.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Saturday, December 29, 2018

Amsal 29

Amsal 29

Scripture
Amsal 29:17 (TB)  Didiklah anakmu, maka ia akan memberikan ketenteraman kepadamu, dan mendatangkan sukacita kepadamu.

Observation
Dah beberapa malam setiap sebelum tidur aku bacain Sara dan Sofia Amsal sesuai tanggal hari itu. Gak tahu sih mereka ngerti apa gak, tapi aku ingatin diriku sendiri kalau aku sedang bicara sama roh mereka dan aku mau tanam benih firman ke mereka. Eh, tadi tahu-tahu aku belum mulai baca tahu-tahu Sara bilang, "Baca mamah",  aku tanya baca apa dan dian nyanyi lagu Baca Kitab Suci Doa Tiap Hari. Emang dia baru dengar lagu itu kami donlot lagu SHM. Aku geli banget dengarnya dan senang dengan responnya. Makin semangat bacain Amsal.

Aplication
✔️ Aku mau konsisten bacakan Amsal buat bocah-bocah setiap malam sebelum tidur.

Prayer
Tuhan, aku sering ga tahu bagaimana harus mendidik anakku tapi aku mau terus tanam benih firman Tuhan supaya FirmanMu yang mendidik mereka dalam kebenaran. Amin.

Palangka Raya, 29 Desember 2018
-Mega Menulis-

Friday, December 28, 2018

Wahyu 19

Wahyu 19

Scripture
Wahyu 19:4-5 (TB)  Dan kedua puluh empat tua-tua dan keempat makhluk itu tersungkur dan menyembah Allah yang duduk di atas takhta itu, dan mereka berkata: "Amin, Haleluya."
Maka kedengaranlah suatu suara dari takhta itu: "Pujilah Allah kita, hai kamu semua hamba-Nya, kamu yang takut akan Dia, baik kecil maupun besar!"

Observation
Seharian ini aku baru baca Wahyu sekarang dan bocah-bocah belum tidur, aku baca lantang jadinya. Pas baca bagian ini, Sara tiba-tiba terus mengulang perkataan : Haleluya. Haleluya. Haleluya. Begitu terus sepanjang pembacaan Wahyu ini. Aku yakin dia belum mengerti ada artinya. Lalu aku menyanyi Haleluya 12x dan Sara diam asyik mendengarkan. Lalu aku menyanyikan lagi lagu Haleluya Puji Tuhan, eh Sara coba mengikuti lagu itu. Berasa jadinya Sara ikut memuji Tuhan seperti di ayat ini, yang kecil pun memuji Tuhan. Wow!

Aplication
✔️  Aku gak boleh melewatkan kesempatan memuji TUHAN bersama-sama anak-anakku.

Prayer
Tuhan, seisi rumah kami mau memuji Engkau di setiap kesempatan, biarlah pujian kami manis Kau dengar. Amin.

Palangka Raya, 28 Desember 2018
-Mega Menulis-

Wahyu 18

Wahyu 18

Scripture
Wahyu 18:4 (TB)  Lalu aku mendengar suara lain dari sorga berkata: "Pergilah kamu, hai umat-Ku, pergilah dari padanya supaya kamu jangan mengambil bagian dalam dosa-dosanya, dan supaya kamu jangan turut ditimpa malapetaka-malapetakanya.

Observation
Jangan mengambil bagian dalam dosa-dosa supaya aku gak turut ditimpa malapetaka-malapetakanya. Supaya aku gak ikut berbuat dosa,jangan mengambil bagian dalam dosa. Kalau sudah tahu dosa, jangan mendekat, jauhi Meg! Kalau tahu kamu rentan dengan dosa tertentu! Jauhi! Jangan membawa diri ke dalam pencobaan.

Aplication
✔️ Aku susah mengendalikan nafsu makanku akhir-akhir ini, apalagi dengan banyaknya makanan di rumah, fiuh... Selama ini toples-toples kue selalu terlihat mata,jadi mulai aku simpan di lemari.

Prayer
Tuhan, tolonglah aku mengendalikan nafsu makanku dan menjauhi apa yang membuatku jatuh dalam dosa kerakusan. Amin.

Palangka Raya, 27 Desember 2018
-Mega Menulis-

Wahyu 17

Wahyu 17

Scripture
Wahyu 17:14 (TB)  Mereka akan berperang melawan Anak Domba. Tetapi Anak Domba akan mengalahkan mereka, karena Ia adalah Tuan di atas segala tuan dan Raja di atas segala raja. Mereka bersama-sama dengan Dia juga akan menang, yaitu mereka yang terpanggil, yang telah dipilih dan yang setia."

Observation
Kitab Wahyu penuh dengan nubuatan dan simbol-simbol yang gak kumengerti. Bener-bener deh gak terbayangkan, kalau tiba saatnya tergenapi nanti gak tahu harus bagaimana. Tapi ayat ini memberikan kekuatan buatku pribadi: Aku telah terpanggil dan dipilih Tuhan, aku akan menang saat aku tetap setia.

Aplication
✔️ Setia mengikuti Tuhan dan firmanNya dan meraih kemenangan dalam pergumulan sehari-hari :
- bersabar dengan anak-anak
- menahan lidah saat emosi dengan suami
- mengendalikan nafsu makan

Prayer
Tuhan, mampukanlah aku tetap setia dan bersenjatakan firman Tuhan menghadapi pergumulanku sehari-hari. Amin.

Palangka Raya, 26 Desember 2018
-Mega Menulis-

Wahyu 16

Wahyu 16

Scripture
Wahyu 16:7 (TB)  Dan aku mendengar mezbah itu berkata: "Ya Tuhan, Allah, Yang Mahakuasa, benar dan adil segala penghakiman-Mu."

Observation
Sebenarnya hari ini baru dengar kabar yang gak enak dan mikir, "Kok ga adil banget ya?". Lalu pas baca ayat di atas diingatkan emang kalau yang adil emang cuma Tuhan. Susah mencari keadilan di dunia karena kehidupan emang gak dirancang adil, hanya Tuhan yang adil.

Aplication
✔️ Meg. Ingat selalu kalau kehidupan gak dirancang untuk adil, kehidupan adalah serangkaian kesempatan untuk memuliakan Tuhan. Saat ku diperlakukan gak adil, tetaplah memuiakan Tuhan.

Prayer.
Tuhan, hanya Engkau yang adil. Aku bersyukur karena keadilan-Mu. Amin.

Baca lantang Mazmur 131 3x. Done.

