.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Thursday, November 29, 2018

Yakobus 4

Scripture

Yakobus 4:17 (TB)  Jadi jika seorang tahu bagaimana ia harus berbuat baik, tetapi ia tidak melakukannya, ia berdosa.

Observation
Tadi pagi-pagi baca pasal ini dan belum dapat rhema, lalu aku tanya suami ada planning ke mana hari ini sama mertua dan anak-anakku, aku gak bisa ikut karena aku kerja. Lalu, suamiku bilang gak ada. Terus aku usulkan ke Kasongan aja, ke rumah lama untuk ambil satu set kursi meja tamu kami. Suamiku oke. Ya sudah, aku langsung gerak cepat buat sarapan dan makan siang supaya mertua bisa sarapan sebelum berangkat, pulangnya bisa langsung makan siang. Nyiapin keperluan bocah-bocah.  Ngasih makan dan mandikan Sofi. Aku pikir berangkat pagi jam 8 sempat aja pulang jam 12, suami ada kerjaan jam 12. Eh, gak tahunya jam 7 suami bilang kalau gak jadi, besok aja berangkat jam 7. Kesel banget. Sempat mau mendebat suami. Gak jadi, tapi aku ngambek habis-habisan. Ngebayangin capeknya siapin macam-macam. Tahu gitu kan aku gak perlu maksain diri masak buat makan siang, karena biasanya mertua yang mau masak. Haisss.... Besok pagi jadi harus repot nyiapin macam-macam lagi. Hadeh.
Ini di kantor aku baca ulang pasal 4 dan pas baca ayat ini jadi ingat kelakuanku tadi pagi. Aku berbuat gak baik ke suamiku, iya emang kesel, tapi harusnya kan aku bisa tetap bersikap manis. Aku tau bagaimana berbuat baik tapi gak melakukan, aku berbuat dosa.

Aplication
✔️  Aku minta maaf sama suami.
✔️  Besok mau persiapkan segala keperluan buat berangkat dengan sukacita bukan dengan bersungut-sungut.

Prayer
Tuhan, ampuni aku karena memilih melakukan yang gak menyenangkanMu. Aku memilih mengikuti kehendakku sendiri. Ampuni aku ya Tuhan. Aku mau berubah. Amin.

Palangka Raya, 29 November 2018
-Mega Menulis-

Yakobus 3

Scripture
Yakobus 3:14 (TB)  Jika kamu menaruh perasaan iri hati dan kamu mementingkan diri sendiri, janganlah kamu memegahkan diri dan janganlah berdusta melawan kebenaran!

Observation
Aku gak sadar aku masih sering mementingkan diri sendiri sampai seminggu terakhir ini. Saat ini ada tiga tamu di rumahku, mertuaku dan adek mertua. Pulang kantor aku ngurus anak-anak dan capek, biasanya jam 8 kami sudah masuk kamar dan mulai menidurkan anak-anak dan ikut tertidur.  Sekarang, jam 8 masuk kamar dan menidurkan anak-anak, setelahnya aku harus keluar kamar dan ngobrol dengan mertua. Duh. Bukan hal yang mudah, kapan hari aku malah memilih ikut tidur bersama  bocah-bocah. Gak boleh gitu lagi, kapan lagi bisa spending time dengan mertua.

Aplication
✔️  Sehabis menidurkan anak-anak, aku mau sediakan waktu buat ngobrol dengan mertua, baru tidur.

Prayer
Tuhan, aku  capek sekali, tapi aku mau belajar ga mementingkan diri sendiri. Berikanku sukacita saat aku melakukan sesuatu buat orang lain dan ga memikirkan diri sendiri ya Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 28 November 2018
-Mega Menulis-

Yakobus 2

Scripture

Yakobus 2:8 (TB)  Akan tetapi, jikalau kamu menjalankan hukum utama yang tertulis dalam Kitab Suci: "Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri", kamu berbuat baik.

Observation
Kembali diingatkan untuk mengasihi mertua. Mengasihi gak cuma seperti mengasihi orang tuaku sendiri, tapi juga seperti mengasihi diri sendiri. Apa yang aku lakukan untuk diriku, apa yang aku berikan untuk diriku, aku juga mau coba berikan buat mertua. Daripada

Aplication
✔️  Tadi aku keluar bentar, ada cari beberapa barang. Aku kan suka beli cemilan. Aku ingat kalau mertua suka buat kripik singkong sendiri, akhirnya aku belikan deh. Pulangnya kami makan bareng kripik itu sambil ngobrol.

Prayer
Tuhan, mampukanlah aku mengasihi mertua seperti mengasihi diriku sendiri. Aku mau berbuat baik kepadanya ya Tuhan. Berikanlah aku kepekaan untuk tahu bagaimana mengasihi mertua. Amin.

Palangka Raya, 27 November 2018
-Mega Menulis-

Yakobus 1

Scripture

Yakobus 1:19 (TB)  Hai saudara-saudara yang kukasihi, ingatlah hal ini: setiap orang hendaklah cepat untuk mendengar, tetapi lambat untuk berkata-kata, dan juga lambat untuk marah;

Observation
Ayat ini tadi pagi aku praktekkan. Sulit sekali.Tadi pagi ada yang mengganjal saat ngobrol sama mertua tapi tadi pagi aku memilih diam dan gak menyerah buka mulut, eh akhirnya suamiku yang ngomong ke mama mertua. Puji Tuhan.

Aplication
✔️ Aku gak mau berbantahan dengan mertua, lebih baik ga gampang marah.

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk memuliakan Engkau dan meresponi dengan benar  walaupun sebal dengan mertua . Tolong aku ya Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 26 November 2018
-Mega Menulis-

Sunday, November 25, 2018

Filipi 4

Filipi 4

Scripture
Filipi 4:8 (TB)  Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu.

Observation
Sudah seminggu mertua di rumah (dan masih 2 minggu lagi),  sejujurnya aku agak tertekan karena banyak hal dalam urusan dapur dan rumah kami berbeda. Duh. Sempat negatif thinking deh, apalagi ingat waktu masa pacaran dengan Pa Sara sempat ga direstui kami, gara-gara aku gak sesuku. Sampai sekarang kadang merasa kalau aku bukan menantu yang diinginkan mama mertua. Ayat ini ingatkan aku untuk jaga pikiranku. Gak boleh negatif thinking.

Aplication
✔️ Aku berusaha klarifikasi kalau ada negatif thinking tentang mama mertua. Daripada mikir gitu, mending diomongin pelan-pelan.
✔️ Selama mertua di sini, aku mau jalin komunikasi lebih dalam. Berusaha mengerti adat kebiasaan mertua dan menghargainya daripada mikir negatif.

Prayer
Tuhan, jangan biarkan aku terus berpikir negatif tentang mama mertua. Tolong aku untuk mengasihi seperti ke orang tua sendiri jadi gak mikir negatif. Amin.

Palangka Raya, 25 November 2018
-Mega Menulis-

Saturday, November 24, 2018

Filipi 3

Filipi 3

Scripture
Filipi 3:7-8 (TB)  Tetapi apa yang dahulu merupakan keuntungan bagiku, sekarang kuanggap rugi karena Kristus.
Malahan segala sesuatu kuanggap rugi, karena pengenalan akan Kristus Yesus, Tuhanku, lebih mulia dari pada semuanya. Oleh karena Dialah aku telah melepaskan semuanya itu dan menganggapnya sampah, supaya aku memperoleh Kristus,

Observation
Semakin mengenal Kristus, banyak hal dalam sudut pandangku berubah. Dulu waktu masih muda (tsah....), banyak sekali pencapaian yang ingin kucapai, apapun caranya, target-target optimis yang fokusnya aku dan aku. Lalu berangsur-angsur aku mulai anggap itu gak terlalu penting, semua ingin aku capai asal untuk memuliakan Tuhan. Lalu ingin melayani Tuhan dalam segala area, rumah, kantor, Pearl,  blog, medsos, gereja,  BRG, dll. Akhir-akhir ini berasa overload dan berpikir kalau kedalaman lebih penting dari luasnya pelayanan. Ingin fokus ke beberapa hal saja dari yang Tuhan percayakan dan jadi impact, gak overload dan malah kehilangan yang terpenting. Akhir-akhir ini baca Alkitab pun gak fokus, seperti rutinitas saja, sedih rasanya. Tetap memaksa diri untuk terus baca Alkitab sih, tapi rasanya gak semangat.

Aplication
✔️ Berdoa untuk melepaskan beberapa tanggung jawab yang aku ambil supaya bisa fokus.

