.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Thursday, October 11, 2018

Mazmur 91, Yesaya 41

Yesaya 41

Scripture
Yesaya 41:6 (TB)  Yang seorang menolong yang lain dan berkata kepada temannya: "Kuatkanlah hatimu!"

Observation
Alangkah indahnya kalau setiap orang menguatkan saudaranya yang lemah. Mengucapkan kata-kata yang menghibur. Teringat diskusi dengan suami beberapa hari lalu, ada ayat yang bilang bersukacitalah dengan yang bersukacita dan menangis dengan yang menangis. Gampang? No. Prakteknya, kalau orang lain kesusahan atau menceritakan kesusahannya pada kita, apakah kita akan ikut merasakan? Kebanyakan nggak, yang ada malah kita mikir (atau ngomong), "Ah, cuma gitu aja, aku dulu ma lebih susah dari kamu, masalahmu ga ada apa-apanya". Nah lo,  kesusahan aja kita mau kelihatan lebih susah dari orang. Buat apa? Apakah yang mendengarnya terhibur dan dikuatkan? Lewat ayat ini aku diingatkan untuk benar-benar berempati dan turut merasa penderitaan orang lain. Mengucapkan kalimat yang menguatkan hati orang lain.

Aplication
✔️  Berusaha berempati dengan mereka yan menderita.
✔️ Mengucapkan kalimat penghiburan yang menguatkan hati orang lain.
✔️ Saat orang lain membicarakan masalahnya atau butuh dihibur, aku harus fokus pada dia dan masalahnya. Gak perlu membandingkan dengan diri sendiri.

Prayer
Tuhan, ajarilah aku bersukacita dengan yang bersukacita dan menangis dengan yang menangis. Pakailah aku menguatkan hati mereka yang lemah. Amin.

Mazmur 91

Scripture
Mazmur 91:1-2 (TB)  Orang yang duduk dalam lindungan Yang Mahatinggi dan bermalam dalam naungan Yang Mahakuasa
akan berkata kepada TUHAN: "Tempat perlindunganku dan kubu pertahananku, Allahku, yang kupercayai."

Observation
Bagaimana kita bisa berkata kepada TUHAN :"Tempat perlindunganku dan kubu pertahananku, Allahku, yang kupercayai."? Tentu saja seperti orang di ayat  ini,  aku harus tinggal dekat dengan Tuhan sehingga bisa terus berlindung sama Tuhan. Aku bisa mempercayai Tuhan sepenuhnya saat aku mengenal Dia dengan benar. Kalau selama ini aku sering gak mempercayai Tuhan atau kuatir bisa jadi karen aku gak sungguh kenal Tuhan.

Aplication
✔️  Aku mau baca Alkitab gak asal baca, tapi sungguh punya kerinduan mengenal Tuhan secara pribadi.

Prayer
Tuhan, aku rindu mengenal Engkau dengan benar. Aku mau tinggal dekat denganMu. Ampuni aku kalau selama ini asal baca Alkitab, aku mau baca dengan sikap hati yang haus dan rindu akan kebenaran firmanMu. Amin.

Palangka Raya, 11 Oktober 2018
-Mega Menulis-

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir, silakan tinggalkan komentar ya.

Matius 4

Matius 4:1 - 11 Scripture Matius 4:7 (TB)  Yesus berkata kepadanya: "Ada pula tertulis: Janganlah engkau mencobai Tuhan, Allahmu!"...