Palangka Raya, 25 Desember 2018
-Mega Menulis-

Wednesday, December 26, 2018

PR BRG Tahun 2018

Berkat-berkat Tuhan Sepanjang Tahun 2018
1. Di tanggal 1 Januari 2018 sempat flek, pagi-pagi langsung ke UGD takut terjadi apa-apa dengan kehamilanku, lalu ke praktek dokter untuk USG. Puji Tuhan, si dedek sehat, hanya harus bed rest karena kecapean makanya flek. Tuhan sungguh baik.
2. Bisa periksa kehamilan di Banjarmasin dan akhirnya usg 4 dimensi. Si dedek kelihatan jelas sedang ngenyot tangan, so lovely. Walaupun ternyata gak bisa operasi miom sekaligus SC di Banjarmasin karena beresiko, bersyukur sekali Tuhan jagai selama perjalanan di mobil 4 jam sekali berangkat. Jalannya gak nyaman buat kehamilanku, tapi aku kuat karena kebaikanNya.
3. Lama menunggu SK pindah ke Palangka Raya, akhirnya beberapa minggu sebelum lahiran,  SK yang dinanti keluar. Setelah hampir setengah tahun. Proses perpindahan gaji lancar.God's timing always perfect. Beberapa minggu masuk kantor terus cuti lahiran 3 bulan.
4. Bersyukur untuk kelahiran Sofia Margaret Sibuea di bulan April. Sedih begitu lahir dia harus diinfus dan beberapa kali diambil darahnya. Sempat kuning dan harus disinar 24 jam. Sampai akhirnya boleh pulang. Tuhan sungguh menjaga Sofia. Berasa naik turun iman selama proses penyembuhan Sofia, bersyukur Tuhan beri kesehatan sempurna.
5. Bersyukur  Papa Sara dapat pekerjaan di Palangka Raya. Jawaban doa banget. Bersyukur karena kami bisa bagi waktu dengan jaga anak-anak.
6. Bersyukur selama belum dapat rumah di Palangka Raya bisa tinggal di rumah mama, banyak yang bantuin jaga anak-anak. Bersyukur juga sempat pindah di kos dekat kantor. Bisa cepat pulang saat jam istirahat dan ngurus bocah. Selama belum dapat rumah Tuhan anugerahi tempat yang baik sesuai keperluan kami.
7. Beberapa kali gagal dapat rumah yang kami inginkan bahkan hampir ditipu tapi akhirnya kami dapat rumah terbaik dari Tuhan. Sesuai doa kami, lokasinya dekat kantor jadi aku bisa pulang setiap istirahat. Lagipula harganya paling murah dibanding beberapa rumah yang sudah kami lihat. Emang rumah second tapi kami sangat bersyukur. Gak terbayangkan dengan harga segitu dapat rumah dengan dua kamar, ruang tamu, ruang keluarga, dapur, pagar pulak. Tuhan bener-bener beri melebihi yang kami minta dan doakan.
8. Bersyukur buat pergumulan selama jadi mom of 2 sepanjang tahun 2018 ini. Akhirnya memutuskan melepaskan beberapa tanggung jawab yang pernah diambil dan fokus ke beberapa hal saja. Belajar mengatur prioritas dan fokus supaya bisa maksimal dalam kesempatan yang Tuhan beri. Belajar berhikmat menentukan prioritas.
9. Bersyukur buat kesempatan jadi PIC BRG, bisa belajar memperhatikan orang lain. Bersyukur buat beberapa challenge di BRG yang bener-bener memberikan kesempatan bertumbuh, challenge menghapal ayat, membuat gratitude journal, blessing suami. Bersyukur ada di komunitas ini.
10. Tahun ini ngerasain beberapa kali nginap di RS karena Sara sakit dua kali malahan. Belum lagi di rumah Sara dan Sofia berkali-kali sakit. Duh, rasanya gak berdaya kalau anak dah sakit. Benar-benar belajar mengandalkan Tuhan saja kalau dah gini. Berasa bener kalau kesehatan anak-anak adalah hal yang harus disyukuri.
11. Bersyukur buat kesempatan mertua datang ke rumah kami tahun ini. Beberapa minggu mereka di Palangka Raya.
12. Bersyukur tahun ini adikku Adi menikah dengan Nia, adek bungsuku Ruri mulai bekerja tahun ini.
14. Bersyukur buat kesehatan mamah dan mertua sepanjang tahun 2018 ini. Gak terbayangkan kalau orang tua sakit. Puji Tuhan mereka masih diberikan umur panjang dan kesehatan yang baik.
15. Bersyukur mulai tahun ini bisa mulai belajar nabung saham.
Karakter apa yang paling bertumbuh tahun ini
Kemenangan dalam area apa yang dirasakan :
1. Bisa mengalahkan pikiran gak bisa saat ada tantangan menghapal ayat. Ternyata Tuhan mampukan buat terus tekun. Seringkali ada pikiran, ngapain sih ngapalin ayat. Puji Tuhan berhasil kalahkan pikiran itu.
2. Bersyukur. Menulis Gratitude Journal melatih diri jadi lebih mampu fokus ke berkat Tuhan dibandingkan melihat masalah. Begitu banyak berkatNya saat aku berusaha mencarinya.
Firtu untuk 2019
Filipi 4:8 (TB)  Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu.
Tiga Goal di Tahun 2019:
1. Aku gak pernah berani punya goal nurunin berat badan, hahaha. Tahu banget daging lemah dan pengendalian nafsu makan hal yang sulit. Tapi tahun depan aku memberanikan diri, pengen BB paling gak 65 kg aja (yes, sekarang dah sampe 70 lebih, hiks).  Tapi aku mau belajar punya kontrol sama mulutku.
2. Aku mau mulai (lagi) nabung untuk biaya pendidikan anak-anakku setiap bulannya minimal 300 ribu. Sebelumnya udah punya reksadana untuk biaya pendidikan, tapi terpakai selama proses pindah di Palangka Raya.
3. Tahun kemarin mulai menertibkan diri dan punya target baca buku setiap bulan dengan jumlah sekian buku tapi gagal. Harus sediakan waktu untuk baca buku tahun depan. Setiap bulan aku mau baca minimal 1 buku.
Palangka Raya, 26 Desember 2018
-Mega Menulis-

Monday, December 24, 2018

Wahyu 15

Wahyu 15

Scripture
Wahyu 15:3 (TB)  Dan mereka menyanyikan nyanyian Musa, hamba Allah, dan nyanyian Anak Domba, bunyinya: "Besar dan ajaib segala pekerjaan-Mu, ya Tuhan, Allah, Yang Mahakuasa! Adil dan benar segala jalan-Mu, ya Raja segala bangsa! 

Observation
Yes! Sungguh besar dan ajaib pekerjaan Tuhan. Kemarin salah seorang teman bilang gak sangka melihat Sofia sudah sebesar ini, padahal tahun kemarin sewaktu Natal, Sofia masih di perutku. Teringat deh, 1 Januari tahun ini aku ada flek dan dengan panik ke IGD pagi-pagi di tahun baru. Seumur-umur hamil gak pernah flek gimana gak panik. Lalu teringat lagi pas lahir Sofia langsung diinfus, harus diambil darah tiap beberapa jam. Duh. Baru setahun dan begitu banyak yang terjadi. Tahun ini (lagi-lagi) aku melihat kebaikan dan kebesaran Tuhan. Terlalu banyak kebaikan yang kuterima.

Aplication
✔️ Aku mau menyicil PR BRG hari ini. Banyak yang harus dilakukan bantu masak di rumah mama, tapi aku mau sempatkan.

Prayer
Tuhan, terima kasih karena kebaikan demk kebaikan aku terima dari Tuhan. Aku bersyukur Tuhan. Engkau sungguh baik. Amin.

Palangka Raya, 24 Desember 2018
-Mega Menulis-

Wahyu 14

Wahyu 14

Scripture
Wahyu 14:12 (TB)  Yang penting di sini ialah ketekunan orang-orang kudus, yang menuruti perintah Allah dan iman kepada Yesus.

Observation
Aku bukan orang yang tekun,apalagi dalam  menuruti Allah dan iman kepada Yesus. Seringkali semangat di awal lalu ke belakang mulai kendor.Terkadang kalau kehendak Tuhan beda dengan kehendakku, aku berpikir beberapa kali untuk taat.

Aplication
✔️ Aku harus tekun menuruti Allah, gak mencari alasan untuk gak taat.

Prayer
Tuhan, aku mau bertekun dalam kehendakMu, bukan kehendakku. Tolong aku Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 23 Desember 2018
-Mega Menulis-

Wahyu 13

Wahyu 13

Scripture
Wahyu 13:18 (TB)  Yang penting di sini ialah hikmat: barangsiapa yang bijaksana, baiklah ia menghitung bilangan binatang itu, karena bilangan itu adalah bilangan seorang manusia, dan bilangannya ialah enam ratus enam puluh enam.

Observation
Nubuat akhir zaman sungguh mengerikan. Gak tahu kapan waktunya datang. Gak tahu apa yang harus dilakukan kalau saatnya tiba. Gak tahu bagaimana bisa bertahan. Gak tahu gimana bila bertemu tanda-tanda yang sudah dinubuatkan. Hanya gunakan hikmat, minta Tuhan hikmat kalau kekurangan hikmat. Hikmat Tuhan tersedia setiap hari, aku tinggal membukanya di Alkitab dan melakukannya.