Prayer
Tuhan, tunjukkanlah padaku, mana yang perlu aku lakukan dan mana yang nggak. Aku mau fokus di area yang Tuhan inginkan saja. Biarlah lewat apa yang aku pilih nanti, aku semakin mengenal Tuhan lebih dalam. Amin.

Palangka Raya, 24 November 2018
-Mega Menulis-

Filipi 2

Filipi 2

Scripture
Filipi 2:14 (TB)  Lakukanlah segala sesuatu dengan tidak bersungut-sungut dan berbantah-bantahan,

Observation
Di kantor sedang dikejar penyerapan anggaran. Waktu sudah mepet. Bidang menyalahkan keuangan karena gak jemput bola, keuangan menyalahkan bidang karena lambat menyerahkan pertanggungjawaban keuangan. Bahkan suasana rapat hari ini panas. Aku berusaha gak terbawa emosi dan fokus mencari solusi.

Aplication
✔️ Aku satu ruangan dengan orang keuangan jadi sering dengar mereka menyalahkan, berdoa supaya aku bisa netral dan tetap tenang. Berusaha bantu cari solusi.

Prayer
Tuhan, jadikanlah aku pembawa damai di kantor. Amin.

Palangka Raya, 23 November 2018
-Mega Menulis-

Thursday, November 22, 2018

Filipi 1

Filipi 1

Scripture
Filipi 1:27 (TB)  Hanya, hendaklah hidupmu berpadanan dengan Injil Kristus, supaya, apabila aku datang aku melihat, dan apabila aku tidak datang aku mendengar, bahwa kamu teguh berdiri dalam satu roh, dan sehati sejiwa berjuang untuk iman yang timbul dari Berita Injil,

Observation
Sudahkah hidupku berpadanan dengan Injil Kristus? Saat aku membandingkan hidupku dengan Injil Kristus, apakah aku seperti bercermin? Atau jangan-jangan hidupku jauh dari Injil Kristus? Diingatkan lagi VN Ci Lia buat member baru BRG, saat baca firman Tuhan aku harus terus menerus bercermin dengan apa yang kubaca, apakah hidupku sudah sama dengan firman yang kubaca atau belum. Kalau belum berarti aku harus berusaha agar menjadi serupa dengan firman yang aku baca.

Aplication
✔️ Aku mau terus-menerus bercermin dengan firman Tuhan yang kubaca dan menjadi pelaku firman, bukan hanya pembaca firman.

Prayer
Tuhan, aku mau jadi pelaku firman dengan kasih karuniaMu, aku gak bisa kalau hanya dengan kemampuanku sendiri. Tolong aku ya Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 22 November 2018
-Mega Menulis-

Markus 16

Markus 16

Scripture
Markus 16:20 (TB)  Mereka pun pergilah memberitakan Injil ke segala penjuru, dan Tuhan turut bekerja dan meneguhkan firman itu dengan tanda-tanda yang menyertainya.

Observation
Sebelum meninggalkan murid-muridnya ke sorga, Yesus berkata kepada murid-muridNya untuk pergi ke seluruh dunia dan memberitakan Injil kepada segala makhluk. Di zaman itu belum ada pesawat, kalau mau pergi ke 'seluruh dunia'  tentu bukan hal yang mudah. Jangankan dulu, sekarang pun lah ya, kalau Tuhan suruh 'pergi ke seluruh dunia', aku bakal berpikir : biaya dari mana nih untuk pergi, bagaimana dengan keluargaku kalau aku pergi, bagaimana dengan pekerjaanku di kantor ya, taruhlah aku pergi lalu apa yang harus aku katakan kepada orang-orang , gimana kalau respon mereka menolak, err... Nanti aja lah ya Tuhan berangkatnya kalau semua sudah siap, dll.

Murid-murid Yesus tampaknya gak berpikir seperti aku, Markus memberikan kesaksian bagaimana murid-murid pergi segera ke seluruh penjuru, DAN TUHAN TURUT BEKERJA MENEGUHKAN FIRMAN DENGAN TANDA-TANDA YANG MENYERTAINYA. Kalau Tuhan memerintahkan melakukan sesuatu, Dia menginginkan ketaatan dan tindakan segera dariku, stop mengkuatirkan banyak hal Meg!

Aplication
✔️ Aku harus segera meresponi firman Tuhan dengan ketaatan maka Tuhan akan turut bekerja.

Prayer
Tuhan, mampukanlah aku untuk segera meresponi setiap perkataanMu dengan ketaatan tanpa penundaan. Amin.

Palangka Raya, 21 November 2018
-Mega Menulis-

Tuesday, November 20, 2018

Markus 15, Mazmur 120

Mazmur 120

Scripture
Mazmur 120:1 (TB)  Nyanyian ziarah. Dalam kesesakanku aku berseru kepada TUHAN dan Ia menjawab aku:

Observation
Sedih banget kalau memanggil dan gak dijawab, lah ini berseru loooo....menunjukkan kalau Daud benar-benar sedang membutuhkan Tuhan. Dan Tuhan menjawab. Jadiiii... Kalau aku membutuhkan Tuhan, berseru! Jangan hanya panggil! Berseru!

Aplication
✔️ Saat merasa membutuhkan Tuhan, serukan nama-Nya! Jangan berhenti sampai Tuhan menjawab.

Prayer
Tuhan, aku membutuhkanMu. Aku memerlukan Tuhan. Saat-saat sekarang aku letih Tuhan, butuh Tuhan yang segarkan aku. Jawablah aku ya Tuhan. Amin.

Markus 15

Scripture
Markus 15:15 (TB)  Dan oleh karena Pilatus ingin memuaskan hati orang banyak itu, ia membebaskan Barabas bagi mereka. Tetapi Yesus disesahnya lalu diserahkannya untuk disalibkan.

Observation
Di kantor aku merasa gagal karena gak bisa memenuhi target realisasi dan gak bisa menyerap anggaran. Penyebabnya ada beberapa hal, tapi di antaranya aku berbelanja sesuai kebutuhan. Jadi misal anggaran ATK 500 ribu maka aku berbelanja dan mempertanggungjawabkan sesuai riil, aku gak mau membuat cap palsu seperti yang yang biasa dilakukan. Ada ketakutan saat aku gak memenuhi target maka akan dianggap gak kompeten, tapiiii... Aku belajar untuk gak peduli apa pandangan manusia asal melakukan hal yang benar. Hal yang gak mudah, tapi bacaan hari ini diingatkan aku gak bisa memuaskan semua orang dan aku gak perlu memuaskan semua orang. Aku perlu menyenangkan Tuhan aja.

Aplication
✔️  Tetap melakukan yang benar sekalipun gak memuaskan manusia, fokus menyenangkan hati Tuhan.

Prayer
Tuhan, aku mau menyenangkanMu saja, bukan manusia. Amin.

Palangka Raya, 20 November 2018
-Mega Menulis-

Markus 14, Mazmur 119

Markus 14

Scripture
Markus 14:3 (TB)  Ketika Yesus berada di Betania, di rumah Simon si kusta, dan sedang duduk makan, datanglah seorang perempuan membawa suatu buli-buli pualam berisi minyak narwastu murni yang mahal harganya. Setelah dipecahkannya leher buli-buli itu, dicurahkannya minyak itu ke atas kepala Yesus.

Observation
Apa yang dilakukan itu mengingatkan bahwa saat memberikan persembahanku kepada Tuhan maka aku memberikan: yang terbaik, yang harum dan berkenan kepada Tuhan. Terbaik sesuai dengan kemampuan yang kumiliki.  Harum berarti yang kulakukan adalah hal yang dapat dinikmati oleh orang lain (kesaksian bagi orang lain). Berkenan berarti menyenangkan hati Tuhan.

Aplication
✔️  Saat melakukan segala sesuatu dalam keseharianku aku harus melakulan yang terbaik, gak boleh asal mengerjakan. Seringkali aku asal
melakukan.

Prayer
Tuhan, terima kasih buat firmanMu saat ini, aku mau belajar selalu melakukan yang terbaik buat Tuhan.

Mazmur 119

Scripture
Mazmur 119:143 (TB)  Aku ditimpa kesesakan dan kesusahan, tetapi perintah-perintah-Mu menjadi kesukaanku.

