Mega Menulis-

Monday, October 29, 2018

31 Days Of Gratitude : October 28th

28 Oktober 2018

1. Bersyukur tadi malam hujan lebat jadi kelihatan di rumah baru kami bocor atau nggak setelah direhab kemarin dan ternyata sudah gak bocor lagi. Doa orang benar besar kuasanya, terima kasih buat teman-teman yang sudah mendoakan.
2. Bersyukur dari kosan dapat sinyal wifi kantor (aku ngekos di depan kantor)  jadi bisa kerjain kerjaan kantor dari rumah.
3. Bersyukur sudah bumbuin ikan beberapa hari lalu di kulkas, jadi tinggal goreng aja hari ini.
4. Bersyukur sore bisa jalan-jalan dan belanja bareng keluarga kebutuhan bulanan.
5. Bersyukur sapiku laku terjual kata temanku, lumayan buat nambah-nambah uang rehab rumah.

Palangka Raya, 28 Oktober 2018
-Mega Menulis-

Sunday, October 28, 2018

Yesaya 58

Yesaya 58

Scripture
Yesaya 58:3 (TB)  "Mengapa kami berpuasa dan Engkau tidak memperhatikannya juga? Mengapa kami merendahkan diri dan Engkau tidak mengindahkannya juga?" Sesungguhnya, pada hari puasamu engkau masih tetap mengurus urusanmu, dan kamu mendesak-desak semua buruhmu.

Observation
Perikop bacaan hari ini berjudul kesalehan yang palsu dan sejati. Ayat yang kusoroti di atas bicara tentang umat yang protes karena Tuhan gak memperhatikan puasa mereka lalu Tuhan menunjukkan kalau puasa mereka gak berkenan di hadapanNya. Di sini aku belajar 2 hal :
- Motivasi ibadah
Mudah untuk menjadi kecewa sama Tuhan saat aku beribadah kepada Tuhan hanya supaya Tuhan memperhatikan atau menjawab doa. Apakah motivasiku beribadah? Apakah untuk menghormati dan menyenangkan Tuhan atau sekedar agar keinginanku dipenuhi Tuhan? Atau jangan-jangan hanya supaya dipandang baik oleh manusia? Hanya kesalehan palsu atau kesalehan sejati?
- Ketaatan yang selektif
Di perikop ini,  umat Tuhan berpuasa tapi di sisi lain mengabaikan sesamanya. Saat aku memilih melakukan hukum Tuhan yang satu (hanya yang sesuai keinginanku) namun mengabaikan yang lain, itu gak berkenan di hadapan Tuhan. Dalam keseluruhan hidupku ,adakah ketaatan total kepada Tuhan?

Aplication
✔️  Aku mau melakukan ibadah maupun disiplin rohani untuk menyenangkan hati Tuhan, bukan sebagai alat tukar atas keinginanku.
✔️ Aku mau taat sama Tuhan sekalipun aku gak ingin melakukannya. Aku mau belajar taat dalam segala hal.

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk menaatiMu dalam segala hal. Biarlah ibadahku adalah ibadah yang menyenangkan hati Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 28 Oktober 2018
-Mega Menulis-

31 Days Of Gratitude : October 27th

27 Oktober 2018

1. Suami sibuk nungguin tukang seharian, melelahkan harus mengurus anak-anak seharian apalagi mereka berdua maunya digendong. Tapi aku bersyukur bisa punya waktu untuk bersama mereka seharian.
2. Bersyukur anak-anak sempat tidur barengan sebelum makan siang jadi aku sempat masak sebentar, cuma 1 menu saja tapi bersyukur sekali Sara makan lumayan banyak.
3. Bersyukur siangnya mereka tidur lumayan lama, jadi aku bisa cek kerjaan kantor di laptop
4. Bersyukur akhirnya sempat syuting ayat hapalan dan dah hapal 11 ayat bulan ini. Puji Tuhan. Berdoa supaya aku jadi pelaku firman dan gak sekedar menghapal.
5. Bersyukur pagi-pagi ada mamah dan Adi ke rumah ngantar motor dan sempat ngobrol-ngobrol dengan mereka.
6. Bersyukur malamnya ke kawinan anak ibu kos Sara makan banyak. Eh, aku pengen sate dari semalam (tapi sayang duitnya) ternyata ada menu sate. Yay.

Palangka Raya, 27 Oktober 2018
-Mega Menulis-

Saturday, October 27, 2018

31 Days Of Gratitude : October 18th

18 Oktober 2018

1. Bersyukur hari ini ikut acara di Swiss Belhotel Danum yang diadakan DJA Kemenkeu.
2. Bersyukur pagi gak perlu masak, masih ada masakan kemarin jadi tinggal manasin.
3. Bersyukur bisa nitip Sara dan Sofia di tempat mama.
4. Bersyukur hari ini keluarga dari Sampit dan Kapuas datang berkumpul untuk besok bersama-sama ke Samba tempat pernikahan adikku.
5. Bersyukur bisa berkumpul bersama keluarga besar, bersyukur buat perhatian mereka.

Palangka Raya, 18 Oktober 2018
-Mega Menulis-

Yesaya 57

Yesaya, 27

Scripture
Yesaya 57:1 (TB)  Orang benar binasa, dan tidak ada seorang pun yang memperhatikannya; orang-orang saleh tercabut nyawanya, dan tidak ada seorang pun yang mengindahkannya; sungguh, karena merajalelanya kejahatan, tercabutlah nyawa orang benar

Observation
Aku kira aku salah baca awalnya, orang benar dan saleh masa sih tidak ada yang memperhatikan dan mengindahkan? Tapi ini firman Tuhan lo, pasti benar lah ya. Jadi mikir, orang saleh dan benar aja gak diperhatikan, apalagi aku yang sering salah ini. Lalu mulai deh toxic thoughts masuk, berasa kurang diperhatiin suami. Akhir-akhir ini kami sama-sama kelelahan dan gak punya quality time berdua. Subuh dah sibuk ngurusin tetek bengek rumah tangga, sore sampai malam berusaha kasih quality time buat anak, sementara kami berdua ga sempat ngobrol bareng.

Aku lalu berusaha menghibur diri, gak papa deh sekarang suami gak perhatikan, tapi Tuhan perhatikan aku kok. Eh, kok masih toxic thoughts ya, padahal bisa aja suami juga capek dan overwhelmed. Aku seharusnya bersyukur dikaruniai suami yang mau berbagi tugas pekerjaan rumah tangga, yang care banget sama anak-anak,  suami yang gak pernah terlalu menuntut. Mulai deh terusir pikiran-pikiran yang gak bener.

Aku perlu lebih banyak bersyukur. Sudah hampir seminggu aku gak nulis gratitude journals, sejak disibukkan pernikahan adekku dan kerjaan kantor yang deadline semingguan ini rasanya bener-bener kewalahan untuk bagi waktu.

Aplication
✔️  Aku mau mulai lagi nulis gratitude journals.

Prayer
Tuhan, terima kasih karena Tuhan peduli dengan hidupku dan aku tahu suamiku juga peduli, kami hanya kecapekan akhir-akhir ini. Kami minta kekuatan baru dari Tuhan dan aku percaya kami telah menerimanya. Amin.

Palangka Raya,  27 Oktober 2018
-Mega Menulis-

Yesaya 56

Yesaya 56

Scripture
Yesaya 56:1 (TB)  Beginilah firman TUHAN: Taatilah hukum dan tegakkanlah keadilan, sebab sebentar lagi akan datang keselamatan yang dari pada-Ku, dan keadilan-Ku akan dinyatakan.

Observation
Boro-boro menegakkan keadilan,  terkadang sulit rasanya taat pada aturan, apalagi melihat orang lain dengan seenaknya melanggar peraturan tapi ga menerima konsekuensi apa-apa. Gak adil!Ayat ini mengingatkanku untuk tetap taat pada aturan sekalipun sepertinya merugi,sekalipun gak adil. Tuhan akan berikan keadilannya oada saat aku memilih untuk taat.

Rumah baruku berbatasan dengan tetangga dan baru ketahuan kalau bentuk atap rumah tetangga yang membuat kebocoran di tempat kami. Kesel rasanya, karena kami benar-benar harus putar otak nih. Aku berusaha ga bertengkar, apalagi aku sering perkatakan firman di Amsal jangan bertengkar dengan tidak semena-mena.Berat rasanya gak ngomel-ngomel ke tetangga tapi aku mau diam dan menantikan keadilan Tuhan

Aplication
✔️ Tetap bersabar dengan calon tetangga kami.

Prayer
Tuhan, terima kasih karena Tuhan mengingatkanku firmanMu saat aku berniat gak taat. Saat aku merasa gak adil yang terjadi, aku mau percaya keadilan-Mu. Amin.

Palangka Raya, 26 Oktober 2018
-Mega Menulis-

Thursday, October 25, 2018

Yesaya 55

Yesaya 55

Scripture
Yesaya 55:3 (TB)  Sendengkanlah telingamu dan datanglah kepada-Ku; dengarkanlah, maka kamu akan hidup! Aku hendak mengikat perjanjian abadi dengan kamu, menurut kasih setia yang teguh yang Kujanjikan kepada Daud.

Observation and Aplication
Kalau aku mau hidup maka TUHAN ingin agar aku :
-Fokus saat mendengar suara Tuhan
Karena bisa saja aku ada dalam aktivitas rohani (saat teduh, baca firman, dengar khotbah, ibadah) tapi hatindan pikiranku gak tertuju sama Tuhan. Tuhan ingin perhatianku 100% tertuju padanya. Jangan ada allah lain di hadapanku.
-Mendekat kepada Tuhan
Untuk benar-benar tepat mendengar jelas suaraNya Tuhan, aku gak boleh jauh dariNya. Tinggal dalam hadiratNya dan bertekun dalam firmanNya.
-TAAT melakukan apa yang aku dengar
Aku bisa saja mendengar dan tahu Tuhan maunya apa tapi aku mengeraskan hati dan gak mau melakukan apa yang aku dengar.

Prayer
Tuhan, saat ini pergumulanku adalah untuk fokus dengar suara Tuhan. Begitu banyak yang harus aku kerjakan dan mengalihkan perhatianku dariMu. Mampukan aku untuk memberikan waktu terbaikku untuk mendengarkan Engkau Tuhan. Amin. 

Palangka Raya, 25 Oktober 2018
-Mega Menulis-

Wednesday, October 24, 2018

Yesaya 54

Yesaya 54

Scripture
Yesaya 54:13 (TB)  Semua anakmu akan menjadi murid TUHAN, dan besarlah kesejahteraan mereka;

Observation
Amin. Amin. Amin. Ini kerinduanku, supaya anak-anakku menjadi murid Tuhan. Tentu aku ingin mereka mengenal Tuhan secara pribadi dan menerima Dia sebagai Juruselamat. Tapi aku juga ingin mereka menjadi murid Kristus yang hidup sebagaimana Kristus hidup.

