.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Tuesday, July 16, 2019

1 Timotius 5-6

1 Timotius 5

Scripture       
1 Timotius 5:18 (TB)  Bukankah Kitab Suci berkata: "Janganlah engkau memberangus mulut lembu yang sedang mengirik," dan lagi "seorang pekerja patut mendapat upahnya." 

Observation 
Aku berkomitmen memberikan persembahan buat sebuah lembaga misi setiap bulannya. Terkadang aku menggampangkan dan menunda-nunda mentransfer. Pasti kirim sih tiap bulan, tapi ya itu tadi, aku gak disiplin.

Aplication
✔ Setiap tanggal 1 aku harus sudah transfer. Buat reminder di HP.


1 Timotius 6

Scripture 
1 Timotius 6:8 (TB)  Asal ada makanan dan pakaian, cukuplah. 

Observation 
Wih, selama ini hidupku berkecukupan. Tiada hari di mana aku gak punya pakaian dan makanan. Kalau selama ini aku sering merasa berkekurangan, berarti aku gak bersyukur. Aku lupa bersyukur karena menganggap yang aku dapatkan adalah hal biasa.

Aplication
✔ Mulai lagi nulis gratitude journal.

Prayer
Tuhan, aku mau bersyukur lagi kepadaMu karena Tuhan telah berbuat baik padaku. Amin.

Palangka Raya, 15 Juli 2019
-Mega Menulis-

1 Timotius 3-4

1 Timotius 3

Scripture       
1 Timotius 3:5 (TB)  Jikalau seorang tidak tahu mengepalai keluarganya sendiri, bagaimanakah ia dapat mengurus Jemaat Allah? 

Observation 
Baca ayat ini berasa ketampar sebenarnya, melayani keluargaku harusnya SELALU jadi prioritasku dibandingkan yang lainnya. Buat apa ambil pelayanan di luar rumah kalau keluarga terabaikan. Duh. Jadi berpikir ulang mengenai beberapa pelayanan yang aku lakukan sekarang. Berasa sih gak maksimal melayani keluarga.

Aplication
✔ Atur jadwal dengan baik untuk pelayanan supaya gak mengganggu waktu bareng keluarga.
✔ Kalau memang gak bisa lagi diatur, lepaskan yang aku gak sanggup handle.

Prayer
Tuhan, aku mau jadikan pelayanan keluargaku sebagai yang utama. Mampukan aku memberi diri sepenuhnya sewaktu bareng keluarga. Amin.

1 Timotius 4

Scripture       
1 Timotius 4:16 (TB)  Awasilah dirimu sendiri dan awasilah ajaranmu. Bertekunlah dalam semuanya itu, karena dengan berbuat demikian engkau akan menyelamatkan dirimu dan semua orang yang mendengar engkau.

Observation 
Sebelum sharing atau menulis sesuatu, aku perlu cek dan ricek. Menyelidiki diriku sendiri apakah aku sungguh sudah melakukan apa yang aku tuliskan. Supaya yang mendengarnya sungguh diberkati.

Aplication
✔ Aku mau menuliskan yang aku lakukan dan melakukan yang aku tuliskan sehingga menjadi kesaksian yang benar-benar memberkati.

Prayer
Tuhan, tolonglah aku melakukan apa yang aku tuliskan. Amin.

Palangka Raya, 14 Juli 2019
-Mega Menulis-

1 Timotius 1-2

1 Timotius 1

Scripture       
1 Timotius 1:2 (TB)  kepada Timotius, anakku yang sah di dalam iman: kasih karunia, rahmat dan damai sejahtera dari Allah Bapa dan Kristus Yesus, Tuhan kita, menyertai engkau. 

Observation 
Timotius adalah anak rohani Paulus dan dalam surat-suratnya terlihat bagaimana Paulus mengencourage Timotius,mengajar dan mendoakan. Aku jadi teringat adek KTBku sewaktu di kampus, sudah lama gak kontak.

Aplication
✔ Aku mau berdoa buat Reski, Mei, Ika, Fony, Anita dan Cory.

Prayer 
Terima kasih Tuhan buat kesempatan berbagi hidup dengan adek-adek KTBku selama masa kuliah. Tolong Tuhan jagai hidup mereka dan tarik mereka dengan kesetiaan-Mu biar mereka tetap jadikan Tuhan yang terutama. Amin.

1 Timotius 2

Scripture       
1 Timotius 2:1-2 (TB)  Pertama-tama aku menasihatkan: Naikkanlah permohonan, doa syafaat dan ucapan syukur untuk semua orang, 
untuk raja-raja dan untuk semua pembesar, agar kita dapat hidup tenang dan tenteram dalam segala kesalehan dan kehormatan.

Observation 
Bersyukur sekali hari ini melihat banyak postingan Pak Jokowi dan Pak Prabowo bersama. Sungguh-sungguh berdoa supaya ada rekonsiliasi, supaya ada kedamaian dan ketenteramam di Indonesia. Capek melihat ribut-ribut pendukungnya di timeline media sosial. Rindu supaya ada persatuan di Indonesia.

Aplication
✔ Berdoa buat presiden Jokowi supaya bisa memilih orang-orang terbaik yang membantunya.

Prayer
Tuhan, dengarkanlah doaku untuk Indonesia. Berikanlah ketenteraman bagi kami yang hidup di Indonesia, supaya sungguh-sungguh setiap pejabatnya mengusahakan kesejahteraan masyarakatnya. Amin.

Palangka Raya, 13 Juli 2019
-Mega Menulis-

Yosua 23-24

Yosua 23

Scripture       
Yosua 23:8 (TB)  Tetapi kamu harus berpaut pada TUHAN, Allahmu, seperti yang kamu lakukan sampai sekarang. 

Observation 
Baca ayat ini jadi ingat ayat hapalan bulan ini. Pesan Yosua mirip kan ya? Gak boleh berpisah dari Tuhan. Harus berpaut. Harus melekat sama Tuhan. Adalah mustahil aku berbuah kalau aku gak melekat sama Tuhan seperti ranting pada pokok anggur.

Terkadang rasanya kalau dah capek ,mau gak baca FT,bawaannya mau tidur aja. Pengennya besok-besok aja lagi bacanya, waktu badan lebih fresh. Tapi waktu ingat selama ini sudah dikasih kekuatan sama Tuhan setiap hari lewat firmanNya, duh, dengan rasa capek pun mulai deh baca Alkitab. Dan Tuhan sungguh beri kekuatan baru.

Aplication
✔ Aku mau terus berpaut sama Tuhan seperti yang aku lakukan selama ini. Jangan menjauh dari firmanNya Meg. FT adalah cara Tuhan bicara ke aku secara pribadi. Kalau aku menjauh dsri FT, aku sedang menjauh dari Tuhan.

Prayer   
Tuhan, aku gak mau menjauh dariMu.Aku mau mendengarkan Tuhan setiap hari. Amin.

Yosua 24

Scripture       
Yosua 24:31 (TB)  Orang Israel beribadah kepada TUHAN sepanjang zaman Yosua dan sepanjang zaman para tua-tua yang hidup lebih lama dari pada Yosua, dan yang mengenal segenap perbuatan yang dilakukan TUHAN bagi orang Israel. 

Observation 
Sebagai orang tua pastinya aku sedih kalau anak-anakku mengikuti perkataanku hanya pada saat aku ada. Lalu mulai melakukan sebaliknya saat aku gak bersama mereka. Kerinduanku supaya anak-anakku beribadah kepada Tuhan bahkan setelah aku mati. Bukan hanya selagi aku hidup saja.

Aplication
✔ Berdoa supaya anak-anakku mengalami perjumpaan pribadi dengan Tuhan dan mengenal Tuhan secara pribadi, bukan hanya sekedar menyembah Tuhan ikut-ikutan.

Prayer   
Tuhan, biarlah setiap anakku boleh kenal Tuhan dan bergaul intim dengan Tuhan sejak muda sampai akhir hidup mereka. Amin.

Palangka Raya, 12 Juli 2019
-Mega Menulis-

Yosua 21-22

Yosua 21

Scripture       
Yosua 21:45 (TB)  Dari segala yang baik yang dijanjikan TUHAN kepada kaum Israel, tidak ada yang tidak dipenuhi; semuanya terpenuhi. 

Observation 
Indah sekali ayat ini. Nyata benar bahwa Tuhan adalah Allah yang dapat dipercaya. Segala yang dijanjikanNya dipenuhi.

Kalau Allahku adalah Allah yang dapat dipercaya, tentunya sebagai anakNya, aku juga harus dapat dipercaya. Sudahkah aku menjadi istri yang dapat dipercaya? Pekerja yang dapat dipercaya? Harus berintegritas. Harus ada kesesuaian antara apa yang aku ucapkan, dengan yang aku yakini dan aku perbuat.

Aplication
✔ Beberapa hari lalu ditegur suami karena dianggap beda yang aku lakukan dengan yang aku share. Sempat jengkel dan trauma buat share. Tapi aku merenung lagi dan memutuskan menerima teguran dengan hati terbuka. Belajar sungguh-sungguh jadi pelaku firman.

Prayer    
Tuhan, biarlah hati suamiku percaya kepadaku. Aku mau jadi istri yang dapat dipercaya. Mampukan aku Tuhan. Amin.

Yosua 22

Scripture       
Yosua 22:5 (TB)  Hanya, lakukanlah dengan sangat setia perintah dan hukum, yang diperintahkan kepadamu oleh Musa, hamba TUHAN itu, yakni mengasihi TUHAN, Allahmu, hidup menurut segala jalan yang ditunjukkan-Nya, tetap mengikuti perintah-Nya, berpaut pada-Nya dan berbakti kepada-Nya dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu."

Observation & Aplication 
Baca ayat di atas diingatkan untuk melakukan kehendak Tuhan dengan segenap hati dan dengan segenap jiwa. Bukan dengan paksaan, tapi dengan hati yang rela. Bukan dengan bersungut-sungut, tapi dengan hati yang limpah dengan syukur. Habis ditegur suami, jadi gak sungguh-sungguh melayani suami. Jadi gak berusaha melakukan yang terbaik. Tetap sih melakukan yang baik, tapi di hati kecil berasa kok kalau bisa memberikan lebih dari ini sebenarnya. Masih bersungut-sungut di dalam hati. Padahal Tuhan mau aku semakin mengasihi suami.