Observation
Gile nih Pemazmur! Saat ditimpa kesesakan dan kesusahan, perintah Tuhan yang menjadi kesukaannya.Wow!!!! Kebayang gak sih, saat ada kesusahan, dia malah semakin menyukai firman Tuhan, dia semakin berlari mendekat pada Tuhan. Bukannya menjadikan alasan gak baca firman, kesesakan dan kesusahan malahan menjadikannya alasann untuk terus bertekun dalam firman Tuhan.

Aplication
✔️ Rindu sekali merasakan dan melakukan yang dilakukan pemazmur, semakin melekat pada Firman Tuhan saat dilanda kesesakan dab kesusahan.

Prayer
Tuhan, kerinduanku semakin melekat sama firman Tuhan seperti yang dialami pemazmur. Saat kesesakan dan kesusahan kurasakan, biarlah firmanMu yang menjadi penghiburan bagi jiwaku. Amin.

Palangka Raya, 19 November 2018
-Mega Menulis-

Monday, November 19, 2018

Markus 13, Mazmur 118

Mazmur 118

Scripture
Mazmur 118:4 (TB)  Biarlah orang yang takut akan TUHAN berkata: "Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya!"

Observatiob & Aplication
Pagi tadi aku sudah baca ayat ini dan ayat ini teringat terus, terutama bagian "Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya". Aku berdoa supaya kami sekeluarga terus hidup dalam takut akan Tuhan dan mengalami kasih setia Tuhan. Saat Sofia dibaptis pagi ini, ayat di atas menjadi doaku baginya.

Prayer
Tuhan, terima kasih untuk kasih setia-Mu yang sampai selama-lamanya.Aku bersyukur dan ingin terus hidup dalam takut akan Engkau.Amin.

Markus 13

Scripture
Markus 13:5 (TB)  Maka mulailah Yesus berkata kepada mereka: "Waspadalah supaya jangan ada orang yang menyesatkan kamu!

Observation
Saat-saat ini banyak muncul penyesat,  ada teologi kemakmuranlah, ini lah, itu lah. Anak Tuhan gak boleh banya mengikuti apa kata orang lain. tanpa menguji yang didengarnya dengan firman Tuhan.

Aplication
✔️  Aku  gak mau asal menerima pengajaran, tetap harus menguji segala yang didengar dengan FirTu.

Prayer
Tuhan, berikanlah aku kepekaan untuk mengerti saat ada ajaran yang kudengar dan gak sesuai dengan firman Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 18 November 2018
-Mega Menulis-

Saturday, November 17, 2018

Markus 12, Mazmur 117

Mazmur 117

Scripture
Mazmur 117:1-2 (TB)  Pujilah TUHAN, hai segala bangsa, megahkanlah Dia, hai segala suku bangsa!
Sebab kasih-Nya hebat atas kita, dan kesetiaan TUHAN untuk selama-lamanya. Haleluya!

Observation
Hari ini kebaktian ucapan syukur di rumah mamah sekaligus mengenang 11 tahun meninggalnya papaku. Sungguh waktu kurenungkan, kasih Tuhan hebat atas keluarga kami dan Dia sungguh setia, gak pernah Dia tinggalkan kami. Sebelas  tahun yang lalu, saat papa tinggalkan kami, kami gak tahu bagaimana nasib keluarga kami. Papa gak mewariskan harta apa-apa, mama adalah ibu rumah tangga yang gak punya usaha apa-apa, aku sudah lulus tapi belum bekerja, adekku yang cowo masih kuliah, yang bungsu masih SMP. Gak terbayangkan, hari ini kami dua dari tiga anak papa sudah menikah bahkan aku dianugerahi dua anak, kami semua sudah bekerja. Ini semua karya Tuhan. Luar biasa kebaikan Tuhan, aku bersyukur dan memuji Dia,

Aplication
✔️ Gak kuatir dengan masa depan, kesetiaan Tuhan sudah terbukti dan kasihNya sungguh hebat.

Prayer
Terima kasih Tuhan, buat kasih dan kesetiaan Tuhan dalam hidupku. Aku sungguh merasakan kebaikanMu. Amin.

Markus 12

Scripture
Markus 12:17 (TB)  Lalu kata Yesus kepada mereka: "Berikanlah kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah!" Mereka sangat heran mendengar Dia.

Observation
Jawaban Yesus kepada orang munafik yang mau menjebakNya menunjukkan kecerdikan Yesus, Yesus tidak dengan polos saja menjawab tanpa berpikir. Setiap perkataan Yesus dipikirkanNya segala dampaknya. Dia tahu bagaimana menempatkan diriNya.

Aplication
✔️ Dalam pekerjaanku, banyak orang yang bersedia melakukan apa saja bahkan berlaku munafik. Aku harus seperti Yesus yang pandai menempatkan diri. Bener-bener tulus seperti merpati dan cerdik seperti ular.

Prayer
Yesus, terima kasih karena telah memberi teladan dan inspirasi bagaimana aku harus bersikap di lingkungan pekerjaanku. Tolong aku untuk tetap memuliakan Engkau di pekerjaanku. Amin.

Palangka Raya, 17 November 2018
-Mega Menulis-

Friday, November 16, 2018

Markus 11, Mazmur 116

Markus 11

Scripture
Markus 11:17 (TB)  Lalu Ia mengajar mereka, kata-Nya: "Bukankah ada tertulis: Rumah-Ku akan disebut rumah doa bagi segala bangsa? Tetapi kamu ini telah menjadikannya sarang penyamun!"

Observation
Aku adalah rumahNya Tuhan,baitNya Tuhan Sudahkah aku jadi rumah doa? Belum. Hari ini diminta pokok doa lagi dan aku diingatkan aku belum mendoakan pokok doa Yani minggu kemarin. Maaf ya Yan 🙏 Diingatkan untuk fokus berdoa bagi orang lain, gak hanya untuk kebutuhan diri sendiri.

Aplication
✔️ Berdoa buat Yani nanti malam dan direkam dengan VN.

Prayer
Tuhan, ampuni aku yang belum jadi rumah doaMu. Selama ini aku egois dan hanya mendoakan kebutuhan pribadi. Berikanku hati yang berbelas kasihan dan mau berdoa buat orang lain. Amin.

Mazmur 116

Scripture
Mazmur 116:7 (TB)  Kembalilah tenang, hai jiwaku, sebab TUHAN telah berbuat baik kepadamu.

Observation
Beberapa minggu ini aku memang gak tenang, banyak pikiran dan banyak kekuatiran, banyak hal terjadi di luar perkiraanku. Membaca ini dan memperkatakannya seperti mengingatkan diriku dan memberi kelegaan. Diingatkan untuk fokus pada apa yang diperbuat Tuhan bukan apa yang aku alami, rasakan dan kuperbuat.  Aku bisa tenang karena Tuhan.

Aplication
✔️ Perkatakan firman ini terus-menerus :
Kembalilah tenang, hai jiwaku, sebab TUHAN telah berbuat baik kepadamu.

Prayer
Tuhan, aku mau kembali tenang karena Tuhan telah berbuat baik kepadaku. Amin.

Palangka Raya, 16 November 2018
-Mega Menulis-

Thursday, November 15, 2018

Markus 10, Mazmur 115

Mazmur 115

Scripture
Mazmur 115:1 (TB)  Bukan kepada kami, ya TUHAN, bukan kepada kami, tetapi kepada nama-Mulah beri kemuliaan, oleh karena kasih-Mu, oleh karena setia-Mu!

Observation
Saat aku mendapatkan pujian atau melakukan sesuatu dengan baik, aku harus ingat kalau segala hormat dan kemuliaan adalah bagi Tuhan. Tuhan yang berkarya di dalamku dan melaluiku, jangan sampai aku mencuri kemuliaan Tuhan dengan bangga berlebihan, dengan merasa hebat,  dengan merasa kalau semua adalah pekerjaan tanganku. Gak boleh lupa kalau bahkan kemauan mengerjakannya pun dari Tuhan,bahkan kemampuan. Gak ada yang kumiliki yang bukan dari Tuhan.

Aplication
✔️  Bilang 'terima kasih'  sama Tuhan setiap menerima pujian. Hal yang simple tapi sering gagal kulakukan.

Prayer
Terima kasih Tuhan, buat segala hal baik yang aku lakukan, semua adalah karyaMu semata. Amin.

Markus 10

Scripture
Markus 10:3-5 (TB)  Tetapi jawab-Nya kepada mereka: "Apa perintah Musa kepada kamu?"
Jawab mereka: "Musa memberi izin untuk menceraikannya dengan membuat surat cerai." 
Lalu kata Yesus kepada mereka: "Justru karena ketegaran hatimulah maka Musa menuliskan perintah ini untuk kamu.

