.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Thursday, May 23, 2019

Lukas 23, Amsal 23

Amsal 23

Scripture      
Amsal 23:29 (TB)  Siapa mengaduh? Siapa mengeluh? Siapa bertengkar? Siapa berkeluh kesah? Siapa mendapat cidera tanpa sebab? Siapa merah matanya?

Observation
Aku memang gak minum anggur lalu melakukan hal-hal di atas tapiiii... Aku melakukannya! Hari ini aku mengeluh dan berkeluh-kesah tentang bosku bahkan hampir bertengkar. Aku minta izin bosku untuk keluar kantor dan mengerjakan tugas dari kantor juga, tapi dia kelihatan gak senang karena dikerjakan jam kantor. Lah, emang aku harus kerjakan pas di luar jam kantor? Sempat mau mendebat, tapi akhirnya aku jawab lemah lembut. Di belakang dong ngedumel sama temanku.

Aplication
✔️ Lain kali aku gak mau mengeluarkan perkataan sia-sia walaupun kesal. Aku gak perlu berbuat dosa dengan mulutku.

Prayer   
Tuhan, ampuni karena banyak berkeluh kesah hari ini. Tolong aku untuk bersyukur daripada mengeluh. Amin.

Lukas 23

Scripture      
Lukas 23:8 (TB)  Ketika Herodes melihat Yesus, ia sangat girang. Sebab sudah lama ia ingin melihat-Nya, karena ia sering mendengar tentang Dia, lagipula ia mengharapkan melihat bagaimana Yesus mengadakan suatu tanda.

Observation
Herodes ingin melihat Yesus membuat mukzizat. Apakah aku menginginkan Yesus atau mukzizatNya? Saat Yesus tidak memberikan apa yang aku inginkan, apakah aku akan tetap menyembah Dia? Sekalipun aku gak melihat mukzizatNya, atau jawaban atas doa-doaku, aku mau terus mendekat sama Tuhan.

Aplication
✔️ Aku ingin lebih menginginkan pribadi Tuhan daripada mukzizatNya.

Prayer
Tuhan, ajari aku menerima segala pemberianMu dengan ucapan syukur. Biarlah aku puas hanya dengan kehadiran Tuhan, bukan sekedar pemberianMu. Amin.

Palangka Raya, 23 Mei 2019
-Mega Menulis m-

Lukas 22, Amsal 22

Amsal 22

Scripture      
Amsal 22:22 (TB)  Janganlah merampasi orang lemah, karena ia lemah, dan janganlah menginjak-injak orang yang berkesusahan di pintu gerbang.

Observation
Aku paling kesal kalau bos menyalah-nyalahkan anak buahnya di depan orang lain. Pernah kejadian bosku menyuruh temanku mengerjakan sesuatu, dikerjakan sesuai petunjuk si bos. Begitu ada kesalahan, di muka umum bos ini menyalahkan temanku untuk menyelamatkan mukanya. Sejak itu, aku berjanji dalam hati, kalau punya staf ga akan menginjak-injak stafku. Kalau dia buat kesalahan, aku akan tegur empat mata dan gak akan mempermalukan dia. Bukannya membela diri dengan menyalahkan orang lain.

Aplication
✔️ Karena aku gak mau sembarangan menyalahkan pekerjaan stafku, aku harus lebih teliti, supaya jangan sampai ada kesalahan ditemukan bosku.

Prayer   
Tuhan, tolong aku untuk sungguh memperhatikan stafku dan gak sembarangan menyalahkan mereka. Amin.

Lukas 22

Scripture      
Lukas 22:27 (TB)  Sebab siapakah yang lebih besar: yang duduk makan, atau yang melayani? Bukankah dia yang duduk makan? Tetapi Aku ada di tengah-tengah kamu sebagai pelayan.

Observation
Yesus memberikan standar baru bagi seorang pemimpin, seorang pemimpin adalah dia yang bersedia melayani. Kalau jadi pemimpin hanya untuk merasa lebih besar dan berkuasa, lebih baik gak usah. Belajar punya hati yang mau melayani dan peka terhadap kebutuhan orang lain.

Aplication
✔️ Aku punya staf yang sedang hamil, jadi aku berusaha untuk gak merepotkan dia dan care dengan kehamilannya. Biasanya aku hanya mengecek pekerjaannya. Aku mau ikut meringankan pekerjaannya.

Prayer   
Tuhan, ajari aku melayani T. Amin.

Palangka Raya, 22 Mei 2019
-Mega Menulis-

Wednesday, May 22, 2019

Sacred Marriage (Chapter 10)

Jika kita ingin memasuki sebuah pernikahan kristiani yang sejati, kita harus bertanya kepada diri sendiri, "Bagaimana caranya melayani pasanganku?"
Seandainya suamiku membaca juga bagian ini alangkah indahnya pikirku, lah ini berarti aku dong yang lebih pengen dilayani ketimbang melayani #sigh. Aku bener-bener belajar lagi dalam hal 'melayani'  ini. Belajar konsisten untuk memenuhi kebutuhan suami tu gak mudah, seringnya aku semangat di awal terus ke belakangnya makin kendor. Paling simple sih, bikinkan kopi tiap hari ke suami aku kadang lupa, terganti dengan berbagai kesibukan lain. Belum lagi yang lainnya. Sering aku beralasan kalau bahasa kasihku bukan melayani, bahasa kasihku kata-kata dan waktu berkualitas. Beda dong dengan suami yang bahasa kasihnya emang melayani. Sebenarnya ini harusnya jadi alasanku untuk melayani suami karena ini bahasa kasihnya karena ini membuat dia merasa dikasihi. Aku mau belajar tiap hari bertanya "Bagaimana caranya aku melayani suamiku hari ini ?" dan melakukannya. Semoga aku bisa konsisten tiap harinya melakukan ini.

Keindahan pernikahan terjadi ketika keegoisan kita ditantang dan kita dituntut untuk melayani 24 jam sehari. Pada waktu kita dalam kondisi paling melelahkan, kehabisan tenaga, dan merasa frustrasi dengan diri sendiri, kita memiliki kesempatan untuk menghadapi perasaan mengasihani diri itu dengan bangkit dan melayani pasangan kita.
Harus aku akui ini susah banget. Aku bener-bener harus berdisiplin dalam hal melayani suami, gak cuma waktu mood, waktu pengen, waktu senang atau waktu merasa dikasihi. Ada kalanya aku capek dan berujung malas. Baru aja kejadian semalam, pulang dari seharian ke tempat mamaku dan menjenguk tanteku. Pulangnya aku mencoba menidurkan Sara dan Sofia, dah posisi tidur Sofia eh susunya Sara habis dan suami berkeras botolnya harus dicuci. Aku gak mau karena capek dan takut Sofi kebangun ntar makin lama dong baru bisa tidur (ya, aku seegois itu). Mauku, tambahin aja susunya Sara dan kasih sampai dia tidur. Baru deh dicuci. Ini nggak. Emang sih suami yang cuci dot tapi akibatnya Sara gak jadi tidur dan Sofia ikut kebangun gara-gara Sara ribut. Mereview kejadian semalam, aku merasa bersalah dan berharap aku bisa mengulanginya tapi aku ga egois dan bersukacita mencuci dot walaupun bakal tidur makin malam. Tapi sudah terjadi. Ke depannya aku harus melawan keegoisanku dan bangkit melayani suami dengan sukacita tanpa ngedumel.

Setiap harinya kita harus mati terhadap keinginan kita yang egois dan bangkit sebagai seorang hamba yang siap melayani.
Selalu siap melayani setiap waktu bukan pengennya dilayani. Belajar menyangkal diri dan menyalibkan daging berarti.

Inisiatif melayani merupakan sebuah disiplin rohani yang hanya dapat dihidupi dengan menerapkannya kepada orang lain.
Berinisiatif melayani gak bisa cuma "MAU" atau "INGIN" tapi harus dilakukan! Dan konsisten!  Harus berdisiplin dan memaksa diri sampai akhirnya menjadi kebiasaan dan gaya hidup. Berat. Tapi bukan berarti gak bisa. Saat aku gagal, aku gak boleh beralasan, "Ah, aku emang gini orangnya, susah untuk berubah".  Gak boleh cari alasan, tapi cari cara.

Tuhan selalu layak ditaati, dan Tuhan memanggil saya untuk melayani pasangan saya. Jadi tak peduli bagaimana ia memperlakukan saya pada waktu tertentu, saya dipanggil untuk menanggapinya dengan sikap seorang hamba.
Melayani walaupun kesal, walaupun gak mood, walaupun sedang marah sebagai wujud ketaatan pada Tuhan.

Yesus berkata kita dapat melakukan hal yang benar (memberi uang, misalnya) untuk alasan yang salah (seperti untuk pamer), sehingga kita kehilangan upah kita (lihat Matius 6:1-4). Kita bisa saja melayani orang lain dengan motivasi yang salah. Anda akan menemukan sukacita sejati ketika sungguh-sungguh melayani dengan hati yang benar.
"Oh, Tuhan murnikan motivasiku dalam melayani suami",  ini doaku. Terkadang motivasiku supaya suami berubah dalam hal tertentu. Dan tentu saja waktu aku gak mendapatkan yang aku mau, aku kecewa dan mulai malas melayani suami. Melayani suami karena Kristus lebih dulu melayaniku. Kristus bahkan melayani Yudas yang akan mengkhianatiNya, sungguh luar biasa. Mau belajar melayani suami dengan sukacita walaupun aku dikecewakan. Melayani sebagai bentuk ketaatan pada Tuhan dan hati yang benar. Supaya tetap bersukacita.

Bagaimana caranya sepasang suami istri dapat menggunakan uang dan waktu mereka untuk saling melayani dan bukannya untuk menguasai atau memanipulasi pasangannya? Dengan menghargai pasangan anda, berusaha untuk memahaminya, membuang semua egoisme anda, dan tidak buru-buru menyimpulkan bahwa tugas anda, waktu anda dan keinginan anda adalah yang paling penting.
Bagian ini kena banget. Karena aku bakal dapat THR suami pengen aku ganti HP dengan budget lebih besar daripada yang aku anggarkan. HPku memang udah pecah layarnya dan drop baterenya. Aku maunya beli HP dengan budget sekian juta, suami mau beli dua kali lipatnya. Kalau bisa aku malah nunggu HP sekarang mati sekalian lo daripada ganti yang baru sekarang. Suami maunya yang harga dua kali lipat, alasannya beli yang bagus sekalian jadi aku bisa pake lama.  Kalau dipikir-pikir, aku konyol juga sih, HP buatku tapi aku ga mau beli yang bagus sekalian. Cuma ya itu tadi, karena ngerasa ini uang THRku ya harusnya ikutin mauku dong. Aku maunya beli saham atau emas, lol. Tapi, aku belajar untuk memahami keinginan suami untuk kasih yang terbaik. Suami semangat banget liat review bermacam-macam HP dan survei berbagai toko untuk liat harganya. Ya sudahlah. Aku nurut aja sama suami, beli sesuai sarannya dia.

Kadang ketika pikiran saya baru jelek, ada godaan untuk bersikap jual mahal mengetahui istri saya "sedang ingin".
Kadang kalau kesal sama suami, ada pemikiran kayak gini tentang seks. Tapiiii.... Aku belajar lawan sekarang. Seks bukan alat barter untuk mendapatkan yang aku mau atau bukan balas dendam. Seks adalah sarana saling melayani. Aku belajar bersikap aktif, menawarkan ke suami, bukan hanya pada saat diminta.

Menjadi makin serupa dengan Kristus adalah esensi dari kekristenan. Tidak ada seorang pun dari kita yang dapat dengan tulus berkata bahwa ia telah sukses menjadi seorang hamba. Pernikahan kita menyediakan kesempatan  untuk setiap harinya didorong makin jauh ke arah ini.
Yes.  Aku mau belajar dan berlatih melalui pernikahanku dan menjadi makin serupa dengan Kristus.

Palangka Raya,  19 Mei 2019
-Mega Menulis-

Lukas 21, Amsal 21

Amsal 21

Scripture      
Amsal 21:17 (TB)  Orang yang suka bersenang-senang akan berkekurangan, orang yang gemar kepada minyak dan anggur tidak akan menjadi kaya.

Observation
Tadi siang aku sharing dengan teman seruanganku tentang pemakaian uang. Katanya kalau dia pengen sesuatu ya dibeli aja, lah kalau selalu gitu emang cukup gaji sampai akhir bulan? Dia bilang ya dicukup-cukupin lah sampai akhir bulan. Wow! Kalau aku gak mau beli barang yang gak aku perlukan. Emang temanku tadi masih single jadi gak mikir panjang. Ya sudahlah, yang penting aku udah share, terserah dia aja lagi.

Aplication
✔️ Aku mau buat tulisan simple tentang pemakaian uang dll di blogku. Aku bukan ahli masalah keuangan tapi siapa tahu jadi berkat buat orang lain. Untuk Sara dan Sofia juga someday.

Prayer   
Tuhan, ajar aku menjadi penatalayan yang baik atas keuangan yang Tuhan percayakan padaku. Amin.

Lukas 21

Scripture      
Lukas 21:4 (TB)  Sebab mereka semua memberi persembahannya dari kelimpahannya, tetapi janda ini memberi dari kekurangannya, bahkan ia memberi seluruh nafkahnya."