Cuti bukannya mempermudah punya waktu pribadi untuk saat teduh ternyata. Seminggu cuti sudah berlalu pun aku belum juga punya waktu rutin untuk saat teduh. Setiap pagi pun aku bangun lebih siang daripada hari biasa ngantor. Komitmen ternyata yang diperlukan untuk bertekun dalam Firman. Aku harus tetap membaca firman Tuhan bahkan saat aku tidak ingin melakukannya.

Aplication
✔️ Tetap  setia baca firman Tuhan setiap hari meskipun belum menentukan waktu terbaik.

Prayer
Tuhan, aku perlu hikmat dariMu setiap hari. Jangan biarkan aku mengandalkan pengertianku sendiri, aku menerlukanMu Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 22 Desember 2018
-Mega Menulis-

Wahyu 12, Amsal 21

Wahyu 12

No rhema

Amsal 21

Scripture
Amsal 21:25 (TB)  Si pemalas dibunuh oleh keinginannya, karena tangannya enggan bekerja.

Observation
Sejak di rumah baru, aku dan suami memutuskan untuk laundry pakaian di rumah, karena kalau mencuci baju seminggu sekali, tumpukannya dah gak ketulungan sementara hari kerja kami gak sanggup menghandle urusan cuci mencuci ini. Paketan laundry di sini lumayanlah terjangkau, jadi kami ambil paket laundry supaya punya waktu untuk bermain dengan anak selepas kerja.

Selama cuti ini, kupikir awalnya aku mau nyuci sendiri saja, toh apalagi alasanku buat gak melakukannya? Lumayan kan 2 minggu gak usah laundry. Ternyata berat banget melakukannya, apalagi sudah terbiasa tinggal kumpulin pakaian kotor, diambil tiap Minggu dan Kamis, balik dah bersih dan rapi distetrika. Kemarin dan hari ini aku memaksa diri untuk mencuci sendiri, berat banget menjadi rajin tu ternyata. Tapi setelah melakukannya aku puas.

Aplication
✔️ Selama cuti, aku gak ngelaundry, mau cuci baju sendiri.

Prayer
Tuhan, jangan biarkan aku mencari alasan untuk kemalasanku. Aku mau rajin dari hal kecil. Amin.

Palangka Raya, 21 Desember 2018
-Mega Menulis-

Wahyu 11, Mazmur 140

Wahyu 11

Scripture
Wahyu 11:15 (TB)  Lalu malaikat yang ketujuh meniup sangkakalanya, dan terdengarlah suara-suara nyaring di dalam sorga, katanya: "Pemerintahan atas dunia dipegang oleh Tuhan kita dan Dia yang diurapi-Nya, dan Ia akan memerintah sebagai raja sampai selama-lamanya."

Observation
Akan datang masanya Tuhan kita memerintah di dunia, Dia yang akan memerintah secara langsung. Dan membaca ini aku mulai membayangkan:kapan ya waktunya.Tentunya gak ada yang tahu. Lalu aku diingatkan, gak tahu kapan hari itu tiba, yang jelas Tuhan memerintah di tahta hatiku setiap saat. Masalahnya, sudahkah aku selalu menaatiNya? Belum. Tuhan memberi perintahNya secara langsung di Alkitab, sudahkah aku menaatiNya? Tidak selalu. Setiap saat Tuhan mau memerintah, tapi apakah aku mau menaatiNya?

Aplication
✔️  Aku gak perlu menunggu Tuhan memerintah secara langsung di dunia. Setiap hari Tuhan memberi perintah di hatiku dan lewat firmanNya. Aku harus menaatiNya.

Prayer
Tuhan, aku mau menaatiMu sekarang dan bukan nanti. Aku gak mau menunda-nunda untuk taat. Amin.

Mazmur 140

Scripture
Mazmur 140:12 (TB)  (140-13) Aku tahu, bahwa TUHAN akan memberi keadilan kepada orang tertindas, dan membela perkara orang miskin.

Observation
Kesal sekali mendengar berita kasus intoleransi di Yogyakarta. Kok teganya orang melakukan itu. Dan gak ada tindakan yang berwenang untuk apa yang terjadi. Pemerintah juga diam. Banyak orang sudah mabok agama sampai gak punya nalar lagi. Berasa gak berdaya.

Aplication
✔️ Aku tahu dan aku percaya kalau Tuhan akan memberikan keadilan kepada yang tertindas. Gak oerlu marah lagi Meg.

Prayer
Tuhan,  berilah keadilan kepada umat-Mu yang tertindas. Mereka menanti-nantikan Engkau ya Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 20 Desember 2018
-Mega Menulis-

Wednesday, December 19, 2018

Wahyu 10, Mazmur 139

Mazmur 139

Scripture
Mazmur 139:23-24 (TB)  Selidikilah aku, ya Allah, dan kenallah hatiku, ujilah aku dan kenallah pikiran-pikiranku;
lihatlah, apakah jalanku serong, dan tuntunlah aku di jalan yang kekal!

Observation
Sebelum menikah, aku gak tahu kalau aku ternyata masih bergumul dengan yang namanya menahan lidah. Kupikir aku orang yang bisa mengendalikan lidah. Sebelum punya anak aku kira aku orang yang sabar, sampai akhirnya punya anak dan ternyata tandukku keluar dengan api dari dari mulut saat Sara susah makan. Berkali-kali aku jatuh saat dihadapkan pada kondisi tertentu. Apalagi saat baca firman Tuhan dan membandingkan diriku dengan FirTu, makin nyata kalau hidupku belum berpadanan dengan FirTu.

Baca ayat ini jadi sadar kalau aku butuh diselidiki, diuji Tuhan supaya aku semakin mengenali hati dan pikiranku. Kondisi yang terjadi dan responku membuat terlihat siapa aku sebenarnya. Dan saat aku menyadari siapa aku saat ini baru aku bisa semakin serupa dengan Kristus.

Aplication
✔️ Aku mau berespon dengan benar saat dihadapkan pada "ujian"  yang diberikan Tuhan

Prayer
Selidikilah aku, ya Allah, dan kenallah hatiku, ujilah aku dan kenallah pikiran-pikiranku; lihatlah, apakah jalanku serong, dan tuntunlah aku di jalan yang kekal! Amin

Palangka Raya, 19 Desember 2018
-Mega Menulis-

Wahyu 9, Mazmur 138

Wahyu 9

Scripture
Wahyu 9:6 (TB)  Dan pada masa itu orang-orang akan mencari maut, tetapi mereka tidak akan menemukannya, dan mereka akan ingin mati, tetapi maut lari dari mereka.

Observation
Gak terbayangkan 5 bulan tersiksa seperti disengat kalajengking, wong aku pernah disengat lebah yang kecil itu pun gak terkatakan sakitnya walaupun cuma beberapa menit sakitnya. Ini 5 bulan bo!! Dikatakan di sini sampai saking sakitnya orang ingin mati tapi gak bisa mati. Bener-bener deh, hanya Tuhan lah pemilik hidupku. Saat Tuhan masih berikan kehidupan dan kesehatan buatku sampai hari ini, itu adalah anugerah yang gak boleh aku sia-siakan. Ini kesempatan melayani Tuhan dan orang lain.

Aplication
✔️ Sudah beberapa hari ini, seisi rumah sakit (Sara demam, suamiku pilek, Sofia batuk) kecuali aku. Anak-anak kalau sakit jadi rewel. Capek rasanya. Tapi baca ayat ini bersyukur karena aku diberi kesehatan dan kesempatan melayani seisi rumah.
✔️ Awalnya dah ngebayangin cuti bisa beristirahat di rumah, ini malah ekstra capek karena ngurus serumahan sakit. Tapi dipikir-pikir bersyukur mereka sakit sewaktu aku cuti, coba kalau pas aku gak cuti. Waktu Tuhan selalu sempurna.

Prayer
Terima kasih Tuhan buat anugerah kesehatan yang Tuhan berikan buatku, bersyukur sehat saat yang lain sakit jadi aku bisa melayani mereka. Gak terbayangkan kalau aku juga sakit. Terima kasih Tuhan. Amin.