Observation
Membaca ayat di atas aku teringat ada kutipan seperti ini : Ada dua jenis orang. Pertama, orang yang berkata," Jadilah kehendakMu" dan orang yang kepadanya Tuhan berkata, "Kalau begitu, jadilah kehendakmu".
Setiap hari aku punya pilihan mau jadi orang yang bagaimana, apakah aku mau kehendak Tuhan yang terjadi dalam hidupku saat aku menaatiNya, atau aku memilih memberontak dari Tuhan dan gak menaatiNya sehingga Tuhan berkata, "Kalau begitu, jadilah kehendakmu".

Aplication
✔️  Aku mau memilih melakukan kehendak Tuhan sekalipun sulit. Aku belum bisa sabar terhadap Sara. Pagi tadi aku membentak Sara dan berteriak, aku sadar kalau Tuhan sedih melakukan itu dan apa yang aku lakukan. Aku mau belajar lebih mengendalikan diriku.

Prayer
Tuhan, betapa sulit melakukan yang menyenangkan hati Tuhan, sering kali aku menyerah dan gak bisa mengendalikan diriku. Tolong aku ya Tuhan, aku mau memilih melakukan kehendakMu dibanding kehendakku sendiri. Amin.

Palangka Raya, 15 November 2018
-Mega Menulis-

Markus 9, Mazmur 114

Markus 9

Scripture
Markus 9:24 (TB)  Segera ayah anak itu berteriak: "Aku percaya. Tolonglah aku yang tidak percaya ini!"
Markus 9:24 (BIMK)  Langsung ayah itu berteriak, "Tuhan, saya percaya, tetapi iman saya kurang. Tolonglah saya supaya lebih percaya lagi!"

Observation &  Aplication
Awalnya bingung melihat ayat ini dalam versi TB,  ayah anak itu berkata dia percaya tetap dia mengakui juga kalau dia tidak percaya. Melihat versi BIMK tambah bingung lagi, hahaha. Dikatakan dia percaya tetapi imannya kurang. Sebesar apa iman seseorang dikatakan cukup? Aku juga percaya sama Tuhan, tapi aku masih sering kuatir, bukankah kekuatiran menunjukkan kalau aku juga kurang percaya sama Tuhan. Aku juga sama seperti bapak ini, banyak kekuatiran akhir-akhir ini. Bapak di dalam ayat di atas mengakui dengan jujur apa yang dirasakannya sama Tuhan, dia gak ngaku percaya sepenuhnya, dia mengakui kalau dia kurang percaya. Aku juga harus jujur sama Tuhan, supaya aku sembuh. Mengakui kelemahanku supaya dalam kelemahanku kuasaNya sempurna.

Prayer
Tuhan, tolong ,betapa banyak kekuatiranku belakangan ini. Tolonglah aku yang tidak percaya ini. Amin.

Mazmur 114

No rhema

Palangka Raya, 14 November 2018
-Mega Menulis-

Wednesday, November 14, 2018

Markus 8, Mazmur 113

Markus 8

Scripture
Markus 8:28-29 (TB)  Jawab mereka: "Ada yang mengatakan: Yohanes Pembaptis, ada juga yang mengatakan: Elia, ada pula yang mengatakan: seorang dari para nabi."
Ia bertanya kepada mereka: "Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?" Maka jawab Petrus: "Engkau adalah Mesias!" 

Observation
Siapakah Yesus bagiku sebenarnya? Jawaban itu akan menentukan bagaimana aku bersikap dan memperlakukan Dia. Kalau bagiku, Yesus benar-benar Juruselamatku, apakah mungkin aku menganggap sepi kemurahan dan pengorbananNya, bukankah hidup yang kuhidupi sekarang adalah pemberianNya?

Aplication
✔️ Hidupku bukan milikku sendiri karena Yesus sebagai Juruselamatku telah menebusku, aku hidup seharusnya seturut kehendakNya, semakin menyerupai Dia.

Prayer
Ya Yesus, hidupku adalah milikMu Juruselamatku. Tolong aku untuk hidup sebagaimana Engkau hidup. Amin.

Mazmur 113

Scripture
Mazmur 113:3 (TB)  Dari terbitnya sampai kepada terbenamnya matahari terpujilah nama TUHAN.

Observation &  Aplication
Aku diingatkan supaya dari bangun melihat matahari sampai pada malam hari, supaya ada pujian kepada TUHAN di mulutku. Selama ini mulutku penuh pujian atau keluhan kepada TUHAN?

Prayer
Aku mau memujiMu ya Tuhan pada segala waktu puji-pujian kepadaMu biarlah tetap di mulutku. Amin.

Palangka Raya, 13 November 2018
-Mega Menulis-

Markus 7, Mazmur 112

Markus 7

Scripture
Markus 7:11 (TB)  Tetapi kamu berkata: Kalau seorang berkata kepada bapanya atau ibunya: Apa yang ada padaku, yang dapat digunakan untuk pemeliharaanmu, sudah digunakan untuk korban — yaitu persembahan kepada Allah —,

Observation
Ayat ini mengingatkanku akan hubunganku dan mamaku. Hubunganku dengan mamaku akhir-akhir ini kurang baik, kami gak sependapat dalam beberapa hal. Kalau sudah membahasnya, pasti ujung-ujungnya kami bertengkar. Baca ayat ini jadi mikir, selama ini aku beribadah pada Tuhan, tapi aku gak menghormati mamaku, berarti aku mengabaikan kehendak Tuhan dong. Walaupun aku gak setuju sama mamaku, bukan berarti aku bersikap seenaknya ke mama.

Aplication
✔️ Aku harus tetap berkata lembut dan hormat ke mama walaupun gak setuju. Tetap berespon dengan manis ke mama.

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk menaatiMu dengan tetap menaruh kasih dan hormat ke mama. Mampukanlah aku berespon dengan manis dan menaruh respect sekali pun ga setuju. Amin.

Scripture

Mazmur 112:3 (TB)  Harta dan kekayaan ada dalam rumahnya, kebajikannya tetap untuk selamanya.

Observation
Aku menyoroti kalimat kebajikannya tetap untuk selamanya. Selama ini banyak sekali berkat yang yang Tuhan berikan dan saat berdoa pun minta berkat dari Tuhan. Tapiiii ternyata saat kita diberi kesempatan untuk melakukan kebaikan pada orang lain pun adalah berkat Tuhan. Jadi bertanya-tanya:
Siapa yang Tuhan berkati melalui hidupku hari ini? Adakah?
Pernahkah aku berdoa supaya HARI INI yang kulakukan menjadi berkat bagi orang lain?

Aplication
✔️ Aku supaya Tuhan berikan kesempatan untuk melakukan kebaikan bagi orang lain dan aku gak melewatkan kesempatan tersebut.
✔️ Aku gak mau melewatkan hari ini tanpa melakukan kebaikan bagi orang lain.

Prayer
Tuhan, tunjukkanlah padaku hari ini orang yang memerlukan kebaikanMu dan dengan pertolonganMu aku akan menjadi perpanjangan tanganMu. Amin.

Palangka Raya, 12 November 2018
-Mega Menulis-

Monday, November 12, 2018

31 Days Of Gratitude : November 11st

11 November  2018

1. Bersyukur sudah bisa pindah ke rumah baru. Yay!  Walaupun banyak yang perlu dibereskan, tapi senang sekali bisa pindah ke rumah baru.
2. Bersyukur bisa nitipin anak-anak di tempat mamah, jadi aku dan Pa Sara bisa beres-beres rumah.
3. Bersyukur dapat blessing 1 set meja makan dari Mba Sinta dan Mas Pepen.
4. Dengar kabar sepupu suami meninggal. Sedih, karena pernah beberapa kali kontak di facebook dan ngobrol tapi bersyukur dia sudah terbebas dari sakitnya. Selamat jalan Lasma, sampai jumpa di kekekalan.

Palangka Raya, 11 November 2018
-Mega Menulis-

Sunday, November 11, 2018

Markus 6, Mazmur 111

Mazmur 111

Scripture
Mazmur 111:5 (TB)  Diberikan-Nya rezeki kepada orang-orang yang takut akan Dia. Ia ingat untuk selama-lamanya akan perjanjian-Nya.