Observation
Memberi dari kekurangan tanpa merasa takut kekurangan, bagaimana caranya? Dengan mempercayai Allah sepenuhnya. Bahwa gak ada satu hal pun di dalam hidupku yang terjadi tanpa Tuhan tahu. Bahwa Allahku sanggup memenuhi segala keperluanku menurut kasih karuniaNya.

Aplication
✔️ Aku harus mempercayai Allah sepenuhnya kalau ingin memberi tanpa merasa takut kekurangan.

Prayer   
Tuhan, kekuatiranku adalah tanda ketidakpercayaanku pada Tuhan. Ampunilah aku ya Tuhan. Aku mau belajar memberi dari kekuranganku. Tolonglah aku yang sering kuatir ini. Amin.

Palangka Raya, 21 Mei 2019
-Mega Menulis-

Lukas 20,Amsal 20

Lukas 20

Scripture      
Lukas 20:25 (TB)  Lalu kata Yesus kepada mereka: "Kalau begitu berikanlah kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah!"

Observation
Apa yang wajib aku berikan kepada pemerintah? Pajak. Aku selalu bayar pajak penghasilan, wong dipotong langsung kok dari gajiku. Tapi pajak yang lain untuk tahun ini belum aku bayar : pajak motor, pbb, dan tanahku yang masih SPT. Untuk tanah ini lokasinya di Kasongan dan sampai sekarang aku belum mengurusnya. Diingatkan untuk bayar kewajibanku, dimulai dengan mengurus surat-suratnya.

Aplication
✔️ Aku mau mengisi formulir yang sudah aku ambil dan mengisinya,  segera diurus dan jangan menunda-nunda.

Prayer    
Tuhan, jangan biarkan penundaan membuatku gak taat. Tolong aku untuk setia dalam perkara ini. Amin.

Amsal 20

Scripture      
Amsal 20:29 (TB)  Hiasan orang muda ialah kekuatannya, dan keindahan orang tua ialah uban.

Observation
Ubanku banyak 😂 Terkadang miris, uban banyak, eh rambut rontok yang rontok malah yang hitamnya. Baca ayat ini terhibur sangat. Gak semua orang lo sempat beruban karena semakin tua. Ada yang masih muda sudah dipanggil Tuhan. Uban ini seharusnya mengingatkanku akan kesetiaan Tuhan. Dari dulu sampai aku tua, Tuhan gak pernah berhenti menopang hidupku. Amin.

Palangka Raya, 20 Mei 2019
-Mega Menulis-

Lukas 19, Amsal 19

Amsal 19

Scripture      
Amsal 19:8 (TB)  Siapa memperoleh akal budi, mengasihi dirinya; siapa berpegang pada pengertian, mendapat kebahagiaan.

Observation
Kemarin sore menjenguk tanteku yang cuci darah. Dia sudah pulang ke rumah, tapi ada jadwal rutin harus cuci darah. Dia cerita begitu banyak pantangan makannya (ga boleh makan buah, ga boleh makan yang tinggi protein, ga boleh makan tingi serat, dll) dan minum pun setiap hari gak boleh banyak, kalau bisa segelas sehari. Sungguh perjuangan berat. Aku tahu, karena aku yang menjaga papaku selama cuci darah semasa hidupnya dan papaku susah sekali menjaga pola makannya. Aku bersyukur tanteku  cukup mengasihi dirinya jadi sungguh berjuang untuk menjaga diri dari pantangannya.

Aplication
✔️ Aku pun mau berjuang mengasihi diriku dengan menjaga makanku, ga mau ah menunggu sakit.
✔️ Berdoa buat tanteku supaya bisa segera beradaptasi dengan segala pantangan makam dan kondisinya yang baru.

Prayer    
Tuhan, terima kasih buat pelajaran yang aku dapat dari Mina Nara. Aku mau belajar terus mengendalikan diriku terutama mulutku. Tolong kami ya Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 19 Mei 2019
-Mega Menulis-

Lukas 18

Lukas

Scripture      
Lukas 18:9 (TB)  Dan kepada beberapa orang yang menganggap dirinya benar dan memandang rendah semua orang lain, Yesus mengatakan perumpamaan ini:

Observation
Aku merasa ayat ini berbicara keras ke aku, hari ini aku memandang rendah orang lain karena suatu hal. Padahal, kalau aku boleh ada sebagaimana aku ada sekarang, itu semua kasih karunia Tuhan, aku gak punya alasan untuk memegahkan diri. Setiap orang punya prosesnya masing-masing.

Aplication
✔️ Aku gak boleh memandang diri tinggi dan menganggap orang lain lebih rendah.

Prayer    
Tuhan, Engkau tahu hatiku. Aku bertobat Tuhan, aku sama berdosanya dengan orang lain. Aku gak boleh memandang rendah dia.  Ampuni aku ya Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 18 Mei 2019
-Mega Menulis-

Lukas 17, Amsal 17

Lukas 17

Scripture      
Lukas 17:15 (TB)  Seorang dari mereka, ketika melihat bahwa ia telah sembuh, kembali sambil memuliakan Allah dengan suara nyaring,

Observation
Banyak yang meminta, banyak yang menerima apa yang dimintanya, tapi tidak semua yang menerima itu berterima kasih. Aku mau jadi orang yang kembali dan berterima kasih kepada TUHAN yang telah berkenan mengabulkan doaku.

Aplication
✔️ Aku mau bersyukur rsyukur untuk setiap doa yang Tuhan jawab.

Amsal 17

Scripture      
Amsal 17:22 (TB)  Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang.

Observation
Teringat tanteku yang harus menjalani cuci darah, dalam minggu ini sudah dua kali dia menjalani cuci darah. Aku sedih kalau melihat tanteku, teringat juga anaknya yang masih kecil. Papaku dulu juga cuci darah dan umurnya gak sampai setahun dari dimulai cuci darah. Aku mau berdoa supaya tanteku selalu bersukacita di dalam Tuhan biar itu jadi obat yang manjur baginya.

Aplication
✔️ Berdoa buat Mina Nara supaya selalu bergembira dan bersemangat menjalani proses yang harus dilaluinya.

Prayer    
Tuhan, hanya Engkau yang mampu membuat Mina Nara bersukacita saat ini, jadilah satu-satunya sumber sukacitanya ya TUHAN. Amin.

Palangka Raya, 17 Mei 2019
-Mega Menulis-

Lukas 16

Lukas 16

Scripture      
Lukas 16:10 (TB)  "Barangsiapa setia dalam perkara-perkara kecil, ia setia juga dalam perkara-perkara besar. Dan barangsiapa tidak benar dalam perkara-perkara kecil, ia tidak benar juga dalam perkara-perkara besar.

Observation
Sedang agak kesal dengan bosku, aku disuruh mengerjakan pekerjaan yang bukan tupoksiku, seharusnya kasubag keuangan yang mengerjakan. Bukan pekerjaan yang sulit sih, tapi lebih ke, kenapa harus aku. Lalu aku berpikir positif dengan mikir, oh mungkin temanku kasubag keuangan sedang sibuk, oh mungkin supaya aku mengerti masalah keuangan, supaya aku dapat kesempatan belajar. Ya sudahlah, cukup aku tahu dan selesaikan pekerjaan ini. Yang penting selesai. Tapiii.... Ayat di atas mengingatkanku untuk setia dalam perkara-perkara kecil, melakukan yang terbaik! Gak asal selesai.

Aplication
✔️ Aku mau melakukan yang terbaik di kantor, gak peduli pekerjaan itu tupoksiku atau bukan.

Prayer 
TUHAN, aku mau setia melakukan perkara kecil dan memberikan yang terbaik, tolong aku Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 16 Mei 2019
-Mega Menulis-

Thursday, May 16, 2019

Lukas 15, Amsal 15

Amsal 15

Scripture       
Amsal 15:12 (TB)  Si pencemooh tidak suka ditegur orang; ia tidak mau pergi kepada orang bijak. 

Observation
Aku udah pernah share pengen beli HP baru karena HPku yang sekarang suka tahu-tahu mati gitu, baterenya drop. Sudah bilang sama suami pengen beli yang 2 juta-an aja,yang penting bisa dipake, hahaha. Terus suami pengennya beli yang lebih mahal lagi, biar sekalian bagus. Aku sayang duit segitu buat beli HP, mending buat beli emas atau saham, buat tabungan. Kalau aku ngotot, suami pasti bilang terserah sih, tapi kok aku ga damai sejahtera ya. Akhirnya coba tanya pendapat beberapa teman. Dan semua kompak:udah turutin aja suami. F share kalau pria itu akan senang bisa nolong istri, kasih buat istri, jadi kalo lo dia offer help or something ya gak papa terima aja. Sampe dibilang, belilah buat suami. Y juga share kalau HP suaminya mehong dan dia biasa aja HPnya karena takut HPnya hilang atau jatuh, tapi jadi dibecandain temennya karena suami pake Iphone dan istri pake HP Cina. Maybe jadi kebanggaan buat suami ya karena bisa kasih yang terbaik buat istri. Iya sih, aku emang gak enak beli HP agak mehong, karena aku agak ceroboh dan keuangan bukan lagi yang berlebih sekarang. Tapi share dari teman-teman bikin aku ingat suami emang dah usaha banget liat testimoni dan review HP gitu buatku. He want me get the best. Yo wes lah. Manut wae.

Aplication
✔ Tadi aku dah bilang suami, pesan aja HP yang kamu bilang kemarin. Suami langsung semangat lo...
✔ Next, berusaha selalu dengarkan saran suami. Berasa sih bersalah, kok dikasi masukan sama teman langsung klik. Sama suami mikir lama banget.

Prayer   
Tuhan  aku bersyukur buat wanita bijak yang Tuhan di sekelilingku. Aku mau belajar lebih lagi mendengarkan nasehat. Berikan aku kepekaan ya Tuhan. Amin.

Lukas 15

Scripture       
Lukas 15:29 (TB)  Tetapi ia menjawab ayahnya, katanya: Telah bertahun-tahun aku melayani bapa dan belum pernah aku melanggar perintah bapa, tetapi kepadaku belum pernah bapa memberikan seekor anak kambing untuk bersukacita dengan sahabat-sahabatku.

Observation
Kasihan sekali anak sulung ini, fisiknya bersama bapanya tapi dia gak bisa menikmati berkat dari bapanya. Dia gak punya kuasa untuk menikmatinya. Dia sibuk menaati dan melayani bapanya TAPI tanpa sukacita. Jangan sampai aku seperti anak sulung ini, aku mengaku tinggal di dalam BAPA tapubga ada sukacita,pelayanan dan ketaatan hanya jadi kewajiban. Aku gak mau gak bisa menikmati berkat BAPA.

Aplication
✔ Aku mau bersyukur atas setiap berkat yang Tuhan berikan dengan sukacita, bukan menerimanya sebagai hal biasa.
✔ Aku mau bersukacita dalam setiap pelayanan dan ketaatanku kepada TUHAN.

Palangka Raya, 15 Mei 2019
-Mega Menulis-

Lukas 14, Amsal 14

Lukas 14

Scripture       
Lukas 14:28 (TB)  Sebab siapakah di antara kamu yang kalau mau mendirikan sebuah menara tidak duduk dahulu membuat anggaran biayanya, kalau-kalau cukup uangnya untuk menyelesaikan pekerjaan itu?

Observation
Dalam dua bulan ini aku bakal dapat uang kaget (THR dan gaji 13). Aku gak mau uang ini habis begitu saja. Dari sekarang aku sudah membuat perencanaan uangnya untuk aku apakan saja. Aku bener bener belajar jadi penatalayan yang setia dan bertanggung jawab atas pendapatan yang kuterima.

Aplication
✔ Share sama suami perencanaan untuk 'uang kaget' yang aku terima ke suami supaya gak sembarangan menggunakannya nanti. Tetap sesuai rencana.

Prayer   
Tuhan, tolong aku supaya menggunakan berkat yang aku terima dengan bertanggung jawab. Amin.

Amsal 14

Scripture       
Amsal 14:17 (TB)  Siapa lekas naik darah, berlaku bodoh, tetapi orang yang bijaksana, bersabar. 

Observation
Pagi ini bangun telat karena semalaman Sara dan Sofia rewel, minta susu beberapa kali, popoknya bocor. Aku bangun dalam keadaan pusing pulak. Sibuk ngurus rumah gak sempat sarapan. Pas dijemput suami istirahat siang malah mau mampir ke JNE padahal perut dah perih, udah mau murka aja rasanya. Udah mau ngomel. Tapi, alih-alih ngomel, aku ingat ayat ini dan minta dimampirkan ke Alfamart beli kue dan jelaskan kalau perutku dah perih.  Puji Tuhan, aku kenyang dan tenang. Ga jadi deh ngomel.

Aplication
✔ Daripada naik darah dan berbuat bodoh, lebih baik komunikasikan kebutuhanku dengan manis ke suami.

Prayer   
Terima kasih Tuhan karena Tuhan gak biarkan aku berlaku bodoh. Aku bisa bersabar hari ini. Terima kasih Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 14 Mei 2019
-Mega Menulis-

Lukas 13, Amsal 13

Amsal 13

Scripture       
Amsal 13:7 (TB)  Ada orang yang berlagak kaya, tetapi tidak mempunyai apa-apa, ada pula yang berpura-pura miskin, tetapi hartanya banyak. 