Aplication
✔️  Aku harus hidup sebagai murid Kristus dan menjadi teladan bagi anak-anakku.
✔️  Aku berdoa supaya anak-anakku tumbuh sebagai  seorang murid Kristus yang radikal.

Prayer
Tuhan, kerinduanku bagi anak-anakku Engkau tahu, kiranya Tuhan berkenan menyatakan kasihMu kepada mereka dan menjadikan mereka muridMu. Amin.

Palangka Raya, 24 Oktober 2018
-Mega Menulis

Tuesday, October 23, 2018

Yesaya 53

Yesaya 53

Scripture
Yesaya 53:10 (TB)  Tetapi TUHAN berkehendak meremukkan dia dengan kesakitan. Apabila ia menyerahkan dirinya sebagai korban penebus salah, ia akan melihat keturunannya, umurnya akan lanjut, dan kehendak TUHAN akan terlaksana olehnya.

Observation
*Tuhan berkehendak meremukkan dia dengan kesakitan.*
Seringkali saat rasa sakit datang, kesulitan atau penderitaan harus aku alami, aku menolak pikiran kalau itu adalah kehendak Tuhan. Tapi, ayat ini mengingatkanku kalau kesakitan yang aku alami bisa jadi adalah kehendak Tuhan. Tuhan ingin mengerjakan sesuatu dalam hidupku, entah itu karakter yang Dia inginkan atau Tuhan ingin aku menjadi saluran berkatNya bagi orang lain.

Beberapa bulan ini, setiap datang bulan, aku selalu keluar darah banyak sekali, ganti pembalut setiap dua jam wajib kalau nggak bakal tembus. Sakit sih nggak, tapi sangat merepotkan dan membatasi gerakku. Entah ini pengaruh miomku atau bukan aku gak tahu. Yang pasti, aku mau tetap memuliakan Tuhan mulai bulan ini, aku gak mau mengeluh. Kalau kemarin-kemarin mendekati akhir bulan dan akan haid, aku jadi takut. Tapi mulai bulan ini, aku akan mengingat betapa Tuhan sudah membuat keajaiban dalam hidupku, aku mau bersyukur. Ada dua orang yang kukenal karena ada miom sampai sekarang belum dianugerahi keturunan. Taruhlah ini terjadi karena miomku, aku mau tetap mengucap syukur.

Aplication
✔️  Menerima masalah dengan tabah dan tetap percaya kalau Tuhan sanggup mengerjakan sesuatu yang baik dari apa yang aku alami.
✔️  Tetap memuliakan Tuhan sekalipun ada masalah datang.

Prayer
Tuhan,  aku percaya dalam masalah yang aku alami, Tuhan akan mengerjakan hal yang baik. Tolong aku berespon dengan benar ya Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 23, Oktober 2018.
-Mega Menulis-

Yesaya 52

Yesaya 52

Scripture
Yesaya 52:6 (TB)  Sebab itu umat-Ku akan mengenal nama-Ku dan pada waktu itu mereka akan mengerti bahwa Akulah Dia yang berbicara, ya Aku!

Observation
Pada saatnya umat Tuhan akan mengenal Tuhan dan mengerti saat Tuhan berbicara. Yes. Amin. Aku mengalami sendiri, dulu saat aku harus memutuskan sesuatu, aku bingung apakah Tuhan berkenan dengan keputusan yang akan kuambil atau ngga. Aku bertanya minta pertimbangan pada banyak orang, berharap Tuhan bicara melalui mereka tapi aku malah semakin bingung apalagi kalau pendapat mereka berbeda satu sama lain. Berdoa pun aku gak tahu, apakah ini suara hatiku atau suara Tuhan. Lalu aku mulai menyadari, kalau mau dengar Tuhan bicara gak usah repot, buka firman Tuhan. Berlari pada firmanNya setiap aku ingin mendengarkan Dia. Kalau aku bingung dengan pendapat orang lain, uji dengan firman Tuhan. Apakah suara hati atau suara Tuhan yang  kudengar? Suara Tuhan gak akan bertentangan dengan firmanNya.

Aplication
✔️ Aku mau berlari pada firman Tuhan setiap saat aku butuh mendengar Tuhan.

Prayer
Tuhan,  ajar aku untuk memprioritaskan mendengar Tuhan melalui firmanMu. Bukan mencari manusia lebih dulu. Tolong aku untuk lebih peka dengan suaraMu ya Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 22 Oktober 2018
-Mega Menulis-

Yesaya 51

Yesaya 51

Scripture
Yesaya 51:16 (TB)  Aku menaruh firman-Ku ke dalam mulutmu dan menyembunyikan engkau dalam naungan tangan-Ku, supaya Aku kembali membentangkan langit dan meletakkan dasar bumi, dan berkata kepada Sion: Engkau adalah umat-Ku!

Observation
Tuhan menaruh firmanNya ke dalam mulut Yesaya. Tuhan juga telah menaruh firmanNya ke dalam mulutku. Apa yang kulakukan dengan firmanNya? Apakah aku seperti Yesaya yang menyampaikan kepada orang lain? Atau aku hanya menyimpannya untuk diri sendiri. Terkadang aku memang memilih-milih kepada siapa aku menyampaikan firman Tuhan, malu kalau dianggap sok suci. Gak boleh gitu lagi, tujuan Tuhan menaruh firmanNya padaku agar aku menyampaikan ke yang membutuhkan.

Aplication
✔️  Gak melewatkan kesempatan menyampaikan firman Tuhan pada yang memerlukan.
✔️ Gak perlu takut dianggap sok suci dsbnya, taat sama Tuhan lebih penting daripada memikirkan apa yang dipikirkan orang lain.

Prayer
Tuhan, aku mau lebih taat lagi sama Tuhan dan gak melepaskan kesempatan menyampaikan firman Tuhan kepada orang lain. Berikan aku hikmat dan keberanian supaya firman Tuhan yang kuperkatakan sungguh jadi berkat bagi orang lain. Amin.

Palangka Raya, 21 Oktober
-Mega Menulis-

Sunday, October 21, 2018

Mazmur 100, Yesaya 50

Mazmur 100

Scripture
Mazmur 100:5 (TB)  Sebab TUHAN itu baik, kasih setia-Nya untuk selama-lamanya, dan kesetiaan-Nya tetap turun-temurun.

Observation
Kemarin saat berlangsung acara pernikahan secara adat adikku, mamaku berkali-kali mengusap air matanya. Aku tahu perasaannya. Sejak ditinggal papa meninggal 11 tahun yang lalu, sungguh kami merasakan kebaikan dan pemeliharaan Tuhan dalam hidup keluarga kami terutama dalam hal ekonomi. Dia sungguh baik dan setia. Banyak sekali Tuhan melakukan hal-hal yang gak pernah kami duga. Dan aku bersyukur.

Aplication
✔️ Bersyukur buat pemeliharaan Tuhan atas keluargaku terutama masa-masa papa gak ada.
✔️  Gak kuatir akan masa depan, Allahku baik dan setia.

Prayer
Terima kasih Tuhan untuk kebaikan dan pemeliharaan Tuhan atas hidup kami selama papa gak ada. Sungguh Tuhan yang menjadi papa bagi kami dan suami bagi mama, kami merasakan Tuhan sungguh hadir dalam hidup kami. Terima kasih Tuhan. Amin.

Mazmur 100

Scripture
Yesaya 50:4-5 (TB)  Tuhan ALLAH telah memberikan kepadaku lidah seorang murid, supaya dengan perkataan aku dapat memberi semangat baru kepada orang yang letih lesu. Setiap pagi Ia mempertajam pendengaranku untuk mendengar seperti seorang murid.
Tuhan ALLAH telah membuka telingaku, dan aku tidak memberontak, tidak berpaling ke belakang.

Observation
Lidah seorang murid 👉 memberi semangat baru kepada orang yang letih lesu
Telinga seorang murid 👉 supaya tidak memberontak
Kalau aku berkata aku murid Tuhan, berarti aku harus punya lidah dan telinga seorang murid.

Aplication
✔️  Aku mau menggunakan lidahku untuk memberi semangat keoada yang letih lesu.
✔️ Aku memakai telingaku untuk mendengarkan Tuhan dan menaatiNya.

Pray
Tuhan, berikanku lidah dan telinga seorang murid supaya hidupku menyenangkan Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 20 Oktober 2018
-Mega Menulis-

Mazmur 98, Yesaya 49

Yesaya 49

Scripture
Yesaya 49:16 (TB)  Lihat, Aku telah melukiskan engkau di telapak tangan-Ku; tembok-tembokmu tetap di ruang mata-Ku.

Observation
Zaman sekarang sudah ada HP untuk menyimpan segala hal yang aku anggap penting. Tapi zaman dahulu sebelum ada HP aku ingat banget kalau mau menyimpan hal penting aku menuliskannya di tanganku. Membayangkan Tuhan melakukan ini, aku merasa Tuhan tu so sweet banget, ya gak sih? Sebegitunya Tuhan mengasihiku. Seakan-akan Tuhan mau bilang kalau Dia gak pernah melupakanku. Pertanyaannya, apakah aku selalu mengingat Tuhan? Kalau aku ingat Tuhan, apakah yang aku lakukan?

Aplication
✔️  Saat ingat Tuhan, aku mau berlatih untuk bercakap-cakap dengan Tuhan, mengucapkan doa-doa singkat, melibatkan Tuhan dalam aktivitasku.

Prayer
Tuhan, aku mau terus hidup dalam hadiratMu dan menyadari kehadiranMu. Amin.

Mazmur 98

Scripture
Mazmur 98:5 (TB)  Bermazmurlah bagi TUHAN dengan kecapi, dengan kecapi dan lagu yang nyaring,

Observation
Kemarin aku gak sate, dari bangun subuh sudah bersiap-siap untuk melakukan perjalanan (perjalanan ke tempat calon pengantin wanita hampir 3 jam lebih) , mana Sara bangun tapi rewel pula, pagi-pagi benar-benar susah untuk packing dll, padahal malamnya sudah diusahakan tidur cepat. Acara kemarin begitu padat, malam tepar dah. Saat di perjalanan aku mengucapkan ayat-ayat hapalanku (yang kebanyakan Mazmur) sewaktu menggendong Sofia dan bener-bener berasa sukacita dan dihibur saat menghapal bagian-bagian tertentu. Kebayang perasaan Daud juga, yang telah menuliskan banyak Mazmur sewaktu menulisnya, hidup Daud dipenuhi oleh pujian penyembahan kepada Tuhan.

Aplication
✔️ Aku mau memuji Tuhan selalu, biarlah yang keluar dari mulutku bukan keluhan, tapi pujian.