Observation
Hidup takut akan Tuhan jadi pergumulan di dunia kerja, apalagi saat jadi PNS. Aku dulu bersyukur ditempatkan di bagian perencanaan karena godaan untuk mark up hampir gak ada, tapi ditu di kantorku yang dulu. Di kantor yang sekarang, sejak dana konsumsi rapat intern dihapuskan maka sudah biasa mengambil uang dari atk kegiatan dengan cara mark up dari ATK yang dibeli, aku gak mau melakukan itu. Dan pas juga, stafku juga gak mau melakukan itu (dia Muslim). Hari Jumat kemarin kami sepakat mempertanggungjawabkan keuangan sesuai ATK yang kami beli. Akhirnya aku pakai dana pribadi untuk konsumsi rapat. Rugi? Kalau dihitung iya. 

Hari ini Tuhan kasih kami berkat buat kami satu set meja makan melalui sepupuku yang ganti perabotan rumahnya, masih bagus. Aku teringat bagaimana hari Jumat kemarin aku mikir aku rugi. Gak ada kerugian saat takut sama Tuhan, Tuhan ingatkan aku itu hari ini.

Aplication
✔️  Aku mau hidup takut akan Tuhan dan gak hitung-hitungan sama Tuhan.

Prayer
Tuhan, ampuni aku karena sempat berpikir rugi kemarin. Terima kasih buat berkatMu hari ini, kami masuk rumah baru dan Tuhan beri hadiah buat kami melalui  Mba Sinta. Terima kasih Tuhan. Amin.

Markus 6

Scripture
Markus 6:20 (TB)  sebab Herodes segan akan Yohanes karena ia tahu, bahwa Yohanes adalah orang yang benar dan suci, jadi ia melindunginya. Tetapi apabila ia mendengarkan Yohanes, hatinya selalu terombang-ambing, namun ia merasa senang juga mendengarkan dia.

Observation
Yohanes disegani karena dia orang benar dan suci. Selama ini di kantor ada pejabat yang gak kami segani, karena gak punya integritas. Apa yang dikatakannya benar tetapi apa yang dilakukannya gak benar. Aku gak boleh seperti pejabat itu, tapi aku harus meneladani Yohanes, yang hidup benar.

Aplication
✔️ Aku mau meniru teladan Yohanes yang hidup benar sekalipun  orang lain memilih hidup tanpa integritas.

Prayer
Tuhan, tolong aku, mampukan aku untuk hidup dalam kebenaran dan kekudusan. Amin.

Palangka Raya, 11 November 2018
-Mega Menulis-

Saturday, November 10, 2018

Markus 5, Mazmur 110

Markus 5

Scripture
Markus 5:36 (TB)  Tetapi Yesus tidak menghiraukan perkataan mereka dan berkata kepada kepala rumah ibadat: "Jangan takut, percaya saja!"

Observation
Bagaimana mungkin kepala rumah ibadat itu gak takut, dia bergegas meninggalkan anaknya yang hampir mati untuk minta tolong Yesus supaya anaknya yang disembuhkan, tentu di benaknya dia banyak berpikir bagaimana kalau Yesus gak mau gimana, bagaimana kalau anaknya gak bisa disembuhkan, dll. Lalu tiba-tiba oang lain berkata, gak usah menyusahkan Yesus toh anakmu sudah mati. Lalu Yesus bilang, PERCAYA SAJA. Dan kepala rumah ibadat itu percaya, dia tetap membawa Yesus ke rumahnya. Padahal dia punya pilihan, bergegas pulang sendiri menemui jenasah anaknya atau membawa Yesus dan percaya padaNya. Kepala rumah Ibadat ini memilih percaya. Puji Tuhan.

Aplication
Gak peduli apa perkataan orang, aku harus tetap mempercayai Tuhan. Gak ada yang mustahil buat Tuhan. Dia sanggup melakukan apapun yang Dia mau. Manusia bilang gak mungkin, ya iya lah,  seberapa sih kemampuan manusia. Tapi kalau Tuhan bilang percaya ya percaya aja. Ambil langkah iman Meg!
Beranilah untuk percaya.

Prayer
Tuhan, aku sering lupa kalau Tuhan mau aku fokus sama Tuhan dan lebih mempercayai Tuhan dibandingkan perkataan orang lain. Ampuni aku Tuhan. Aku mau mempercayaiMu apapun yang terjadi. Tolonglah aku yang sering gak percaya ini Tuhan. Amin

Mazmur 110

Scripture
Mazmur 110:4 (TB)  TUHAN telah bersumpah, dan Ia tidak akan menyesal: "Engkau adalah imam untuk selama-lamanya, menurut Melkisedek."

Observation
Pasal ini ternyata bicara tentang Yesus yang menjadi imam kita untuk selama-lamanya menurut beberapa ayat yang paralel dengan ayat-ayat di pasal ini. Daud dipakai Tuhan untuk berbicara tentang Yesus yang bahkan gak hidup sezaman dengannya. Luar biasa! Kalau dipikir-pikir, Tuhan sanggup dan mau melakukan perkara-perkara luar biasa dalam hidup mereka yang hidupnya berkenan di hadapanNya.

Aplication
✔️  Aku percaya Tuhan mau melakukan perkara luar biasa dalam hidupku.
✔️ Aku mau hidup dalam ketaatan kepada Tuhan.

Prayer
Tuhan, ini aku, pakailah hidupku ya Tuhan  Amin.

Palangka Raya, 10 November 2018
-Mega Menulis-

Markus 4, Mazmur 109

Mazmur 109

Scripture
Mazmur 109:1 (TB)  Untuk pemimpin biduan. Mazmur Daud. Ya Allah pujianku, janganlah berdiam diri!

Observation
Doa Daud blak-blakan dan jujur, Daud  mengucapkan apa yang ada di hatinya ke Tuhan. Sebegitu intimnya Daud sehingga dia terbuka sama Tuhan. Apakah doaku sudah 'sebrutal'  Daud di hadapan Tuhan? Belum. Tuhan benar-benar jadi kekasih hati Daud tempat mencurahkan segala yang dirasakannya, keinginan-keinginannya pun gak tersembunyi di hadapan Tuhan. Dipikir-pikir ngapain juga mikir kalau doa sama Tuhan ya, kan Tuhan tahu semua yang kurasakan.

Aplication
✔️ Aku mau terbuka di hadapan Tuhan dengan apa yang aku rasakan.

Prayer
Tuhan, terkadang berat buatku membagikan apa yang yang aku rasakan pada Tuhan. Aku mau seperti Daud yang terbuka di hadapan Tuhan.Amin.

Markus 4

Scripture
Markus 4:33-34 (TB)  Dalam banyak perumpamaan yang semacam itu Ia memberitakan firman kepada mereka sesuai dengan pengertian mereka,
dan tanpa perumpamaan Ia tidak berkata-kata kepada mereka, tetapi kepada murid-murid-Nya Ia menguraikan segala sesuatu secara tersendiri.

Observation
Ada keistimewaan menjadi murid-murid Yesus,  Yesus membukakan dan mengajarkan lebih banyak kepada mereka dibandingkan kepada orang lain. Tapi menjadi murid memang berbeda dengan follower Yesus yang hanya sesekali mengikuti Yesus,  saat ajaran Yesus susah ditaati maka follower bisa pergi sesukanya. Menjadi murid berbeda, menjadi muris berarti bersedia mengiring Sang Guru dan melakukan apa yang diajarkanNya.

Aplication
✔️  Aku mau taat melakukan yang Tuhan mau sekalipun sulit atau pun berbeda dengan yang aku inginkan.

Prayer
Tuhan, berikanku hati seorang murid yang selalu mau diajar. Aku gak mau lagi mengeraskan hati saat Tuhan ingin aku melakukan sesuatu, aku mau taat ya Tuhanku. Amin.

Palangka Raya, 9 November 2018
-Mega Menulis-

Markus 3, Mazmur 108

Markus 3

Scripture
Markus 3:5-6 (TB)  Ia berdukacita karena kedegilan mereka dan dengan marah Ia memandang sekeliling-Nya kepada mereka lalu Ia berkata kepada orang itu: "Ulurkanlah tanganmu!" Dan ia mengulurkannya, maka sembuhlah tangannya itu.
Lalu keluarlah orang-orang Farisi dan segera bersekongkol dengan orang-orang Herodian untuk membunuh Dia.

Observation
Saat Tuhan menegurku, bagaimana resnponku? Menerima teguranNya atau seperti orang Farisi yang bukannya bertobat malahan marah dan merencanakan kejahatan? Saat Tuhan pakai orang di sekelilingku buat menegurku, aku gak selalu terima, ada momen di mana aku malah marah apalagi kalau yang menegurku orang yang sebenarnya aku kurang respek.