Observation
Pa Sara sedang asyik cari info HP baru buatku, rencana kalau THR keluar, aku mau beli HP. Yang aku pake sekarang, makin parah, sebentar aja bisa mati. Kalau liat spesifikasi, yang bagus minimal 5 juta-an. Kadang pengen sih kayak adekku yang baru beli HP harga segitu. Teman di kantor juga ada yang dengan gampangnya beli HP harga segitu. Pikirku, lumayan juga kali ya kalau beli. Tapiii.... Dipikir-pikir. Buat apa Meg habiskan THR cuma buat HP?  Aku gak perlu HP harga segitu. Masih banyak kebutuhan lain, untuk apa aku memaksakan diri?

Aplication
✔ Aku gak mau habiskan THR cuma buat beli HP. Maksimal harganya 1/2 dari THR nanti. Kalau ada yang lebih murah, lebih baik, bisa saving lebih banyak.

Lukas 13

Scripture       
Lukas 13:7 (TB)  Lalu ia berkata kepada pengurus kebun anggur itu: Sudah tiga tahun aku datang mencari buah pada pohon ara ini dan aku tidak menemukannya. Tebanglah pohon ini! Untuk apa ia hidup di tanah ini dengan percuma!

Observation
Ini sudah tahun ketiga aku ikut BRG. Sudah tahun ke-19 sejak aku menerima Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamatku. Apakah hidupku sudah menghasilkan buah yang Tuhan inginkan? Adakah buah roh? Adakah buah jiwa? Buah pelayanan? Diingatkan lagi komitmen untuk berbuah tahun ini.

Aplication
✔ Berdoa buat jiwa-jiwa yang dari awal tahun aku komitmen untuk mengenalkan Kristus lebih sungguh.
✔ Pengendalian Diri adalah buah roh yang tahun ini jadi fokusku. Dan saat aku evaluasi, aku masih sering gagal mengendalikan diri.
✔ Pelayanan di Pearl tahun ini, aku baru menulis sebagian dari artikel yang menjadi 'jatahku'

Prayer   
Tuhan, aku mau menghasilkan buah bagi kemuliaan Tuhan. Tolong aku di sepanjang aisa tahun ini lebih sungguh melakukan komitmenku. Berikan aku kerajinan dan semangat untuk menghasilkan buah. Amin.

Palangka Raya, 13 Mei 2019
-Mega Menulis-

Lukas 12, Amsal 12

Amsal 12

Scripture       
Amsal 12:24 (TB)  Tangan orang rajin memegang kekuasaan, tetapi kemalasan mengakibatkan kerja paksa. 

Sunday, May 12, 2019

Sacred Marriage (Chapter 9)


Lawan dari kasih bukanlah kebencian, tetapi ketidakpedulian.
Sudah menikah terus benci sama suami sendiri? Puji Tuhan, aku gak pernah. Tapi gak peduli? Dengan berat hati aku harus mengakui kalau pernah. Masih malah. Ada kalanya aku gak peduli suami sudah makan atau belum, yang penting anak sudah makan. Sering aku gak peduli suami sudah minum kopi atau ngga tiap hari, padahal aku tahu dia suka minum kopi. Kadang aku memutuskan sesuatu yang aku tahu beda dengan pendapat suami, yang berarti aku gak peduli dengan pendapat suami. SIGH. Padahal harusnya kalau aku mengasihi suami, aku peduli dengannya, memperhatikan pendapatnya, kebiasaannya, kesukaannya dan perasaannya. Sudah seminggu yang lalu aku baca bab ini tapi belum menulis refleksinya. Hari ini dong, aku memutuskan sesuatu yang beda dengan pendapat suami padahal suami bilang A, aku lakukan B. Teringat untuk lebih mempedulikan pendapat suami, akhirnya aku memutuskan mengikuti perkataan suami. Aku ubah  keputusanku. Dan berasa damai sejahtera.

Lukas 11, Amsal 11

Lukas 11

Scripture      
Lukas 11:11-12 (TB)  Bapa manakah di antara kamu, jika anaknya minta ikan dari padanya, akan memberikan ular kepada anaknya itu ganti ikan?
Atau, jika ia minta telur, akan memberikan kepadanya kalajengking?

Friday, May 10, 2019

Lukas 10, Amsal 10

Amsal 10

Scripture       
Amsal 10:26 (TB)  Seperti cuka bagi gigi dan asap bagi mata, demikian si pemalas bagi orang yang menyuruhnya. 

Lukas 9, Amsal 9

Lukas 9

Scripture       
Lukas 9:16 (BIMK)  Lalu Yesus mengambil lima roti dan dua ikan itu, kemudian menengadah ke langit dan mengucap terima kasih kepada Allah. Setelah itu Ia membelah-belah roti dan ikan itu dengan tangan-Nya lalu memberikannya kepada pengikut-pengikut-Nya untuk dibagi-bagikan kepada orang banyak itu.

Lukas 8, Amsal 8

Lukas 8

Scripture       
Lukas 8:3 (TB)  Yohana isteri Khuza bendahara Herodes, Susana dan banyak perempuan lain. Perempuan-perempuan ini melayani rombongan itu dengan kekayaan mereka.

Lukas 7

Lukas 7

Scripture       
Lukas 7:9 (TB)  Setelah Yesus mendengar perkataan itu, Ia heran akan dia, dan sambil berpaling kepada orang banyak yang mengikuti Dia, Ia berkata: "Aku berkata kepadamu, iman sebesar ini tidak pernah Aku jumpai, sekalipun di antara orang Israel!"

Lukas 6, Amsal 6

Lukas 6

Scripture
Lukas 6 :33 Sebab jikalau kamu berbuat baik kepada orang yang berbuat baik kepada kamu, apakah jasamu? Orang-orang berdosa pun berbuat demikian.

Lukas 5

Lukas 5

Scripture       
Lukas 5:30 (TB)  Orang-orang Farisi dan ahli-ahli Taurat bersungut-sungut kepada murid-murid Yesus, katanya: "Mengapa kamu makan dan minum bersama-sama dengan pemungut cukai dan orang berdosa?" 

Lukas 4, Amsal 4

Lukas 4

Scripture       
Lukas 4:28 (TB)  Mendengar itu sangat marahlah semua orang yang di rumah ibadat itu. 

Lukas 3, Amsal 3

Amsal 3

Sripture       
Amsal 3:28 (TB)  Janganlah engkau berkata kepada sesamamu: "Pergilah dan kembalilah, besok akan kuberi," sedangkan yang diminta ada padamu. 

Lukas 2

Lukas 2

Scripture       
Lukas 2:19 (TB)  Tetapi Maria menyimpan segala perkara itu di dalam hatinya dan merenungkannya. 

Lukas 1, Amsal 1

Lukas 1

Scripture       
Lukas 1:80 (TB)  Adapun anak itu bertambah besar dan makin kuat rohnya. Dan ia tinggal di padang gurun sampai kepada hari ia harus menampakkan diri kepada Israel.

Observation
Aku highlight kalimat :"Adapun anak itu bertambah besar dan makin kuat rohnya".  Wow! Makin besar fisik Yohanes, semakin besar juga rohnya. Bagaimana dengan anak-anakku? Sudahkah demikian? Belum. Aku sadar belum kasih makan roh anakku dengan makanan rohani yang cukup. Roh makin kuat kalau diberi makanan rohani yang cukup. Sejak kami pindah, mereka beluk bersekolah Minggu karena jadwal SHM di gereja dekat rumah ini sebelum jam ibadah raya. Akhir-akhir ini aku juga jarang baca Alkitab sebelum tidur buat anak-anak. Sekarang  Sara kalau berdoa sebelum tidur malah jadi cerita aktivitasnya seharian ke Tuhan Yesus dan kami biarkan sih, supaya dia tahu dan merasa Tuhan Yesus itu dekat.

Tuesday, April 30, 2019

Hagai 2, Amsal 30, Amsal 31

Amsal 30

Scripture      
Amsal 30:15 (TB)  Si lintah mempunyai dua anak perempuan: "Untukku!" dan "Untukku!" Ada tiga hal yang tak akan kenyang, ada empat hal yang tak pernah berkata: "Cukup!"

Observation
Akhir-akhir ini aku benar-benar belajar mencukupkan diri dengan apa yang kumiliki. Kesal melihat HP yang semakin sering mati akhir-akhir ini. Pengen sekali beli HP baru. Semakin tergoda dengan cicilan kredit 0% setahun untuk beli HP tapi aku sama suami komitmen ga mau utang konsumtif. Yo wes lah.

Aplication
✔️ Menggunakan yang ada dan bersyukur. Saat melihat HP ini, aku bersyukur masih bisa hidup ni HP, meskipun bisa mati tiba-tiba.

Prayer  
Tuhan, aku mau puas dengan keadaan HPku saat ini. Tolong aku untuk selalu bersyukur. Amin.

Amsal 31

Scripture      
Amsal 31:21 (TB)  Ia tidak takut kepada salju untuk seisi rumahnya, karena seluruh isi rumahnya berpakaian rangkap. 

Observation
Aku bukan orang yang suka belanja baju jadi kurang perhatikan untuk beli pakaian kalau gak butuh amat. Aku jadi ingat, sambil lalu beberapa hari yang lalu suami bilang pengen beli celana panjang, dia emang jarang banget beli pakaian karena dia apik banget sama barangnya.

Aplication
✔️ Weekend mau beli celana panjang buat suami.

Hagai 2

Scripture      
Hagai 2:3 (TB)  (2-4) Masih adakah di antara kamu yang telah melihat Rumah ini dalam kemegahannya semula? Dan bagaimanakah kamu lihat keadaannya sekarang? Bukankah keadaannya di matamu seperti tidak ada artinya?

Observation
Kemegahan bait suci gak seperti awal baru dibangun. Sekarang, bagaimana dengan diriku sebagai bait Allah, apakah sudah sesuai rancangan awal Allah? Tempat Roh Kudus berdiam di dalamnya. Benarkah Allah sungguh bertahta dalam hati dan hidupku?

Aplication
✔️  Kalau sungguh Allah yang bertahta dalam hidupku, aku harus hidup dalam ketaatan kepada Allah.

Palangka Raya, 30 April 2019
-Mega Menulis-

Amsal 29, Mazmur 119

Mazmur 119

Scripture      
Mazmur 119:9 (TB)  Dengan apakah seorang muda mempertahankan kelakuannya bersih? Dengan menjaganya sesuai dengan firman-Mu.

Observation
Ada penelitian LIPI dengan kantorku, dan aku yang dipilih jadi mitra lokal dari kantorku. Penelitiannya berbentuk pengisian kuesioner ke responden, jumlahnya cukup banyak 1200. Enumerator (pengambil data)  hanya 15 orang dan waktu pengambilan data cuma 2 minggu. Cukup rumit kuesionernya dan penentuan respondennya. Kemungkinan kata suami, banyak enumerator yang akan memanipulasi data. Apalagi lokasi di Kecamatan cukup sulit medannya. Ah, nggak lah kubilang. Tapi kata suami, godaan untuk berdusta sangat besar. KALAU aku gak mau ah, mending kasih tahu aja kesulitannya daripada bohong. Tapi tiap orang beda,gak semua orang bisa menjaga dirinya tetap jujur di tengah tantangan seperti itu. Aku dan suami diingatkan untuk mendidik anak untuk jujur.  Dan caranya dengan beri teladan dan tanam benih firman Tuhan.

Aplication
✔️ Jaga kelakuanku dengan Firman Tuhan supaya jadi teladan buat anak.

Prayer
Tuhan, aku perlu FirmanMu untuk menjaga kelakuanku. Tolong aku untuk bertekun dalam firmanMu. Amin.
  
Amsal 29

Scripture      
Amsal 29:5 (TB)  Orang yang menjilat sesamanya membentangkan jerat di depan kakinya.

Observation
Bersikap baik ke orang lain tanpa ada agenda atau motivasi tersembunyi. Gak  berbaik-baik hanya untuk mendapatkan sesuatu. Harus tulus. Gak boleh beda di depan dan di belakang.

Aplication
✔️ Bersikap tulus.Jadi diri sendiri yang terbaik dalam memperlakukan orang lain.

Palangka Raya, 29 April 2019
-Mega Menulis-

Amsal 28, Mazmur 118, Mazmur 119

Amsal 28

Scripture      
Amsal 28:21 (TB)  Memandang bulu tidaklah baik, tetapi untuk sekerat roti orang membuat pelanggaran.

Observation
Baca sharing Titin kemarin teringat seseorang yang kukenal di kantorku. Dia bersikap baik ke semua orang di luar bidangnya dan ke tamu yang datang ke kantor, tapi ke stafnya yang setiap hari membantu pekerjaannya malah ditekan habis-habisan. Speechless deh ngeliatnya. Sampai-sampai ada yang bilang, dia memang begitu orangnya, pengen dianggap baik sama orang tapi sama anak buahnya tegaan. Dulu aku berpikir kalau aku lebih baik bersikap baik ke stafku daripada bersikap baik ke tamu dari luar (yang bikin susah tiap datang, hahahaha).  Tapi, aku berpikir gitu pun salah, harusnya aku bersikap baik ke semua orang.

Aplication
✔️ Aku mau bersikap baik ke semua orang, ga peduli jabatannya.

Prayer   
Tuhan, jadikan aku saluran kasih karuniaMu dan melakukan kebaikan bagi semua orang. Supaya kasih Tuhan dirasakan orang lain. Amin.