Prayer   
Tuhan, aku mau menaati Tuhan dengan bersungguh-sungguh mengasihi suami walaupun kadang masih jengkel. Mampukan aku ya Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 11 Juli 2019
-Mega Menulis-

Pelayan Isteri Naaman : Seorang Anak Perempuan yang Menjadi Berkat

Naaman, panglima raja Aram, adalah seorang terpandang di hadapan tuannya dan sangat disayangi, sebab oleh dia TUHAN telah memberikan kemenangan kepada orang Aram. Tetapi orang itu, seorang pahlawan tentara, sakit kusta.  Orang Aram pernah keluar bergerombolan dan membawa tertawan seorang anak perempuan dari negeri Israel. Ia menjadi pelayan pada isteri Naaman.  Berkatalah gadis itu kepada nyonyanya: “Sekiranya tuanku menghadap nabi yang di Samaria itu, maka tentulah nabi itu akan menyembuhkan dia dari penyakitnya.” 
(2 Raja-Raja 5:1-3)

Saat ini kita akan mengenal lebih dekat seorang anak perempuan yang hidupnya menjadi berkat bagi seseorang dari bangsa lain. Tidak disebutkan siapa nama anak perempuan yang menjadi pelayan istri Naaman ini di Alkitab. Umurnya pun tidak disebutkan dengan jelas. Alkitab hanya menyebutnya sebagai “anak perempuan”, jadi kemungkinan dia berusia muda, mungkin dibawah 20 tahun. Ia adalah orang Israel yang menjadi tawanan Naaman, seorang panglima Raja Aram. Sebenarnya ia bisa saja dendam pada Naaman yang telah membawanya keluar dari negerinya dengan paksa dan menjadikan dia budak. Tapi dia tidak dendam dan malah ingin Naaman sembuh. Dengan berani dia memberi saran kepada isteri Naaman untuk membawa Naaman kepada nabi Elisa, agar sang nabi menyembuhkannya dari penyakit yang merupakan aib tersebut. Melalui ketulusan dan kebaikan hatinya, Naaman, seorang perwira bangsa lain yang tidak mengenal Allah mendapatkan mujizat kesembuhan dan memuliakan nama Allah Israel. Pada akhirnya Naaman berkata: 

“Sekarang aku tahu bahwa di seluruh bumi tidak ada Allah, kecuali di Israel.” 
(2 Raja-Raja 5:15) 


Apa yang dapat kita pelajari dari anak perempuan yang menjadi hamba Naaman ini? 
1. Tidak Pendendam dan Mau Mengampuni 
Anak perempuan ini sudah menjadi tawanan orang Aram dan dijadikan budak. Seorang budak menjadi milik majikannya: mereka tidak punya hak apa-apa, mereka harus melayani tuannya, dan hidup di bawah belas kasihan tuannya. Bayangkan, di usia muda sudah harus hidup jauh dari orang tua, menjadi budak pula! Dia punya alasan untuk sakit hati dan menyimpan kepahitan kepada Naaman dan keluarganya. Lebih masuk akal kalau dia berkata, “Syukurin!” saat tahu bahwa Naaman terkena penyakit kusta. Tapi ternyata dia tidak melakukannya. Responnya saat mengetahui Naaman sakit malah menunjukkan kalau dia telah mengampuni dan tidak menyimpan dendam. 

Jadiiii… Kalau kita berada pada posisi yang sama dengan anak perempuan ini, sakit hati dan ada kesempatan menertawakan penderitaan dia yang menyakiti kita, apakah kita akan merespon seperti orang pada umumnya, atau seperti si anak ini? Perhatikan apa kata firman Tuhan: 

Segala kepahitan, kegeraman, kemarahan, pertikaian dan fitnah hendaklah dibuang dari antara kamu, demikian pula segala kejahatan. Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu. (Efesus 4:31-32) 

Hendaklah kamu murah hati, sama seperti Bapamu adalah murah hati.
(Lukas 6:36)

Bermurah hatilah seperti anak perempuan ini dan lepaskanlah pengampunan bagi orang yang menyakitimu. Anak perempuan ini sudah bermurah hati seperti Bapa di sorga, bagaimana dengan kita? 

2. Dapat Dipercaya 
Istri Naaman dengan segera menyampaikan perkataan anak perempuan pelayannya ini kepada suaminya, dan sang suamipun segera menyampaikan kepada Raja Aram. Tentunya mereka berbuat demikian karena mereka mempercayai anak perempuan ini; kalau tidak, mana mungkin mereka meresponnya dengan serius. Di zaman ini, kepercayaan menjadi barang yang langka. Maukah kita juga menjadi orang yang dapat dipercaya? Orang pintar banyak, tapi bagaimana dengan orang yang dapat dipercaya? Sedikit! Firman Tuhan berkata bahwa orang yang dapat dipercaya mendapat banyak berkat, tetapi orang yang ingin cepat menjadi kaya, tidak akan luput dari hukuman (Amsal 28:20). Kita harus dapat dipercaya oleh Tuhan dan manusia. Bagaimana caranya? 
  • Setia dan bertanggung jawab sekalipun dalam perkara yang kecil (Lukas 16:10).
  • Lakukan segala sesuatu dengan segenap hati seperti untuk Tuhan (Kolose 3:23).
  • Tetap konsisten dengan prinsip kita, baik ada atau tidak ada orang yang melihat.
3. Memiliki Belas Kasihan 
Penyakit kusta membuat seseorang dihindari oleh orang lain. Ketika kita bertemu dengan orang yang butuh pertolongan, kiranya kita tergerak untuk menolong dengan tidak egois. Anak perempuan itu merasa kasihan terhadap tuannya yang terkena penyakit kusta. Dia menginginkan tuannya sembuh, sehingga dia memberikan informasi yang diketahuinya kepada istri Naaman. Ia memiliki belas kasihan. Belas kasihan adalah kehendak Allah bagi setiap orang percaya: 

Jadi pergilah dan pelajarilah arti firman ini: Yang Kukehendaki ialah belas kasihan dan bukan persembahan, karena Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa.
(Matius 9:13)

Seringkali kita juga melihat dalam Injil bahwa hati Yesus tergerak oleh belas kasihan. 

Maka tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan, lalu Ia mengulurkan tangan-Nya, menjamah orang itu dan berkata kepadanya: “Aku mau, jadilah engkau tahir.” 
(Markus 1:41) 

Pertanyaannya, apakah kita juga mau digerakkan oleh belas kasihan dan melakukan sesuatu bagi orang lain? Belas kasihan memampukan kita bersukacita dengan orang yang bersukacita dan menangis dengan orang yang menangis (Roma 12:15). Belas kasihan membuat kita melakukan tindakan yang bisa kita lakukan dan merespon kebutuhan seseorang—termasuk yang tak terucapkan—untuk meringankan penderitaan mereka. David Roper berkata: “Temukanlah berkat Allah dengan memperhatikan orang yang lemah.” Maukah kita menemukan berkat Allah dengan berbelas kasihan kepada mereka yang lemah? 

4. Beriman kepada Allah 
Anak perempuan ini beriman kepada kuasa Allah. Dia percaya Allah bekerja melalui nabi-nabi-Nya, sehingga dengan penuh keberanian dia menyampaikan tentang nabi yang bisa menyembuhkan penyakit Naaman. Anak perempuan ini tidak berpikir, bagaimana kalau nabi yang dikatakannya ternyata tidak dapat menyembuhkan tuannya? Dia hanya percaya. Dia melakukan tindakan iman. 

Ada sebuah ayat yang indah tentang iman yang aku sukai. Ayatnya berbunyi demikian: 

Jawab Yesus: “Bukankah sudah Kukatakan kepadamu: Jikalau engkau percaya engkau akan melihat kemuliaan Allah?”
(Yohanes 11:40)

Anak perempuan ini mungkin tidak pernah mendengar ayat ini, tapi kemuliaan Allah sungguh dinyatakan karena imannya. 

***

Dari anak perempuan ini, kita belajar: 
  1. Dalam segala kesempatan kita dapat melayani Tuhan, bahkan dalam situasi yang menyakitkan. 
  2. Allah mengizinkan penyakit, kesukaran, masalah, dan penderitaan terjadi agar Allah dapat dimuliakan. 
  3. Lakukan hal kecil dengan kesetiaan yang besar. Kita tidak pernah tahu dampak dari apa yang kita perbuat. Anak perempuan ini tentu tidak menyangka ‘hal kecil’ yang dilakukannya menjadi berkat bagi seseorang yang tidak mengenal Allah.
Ditulis untuk Majalah Pearl. 

Thursday, July 11, 2019

Yosua 19

Yosua 19

Scripture      
Yosua 19:9 (TB)  Milik pusaka bani Simeon diambil dari bagian bani Yehuda. Karena bagian bani Yehuda itu terlalu besar bagi mereka, maka bani Simeon menerima milik pusaka di tengah-tengah mereka.

Observation
Luar biasa! Bani Yehuda merelakan bagiannya diambil untuk Bani Simeon. Mereka gak protes atau marah. Bani Yehuda gak serakah, bani yang lain pun gak iri dengan bagian besar milik bani Yehuda. Tuhan sudah menetapkan bagian setiap suku masing-masing menurut keadilan dan kasih karuniaNya.

Aplication
✔️ Aku gak boleh iri dengan apa yang dimiliki orang lain. Tuhan sudah menetapkan berkat setiap orang masing-masing. Gak boleh serakah Meg!

Prayer   
Tuhan, ampuni karena serakah, dan selalu menginginkan lebih. Ajari aku mencukupkan diri dengan apa yang aku miliki ya Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 10 Juli 2019
-Mega Menulis-

Yosua 18

Yosua 18

Scripture      
Yosua 18:3 (TB)  Sebab itu berkatalah Yosua kepada orang Israel: "Berapa lama lagi kamu bermalas-malas, sehingga tidak pergi menduduki negeri yang telah diberikan kepadamu oleh TUHAN, Allah nenek moyangmu?

Observation
Orang Israel yang bermalas-malasan tidak pergi menduduki negeri yang telah diberikan kepada mereka sehingga ditegur Yosua. Tuhan memberikan janji berkat, tapi kita juga gak boleh bermalas-malasan.

Beberapa hari lalu ngobrol sama suami dan dia dah membayangkan kalau aku di kantor pasti jarang bergerak, hahaha. Aku memang bekerja di bagian perencanaan yang banyak  duduk di belakang layar. Lalu suami minta aku jangan malas demi kesehatan karena percuma ngurangin makan tapi gerak gak ada. Dipikir-pikir, benar juga ya, aku berdoa minta kesehatan dari Tuhan tapi aku gak berusaha hidup sehat, gimana tuh? Akhirnya aku ikut saran suami, sekarang tiap aku ambil minum di botolku dan buang air kecil, aku turun ke lantai bawah(ruanganku di lantai atas).

Aplication
✔️ Setiap ada kesempatan bergerak di kantor, aku harus bergerak, gak mengambil jalan kemalasan.

Prayer   
Tuhan, tolong aku supaya gak bermalas-malasan dan mengusahakan apa yang aku doakan. Amin.

Palangka Raya, 9 Juli 2019
-Mega Menulis-

Yosua 15-16

Yosua 15 & 16

Scripture      

Yosua 15:63 (TB)  Tetapi orang Yebus, penduduk kota Yerusalem, tidak dapat dihalau oleh bani Yehuda. Jadi orang Yebus itu masih tetap diam bersama-sama dengan bani Yehuda di Yerusalem sampai sekarang.

Yosua 16:10 (TB)  Tetapi orang Kanaan yang diam di Gezer tidaklah dihalau mereka. Jadi orang Kanaan itu masih tetap tinggal di tengah-tengah suku Efraim sampai sekarang, tetapi menjadi budak rodi.

Observation
Ternyata selain orang Gibeon, orang Yebus dan orang Kanaan yang diam di Gezer tidak dihalau dari tengah-tengah orang Israel. Mereka tinggal bersama orang Israel padahal Tuhan sudah berfirman:
Ulangan 7:16 (TB)  Engkau harus melenyapkan segala bangsa yang diserahkan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu; janganlah engkau merasa sayang kepada mereka dan janganlah beribadah kepada allah mereka, sebab hal itu akan menjadi jerat bagimu.

Kenapa orang Israel gak menaati Tuhan? Merasa kasihan mungkin? Padahal Tuhan punya tujuan saat meminta kita untuk melakukan sesuatu atau melarang melakukan sesuatu. Seringkali aku juga begitu, lebih memperhatikan perasaan manusia dibandingkan perasaan Tuhan. Sebenarnya itu berarti Aku sedang mencari alasan untuk ketidaktaatanku.

Aplication
✔️ Jangan mencari alasan untuk gak taat Meg!

Prayer   
Tuhan, aku mau berhenti mencari alasan untuk ketidaktaatanku. Amin.

Palangka Raya, 8 Juli 2019
-Mega Menulis-

Yosua 13-14

Yosua 13

Scripture      
Yosua 13:14 (TB)  Hanya kepada suku Lewi tidak diberikan milik pusaka: yang menjadi milik pusakanya ialah TUHAN, Allah Israel, seperti yang dijanjikan-Nya kepada mereka. 

Observation
Awalnya kasihan sama suku Lewi, gak mendapat milik pusaka seperti suku lain. Gak dapat tanah untuk diduduki,apalagi tanah zama sekarang kan mahal ya. LOL. Tapiiii.... Dikatakan milik pusaka mereka adalah Tuhan. Dan itu istimewa. Merekalah suku yang ditetapkan melayani Tuhan sampai selama-lamanya. Sejak lahir seorang Lewi ditetapkan akan menjadi pelayan Tuhan. Bukankah melayani Tuhan adalah kehormatan?