Aplication
✔️ Aku mau bilang 'terima kasih'  saat ditegur orang lain.

Prayer
Tuhan, Engkau tahu hatiku yang terdalam, yang gak kelihatan Tuhan tahu. Betapa aku kadang menolak teguran. Ampuni aku ya Tuhan, aku may berespon yang benar saat ditegur. Tolong aku ya Tuhan, lembutkanlah hatiku saat ditegur. Amin.

Mazmur 108

Scripture
Mazmur 108:13 (TB)  (108-14) Dengan Allah akan kita lakukan perbuatan-perbuatan gagah perkasa, sebab Ia sendiri akan menginjak-injak para lawan kita.

Observational
Dengan Allah kita lakukan perbuatan-perbuatan gagah perkasa. Artinya bersama Tuhan maka kita dapat melakukan perbuatan gagah perkasa itu. Aku gak bisa sendirian melakukannya. Di luar Tuhan, aku gak bisa berbuat apa-apa. Dia lah yang memampukanku melakukan perbuatan tersebut.

Aplication
✔️  Gak menyombongkan diri saat melakukan sesuatu dengan baik/sukses. Tetap mengingat kalau ini adalah karya Tuhan, di luar Dia aku gak bisa berbuat apa-apa.

Prayer
Tuhan, sungguh aku menyadari kalau di luar Tuhan aku gak bisa berbuat apa-apa. Tolonglah ya Tuhan, hancurkan kesombongan dalam diriku. Biarlah Tuhan yang semakin besar dalam hidupku. Amin.

Palangka Raya, 8 November 2018
-Mega Menulis-

Markus 2, Mazmur 107

Mazmur 107

Scripture
Mazmur 107:1 (TB)  Bersyukurlah kepada TUHAN, sebab Ia baik! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya.

Observation
Di pasal ini, ada berbagai orang dari latar belakang bermacam-macam dan mengalami banyak hal dalam hidupnya. Satu hal yang sama, saat mereka berseru kepada Tuhan maka mereka mengalami kasih setia TUHAN. Jadiiii.... Apapun yang aku alami sekarang, apapun yang aku rasakan, pergumulan apapun dalam hidupku,  saat aku berseru kepada Tuhan, Ia akan menjawabku dengan kasih setia-Nya.

Aplication
✔️ Aku mau berseru kepada Tuhan sampai Dia menjawabku. Saat-saat sekarang, aku capek rasanya, tapi aku mau berseru kepada Tuhan dan menanti-nantikan Dia yang akan menjawab seruanku.

Prayer
Tuhan, Engkau tahu pikiranku, bahkan isi hatiku yang terdalam.  Aku letih lesu dan berbeban berat, aku datang kepadaMu ya Tuhanku karena aku percaya Tuhan akan berikan kelegaan. Amin.

Markus 2

Scripture
Markus 2:18 (TB)  Pada suatu kali ketika murid-murid Yohanes dan orang-orang Farisi sedang berpuasa, datanglah orang-orang dan mengatakan kepada Yesus: "Mengapa murid-murid Yohanes dan murid-murid orang Farisi berpuasa, tetapi murid-murid-Mu tidak?"

Observation
Orang-orang bertanya-tanya dan membandingkan murid Yohanes, murid orang Farisi dan murid Yesus dalam hal berpuasa, tujuannya apa? Sekedar bertanya? Atau apa? Aku kadang melakukan hal yang sama, membandingkan hidupku dengan hidup orang lain. Hari ini aku diingatkan akan hal itu, apa tujuanku melakukannya? Kalau yang mendengarnya gak beroleh berkat, buat apa aku melakukannya. Gak perlu! Kalau hanya membuatku merasa iri, aku harus berhenti melakukannya.

Aplication
✔️  Aku harus berhenti membandingkan orang lain emtah dengan hidupku ataupun orang lain.

Prayer
Tuhan, inilah hidupku. Aku gak mau membandingkannya dengan orang lain karena aku percaya hidupku luar biaaa di tangan. Amin.

Palangka Raya, 7 November 2018
-Mega Menulis-

Thursday, November 8, 2018

31 Days Of Gratitude : November 7th

7 November  2018

1. Bersyukur ada mama dan Oka yang jagain Sra dan Sofia hari ini.
2. Bersyukur hari beli saham dengan harga rendah di pagi hari dan sorenya dah naik harganya.
3. Bersyukur malam dibelikan Nyoklat dan mi goreng sama Ruri.
4. Bersyukur bisa lihat rumah baru sama Fani dan makan siang bareng keluarga Fani.
5. Bersyukur mama dapat daging buat acara kebaktian minggu depan dari Mbak Sinta.
6. Bersyukur hari ini bisa ngobrol asyik di Grup C.
7. Bersyukur walaupun anak-anak tidur tinggi malam tapi ga ada drama nangis-nangis.
8.Bersyukur bisa menahan emosi di kantor hari ini.

Palangka Raya, 7 November 2018
-Mega Menulis-

Tuesday, November 6, 2018

31 Days Of Gratitude : November 2nd

1. Bersyukur anak-anak gak terlalu rewel sekalipun listrik mati dan kamar jadi panas.
2.Bersyukur punya lampu emergency dan kipas angin portable. Bersyukur lampu emergency dan kipas angin kecil sudah dicharge jadi sempat makai.
3. Bersyukur malam aku matikan HP jadi pagi gak mati.
4. Bersyukur di kantor menyalakan genset jadi aku bisa ngecharge lampu emergency, kipas angin dan hp.
5. Bersyukur di rumah  sempat hidup sebentar listrik, sempat masak nasi dan ngisi air.
6. Bersyukur genset di rumah gak rusak meskipun lama gak dipakai, memang butuh waktu lama menghidupkannya tapi bersyukur sekali masih bisa dipakai.

Palangka Raya, 2 November 2018
-Mega Menulis-

31 Days Of Gratitude : November 6th



1. Bersyukur Ruri adekku dan Nia adik iparku tetap sukacita walaupun gak lulus  tes CPNSnya hari ini. Aku percaya Tuhan punya rencana lain.
2. Bersyukur buku Aku Ingin Tahu Mengapa sudah datang, bersyukur dapat beli secondnya dengan harga miring banget.
3.  Bersyukur anak-anak dijagain Eyang dan tante-tantenya selama papanya keluar kota.
4. Bersyukur Papa Sara selamat sampai ke tempat tujuan.
5. Bersyukur dah tentukan ayat hapalan untuk grup C.

Palangka Raya, 6 November 2018
-Mega Menulis-

Markus 1, Mazmur 106

Markus 1

Scripture
Markus 1:41 (TB)  Maka tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan, lalu Ia mengulurkan tangan-Nya, menjamah orang itu dan berkata kepadanya: "Aku mau, jadilah engkau tahir."

Observation
Yesus punya hati yang berbelas kasihan dan itu menggerakkan Dia. Yesus melakukan sesuatu! Yesus gak cuma bilang kasihan lalu diam. Yesus berbuat! Jadi, seperti Yesus aku harus mulai bertindak dan melakukan sesuatu, sekecil apapun itu, hal yang kuanggap gak ada artinya bisa jadi sangat berarti bagi orang lain. Belas kasihan sejati seharusnya melahirkan tindakan bukan hanya keprihatinan.

Aplication
✔️ Saat Tuhan menggerakkan hatiku melakukan sesuatu, aku harus segera lakukan, jangan menunda-nunda, jangan beralasan, jangan pernah merasa itu gak berarti.

Prayer
Tuhan, ampuni aku kalau selama ini mengabaikan yang membutuhkanku. Aku mau melakukan yang aku bisa sekuat tenaga dengan pertolonganMu. Biarlah belas kasihan yang dari Tuhan menggerakkanku melakukan sesuatu. Amin

Mazmur 106

Scripture
Mazmur 106:7 (TB)  Nenek moyang kami di Mesir tidak mengerti perbuatan-perbuatan-Mu yang ajaib, tidak ingat besarnya kasih setia-Mu, tetapi mereka memberontak terhadap Yang Mahatinggi di tepi Laut Teberau.

Observation
Tidak mengerti.
Tuhan sudah melakukan perbuatan-perbuatan (banyak sekali ini, gak cuma sekali) ajaib tapi karena tidak mengerti nenek moyang orang Israel jadi memberontak. Mengerikan sekali! Saat Tuhan melakukan perbuatan ajaib dalam hidupku, ternyata Tuhan punya maksud, ada rencana Tuhan. Bukan sekedar untukku dan untukku. Aku perlu mengerti. Saat aku gak mengerti, aku harus bertanya sama Tuhan.