Prayer
Aku mau memuji Engkau ya Tuhanku. Biarlah aku kedapatan memuji dan menyembah Tuhan dalam hidupku lewat apa yang aku kerjakan. Amin.

Palangka Raya, 19 Oktober 2018
-Mega Menulis-

Mazmur 99, Yesaya 48

Mazmur 99

Scripture
Mazmur 99:4 (TB)  Raja yang kuat, yang mencintai hukum, Engkaulah yang menegakkan kebenaran; hukum dan keadilan di antara keturunan Yakub, Engkaulah yang melakukannya.

Observation
Semingguan ini mulai diberlakukan Zona Integritas di kantor, dan mulailah muncul berbagai aturan yang sebelumnya gak ada. Misal, gak boleh keluar di luar jam kantor, gak boleh makan saat jam kantor, dll. Sebenarnya, sejujurnya, aku menyadari seharusnya memang demikian. Tapi bagian yang aku ngerasa gak sreg, orang-orang yang menggembar-gemborkan aturan tersebut adalah orang yang suka bikin SPPD fiktif. Dinas realnya cuma sehari pp eh surat perjalanannya 3 hari. Aku jadi ilfil dengan aturan-aturan seminggu ini. Aneh ya, padahal aturannya benar tapi karena yang membuat aturannya munafik alias omdo, aku jadi benci aturan tersebut. Hari ini, ayat ini mengingatkanku kalau Tuhan mencintai hukum, Dia menyukai aturan.  Iya juga sih, ngeri juga kalau dunia berjalan tanpa hukum dan aturan. Tujuan aturan itu baik, supaya ada batasan dan segala sesuatu berlangsung dengan teratur. Pembuat aturan yang omdo, bukan alasan untukku benci aturan dan melanggar peraturan, tapi aku harus tetap punya integritas dan tunduk pada otoritas. Kalau pun pimpinan berlaku gak benar, biarlah, aku gak perlu mengikuti yang salah.

Aplication
✔️ Tunduk pada aturan dan hukum yang berlaku, ga usah pandang pimpinan.

Prayer
Tuhan, aku mau tunduk pada aturan yang berlaku dan berintegritas gak peduli bagaimana orang lain. Mampukan aku untuk jadi teladan dalam area ini ya Tuhan. Amin.

Scripture
Yesaya 48:18-19 (TB)  Sekiranya engkau memperhatikan perintah-perintah-Ku, maka damai sejahteramu akan seperti sungai yang tidak pernah kering, dan kebahagiaanmu akan terus berlimpah seperti gelombang-gelombang laut yang tidak pernah berhenti,
maka keturunanmu akan seperti pasir dan anak cucumu seperti kersik banyaknya; nama mereka tidak akan dilenyapkan atau ditiadakan dari hadapan-Ku."

Observation
Jika memperhatikan perintah Tuhan,  maka:
- akan terus merasakan damai sejahtera
- kebahagiaan yang berlimpah-limpah dalam hidup
- keturunan yang banyak ➡️ nama mereka tidak akan ditiadakan dari hadapan Tuhan
Wow! Janji Tuhan luar biasa.  Dia hanya minta aku memperhatikan perintahNya. Berarti Tuhan ingin aku hidup dalam ketaatan. Maukah aku taat?

Aplication
✔️ Kalau keturunan aku dah punya, tapi kebahagiaan dan damai sejahtera? Cek dan ricek setiap hari, kalau aku sedang gak merasakan itu, mungkin aku sedang gak memperhatikan perintah Tuhan. Mungkin aku sedang gak taat sama Tuhan.
✔️ Kalau aku kedapatan gak taat, segera aku harus bertobat.

Prayer
Tuhan, aku mau hidup dalam ketaatan dan menyukai perintah-perintahMu. Mampukan aku ya Tuhan, untuk segera berbalik dari ketidaktaatanku saat aku mencek hatiku. Amin.

Palangka Raya, 18 Oktober 2018
-Mega Menulis-

Thursday, October 18, 2018

31 Days Of Gratitude : October 17th

17 Oktober 2018

1. Bersyukur sempat belanja tadi pagi dan masak ayam gulai.
2. Bersyukur gak perlu bawa Sara dan Sofia ke kantor, jadi mereka bisa istirahat di rumah.
3. Bersyukur ada teman-teman yang main ke kosan  siang ini.
4. Bersyukur berhasil jual saham yang baru dibeli 2 hari lalu dengan harga yang bagus.
5. Bersyukur pakaian kebaya buat acara Adi masih cukup.
6. Bersyukur melihat tingkah Sara dan Sofia hari ini.

Palangka Raya, 17 Oktober 2018
-Mega Menulis-

31 Days Of Gratitude : October 16th

16 Oktober 2018

1. Bersyukur bisa bawa Sofia ke kantor.
2. Bersyukur sempat sarapan bareng sama suami dengan ayam geprek buatan sendiri.
3. Bersyukur masih ada sayur daun singkong tumbuk dari mama kemarin.
4. Bersyukur ada acara pemusnahan barang bukti di kantor, dapat snack dan makan siang.
5. Bersyukur bisa lihat langsung progress rehab rumah.

Palangka Raya, 16 Oktober 2018
-Mega Menulis-

Mazmur 97, Yesaya 47

Yesaya 47

Scripture
Yesaya 47:10 (BIMK)  Engkau merasa aman dalam kejahatanmu, kaupikir perbuatanmu tidak diperhatikan. Engkau disesatkan oleh kebijaksanaan dan pengetahuanmu, kausangka tak ada yang seperti engkau.

Observation
Tuhan perhatikan setiap perbuatan seseorang dan  Dia mengganjar sesuai yang kita perbuat. Jadi jangan pernah merasa aman saat berbuat dosa, kalau saat ini aku belum merasakan akibatnya, aku harus segera bertobat. Aku diingatkan juga kalau dosa adalah dosa, gak peduli apakah ada konsekuensi yang kutanggung apa ngga. Terkadang, harus aku akui, aku takut berbuat dosa karena akibatnya dibandingkan sadar kalau ini menyakiti hati Tuhan.

Aplication
✔️ STOP berbuat dosa bukan karena sekedar konsekuensi yang harus ditanggung, tapi karena dosa mendukakan hati Tuhan.

Prayer
Tuhan, biarlah motivasiku hidup kudus bukan hanya karena takut konsekuensi berbua dosa tapi karena aku ingin menyenangkan hati Tuhan. Amin.

Mazmur 97

Scripture
Mazmur 97:10 (BIMK)  Hai kamu yang mencintai TUHAN, bencilah kejahatan! Sebab TUHAN melindungi hidup umat-Nya, Ia membebaskan mereka dari kuasa orang durhaka.

Observation
Kalau cinta Tuhan dengan sungguh, harusnya aku benci dosa, karena Tuhan itu kudus. Jangan pernah bertoleransi lagi dengan dosa. Tapi, membenci dosa gak berarti membenci sesama, aku harus tetap mengasihi. Akhir-akhir ini aku kesal dengan beberapa teman kantor yang aku anggap munafik, omongan dan kelakuan gak sesuai blas. Bukannya aku mengampuni, malahan aku semakin muak melihat mereka melakukan sesuatu yang gak sesuai dengan omongan mereka.

Aplication
✔️  Pikiran dan perbuatanku harus sesuai alias berintegritas.
✔️ Aku mau mengampuni mereka (Pak M dan Pak J).

Prayer
Tuhan, tolong aku mengampuni teman kantorku. Bukannya menyimpan dendam. Aku mau mengampuni. Amin.

Palangka Raya, 17 Oktober 2018
-Mega Menulis-

Tuesday, October 16, 2018

Mazmur 96, Yesaya 46

Mazmur 96

Scripture
Mazmur 96:5 (TB)  Sebab segala allah bangsa-bangsa adalah hampa, tetapi TUHANlah yang menjadikan langit.

Observation
Tuhanlah yang menjadikan langit. Aku jadi ingat kalau awal ibadah, pendeta menyampaikan salam presbiter dan berkata pertolongan kita adalah dari Tuhan yang menjadikan langit dan bumi. Setiap mendengar itu, selalu berasa mendapat kelegaan karena diingatkan kalau Tuhan yang aku sembah adalah Tuhan yang berkuasa, wong langit dan bumi aja Dia yang buat hanya dengan firmanNya. Tentunya perkara kecil bagiNya untuk menolongku. Sekarang aku dan suami sedang bingung dengan biaya rehab yang membengkak, padahal masih banyak keperluan lain. Tapi aku percaya, Tuhan cukupkan segala keperluan kami.

Aplication
✔️  Aku mau selalu mengingat bahwa Tuhan yang berkuasa dan berdaulat dalam hidupku. Gak ada permasalahan kami yang gak bisa diselesaikanNya.

Prayer
Tuhan, pertolonganku sungguh dari Engkau yang menjadikan langit dan bumi. Aku percaya gak ada permasalahanku yang gak bisa Tuhan selesaikan. Aku gak perlu kuatir, aku mau menyerahkan segala kekuatiranku kepadaMu. Amin.

Yesaya 46

Scripture
Yesaya 46:4 (TB)  Sampai masa tuamu Aku tetap Dia dan sampai masa putih rambutmu Aku menggendong kamu. Aku telah melakukannya dan mau menanggung kamu terus; Aku mau memikul kamu dan menyelamatkan kamu.

Observation
Selalu merasa ayat ini indah banget setiap aku membacanya. Gak ada masa di hidupku yang Tuhan gak hadir, bahkan saat aku gak berdaya di masa tuaku aku bisa meyakini pertolongan dan kehadiran Tuhan. Sekarang aku sudah mulai beruban, hahaha,  berasa dah tua.

Aplication
✔️  Setiap melihat ubanku, aku akan mengingat kesetiaan Tuhan dan kehadiranNya dalam setiap musim di hidupku.

Prayer
Tuhan, terima kasih buat firmanMu yang begitu indah hari ini. Aku merasa diperhatikan dan dikasihi. Aku mengasihiMu ya Tuhanku. Amin.

Palangka Raya, 16 Oktober 2018
-Mega Menulis-

31 Days Of Gratitude : October 15th

15 Oktober 2018

1. Bersyukur bisa ke kantor lagi hari ini setelah minggu kemarin dinas.
2. Bersyukur buat teman-teman di ruangan yang menyenangkan
3. Bersyukur dapat snack dan makan siang di kantor.
4. Bersyukur buat progress rehab rumah.
5. Bersyukur ada bahan-bahan buat sop sederhana pagi ini dan ada telur di rumah. Belum sempat belanja jadi tinggal rebus telur.
6. Bersyukur siang-siang mama bawakan ayam goreng dan daun singkong tumbuk kesukaan Sara.
7. Bersyukur suami bisa bawa anak-anak ke Puskesmas sendiri pas aku gak bisa keluar kantor 
8. Bersyukur sampai hari ini Tuhan cukupkan dana buat rehab. Ada kekuatiran dananya membengkak tapi aku belajar untuk prioritas.
9. Bersyukur walaupun ketiduran pas tidurin Sofia, tapi malam kebangun buat setor rhema.
10. Bersyukur hari ini J posting rhema lagi di BRG.