Aplication
✔️ Saat aku melakukan suatu pekerjaan dengan kesadaran ini adalah pelayanan kepada Tuhan, aku harusnya gak mengeluh. Karena gak semua orang mendapat kesempatan seperti ini.

Prayer   
Tuhan, ampuni aku kalau aku banyak mengeluh saat melayani keluargaku. Aku sering lupa kalau keluargaku adalah pelayananku kepada Tuhan. Aku mau melayani dengan sukacita. Amin.

Yosua 14

Scripture      

Yosua 14:10-11 (TB)  Jadi sekarang, sesungguhnya TUHAN telah memelihara hidupku, seperti yang dijanjikan-Nya. Kini sudah empat puluh lima tahun lamanya, sejak diucapkan TUHAN firman itu kepada Musa, dan selama itu orang Israel mengembara di padang gurun. Jadi sekarang, telah berumur delapan puluh lima tahun aku hari ini;
pada waktu ini aku masih sama kuat seperti pada waktu aku disuruh Musa; seperti kekuatanku pada waktu itu demikianlah kekuatanku sekarang untuk berperang dan untuk keluar masuk.

Observation & Aplication
Kaleb berumur 85 tahun dan kekuatannya masih seperti dia muda. Wow!!!! Rahasianya :
Yosua 14:14 (TB)  Itulah sebabnya Hebron menjadi milik pusaka Kaleb bin Yefune, orang Kenas itu, sampai sekarang ini, *karena ia tetap mengikuti TUHAN, Allah Israel, dengan sepenuh hati.*

Bagaimana mengikuti Tuhan dengan sepenuh hati?
➡️ Tidak hidup dalam dosa
➡️ Taat sepenuhnya
➡️ Mempercayai Tuhan sepenuhnya, gak ragu akan janji Tuhan

Prayer   
Tuhan, aku mau mengikuti Tuhan dengan sepenuh hati. Tolong aku Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 7 Juli 2019
-Mega Menulis-

Saturday, July 6, 2019

Yosua 11

Yosua 11

Scripture      
Yosua 11:23 (TB)  Demikianlah Yosua merebut seluruh negeri itu sesuai dengan segala yang difirmankan TUHAN kepada Musa. Dan Yosua pun memberikan negeri itu kepada orang Israel menjadi milik pusaka mereka, menurut pembagian suku mereka. Lalu amanlah negeri itu, berhenti dari berperang.

Observation
Firman Tuhan pasti jadi. Gak tahu bagaimana caranya, gak tahu kapan, gak peduli bagaimana pun sulitnya. Pasti terjadi! Kalau saat ini aku meragukan apa yang sudah Tuhan firmankan, aku perlu ingat bagaimana Tuhan setia pada janjiNya. Waktu Tuhan bukan waktuku. Aku perlu mengerjakan segala yang bisa aku kerjakan dengan melakukan yang terbaik.

Prayer   
Tuhan, ampuni aku yang terkadang meragukan janji Tuhan, apalagi saat keadaan jauh dari yang aku harapkan. Tolong aku melakukan bagianku ya Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 6 Juli 2019
-Mega Menulis-

Yosua 9-10

Yosua 9

Scripture      
Yosua 9:14-15 (TB)  Lalu orang-orang Israel mengambil bekal orang-orang itu, tetapi *tidak meminta keputusan TUHAN.*
*Maka Yosua mengadakan persahabatan dengan mereka dan mengikat perjanjian dengan mereka*, bahwa ia akan membiarkan mereka hidup; dan para pemimpin umat itu bersumpah kepada mereka.

Observation & Aplication
✔️ Generasi Yosua padahal tahu aturan yang sudah Tuhan katakan tentang ini:
Keluaran 23:32-33 (TB)  Janganlah mengadakan perjanjian dengan mereka ataupun dengan allah mereka.
Mereka tidak akan tetap diam di negerimu, supaya mereka jangan membuat engkau berdosa kepada-Ku, dengan beribadah kepada allah mereka, sebab tentulah hal itu menjadi jerat bagimu."

Tuhan membuat aturan tersebut untuk melindungi bangsa Israel dari berbuat dosa. Saat orang Israel diam bersama bangsa lain maka mereka akan mudah terpengaruh kebiasaan mereka yang gak mengenal Tuhan.

Aku juga harus selalu taat pada hukum Tuhan, karena Tuhan ingin melindungiku lewat aturan yang diberikannya.

✔️ Yosua yang biasanya selalu mendengar perkataan Tuhan, kali ini gak bertanya sama Tuhan saat akan mengambil keputusan. Akhirnya, keputusan yang diambil salah.

Kalau aku perlu mengambil keputusan. Harus belajar untuk tanya terus sama Tuhan,gak hanya mengandalkan hikmat sendiri.

Prayer   
Tuhan, aku mau belajar menaati aturan yang ada di sekelilingku. Tolong aku melakukannya Tuhan. Amin.

Yosua 10

Scripture      
Yosua 10:14, 42 (TB)  Belum pernah ada hari seperti itu, baik dahulu maupun kemudian, bahwa TUHAN mendengarkan permohonan seorang manusia secara demikian, *sebab yang berperang untuk orang Israel ialah TUHAN.*
Semua raja ini dan negeri mereka telah dikalahkan Yosua sekaligus, *sebab yang berperang untuk orang Israel ialah TUHAN, Allah Israel.*

Observation
Kemenangan yang diraih oleh orang Israel adalah kemenangan Tuhan. Sebab yang berperang untuk orang Israel ialah TUHAN. Aku diingatkan juga kalau 'kemenangan-kemenangan' yang kuraih dalam hidupku juga karya Tuhan Tuhan yang melakukannya bagiku. Menyadari hal itu, gak ada tempat buatku memegahkan diri.

Aplication
✔️ Keseluruhan yang ada di hidupku adalah pemberian Tuhan semata. Aku mau punya hati yang selalu bersyukur sama Tuhan. Gak boleh merasa kalau itu hasil usahaku semata. Gak boleh mencuri kemuliaan Tuhan.

Prayer   
Tuhan, kepadamulah segala kemuliaan atas segala kemenangan di dalam hidupku. Terima kasih Tuhan. Jangan biarkan aku mencuri kemuliaanMu Tuhan dengan sombong. Amin.

Palangka Raya, 5 Juli 2019
-Mega Menulis-

Yosua 7-8

Yosua 7

Scripture      
Yosua 7:19 (TB)  Berkatalah Yosua kepada Akhan: "Anakku, hormatilah TUHAN, Allah Israel, dan mengakulah di hadapan-Nya; katakanlah kepadaku apa yang kauperbuat, jangan sembunyikan kepadaku."

Observation
Yosua bersikap lembut dan menggunakan kata-kata yang tepat untuk mendorong Akhan mengaku. Dia gak langsung menuduh Akhan dan menghukumnya padahal jelas-jelas Tuhan dah tunjukkan siapa yang bersalah, malahan dia meminta Akhan menghormati Tuhan dengan mengakui kesalahannya. Akhan harus menyadari kesalahannya adalah dosa di mata Tuhan, Tuhan yang dikecewakannya. Barulah dia menerima konsekuensi dari perbuatannya.

Respon Yosua saat menyadari kesalahan Akhan luar biasa. Aku diingatkan untuk bersikap demikian saat anak berbuat kesalahan. Selama ini kalau tahu-tahu Sofi menangis, karena pernah beberapa kali kedapatan diganggu Sara, aku lalu otomatis mengira Sara yang mengganggu Sofi, lalu aku menegur dan memarahi dia.

Aplication
✔️ Aku gak boleh langsung memarahi Sara kalau terjadi hal yang sama. Harus bersabar. Tanya baik-baik, minta dia menghormati Tuhan dengan mengaku kalau memang dia yang berbuat(kasih tahu kalau Tuhan gak senang dia kalau dia berbuat ini itu yang salah). Kalau sudah mengaku, dikasih tahu seharusnya bagaimana. Kalau masih berulang baru didisiplin.

Prayer   
Tuhan berikanku kesabaran dan hikmar dalam menghadapi Sara terutama saat dia berbuat kesalahan. Biar dia belajar kalau yang dilakukannya mendukakan Tuhan. Amin.

Yosua 8

Scripture      
Yosua 8:1 (TB)  Kemudian  *berfirmanlah TUHAN kepada Yosua*: "Janganlah takut dan janganlah tawar hati; bawalah seluruh tentara dan bersiaplah, majulah ke Ai. Ketahuilah, Aku serahkan kepadamu raja negeri Ai, rakyatnya, kotanya dan negerinya,

Observation
Baru sadar, berkali-kali dikatakan dari pasal 1 kalau  Tuhan berfirman pada Yosua. Tuhan ngomong langsung ke Yosua. Yosua selalu terhubung sama Tuhan, sampai-sampai pas perang aja Tuhan berfirman ke dia. Yosua selalu terhubung sama Tuhan. Wow! Seberapa sering di zaman sekarang seseorang mendengar Tuhan ngomong langsung ke dia? Jarang banget! Tapiiii... Kupikir ada kualitas istimewa di Yosua yang bikin Tuhan mau ngomong langsung ke dia:*Yosua mau mendengar Tuhan alias taat*. Lah iya kan ya, kalau Yosua track recordnya jelek, tiap dikasi tahu Tuhan ndablek. Ya kali Tuhan males ngomong sama Yosua.

Banyak orang yang mau dengar Tuhan bicara atau berfirman ke dia, tapi seberapa banyak yang mau dengar apa yang Tuhan bilang. Jleb. Jleb. Jleb. Aku termasuk orang yang banyak itu T-T Tuhan selalu rindu menyampaikan isi hatinya pada mereka yang mau taat.

Aplication
✔️ Kalau mau Tuhan banyak menyampaikan isi hatinya, aku mau berespon dengan ketaatan.

Prayer   
Tuhan, bicaralah, aku mau taat sama Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 4 Juli 2019
-Mega Menulis-

Yosua 5-6

Yosua 5

Scripture      
Yosua 5:6 (TB)  Sebab empat puluh tahun lamanya orang Israel itu berjalan melalui padang gurun, sampai habis mati seluruh bangsa itu, yakni prajurit yang keluar dari Mesir, yang tidak mendengarkan firman TUHAN. Kepada mereka itu TUHAN telah bersumpah, bahwa Ia tidak akan mengizinkan mereka melihat negeri yang dijanjikan TUHAN dengan bersumpah kepada nenek moyang mereka akan memberikannya kepada kita, suatu negeri yang berlimpah-limpah susu dan madunya.

Observation
Satu generasi Israel mati di padang gurun karena tidak mendengarkan firman Tuhan. Mereka tidak diizinkan Tuhan masuk ke negeri yang dijanjikan Tuhan. Bahkan Musa pun hanya bisa melihat dari kejauhan. Sedih sekali.

Ketidaktaatan akan mendapat hukuman, ketaatan mendatangkan berkat. Gak boleh meremehkan firman Tuhan. Kalau aku gak mendengarkan apa kata Tuhan maka yang terjadi :
- Kematian
Mungkin bukan kematian fisik yang jadi fokusku tapi kematian secara rohani. Sekali aku gak taat, yang awalnya ada perasaan bersalah, lama-lama mati rasa. Akan makin sering gak taat. Nurani sudah gak peka lagi pada dosa.
- Tidak menerima yang Tuhan janjian.
Ketaatan mendatangkan berkat. Saat aku gak taat, aku hanya akan melihat orang lain menerima janji Tuhan. Aku gak akan mengalami sendiri berkat dari mendengarkan firman Tuhan. Saat taat, bukan aku sendiri yang menerima berkat Tuhan, tapi orang lain di sekelilingku juga.