Mazmur 118

Scripture      
Mazmur 118:24 (TB)  Inilah hari yang dijadikan TUHAN, marilah kita bersorak-sorak dan bersukacita karenanya!

Observation
Selalu ada perasaan tenang dan damai saat ingat kalau hari ini adalah hari yang dijadikan Tuhan. Diingatkan kalau Tuhan pegang kendali dalam hidupku, bahwa apapun yang terjadi HARI INI ada berada dalam kontrol Tuhan. Ada kebaikan yang Tuhan sediakan hari ini, aku akan bersorak-sorak dan bersukacita karena perbuatan Tuhan. Bahkan hal yang aku anggap buruk pun dijadikan Tuhan untuk melakukan kebaikan dalam hidupku.

Aplication
✔️ Saat merasa gak bersyukur, kesal, gak damai, marah atau kecewa hari ini. Aku mau mengingat kalau hari ini adalah hari yang dijadikan Tuhan, Doa memampukanku untuk bersukacita dan bersorak-sorak apapun yang terjadi.

Prayer   
Inilah hari yang dijadikan TUHAN, aku akan bersorak-sorak dan bersukacita karenanya. Amin.

Mazmur 117

Scripture      
Mazmur 117:1 (TB)  Pujilah TUHAN, hai segala bangsa, megahkanlah Dia, hai segala suku bangsa!

Observation
Segala suku bangsa memuji Tuhan dan mengagungkan Dia-sungguh pemandangan yang indah. Bagaimana yang belum mengenal Tuhan akan memuji Dia? Bagaimana mereka mengenal Tuhan kalau mendengar tentang Dia pun gak pernah. Diingatkan  tanggung jawabku untuk bersaksi kepada orang lain supaya mereka mengenal Tuhan. Di kantor aku punya teman  Muslim yang mulai suka curhat ke aku dan aku suka kasih saran based on firman Tuhan.  Aku berdoa supaya dapat kesempatan untuk bercerita tentang Yesus.

Aplication
✔️  Aku mau hidup sesuai FT, supaya hidupku menarik bagi yang belum mengenal Tuhan dan aku dapat kesempatan bersaksi tentang Tuhan dengan perkataan juga.

Prayer   
Tuhan, aku mau menjadi saksiMu dan dipakai sebagai saluran kasihMu. Mampukan aku ya Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 28 April 2019
-Mega Menulis-

Amsal 27, Mazmur 127

Mazmur 127

Scripture      
Mazmur 127:2 (TB)  Sia-sialah kamu bangun pagi-pagi dan duduk-duduk sampai jauh malam, dan makan roti yang diperoleh dengan susah payahsebab Ia memberikannya kepada yang dicintai-Nya pada waktu tidur.

Observation
Wuih, enak banget ya jadi orang yang dikasihi Tuhan. Ada berkat yang tersedia, bahkan sewaktu dia tidur. Siapa yang menyediakan? Tuhan. Jadi, sebagai anak yang dikasihi Tuhan. Aku gak perlu kuatir akan apa yang kuperlukan. Tuhan yang akan  memberikan. Kalau hal kecil mengenai makanan aja Tuhan sudah sediakan, apalagi yang lain yang kuperlukan. Stop kuatir Meg! Ada seorang temanku yang berkecukupan, bahkan berlebih. Beli HP harga 5 juta hal yang kecil buat dia, sementara bagi kami(aku dan suami) berpikir banget (dan ujung-ujungnya gak beli). Ini aja hp ngedrop melulu, aku belum bisa beli HP. Terus aku teringat, akhir tahun kemarin suami dapat HP yang harganya lebih dari 5 juta dari undian. Terus kalau diingat-ingat lagi, banyak sekali barang di rumah kami yang dapat dari undian:TV (2 biji), sepeda, hp, tab, magic com, printer, dll. Bukan berarti kami lebih diberkati dibandingkan kawanku tadi. Tapi cara Tuhan memberkati setiap anaknya berbeda-beda. Aku gak perlu menginginkan yang dimiliki orang lain.

Aplication
✔️ Bersyukur untuk berkat Tuhan setiap hari.
✔️ Aku gak perlu menginginkan berkat Tuhan yang diperuntukkan bagi orang lain.

Prayer   
Tuhan, ajari aku terus bersyukur buat berkatMu. Aku mau bersyukur seumur hidupku,gak hanya melihat apa yang ga aku miliki. Amin.

Amsal 27

Scripture      
Amsal 27:7 (TB)  Orang yang kenyang menginjak-injak madu, tetapi bagi orang yang lapar segala yang pahit dirasakan manis.

Observation
Sering kelaparan dan lapar mata akhir-akhir ini dan jadinya makan sembarangan, asal kenyang. Gak mikir berguna apa gak buat tubuh. Padahal sudah makan tapi tetap aja lapar. Berarti pikiranku yang lapar, bukan perutku.

Aplication
✔️ Kalau lapar di waktu yang bukan jam makan, aku mau minum air putih atau buah aja.
✔️  Aku mau belanja buah setiap dua hari sekali.

Palangka Raya, 27 April 2019
-Mega Menulis-

Amsal 26

Amsal 26

Scripture      
Amsal 26:17 (TB)  Orang yang ikut campur dalam pertengkaran orang lain adalah seperti orang yang menangkap telinga anjing yang berlalu.

Observation
Mendengarkan curhatan seorang teman tentang pasangan hidupnya kadang membuatku gatal pengen kasih tahu pasangannya, apalagi aku mengenal dan dekat dengan keduanya. Tapi aku menahan diri, rasanya gak pas. Bukan karena aku gak peduli. Tapi, aku hanya mendengarkan dari satu sisi saja. Dan aku gak diminta untuk ikut campur pulak. Si teman hanya curhat.

Aplication
✔️ Aku mau mendengarkan dengan bijak gak asal mengeluarkan komentar sebelum tahu masalah dari dua sisi.
✔️ Aku mau mendorong temanku untuk mengkomunikasikan perasaannya dengan suaminya dan tetap bersikap manis.
✔️ Belajar berdoa daripada aku ikut campur. Lebih baik Tuhan yang campur tangan dalam rumah tangga kawanku, daripada aku.

Prayer   
Tuhan engkau tahu masalah yang dialami temanku ini. Biarlah dia mencari TUHAN dalam segala sesuatu dan menjadikan Tuhan yang utama. Amin.

Palangka Raya, 26 April 2019
-Mega Menulis-

Thursday, April 25, 2019

Amsal 25, Mazmur 115

Mazmur 115

Scripture  
Mazmur 115:11-12 (TB)  Hai orang-orang yang takut akan TUHAN, percayalah kepada TUHAN! — Dialah pertolongan mereka dan perisai mereka.
TUHAN telah mengingat kita; Ia akan memberkati, memberkati kaum Israel, memberkati kaum Harun,

Observation
Tuhan mengingat dan memberkati mereka yang percaya kepadaNya.Itu adalah pernyataan yang sangat indah. Di saat sepertinya kulihat orang lain kok mendapat berkat tapi aku nggak maka mengingat kalau Tuhan sebenarnya gak melupakan aku, aku lega. Masalahnya adalah, apakah aku selalu mengingat Tuhan dan menyenangkan Dia? Apakah kerinduanku yang terbesar adalah Dia? Apakah Dia yang menjadi tujuan hidupku?

Aplication
✔️ Bagaimana aku bisa selalu mengingat Tuhan?  Aku harus melibatkan Tuhan dalam setiap hariku dan hatiku tertuju padaNya. Seperti orang yang jatuh cinta dan selalu mengingat orang yang dia cintai. Menghubung-hubungkan segala sesuatu dengan orang yang dia cintai, aku juga mau melakukan itu.

Prayer   
Tuhan, terima kasih karena selalu mengingatku dan memberkatiku. Aku mau bertumbuh dalam komitmen mencintai Tuhan, biar aku selalu mengingat dan menyenangkan hatiMu. Amin.

Amsal 25

Scripture      
Amsal 25:28 (TB)  Orang yang tak dapat mengendalikan diri adalah seperti kota yang roboh temboknya.

Observation
Selain mengendalikan diri dalam hal makan memakan selama di Jakarta ini, pergumulanku yang lain adalah menahan diri untuk gak berbelanja online secara berlebihan. Duh. Di sini sebentar aja barang dah diantar, ongkir murah pula, jadi gatal deh beli barang-barang yang selama ini aku masukkan keranjang doang. Suami emang titip beli beberapa barang yang diperlukan, nah aku? Cuma pengen doang. Hais.

Aplication
✔️ Aku berbelanja sesuai list yang diberikan suami aja.

Prayer   
Tuhan, ajar aku mengendalikan nafsu belanjaku, aku hanya mau beli apa yang kuperlukan. Amin.

Palangka Raya, 25 April 2019
-Mega Menulis-

Amsal 24

Amsal 24

Scripture      
Amsal 24:13 (TB)  Anakku, makanlah madu, sebab itu baik; dan tetesan madu manis untuk langit-langit mulutmu.

Observation
Sara dan Sofia setiap hari kami berikan madu karena kami anggap baik. Sharing Ci Lia tadi membuatku merenung, apakah kami sudah memberikan madu bagi jiwa mereka? Kata-kata manis yang membuat mereka merasa dicintai,yang mengencourage mereka. Aku ingat kalau papa mamaku bukan orang yang bahasa kasihnya perkataan, mereka gak pernah bilang kalau mereka sayang aku. Akibatnya, terkadang aku merasa gak dikasihi.

Aplication
✔️ Aku setiap hari sudah bilang 'Mama sayang Sara', aku mau lebih sering encourage dia dan gak sekedar menuntut ini itu. Aku mau dia merasa dikasihi.

Prayer  
Tuhan, tolonglah aku membuat anak-anakku merasa dikasihi. Tolong aku untuk berkomitmen mengasihi mereka dengan kasihMu. Amin.

Palangka Raya, 24 April 2019
-Mega Menulis-

Amsal 23, Mazmur 113

Scripture      
Amsal 23:2 (TB)  Taruhlah sebuah pisau pada lehermu, bila besar nafsumu!

Observation
Mulai besok sampai tanggal 26 aku akan mengikuti rakor di Jakarta. Kalau udah rakor, kerjaan cuma makan duduk doang,hadeh. Mana makanannya enak-enak biasanya, bisa kalap deh. Bener-bener reminder banget baca ayat ini sehari sebelum rakor,kalau makan gak boleh nafsu diutamakan. Makan secukupnya aja.

Aplication
✔️ Ambil makanan secukupnya, jangan nurutin nafsu.

Prayer   
Tuhan, aku mau mengendalikan diriku dan menahan nafsu makanku. Berikan aku makanan secukupnya. Amin.

Mazmur 113

Scripture      
Mazmur 113:3 (TB)  Dari terbitnya sampai kepada terbenamnya matahari terpujilah nama TUHAN.

Observation
Sara lagi suka banget nyanyi lagu Dari Terbit Matahari, dan dia seneng banget kalau kami yang mendengar ikut menyanyikannya. Bener-bener deh si Sara kalau udah nyanyi lagu yang disukainya diulang terus-menerus sampai kadang kita yang dengar bosan. Anehnya, dia gak bosan, hahaha. Bosankah aku kalau harus memuji Tuhan sepanjang hari? Belajar dari Sara yang gak bosan memuji Tuhan Meg!

Aplication
✔️ Aku mau tiap hari memuji Tuhan dengan gak bosan-bosan.

Prayer
Tuhan, buka mata hatiku biar aku memandangMu dan menemukan alasan untuk memujiMu setiap hari. Amin.

Palangka Raya, 23 April 2019
-Mega Menulis-

Monday, April 22, 2019

Lidia : Pebisnis Wanita yang Menyerahkan Hidupnya Kepada Kristus

Kali ini kita akan mengenal lebih dekat seorang businesswoman yang terkenal di zamannya. Dialah Lidia, seorang penjual kain ungu dari Tiatira. Tidak dicantumkan di Alkitab apakah dia menikah atau tidak. Kita tidak tahu seberapa besar kota Tiatira namun nama Lidia sangat terkenal—hingga keterangan itu yang disematkan oleh penulis Kisah Para Rasul (selengkapnya bisa dibaca di Kisah Para Rasul 16:1-40).

Seorang dari perempuan-perempuan itu yang bernama Lidia turut mendengarkan. Ia seorang penjual kain ungu dari kota Tiatira, yang beribadah kepada Allah. Tuhan membuka hatinya, sehingga ia memperhatikan apa yang dikatakan oleh Paulus. Sesudah ia dibaptis bersama-sama dengan seisi rumahnya, ia mengajak kami, katanya: "Jika kamu berpendapat, bahwa aku sungguh-sungguh percaya kepada Tuhan, marilah menumpang di rumahku." Ia mendesak sampai kami menerimanya. (Kisah Para Rasul 16:14-15)

Amsal 22, Mazmur 112

Mazmur 112

Scripture      
Mazmur 112:7-8 (TB)  Ia tidak takut kepada kabar celaka, hatinya tetap, penuh kepercayaan kepada TUHAN.
Hatinya teguh, ia tidak takut, sehingga ia memandang rendah para lawannya.

Observation
Orang yang percaya penuh sama Tuhan, hatinya berbeda dengan orang lain. Dikatakan di sini:
Hatinya tetap
Hatinya teguh
Hatinya gak mudah digoyahkan oleh keadaan. Ada ketenangan dan keteguhan karena dia tahu kepada siapa Dia percaya. Apapun bisa terjadi, tapi dia tetap menaruh kepercayaannya kepada Allah.