Palangka Raya, 15 Oktober 2018
-Mega Menulis-

31 Days Of Gratitude : October 14th

14 Oktober 2018

1. Bersyukur bisa bangun pagi sekali, padahal malam banget aku tidur.
2. Bersyukur dianterin Om Ipung dan tante Tari ke bandara. Sempat takut telat, tapi ternyata tepat waktu.
3. Bersyukur ketemu teman SMA dulu di bandara.
4. Bersyukur Tuhan serta perjalanan sampai rumah di Palangka Raya dengan selamat.
5. Bersyukur bisa tidur lama banget siangnya bareng keluarga.
6. Bersyukur bisa makan siang dan malam dengan Bebek Kaleyo.
7. Bersyukur buat liburan singkat di Jakarta bareng suami dan anak-anak.
8. Bersyukur sorenya mama datang ke rumah, padahal kami yang mau ke tempat mama.
9. Bersyukur ada teman yang dah lama ga gabung BRG mau gabung lagi.
10. Bersyukur baca kesaksian teman BRG lain yang anaknya sakit, diingatkan untuk bersyukur untuk kesehatan anak-anak.

Palangka Raya, 14 Oktober 2018
-Mega Menulis-

Monday, October 15, 2018

31 Days Of Gratitude : October 13th

13 Oktober 2018

1. Bersyukur bisa makan nasi uduk dan bebek Kaleyo favoritku dan suami dari zaman pacaran. Bisa bungkus pula. Beli pake go food dan dapat diskon 25 ribu, asyik banget.
2. Bersyukur nginap di keluarga abang iparku, mereka selalu membuatku merasa diterima. Mereka dulu keluarga suamiku yang pertama kali kutemui pas masih pacaran. Sampai sekarang tiap ketemu selalu aku dipeluk hangat, berasa abang dan kakak sendiri.
3. Bersyukur siangnya Sara dan Sofia bisa tidur lama, mereka kecapean.
4. Bersyukur bisa bantuin sedikit di dapur persiapan mau arisan besok.
5. Bersyukur Sara dan Sofia dapat blessing baju yang lucu dari ipar.
6. Bersyukur bisa ketemu adeknya mamahku dan ngobrol-ngobrol. Malamnya diajak jalan ke mall Aeon dan ditraktir,  Sara hepi banget.
7. Bersyukur buat hospitality keluarga-keluarga yang kami kunjungi selama di Jakarta.
8. Bersyukur malamnya walaupun capek, bisa cuci dot Sofia.
9. Bersyukur walaupun capek tetap bisa aetor rhema.

Jakarta , 13 Oktober 2018
-Mega Menulis-

Mazmur 95, Yesaya 45

Yesaya 45

Scripture
Yesaya 45:9 (TB)  Celakalah orang yang berbantah dengan Pembentuknya; dia tidak lain dari beling periuk saja! Adakah tanah liat berkata kepada pembentuknya: "Apakah yang kaubuat?" atau yang telah dibuatnya: "Engkau tidak punya tangan!"

Observation
Jadi bercermin dengan diri sendiri saat baca kata 'berbantahan'. Aku kadang saat Tuhan suruh ini itu atau ingatkan aku melakukan suati hal bilang gini dalam hati, "Tapi Tuhan....". Itu termasuk membantah juga kan ya? Bener-bemer perlu dilatih setiap saat untuk bilang ya sama perkataan Tuhan dan melakukannya. Bahkan dari hal yang terkecil.

Aplication
✔️  Belajar selalu berkata 'ya'  pada Tuhan saat dia ingin aku taat dan segera melakukan.
✔️ Gak mencari alasan untuk ketidaktaatanku.

Prayer
Tuhan, ampuni aku karena selama ini membantah Tuhan. Aku mau belajar untuk selalu taat dan gak menunda-nundanya. Amin.

Mazmur 95

Scripture
Mazmur 95:7-8 (TB)  Sebab Dialah Allah kita, dan kitalah umat gembalaan-Nya dan kawanan domba tuntunan tangan-Nya. Pada hari ini, sekiranya kamu mendengar suara-Nya!
Janganlah keraskan hatimu seperti di Meriba, seperti pada hari di Masa di padang gurun,

Observation
Kalau hari ini aku dengar suara Tuhan, aku harus taat. Lah, kalau ga dengar suara Tuhan gimana? 'Dengar'  di sini ga cuma diartikan dengar langsung suara Tuhan di telinga fisikku, tapi saat Tuhan bicara melalui telinga rohaniku, mengingatkan aku melalui nuraniku, dan membaca FirmanNya pun terhitung mendengarkan Dia. Nah, bagaimana responku setelah aku mendengarNya? Apakah aku mau taat? Atau aku mengeraskan hatiku?

Aplication
✔️  Aku mau memilih melakukan kehendak Tuhan dibandingkan kehendakku sendiri.
✔️ Gak mau lagi mengeraskan hati, tapi melembutkan hati menerima setiap perkataan Tuhan.

Prayer
Tuhan, lembutkanlah hatiku sehingga menerima perkataan Tuhan dan gak mengeraskan hati. Aku mau memilih taat sama Tuhan dalam setiap kesempatan yang Tuhan berikan. Tolong aku ya Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 15 Oktober 2018
-Mega Menulis-

Mazmur 93, Yesaya 43

Yesaya 43

Scripture
Yesaya 43:4 (TB)  Oleh karena engkau berharga di mata-Ku dan mulia, dan Aku ini mengasihi engkau, maka Aku memberikan manusia sebagai gantimu, dan bangsa-bangsa sebagai ganti nyawamu.

Observation
Allah mengasihiku sedemikian, dengan pengorbanan. Mengasihi berarti berkorban. Jadi, kalau aku berkata aku mengasihi, aku harus sedia berkorban. Bukan dengan lidah saja. Aku capek sekali beberapa hari ini. Di Jakarta kesana kemari ke tempat keluarga, mana Sara dan Sofia kalau malam rewel, mungkin kecapean. Hari ini kami pulang jam 10 malam dibawa jalan sama omku. Besok harus berangkat dari rumah ke bandara jam 4 pagi. Aku belum baca semua firman Tuhan, tadi pagi kecapean. Malam dah tepar rasanya. Botol dot Sofia dan Sara belum dicuci, bisa sih besok pagi, tapi mau bangun jam berapa. Sebenarnya hari ini giliran suami melakukannya, tapi dia terlalu capek. Aku mau tidur juga sih, dah lah,  ga papa dapat R1,besok double post pikirku. Tapiiii... Aku memilih baca Alkitab sebelum tidur biarpun besok nulis rhema. Dan aku diingatkan ayat di atas mengasihi dengan berkorban, akhirnya aku mencuci dot,merebus dan melapnya. Aku capek, tapi aku puas karena sudah taat melakukan firman Tuhan.

Aplication
✔️  Siapa orang yang aku kasihi, sediakah aku berkorban baginya? Kalau gak, mungkin aku belum mengasihinya.

Prayer
Tuhan, terima kasih karena Engkau gak cuma menegurku dengan firman tapi mendorongku untuk segera mempraktekkannya. Aku senang memilih taat. Terima kasih untuk firmanMu. Amin.

Mazmur 93

No rhema.

Jakarta, 13 Oktober 2018
-Mega Menulis-

Mazmur 94, Yesaya 44

Yesaya 44

Scripture
Yesaya 44:22 (TB)  Aku telah menghapus segala dosa pemberontakanmu seperti kabut diterbangkan angin dan segala dosamu seperti awan yang tertiup. Kembalilah kepada-Ku, sebab Aku telah menebus engkau!

Saturday, October 13, 2018

31 Days Of Gratitude : October 12nd


1. Bersyukur dah setor RKA/KL.
2. Bersyukur mumpung di Jakarta bisa ngunjungin keluarga-keluarga kakak ipar.
3. Bersyukur Tuhan kasih kekuatan dari siang sampai malam kesana kemari.
4. Bersyukur Sofia minum banyak banget hari ini.
5. Bersyukur di tengah kepadatan hari ini masih bisa setor rhema.

Palangka Raya, 12 Oktober 2018
-Mega Menulis-

31 Days Of Gratitude : October 11st

11 Oktober 2018

1. Bersyukur bisa mengikuti acara penyusunan anggaran dari pagi sampai malam. Bersyukur buat pengalaman ini.
2. Bersyukur hanya 1 akun rekening yang gak sempat dikonsultasikan. Bersyukur masih bisa membantu dan maksimal dalam konsultasi.
3. Bersyukur anak-anak gak rewel pas di hotel.

Palangka Raya, 11 Oktober 2018
-Mega Menulis-

Friday, October 12, 2018

Mazmur 92, Yesaya 42

Yesaya 42

Scripture
Yesaya 42:20 (TB)  Engkau melihat banyak, tetapi tidak memperhatikan, engkau memasang telinga, tetapi tidak mendengar.

Observation
Melihat tapi gak memperhatikan.
Memasang telinga tapi gak mendengar.
Amit-amit.  Aku gak mau lagi jadi orang yang demikian. Terkadang karena gak fokus dan kecapean, aku melakukan hal demikian dal keseharian tugasku. Gak boleh kayak gitu! Apalagi kaitannya dengan firman Tuhan. Bukti aku sungguh memperhatikan dan mendengarkan adalah ketaatan pada Tuhan.

Aplication
✔️  Gak cuma baca firman Tuhan tapi juga pelaku firman. Gak cuma menghapal tapi juga melakukan apa yang aku hapalkan.
✔️ Saat ngomong dengan orang lain, gak ngeliatin HP.
✔️ Fokus main bareng anak pada waktu bareng.

Prayer
Tuhan, ajar aku supaya sungguh memperhatikan dan mendengarkan, gak asal lewat saja. Aku mau belajar fokus. Tolong aku untuk menyingkirkan gangguanku di sekitarku yang bisa mengganggu fokusku. Amin..

Mazmur 92

Scripture
)92:14-15 (TB)  (92-15) Pada masa tua pun mereka masih berbuah, menjadi gemuk dan segar,
(92-16) untuk memberitakan, bahwa TUHAN itu benar, bahwa Ia gunung batuku dan tidak ada kecurangan pada-Nya.

Observation
Kalau aku masih hidup sampai hari ini, berapa pun umur yang Tuhan berikan. Aku harus menjadi saksi atas perbuatan Tuhan. Sekian tahun aku hidup, begitu banyak yang diperbuat Tuhan.

Aplication
✔️ Setiap ada kesempatan yang Tuhan berikan,aku mau bersaksi!