Aplication
✔️ Aku mau melakukan Firman Tuhan setiap harinya. Segera minta ampun kalau melakukan yang berbeda dari firman.
✔️ Mau tanya Tuhan tiap hari, apa yang Tuhan ingin aku lakukan, adakah yang Tuhan ingin aku lakukan bagi orang lain.

Prayer   
Tuhan, tolonglah aku melakukan firmanMu hari ini, sesulit apapun keadaanku. Biar aku mengalami sukacita saat hidup dalam ketaatan.Amin.

Yosua 6

Scripture      
Yosua 6:2-3 (TB)  Berfirmanlah TUHAN kepada Yosua: "Ketahuilah, Aku serahkan ke tanganmu Yerikho ini beserta rajanya dan pahlawan-pahlawannya yang gagah perkasa.
Haruslah kamu mengelilingi kota itu, yakni semua prajurit harus mengedari kota itu sekali saja; demikianlah harus engkau perbuat enam hari lamanya,
Yosua 6:10 (TB)  Tetapi Yosua telah memerintahkan kepada bangsa itu, demikian: "Janganlah bersorak dan janganlah perdengarkan suaramu, sepatah kata pun janganlah keluar dari mulutmu sampai pada hari aku mengatakan kepadamu: Bersoraklah! — maka kamu harus bersorak."

Observation
Tuhan berjanji menyerahkan kota itu kepada bangsa Israel dan meminta mereka melakukan perintahNya lebih dahulu. Di sini aku belajar tentang:
- Ketaatan
Yosua memperhatikan detail perkataan Tuhan. Dia gak asal melakukan tapi mengerjakan tepat seperti yang Tuhan mau. Yosua dan bangsa Israel gak meremehkan firman Tuhan.
- Ada bagian yang harus dikerjakan oleh bangsa Israel
Tuhan bisa saja memberikan kota itu atau merobohkan Yerikho dalam sekejap tapiiii... Selama 6 hari itu Tuhan memperkuat iman mereka dan mempersiapkan hati bangsa Israel menerima janjiNya. Yosua dari awal gak berkata ke bangsa Israel kalau pada hari ke-7 tembok akan runtuh. Baru pada hari ke-7 dia mengatakannya. Selama 6 hari itu pastinya bangsa Israel was-was dan menanti-nanti apa  yang terjadi tapi mereka tetap melakukan bagian mereka dengan setia dalam situasi yang Tuhan hadapkan pada mereka.
- Tuhan melakukan mukzizat dan menyatakan diriNya
Sejarah akan mencatat, hanya Bangsa Israel saja yang merobohkan tembok Yerikho dengan ketaatanNya pada Tuhan dan ini akan membuat bangsa lain tahu hanya Allah bangsa Israel yang benar.

Aplication
✔️ Saat Tuhan suruh aku kerjakan sesuatu, aku harus setia melakukannya. Tetap jaga hati dalam kondisi berharap sama Tuhan.
✔️ Saat menghadapi 'tembok' alias masalah dan pergumulan dalam hidupku. Aku harus tetap taat dan memuji Tuhan. Aku akan menyaksikan Tuhan yang robohkan tembok itu.

Prayer   
Tuhan, aku percaya Engkau yang akan merobohkan tembok yang aku hadapi setiap hari. Aku mau tetap taat dan memuji Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 3 Juli 2019
-Mega Menulis-

Tuesday, July 2, 2019

Yosua 3-4

Yosua 3

Scripture       
Yosua 3:7 (TB)  Dan TUHAN berfirman kepada Yosua: "Pada hari inilah Aku mulai membesarkan namamu di mata seluruh orang Israel, supaya mereka tahu, bahwa seperti dahulu Aku menyertai Musa, demikianlah Aku akan menyertai engkau.

Observation 
Tuhan tidak mempermalukan Yosua. Dia yang menunjuk Yosua,  Dia juga yang menunjukkan penyertaanNya. Di kalangan orang Israel mungkin ada yang meragukan kemampuan Yosua menggantikan Musa. Tapi hari itu tidak akan ada yang meragukan penyertaan Tuhan pada Yosua.

Saat Tuhan bawa seseorang mengikuti panggilanNya, Dia yang akan memperlengkapi, meneguhkan dan membuat berhasil. Tuhan gak biarkan orang yang taat padaNya dipermalukan.

Aplication
✔ Aku mau hidup dalam ketaatan pada setiap panggilan Tuhan dan tetap setia.
✔ Sekarang-sekarang ini, kerjaan di kantor sedang hecticnya dan sampai rumah keluarga sudah menanti. Aku masih berutang tulisan di Pearl dan terpikir bilang gak sanggup tapi aku mau selesaikan minggu ini.

Prayer   
Tuhan, tolong aku untuk setia pada panggilan Tuhan. Jangan biarkan aku mencari alasan. Aku mau mencari cara. Amin.

Yosua 4

Scripture       
Yosua 4:24 (TB)  supaya semua bangsa di bumi tahu, bahwa kuat tangan TUHAN, dan supaya mereka selalu takut kepada TUHAN, Allahmu." 

Observation 
Hati Yosua fokus pada kemuliaan Tuhan sehingga apa yang diperbuat Tuhan bukan hanya dilihatnya sebagai tanda Tuhan memilih Israel sebagai umat pilihanNya. Yosua rindu kemuliaan Tuhan dilihat bangsa lain yang gak mengenalNya. Yosua tahu hati Tuhan bagi semua bangsa.

Kalau hati Tuhan untuk bangsa-bangsa, aku juga harusnya sama dong. Ketemplak banget. Aku gak tekun berdoa untuk mereka yang belum mendengar tentang Tuhan.

Aplication
✔  Ingat komitmen untuk berdoa buat beberapa orang yang belum kenal Tuhan. Aku mau mulai doakan lagi.

Prayer   
Tuhan, berikanku hati untuk mereka yang gak mengenal Engkau, bukan fokus pada diri sendiri. Amin.

Palangka Raya, 2 Juli 2019
-Mega Menulis-

Yosua 1

Yosua 1

Scripture       
Yosua 1:9 (TB)  Bukankah telah Kuperintahkan kepadamu: kuatkan dan teguhkanlah hatimu? Janganlah kecut dan tawar hati, sebab TUHAN, Allahmu, menyertai engkau, ke mana pun engkau pergi." 

Observation 
Yosua baru saja ditinggalkan mentornya Musa lalu tiba-tiba harus menggantikannya memimpin bangsa Israel masuk ke tanah perjanjian. Perasaannya pasti campur aduk antara sedih, kuatir, bingung, mampukah dia menggantikan Musa, apakah yang harus dilakukannya. Di pasal ini aku melihat bagaimana Tuhan mengenal hati Yosua lalu memberikan peneguhan bagi Yosua. Berulang kali di pasal 1 ini Yosua diminta untuk menguatkan dan meneguhkan hatinya. Tuhan mengingatkan kalau Tuhan menyertai ke mana pun Yosua pergi dan tidak akan meninggalkannya.

Sebagaimana janji penyertaan Tuhan dalam hidup Yosua menguatkan dan meneguhkan hatinya. Aku juga harus mengingat bahwa Tuhan sekali-kali tidak akan membiarkanku dan meninggalkan aku seperti firmanNya di Ibrani 13:5b (TB)   Karena Allah telah berfirman: "Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau." 

Aplication
✔ Terkadang waktu aku kecewa dengan perlakuan orang lain aku merasa Tuhan jauh.
✔ Aku mau perkatakan firman ini saat merasa Tuhan jauh: Karena Allah telah berfirman: "Aku sekali-kali tidak akan membiarkan Mega dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan Mega."

Prayer   
Tuhan, terima kasih karena sekali-kali gak pernah meninggalkan aku. Aku mau terus menyadari penyertaan Tuhan dan menguatkan hatiku, kalau dalam segala keadaan Tuhan hadir. Tuhan tahu hatiku dan Tuhan peduli. Amin.

Palangka Raya, 1 Juli 2019
-Mega Menulis-

Mazmur 149-150 dan Amsal 30-31

Mazmur 149

Scripture       
Mazmur 149:4 (TB)  Sebab TUHAN berkenan kepada umat-Nya, Ia memahkotai orang-orang yang rendah hati dengan keselamatan. 

Observation 
Akhir-akhir ini aku merasa gak rendah hati. Aku malahan merasa 'lebih' dibandingkan orang lain. Dan aku sadar ini bahaya, kesombongan akan membuat aku lupa kalau hanya Tuhan saja yang memampukanku melakukan ini dan itu. 

Aplication
✔ Harus selalu mengingatkan diri kalau aku sombong maka:
-Berarti aku gak dewasa
-Aku akan hancur

Prayer    
Tuhan, tolong aku untuk gak jatuh dalam dosa kesombongan. Ampuni aku Tuhan. Di luar Tuhan aku gak bisa berbuat apa-apa, sungguh cuma Tuhan yang memampukanku. Amin.

Mazmur 150

Scripture       
Mazmur 150:6 (TB)  Biarlah segala yang bernafas memuji TUHAN! Haleluya! 

Observation 
Di pasal ini pemazmur mengingatkan:
✔semua yang bernafas untuk memuji TUHAN.
✔SELALU ada alasan untuk memuji Tuhan
✔ada banyak cara memuji TUHAN

Aku ingat sebuah lagu berjudul Pujian Sejati, liriknya ada yang berkata 'melakukan firmanMu itulah pujian sejati'.

Aplication
Kalau aku mau selalu memuji Tuhan, aku harus hidup SELALU dalam Firman Tuhan.

Amsal 30

Scripture       
Amsal 30:32 (TB)  Bila engkau menyombongkan diri tanpa atau dengan berpikir, tekapkanlah tangan pada mulut! 

Observation 
Aku memang gak menyombongkan diri dengan mulut, tapi aku tau hatiku. Dan Tuhan juga pasti tahu. Ada saat-saat dimana aku merasa lebih baik dibandingkan orang lain dan aku tahu ini gak benar di hadapan Tuhan. Tuhan benci kesombongan.

Aplication
✔ Segera minta ampun sama Tuhan saat sadar sedang sombong dalam hati.

Prayer   
Tuhan, selidiki selalu hatiku dan tegurlah aku waktu aku sombong ya Tuhan. Jangan biarkan aku tinggal tetap dalam kesombonganku. Amin.

Amsal 31

Scripture       
Amsal 31:26 (TB)  Ia membuka mulutnya dengan hikmat, pengajaran yang lemah lembut ada di lidahnya. 

Observation 
Ingin sekali mengajar anak dengan hikmat dan lemah lembut tapi seringkali aku gagal. Aku lupa kalau permulaan hikmat adalah takut akan TUHAN.

Aplication
✔ Aku harus hidup selaras dengan firman Tuhan, barulah aku bisa mengajar anak dengan kebenaran. Kalau hidupku aja gak benar, bagaimana aku bisa mengajar anak dengan benar.

Prayer   
O Tuhan, tolonglah aku untuk hidup dalam takut akan Engkau. Amin.

Palangka Raya, 30 Juni 2019
-Mega Menulis-

Amsal 29

Amsal 29

Scripture       
Amsal 29:1 (TB)  Siapa bersitegang leher, walaupun telah mendapat teguran, akan sekonyong-konyong diremukkan tanpa dapat dipulihkan lagi. 

Observation 
Di kantorku setiap Jumat ada senam jam 7 pagi. Aku gak pernah ikut sejak Sofia 6 bulan dan mulai makan. Tambahan lagi dia agak susah makan dengan papanya.  Selama ini aku kira gak masalah, toh ada juga beberapa teman yang gak ikut senam. Ternyata, aku ditegur Kabagku. Ada perasaan gak adil, kok sama orang lain yang bukan bawahan langsungnya, kabagku gak pernah negur. Rasanya mau protes. Tapi puji Tuhan, aku singkirkan jauh perasaan tersebut dan terima tegurannya. Memang aku salah ya sudah. Walau orang lain melakukan kesalahan, gak membenarkan kesalahan yang aku buat.