Mazmur 138

Scripture
Mazmur 138:3 (TB)  Pada hari aku berseru, Engkau pun menjawab aku, Engkau menambahkan kekuatan dalam jiwaku.

Observation
Aku sudah membayangkan saat cuti gini bisa bangun pagi dan menikmati saat teduh pagi hari sama Tuhan, karena kalau pas hari kerja emang susah dengan kondisi anak dua sekarang. Bangun pagi sempat baca Alkitab doang lalu pekerjaan rumah dah menunggu, harus beres tuh sebelum berangkat, bersihkan dot, masak buat serumah dan Sofia, mandikan dua krucil, ngasi makan mereka berdua, dll.  Eh, pas cuti malahan serumahan sakit kecuali aku, hilanglah khayalanku semua.

Aku bersyukur walaupun gak menghadap Tuhan dan merenungkan firmanNya pagi hari saat waktu terbaik menurutku, tetap aja kok Tuhan berikan kekuatanNya.  Selama ini setiap aku berseru sama Tuhan, Dia jawab dan berikan kekuatan.

Aplication
✔️ Selama ini aku pikir saat teduhku gak optimal karena gak pagi hari. Setiap saat Tuhan mau menjawab dan memberikan kekuatanNya. Stop berpikir gitu Meg! Beberapa hari ini saat tepar megurus serumahan yang sakit, gak peduli jam berapa pun aku datang sama Tuhan, Dia berikan kekuatan. Tetap setia baca firman dan berseru sama Tuhan kapan pun Meg!

Prayer
Terima kasih Tuhan setiap saat aku berseru Tuhan mendengar dan berikan kekuatan. Aku bersyukur. Amin.

Palangka Raya, 18 Desember 2018
-Mega Menulis-

Wahyu 8, Mazmur 137

Wahyu 8

Scripture
Wahyu 8:13 (TB)  Lalu aku melihat: aku mendengar seekor burung nasar terbang di tengah langit dan berkata dengan suara nyaring: "Celaka, celaka, celakalah mereka yang diam di atas bumi oleh karena bunyi sangkakala ketiga malaikat lain, yang masih akan meniup sangkakalanya."

Observation
Setelah keempat sangkakala ditiup, yang terjadi sangat mengerikan:
- 1/3 dari bumi dan pohon yang ada terbakar, semua rumput hijau hangus
- 1/3 dari laut menjadi darah
- 1/3 makhluk laut mati dan 1/3 kapal binasa
- 1/3 dari sungai dan mata air ditimpa bintang besar
- 1/3 bulan, 1/3 matahari,  1/3 bintang menjadi gelap
Gak terbayangkan masih ada tiga sangkakala lagi, mau jadi apa lagi bumi dan seisinya.  Bener-bener deh, selama ini aku hidup hanya oleh kasih karunia dan kemurahan Tuhan semata, sekejap saja Tuhan bisa musnahkan bumi dan isinya. Kalau sampai saat  ini aku masih diberikan nafas kehidupan, aku gak boleh hidup sembarangan, hidupku adalah pemberian Tuhan. Sudah seharusnya aku hidup bagi.

Aplication
✔️ Bersyukur buat nafas kehidupan dan keadaan bumi yang masih baik, memang banyak bencana akhir-akhir ini tapi sungguh jauhlah dibandingkan saat keempat sangkakala ditiup. TUHAN masih mengasihani kita.

Prayer
Terima kasih Tuhan karena masih bermurah hati dan memberikan lingkungan yang luar biasa baik. Gak terbayangkan kalau apa yang di Wahyu tergenapi, aku belajar percaya kasih setiaMu selama-lamanya dan Tuhan yang mampukan umatmu menanggungnya. Amin.

Palangka Raya, 17 Desember 2018
-Mega Menulis-

Wahyu 7, Mazmur 136

Wahyu 7

Scripture
Wahyu 7:10 (TB)  Dan dengan suara nyaring mereka berseru: "Keselamatan bagi Allah kami yang duduk di atas takhta dan bagi Anak Domba!"

Observation
Keselamatan bagi Allah. Keselamatan yang aku terima adalah bagi Allah. Aku yang seharusnya mengalami kematian kekal telah diselamatkan dan mendapatkan hidup kekal. Hidupku seharusnya untuk Allah. Hidup yang aku hidupi sekarang seharusnya adalah untukNya jadi segala sesuatu yang aku lakukan seharusnya bagi Tuhan. Tidak semua yang aku lakukan untuk Tuhan, seringnya motivasiku adalah untuk diri sendiri.

Aplication
✔️ Cek dan ricek motivasiku, isi hatiku yang terdalam, saat aku melakukan sesuatu apakah aku sungguh melakukannya untuk Tuhan?

Prayer
Ampuni aku ya Tuhan, seringkali aku melakukan sesuatu yang terlihat rohani sekalipun untuk diriku sendiri. Aku melakukan yang baik untuk menuai yang baik untuk diriku, bukan sebagai ucapan syukur bagi Tuhan. Bukan untuk memuliakan namaMu. Aku mau bertobat Tuhan dan melakukannya untukMu yabg yang telah menyelamatkanku. Amin.

Palangka Raya, 16 Desember 2018
-Mega Menulis-

Wahyu 6, Mazmur 135

Mazmur 135

Scripture
Mazmur 135:6 (TB)  TUHAN melakukan apa yang dikehendaki-Nya, di langit dan di bumi, di laut dan di segenap samudera raya;

Observation
Ayat ini memberikan ketenangan dan damai sejahtera mengingat kehendak Tuhan yang terjadi. Dalam hidupku pun, biarlah hanya kehendak Tuhan yang terjadi. KehendakNya lebih baik daripada kehendakku. Gak terbayangkan kalau kehendakku yang terjadi, apa jadinya dengan hidupku.

Aplication
✔️ Bersyukur untuk setiap doaku yang Tuhan jawab tidak dan diberikan sesuai kehendakNya. KehendakNya sungguh lebih baik dari keinginanku.

Prayer
Tuhan, jadilah kehendakMu saja dalam hidupku, jangan kehendakku. Karena kehendakMu saja yang terbaik. Amin.

Palangka Raya, 15 Desember 2018
-Mega Menulis-

Friday, December 14, 2018

Wahyu 5, Mazmur 134

Mazmur 134

Scripture
Mazmur 134:2 (TB)  Angkatlah tanganmu ke tempat kudus dan pujilah TUHAN!

Observation
Di gereja biasanya kami menyanyikan puji-pujian dari Buku Kidung Jemaat atau Nyanyian Kidung Baru. Terkadang saat kami di motor aku menyanyikannya, eh gak lama Pa Sara akan ikut menyanyikannya. Bener-bener berasa lo hadiratNya saat kami memuji Dia, Tuhan sungguh bertahta di atas puji-pujian.

Aplication
✔️ Aku mau lebih sering menyanyikan pujian bagi Tuhan saat bersama keluarga supaya kami bisa bareng memuji TUHAN.

Prayer
Tuhan, Engkau sungguh Allah yang bertahta di atas puji-pujian kami. Aku dan keluarga mau memuji Engkau dengan nyanyian kami. Amin.

Wahyu 5

Scripture
Wahyu 5:12 (TB)  katanya dengan suara nyaring: "Anak Domba yang disembelih itu layak untuk menerima kuasa, dan kekayaan, dan hikmat, dan kekuatan, dan hormat, dan kemuliaan, dan puji-pujian!"

Observation
Yesus layak menerima kuasa, dan kekayaan, dan hikmat, dan kekuatan, dan hormat,  dan kemuliaan dan puji-pujian. Sudahkah aku memberikan apa yang DAPAT aku berikan kepada  Yesus apa yang layak diterimaNya?
SUDAHKAH aku menghormati Tuhan dalam segala waktu?Sudahkah aku memuliakan dan memujiNya di setiap hariku? Sejujurnya aku gak tahu apakah yang aku lakukan sudah menyenangkan Tuhan atau belum,  tapi aku menyadari motivasiku melakukan segala sesuatu seringkali untuk diriku sendiri bukan untuk Tuhan. Bahkan hal yang kelihatan rohani pun, aku lakukan untuk diriku sendiri, bukan untuk Tuhan.