Prayer
Tuhan, terima kasih untuk tahun-tahun yang Tuhan beri dalam hidupku, aku akan menceritakan perbuatanMu. Amin.

Palangka Raya, 12 Oktober 2018
-Mega Menulis-

Thursday, October 11, 2018

31 Days Of Gratitude : October 10th

10 Oktober 2018

1. Bersyukur bisa lanjut packing bareng suami pagi tadi dan bisa bagi tugas dengan baik.
2. Bersyukur kami sampai di Jakarta dengan selamat, Sara dan Sofia gak rewel di pesawat.
3. Bersyukur acara kantor mulai sore jadi bisa jalan ke mall ITC siangnya,  Sara senang banget bisa jalan-jalan di mall.
4. Bersyukur bisa beli baju renang sekeluarga.
5. Bersyukur sorenya sempat berenang dibkolam renang hotel. Sara senang main di kolam renang.
6. Bersyukur acara pembukaan berlangsung sebentar.
7. Bersyukur Sofia banyak minum hari ini.

Palangka Raya, 10 Oktober 2018
-Mega Menulis-

Mazmur 91, Yesaya 41

Yesaya 41

Scripture
Yesaya 41:6 (TB)  Yang seorang menolong yang lain dan berkata kepada temannya: "Kuatkanlah hatimu!"

Observation
Alangkah indahnya kalau setiap orang menguatkan saudaranya yang lemah. Mengucapkan kata-kata yang menghibur. Teringat diskusi dengan suami beberapa hari lalu, ada ayat yang bilang bersukacitalah dengan yang bersukacita dan menangis dengan yang menangis. Gampang? No. Prakteknya, kalau orang lain kesusahan atau menceritakan kesusahannya pada kita, apakah kita akan ikut merasakan? Kebanyakan nggak, yang ada malah kita mikir (atau ngomong), "Ah, cuma gitu aja, aku dulu ma lebih susah dari kamu, masalahmu ga ada apa-apanya". Nah lo,  kesusahan aja kita mau kelihatan lebih susah dari orang. Buat apa? Apakah yang mendengarnya terhibur dan dikuatkan? Lewat ayat ini aku diingatkan untuk benar-benar berempati dan turut merasa penderitaan orang lain. Mengucapkan kalimat yang menguatkan hati orang lain.

Aplication
✔️  Berusaha berempati dengan mereka yan menderita.
✔️ Mengucapkan kalimat penghiburan yang menguatkan hati orang lain.
✔️ Saat orang lain membicarakan masalahnya atau butuh dihibur, aku harus fokus pada dia dan masalahnya. Gak perlu membandingkan dengan diri sendiri.

Prayer
Tuhan, ajarilah aku bersukacita dengan yang bersukacita dan menangis dengan yang menangis. Pakailah aku menguatkan hati mereka yang lemah. Amin.

Mazmur 91

Scripture
Mazmur 91:1-2 (TB)  Orang yang duduk dalam lindungan Yang Mahatinggi dan bermalam dalam naungan Yang Mahakuasa
akan berkata kepada TUHAN: "Tempat perlindunganku dan kubu pertahananku, Allahku, yang kupercayai."

Observation
Bagaimana kita bisa berkata kepada TUHAN :"Tempat perlindunganku dan kubu pertahananku, Allahku, yang kupercayai."? Tentu saja seperti orang di ayat  ini,  aku harus tinggal dekat dengan Tuhan sehingga bisa terus berlindung sama Tuhan. Aku bisa mempercayai Tuhan sepenuhnya saat aku mengenal Dia dengan benar. Kalau selama ini aku sering gak mempercayai Tuhan atau kuatir bisa jadi karen aku gak sungguh kenal Tuhan.

Aplication
✔️  Aku mau baca Alkitab gak asal baca, tapi sungguh punya kerinduan mengenal Tuhan secara pribadi.

Prayer
Tuhan, aku rindu mengenal Engkau dengan benar. Aku mau tinggal dekat denganMu. Ampuni aku kalau selama ini asal baca Alkitab, aku mau baca dengan sikap hati yang haus dan rindu akan kebenaran firmanMu. Amin.

Palangka Raya, 11 Oktober 2018
-Mega Menulis-

Mazmur 40, Yesaya 40

Mazmur 40

Scripture
Mazmur 40:5 (TB)  (40-6) Banyaklah yang telah Kaulakukan, ya TUHAN, Allahku, perbuatan-Mu yang ajaib dan maksud-Mu untuk kami. Tidak ada yang dapat disejajarkan dengan Engkau! Aku mau memberitakan dan mengatakannya, tetapi terlalu besar jumlahnya untuk dihitung.

Observation
Hari ini kami sekeluarga menginap di sebuah hotel di Jakarta karena aku ada dinas dan gak mau ninggalin anak-anak lama. Sewaktu masuk hotel, suamiku bilang ini hotel yang kami datangin waktu reuni akbar TI (kami satu jurusan tapi beda angkatan) dulu kan. Waktu itu, 2013, kami masih awal-awal bangun hubungan. Eh, sekarang nginap di sini dah punya 2 anak. Dulu ma gak nginap, hehehe. Sungguh gak menyangka Tuhan bawa kami sejauh ini bersama. Benar ayat ini, betapa luar biasa apa yang diperbuat Tuhan. Terkadang aku kalau lihat tulisanku di blog, aku terkagum-kagum dengan yang dilakukan Tuhan.

Aplication
✔️  Bersaksi. Apa yang dilakukan Tuhan dalam hidupku begitu banyak dan ajaib,gak terhitung . Aku mau menceritakannya kepada orang lain.

Prayer
Tuhan, terima kasih karena telah melakukan banyak hal luar biasa dalam hidupku. Tuhan sungguh baik. Aku mau memberitakan pekerjaanMu dalam hidupku ya Tuhan. Aku mau bersyukur kepada-Mu di antara bangsa. Amin.

Yesaya 40

Scripture
Yesaya 40:31 (TB)  tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah.

Observation
Aku lelah.Kemarin tiba-tiba disuruh dinas ke Jakarta. Sempat bingung sama suami gimana Sofia kalau ditinggal lama, sementara dia minumnya banyak kalau sama aku aja. Akhirnya mutusin berangkat bawa anak-anak dan suami, untungnya suami bisa izin sama bosnya. Banyak hal yang harus dipersiapkan dalam waktu singkat. Capek sekali. Baca ayat ini diingatkan untuk terus menanti-nantikan Tuhan supaya aku gak lelah. Menanti-nantikan apa yang akan Tuhan perbuat dengan hidupku. Walaupun penuh kejutan, ada hal baik yabg yang Tuhan kerjakan. Seperti tadi, kamu baru sadar kalau hotel tempat kami menginap pernah kami datangi waktu awal pacaran ada acara reuni akbar jurusan kami.

Aplication
✔️ Menanti-nanti, berusaha melihat dan mensyukuri pekerjaan tangan Tuhan dalam hidupku supaya dapat kekuatan baru.

Prayer
Tuhan, aku mau menanti-nantikan TUHAN dan mendapatkan kekuatan baru dari Tuhan. Aku percaya setiap hari aku gak akan menjadi lelah tapi semakin kuat di dalam kuat kuasaMu. Amin.

Jakarta, 10 Oktober 2018
-Mega Menulis-

Wednesday, October 10, 2018

31 Days Of Gratitude : October 9th

9 Oktober 2018

1. Bersyukur disuruh berangkat dinas ke Jakarta walaupun mendadak.
2. Bersyukur laporan pameran dan data perjanjian kerja sama sudah aku selesaikan sebelum berangkat.
3. Bersyukur ingat kirim kekurangan dokumen ke elhkpn.
4. Bersyukur dapat tiket dengan harga yang masuk akal.
5. Bersyukur anak-anak tidur cepat, jadi bisa packing.

Palangka Raya, 9 Oktober 2018
-Mega Menulis-

Tuesday, October 9, 2018

Mazmur 89, Yesaya 39

Yesaya 39

Scripture
Yesaya 39:2 (TB)  Hizkia bersukacita atas kedatangan mereka, lalu diperlihatkannyalah kepada mereka gedung harta bendanya, emas dan perak, rempah-rempah dan minyak yang berharga, segenap gedung persenjataannya dan segala yang terdapat dalam perbendaharaannya. Tidak ada barang yang tidak diperlihatkan Hizkia kepada mereka di istananya dan di seluruh daerah kekuasaannya.

Observation
Hizkia memamerkan segala yang dimilikinya. Apa motivasi Hizkia memamerkan miliknya? Gak ada yang tahu tapi Tuhan gak suka itu. Ini menegurku juga, untuk gak menceritakan atau menunjukkan apa yang aku miliki kalau tujuannya hanya pamer. Di era medsos sekarang ini, ini godaan yang berat untuk berpikir berkali-kali sebelum upload sesuatu.

Aplication
✔️  Berpikir berkali-kali saat share sesuatu di medsos, kalau tujuannya hanya supaya orang lain tahu apa yang kupunya buat apa? Lebih berhikmat saat share sesuatu, kalau sekiranya gak jadi berkat buat orang lain, mending aku cancel. Ingatkan aku terus ya Tuhan. Amin.

Prayer
Tuhan, ampuni aku karena sering kali aku pamer seperti Hizkia. Berikan aku roh yang rendah hati ya Tuhan, supaya berhikmat setiap mau share sesuatu. Kalau gak jadi berkat buat orang lain,  mampukanlah aku menahan diri. Amin.

Mazmur 39

Scripture
Mazmur 89:4 (TB)  (89-5) Untuk selama-lamanya Aku hendak menegakkan anak cucumu, dan membangun takhtamu turun-temurun." Sela

Observation
Kesetiaan Tuhan kepada Daud diteruskan ke anak cucu Daud. Luar biasa! Pantas saja Daud bilang kasih setia Tuhan lebih baik daripada hidup. Aku bersyukur menyembah Tuhan yang sama dengan Daud, Dia yang kesetiaannya tetap turun temurun.

Aplication
✔️ Allahku setia. Yes. Aku bangga punya Allah yang setia, tapi aku berpikir sudahkah aku setia kepada Allah dan membuatNya bangga?
✔️ Aku mau setia sama Tuhan dan menyenangkan Tuhan. Dimulai dari hal terkecil sekali pun, aku mau belajar menyenangkan Tuhan.

Prayer
Tuhan, aku bangga punya Allah yang setia seperti Engkau dan aku mau membuat Tuhan bangga punya anak seperti aku. Mampukan aku untuk selalu menyenangkan hatiMu ya Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 9 Oktober 2018
-Mega Menulis-

Monday, October 8, 2018

31 Days Of Gratitude : October 8th

8 Oktober 2018

1. Bersyukur tadi pagi sempat bikin sayur daun singkong tumbuk kesukaan Sara, goreng ikan nila dan buat sambal asam.
2. Bersyukur Sara suka daun singkong tumbuk dan ikannya, hari ini dia minta makan sendiri.
3. Bersyukur ada progress renovasi rumah.
4. Bersyukur hari ini masuk tunjangan kinerja.