Aplication
✔ Bersyukur bisa menerima teguran dengan sikap baik dan hati yang benar.

Prayer   
Tuhan, tolong aku untuk gak defense kalau ditegur, tapi selalu dengan rendah hati menerima teguran. Amin.

Palangka Raya, 29 Juni 2019
-Mega Menulis-

Amsla 28, Mazmur 147

Amsal 28

Scripture       
Amsal 28:16 (TB)  Seorang pemimpin yang tidak mempunyai pengertian keras penindasannya, tetapi orang yang membenci laba yang tidak halal, memperpanjang umurnya. 

Observation 
Beberapa hari ini dapat curhatan tentang bos yang semena-mena dengan stafnya. Daripada benci dengan sang pimpinan, lebih baik ini jadi reminder buatku, saat aku ditempatkan menjadi pimpinan maka aku gak boleh semena-mena dengan anak buah. Belajar untuk mengerti orang lain. Bukan hanya ingin dituruti. Belajar memahami orang lain.

Prayer   
Tuhan, berikanku hati yang mau memahami orang lain. Supaya aku bisa jadi pemimpin yang melayani. Supaya aku gak mencari enaknya sendiri. Ajari aku bersikap adil dan mengasihi. Amin.

Mazmur 147

Scripture       
Mazmur 147:5 (TB)  Besarlah Tuhan kita dan berlimpah kekuatan, kebijaksanaan-Nya tak terhingga. 

Observation 
Hari ini menghadapi bos yang gak bijaksana, kesal rasanya. Lalu baca ayat ini jadi fokus sama Tuhan yang bijaksana. Terkadang susah bagi manusia untuk bertindak adil dan bijaksana, beda lah ya sama Tuhan.

Aplication
✔ Bagianku adalah tetap melakukan yang benar dan bersikap bijak sekalipun orang lain nggak.

Prayer    
Tuhan, tolonglah aku bertindak bijak dalam segala situasi. Amin.

Palangka Raya, 28 Juni 2019
-Mega Menulis-

Sacred Marriage (Chapter 13)

Sacred Marriage
Chapter 13

Jika kita sudah menikah, kita harus hidup sebagai orang yang sudah menikah dan tidak berusaha untuk hidup seperti orang yang tidak menikah.
Dua pelayanan yang aku nikmati sebelum menikah adalah menulis dan melayani personal. Sejak menikah, terlebih punya anak, aku gak bisa melakukannya sebebas sebelum menikah. Awalnya aku pikir, aku bisa kok bagi waktunya, ternyata nggak. Yang ada aku frustrasi karena di rumah ada banyak hal yang harus aku lakukan dan menuntut perhatianku. 
✔️ Sampai sekarang kerinduan itu masih ada dan aku tetap melakukannya, dengan BATASAN. Keluarga tetap harus jadi prioritasku.

Ada waktunya kita harus meninggalkan apa yang senang kita lakukan bersama Tuhan, untuk melakukan apa yang menyenangkan bagi orang lain sebagai wujud kasih kita kepada Tuhan. Francis de Sales.
Aku gak mau mengulangi kebodohanku waktu  kuliah, asyik melayani Tuhan di PMK sampai gak memperhatikan eyang dan adekku yang serumah. Dengan bangga dulu bilang kalau prioritasku adalah Keluarga, Studi baru Pelayanan. Padahal keluarga nomor ke sekian. Sekarang aku sudah berkeluarga. Di luar sana, banyak orang yang bisa melakukan apa yang aku lakukan untuk melayani Tuhan. Tapiiii.... Aku harus ingat kalau hanya akulah satu-satunya istri bagi suamiku dan ibu bagi anak-anakku, gak ada yang bisa menggantikanku. Aku dipilih Tuhan secara khusus untuk melayani mereka. Keluargaku adalah pelayananku yang utama.
✔️ Kalau suatu saat yang aku lakukan menggangguku melayani keluargaku, aku harus rela hati melepaskannya.

Seseorang tidak menunjukkan kerohanian yang lebih baik ketika ia mengabaikan tanggung jawab rumah tangga demi apa yang disebutnya sebagai kewajiban rohani.
Dulu sewaktu kuliah aku banyak sekali mengabaikan keluarga demi pelayanan di kampus. Eyangku bilang aku di UKM dari Senin sampai Senin. Pulang kampus selalu saja urusan PMK. Aku gak jadi berkat buat keluargaku sendiri. Amit-amit, gak boleh terulang lagi deh. Keluarga harus aku layani secara maksimal, baru deh memikirkan pelayanan lain. Akan ada waktunya aku bisa melayani di luar keluarga kalau Tuhan berkenan, tapi ini yang mau jadi fokusku. Aku sedang melayani generasi masa depan. Aku gak tahu Tuhan akan bawa anakku menjadi apa, bagaimana dan siapa yang akan ditemui mereka. Tapi aku rindu mereka jadi berkat bagi orang lain. Keteladananku sebagai orang tua, nilai-nilai yang aku ajarkan, itu akan memengaruhi mereka di masa mendatang. Apa yang aku lakukan di rumah sangat penting.

Sesuatu yang makin sulit akan makin bermanfaat secara rohani dan mengembangkan karakter kita.
Haduh, menikah itu membuka karakterku yang buruk. Apalagi kalau dah berhadapan sama suami yang karakternya ternyata bertolak belakang denganku. Banyak kali aku ditegur. Banyak kali aku jengkel dengan suami. Kadang berharap suami berubah jadi pribadi yang aku inginkan, mungkin suami juga berharap hal yang sama, hahaha. Menikah itu sulit. Apalagi pas punya anak, kadang stres rasanya. Tambah sulit. Harus dealing dengan banyak hal. Harus berkompromi. Gak boleh egois. Aku harus mau berubah.

Dalam pernikahan, motivasi dan karakter kita jelas akan diuji. Kita bisa saja mengerjakan segala tanggung jawab kita dengan rajin dan penuh kesungguhan namun tanpa kelembutan hati. Kerajinan yang dipaksakan akan merusak hati dan hubungan;itu namanya bukan rajin, tetapi tergesa-gesa dan menjadi sumber masalah.
Jleb. Jleb. Jleb. Ini aku banget. Aku bisa melakukan segala sesuatu dengan cepat tapi sembarangan dan tanpa sukacita. Buatku, yang penting mengerjakan. Dan emang ini jadi sumber masalah, terutama dalam hubungan dengan suamiku. Suamiku tipe yang mengerjakan sesuatu dengan lambat tapi dia mengerjakan dengan sepenuh hati. Kadang ini jadi sumber masalah. Aku merasa suami membuang waktu dan lambat, semantara suami merasa aku asal mengerjakan.
✔️ Aku harus mulai mengembangkan kebiasaan baru, melakukan segala sesuatu dengan sempurna dan bersukacita saat melakukannya, meskipun itu bukan sesuatu yang aku suka kerjakan. Bukan asal mengerjakan, seperti yang selama ini aku lakukan. Belajar bersungguh hati saat melakukannya dan memberikan usaha terbaikku dengan sukacita.

Pernikahan jelas bukan pelayanan kita satu-satunya, tetapi setidaknya merupakan garis depan untuk memulai pelayanan kita. Sebab pelayanan tidak hanya mencakup apa yang kita lakukan, tetapi bagaimana kita bertumbuh.
Apakah aku bertumbuh dalam pernikahanku? Duh. Sedih sih kalau harus jujur. Kadang,aku merasa sudah buat progress, tapi lalu aku jatuh dan mengulang kesalahan yang sama. Aku jatuh bangun dalam beberapa hal. Untuk bertumbuh aku harus punya sikap hati yang benar. Bukan hanya fokus dengan apa yang sudah aku lakukan, tapi juga dengan yang ada di hatiku. Harus berurusan dengan hatiku yang kadang gak benar.

Jika kita ingin belajar bagaimana menghidupi panggilan kita dalam hubungan pernikahan, kita harus belajar untuk tidak egois dan berkomunikasi lebih dekat satu sama lain. Kita harus selalu mengingat bahwa pasangan kita juga memiliki panggilan hidup tertentu, sama seperti kita, dan kita harus memperhatikan pula panggilan hidup mereka sehingga kita tahu apa yang menggerakkan dan memotivasi mereka.
Sejak sebelum menikah aku tahu kalau suami adalah tipe family man. Jadi, apapun yang dilakukan suami pasti ujung-ujungnya demi keluarga. Keluarga adalah yang utama buat suami. Sementara aku menikmati banget pelayanan di luar rumah. Jadi suami kadang gak suka kalau aku kebanyakan pegang HP di rumah.
✔️ Aku harus fokus pelayanan di rumah. Saat di rumah gak cuma fisik yang di rumah, tapi hati dan pikiran juga.

Palangka Raya, 1 Juli 2019
-Mega Menulis-

Thursday, June 27, 2019

Amsal 27, Mazmur 146

Mazmur 146

Scripture       
Mazmur 146:9 (TB)  TUHAN menjaga orang-orang asing, anak yatim dan janda ditegakkan-Nya kembali, tetapi jalan orang fasik dibengkokkan-Nya. 

Observation 
Teringat waktu papaku meninggal tahun 2007, aku baru aja selesai kuliah dan belum bekerja, adekku yang cowo masih kuliah, adek bungsuku masih SMP. Mama gak bekerja. Papa gak punya warisan apa-apa. Gak ada tabungan. Boro-boro. Papaku juga bukan orang yang  perencanaan keuangannya baik. Malah papa dulu suka berjudi. Banyak kekuatiran bagaimana masa depan kami. Tapi Tuhan sungguh memelihara kehidupan kami. Sekarang kami tiga bersaudara sudah bekerja dan dua di antara kami sudah berumah tangga. Kalau flash back dan mau iri, terkadang iri ngeliat teman yang merit dibiayain ortunya, hadiah merit aja rumah atau mobil. Tapi aku bersyukur. Puji Tuhan sampai sekarang Tuhan berkati kami dengan kesehatan yang sempurna, segala keperluan kami Tuhan cukupkan. Waktu aku pikirkan kebaikan Tuhan, ga pernah kami kekurangan.

Aplication
✔ Bersyukur buat pemeliharaan Tuhan bagi janda dan anak yatim. Tuhan sendiri yang menjadi suami dan Bapa bagi mereka.
✔ Bersyukur khususnya buat pemeliharaan Tuhan bagi kami. Saat Tuhan jadi satu-satunya yang kami miliki, benar-benar kami hanya bisa berharap sama Tuhan.

Prayer   
Terima kasih Tuhan buat pemeliharaan Tuhan yang sempurna dalam hidup kami selama ini. Tuhan sudah jadi suami buat mama dan Bapa buatku dan adek-adek. Kami gak pernah kekurangan bahkan berlimpah kebaikanMu yang kami rasakan. Aku bersyukur Tuhan. Amin.

Amsal 27

Scripture       
Amsal 27:3 (TB)  Batu adalah berat dan pasir pun ada beratnya, tetapi lebih berat dari kedua-duanya adalah sakit hati terhadap orang bodoh. 

Observation 
Tadi pagi temanku yang ngurus absen cerita kalau bosku gagal absen alias finger printnya gak terbaca. Ada perasaan senang di hatiku. Bosku inikalau ada orang yang gagal absen, dia gak mau bantuin. Padahal orang beneran dah absen. Alasannya, selama ini absennya yang dijadikan patokan orang pusat dan dia gak pernah gagal. Kesal kan. Kami seruangan menilai bosku gak bijak, karena nyata-nyata yang hadir dan gagal absen gak bisa ditolong dengan berbagai alasan. SEKARANG, setelah merasakan yang kami rasakan semoga bos bisa bertindak lebih bijak. Aku baru menyadari kalau aku masih menyimpan sakit hati sama bosku. Selama ini aku pikir, aku sudah mengampuni bosku. Ternyata ada kesenangan tersendiri melihat bosku 'jatuh' .