Amsal 21

Amsal 21

Scripture      
Amsal 21:9 (TB)  Lebih baik tinggal pada sudut sotoh rumah dari pada diam serumah dengan perempuan yang suka bertengkar.

Observation
Di perjalanan mobil sekitar 5 jam, ada-ada aja yang bikin emosi, mana capek lagi di jalan. Mama yang nyuruh mampir melulu pas di Sampit ke tempat keluarga, suami yang ngeyel dikasih tahu, adek yang ngeselin. Ini baru  perjalanan naek mobil 5 jam aja susah buat gak bertengkar, apalagi serumah. Tapi hari ini aku belajar untuk menahan emosi. Puji Tuhan. Pokoknya kalau ada yang ngseselin, aku diam aja, menahan diri buat gak ngomongin atau ngomentarin perkataan yang bikin kesel. Dan gak jadi bertengkar lo. Perlu lebih dari 1 orang yang bertengkar.

Aplication
✔️ Next,  mau berespon gitu ah sama suami. Diam dan tenangin diri aja dulu kalau dia ngeselin, hahahaha.

Prayer   
Terima kasih Tuhan buat perjalanan hari ini, Tuhan sudah tolong aku gak mengatakan hal yang gak perlu. Amin.

Palangka Raya, 21 April 2019
-Mega Menulis-

Amsal 20

Amsal 20

Scripture      
Amsal 20:29 (TB)  Hiasan orang muda ialah kekuatannya, dan keindahan orang tua ialah uban.

Amsal 19, Mazmur 109

Amsal 19

Scripture      
Amsal 19:5 (TB)  Saksi dusta tidak akan luput dari hukuman, orang yang menyembur-nyemburkan kebohongan tidak akan terhindar.

Amsal 18,Mazmur 108

Amsal 18

Scripture      
Amsal 18:4 (TB)  Perkataan mulut orang adalah seperti air yang dalam, tetapi sumber hikmat adalah seperti batang air yang mengalir.

Wednesday, April 17, 2019

Amsal 17, Mazmur 107

Amsal 17

Scripture      
Amsal 17:1 (TB)  Lebih baik sekerat roti yang kering disertai dengan ketenteraman, dari pada makanan daging serumah disertai dengan perbantahan.

Amsal 16,Mazmur 106

Mazmur 106

Scripture      
Mazmur 106:1 (TB)  Haleluya! Bersyukurlah kepada TUHAN, sebab Ia baik! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya.

Monday, April 15, 2019

Amsal 15, Mazmur 105

Amsal 15

Scripture      
Amsal 15:3 (TB)  Mata TUHAN ada di segala tempat, mengawasi orang jahat dan orang baik.

Sunday, April 14, 2019

Sacred Marriage (Chapter 8)


Keindahan kerap lahir dari pergumulan. Dampak benturan yang terjadi pun tidak "menyenangkan", bahkan bisa saja membuat kita merasa hancur lebur. Tetapi prosesnya dapat membuat kita makin kuat, karakter kita makin dibentuk dan iman kita makin diperdalam.
Waktu dulu membaca ayat di bawah ini, gak pernah terpikirkan kalau ini bicara atau boro-boro diterapkan dalam pernikahan. Juga, gak terbayangkan kalau 'kemuliaan kekal' bicara tentang karakter dan iman. Tapi menyadari 'penderitaan ringan'  aka pergumulan dalam pernikahanku sedang mengerjakan kemuliaan kekal yang jauh lebih besar dari apa yang aku alami benar-benar memberikan pengharapan. Ada proses yang sedang Tuhan kerjakan di dalamku dan melalui aku saat menghadapi setiap pergumulanku. Karakter dan imanku seharusnya terus bertumbuh kalau aku setia pada proses yang harus aku lewati.
2 Korintus 4:17
Sebab penderitaan ringan yang sekarang ini, akan menghasilkan bagi kami kemuliaan kekal yang melebihi segala-galanya, jauh lebih besar daripada penderitaan kami.

Kecenderungan untuk menghindari kesulitan adalah kelemahan rohani yang berbahaya, yang dapat dan sering kali menyebabkan kita tidak bertumbuh secara rohani. 
Awal-awal menikah aku sering menghindari berkonflik dengan suami. Lebih sering menyimpan sesuatu yang gak aku sukai daripada ntar bertengkar. Tapi lama-lama gak tahan dan stres sendiri,akhirnya meledak dan tetap stres, hahahaha. Karena cuma ingin suami tahu yang aku rasakan dan berubah jadi seperti yang aku mau. Sekarang? Berusaha lebih cepat dikomunikasikan dan menerima kalau pun gak ada perubahan. Belajar bersabar karena aku dan suami sama-sama berproses. Berusaha mengingatkan diri sendiri kalau yang bisa aku kontrol adalah diriku sendiri dan bukan suamiku.

Jika pernikahan anda sulit, berlutut dan bersyukurlah kepada Tuhan sebab Dia telah memberi anda kesempatan untuk bertumbuh secara rohani. Ini berarti anda memiliki potensi besar untuk berhasil dalam pertumbuhan karakter dan ketaatan.
Emang ada pernikahan yang mudah? Ini yang aku pikirkan waktu membaca bagian ini, hahaha. Dulu aku berpikir ada, kayaknya melihat pernikahan beberapa orang kok indah banget. Ada yang suaminya selalu romantis, istri terlihat cantik dan tersenyum, anak-anaknya manis dan penurut. Keluarga idaman banget. Tapi saat aku mendapat akses untuk tahu kehidupan pribadinya aku lumayan shock, ternyata suami istri ini punya banyak pergumulan di keluarganya yang aku pun mikir-mikir kalau punya masalah kayak mereka. Karakter mereka pun gak sekuat yang aku kira, tapi satu hal, mereka berjuang untuk memiliki karakter Kristus. Setiap pernikahan punya kesulitannya masing-masing, gak jarang ada situasi yang sama dalam beberapa pernikahan. Tapi gak semua pernikahan tersebut menghasilkan pertumbuhan karakter yang sama dan bahkan ketaatan yang sama. Perbedaannya,  ya itu tadi, ada yang melihat kesulitan tersebut sebagai sarana bertumbuh (dan tentunya berusaha bertumbuh). Ada yang lari dari kesulitan. Ada yang bertahan tapi berespon dengan salah dan gak bertumbuh.

Salah satu tantangan besar yang dihadapi saat mendorong orang-orang Kristiani untuk bertumbuh adalah:kita terobsesi untuk membesarkan anak-anak belajar karakter yang baik, sementara kita menganggap karakter kita sendiri sudah cukup dewasa.
Aku banget ni. Pengen anak rajin, dengar-dengaran sama ortu,  sabar, dll. Sementara aku? Bah! Jauh. Mendidik anak menjadi seperti yang aku inginkan itu sulit sewaktu aku sendiri sebenarnya bukan orang yang demikian. Karena sejatinya mendidik anak sama dengan mendidik diri sendiri. Aku masih harus bertumbuh dalam banyak hal. Aku perlu fokus untuk bertumbuh dulu sebelum mengajari anak-anakku.  Saat aku melihat Sara yang sangat sensitif, sedikit-sedikit menangis saat gak dituruti, awalnya aku kesal dan gak sabar. Ini anak, kok gak bisa ngerti sih kalau dibilangin, gak perlu nangis, ngomong baik-baik supaya orang lain mengerti, gak semua yang diinginkannya bisa dituruti. Emosi deh jadinya dengar tangisan sepanjang hari. Tapi saat aku sadar kalau aku ternyata berlaku demikian juga. Duh, berasa ketampar bolak-balik. Aku mulai merubah pendekatanku ke Sara,  aku jadi lebih sabar dan gak memaksa dia menjadi yang aku mau.   Dan aku mulai belajar menjadi mama yang gak terlalu sensitif, belajar mengendalikan diri dan menyalurkan emosi dengan cara yang sehat.

Pernikahan yang baik tidak ditemukan, tetapi diperjuangkan. Anda akan bergumul di dalamnya. Anda harus menyalibkan keegoisan anda. Kadang anda harus menegur kesalahan pasangan,  sementara pada saat lain anda harus mengakui kesalahan anda. Praktik pengampunan sangatlah penting dalam pernikahan.
Kehidupan pernikahan awalnya kupikir harus diisi 'saling'. Saling mengasihi. Saling bersabar. Saling mengakui kesalahan. Saling mengampuni. Saling mengerti. Saling murah hati.  Dan saling yang lain. Butuh perjuangan! Saat yang satu merasa sudah melakukan lebih dari yang lain, perjuangan akan tambah berat. Tentunya diri sendiri yang merasa demikian! Hahahaha. Ini yang menyebabkan ketidakpuasan. Padahal, bisa jadi ternyata pasangan sudah melakukannya, tapi dengan caranya sendiri. Sekarang aku belajar realistis, gak mungkin untuk kami melakukan hal yang sama dalam porsi yang sama. Bagianku adalah berusaha selalu mengasihi, berusaha selalu bersabar, berusaha selalu memahami, berusaha selalu mengampuni, dll.  Pokoknya berusaha SELALU. Bagian suami? Sama sih. Wakakakak. Tapi,  bagiannya adalah tanggung jawabnya, bukan tanggung jawabku. Aku berjuang melakukan bagianku dengan setia.  Dan aku percaya, dia juga sedang berjuang melakukan bagiannya dengan setia. Kalau dia gagal? Waktunya aku mengampuni. Kalau dia belum juga melakukan bagiannya? Waktunya aku bersabar. Dan aku juga berdoa supaya dia bersabar dan mengampuniku waktu aku gagal. Astagaaaa, aku nulis gini berasa damai sejahtera lo 

Jangan lari dari pergumulan dalam pernikahan. Hadapilah tiap tantangan yang ada. Bertumbuhlah di dalamnya. Melangkahlah lebih dekat kepada Tuhan melaluinya. Melalui pergumulan-pergumulan itu, anda akan makin mencerminkan Kristus. Mengucap syukurlah kepada Tuhan sebab Dia telah menempatkan anda dalam situasi di mana jiwa anda dapat makin disempurnakan.
Cerita mengenai pasangan Abraham Lincoln-Mary Todd dan Charles Lindbergh-Anne Morrow sangat menginspirasi. Selama ini ucapan "Di belakang pria hebat ada seorang wanita hebat" cukup mengintimidasi banyak orang, seolah-olah segala kesuksesan pria tergantung istrinya saja, atau "Pria hebat untuk wanita hebat",  jadi apa kabar dengan pria dan wanita yang merasa biasa saja tapi ingin jadi hebat, hahaha.  Aku baru tahu pernikahan Lincoln sesulit itu, padahal dia dikenal sebagai presiden yang hebat. Pernikahan yang sulit bukannya menghalangi seseorang tapi bisa jadi mempersiapkan seseorang menghadapi tugas pangilan hidupnya. Lincoln tidak meninggalkan pernikahannya yang sulit terbukti mampu menjaga keutuhan negara yang hampir ambruk.

Sebuah pernikahan yang sulit saja tidak dapat membuat kita bertumbuh. Kita harus mempraktikkan akal sehat, kasih dan kesabaran-kita harus bertekad untuk mengupayakan pertumbuhan karakter. Kita tidak bisa mengontrol bagaimana pasangan atau orang lain di sekitar kita bertindak, tetapi kita bisa mengontrol tindakan dan respon kita.
Semua pernikahan punya kesulitannya masing-masing. Kalau mau karakterku bertumbuh, aku harus mengasihi pasanganku lebih sungguh dan  berhenti bersikap egois. Responku adalah satu-satunya yang bisa aku upayakan. Aku memang gak bisa mengendalikan respon suami. Terkadang pengen suami lebih gini, lebih gitu. Berusaha mengkomunikasikan dengan baik tapi hasilnya gak sesuai dengan yang aku inginkan. Ya sudahlah,  semua butuh proses.



Palangka Raya, 14 April 2019
-Mega Menulis-

Amsal 14, Mazmur 104

Mazmur 104

Scripture      
Mazmur 104:33 (TB)  Aku hendak menyanyi bagi TUHAN selama aku hidup, aku hendak bermazmur bagi Allahku selagi aku ada.

Amsal 13, Mazmur 103

Amsal 13

Scripture      
Amsal 13:24 (TB)  Siapa tidak menggunakan tongkat, benci kepada anaknya; tetapi siapa mengasihi anaknya, menghajar dia pada waktunya.

Amsal 12, Mazmur 102

Mazmur 102

Scripture      
Mazmur 102:1 (TB)  Doa seorang sengsara, pada waktu ia lemah lesu dan mencurahkan pengaduhannya ke hadapan TUHAN. (102-2) TUHAN, dengarkanlah doaku, dan biarlah teriakku minta tolong sampai kepada-Mu.

Amsal 11, Mazmur 101

Amsal 11

Scripture      
Amsal 11:29 (TB)  Siapa yang mengacaukan rumah tangganya akan menangkap angin; orang bodoh akan menjadi budak orang bijak.

Wednesday, April 10, 2019

Amsal 10, Mazmur 100

Amsal 10

Scripture      
Amsal 10:1 (TB)  Amsal-amsal Salomo. Anak yang bijak mendatangkan sukacita kepada ayahnya, tetapi anak yang bebal adalah kedukaan bagi ibunya.