Palangka Raya, 8 Oktober 2018
-Mega Menulis-

Mazmur 88, Yesaya 38

Mazmur 88

Scripture
Mazmur 88:14 (TB)  (88-15) Mengapa, ya TUHAN, Kaubuang aku, Kausembunyikan wajah-Mu dari padaku?

Observation
Perasaan terbuang dan Tuhan seperti menyembunyikan wajahNya biasanya dirasakan saat seseorang berbicara kepada Tuhan dan Tuhan gak menjawab. Aku pernah merasakan seperti itu, dalam pergumulan dan bertanya kepada Tuhan tapi Tuhan gak menjawab. Tuhan diam. Lalu aku berpikir apakah ada dosa yang aku buat sehingga Tuhan memalingkan wajah-Nya. Dosa memang membuatku menjauh dari Tuhan dan membuatku gak bisa mendengar suaraNya. Tapiiii, aku pernah baca kutipan yang berkata jangan berkata Tuhan diam kalau Alkitabmu tertutup, jadi aku harus buka Alkitab saat ingin dengar Tuhan. Alkitab berisi firman Tuhan.

Aplication
✔️  Saat aku merasa Tuhan memalingkan wajahNya, maka aku perlu menyelidiki hatiku dan apabila ada dosa yang belum kuakui, segera mengaku dosa di hadapan Tuhan.
✔️ Selalu buka Alkitab setiap aku ingin bicara sama Tuhan, Tuhan sering pakai firmanNya untuk bicara.

Prayer
Tuhan,  aku bersyukur karena aku tahu Tuhan tidak pernah membuangku. Saat aku merasakan itu, itu cuma perasaan. Aku percaya firmanMu yang berkata Engkau sekali-kali tidak akan meninggalkan aku. Amin.

Yesaya 38

Scripture
Yesaya 38:5 (TB)  "Pergilah dan katakanlah kepada Hizkia: Beginilah firman TUHAN, Allah Daud, bapa leluhurmu: Telah Kudengar doamu dan telah Kulihat air matamu. Sesungguhnya Aku akan memperpanjang hidupmu lima belas tahun lagi,

Observation
Sungguh indah ya nampaknya kalau saat berdoa Tuhan menjawab seperti jawabanNya kepada Hizkia, bahwa Dia telah mendengar doanya dan mengabulkan doanya. Tapiiii.... Kalau aku renungkan doa-doaku ke belakang, aku bersyukur karena Tuhan gak selalu menjawab doaku seperti apa yang aku inginkan, apa jadinya hidupku,  akan jadi apa karakterku kalau Tuhan selalu berkata 'ya'  pada setiap doaku,  apa yang akan kumiliki dan aku lepaskan kalau Tuhan selalu menjawab persis dengan yang aku inginkan.

Aplication
✔️ Aku bersyukur karena Tuhan berikan yang terbaik menurut kasih karuniaNya untuk setiap doaku.
✔️ Aku bersyukur untuk semua jawaban 'tidak' yang Tuhan telah berikan, karena Dia telah memberikan yang terbaik melebihi yang aku minta dan doakan.

Prayer
Terima kasih Tuhan karena setiap jawaban doaku, Kau jawab dengan indah. Gak selalu dengan ya dan sesuai dengan yang aku inginkan, tapi aku bersyukur menerima yang terbaik dariMu.Terima kasih ya Tuhanku. Amin.

Palangka Raya, 8 Oktober 2018
-Mega Menulis-

Mazmur 87, Yesaya 37

Yesaya 37

Scripture
Yesaya 37:20 (TB)  Maka sekarang, ya TUHAN, Allah kami, selamatkanlah kami dari tangannya, supaya segala kerajaan di bumi mengetahui, bahwa hanya Engkau sendirilah TUHAN."

Observation
Hizkia berdoa dan minta Tuhan menjawab doanya supaya orang lain mengenal Tuhan, dia ingin Tuhan dimuliakan saat menjawab doanya. Membaca ayat ini aku diingatkan kembali tentang motivasiku saat berdoa,apakah pengenalan akan Tuhan bagi orang lain menjadi kerinduanku, atau aku hanya ingin menyenangkan diriku sendiri.

Aplication
✔️  Aku berdoa agar Tuhan semakin dikenal saat Ia menjawab doaku. Supaya orang lain melihat perbuatanNya dan ikut memuliakan nama-Nya.

Prayer
Tuhan, biarlah orang lain semakin mengenal Tuhan saat Tuhan menjawab doaku. Biarlah mereka tahu hanya Engkaulah Tuhan. Amin.

Mazmur 87
No Rhema

Palangka Raya, 7 Oktober 2018
-Mega Menulis-

31 Days Of Gratitude : October 7th


1. Bersyukur bisa buat 4 macam bumbu dasar dalam jumlah dua kali lipat dari biasanya, capek memang, tapi puas. Terbayang deh masak tinggal cemplang-cemplung.
2. Bersyukur Sofia gak kenapa-kenapa, tadi sempat jatuh dari tempat tidur. Duh, mau copot jantungku denger bunyi gedebuk dan tahu-tahu Sofia nangis kencang.
3. Bersyukur Pa Sara ada waktu buat ngawasin kerjaan tukang.
4. Bersyukur pas belanja dapat ikan dan sayur buat besok di warung, gak sempat lagi ke pasar.
5. Bersyukur mati listrik pas sore sebentar aja.
6. Bersyukur bisa makan malam di luar dan Sara makan banyak.
7. Bersyukur gak kehujanan sewaktu jalan malam.
Palangka Raya, 7 Oktober 2018
-Mega Menulis-

Sunday, October 7, 2018

31 Days Of Gratitude : October 6th

6 Oktober 2018

1. Bersyukur melihat suami mencoba HP barunya, teringat lagi betapa baiknya TUHAN itu.
2. Bersyukur pagi ini bikin nasi goreng dan Sara suka, sampai-sampai makan pagi dan siangnya nasi goreng, ckckckck.
3. Bersyukur bisa beli cat buat rumah baru.
4. Bersyukur malam bisa belanja bumbu dan sayur di pasar malam.
5. Bersyukur sempat buangin biji cabe merah yang kubeli dan Sara bantuin petikkin tangkainya, Sara helpfull dan kerjanya bagus, dia juga senang bisa ikutan kerjaanku.
6. Bersyukur malam ini kuat ga makan malam.

Palangka Raya, 6 Oktober 2018
-Mega Menulis-

Mazmur 86, Yohanes 36

Mazmur 86

Scripture
Mazmur 86:11 (TB)  Tunjukkanlah kepadaku jalan-Mu, ya TUHAN, supaya aku hidup menurut kebenaran-Mu; bulatkanlah hatiku untuk takut akan nama-Mu.

Observation
Daud meminta Tuhan menunjukkan jalanNya SUPAYA dia bisa mengikutinya dan hidup dalam takut akan Tuhan. Sedari awal, Daud bertanya kepada Tuhan karena dia ingin menaati Tuhan. Daud bukan sekedar tanya pendapat Tuhan lalu kalau sesuai dengan keinginannya dilakukan dan kalau nggak sesuai maka dicuekinnya. Daud berketetapan melakukan kehendak Tuhan, makanya dia bertanya kepada Tuhan untuk menaatiNya. Jadi bandingkan dengan diri sendiri, saat aku bertanya Tuhan sebelum mengambil keputusan, apakah aku datang sekedar minta Tuhan setuju dengan pilihanku atau aku seperti Daud yang benar-benar ingin menaati Tuhan. Seringnya aku sudah memutuskan sesuatu lalu datang ke Tuhan dan ingin Tuhan memberkati jalan yang kupilih. Nah lo, beda dong sama Daud.

Aplication
✔️ Selidiki hatiku setiap berdoa untuk keputusan yang akan diambil. Apakah aku datang kepada TUHAN dengan sikap hati yang ingin menaati Tuhan atau nggak.
✔️ Menaati Tuhan sekalipun kehendakNya berbeda dengan kehendakku.

Prayer
Tuhan, selidikilah hatiku apakah aku sungguh ingin menaati Tuhan sewaktu bertanya kepada Tuhan atau aku jangan-jangan cuma minta Tuhan setuju dengan kehendakku. Aku mau belajar seperti Daud yang mencari kehendak Tuhan dan berketetapan menaatinya. Amin.

Yesaya 36
NO RHEMA

Palangka Raya, 6 Oktober 2018
-Mega Menulis-

Saturday, October 6, 2018

31 Days Of Gratitude : October 5th

5 Oktober 2018

1. Bersyukur tadi pagi sempat bikin sop seadanya (cemplang-cemplung bahan yang ada aja) dan Sara mau makan.
2. Bersyukur bisa makan mie ayam bareng keluarga hari ini.
3. Bersyukur bisa ambil hadiah di Bank Kalteng hari ini,  aku dapat TV 32"  dan Pa Sara dapat HP. Senang sekali aku, karena emang seminggu ini Pa Sara bilang HPnya kayaknya rusak. Tapi buat beli mikir-mikir kami, karena prioritas renovasi rumah. Ternyata.... Huaa....Tuhan beri Samsung A8+ yang sejujurnya, kalau ada uang pun rasanya sayang beli dengab harga semahal itu. Benar-benar Dia Jehovah Jireh, Dia gak menahan kebaikanNya 😭 Luar biasaa...
4. Bersyukur ada Oka yang bantuin jaga the girls hari ini, terus sorenya ada Novi datang bawain kue bawang dari mamah.
5. Bersyukur dapat rempeyek dari Mba Sinta.
6. Bersyukur bisa makan malam rame-rame sama Oka dan Novi.

Palangka Raya, 5 Oktober 2018
-Mega Menulis-

Friday, October 5, 2018

Mazmur 85, Yesaya 35

Mazmur 85

Scripture
Mazmur 85:12 (TB)  (85-13) Bahkan TUHAN akan memberikan kebaikan, dan negeri kita akan memberi hasilnya.

Observation
Sungguh kebaikan Tuhan luar biasa dalam hidup orang Israel,  Dia memulihkan, mengampuni, bahkan gak pernah berhenti menunjukkan kasih setiaNya. Jadi teringat kebaikanNya dalam hidupku, aku sama seperti orang Israel yang gak pernah berhenti menerima kebaikan Tuhan. Seharian ini, kalau ingat HP yang Tuhan berikan buat suamiku, aku geleng-geleng, Tuhan sungguh baik, bahkan sebelum kami berdoa pun Dia sudah jawab.