Aplication
✔ Aku gak boleh bahagia melihat bosku 'terjatuh'.

Prayer   
Tuhan, ampuni aku karena ternyata masih menyimpan sakit hati. Aku mau mengampuni secara total. Amin.

Palangka Raya, 27 Juni 2019
-Mega Menulis-

Amsal 26, Mazmur 145

Amsal 26

Scripture       
Amsal 26:17 (TB)  Orang yang ikut campur dalam pertengkaran orang lain adalah seperti orang yang menangkap telinga anjing yang berlalu. 

Observation 
Tadi malam salah satu teman bilang kalau bos-bos di kantor kami kayaknya sedang bermasalah satu sama lain. Aku kepo dong, ada apa gitu. Sempat tanya, apa masalahnya, tapi temanku bilang itu bukan urusannya dan dia gak mau tahu. Hari ini aku sebenarnya makin kepo dong, karena melihat salah satu bos marah-marah gak jelas di tengah persiapan acara kantor, pagi-pagi pulak. Tapi baca ayat ini jadi reminder banget, Firman Tuhan aja gak mau aku ikut campur dalam pertengkaran orang lain. Gak ada gunanya.

Aplication
✔ Aku gak perlu ikut campur dalam pertengkaran orang lain.
✔ Aku gak perlu mencari tahu apa mengapa bagaimana hal itu terjadi.

Prayer   
Tuhan, ampuni aku karena melakukan yang gak perlu hari ini, mencari informasi tentang pertengkaran orang lain. Tolonglah aku untuk gak melakukannya lagi. Amin.

Mazmur 145

Scripture       
Mazmur 145:16 (TB)  Engkau yang membuka tangan-Mu dan yang berkenan mengenyangkan segala yang hidup. 

Observation 
Kalau aku bisa makan kenyang setiap hari itu hanya karena kemurahan Tuhan, harus benar-benar disyukuri. Terkadang doa makan seperti kewajiban. Bukan benar-benar dari hati. Sofia kalau ketemu makanan, apapun, kue sekalipun, dia langsung melipat tangannya dalam posisi doa.

Aplication
✔ Aku mau bilang makasih sama Tuhan dalam hati saat Tuhan kasih berkat makanan.

Prayer   
Terima kasih Tuhan buat berkat makanan hari ini, gak hanya mengenyangkan. Tapi juga berlimpah. Engkau sungguh baik ya Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 26 Juni 2019
-Mega Menulis-

Amsal 25, Mazmur 144

Mazmur 144

Scripture       
Mazmur 144:1 (TB)  Dari Daud. Terpujilah TUHAN, gunung batuku, yang mengajar tanganku untuk bertempur, dan jari-jariku untuk berperang; 

Observation 
Daud memuji Tuhan karena menyadari kalau Tuhan lah yang memampukan dia berperang. Terkadang aku lupa background Daud yang adalah penggembala, Daud bukan tentara looo.... Keseharian Daud adalah menggembalakan dombanya. Tapi saat Tuhan menempatkan dia di medan peperangan, Daud MAMPU bertempur.

Terkadang kalau melihat sudah sejauh ini Tuhan bawa aku sebagai seorang istri dan ibu, aku juga gak nyangka bisa menjalankan peranan ini. Aslinya aku ni bukan orang yang care sama urusan rumah tangga, baru belajar masak pas kerja, bukan orang yang sabar sama anak, gak telaten pulak. Benar-benar Tuhan yang mengajari melakukan segala sesuatunya. Dia yang memampukan.

Aplication
✔ Seperti Daud, aku mau memuji Tuhan yang memampukanku menjadi istri dan ibu saat ini.

Prayer   
Terpujilah Engkau Tuhan yang memampukanku menjadi istri dan ibu. Masih banyak kekuranganku tapi Tuhan terus proses aku. Aku mau setia berproses dan melakukan yang terbaik semampuku. Tolong aku ya Tuhan setiap harinya, aku memerlukan Engkau. Amin.


Amsal 25

Scripture       
Amsal 25:26 (TB)  Seperti mata air yang keruh dan sumber yang kotor, demikianlah orang benar yang kuatir di hadapan orang fasik. 

Observation 
Mata air yang keruh dan sumber yang kotor gak berguna, karena gak memberikan kesegaran bagi yang meminumnya. Malahan menimbulkan penyakit. Bukan membuat hilang dahaga, malah membuat semakin haus.

Kalau aku hidup dengan kekuatiran maka di hadapan orang lain yang gak kenal Tuhan, kehidupanku gak memberikan manfaat. Gak jadi berkat.

Aplication
✔ Belajar untuk selalu menyerahkan kekuatiranku kepada Tuhan.

Prayer   
Tuhan, aku mau jadi mata air yang jernih bagi orang di sekelilingku. Aku mau belajar hidup dengan iman, bukan dengan kekuatiran. Amin.


Palamgka Raya, 25 Juni 2019
-Mega Menulis-

Amsal 24, Mazmur 143

Amsal 24

Scripture       
Amsal 24:26 (TB)  Siapa memberi jawaban yang tepat mengecup bibir. 

Observation
Senang deh hari ini waktu ada pekerjaan dan dikoreksi atasan, aku otomatis bisa bilang "Ya bu, makasih koreksinya". Atasanku yang biasanya mukanya ga ada ekspresi tahu-tahu senyum. Mungkin kaget kali ya ada yang bilang makasih kerjaannya dicoretin, hahaha.

Aplication
✔ Aku mau memberi jawab yang tepat setiap diajak ngomong.

Prayer    
Tuhan, pakailah mulutku untukMu. Biar perkataan yang biasa pun jadi berkat bagi orang lain. Amin.

Mazmur 143

Scripture       
Mazmur 143:1 (TB)  Mazmur Daud. Ya TUHAN, dengarkanlah doaku, berilah telinga kepada permohonanku! Jawablah aku dalam kesetiaan-Mu, demi keadilan-Mu! 

Observation 
Teringat sebuah doa permohonan yang Tuhan belum jawab sampai sekarang. Aku terkadang mendoakannya, kadang ngga. Doa Daud yang meminta Tuhan menjawab dalam kesetiaan, mengingatkanku untuk meminta dalam kesetiaan. Aku juga harus tekun meminta.

Aplication
✔ Pray until something happen Meg!

Prayer   
Tuhan, jawablah doa permohonanku dan suami. Amin.

Palangka Raya, 24 Juni 2019
-Mega Menulis-

Amsal 23, Mazmur 142

Mazmur 142

Scripture       
Mazmur 142:2 (TB)  (142-3) Aku mencurahkan keluhanku ke hadapan-Nya, kesesakanku kuberitahukan ke hadapan-Nya. 

Observation 
Zaman sekarang serba medsos, sampai-sampai suamiku bilang ibu-ibu zaman now ada kejadian apa langsung curhat di medsos. Iya juga sih. Pokoknya seantero FB  Raya harus tahu. Waktu suami bilang gitu aku cuma tertawa membenarkan. Sekarang baru sadar dan bertanya-tanya, apa aku ya yang dimaksud suamiku, hahahaha.

Daud ma gak gitu, dia curhatnya sama Tuhan. SELALU. Di Mazmur, aku melihatnya, Daud ma dikit-dikit curhat ke Tuhan. Seolah-olah cuma Tuhan tempat curhatnya. Segitu dekatnya Daud sama Tuhan. Kadang jealous deh ngeliatnya.

Aplication
✔ Aku mau belajar terus-menerus mencurahkan perasaanku pertama kali ke Tuhan baru ke orang lain.

Prayer   
Tuhan, aku bersyukur buat teladan dari Daud. Aku juga mau berlari ke Tuhan setiap saat perlu curhat. Tuhan jangan bosan ya. Amin

Amsal 23

Scripture       
Amsal 23:2 (TB)  Taruhlah sebuah pisau pada lehermu, bila besar nafsumu! 

Observation 
Pagi ini kantor kami ada kegiatan di Car Free Day Bundaran Besar. Dari semalam sudah semangat membayangkan banyaknya kuliner di sana. Parah ni aku. Pas banget baca ayat ini sebagai reminder hari ini.

Aplication
✔ Aku gak mau jajan berlebihan hari ini. Kalau perlu sarapan ya sarapan dengan porsi secukupnya.

Prayer   
Tuhan, mampukan aku mengendalikan nafsuku melihat banyak makanan hari ini. Aku gak mau berlebihan makan dan menyakiti diriku sendiri. Tolong aku Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 23 Juni 2019
-Mega Menulis-

Amsal 22, Mazmur 141

Mazmur 141

Scripture       
Mazmur 141:5 (FAYH)  Biarlah orang-orang saleh menghajar aku! Itu menunjukkan kebaikan hati mereka. Jika mereka menegor aku, itu adalah obat bagiku. Jangan biarkan aku menolaknya. Tetapi aku selalu berdoa melawan orang-orang jahat dan perbuatan mereka.

Observation 
Akhir-akhir ini aku sering ditegur suami, di muka gak kelihatan sih,  tapi di hati kadang gak terima. Ternyata benar kalau menerima teguran lebih sulit dari pada memberi teguran. Aku mau mengingat kalau:
- Teguran adalah tanda perhatian orang lain ke aku. Kalau gak peduli gak bakal negur.
- Teguran adalah kerinduan orang lain melihatku menjadi pribadi yang lebih baik.
-Teguran mengingatkanku bahwa aku salah tapi masih diberi kesempatan untuk memperbaiki kesalahan .
-Teguran adalah hadiah yang sangat mahal, karena tidak semua orang mampu memberikannya, dan membayar harganya.
- Teguran memberi kesempatan buatku untuk gak menjadi dungu, tapi belajar mencintai didikan Allah lewat orang lain. (bdk Amsal 12:1)
- Teguran memampukanku menjadi bijak (bdk Amsal 15:10)
- Teguran adalah kasih yang menampakkan dirinya secara nyata, ia tidak bersembunyi. (bdk Amsal 27:5)

Aplication
✔ Terima teguran suami dengan rendah hati, gak defense. Sikap hatiku dan mukaku harus sejalan.
✔ Aku gak boleh bebal. Lebih penting dari menerima teguran adalah BERUBAH. Jangan sampai ditegur berulang kali untuk hal yang sama.

Prayer   
Tuhan, aku gak mau jadi orang bebal yang gak bisa ditegur. Tolong aku ya Tuhan untuk berubah saat ditegur. Amin.

Amsal 22

Scripture       
Amsal 22:6 (TB)  Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanya pun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu. 

Observation 
Entah kenapa jadi ingat kalau akhir-akhir ini Sara susah ditegur, kalau ditegur sedikit langsung menangis keras gak terima. Lalu kesalahannya diulang lagi. Baru sadar kalau sikap Sara mirip aku, kalau ditegur suami juga aku gak terima, eh gak lama kesalahan yang sama aku ulangi. Gak heran dong kalau Sara juga gitu. Duh.

Aplication
✔ Mulai dari aku dulu kalau mau mendidik anakku. Mendidik anak sama dengan mendidik diriku sendiri. Anakku menyerap tingkah lakuku tanpa aku sadar.

Prayer   
Tuhan, mampukan aku mendidik anak-anakku dengan keteladanan yang benar. Amin.

