.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Tuesday, October 2, 2018

Yesaya 32, Mazmur 82

Yesaya 32

Scripture
Yesaya 32:9 (TB)  Hai perempuan-perempuan yang hidup aman, bangunlah, dengarkanlah suaraku, hai anak-anak perempuan yang hidup tenteram, perhatikanlah perkataanku!

Observation
Perempuan-perempuan di Yerusalem menerima peringatan, mereka diminta mendengar perkataan tersebut. Aku diingatkan untuk mendengar perkataan yang diucapkan kepadaku. Terkadang aku masih susah mendengarkan perkataan orang lain. Aku bukan tipe yang langsung mendengar teguran apalagi kalau gak sesuai dengan pemikiranku. Jadi, aku mau belajar diam, mendengarkan dan  berpikir sebelum menolak nasihat/teguran orang lain.

Aplication
✔️  Aku belajar gak langsung defense atau menolak nasehat, ambil waktu untuk mendengar, berdoa dan berpikir.

Prayer
Tuhan, aku mau belajar mendengarkan dan mengambil waktu untuk berdoa dan berpikir sebelum menolak teguran dan nasehat. Berikanku hikmat untuk tahu perkataan mana yang perlu kudengarkan dan yang nggak. Amin.

Mazmur 82

Scripture
Mazmur 82:3 (TB)  Berilah keadilan kepada orang yang lemah dan kepada anak yatim, belalah hak orang sengsara dan orang yang kekurangan!

Observation
Hari ini ada salah satu staf di kantor yang menangis karena permohonan mutasinya sudah disetujui kantor pusat, tapi atasan di sini tidak bersedia melepasnya dengan alasan masih butuh. Padahal, orang ini bermohon pindah karena kedua orang tuanya sakit-sakitan sejak tahun lalu. Sejujurnya, kalau aku di posisi pimpinan mungkin akan berat juga melepas orang ini karena dia sangat kompeten dan bertanggung jawab. Menjadi pimpinan terkadang membuat pimpinan mengutamakan kepentingan kantor dan kemudahan bagi dirinya sendiri sementara bawahan ga bisa ngapa-ngapain. Saat aku mendengarkan curhatan staf tadi aku mencoba berpikir bagaimana solusi dari masalahnya. Memang, dia yang berkompeten, tapi kalau dia harus pindah berarti pimpinan dan staf tersebut harus melatih /mempersiapkan penggantinya.

Aplikasi
✔️ Aku gak boleh sembarangan berpihak saat mendengar orang yang bertentangan, harus mendengar dari kedua sisi, mencoba membayangkan bagaimana jika aku di posisi mereka dan mencari win win solution.
✔️ Bersikap adil segala dalam pikiran. Berpikiran positif.

Prayer
Tuhan, berikan aku hikmatMu dan ajari aku bersikap adil saat harus memutuskan sesuatu. Amin.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir, silakan tinggalkan komentar ya.

Mazmur 13

Mazmur 13 Scripture Mazmur 13:6 (TB)  (13-6b) Aku mau menyanyi untuk TUHAN, karena Ia telah berbuat baik kepadaku.  Observation Ya. Tuhan ga...