Application's
✔️  Karena TUHAN gak pernah berhenti berbuat baik dalam hidupku, aku mau terus bersyukur.
✔️ Aku juga mau berbuat baik kepada orang lain dan gak menahan-nahan berbuat baik, karena aku telah menerima kebaikan Tuhan.

Prayer
Terima kasih Tuhan, buat kebaikanMu hari ini. Kami sungguh bersyukur. Terima kasih Tuhan, terima kasih. Amin.
.

Yesaya 35
Scripture
Yesaya 35:10 (TB)  dan orang-orang yang dibebaskan TUHAN akan pulang dan masuk ke Sion dengan bersorak-sorai, sedang sukacita abadi meliputi mereka; kegirangan dan sukacita akan memenuhi mereka, kedukaan dan keluh kesah akan menjauh.

Observation
*sukacita abadi* Wow! Kalau aku seharian ini bersukacita karena kebaikan Tuhan bagi keluarga kami, gimana rasanya ya diliputi sukacita abadi? Sukacita yang kekal. Berarti senantiasa bersukacita, gak peduli dalam keadaan apapun, Tuhan mampukan untuk bersukacita. Sukacita yang dirasakan gak bergantung apa yang Tuhan berikan atau keadaan yang terjadi. Sukacita karena Tuhan. Tuhanlah sumber sukacitaku.

Aplication
✔️ Tuhanlah sumber sukacitaku. Saat aku gak punya alasan untuk bersukacita, aku mau memandang Tuhan dan bersukacita karenaNya.

Prayer
Terima kasih Tuhan karena mengingatkanku untuk bersukacita bukan karena pemberianmu, tapi karena Engkau saja. Amin.

Palangka Raya, 5 Oktober 2018
-Mega Menulis-

31 Days Of Gratitude : October 4th

4 Oktober 2018

1. Bersyukur pagi ini coba masak misoa goreng untuk pertama kali dan sukses.
2. Bersyukur bisa blessing Adi sebelum dia berangkat ke Samba. Bersyukur suami mau pagi-pagi antarkan ke rumah mamah.
3. Bersyukur bisa bayar uang angsuran rumah Kasongan.
4. Bersyukur siang ada acara press release di kantor jadi dapat snack dan makan siang kotakan. Sara mau makan mie dan buncisnya.
5. Bersyukur sore-sore dikasih tahu Ruri kalau aku dan Pa Sara dapat hadiah di stan Bank Kalteng. Aneh, kami gak dihubungi lewat telepon, tapi tahu dari Ruri yang lihat postingan temannya.
6. Bersyukur sore sempat jalan-jalan sebentar dengan keluarga.
7. Bersyukur masalah parit bisa diselesaikan dengan baik bersama calon tetangga kami.

Palangka Raya, 4 Oktober 2018 
-Mega Menulis-

Thursday, October 4, 2018

Mazmur 84, Yesaya 34

Mazmur 84

Scripture
Mazmur 84:11 (TB)  (84-12) Sebab TUHAN Allah adalah matahari dan perisai; kasih dan kemuliaan Ia berikan; Ia tidak menahan kebaikan dari orang yang hidup tidak bercela.

Observation,
Tadi pagi aku bangun dengan pemikiran, gak ada dalam hidupku ini yang bukan pemberian,  semua pemberian Tuhan dan semua yang diberikanNya sungguh baik. Aku gak merasa hidup gak bercela, tapi aku sungguh merasakan kebaikan Tuhan,  Dia gak pernah berhenti berbuat baik.Mulai kemarin tukang yang merenovasi rumah mulai bekerja, teringat sebulan yang lalu masih nangis-nangis karena gagal membeli rumah yang kami inginkan padahal sudah bayar dp, malah dijual ke orang lain. Gak sampai seminggu kami menemukan rumah lain yang lebih dekat dari kantor dan lebih murah pulak.

Aplication
✔️ Memilih bersyukur saat aku mau mengeluh.
✔️ Aku mau melihat kebaikan Tuhan setiap hari.

Prayer
Tuhan, terima kasih karena gak pernah berhenti berbuat baik kepadaku. Aku sungguh merasakan kebaikan Tuhan. Aku mau bersyukur terus kepadaMu setiap hari.  Amin.

Yesaya 84
No rhema.

Palangka Raya,  4 Oktober 2018
-Mega Menulis-

31 Days Of Gratitude : October 3th

3 Oktober 2018

1. Bersyukur pagi ini bisa tegas sama Sara saat dia cuma mau makan nasi, bisa dibujuk makan ikan goreng juga. Yay!
2. Bersyukur hari ini mulai renovasi rumah.
3. Bersyukur sudah menentukan ayat hapalan Amsal bulan Oktober ini.
4. Bersyukur sempat jalan-jalan ke pameran siang ini sekeluarga, dapat kaos lagi, hehehe.

Palangka Raya, 3 Oktober 2018 
-Mega Menulis-

Wednesday, October 3, 2018

Yesaya 33, Mazmur 83

Mazmur 83

Scripture
Mazmur 83:16, 18 (TB)  (83-17) penuhilah muka mereka dengan kehinaan, supaya mereka mencari nama-Mu, ya TUHAN!
(83-19) supaya mereka tahu bahwa Engkau sajalah yang bernama TUHAN, Yang Mahatinggi atas seluruh bumi.

Observation
*supaya mereka tahu bahwa Engkau sajalah yang bernama TUHAN, Yang Mahatinggi atas seluruh bumi.*
*supaya mereka mencari nama-Mu, ya TUHAN!*
Fokus pemazmur adalah Tuhan, bahkan saat dia berdoa memohon pertolongan untuk melawan musuh pun fokusnya adalah Tuhan. Dia ingin musuh-musuhnya mencari nama Tuhan dan mengenal Tuhan. BUKAN SEKEDAR, supaya dia dilepaskan dari musuh atau supaya menang mengalahkan musuh. Pemazmur ingin nama Tuhan yang dikenal dan mereka mencari Tuhan. Aku diingatkan untuk fokus pada kemuliaan Tuhan, saat aku meminta sesuatu, aku perlu menyelidiki hatiku apakah aku meminta untuk nafsu sendiri atau untuk Tuhan. Aku mencari kepentingan Tuhankah atau manusia.

Aplication
✔️  Fokus pada apa yang memuliakan Tuhan dan membuat Tuhan semakin dikenal.
✔️ Mendatangkan kemuliaan bagiNya atau tidak menjadi pertimbanganku saat aku meminta sesuatu yang aku inginkan.

Prayer
Tuhan, ampuni aku kalau selama ini aku hanya menuruti nafsuku dan gak mancari apa yang paling memuliakan Tuhan. Ajari aku berdoa seperti pemazmur, yang fokus pada Tuhan saja dan bukan sekedar keinginanku. Amin.

Yesaya 33

Scripture
Yesaya 33:4 (TB)  Orang mengumpulkan jarahan seperti belalang pelahap menelan makanannya; mereka menyerbunya seperti serbuan kawanan belalang.

Observation
Baca ayat ini teringat korban gempa di Palu yang ramai tersebar videonya kedapatan menjarah di mall dan toko. Banyak yang menyayangkan dan memaki, tapi aku membayangkan kalau aku ada di posisi mereka, anak-anakku butuh susu dan makanan, mungkin aku sanggup melakukan hal yang sama. Aku ngeri jadinya ke diriku sendiri. Rupanya manusia sanggup melakukan apa saja kalau terdesak. Sungguh-sungguh kasih karunia Tuhan semata kalau seseorang punya pengendalian diri untuk gak menjarah demi bertahan hidup dalam keadaan demikian. Aku bukan membenarkan mereka yang menjarah bahan makanan tapi aku sedikit mengerti alasan mereka saat membayangkan di posisi mereka.

Aplication
✔️  Berdoa buat korban gempa di Palu.

Prayer
Tuhan, tolong mereka yang ada di Palu ya Tuhan. Tuhanlah yang memenuhi segala keperluan mereka, Engkau sendiri yang hadir dalam penderitaan mereka. Biarlah mereka boleh tetap merasakan kasih dan penyertaan. Amin.

Palangka Raya, 3 Oktober 2018
-Mega Menulis-

Tuesday, October 2, 2018

31 Days Of Gratitude : October 2nd

2 Oktober 2018

1. Bersyukur pagi ini gak perlu bikin sarapan karena masih ada soto ayam dari Mba Sinta kemari.
2. Bersyukur hari ini chargerku yang ketinggalan diambil Papa Sara ke tempat pameran.
3. Bersyukur hari ini bisa mencicil renja 2019.
4. Bersyukur siang tadi pertama kalinya masak sambal goreng kerang dan sukses, papa Sara bilang enak 👌.
5. Bersyukur kaos hadiah Bank Kalteng yang kekecilan bisa ditukar dengan ukuran XL.
6. Bersyukur Sara makan banyak hari ini.
7. Bersyukur hari ini menyediakan telinga buat mendengar Mbak Dinar.
8. Bersyukur sebelum tidur bisa ngobrol santai dengan suami karena anak-anak sah tidur.
9. Bersyukur bisa beli misoa dari Devi.

Palangka Raya, 2 Oktober 2018
-Mega Menulis-

Yesaya 32, Mazmur 82

Yesaya 32

Scripture
Yesaya 32:9 (TB)  Hai perempuan-perempuan yang hidup aman, bangunlah, dengarkanlah suaraku, hai anak-anak perempuan yang hidup tenteram, perhatikanlah perkataanku!

Observation
Perempuan-perempuan di Yerusalem menerima peringatan, mereka diminta mendengar perkataan tersebut. Aku diingatkan untuk mendengar perkataan yang diucapkan kepadaku. Terkadang aku masih susah mendengarkan perkataan orang lain. Aku bukan tipe yang langsung mendengar teguran apalagi kalau gak sesuai dengan pemikiranku. Jadi, aku mau belajar diam, mendengarkan dan  berpikir sebelum menolak nasihat/teguran orang lain.

Aplication
✔️  Aku belajar gak langsung defense atau menolak nasehat, ambil waktu untuk mendengar, berdoa dan berpikir.

Prayer
Tuhan, aku mau belajar mendengarkan dan mengambil waktu untuk berdoa dan berpikir sebelum menolak teguran dan nasehat. Berikanku hikmat untuk tahu perkataan mana yang perlu kudengarkan dan yang nggak. Amin.

Mazmur 82

Scripture
Mazmur 82:3 (TB)  Berilah keadilan kepada orang yang lemah dan kepada anak yatim, belalah hak orang sengsara dan orang yang kekurangan!