Palangka Raya, 22 Juni 2019
-Mega Menulis-

Saturday, June 22, 2019

Sacred Marriage (Chapter 12)



Pernikahan dapat menjadi sarana yang indah untuk melihat kehadiran Tuhan dalam kehidupan sehari-hari.
Sebagaimana sebuah sarana gak mendatangkan manfaat apa-apa kalau gak digunakan, pernikahan pun demikian. Gak semua orang yang menikah melihat kehadiran Tuhan, malahan ada yang semakin jauh dari Tuhan dan memakai pernikahan sebagai alasan. Alih-alih melihat kehadiran Tuhan, malahan melihat kehadiran setan. Hahaha. Wong ada kalimat gini, pernikahan dengan orang yang tepat membawa surga ke bumi sedangkan pernikahan dengan orang yang gak tepat menghadirkan neraka di bumi.
Butuh kepekaan untuk melihat kehadiran Tuhan dalam pernikahan. Sewaktu aku merasa sangat dikasihi suami, aku bisa melihat Tuhan yang sangat mengasihiku dan menyatakan kasihNya lewat suamiku. Waktu love tankku terasa kosong aku pun sebenarnya bisa merasakan bagaimana Tuhan mengasihiku walaupun suami belum bisa memenuhi love tankku. Yang artinya dalam segala situasi dan kondisi pernikahanku, gak peduli bagaimana pun perasaanku. Faktanya adalah Tuhan hadir.
✔️ Aku gak boleh membiarkan apa yang aku rasakan 'mengaburkan' kenyataan bahwa Tuhan selalu hadir dalam setiap waktu hidupku. Aku harus terus mencari Tuhan dalam segala situasi pernikahanku. Belajar fokus melihat Tuhan.

Kita dipanggil untuk membawa pasangan kita bertumbuh dalam Kristus melalui kata-kata yang kita ucapkan.
Aku merasa belum membawa pasanganku bertumbuh dalam Kristus melalui ucapanku. Seringkali waktu emosi, aku mengeluarkan nada yang kasar. Ini jelas gak membawa suami makin bertumbuh. Benar-benar susah untuk gak ngebantah dengan kasar saat suami mengatakan sesuatu yang bertentangan dengan pendapatku. Segala Amsal yang kubaca dan kutahu lenyap sekejap saat pengendalian diriku hilang dan membantah suamiku. Padahal aku tahu jawaban yang lemah lembut meredakan kegeraman, bahwa perkataan yang diucapkan tepat pada waktunya seperti buah apel di pinggan perak, bahwa jawaban yang tepat seperti mengecup bibir, bahwa perkataan yang menyenangkan seperti sarang madu yang manis bagi hati.
✔️ Aku harus melatih diriku untuk cepat mendengar dan lambat berkata-kata, seringnya aku melakukannya terbalik. Cepat ngomong dan gak mendengar dengan benar. Lebih baik diam kalau yang aku katakan bukan hal yang baik dan membangun. Aku harus pakai kekang di mulutku. Pikirkan akibatnya sebelum aku bicara.

Lidah dapat menjadi kejam dengan dua cara: dengan mengeluarkan kata-kata yang jahat, atau dengan menahan diri untuk tidak mengatakan apa yang baik.
Aku merasa aku terkadang kejam dengan membantah suamiku dengan perkataan yang kasar dan suamiku jahat dengan jarang mengatakan yang baik ke aku. Itu perasaanku. Faktanya adalah kami sama-sama kejam dengan lidah kami.
✔️ Kalau  suami ngomong jahat, aku gak harus balas dengan lebih jahat. Kalau suami gak bisa ngomong yang baik, bukan berarti aku harus menahan diri mengatakan yang baik. Seharusnya apa yang aku ucapkan bukan sekedar reaksi dari aksi suami. Apa yang diucapkan lidahku adalah pilihanku.

Untuk menjalani pernikahan yang penuh kasih, saya harus belajar bagaikan menjinakkan lidah saya.
Semoga ini gak jadi pergumulanku seumur hidup. Aku benar-benar jatuh bangun dalam hal ini. Sering waktu aku merasa sudah bisa kendalikan lidahku, eh aku jatuh lagi. Harus terus berjaga-jaga dan menggunakan kekang di mulutku.

Komunikasi memaksa kita memasuki dunia orang lain. Saya harus menyadari bahwa kata yang sama bisa saja memiliki arti yang berbeda bagi masing-masing kami.
Suamiku dan aku berbeda dalam cara berkomunikasi. Sekarang sudah mendingan sih komunikasi kami. Dulu kalau suami ngomong sesuatu yang aku anggap menyinggung, aku langsung nangis, baper, ngambek, diam berhari-hari. Sekarang ditanya dulu maksudnya apa. Perkaranya adalah aku sering berasumsi tanpa cross check dulu sama suami maksudnya apa. Jadi ujung-ujungnya kesal sendiri, sementara suami merasa gak ada yang salah dengan perkataannya.
✔️ Stop berasumsi. Aku harus tanya dengan jelas maksud suami, tujuannya atau alasannya berkata atau melakukan sesuatu. Jangan baper.
Sisi lain dari komunikasi adalah belajar untuk mendengar.
Baru aja kemarin, suami protes lagi karena aku gak mendengarkan dengan sungguh perkataannya. Akibatnya aku melewatkan melakukan sesuatu yang diminta suami. Aku dibilang banyak pegang HP. Awalnya mau defense, tapi aku diam dan mikir. Waktu aku mengingat-ingat iya sih, akhir-akhir ini aku kembali sering pegang HP di rumah. Dulu aku udah ngurangin sih. Tapi sekarang mulai lagi.
✔️ Aku harus mulai berdisiplin lagi. Gak pegang HP waktu bareng bocah dan suami.

Kita bisa membantu orang lain menjadi sadar akan hadirat Tuhan dengan mendorong satu sama lain bertumbuh dalam kekudusan. Tetapi kita harus melakukannya dengan sangat hati-hati, karena kita ingin membawa hadirat Tuhan dalam hidup orang lain itu, bukan penghakiman kita.
Seringkali keteladanan bicara lebih keras daripada perkataan. Aku harus selalu mengingat kalau hanya Tuhan yang bisa memberikan pertumbuhan. Bagianku adalah mendorong pasangan semakin mendekat pada Tuhan, bukannya menjauhi Tuhan. Tentunya aku juga harus hidup dalam kekudusan. Dalam segala waktu di pernikahanku Tuhan hadir. Kesadaran akan hal ini seharusnya mengubah sikapku menghadapi suami. Aku seharusnya menjadi diriku yang terbaik, lebih sabar, lebih lemah lembut, gak ngambekan, yang gak suka berbantahan.
✔️ Kalau aku selalu melihat Tuhan yang hadir dalam pernikahanku, akankah aku memperlakukan suamiku seperti aku memperlakukannya sekarang? Kayaknya nggak deh. Aku mungkin akan lebih rajin, lebih sabar, lebih bisa mengendalikan diri, dll. Aku akan berusaha menjadi diriku yang terbaik. Dengan demikian, aku gak boleh lupa kalau Tuhan hadir dalam hidupku setiap waktu.

Palangka Raya, 22 Juni 2019
-Mega Menulis-

Friday, June 21, 2019

Amsal 21, Mazmur 140

Amsal 21

Scripture      
Amsal 21:17 (TB)  Orang yang suka bersenang-senang akan berkekurangan, orang yang gemar kepada minyak dan anggur tidak akan menjadi kaya.

Observation
Beberapa hari lalu, kami sekeluarga makan di sebuah cafe yang direkomendasikan sepupuku. Enak masakannya, sesuatu yang jarang banget di sini. Biasanya cafe cuma 'jual' tempat. Pulangnya aku dan suamiku ngobrol, intinya suami puas dan ingin sekali-kali melakukannya lagi tapi nggak bakal sering-sering. Boros banget bo kalau sering-sering. Lah, biaya sekali makan di cafe bisa buat makan seharian di rumah, atau bahkan dua hari. Hahahaha. Aku sih sayang duitnya. Kalau bisa gak makan di luar malah lebih baik.

Aplication
✔️ Aku buat budget buat makan di luar rumah setiap bulannya. Kalau pun gak dipakai, masuk tabungan.

Prayer   
Tuhan, aku mau berhikmat menggunakan uang yang Tuhan beri. Tolong aku supaya bijak, bukannya pelit. Amin.

Mazmur 140

Scripture      
Mazmur 140:1 (TB)  Untuk pemimpin biduan. Mazmur Daud. (140-2) Luputkanlah aku, ya TUHAN, dari pada manusia jahat, jagalah aku terhadap orang yang melakukan kekerasan,

Observation
Kekerasan yang dilakukan seseorang bukan hanya kekerasan fisik, kekerasan verbal pun bisa melukai seseorang. Bahasa kasihku yang dominan adalah perkataan, jadi gak jarang aku terluka karena perkataan orang lain. Kata sungguh punya nyawa. Aku gak bisa mengendalikan apa yang dikatakan orang lain, tapi aku bisa mengendalikan responku. Supaya apa yang dikatakan orang gak memengaruhiku, aku harus ingat bahwa yang di dalam yang terpenting. Hatiku harus tetap terjaga.

Aplication
✔️ Aku gak akan membiarkan apa yang dikatakan orang memengaruhi hatiku. Hatiku tetap tenang dan gak akan merasakan sakit yang gak perlu oleh perkataan sia-sia seseorang.
✔️ Aku juga gak mau sembarangan mengeluarkan perkataan yang berpotensi menyakiti orang lain.

Prayer   
O Tuhan, jagalah aku dari segala kekerasan verbal. Tolong berikan aku ketenangan supaya selalu bisa berespon benar dan gak terburu-buru sakit hati. Dan mampukan aku mengucapkan perkataan berkat bagi orang lain. Amin.

Palangka Raya, 21 Juni 2019
-Mega Menulis-

Thursday, June 20, 2019

Amsal 20, Mazmur 139

Mazmur 139

Scripture       
Mazmur 139:23-24 (TB)  Selidikilah aku, ya Allah, dan kenallah hatiku, ujilah aku dan kenallah pikiran-pikiranku; 
lihatlah, apakah jalanku serong, dan tuntunlah aku di jalan yang kekal! 

Observation 
Terkadang aku melakukan hal yang benar dengan motivasi yang salah atau di pemikiran masih salah. Misal aku berdiam diri waktu marah sama suami, kadang aku memang menenangkan diri sebelum ngomong dan pemberesan sama suami. Tapi kadang tipis bedanya dengan ngambek. LOL. Harus jujur dengan diri sendiri, apakah sikap hatiku benar.

Aplication
✔ Aku mau punya sikap hati yang benar.
✔ Biarlah ayat ini jadi doaku sepanjang hari, supaya Tuhan nyatakan kalau ada pemikiran-pemikiran yang salah di hadapan Tuhan.

Prayer   
Selidikilah aku, ya Allah, dan kenallah hatiku, ujilah aku dan kenallah pikiran-pikiranku;
lihatlah, apakah jalanku serong, dan tuntunlah aku di jalan yang kekal! Amin.

Amsal 20

Scripture       
Amsal 20:3 (TB)  Terhormatlah seseorang, jika ia menjauhi perbantahan, tetapi setiap orang bodoh membiarkan amarahnya meledak. 

Observation 
Hari ini bosku mengucapkan kalimat yang cukup tajam. Kesel sih, tapi aku berhasil menahan diri gak meledak. Aku hanya tersenyum dan bilang, "Makasih bu". Bersyukur sekali gak perlu berbantahan dengan bos.

Aplication
✔ Jangan langsung marah saat orang lain marah, kendalikan diri.

Prayer   
Tuhan, mampukan aku untuk menang di area ini. Aku mau belajar terus untuk mengendalikan diri dan gak meledak saat marah. Amin.

Palangka Raya, 20 Juni 2019
-Mega Menulis-

Amsal 19, Mazmur 138

Amsal 19

Scripture       
Amsal 19:11 (TB)  Akal budi membuat seseorang panjang sabar dan orang itu dipuji karena memaafkan pelanggaran. 