Aplication
✔️ Saat Tuhan melakukan keajaiban dalam hidupku, aku bertanya sama Tuhan apa rencanaNya dan aku hidup dalam rencanaNya.

Prayer
Tuhan, sering kali aku gak mengerti jalanMu. Berikanlah aku pengertian ya Tuhan. Berikanlah aku hikmat yang dari Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 6 November 2018
-Mega Menulis-

Monday, November 5, 2018

Yesaya 66, Mazmur 105

Yesaya 66

Scripture
Yesaya 66:4 (TB)  demikianlah Aku lebih menyukai memperlakukan mereka dengan sewenang-wenang dan mendatangkan kepada mereka apa yang ditakutkan mereka; oleh karena apabila Aku memanggil, tidak ada yang menjawab, apabila Aku berbicara, mereka tidak mendengarkan, tetapi mereka melakukan yang jahat di mata-Ku dan lebih menyukai apa yang tidak Kukehendaki.

Observation &  Aplication
Tuhan memanggil ➡️Gak dijawab
Tuhan bicara ➡️ Tidak didengarkan
Kehendak Tuhan ➡️ Tidak disukai malahan melakukan yang jahat
Aku gak boleh melakukan ini 👆
Semua yang ada padaku milik Tuhan dan untuk kemuliaanNya, telingaku mendengarkan suaranya,  mulutku menjawab panggilanNya dan menceritakan perbuatan tanganNya, kakiku melangkah dalam kehendakNya, hatiku tertuju padaNya, dan melakukan kehendakNya adalah sukacitaku.

Prayer
Tuhan, aku mau melakukan kehendakMu dan bersukacita di dalamnya. Aku mau menyukai apa yang Kau kehendaki ya Tuhan. Amin.

Mazmur 105

Scripture
Mazmur 105:5 (TB)  Ingatlah perbuatan-perbuatan ajaib yang dilakukan-Nya, mujizat-mujizat-Nya dan penghukuman-penghukuman yang diucapkan-Nya,

Observation
Mengingat!
Penting sekali buat kita untuk mengingat-ingat perbuatan Tuhan supaya:
- Aku bersyukur, karena ternyata begitu banyak yang telah Tuhan perbuat dalam hidupku dari dulu sampai sekarang.
- Aku memiliki pengharapan, karena Allah yang mengerjakan hal ajaib dalam hidupku di masa lalu adalah Allah yang gak pernah berubah.
- Hidup dalam kekudusan, karena ada akibat dari dosa yang telah aku perbuat dan Tuhan ingin aku hidup dalam kekudusan.

Aplication
✔️  Aku menuliskan di blog apa yang yang Tuhan kerjakan dalam hidupku, supaya saat aku melupakannya, aku bisa membacanya lagi dan mengingatnya lagi.
✔️ Aku menceritakan perbuatan Tuhan dalam hidupku kepada orang lain karena seringkali Tuhan pakai mereka untuk mengingatkan lagi perbuatan Tuhan padaku.

Prayer
Tuhan, aku mau mengingat perbuatan tanganMu supaya aku mensyukurinya, hidup dalam kekudusan dan terus menaruh pengharapan di dalam Tuhan. Kiranya Tuhan yang kuatkan memoriku. Amin.

Palangka Raya, 5 November 2018
-Mega Menulis-

Yesaya 65, Mazmur 104

Mazmur 104

Scripture
Mazmur 104:34 (TB)  Biarlah renunganku manis kedengaran kepada-Nya! Aku hendak bersukacita karena TUHAN.

Observation
Apakah renunganku manis didengar Tuhan seperti pemazmur di ayat ini? Apa isi renunganku? Keluhankah? ATAU ucapan syukurkah? Kekaguman atas kebaikan Tuhan atau komplain karena Tuhan belum menjawab doa?

Aku teringat suatu momen di persekutuan doa kampus dan kami saling menyebutkan pokok doa masing-masing untuk didoakan,  umumnya berisi pergumulan masing-masing. Lalu seorang teman bilang, aku kali ini gak mau minta-minta ah, aku mau bersyukur aja. Momen itu masih kuingat sampai sekarang.

Aplication
✔️  Aku mau punya kesadaran untuk terus melakukan yang menyenangkan Tuhan
✔️ Aku mau tekun menulis gratitute journal, mengambil waktu merenungkan kebaikan Tuhan

Prayer
Tuhan, aku mau membuat Tuhan tersenyim. Biarlah renunganku manis Kau dengar. Amin.

Yesaya 65

Scripture
Yesaya 65:2 (TB)  Sepanjang hari Aku telah mengulurkan tangan-Ku kepada suku bangsa yang memberontak, yang menempuh jalan yang tidak baik dan mengikuti rancangannya sendiri;

Observation
Inisiatif untuk menawarkan kasih dan pengampunan datangnya dari Tuhan. Tuhan sudah memberikan teladan tersebut. Aku pun harus mengikuti teladanNya. Kalau kesal dengan suami, sulit buatku mengampuni atau langsung bersikap manis. Aku menghukum suami dengan ngambek dan diam. Gak boleh gitu lagi. Ingat teladan Tuhan yang sekalipun dikecewakan tetap mengasihi bahkan mengulurkan tanganNya.

Aplication
✔️  Aku mau bersikap manis sekalipun dikecewakan.

Prayer
Tuhan, terima kasih karena Tuhan memberikan teladan untuk mengampuni dan mengasihi. Gak ada alasan buatku gak mengasihi mereka yang menyakitiku karena Tuhan telah melakukannya bagiku. Amin.

Palangka Raya, 4 November 2018
-Mega Menulis-

Saturday, November 3, 2018

Yesaya 64, Mazmur 103

Yesaya 64

Scripture
Yesaya 64:6 (TB)  Demikianlah kami sekalian seperti seorang najis dan segala kesalehan kami seperti kain kotor; kami sekalian menjadi layu seperti daun dan kami lenyap oleh kejahatan kami seperti daun dilenyapkan oleh angin.

Observation
Kenapa "kesalehan seseorang dikatakan seperti kain kotor"? Allah adalah Allah yang melihat hati, Dia mampu melihat yang gak terlihat, isi hati kia yang terdalam Dia tahu, motivasi mengerjakan segala sesuatu pun Dia tahu. Aku bisa saja melakukan sesuatu yang saleh tapi sikap hatiku gak benar, aku melakukannya supaya dilihat orang lain, kadang aku melakukannya karena menginginkan sesuatu dari Tuhan, dll.

Di kantor aku kesal dengan orang-orang yang membuat SPPD fiktif, tapi sesungguhnya aku kesal bukan karena itu dosa tapi karena mereka mendapatkan lebih banyak dari aku yang sppdnya riil. Aku ternyata membenci dosa saat itu membawa keuntungan bagi orang lain. Duh  😩

Aplication
✔️  Aku mau melakukan hal yang benar dengan motivasi yang benar juga.
✔️  Sebelum melakukan sesuatu, tanya diri sendiri:apakah motivasiku yang terdalam, memuliakan Tuhan atau diriku sendiri.

Prayer
Tuhan, ampuni aku karena aku sering melakukan hal yang baik hanya karena karena dilihat manusia. Tuhan yang tahu isi hatiku terdalam. Terima kasih Tuhan karena sudah menunjukkan ini, aku mau berobat. Amin.

Mazmur 103

Scripture
Mazmur 103:1-2 (TB)  Dari Daud. Pujilah TUHAN, hai jiwaku! Pujilah nama-Nya yang kudus, hai segenap batinku!
Pujilah TUHAN, hai jiwaku, dan janganlah lupakan segala kebaikan-Nya!

Observation
Daud mengingatkan dirinya sendiri untuk memuji Tuhan. Aku juga perlu mengingatkan diriku sendiri,  apalagi di masa ini yang katanya listrik bisa mati sampai 4 hari. Sepanjang hari ini, biarlah ayat ini aku perkatakan juga ke diriku sendiri supaya aku tetap memuji Tuhan dan gak mengeluh terus.

Aplication
✔️  Aku mau perkatakan ayat ini ke diriku sendiri sepanjang hari ini.

Prayer
Tuhan, mampukanlah aku melihat kebaikanMu sepanjang hari ini,  aku hendak memuji TUHAN pada segala waktu, pujian kepadaMu tetap di dalam mulutku sepanjang hari ini. Amin.