Observation
Hari ini ada salah satu staf di kantor yang menangis karena permohonan mutasinya sudah disetujui kantor pusat, tapi atasan di sini tidak bersedia melepasnya dengan alasan masih butuh. Padahal, orang ini bermohon pindah karena kedua orang tuanya sakit-sakitan sejak tahun lalu. Sejujurnya, kalau aku di posisi pimpinan mungkin akan berat juga melepas orang ini karena dia sangat kompeten dan bertanggung jawab. Menjadi pimpinan terkadang membuat pimpinan mengutamakan kepentingan kantor dan kemudahan bagi dirinya sendiri sementara bawahan ga bisa ngapa-ngapain. Saat aku mendengarkan curhatan staf tadi aku mencoba berpikir bagaimana solusi dari masalahnya. Memang, dia yang berkompeten, tapi kalau dia harus pindah berarti pimpinan dan staf tersebut harus melatih /mempersiapkan penggantinya.

Aplikasi
✔️ Aku gak boleh sembarangan berpihak saat mendengar orang yang bertentangan, harus mendengar dari kedua sisi, mencoba membayangkan bagaimana jika aku di posisi mereka dan mencari win win solution.
✔️ Bersikap adil segala dalam pikiran. Berpikiran positif.

Prayer
Tuhan, berikan aku hikmatMu dan ajari aku bersikap adil saat harus memutuskan sesuatu. Amin.

Yesaya 31, Mazmur 81

Mazmur 81

Scripture
Mazmur 81:16 (TB)  (81-17) Tetapi umat-Ku akan Kuberi makan gandum yang terbaik dan dengan madu dari gunung batu Aku akan mengenyangkannya."

Observation
Janji Tuhan bagi umatNya sungguh indah. Tuhan memberikan tidak kurang dari yang terbaik dan akan memuaskan mereka. Selama ini juga aku telah menerima yang terbaik dan Dia memuaskanku. Aku bersyukur Tuhan tidak memberikan semua yang aku inginkan, gak terbayangkan jadi apa aku kalau Tuhan selalu memberi apa yang aku inginkan.

Aplication
✔️ Bersyukur untuk pemberian Tuhan dan apa yang terjadi saat ini. Tuhan tahu yang terbaik.
✔️ Gak gampang kecewa saat yang terjadi gak sesuai yang aku harapkan. Tetap berharap karena pengharapan dalam Tuhan gak akan mengecewakan.

Prayer
Tuhan, saat aku melihat ke belakang dan melihat pekerjaan tanganMu, aku melihat kebaikanMu. Kalau saat sekarang aku seringkali aku gak bisa melihat kebaikanmu dan mudah kecewa, ampuni aku ya Tuhan, aku mau belajar melihat dengan mata iman segala kebaikanMu. Amin.

Yesaya 31

Scripture
Yesaya 31:6-7 (TB)  Bertobatlah, hai orang Israel, kepada Dia yang sudah kamu tinggalkan jauh-jauh!
Sungguh pada hari itu kamu masing-masing akan membuang berhala-berhala peraknya dan berhala-berhala emasnya yang dibuat oleh tanganmu sendiri dengan penuh dosa.

Observation
Pertobatan orang percaya seharusnya berlangsung setiap hari,setiap hari dikuduskan oleh firman, semakin hari semakin menyerupai Kristus. Saat aku gak memprioritaskan Tuhan dalam hidup, berarti aku memiliki berhala dalam hidup. Sejak beranak dua dan tinggal gak sama mama, aku berjuang memprioritaskan Tuhan setiap harinya, apalagi aku bekerja, gak punya asisten rumah tangga. Kalau sudah bangun pagi, pikiran dipenuhi dengan berbagai pekerjaan rumah tangga yang harus dilakukan. Berpacu dengan waktu supaya semua beres sebelum ke kantor. Awalnya rasanya stres karena aku butuh firman Tuhan sementara kalau pagi banyak pekerjaan. Aku mulai mengatur strategi,kalau memang gak bisa menulis rhema pagi hari, aku harus baca Firman setiap pagi, siang baru menulis rhema.

Aplication
✔️ Disiplin words before world setiap hari.

Prayer
Tuhan, aku mau jadikan Engkau yang utama di dalam hidupku. Tolong aku supaya gak teralihkan dengan hal ini, biarlah kerinduan bersekutu dengan Tuhan setiap pagi menjadi prioritasku. Aku butuh Engkau dalam menjalani hariku, tolong aku ya Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 1 Oktober 2018
-Mega Menulis-

Yesaya 30

Yesaya 30

Scripture
Yesaya 30:12 (TB)  Sebab itu beginilah firman Yang Mahakudus, Allah Israel: "Oleh karena kamu menolak firman ini, dan mempercayakan diri kepada orang-orang pemeras dan yang berlaku serong dan bersandar kepadanya,

Observation
Memang secara verbal aku gak oernah bilang,"Aku menolak Firman Tuhan", tapi aku merenungkan sikapku selama ini, apakah aku benar-benar menerima Firman Tuhan? Terkadang aku tahu Firman Tuhan apa, tapi dengan sadar aku menolak melakuka melakukannya karena gak sesuai dengan hati dan pemikiranku. Saat aku melakukan itu, berarti aku sedang menolak firman Tuhan. Sudah tahu kebenaran bukannya dilakukan eh malah mengeraskan hati.

Aplication
✔️  Aku gak boleh mencari alasan untuk gak menaati firman Tuhan.
✔️  Segera lakukan saat Tuhan ingatkan melalui firmanNya. Jangan menunda-nunda untuk taat.

Prayer
Tuhan, aku mau menerima firmanMu dengan hati yang lembut. Aku mau menaati firman Tuhan sekalipun aku gak ingin. Jangan biarkan aku menuruti pikiranku sendiri ya Tuhan, aku mau ikut firman Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 30 September 2018
-Mega Menulis-

31 Days Of Gratitude : October 1st

1 Oktober 2018

1. Bersyukur hari ini gajian, walaupun langsung dipotong buat bayar kredit.
2. Bersyukur pagi-pagi sempat bikin nasi uduk pakai rice cooker, kata suami sudah enak cuma kurang garam, hohoho. Bisa nih diulang lagi.
3. Bersyukur gak terlambat apel gabungan di Kantor Gubernur.
4. Bersyukur siang makan diundang makan soto do tempat Mbak Sintha, bisa ketemu keluarga dan makan enak. Ada bonus om Bambang bawa tongseng kambing pula.
5. Bersyukur sore ini dikasih soto sama Mbak Sintha, malam ga usah masak, yay!
6. Bersyukur tukang yang mau ngerjain rumah sudah lihat rumah dan hitung ongkosnya.
7. Bersyukur anak-anak tidur cepat malam ini.

Palangka Raya, 1 Oktober 2018
-Mega Menulis-

Monday, October 1, 2018

Yesaya 29

Yesaya 29

Scripture
Yesaya 29:13 (TB)  Dan Tuhan telah berfirman: "Oleh karena bangsa ini datang mendekat dengan mulutnya dan memuliakan Aku dengan bibirnya, padahal hatinya menjauh dari pada-Ku, dan ibadahnya kepada-Ku hanyalah perintah manusia yang dihafalkan,

Observation
Ngeri deh bacanya. Di luar beda sama di dalam. Oh,  Tuhan jauhkanlah aku dari apa yang ada di ayat ini. Terkadang lupa kalau apa yang gak terlihat di dalam lebih penting dari apa yang terlihat. Seperti pohon, kualitas akar akan menentukan buahnya. Jadi merenungkan:Apakah kehidupan pribadiku dengan Tuhan sungguh intim? Sudahkah aku berakar kuat dalam Dia? Semoga hatiku terus melekat sama Tuhan dan apa yang aku lakukan sungguh-sungguh menyenangkan hati Tuhan.

Aplication
✔️  Hidup intim dengan Tuhan berarti terbuka dengan Tuhan, gak ada yang aku sembunyikan. Berarti jujur dengan apa yang aku rasakan dan pikirkan. Bukan karena Tuhan gak tahu kalau aku gak cerita, tapi keterbukaan adalah awal keintiman.
✔️ Terus sediakan waktu terbaik untuk Tuhan. Aku harus jadikan hubungan pribadi dengan Tuhan prioritas. Bukan aktivitas rohani yang penting, tapi bangun hubungan.

Prayer
Tuhan, jiwaku melekat kepadaMu. Jangan biarkan aku menjauh dan tersesat. Biarlah hubungan pribadi dengan Tuhan jadi prioritasku setiap hari. Amin.

Palangka Raya, 30 September 2018
-Mega Menulis-

Yesaya 28

Yesaya 28

Scripture
Yesaya 28:16 (TB)  sebab itu beginilah firman Tuhan ALLAH: "Sesungguhnya, Aku meletakkan sebagai dasar di Sion sebuah batu, batu yang teruji, sebuah batu penjuru yang mahal, suatu dasar yang teguh: Siapa yang percaya, tidak akan gelisah!

Observation
Batu penjuru yang mahal dan dasar yang teguh dalam hidupku ialah Kristus. Siapa yang percaya kepada Kristus sebenarnya tidak akan gelisah. Kalau selama ini aku masih sering gelisah dan mengkuatirkan banyak hal, aku perlu bertanya ke diriku sendiri sudahkah aku mempercayai Kristus sepenuhnya? Jangan-jangan aku mengandalkan diriku sendiri jadi aku kuatir melulu.

Aplication
✔️ Aku mau mengarahkan hidup sepenuhnya kepada Kristus dan fokus padaNya, gak fokus dengan masalah dan hidup sendiri.
✔️ Kalau aku kuatir, itu alarm aku sedang mengandalkan diri sendiri. Karena kalau aku bener ngandalin Tuhan, apa sih yang harus aku kuatirkan?

Prayer
Tuhan, aku mau berhenti gelisah dan kuatir akan banyak hal. Aku mau mengandalkan Tuhan dan mempercayai Tuhan sepenuhnya. Amin.

Palangka Raya, 28 September 2018
-Mega Menulis-

31 Days Of Gratitude : September 30th

30 September 2018

1. Bersyukur pagi sempat belanja ke Pasar Kahayan, beli lauk buat beberapa hari ke depan.
2. Bersyukur bisa jaga stan hari ini.
3. Bersyukur bisa beli cobek ulin, akhirnya.... Selama ini punya ulekannya doang,hehehe.
4. Bersyukur bisa nabung di stan Bank Kalteng dan dapat hadiah kaos.
5. Bersyukur Sara pagi-pagi mau makan ikan 2 potong, malam makan banyak nasi goreng.
6. Bersyukur Pa Sara sudah dapat tukang untuk renovasi rumah.
7. Bersyukur bisa blessing mama.
8. Bersyukur sore-sore ada Om Bambang dan keluarga main ke kosan kami.

Palangka Raya, 30 September 2018
-Mega Menulis-

Amsal 26, Mazmur 119:26-50

Amsal 26 Scripture       Amsal 26:11 (TB)  Seperti anjing kembali ke muntahnya, demikianlah orang bebal yang mengulangi kebodohannya. Obs...