Prayer
Tuhan, selidikilah hatiku, lihatlah dan ujilah batinku. Apakah motivasi terdalamku buat memuji dan memuliakan Tuhan atau hanya untuk menyenangkan diri sendiri. Hanya Yesuslah yang layak menerima kuasa, dan kekayaan, dan hikmat, dan kekuatan, dan hormat,  dan kemuliaan dan puji-pujian. Amin.

Palangka Raya, 14 Desember 2018
-Mega Menulis-

Wahyu 4, Mazmur 133

Mazmur 133

Scripture
Mazmur 133:1 (TB)  Nyanyian ziarah Daud. Sungguh, alangkah baiknya dan indahnya, apabila saudara-saudara diam bersama dengan rukun!

Observation & Aplication
Sara sekarang setiap melihat dedeknya asyik pegang mainan tertentu , gak lama langsung direbut, padahal dia sebenarnya gak pengen main. Pernah yang bikin aku shock, saat adeknya main tiba-tiba ditariknya rambut dedeknya..Kalau dah gitu, tangisan dedeknya sering terdengar. Sedih banget ternyata kalau melihat anak sendiri gak rukun satu sama lain, walaupun masih sekecil ini, gak terbayangkan kalau dah besar seperti ini. Jadi ingat Daud, kemungkinan Mazmur ini ditulis Daud setelah melihat anak-anaknya yang saling bunuh, duh sedihnya,  betapa Daud rindu punya anak yang saling menyayangi.

Hari ini, aku dan papanya mengajak Sara ngobrol dan memberi tahu dia kalau kami sayang sama Sara,  dedeknya juga. Kami sedih kalau melihat Sara bersikap seperti itu, apalagi Tuhan Yesus. Gak tahu apakah dia mengerti atau nggak, yang jelas kami peluk dia dan ajak ngobrol.

Prayer
Tuhan, sungguh alangkah indahnya saat anak-anak hidup rukun. Tolong anak-anakku supaya saling sayang ya Tuhan. Amin

Wahyu 4

Scripture
Wahyu 4:8 (TB)  Dan keempat makhluk itu masing-masing bersayap enam, sekelilingnya dan di sebelah dalamnya penuh dengan mata, dan dengan tidak berhenti-hentinya mereka berseru siang dan malam: "Kudus, kudus, kuduslah Tuhan Allah, Yang Mahakuasa, yang sudah ada dan yang ada dan yang akan datang." 

Observation
Baca pasal ini diingatkan akan kekudusan Tuhan dan bagaimana Tuhan rindu aku juga hidup dalam kekudusan. Kuduslah kamu sebab Allahmu kudus Meg!

Aplication
✔️ Aku hidup kudus karena Bapaku kudus.
✔️  Akhir-akhir ini pikiranku gak kudus, banyak memikirkan hal yang najis dan aku tahu gak berkenan di hadapan Tuhan. Stop memikirkan itu Meg!

Prayer
Tuhan, sebagaimana Engkau yang Bapaku kudus. Aku juga mau hidup dalam kekudusan. Tolong aku untuk hidup dalam kekudusan terutama pikiranku saat ini ya Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 13 Desember 2018
-Mega Menulis-

Thursday, December 13, 2018

Wahyu 3, Mazmur 132

Wahyu 3

Scripture
Wahyu 3:22 (TB)  Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat."

Observation
Di akhir pesan kepada jemaat SELALU ada kalimat di atas👆. Menunjukkan betapa pentingnya mendengarkan apa yang disampaikan Roh. Benar-benar mendengarkan! Mendengarkan dengan seksama sehingga gak melewatkan pesan penting yang disampaikan Tuhan. Sikap hati harus bersedia mendengarkan, gak asal mendengarkan, gak sok tahu dengan apa yang disampaikan, menaruh perhatian sepenuhnya pada yang Tuhan sampaikan.

Sejujurnya, seharian aku baca beberapa kali gak ada dapat rhema. Tadi suamiku memintaku melakukan sesuatu, kalimatnya belum selesai aku sudah mengiyakan dan segera melakukan,endingnya aku salah melakukan permintaannya. Itulah akibatnya karena sok tahu, gak mau mendengarkan dengan seksama, gak mau bertanya,salah melakukan deh. Terkadang kan sama Tuhan aku gitu, baca firmanNya dengan terburu-buru dan langsung berpikir, "Oh, Tuhan mau aku melakukan ini itu", gak berdiam dan bertanya sama Tuhan lagi. Akhirnya apa yang benar-benar Tuhan ingin sampaikan terlewatkan.

Aplication
✔️ Aku perlu belajar duduk diam dan mendengarkan Tuhan dengan seksama, gak sok tahu pada kehendakNya, tapi benar-benar tau apa kehendakNya dan melakukannya.

Prayer
Tuhan, terima kasih karena mengingatkanku betapa sok tahunya aku pada kehendakMu, padahal aku perlu duduk diam dan mendengarkan dengan seksama. Aku gak mau mengulanginya Tuhan, tolong aku mendengar dengan sungguh. Amin.

Mazmur 132

Scripture
Mazmur 132:12 (TB)  jika anak-anakmu berpegang pada perjanjian-Ku, dan pada peraturan-peraturan-Ku yang Kuajarkan kepada mereka, maka anak-anak mereka selama-lamanya akan duduk di atas takhtamu."

Observation &  Aplication
Janji Tuhan pada Daud tentang keturunannya jika mereka berpegang pada perjanjian dan peraturan Tuhan sungguh luar biasa. Aku diingatkan sebagai orang tua untuk :
- mengenalkan anak-anakku kepada Tuhan
- memberikan teladan ketaatan pada Tuhan
- gak jemu-jemu mengajarkan firman Tuhan

Prayer
Tuhan, berikan aku hikmatMu supaya aku dapat memakai segala kesempatan setiap harinya membawa anak-anakku hidup dekat padaMu. Amin.

Palangka Raya, 12 Desember 2018
-Mega Menulis-!

Wahyu 3, Mazmur 132

Wahyu 3

Scripture
Wahyu 3:22 (TB)  Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat."

Observation
Di akhir pesan kepada jemaat SELALU ada kalimat di atas👆. Menunjukkan betapa pentingnya mendengarkan apa yang disampaikan Roh. Benar-benar mendengarkan! Mendengarkan dengan seksama sehingga gak melewatkan pesan penting yang disampaikan Tuhan. Sikap hati harus bersedia mendengarkan, gak asal mendengarkan, gak sok tahu dengan apa yang disampaikan, menaruh perhatian sepenuhnya pada yang Tuhan sampaikan.

Sejujurnya, seharian aku baca beberapa kali gak ada dapat rhema. Tadi suamiku memintaku melakukan sesuatu, kalimatnya belum selesai aku sudah mengiyakan dan segera melakukan,endingnya aku salah melakukan permintaannya. Itulah akibatnya karena sok tahu, gak mau mendengarkan dengan seksama, gak mau bertanya,salah melakukan deh. Terkadang kan sama Tuhan aku gitu, baca firmanNya dengan terburu-buru dan langsung berpikir, "Oh, Tuhan mau aku melakukan ini itu", gak berdiam dan bertanya sama Tuhan lagi. Akhirnya apa yang benar-benar Tuhan ingin sampaikan terlewatkan.

Aplication
✔️ Aku perlu belajar duduk diam dan mendengarkan Tuhan dengan seksama, gak sok tahu pada kehendakNya, tapi benar-benar tau apa kehendakNya dan melakukannya.