Palangka Raya, 3 November 2018
-Mega Menulis-

Friday, November 2, 2018

Yesaya 63, Mazmur 102

Mazmur 102

Scripture
Mazmur 102:5 (TB)  (102-6) Oleh sebab keluhanku yang nyaring, aku tinggal tulang-belulang.

Observation
Dari semalam pengen mengeluh terus rasanya. Listrik mati dari jam 12 malam dan sampai sekarang sempat hidup bentar doang. Tower listrik roboh dan mengakibatkan listrik mati, se-Palangka Raya. Baca ayat ini jadi ketampar-tampar, keluhan nyaring bikin tinggal tubuh jadi tulang-belulang. Stop mengeluh Meg! Banyak hal bisa disyukuri sekalipun listrik mati.

Aplication
✔️ Aku memilih bersyukur dibandingkan mengeluh,sekalipun listrik mati.
- Bersyukur anak-anak gak terlalu rewel sekalipun listrik mati dan kamar jadi panas.
- Bersyukur punya lampu emergency dan kipas angin portable.
- Bersyukur lampu emergency dan kipas angin kecil sudah dicharge jadi sempat makai.
- Bersyukur malam aku matikan HP jadi pagi gak mati.
- Bersyukur di kantor menyalakan genset jadi aku bisa ngecharge lampu emergency, kipas angin dan hp.
- Bersyukur di rumah  sempat hidup sebentar listrik, sempat masak nasi dan ngisi air.

Prayer
Tuhan, ampuni aku karena sering memilih mengeluh padahal aku bisa memilih bersyukur. Aku memilih bersyukur ya Tuhan. Amin.

Yesaya 63

Scripture
Yesaya 63:7 (TB)  Aku hendak menyebut-nyebut perbuatan kasih setia TUHAN, perbuatan TUHAN yang masyhur, sesuai dengan segala yang dilakukan TUHAN kepada kita, dan kebajikan yang besar kepada kaum Israel yang dilakukan-Nya kepada mereka sesuai dengan kasih sayang-Nya dan sesuai dengan kasih setia-Nya yang besar.

Observation &  Aplication
Aku perlu menyebut-nyebut kasih setia Tuhan tentang :
- yang diperbuatNya kepadaku.
- yang dilakukanNya kepada orang lain.
Caranya :
- Sharing rhema teman (dengan seizinnya)  yang sekiranya dapat memberkati orang lain.
- Tetap posting rhema dan Gratitude Journal di blog.
Terkadang aku sering menunda-nunda, lalu akhirnya lupa mau share.

Prayer
Tuhan, aku mau menceritakan kebaikanMu bagi bangsa-bangsa. Jangan biarkan aku menyimpannyanya bagi diri sendiri ya Tuhan, aku mau membagikannya. Ingatkan aku ya Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 2 November 2018
-Mega Menulis-

31 Days Of Gratitude : November 1st

1 November  2018

1. Bersyukur suami kasih banyak waktu istirahat selama aku haid ini. Jadi semalaman dapat waktu istirahat lumayan.
2. Bersyukur semalaman matikan HP jadi bisa banyak istirahat.
3. Bersyukur hari ini gajian, walaupun langsung kepotong kredit,hahaha.
4. Bersyukur Sara makan banyak di tempat mamah.

Palangka Raya, 1 November 2018
-Mega Menulis-

Thursday, November 1, 2018

Yesaya 62, Mazmur 101

Yesaya 62

Scripture
Yesaya 62:5 (TB)  Sebab seperti seorang muda belia menjadi suami seorang anak dara, demikianlah Dia yang membangun engkau akan menjadi suamimu, dan seperti girang hatinya seorang mempelai melihat pengantin perempuan, demikianlah Allahmu akan girang hati atasmu.

Observation
Jadi teringat sewaktu mau pemberkatan dulu di Gereja sama suami, gimana suami memandang dengan tatapan penuh cinta (tsah....),  senang karena akhirnya kami bisa satu dalam pernikahan kudus. Mengingat perjuangan kami gak mudah, LDR bertahun-tahun, ketemu cuma beberapa kali setahun,  gak direstui orang tuanya awalnya. Ekspresi suamiku sampai sekarang masih aku ingat. Membayangkan Tuhan bergirang atasku nanti, aku gak bisa membayangkan lagi, pastinya berlipat lagi sukacitanya.  Sampai hari itu tiba, aku mau mempersiapkan diri menjadi mempelai yang kudus dan cantik di mata Allah.

Aplication
✔️  Allah akan menjadi mempelai priaku suatu hari nanti, aku harus mempercantik rohku dan hidup tak bercela , setiap hari berusaha melakukan yang benar, kudus dan gak bercela di hadapanNya.

Prayer
Ya Allahku, kerinduanku menjadi mempelai yang cantik, kudus dan tak bercela di hadapanMu supaya Engkau bergirang atasku. Amin.

Mazmur 101

Scripture
Mazmur 101:2 (TB)  Aku hendak memperhatikan hidup yang tidak bercela: Bilakah Engkau datang kepadaku? Aku hendak hidup dalam ketulusan hatiku di dalam rumahku.

Observation
Masih nyambung dengan rhema di Yesaya 62, aku diingatkan untuk hidup gak bercela bagi Tuhan. Dan hidup gak bercela kaitannya dengan ketulusan hati,karena apa yang keluar meluap dari hati. Kalau aku hidup gak benar di hadapan Tuhan, itu karena hatiku gak benar. Cek dan ricek hati setiap harin dan menjaga hati dengan segala kewaspadaan karena hidupku ditentukan oleh apa yang ada di hatiku.

Aplication
✔️ Menjaga hati. Kalau ada yang gak beres di hati segera dibereskan.
✔️ Terus isi hati dan pikiran dengan confessions firman supaya ga ada pikiran negatif.

Prayer
Tuhan, tolong aku menjaga hatiku Tuhan. Aku mau menjaga hatiku karena aku tahu apa yang ada dalam hatiku akan menentukan tindakanku. Amin.

Palangka Raya, 1 November 2018
-Mega Menulis-

Yesaya 61

Scripture
Yesaya 61:1 (TB)  Roh Tuhan ALLAH ada padaku, oleh karena TUHAN telah mengurapi aku; Ia telah mengutus aku untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang sengsara, dan merawat orang-orang yang remuk hati, untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan kepada orang-orang yang terkurung kelepasan dari penjara,

Observation
Bagaimana denganku, adakah roh Tuhan padaku? Kalau iya, sudahkah aku menyampaikan kabar baik bagi orang lain?Kabar baik bicara tentang Injil keselamatan yang dari Kristus. Nah, bagaimana orang tertarik mendengar kabar tentang Kristus kalau hidupku gak 'menarik'  bagi mereka.

Aplication
- Aku harus hidup sebagaimana Kristus hidup sehingga orang lain tertarik mendengar Kristus, saat itulah Injil leluasa diberitakan.
- Aku ingat kutipan John C. Maxwell bahwa Orang tidak peduli seberapa banyak yang kamu ketahui, sampai mereka tahu seberapa besar kamu peduli. Aku harus belajar menunjukkan kepedulian terhadap mereka yang gak kenal Kristus.

Prayer
Tuhan, aku mau belajar peduli kepada orang lain dan mengasihi mereka seperti Tuhan memgasihi. Biarlah melalui hal itu mereka melihat Kristus yang hidup di dalamku. Amin.

Palangka Raya, 31 Oktober 2018
-Mega Menulis-

31 Days Of Gratitude : October 31st

31 Oktober 2018

1. Bersyukur semua grup C sudah setor ayat hapalan Oktober.
2. Bersyukur walaupun Febi dah out dari grup tapi masih akuntabilitas dengan share rhema secara pribadi.
3. Bersyukur bisa selesaikan perwabkeu rapat penyusunan anggaran walaupun jadwal dicancel beberapa kali.
4. Bersyukur selama haid ini suami banyak ambil alih kerjaan rumah tangga.
5. Bersyukur Sara malam mau makan setelah seharian gak makan.

6. Bersyukur dapat diskon susu murah di Hypermart, Oka dan Fani mau belikan dulu. Yay! 

7. Bersyukur bisa blessing mama. Bersyukur bisa nitip anak-anak di rumah mama selama siang. 

Palangka Raya, 31 Oktober 2018
-Mega Menulis-

1 Samuel 17-18

1 Samuel 17 Scripture        1 Samuel 17:15, 37 (TB)  Tetapi Daud selalu pulang dari pada Saul untuk menggembalakan domba ayahnya di Bet...