Amsal 9, Mazmur 99

Amsal 9

Scripture     
Amsal 9:9 (TB)  berilah orang bijak nasihat, maka ia akan menjadi lebih bijak, ajarilah orang benar, maka pengetahuannya akan bertambah.

Tuesday, April 9, 2019

Amsal 8, Mazmur 98

Amsal 8

Scripture      
Amsal 8:1 (TB)  Bukankah hikmat berseru-seru, dan kepandaian memperdengarkan suaranya?

Monday, April 8, 2019

Amsal 7

Amsal 7

Scripture      
Amsal 7:9 (TB)  pada waktu senja, pada petang hari, di malam yang gelap.

Saturday, April 6, 2019

Amsal 6, Mazmur 96

Mazmur 96

Scripture      
Mazmur 96:9 (TB)  Sujudlah menyembah kepada TUHAN dengan berhiaskan kekudusan, gemetarlah di hadapan-Nya, hai segenap bumi!

Friday, April 5, 2019

Amsal 5, Mazmur 95

Mazmur 95

Scripture      
Mazmur 95:8-9 (TB)  Janganlah keraskan hatimu seperti di Meriba, seperti pada hari di Masa di padang gurun,
pada waktu nenek moyangmu mencobai Aku, menguji Aku, padahal mereka melihat perbuatan-Ku.

Amsal 4, Mazmur 94

Amsal 4

Scripture      
Amsal 4:4 (TB)  aku diajari ayahku, katanya kepadaku: "Biarlah hatimu memegang perkataanku; berpeganglah pada petunjuk-petunjukku, maka engkau akan hidup.

Thursday, April 4, 2019

Amsal 3, Mazmur 93

Amsal 3

Scripture      
Amsal 3:5 (TB)  Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri.

Wednesday, April 3, 2019

Amsal 2, Mazmur 92

Mazmur 92

Scripture      
Mazmur 92:1 (TB)  Mazmur. Nyanyian untuk hari Sabat. (92-2) Adalah baik untuk menyanyikan syukur kepada TUHAN, dan untuk menyanyikan mazmur bagi nama-Mu, ya Yang Mahatinggi,

Monday, April 1, 2019

Amsal 1,Mazmur 91

Amsal 1

Scripture      
Amsal 1:22 (TB)  "Berapa lama lagi, hai orang yang tak berpengalaman, kamu masih cinta kepada keadaanmu itu, pencemooh masih gemar kepada cemooh, dan orang bebal benci kepada pengetahuan?

Amsal 31, Mazmur 90

Amsal 31

Scripture      
Amsal 31:26 (TB)  Ia membuka mulutnya dengan hikmat, pengajaran yang lemah lembut ada di lidahnya.

Amsal 30, Mazmur 89

Amsal 30

Scripture      
Amsal 30:15 (TB)  Si lintah mempunyai dua anak perempuan: "Untukku!" dan "Untukku!" Ada tiga hal yang tak akan kenyang, ada empat hal yang tak pernah berkata: "Cukup!"

Amsal 29, Mazmur 88

Mazmur 88

Scripture      
Mazmur 88:13 (TB)  (88-14) Tetapi aku ini, ya TUHAN, kepada-Mu aku berteriak minta tolong, dan pada waktu pagi doaku datang ke hadapan-Mu.

Observation
Di saat sakit Daud masih mencari tekun bahkan pagi-pagi pun dia tetap mencari TUHAN. Lah aku? Beberapa hari ini bangun telat dan sibuk dengan kerjaan rumah jadi gak sempat baca Alkitab. Duh, luar biasa banget ya Daud ni.

Aplication
✔️ Hidupkan lagi alarm HP.

Prayer 
Tuhan, ampuni aku karena beberapa hari ini gak menjadikan Tuhan sebagai yang utama. Disiplin words before worldku kendor. Tolong aku untuk selalu menjadikan Tuhan yang utama. Amin.

Amsal 29

Scripture      
Amsal 29:8 (TB)  Pencemooh mengacaukan kota, tetapi orang bijak meredakan amarah.

Observation
Orang bijak gak membuat suasana menjadi semakin panas, tapi membawa damai. Reminder buatku. Di ruangan, kami sedang kesal denga seseorang karena suka mengacau dan memaksakan keinginannya. Berhubung aku juga kesal, aku pun ikut menyatakan apa yang kupikirkan. Pokoknya seruangan misah-misuh mengingat kelakuan orang itu. Seharusnya aku gak ikutan. Aku gak bijak karena bukannya meredakan marah malah membuat orang lain marah.

Aplication
✔️  Next, kalau kejadian tersebut berulang. Lebih baik aku diam atau mengatakan sesuatu yang menginginkan suasana.

Prayer 
Tuhan, jadikanlah aku pembawa damai dan bijak dalam berkata-kata. Amin.

Gratitude Journal
29 Maret 2019
1. Bersyukur pagi ini barengan orang kantor kerja bakti bersih-bersih kontrakan pak kepala yang baru, bisa sambil ngobrol dan lebih kenal teman kantor. Bersyukur dapat makanan setelah selesainya.
2. Bersyukur Sofia dapat baju dari Mbak Sinta. Yosi  udah berumur 2 tahunan, jadi banyak bajunya yang dah gak muat. Balita make baju cuma bentar, hahaha. Puji Tuhan.
3. Bersyukur  malam bisa jalan-jalan ke apotek ambil obat Pa Sara terus jalan ke Hypermart. Sara dan Sofia senang banget naik troli.

Palangka Raya, 29 Maret 2019
-Mega Menulis-

Friday, March 29, 2019

Amsal 28, Mazmur 87

Amsal 28

Scripture      
Amsal 28:20 (TB)  Orang yang dapat dipercaya mendapat banyak berkat, tetapi orang yang ingin cepat menjadi kaya, tidak akan luput dari hukuman. 

Wednesday, March 27, 2019

Amsal 27, Mazmur 86

Amsal 27

Scripture      
Amsal 27:5 (TB)  Lebih baik teguran yang nyata-nyata dari pada kasih yang tersembunyi.

Amsal 26

Amsal 26

Scripture      
Amsal 26:11 (TB)  Seperti anjing kembali ke muntahnya, demikianlah orang bebal yang mengulangi kebodohannya.

Observation
Baca ayat ini berasa jleb jleb jleb banget. Aku berasa kurang perhatian dari suami, udah aku coba komunikasikan dengan suami tapi malah gak direken dan ditanggapi becanda. Emosi jadinya beberapa hari ini. Ngomong mulai ketus, gak terkontrol. Kebodohanku terulang. Menyesal rasanya kalau dah gak emosi.

Amsal 25

Amsal 25

Scripture      
Amsal 25:24 (TB)  Lebih baik tinggal pada sudut sotoh rumah dari pada diam serumah dengan perempuan yang suka bertengkar.

Monday, March 25, 2019

Amsal 24

Amsal 24

Scripture      
Amsal 24:29 (TB)  Janganlah berkata: "Sebagaimana ia memperlakukan aku, demikian kuperlakukan dia. Aku membalas orang menurut perbuatannya."

Amsal 23

Amsal 23
Scripture      
Amsal 23:25 (TB)  Biarlah ayahmu dan ibumu bersukacita, biarlah beria-ria dia yang melahirkan engkau.

Observation
Aku merasa belum menyenangkan mamaku. Teringat ada keinginan mama yang belum bisa aku penuhi.

Aplication
✔️  Aku mau menabung untuk memenuhi keinginan mama, kalau gak diniatkan gak akan bisa.
✔️ Kalau belum bisa sekarang. Senangkan mama dengan melakukan hal sederhana.

Prayer 
Tuhan, tolong aku untuk sungguh-sungguh menyenangkan hati mamaku. Kalau aku belum mampu memenuhi keinginan mama yang itu, saat ini aku mau menyenangkan mama sebisaku.


Saturday, March 23, 2019

Sacred Marriage (Chapter 7)

Ada satu karakteristik yang membuat riwayat hubungan Tuhan dan bangsa Israel bertahan, yaitu : kesetiaan atau ketekunan (perseverance).
Sebagaimana kesetiaan teruji oleh waktu, ketekunan juga. Melalui masa yang panjang, kita bisa melihat bagaimana Tuhan setia pada Israel yang tidak setia. Tuhan TETAP mengasihi Israel dalam segala waktu, saat dikecewakan, saat ditinggalkan, saat ditolak, bahkan saat marah pun Dia tetap menunjukkan kasihNya. Bagaimana dengan aku? Aku menganggap diriku setia, karena aku merasa gak ada pikiran untuk selingkuh atau memikirkan pria lain selain suami. Tapi tekun? Tekun mengasihi? Sepertinya nggak. Ada saat rasanya aku gak mengasihi suamiku, saat dikecewakan, saat aku gak mendapatkan yang aku inginkan, saat marah, dll. Aku gak tekun mengasihi. Bagaimana aku tahu aku sedang gak mengasihi? Aku mulai gak bersabar, gak lagi murah hati ingin memberikan yang terbaik, mulai menyimpan kesalahan suami. Duh.  Ayat di bawah ini benar-benar jadi reminder untuk fokus pada kasih Allah dan teladanNya. Belajar setia dari Dia yang setia. Meneladani ketekunanNya dalam mengasihi. 
2 Tesalonika 3:5 (TB)  Kiranya Tuhan tetap menujukan hatimu kepada kasih Allah dan kepada ketabahan Kristus.

Friday, March 22, 2019

Amsal 22, Mazmur 81

Amsal 22

Scripture      
Amsal 22:18 (TB)  Karena menyimpannya dalam hati akan menyenangkan bagimu, bila semuanya itu tersedia pada bibirmu.
Amsal 22:18 (BIMK)  Engkau akan senang apabila pengajaranku itu kausimpan dalam hatimu. Karena dengan demikian kau telah siap apabila kau hendak memakainya.

Amsal 21, Mazmur 80

Mazmur 80

Scripture      
Mazmur 80:6 (TB)  (80-7) Engkau membuat kami menjadi pokok percederaan tetangga-tetangga kami, dan musuh-musuh kami mengolok-olok kami.

Wednesday, March 20, 2019

Amsal 20

Amsal 20

Scripture      
Amsal 20:30 (TB)  Bilur-bilur yang berdarah membersihkan kejahatan, dan pukulan membersihkan lubuk hati.

Amsal 19, Mazmur 78

Mazmur 78

Scripture      
Mazmur 78:29-30 (TB)  Mereka makan dan menjadi sangat kenyang; Ia memberikan kepada mereka apa yang mereka inginkan.
Mereka belum merasa puas, sedang makanan masih ada di mulut mereka;

Hagar : Wanita yang Didengar Allah

Bacaan: Kejadian 16: 1-16; Kejadian 21:8-21

Hagar adalah seorang wanita Mesir yang menjadi budak bagi Abraham dan Sara ketika mereka meninggalkan negeri itu. Meninggalkan tanah kelahiran bukan hal yang mudah bagi seorang wanita, apalagi untuk menjadi budak bagi orang dari bangsa lain. Hagar tentunya bukan budak biasa karena Sara kemudian memberikannya kepada Abraham, menjadi istri Abraham dan melahirkan anak baginya. Sebagai budak, Hagar tidak dapat menolak. Hagar sendirian, tidak punya hak, tidak dapat melawan, tidak berdaya, dan tidak memiliki siapa-siapa untuk membelanya. 

Bayangkan kita berada di posisi Hagar, mungkin bukan sebagai budak, tapi dalam posisi merasa sendirian, tak berdaya, dan tak ada yang membela. Pastinya pernah ya. Di saat seperti ini kita perlu mengingat, ada Tuhan yang membela kita. Ada sebuah janji Tuhan yang sangat indah dan dapat kita perkatakan saat kita sedang merasa seperti Hagar:

Tuesday, March 19, 2019

Amsal 18, Mazmur 77

Amsal 18

Scripture      
Amsal 18:15 (TB)  Hati orang berpengertian memperoleh pengetahuan, dan telinga orang bijak menuntut pengetahuan.

Observation
Semakin seseorang bijak dan berpengertian, semakin banyak ia bersedia mendengar. Gak asal mendengar, tapi dia bersungguh-sungguh ingin mendapatkan pengetahuan. Diingatkan juga untuk punya hati yang mau terus mau belajar.

Aplication
✔️ Sediakan hati dan telinga yang siap menerima hal baru. Jangan pernah berhenti belajar Meg!
✔️ Pengen slow reading baca buku lain selain Sacred Marriage. Ada buku yang pernah kubaca habis tapi rasanya kurang nancap. Buku Parenting yang berjudul Cinta yang Berpikir. Aku mau baca dan buat refleksinya seperti Sacred Marriage.

Prayer
Tuhan, berikanku hati yang bersedia diajar sama Tuhan lewat apapun yang ada di sekelilingku. Jangan biarkan aku membuang waktuku melakukan yang gak berguna ya Tuhan. Amin.

Mazmur 77

Scripture      
Mazmur 77:11 (TB)  (77-12) Aku hendak mengingat perbuatan-perbuatan TUHAN, ya, aku hendak mengingat keajaiban-keajaiban-Mu dari zaman purbakala.