Prayer
Tuhan, terima kasih karena mengingatkanku betapa sok tahunya aku pada kehendakMu, padahal aku perlu duduk diam dan mendengarkan dengan seksama. Aku gak mau mengulanginya Tuhan, tolong aku mendengar dengan sungguh. Amin.

Mazmur 132

Scripture
Mazmur 132:12 (TB)  jika anak-anakmu berpegang pada perjanjian-Ku, dan pada peraturan-peraturan-Ku yang Kuajarkan kepada mereka, maka anak-anak mereka selama-lamanya akan duduk di atas takhtamu."

Observation &  Aplication
Janji Tuhan pada Daud tentang keturunannya jika mereka berpegang pada perjanjian dan peraturan Tuhan sungguh luar biasa. Aku diingatkan sebagai orang tua untuk :
- mengenalkan anak-anakku kepada Tuhan
- memberikan teladan ketaatan pada Tuhan
- gak jemu-jemu mengajarkan firman Tuhan

Prayer
Tuhan, berikan aku hikmatMu supaya aku dapat memakai segala kesempatan setiap harinya membawa anak-anakku hidup dekat padaMu. Amin.

Palangka Raya, 12 Desember 2018
-Mega Menulis-!

Tuesday, December 11, 2018

Wahyu 2, Mazmur 131

Wahyu 2

Scripture
Wahyu 2:4 (TB)  Namun demikian Aku mencela engkau, karena engkau telah meninggalkan kasihmu yang semula.

Observation
Kebayang gak sih, sudah melakukan banyak hal yang baik lalu dicela Tuhan karena meninggalkan kasih mula-mula? Duh. Aku berasa aku emang beda sekarang dengan saat mengalami kasih mula-mula. Dulu pas awal baru terima Tuhan Yesus, haus banget baca firman Tuhan dan bersegera taat sama firman Tuhan. Gak banyak mikir. Langsung aja. Kalau tahu sesuatu itu dosa, gak bakal dilakukan, gak banyak kompromi kayak sekarang.

Aplication
✔️  Bersegera melakukan firman Tuhan, gak usah banyak mikir! Terima firman seperti anak kecil yang polos.
✔️ Jangan kompromi dengan dosa.

Prayer
Tuhan, aku mau jatuh cinta lagi sama Tuhan. Berikanku aku hati yang haus dan lapar akan firman Tuhan. Aku mau jatuh cinta lagi sama Tuhan. Amin.

Mazmur 131

Scripture
Mazmur 131:3 (TB)  Berharaplah kepada TUHAN, hai Israel, dari sekarang sampai selama-lamanya!

Observation & Aplication
Seperti rhema kemarin, diingatin untuk terus berharap sama Tuhan sampai selama-lamanya.Aku orang yang gampang semangat di awal lalu makin lama makin loyo. Gak boleh gitu, aku mau selamanya berharap sama Tuhan. Aku percaya saat berharap sama Tuhan aku gak akan dikecewakan, bukan karena aku selalu mendapatkan yang aku mau tapi karena aku percaya Tuhan adalah Allahku yang memberikan terbaik menurut kasih karuniaNya. Semakin aku berharap sama Tuhan maka aku semakin melekat sama Tuhan.

Prayer
Tuhan, aku mau berharap kepadaMu dari sekarang sampai selama-lamanya. Amin.

Palangka Raya, 11 Desember 2018
-Mega Menulis-

Wahyu 1, Mazmur 130

Mazmur 130

Scripture
Mazmur 130:6 (TB)  Jiwaku mengharapkan Tuhan lebih dari pada pengawal mengharapkan pagi, lebih dari pada pengawal mengharapkan pagi.

Observation
Sekarang aku sedang sangat mengharapkan hari cuti,  sampai-sampai hari ini pun aku salah kostum di kantor. Aku mengira ini hari Rabu. Aku sudah membuat rencana mau melakukan apa saja. Pikiranku fokus pada liburan saat aku mengharapkan liburan.Sudahkah aku mengharapkan Tuhan di setiap hariku? Saat aku benar-benar mengharapkan Tuhan maka harusnya pikiranku fokus pada Tuhan, pada kuasaNya, pada kasihNya. Kalau akhir-akhir ini aku banyak kuatir dan down, berarti aku sedang gak fokus sama Tuhan.

Aplication
✔️  Aku mau fokus pada Tuhan, mengarahkan hati dan pikiran sama Tuhan.

Prayer
Aku mau mengharapkan Tuhan. Bukan mengharapkan liburan cepat datang. Ya Tuhan, hatiku tertuju padamu. Amin.

Wahyu 1

Scripture
Wahyu 1:9 (TB)  Aku, Yohanes, saudara dan sekutumu dalam kesusahan, dalam Kerajaan dan dalam ketekunan menantikan Yesus, berada di pulau yang bernama Patmos oleh karena firman Allah dan kesaksian yang diberikan oleh Yesus.

Observation
Firman Allah dan kesaksian yang diberikan Yesus memampukan Yohanes menjadi saudara dalam kesusahan, dalam Kerajaan dan dalam ketekunan. Apakah aku mau menjadi saudara bagi orang lain dalam kesusahan, Kerajaan dan ketekunan? Kalau iya, aku harus terus bertekun dalam firman. Terinspirasi dengan Ci Teph, encouragementnya sungguh membangkitkan spirit. Senang deh punya saudara seperti Ci Teph.

Aplication
✔️ Jadi pelaku firman.
✔️ Jangan gampang ngedumel Meg!

Prayer
Tuhan, aku mau punya gentle spirit dan jadi pelaku firman supaya aku jadi saudara bagi orang lain. Tolong aku ya Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 10 Desember 2018
-Mega Menulis-

Maleakhi 4

Maleakhi 4

Scripture
Maleakhi 4:4 (TB)  Ingatlah kepada Taurat yang telah Kuperintahkan kepada Musa, hamba-Ku, di gunung Horeb untuk disampaikan kepada seluruh Israel, yakni ketetapan-ketetapan dan hukum-hukum.

Observation
Saat diminta mengingat hukum Taurat, aku teringat kasih karunia Tuhan melalui penebusan Kristus. Hukum Taurat membuat aku menyadari kalau aku manusia berdosa dan membutuhkan Kristus. Memangnya siapa yang bisa hidup  dengan gak mengingini milik sesama, atau hidup tanpa ada allah lain di hadapan Tuhan (berhala kita ga cuma patung atau dewa). Kristus telah menebusku dan aku bersyukur.

Aplication
✔️ Aku gak lagi hidup di bawah hukum Taurat, tapi dalam hukum kasih. Aku mau mengasihi Tuhan dan sesama seperti yang Tuhan mau.

Prayer
Tuhan, terima kasih karena telah menebus hidupku, aku aku mau mengasihiMu dan sesama dengan lebih sungguh. Amin.

Palangka Raya, 9 Desember 2018
-Mega Menulis-

Maleakhi 3, Mazmur 128

Maleakhi 3

Scripture
Maleakhi 3:6 (TB)  Bahwasanya Aku, TUHAN, tidak berubah, dan kamu, bani Yakub, tidak akan lenyap.

Observation
Tahun yang baru sebentar lagi, ada beberapa hal yang aku kuatirkan, tapi membaca ayat di atas aku diingatkan segala yang dilakukan TUHAN tahun ini. Begitu banyak kebaikan, kemurahan, dan berkat yang diberikanNya. KesetiaanNya tetap. Dan karena Tuhan gak berubah, aku seharusnya gak kuatir akan tahun yang akan datang.

Aplication
✔️ STOP kuatir Meg! TUHAN gak berubah, tahun depan kamu akan mengalami kebaikanNya lagi dan lagi.

Prayer
Terima kasih Tuhan buat firmanMu hari ini. Sungguh menguatkan saat ingat Tuhan gak akan berubah, aku gak perlu kuatir akan hari esok. Amin.

Mazmur 128

Scripture
Mazmur 128:4 (TB)

Observation &  Aplication
Setiap membaca pasal ini, aku memperkatakan ayat-ayat di pasal ini dan menggantinya dengan nama suamiku, aku dan anak-anakku. Menjadikannya nyanyian berkat atas rumah tangga kami.

Prayer
Mazmur 128:1-6 (TB)  Nyanyian ziarah. Berbahagialah Matheus yang takut akan TUHAN, yang hidup menurut jalan yang ditunjukkan-Nya!
Apabila Matheus memakan hasil jerih payah tangannya, berbahagialah Matheus dan baiklah keadaannya!
Isterinya Mega akan menjadi seperti pohon anggur yang subur di dalam rumahmu; Sara dan Sofia seperti tunas pohon zaitun sekeliling mejanya!
Sesungguhnya demikianlah akan diberkati Matheus yang takut akan TUHAN.
Kiranya TUHAN memberkati Matheus dari Sion, supaya Matheus melihat kebahagiaan Yerusalem seumur hidupnya,
dan melihat anak-anak dari anak-anaknya! Damai sejahtera atas Israel!
Amin.

Palangka Raya, 8 Desember 2018
-Mega Menulis-

Maleakhi 2, Mazmur 127

Maleakhi 2

Scripture
Maleakhi 2:7 (TB)  Sebab bibir seorang imam memelihara pengetahuan dan orang mencari pengajaran dari mulutnya, sebab dialah utusan TUHAN semesta alam.

Observation
Bibir seorang imam memelihara pengetahuan dan orang mencari pengajaran dari mulutnya sebab dialah utusan TUHAN semesta alam. Aku diingatkan fungsiku sebagai seorang mama, Tuhan mengutus aku sebagai mama juga untuk menyampaikan pengetahuan dan memberi pengajaran bagi anak-anakku. Aku harus berjaga-jaga dengan ucapan bibirku, anak-anakku memperhatikan. Pengajaran apa dan bagaimana yang akan kuberikan dari mulutku? Tentunya apa yang keluar dari mulutku meluap dari hatiku. Aku mau mengisi hatiku dengan firman Tuhan supaya pengetahuan dan pengajaran yang kuucapkan bagi anak-anakku sungguh berasal dari Tuhan.

Aplication
✔️ Aku mau terus-menerus perkatakan firman ke anak-anakku oaling nggak ayat yang sudah aku hapalkan setiap hari.

Prayer
Terima kasih Tuhan untuk setiap firmanMu yang tersimpan di dalam hatiku sampai hari ini, biarlah itu boleh kulakukan dan kuajarkan ke anak-anak yang sudah Tuhan percayakan buatku. Amin.

Mazmur 127

Scripture
Mazmur 127:2 (TB)  Sia-sialah kamu bangun pagi-pagi dan duduk-duduk sampai jauh malam, dan makan roti yang diperoleh dengan susah payahsebab Ia memberikannya kepada yang dicintai-Nya pada waktu ia ada tidur.

Observation
Baca ayat di atas diingatkan kalau segala sesuatu yang aku miliki adalah pemberian Tuhan. Aku gak perlu terlalu kuatir dan ngoyo dalam bekerja. Aku bekerja untuk memuliakan Tuhan, bukan sekedar memenuhi kebutuhan hidup.

Saat cutiku sudah keluar, aku sempat ngomong sama suami, kalau aku ini aneh, senang dapat cuti karena bisa istirahat tapi di sisi lain kalau dipikir-pikir, cuti tapi cuma di rumah sayang juga. Apalagi kalau cuti pasti uang makan terpotong, lumayan padahal. Lalu suami ingatkan untuk gak terlalu ngoyo masalah uang, ada aja berkat Tuhan yang lain. Lagipula saat cuti, aku bisa beristirahat.

Aplication
✔️  Aku gak mau kuatir lagi masalah keuangan. Tuhan menyediakan segala keperluan kami.

Prayer
Tuhan, aku percaya waktu cutiku akan jadi waktu terbaik untukku beristirahat dan menerima berkat dari Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 7 Desember 2018
-Mega Menulis-

Maleakhi 1, Mazmur 126

Mazmur 126

Scripture
Mazmur 126:3 (TB)  TUHAN telah melakukan perkara besar kepada kita, maka kita bersukacita.

Observation
Tuhan melakukan perkara besar kepada kita, kepadaku. Tapi apakah aku sudah menyadarinya? Kemarin baru galau masalah cuti. Hari ini tahu-tahu cutiku diacc,  biarpun cuma diacc 8 hari dari 11 hari yang diajukan, aku bersyukur..Temanku ada yang diacc hanya 5 hari. Tapi aku bersyukur Tuhan sungguh tahu aku butuh istirahat, yay! Senang banget ngebayangin bakal istirahat dan spending time sama anak-anak full. Tuhan sungguh baik!

Prayer
Terima kasih Tuhan, buat kemurahanMu memberikan cuti akhir tahun buatku. Aku bersyukur buat setiap perkara dalam hiduku, Tuhan sungguh peduli. Terima kasih Tuhan. Amin.

Maleakhi 1

Scripture
Maleakhi 1:6 (TB)  Seorang anak menghormati bapanya dan seorang hamba menghormati tuannya. Jika Aku ini bapa, di manakah hormat yang kepada-Ku itu? Jika Aku ini tuan, di manakah takut yang kepada-Ku itu? firman TUHAN semesta alam kepada kamu, hai para imam yang menghina nama-Ku. Tetapi kamu berkata: "Dengan cara bagaimanakah kami menghina nama-Mu?"

Observation &  Aplication
Bagaimana aku memanggil Tuhan?
Siapa Tuhan bagiku?
Tuhan? Bapa? Raja? Tuan? Sahabat? Mempelai Pria?
Sudahkah aku memperlakukan Tuhan sebagaimana aku memanggil Dia? Atau jangan-jangan aku lupa bagaimana memperlakukan Dia.
Jangan sampai Tuhan menegurku seperti menegur para imam yang mencemari kurban tersebut. Mereka gak menghormati dan menaati Tuhan padahal menyebutNya sebagai Bapa dan Tuhan.

Jika pada bapaku di dunia aku bisa taat, kenapa pada Bapaku yang di sorga nggak.
Jika aku adalah hambaNya Tuhan, kenapa aku bersikap seperti Tuhan yang harus menaati kehendak kita?
Jika TUHAN adalah Tuhanku maka Dia adalah penguasa dan pemilik hidupku, lalu kenapa aku bersikap seolah hidup ini milik kita sendiri.
Jika Tuhan adalah mempelai priaku, sudahkah aku punya hubungan yang intim dan mesra denganNya?
Jika Tuhan sahabat terbaikku, bukankah seharusnya aku selalu mencurahkan isi hatiku padaNya dan mendengarkan Dia?

Prayer
Ya TUHAN, ampunilah aku saat aku gak menghormati Tuhan sebagai Alllahku dan Rajaku. Aku mau taat sama Tuhan karena hidupku adalah pemberianMu, pemilik hidupku. Tolong aku hidup dalam ketaatan padaMu. Amin.

Palangka Raya, 6 Desember 2018
-Mega Menulis-

Wednesday, December 5, 2018

Rut 4, Mazmur 125

Rut 4

Scripture
Rut 4:15 (TB)  Dan dialah yang akan menyegarkan jiwamu dan memelihara engkau pada waktu rambutmu telah putih; sebab menantumu yang mengasihi engkau telah melahirkannya, perempuan yang lebih berharga bagimu dari tujuh anak laki-laki."

Observation
Dalam budaya Batak, anak lelaki dianggap lebih berharga daripada perempuan karena membawa nama marga. Saat ini dua anakku perempuan. Dan aku terkadang dihinggapi kekuatiran kalau harus melahirkan lagi,lalu dibebani harus melahirkan anak laki-laki. Lah emang kita yang menentukan jenis kelamin anak?

Aplication
✔️  Aku mau anak-anakku menyadari mereka berharga karena Kristus telah mati bagi mereka,bukan karena jenis kelamin mereka.
✔️ Aku gak mau kuatir masalah jenis kelamin anakku kalau Tuhan izinkan aku hamil lagi. Aku gak mau peduli pandangan atau perkantaaan orang lain.  Mereka berharga sebagaimana adanya mereka.