Observation
Mengingat perbuatan Tuhan dan keajaiban yang dibuatNya membuatku menyadari :
🌸  Betapa diberkatinya aku, kebaikanNya limpah dalam hidupku. Gak ada sehari pun kudapati tanpa kebaikanNya.
🌸 Betapa besar kuasa Tuhan. Di luar Dia aku gak bisa berbuat apa-apa.
🌸 Gak ada kebetulan dalam hidupku, semua yang terjadi berada dalam kedaulatanNya

Aplication
Apakah yang kulakukan untuk mengingat perbuatan Tuhan?
👉 Merenungkan kebaikanNya sepanjang hari
👉 Menuliskannya. Catatan yang buruk lebih baik dari pada ingatan terbaik sekali pun
👉 Membagikan kebaikanNya dengan bersaksi kepada orang lain

Prayer 
Aku mau merenungkan kebaikanMu sepanjang hari dan bersyukur karena  sungguh baik Engkau Tuhan. Amin.

Gratitude Journal
18 Maret 2019

1. Bersyukur gak usah masak sarapan. Yay! Jadi sempat nyetrika deh.
2. Bersyukur pagi-pagi dapat kue di kantor, ada yang buat brownies kukus dan ada yang bawa pie susu dari Bali.
3. Bersyukur pagi ini teman-teman di kantor ada yang bertugas untuk kasih "Senyum Sapa Salam"  di kantor, lihat mereka emang bikin suasana kantor jadi ceria, hohoho.
4. Bersyukur  sore jalan ke pameran sekeluarga dan pa Sara menangin boneka monyet di salah satu stan.  Yay! Suamiku jago maen puzzle rupanya.
5.Bersyukur  sempat nyuci baju sebelum berangkat lihat pameran.

Palangka Raya, 18 Maret 2019
-Mega Menulis-

Sunday, March 17, 2019

Amsal 17

Amsal 17

Scripture      
Amsal 17:14 (TB)  Memulai pertengkaran adalah seperti membuka jalan air; jadi undurlah sebelum perbantahan mulai.

Amsal 16, Mazmur 74

Amsal 16

Scripture      
Amsal 16:32 (TB)  Orang yang sabar melebihi seorang pahlawan, orang yang menguasai dirinya, melebihi orang yang merebut kota.

Saturday, March 16, 2019

Amsal 15

Amsal

Scripture      
Amsal 15:17 (TB)  Lebih baik sepiring sayur dengan kasih dari pada lembu tambun dengan kebencian.

Friday, March 15, 2019

Amsal 14, Mazmur 73

Mazmur 73

Scripture      
Mazmur 73:28 (TB)  Tetapi aku, aku suka dekat pada Allah; aku menaruh tempat perlindunganku pada Tuhan ALLAH, supaya dapat menceritakan segala pekerjaan-Nya.