Prayer
Tuhan, terima kasih karena memberikan anak-anak yan luar biasa dalam hidupku. Biarlah sedari kecil mereka menyadari kalau mereka dikasihi olehMu dan hidup mereka begitu berharga di mataMu. Biarlah mereka hidup dalam rencanaMu. Amin.

Mazmur 125

Scripture
Mazmur 125:4 (TB)  Lakukanlah kebaikan, ya TUHAN, kepada orang-orang baik dan kepada orang-orang yang tulus hati;

Observation
Aku bukan orang yang baik, pikiranku masih jahat,  motivasiku kadang masih gak benar. Tapi aku berdoa memohon kemurahan Tuhan. Akhir tahun benar-benar ingin beristirahat, pengen sekali cuti. Aku berdoa supaya permohonan cutiku dikabulkan. Sisa cutiku tahun ini masih banyak, 11 hari. Tapi gak tahu apakah pimpinan akan mengizinkan mengambil cuti panjang akhir tahun saat banyak pekerjaan.

Aplication
✔️  Terus berdoa meminta pada Tuhan apa yang aku inginkan dan bersukacita untuk jawaban yang diberikan Tuhan.

Prayer
Tuhan, lakukanlah kebaikan bagiku. Aku mau beristirahat di akhir tahun ini. Berikanku cuti sesuai kasih karunia Tuhan. Aku mau bersukacita apapun jawaban pimpinan atas permohonan cutiku. Amin.

Palangka Raya, 5 Desember 2018
-Mega Menulis-

Rut 3, Mazmur 124

Rut 3

Scripture
Rut 3:5-6 (TB)  Lalu kata Rut kepadanya: "Segala yang engkau katakan itu akan kulakukan."
Sesudah itu pergilah ia ke tempat pengirikan dan dilakukannyalah tepat seperti yang diperintahkan mertuanya kepadanya.

Monday, December 3, 2018

Rut 2

Rut 2

Scripture
Rut 2:11 (TB)  Boas menjawab: "Telah dikabarkan orang kepadaku dengan lengkap segala sesuatu yang engkau lakukan kepada mertuamu sesudah suamimu mati, dan bagaimana engkau meninggalkan ibu bapamu dan tanah kelahiranmu serta pergi kepada suatu bangsa yang dahulu tidak engkau kenal.

Observation
*Telah dikabarkan orang kepadaku dengan lengkap segala sesuatu yang engkau lakukan*
Kasih setia Rut pada mertuanya terdengar sampai ke telinga orang lain. Rut pasti gak pernah menyangka apa yang dilakukannya akan diketahui banyak orang, bahkan berbuah kemurahan hati seorang Boas. Seringkali kita gak tahu kapan kita akan menuai taburan kita, bahkan gak jarang kita menuai bukan di tempat kita menabur. Bagianku adalah tetap menabur yang baik, mengasihi dengan tulus hati.

Aplication
✔️ Aku gak boleh jemu berbuat baik, aku gak tahu tuaian apa yang akan menanti di masa depan. Aku gak tahu siapa yang akan mendengar kisahku dan terinspirasi. Aku gak tahu siapa yang akan diberkati melalui apa yang yang aku lakukan.

Prayer
Tuhan, ampuni aku yang terkadang jemu berbuat baik. Terima kasih untuk bacaan hari ini. Aku mau seperti Rut yang kasih setianya menjadi kesaksian bagi orang lain. Amin.

Palangka Raya, 3 Desember 2018
-Mega Menulis-

Rut 1, Mazmur 122

Rut 1

Scripture
Rut 1:16 (TB)  Tetapi kata Rut: "Janganlah desak aku meninggalkan engkau dan pulang dengan tidak mengikuti engkau; sebab ke mana engkau pergi, ke situ jugalah aku pergi, dan di mana engkau bermalam, di situ jugalah aku bermalam: bangsamulah bangsaku dan Allahmulah Allahku;

Saturday, December 1, 2018

Filemon 1, Mazmur 121

Mazmur 123

Scripture
Mazmur 121:8 (TB)  TUHAN akan menjaga keluar masukmu, dari sekarang sampai selama-lamanya.

Observation
Aku lupa pernah baca buku apa ya, kalau gak salah ada bagian yang bilang untuk membuat kita terus merasakan hadirat Tuhan, kita gak boleh putus koneksi dengan Tuhan. Caranya dengan ngobrol terus-menerus sama Tuhan atau mengucapkan terus-menerus sepanjang hari firman yang mengingatkan kita akan kehadiran Tuhan. Misal dengan mengucapkan ayat di atas SETIAP keluar/masuk sebuah ruangan.

Aplication
✔️ Aku melakukannya hari ini, saat masuk/keluar ruangan,  aku mengucapkan ayat di atas. Memang aku gak selalu ingat melakukannya. Tapi saat melakukannya, ada atmosfer yang beda. Menyadari kalau Tuhan benar-benar selalu ada di dekatku dan menjagaku, wowww!!! Aku merasa sangat dikasihi.

Prayer
Terima kasih Tuhan, karena Engkau sungguh menjaga keluar masukku setiap hari dalam hidupku. Tidak ada hari di mana Tuhan gak jagai aku. Terima kasih Tuhan. Amin.

Filemon 1

Scripture
Filemon 1:4-5 (TB)  Aku mengucap syukur kepada Allahku, setiap kali aku mengingat engkau dalam doaku,
karena aku mendengar tentang kasihmu kepada semua orang kudus dan tentang imanmu kepada Tuhan Yesus.

Observation
Membaca ayat di atas jadi merenung, apakah hidupku sudah mendatangkan ucapan syukur dalam hidup seseorang? Sudahkah imanku kepada Kristus dan kasihku kepada sesama menjadi teladan dan memberkati hidup orang lain?

Aplication
Aku gak tahu persis siapa yang aku sentuh hidupnya setiap hari, tapi tiap hari aku mau mulai bertanya sungguh-sungguh sama Tuhan, minta Tuhan tunjukkan siapa yang Tuhan ingin berkati hidupmya melalui aku.

Prayer
Tuhan, aku mau Tuhan pakai jadi berkat bagi orang lain. Ini aku, pakailah aku ya Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 1 Desember 2018
-Mega Menulis-

Yakobus 5

Yakobus 5

Scripture
Yakobus 5:9 (TB)  Saudara-saudara, janganlah kamu bersungut-sungut dan saling mempersalahkan, supaya kamu jangan dihukum. Sesungguhnya Hakim telah berdiri di ambang pintu.

Observation
Aku sebenarnya sedang kesal sama suami. Beberapa hari yang lalu aku sudah bilang untuk segera beli tiket untuk mertua, karena high season kan Desember ni, kuatirnya harga naik. Kata suami nanti aja, sapa tahu turun. Ya udah aku manut, ga ngeributin lagi buat beli, tapi dalam hati ngomong gini:awas aja deh kalau sampai naik harganya. Eh, kejadian dong harganya naik. Kesel banget! Akhirnya beli tiket dengan harga dah mahal gitu. Sampai sekarang kalau ingat itu aku masih kesel.

Aplication
✔️  Aku mau ngaku ke suami kalau aku masih kesel, tapi suami kurasa tahu. Aku harus lebih relakan selisih uang itu (hiks). Lebih penting damai sejahtera di rumah tangga daripada ngeributin hal kecil. Bersyukur masih ada uang buat bayar tiketnya.

Prayer
Tuhan, ampuni aku yang masih menyalahkan suami dan bersungut-sungut dalam hatiku. Tolong aku untuk merelakan yang sudah lewat. Amin.

Palangka Raya, 30 November 2018
-Mega Menulis-

1 Samuel 17-18

1 Samuel 17 Scripture        1 Samuel 17:15, 37 (TB)  Tetapi Daud selalu pulang dari pada Saul untuk menggembalakan domba ayahnya di Bet...