Thursday, March 14, 2019

LIST BLESSING 2018

1 Juli 2018 
1. Bersyukur walaupun tanggal 1 belum gajian (karena tanggal merah), hari ini bisa belanja keperluan Sara dan Sofia.
2. Bersyukur punya suami yang sangat teliti, setiap belanja pasti ngecek harga di struk. Pas ada harga barang yang beda dengan di struk bisa langsung dikomplain. Mana semalam selisihnya lumayan. Aku bukan orang yang teliti, jadi benar-benar blessing punya suami model gini. Jadi ada barang yang harganya di sticker harga beda dengan di struk. Bisa komplain deh.
3. Bersyukur akhirnya semalam nyobain makan di depan KPD,  ternyata murah dan enak. Sudah lama pengen nyobain, selama ini kalau belanja di KPD sering lihat itu warung makan ramai banget.
4. Bersyukur hari ini bisa bicara ke adekku yang mau nikah nanti tentang persiapan pernikahannya. Bersyukur karena adekku punya calon PH yang baik,  setia dan gak neko-neko.
5. Bersyukur ada diskon besar di Hypermart. Dapat Blue Band 2 kg murah banget padahal expirednya masih lama, 2020 bo. Lumayan mamah bisa buat stik bawang buat cemilan kapan-kapan dan open order kalau mood katanya.
6. Bersyukur sudah ada Grab Car di Palangka Raya, blessing buat yang gak punya mobil seperti kami kalau perlu naek mobil. Bersyukur hari ini dapat driver yang ramah.
2 Juli 2018 
7. Bersyukur aku dan Pa Sara gajian jadi bisa bayar tagihan bulanan tepat waktu.
8. Bersyukur bergabung dalam grup mentoring para istri. Bisa punya mentor dan rekan yang saling memperhatikan dan mendoakan.
9. Bersyukur karena kemarin Pa Sara punya kesempatan untuk survei rumah. Ada rumah yang kami suka dan sedang kami doakan.
10. Bersyukur adanya BRG Challenge bulan ini, jadi berasa kaya karena ternyata berkat Tuhan begitu banyak. Inspiratif banget share Ci Lia tentang buku yang dibacanya.  Gara-gara baca buku Ann Voskamp yang judulnya One Thousand Gifts
tentang gimana kita belajar bersyukur menemukan berkat-berkat Tuhan dalam keseharian, Ci Lia punya beberapa buku yang isinya berkat Tuhan dalam setahun, kalau gak salah dia mulai dari tahun 2014. Penulis bukunya challenge setiap hari untuk menemukan dan menuliskan 3 aja berkat Tuhan yang kamu alamin, maka pas 1 tahun bisa terkumpul at least 1000 berkat, one thousand gifts.
3 Juli 2018
11. Bersyukur Papa Sara ada di sini dan gak keluar kota, jadi gak berasa sendirian pas Sara lagi sakit gini. Bersyukur Sara mau makan walaupun sedikit dan banyak minum. Bersyukur walaupun badannya panas, Sara masih aktif.
12. Bersyukur tadi siang bisa tidur sama-sama  berempat, bisa istirahat lumayan lama karena semalam tidur cuma sebentar. Puji Tuhan, Sofia sehat dan gak rewel. Gak kebayang kalau Sara dan Sofia sakit barengan dan rewel bareng.
13. Kupikir gak susah ikut BRG Challenge, cuma nulis 'hanya'  3 hal yang disyukuri dalam sehari, masa sih ga ada yang disyukuri setiap hari. Tapi hari ini nyadar, kekonsistenan dan kesetiaan yang dibutuhkan untuk ikutan challenge ini.  Bersyukur sampai hari ketiga ini masih konsisten untuk buat list berkat Tuhan hari ini.
4 Juli 2018
14. Bersyukur walaupun panasnya Sara sampai 40 derajat tapi dia gak sampai step.
15. Bersyukur suami ada di rumah saat Sara sakit dan gak ke luar kota, kalau iya gak tahu lah gimana.
16. Bersyukur di IGD cepat ditangani, walaupun harus opname di RS tapi bersyukur ada progress, sudah gak panas lagi dan masih observasi, diagnosa dokter ada radang tenggorokan.
17. Bersyukur masih dapat ruangan walaupun gak sesuai dengan hak peserta BPJS, tapi sorenya sudah dapat.
18. Bersyukur belum punya rumah sendiri, aneh sih bersyukur buat hal ini karena sebelumnya pengen banget punya rumah sendiri. Tapi saat ini, ada mama dan adek-adekku yang bantuin jaga Sofia saat aku dan Pa Sara di RS. Bersyukur ada mama yang mau bantu membawa barang-barang ke RS sewaktu aku ngurus Sofia.
19. Bersyukur Sofia gak terlalu rewel ditinggal di rumah.
20. Bersyukur Sara masuk RS sewaktu RS mau penilaian untuk akreditasi jadi pelayanannya lebih baik dari biasanya.
21. Bersyukur buat kelancaran tes pekerjaan Ruri adekku di UT, berdoa semoga dia mendapatkan hasil terbaik.
5 Juli 2018
22. Bersyukur karena RS tempat Sara dirawat sedang dinilai untuk akreditasinya. Banyak perubahan positif, ruangan lebih bersih, pelayanan lebih baik,  staf lebih ramah, penjelasan tentang obat dan penyakit sangat jelas, dll. Aku&Pa Sara jadi punya bahan tertawaan karena kami membandingkan dengan bulan April lalu aku lahiran dan sudah berubah banyak malah agak ekstrim. Contohnya, baru hari ini aku melihat Wipol disiram-siram ke saluran pembuangan di RS. Spektakuler!  Senyum yang aku dapat dari staf di RS selama 2 hari ini lebih banyak dari total yang aku terima selama aku pernah menginap di RS sebelumnya. Berdoa semoga ke depannya RS ini semakin baik,gak cuma waktu penilaian.
23. Bersyukur walau Sara panasnya masih naik turun hari ini tapi kami percaya Tuhan yang sembuhkan  Sara mau makan walaupun gak banyak. Agak rewel sih dia hari ini, tapi aku bersyukur karena lebih baik aku mendengar suaranya heboh dibandingkan sakit diam gak berdaya.
24. Bersyukur walaupun kurang istirahat dan Pa Sara ada sariawan tapi secara umum kami berdua sehat. Bersyukur semua orang rumah sehat juga.
25. Tadi pagi menyisir rambut dan rontok banyak sekali. Bakal kayak gini setiap nyisir sampai beberapa bulan. Biasa sesudah lahiran memang rontok sih, pengaruh hormon. Pas lihat rambut sebanyak itu jadi bersyukur karena diingatkan ayat ini :
Matius 10:30-31 (TB)  Dan kamu, rambut kepalamu pun terhitung semuanya.
Sebab itu janganlah kamu takut, karena kamu lebih berharga dari pada banyak burung pipit.
Kalau rambut kepalaku saja Tuhan tahu dan perhatikan, apalagi semua bagian hidupku yang lain. Semua aspek hidupku Tuhan perhatikan. Semua isi hatiku Tuhan tahu dan peduli. Jangan kuatir Meg! Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada Tuhan, Dia yang memelihara kamu.
26. Bersyukur bisa meninggalkan Sofia dengan tenang selama Sara di RS karena dia bersama orang yang bisa dipercaya.
27. Bersyukur karena hari ini sempat chat di wa dengan teman kantor yang belum pernah ketemu (karena saat aku awal masuk kantor dia cuti melahirkan, dan begitu aku cuti melahirkan dia baru masuk) dan bisa akrab, semoga bisa bekerja sama dengan baik.
6 Juli 2018
28. Bersyukur bisa bangun subuh dan diberi kesegaran yang baru. Karena semalaman Sara tidur nyenyak jadi aku dan Pa Sara punya waktu istirahat yang cukup. Benar-benar pagi ini merasakan tak berkesudahan kasih setia TUHAN, tak habis-habisnya rahmat-Nya, selalu baru tiap pagi; besar kesetiaan-Mu! (Ratapan 3:22-23)
29. Bersyukur sempat jual saham yang pengen aku jual dari kapan hari di harga yang lumayan bagus hari ini, gak nyangka terjual, padahal iseng doang. Padahal hari ini IHSG lagi merah parah, kok ndilalah saham yang kujual hijau. Sempat nyesal kok gak jual di harga tertinggi, tapi teringat dari kemarin-kemarin mau jual tapi gak kejual gara-gara merah merah, lah ini kok beda sedikit dari harga tertinggi aku jadi nyesal segitunya, rakus banget aku. Berdoa supaya aku belajar bersyukur lagi.
30. Bersyukur dengar kabar kalau Sara dah bisa pulang besok. Senang banget..... Sebelumnya sempat mikir, gimana ya kalau Sara masih di RS sementara aku dah masuk kantor Senin nanti.
31. Bersyukur malam ini Sara makan banyak, no drama, no bujuk-bujuk, tahu-tahu makan aja lahap sambil ketawa-tawa. Puji Tuhan banget.
7 Juli 2018
32. Bersyukur akhirnya Sara sudah sehat dan bisa keluar dari RS hari ini. Yay! Bisa kumpul lagi di rumah. Beberapa hari ini, bolak-balik RS, capek . 
33. Bersyukur bisa nonton Piala Dunia di rumah berdua bareng suami di TV, semalam nonton bentar di RS dari HP, haiyaaaa.... Sakit mata bo. Mana ngabisin paket data pulak #sigh. Akhirnya gak nonton sampai habis gara-gara gak enak nontonnya semalam. 
34. Bersyukur karena bisa tidur siang di rumah biarpun sebentar karena banyak yang perlu diberesin. Makjangggg... Emang lebih enak kasur di rumah dibandingkan kasur RS, apalagi lantai RS. Lol.
8 Juli 2018
35. Hari ini nonton Metro iCare tentang Mengatasi Mual dan Muntah Saat Hamil, haduh melihatnya jadi kasihan sama ibu hamil yang parah muntahnya selama masa kehamilan. Jadi teringat masa kehamilan dulu. Puji Tuhan, pas hamil Sara dan Sofia aku gak pernah sekalipun mual dan muntah.
36. Bersyukur Sara bisa melakukan instruksi sederhana. Contohnya:setiap ada sampah sekarang bisa minta tolong Sara buang sampah di tempatnya. Dia selalu mau dimintain tolong buang sampah bahkan semangat banget.
37. Bersyukur karena hari ini Sara makan banyak banget. Sofia juga minumnya banyak. Bahagia emak-emak tu sederhana, ngeliat anak-anak makan minum lahap tu dah bikin sujud syukur 
38. Bersyukur sewaktu lihat buku-bukunya Sara. Bersyukur bisa beli buku. Bersyukur ketemu beberapa olshop yang oke banget. Bersyukur Sara suka lihat buku (belum bisa keles membacanya, hahaha).
39.  Tadi sore ada petugas dari BKKBN wawancara, berhubung kami ada rencana untuk lihat rumah, aku dah mau nolak karena kupikir bakal lama. Tapi Pa Sara malah ngeladenin, trus aku mikir,  "O, iya ya, rhema hari ini kan supaya gak jemu berbuat baik, aku kan minta kesempatan berbuat baik". Pasti gak mudah ya harus cari responden yang mau diwawancarai gitu, yo wes, apa salahnya memberikan waktuku. Berbuat baik gak harus kasih materi kan? Setelah wawancara, aku senang looo....Menyadari doaku dijawab dan bisa menolong orang lain. Bersyukur sekali gak menolak diwawancarai 
9 Juli 2018
40. Bersyukur hari ini hari pertama kerja setelah cuti lahiran 3 bulan. Gak terasa euy, 3 bulan cuti, pengennya nambah lagi. Bersyukur masih punya pekerjaan. Bersyukur sempat ngerasain 3 bulan makan gaji buta, hohoho. Bersyukur selama aku gak ada, kerjaan beres dihandle rekan-rekan kerja di kantor.
41. Masuk kantor dapat banyak berkat : ada acara makan siang bareng soale Kepala Kantor ulang tahun jadi makan besar,  dapat 2 baju seragam, dapat kabar kalau di kantor sudah ada koperasi (baru datang sudah ditagih simpanan wajib bo, eh tapi ini koperasi simpan pinjam juga, uhuk... uhuk... ).
42. Bersyukur hari pertama berangkat kantor Sara gak heboh dan nangis karena ditinggal ke kantor,  sepanjang hari dia asyik dan gak terlalu rewel, mau main sama eyangnya, makan juga banyak, bahkan sorenya bikin aku dan papanya ketawa melihat dia menari sendiri. Gak tahu kenapa, tapi dia kelihatan senanggggg... Banget.
43. Tadi ditagih artikel buat Majalah Pearl, sempat pusing sekejap, hahahaha. Tapi baca ini jadi bersyukur :
1 Timotius 1:12 (TB)  Aku bersyukur kepada Dia, yang menguatkan aku, yaitu Kristus Yesus, Tuhan kita, karena Ia menganggap aku setia dan mempercayakan pelayanan ini kepadaku --
Pelayanan apapun yang jadi bagianku sekarang bukan beban. Melayani Tuhan adalah kehormatan.
Aku melayani Raja Maha Kuasa, Pencipta langit dan bumi, Pemilik hidupku. Melayani Tuhan adalah sukacita. Bersyukur untuk pelayanan di Majalah Pearl. Semangat nulis ✊
44. Bersyukur buat sharing dengan grup para istri. Belajar banyak hal dari teman-teman yang lain gimana supaya tetap mesra sama suami. Jadi dapat ide-ide keren buat dipraktekin.
45. Sara tidur cepat, jam 7 malam dah tidur dia. Yihaaaa....!! Jadi punya quality time sama suami, bisa ngobrol banyak gak dihebohin the girls,  hohoho. Biasanya the girls tidur, kami berdua juga dah tepar. Ini bisa makan bareng nyantai, gak perlu gantian, ngobrolin banyak hal. Jadi bisa tidur cepat pulak.
10 Juli 2018
46. Bersyukur karena pagi tadi anak-anak bangun jam 3.30 jadi punya waktu bareng mereka sebelum ke kantor, sempat gendong mereka, ngasih susu,  mandikan Sofia. Bersyukur semalam tidur cepat, jadi bangun sepagi itu pun tetap fresh.
47. Beberapa hari aku sharing hal-hal yang aku syukuri, setiap hari aku semakin jarang mengeluh. Aku bangun setiap pagi dengan bersemangat menantikan, berkat apa lagi ya yang Tuhan sediakan hari ini. Sepanjang hari aku mencari apa yang bisa aku syukuri dan aku melihat apa yang aku cari, adaaaa.... saja berkat Tuhan hari ini. Dia gak pernah berhenti berbuat baik padaku. Benar ternyata, bersyukur melipatgandakan sukacita kita. Bagaimana bisa berlipat? Ternyata apa yang aku sharingkan bisa jadi berkat bagi orang lain, ada teman yang jadi share apa yang dialaminya, ada yang diingatkan untuk bersyukur, dll. Bertambah lagi alasan untuk bersyukur. Bersyukur bisa jadi berkat bagi orang lain hanya dengan bersyukur 
48. Bersyukur tadi sore bisa ketawa-tawa melihat tingkah Sara. Mainan kudanya tahu-tahu dibuatnya seperti di foto dan dia bilang:kuda makan, ckckckck, entah dapat ide dari mana dia. Hahahaha. Ngomongnya Sara semakin lancar, kosa katanya bertambah banyak. Bener-bener deh dia seperti spons yang menyerap apa yang ada di sekitarnya. Perkataan di sekelilingnya gak lama akan diucapkannya, mesti lebih berhati-hati dalam bicara.
11 Juli 2018
49. Tadi lihat pasangan suami istri teman kantorku, teringat kemarin melihat sesuatu yang sweet di antara mereka, jadi di kantor sedang prepare buat acara Hari Anti Narkoba Internasional tanggal 12 Juli 2018. Terusss....ada seorang teman yang datang memberikan air mineral botol buat istrinya (mereka satu kantor tapi berbeda bidang) yang duduk di dekatku spontanlah aku ngomong, "Wah mas, udah ada kok tadi dibeli sama konsumsi". "Gak papa bu", katanya lalu berlalu pergi. Terus sang istri berkata malu-malu ke aku, "Iya bu,  suami saya tahu kalau saya orangnya gak enakan minum atau makan yang disediakan kalau belum kerja, makanya dia belikan". Kulihat lagi air mineral pemberian sang suami. Emang beda sih dengan yang disediakan. Mana, ini yang ngasih suaminya pula, hohoho. Aku menulisnya ini pun tersenyum, bersyukur melihat ekspresi cinta sederhana seperti itu, tanda perhatian seorang suami.  Mood booster banget buat belajar memperhatikan kebutuhan suami, apalagi aku sering cuek dan gak memperhatikan kebutuhan suami. Kalau diminta ya dilakukan, kalau ngga ya sudah padahal tindakan pelayanan sederhana seperti itu bisa membuat love tank pasangan penuh. Bersyukur melihat pasangan seperti ini, jadi teringat suamiku yang seperti ini 
50. Kemarin kami ke Hypermart, kebiasaan kalau lagi belanja gitu, Sara suka minta kue. Kami belikan Oreo lalu dibuka dan dimakan sambil keliling Hypermart. Saat ke kasir dan barang akan discan, suami sudah mengingatkan mbak di situ untuk berhati-hati karena Oreonya sudah terbuka (ada dua orang, kasir dan yang memasukkan barang) . Eh,  tahu-tahu jatuh dong, Oreonya , berhamburan isinya di lantai. Tarik napassss.... Hembuskan....Aku menahan mulut buat gak ngomel, aku memilih diam, padahal sedikit kesal. Ya sudah lah, mbaknya gak sengaja, mau bilang apa. Suami yang sempat berucap, "Yah mbak, tadi kan saya dah bilang supaya hati-hati". Mbak kasir dan mbak yang satunya minta maaf dan kami cuma bilang gak papa. Lalu mbak yang satu pergi, gak tahu ke mana, tahu-tahu dia kembali lagi membawa Oreo yang baru, menyerahkan pada kami dan meminta maaf. Wow!!!!  Bersyukur sekali mengalami ini. Bukan hanya karena dapat  Oreo baru, tapi bersyukur melihat karyawan yang penuh tanggung jawab. Meminta maaf itu gampang, tapi dia gak cuma minta maaf tapi juga bertanggung jawab atas kesalahannya. I learn so much from her. Bersyukur untuk kesempatan belajar hari ini.
51. Bersyukur punya suami yang care banget sama anak-anak. Feel blessed. Tadi malam rela gak nonton semifinal piala dunia buat jagain si kecil. Ada yang bilang ini momen 4 tahun sekali, sayang banget gak nonton. Tapi kayaknya pak suami gak ngerasa kehilangan apa-apa tuh, paling ntar nonton di youtube golnya katanya. Bersyukur punya suami yang prioritaskan keluarga dibandingkan kesenangannya sendiri.
52. Bersyukur PC di mejaku sudah direset, sebelumnya make bentar dah bikin males soalnya leleeeettttt..... Banget. Puji Tuhan,  ada anak magang di kantor yang bisa dimintain tolong buat ngeberesin masalah ni PC.
53. Bersyukur paman bakso langganan depan rumah sudah balik dari pulang kampung Lebaran kemarin, hahahaha. Makan malam sama suami di situ deh, ngedate berdua karena the girls dah tidur 
54. Bersyukur misi penyelamatan 12 anak dan pelatih bolanya yang terjebak di gua Thailand berhasil setelah 17 hari mereka terjebak di dalam gua yang susah dicapai.Misi ink melibatkan banyak orang yang berpartisipasi, luar biasa ceritanya, sangat menginspirasi dan diberkati. Betapa rasa kemanusiaan tim penyelamatan, warga dunia dan penduduk di sekitarnya tinggi sekali, tanpa menghitung untung rugi. Bahkan ada yang berkorban nyawa.
55. Bersyukur bisa melihat Sara asyik sendiri bermain menyusun balok. Ada-ada saja idenya gadis kicik kami ini  Bersyukur Sofia bisa tidur dengan enak hari ini padahal beberapa kali pup karena mencret, bersyukur ada stok L Bio di rumah.
12 Juli 2018
56. Bersyukur hari ini kegiatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI 2018) yang diadakan kantor kami BNNP Kalteng berlangsung dengan lancar.
57. Bersyukur setelah acara HANI bisa pulang sebentar ke rumah buat istirahat dan tidur sebentar, sebelum ke kantor lagi jam kedua. Bersyukur karena bisa membawakan Sara bunga, hepi  banget dia. Bersyukur mencretnya Sofia sudah berkurang dibandingkan kemarin.
58. Bersyukur karena hari ini Pa Sara merekam pertama kalinya Sara nyanyi satu lagu full tanpa dibantu, kadang kan nyanyinya terputus-putus gitu, belum selesai satu lagu eh ganti lagu lain, hahaha, biarpun masih ada salahnya tapi senang karena dia menyelesaikan satu lagu full. Malamnya sebelum tidur tahu-tahu dia nyanyi lagu Hepi Ya Ya Ya sendiri tanpa dibantu 
59. Bersyukur hari ini dapat tips keuangan dari anggota BRG, semangat niru! 
13 Juli 2018
60. Bersyukur tadi pagi dapat pinjaman sepatu olahraga dari Oka, jadi bisa ikut olahraga di kantor hari ini. Lupa bawa sepatu olahraga dari Kasongan dan sayang beli, wong dipakai seminggu sekali doang  #emak2hemat.
61. Bersyukur bisa olahraga setelah sekian lama gak olahraga, lumayan setengah jam jalan kaki trus aerobik rame-rame di kantor.
62. Bersyukur tadi pagi ada teman yang jualan jus terong belanda dan bisa minum, karena susah dapatnya di Palangka Raya.
63. Sharing sama teman yang punya masalah rambut rontok dan mulai beruban, jadi ingat kalau aku juga sudah mulai beruban, hahaha. Kadang sedih, nyadar kalau dah tuek. Ingat ayat ini jadi terhibur : Yesaya 46:4 (TB)  Sampai masa tuamu Aku tetap Dia dan sampai masa putih rambutmu Aku menggendong kamu. Aku telah melakukannya dan mau menanggung kamu terus; Aku mau memikul kamu dan menyelamatkan kamu.
Bersyukur punya Tuhan yang seperti ini.
64. Bersyukur akhirnya selesai artikel buat Majalah Pearl bulan Juli ini, semoga gak banyak revisi  Bersyukur buat kesabaran editor menunggu artikel emak-emak seperti diriku. Weekend jadi bisa fokus sama keluarga.
65. Bersyukur hari ini makan durian Kasongan di kantor sepuasnya,gratis... tis.... hihihi, rezeki mamak sholeh.
66. Bersyukur bisa cerita apa aja sama suami tentang apa yang aku rasakan. Bersyukur punya suami yang betah mendengarkan istrinya cerita apa aja. Bersyukur suami gak buru-buru ngasih solusi, dia benar-benar kasih telinga untuk mendengarkan.
14 Juli 2018
67. Bersyukur hari ini libur, bisa bangun lebih siang dari biasanya. Bisa bersantai, tidur siang lamaaaa.... 
68. Bersyukur malam Minggu gak kemana-mana,  cuma di rumah tapi bener-bener enjoy ngabisin waktu bareng keluarga. Sebenarnya pengen banget jalan-jalan, tapi dipikir keluar rumah ntar ada aja yang dibeli, belum lagi buat makan di luar, hahaha. Bersyukur hari ini bisa menahan diri. Yay!
69. Akhirnya makan malam di rumah dengan ramen dari Fani, hohoho. Kata Pa Sara lebih enak Indomie Kari Ayam, tapi aku suka kok ini, mi-nya kayak mi lidi gitu, kaldunya mantap bingit     
70. Bersyukur bisa punya waktu baca e-book Anak Semua Bangsanya Pram walaupun belum selesai.

Lukas 23, Amsal 23

Amsal 23 Scripture       Amsal 23:29 (TB)  Siapa mengaduh? Siapa mengeluh? Siapa bertengkar? Siapa berkeluh kesah? Siapa mendapat cidera t...