Observation 
Tadi sore jalan sekeluarga beli telur, dompetku ketinggalan dong di tempat penjual telurnya. Mana baru nyadar pas sudah dekat rumah. Pas aku kasih tahu suami, suami marah karena dia dah kasih tahu aku untuk masukkan dompet. Aku ngerasa gak salah, posisinya aku gendong Sofi jadi pas bayar gak bisa ambil dompet di tasku, akhirnya suami yang ngambil. Eh, ga dimasukkan suami ke tasku dong. Gitu kok aku yang dimarahin. Suami bilang dia suruh aku masukkan tapi aku ga dengar. Dah gak terima dan pengen ngedebat suami tapi aku mengingatkan diriku kalau gak ada gunanya. Aku akhirnya minta maaf karena gak denger suami ngomong walaupun masih gak terima dalam hatiku, suami pake bilang aku selalu gak dengerin dia. Deg. Di titik itu aku emosi dan hampir balas omongan suami. Tapi akhirnya aku minta maaf aja dan diam. Udahlah pikirku ngapain bela diri segala. Ngapain perpanjang ribut yang gak esensi.

Aku bersyukur menghindari pertengkaran dengan suami hari ini. Ternyata untuk bersabar gak boleh membiarkan diri dikuasai emosi. Dampak ribut bakal panjang, mending diam. Kalau diingat-ingat, kesel sih. Tapi aku anggap ini latihan buat aku mengendalikan diri. Bahan perenungan dan evaluasi diri juga, curcol suamiku kalau aku sering melewatkan omongannya, gak boleh gitu lagi akunya.

Aplication
✔ Aku harus fokus waktu suami ngomong.
✔ Pikirkan dampak sebelum ribut sama suami. Better diam dan evaluasi diri.

Prayer
Tuhan, terima kasih karena hari ini Tuhan ingatkan aku untuk bersabar dan gak bertengkar dengan suami. Tolong aku di lain hari untuk terus bersabar dan menghindar dari perbantahan. Amin.

Mazmur 138

Scripture       
Mazmur 138:8 (TB)  TUHAN akan menyelesaikannya bagiku! Ya TUHAN, kasih setia-Mu untuk selama-lamanya; janganlah Kautinggalkan perbuatan tangan-Mu! 

Observation 
Tuhan akan menyelesaikan perbuatan tanganNya. Amin. Tuhan belum selesai denganku. Karakter Kristus masih jauh dari hidupku, aku masih jatuh bangun dalam banyak hal. Tapi aku mau diproses Tuhan, aku mau bertumbuh semakin serupa dengan Dia.

Aplication
✔ Mulai lagi bertanya,"What would Jesus do?" saat ada di situasi istimewaku dan melakukan yang Tuhan Yesus lakukan.

Prayer    
Tuhan, tolong aku untuk setia pada setiap proses yang Tuhan kerjakan dalam hidupku sampai akhirnya Tuhan selesai. Jangan menyerah terhadapku ya Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 19 Juni 2019
-Mega Menulis-

Tuesday, June 18, 2019

Amsal 18

Amsal 18

Scripture       
Amsal 18:21 (TB)  Hidup dan mati dikuasai lidah, siapa suka menggemakannya, akan memakan buahnya. 

Observation
Kalau hidup dan mati kita ditentukan oleh perkataan kita, kita tidak akan sembarangan dengan perkataan yang kita ucapkan. Apa yang aku ucapkan bisa menentukan hidup dan mati seseorang. Semangat seseorang bisa dipadamkan dan dinyalakan hanya lewat perkataan.

Aplication
✔ Aku memilih mengucapkan perkataan berkat, bukan yang menyebabkan kematian.

Prayer    
Tuhan, biarlah hanya perkataan yang membangun yang keluar dari mulutku hari ini. Amin.

Palangka Raya, 18 Juni 2019
-Mega Menulis-

Mazmur 136, Amsal 17

Amsal 17

Scripture       
Amsal 17:14 (TB)  Memulai pertengkaran adalah seperti membuka jalan air; jadi undurlah sebelum perbantahan mulai. 

Observation 
Hari ini ada orang kantor yang datang ke aku dan marah-marah karena kegiatannya gak dibayarkan. Padahal bukan wewenangku, tapi berhubung teman yang dicarinya gak ada. Aku kena deh. Puji Tuhan, aku bersikap tenang, gak membantah, gak nyolot. Aku cuma mendengarkan sampai-sampai teman seruanganku heran.

Aplication
✔ Kalau ada orang yang marah-marah, aku harus berespon dengan sikap tenang, mendengarkan dan gak terpancing emosi.

Prayer   
Tuhan, mampukan aku untuk terus menjawab dengan lemah lembut sekalipun ada yang memancing emosi. Amin.

Mazmur 136

Scripture       
Mazmur 136:1 Bersyukurlah kepada TUHAN, sebab Ia baik! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya.

Observation 
Sungguh bersyukur kepada Tuhan buat segala kebaikan Tuhan. Membaca Mazmur 136 mengingatkan pada segala perbuatan tangan Tuhan dan mukzizat yang telah dilakukanNya. Dalam kehidupan pribadiku pun aku melihat betapa banyak yang dibuatNya. Hari demi hari aku melihat kebaikanNya saat aku menghitung berkatNya.

Aplication
✔ Buat gratitude journal.

Prayer   
Tuhan, terima kasih karena kebaikanMu hari ini aku mendapat kekuatan untuk mengendalikan diri. Tuhan berikan aku kerajinan untuk mengerjakan banyak hal. Terima kasih karena aku boleh melihat keluargaku sehat semua hanya karena kasihMu. Aku bersyukur. Terima kasih Tuhan.Amin.

Palangka Raya, 17 Juni 2019
-Mega Menulis-

Mazmur 135, Amsal 16

Amsal 16

Scripture       
Amsal 16:21 (TB)  Orang yang bijak hati disebut berpengertian, dan berbicara manis lebih dapat meyakinkan. 

Observation 
Hari ini aku kaget tahu-tahu suami membicarakan sesuatu yang kami bicarakan minggu sebelumnya. Aku memang belum bertanya ke suami lanjutannya bagaimana. Aku ingat waktu kami membicarakannya aku sempat kuatir suami gak mau dengar pendapatku karena awalnya kami beda pendapat, tapi aku berusaha menjelaskan secara logis dan bicara baik-baik alasanku. Suami cuma manggut-manggut tapi gak memutuskan apa-apa. Eh hari ini tahu-tahu dia setuju denganku. Senang deh.

Aplication
✔ Kalau punya pendapat beda dengan suami, tetap sampaikan dengan manis.

Prayer   
Tuhan, terima kasih karena Tuhan ingatkan terus untuk bermanis dengan suami walaupun gak sependapat. Amin.

Mazmur 135

Scripture       
Mazmur 135:15 (TB)  Berhala bangsa-bangsa adalah perak dan emas, buatan tangan manusia, 

Observation 
Adakah berhala yang sudah kubuat? Berhala bukan hanya patung. Saat aku menganggap sesuatu lebih utama daripada Tuhan maka aku sedang menjadikannya berhala dalam hidupku.

Prayer    
Tuhan, selidiki hatiku, apakah ada yang kuanggap lebih penting dari Tuhan. Ampuni aku Tuhan. Aku mau kembali jadikan Tuhan yang terutama dalam hidupku. Amin.

Palangka Raya, 16 Juni 2019
-Mega Menulis-

Mazmur 134, Amsal 15

Amsal 15

Scripture       
Amsal 15:16 (TB)  Lebih baik sedikit barang dengan disertai takut akan TUHAN dari pada banyak harta dengan disertai kecemasan. 

Observation 
Apakah ini berarti lebih baik miskin daripada kaya? No lah. Poinnya adalah untuk hidup dalam takut akan TUHAN dan gak kuatir. Karena ada aja orang yang miskin, hidup tanpa takut Tuhan, kuatir mulu lagi. Alamak! Kamu mau pilih hidup yang gimana Meg? Tentunya aku mau hidup dalam takut akan TUHAN. Kalau aku takut akan TUHAN, aku gak perlu takut menghadapi apapun lagi.

Aplication
✔ Fokus untuk hidup dalam takut akan TUHAN bukan menjadi kaya Meg!

Prayer    
Tuhan aku mau lagi kuatir masalah kaya miskin, aku mau fokus hidup dalam takut akan TUHAN. Tolong aku untuk gak mencemaskan hal-hal yang gak penting. Amin.


Mazmur 134 

Mazmur 134:3 (TB)  Kiranya TUHAN yang menjadikan langit dan bumi, memberkati engkau dari Sion. 

Observation 
Diingatkan kalau Tuhan yang menjadikan langit dan bumi yang memberkatiku, aku gak perlu kuatir akan keperluanku. Sebagai hamba Tuhan, aku hanya harus fokus menyembah dan memuji Tuhan. Hamba Tuhan bukan hanya pendeta atau orang yang melayani full timer, aku juga hamba Tuhan. Melayani Tuhan berarti melakukan segala sesuatu seperti untuk Tuhan dan melakukan bagi kemuliaanNya. Ada kesadaran bahwa yang kulakukan adalah untuk Dia.

Aplication
✔ Saat aku sedang melayani orang lain yang Tuhan mau aku layani, lakukan seperti untuk Tuhan. Dengan sepenuh hati. Dengan sukacita.

Prayer   
Tuhan, ampuni kalau terkadang selama ini asal-asalan melayani keluargaku dan tanpa sukacita. Mampukan aku Tuhan, untuk melayani mereka dengan sepenuh hati dan dengan sukacita. Amin.

Palangka Raya, 15 Juni 2019
-Mega Menulis-

Mazmur 133, Amsal 14

Mazmur 133

Scripture       
Mazmur 133:1 (TB)  Nyanyian ziarah Daud. Sungguh, alangkah baiknya dan indahnya, apabila saudara-saudara diam bersama dengan rukun! 

Observation
Diingatkan hubunganku dengan adekku yang cowok yangmemang kurang dekat dibandingkan dengan yang cewek.  Jarang banget ngobrol. Kadang iri dengan suami yang dah merit pun masih sering chat sama saudaranya, kami ngga gitu. Kalau ketemu adekku pun ngobrol biasa gak bisa yang deep gitu. Gak tahu kenapa.

Aplication
✔ Mau coba chat adekku rutin buat tanyain kabar atau apa.

Prayer   
Tuhan, tolong aku bangun hubungan lagi sama A. Biar kami diam dengan rukun dan menerima berkat Tuhan bersama. Amin.

Amsal 14

Scripture       
Amsal 14:5 (TB)  Saksi yang setia tidak berbohong, tetapi siapa menyembur-nyemburkan kebohongan, adalah saksi dusta. 

Observation 
Aku sedang bingung. Di kantor ada teman yang tiba-tiba ditarik ke kantor lamanya padahal dia adalah pejabat penandatanganan surat perintah membayar. Aku ditunjuk menjadi penggantinya. Masalah muncul karena ternyata honor PPSPM bulan Juni sudah dibayarkan ke PPSPM lama sebelum libur Lebaran (Bulan Mei), teman yang membayarkan mungkin berpikir kalau toh masuk kantor tanggal 10 Juni (biasanya mereka terima honor di bawah tanggal 5). Karena temanku itu sudah pindah, otomatis harus dibuat tanda terima honor baru per Juni ini untukku, teman yang membayarkan ga enak minta balik uangnya ke PPSPM yang lama sementara aku gak mau tanda tangan kalau aku gak terima, itu kan bohong. Sigh. Bukannya aku mata duitan, kerjaannya pasti aku kerjakan. Gak masalah juga gak terima honor bulan ini. Tapi kalau disuruh tanda tangan padahal aku gak terima, duh, aku gak damai sejahtera bohong gitu.

Kalau aku gak tanda tangan,saat pemeriksaan Irwas bisa jadi temuan. Karena PPSPM Juni aku, kok yang terima honor yang lama (honor atau gaji PNS dibayarkan di awal bulan berjalan, bukan seperti swasta yang dibayarkan di akhir bulan). Yang kena pasti teman yang membayarkan. Duh, beneran bingung.

Prayer   
Tuhan, Engkau yang tahu hatiku. Tolong berikan aku jalan keluar Tuhan tanpa harus berbohong. Berikan hikmat ya Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 14 Juni 2019
-Mega Menulis-

1 Timotius 5-6

1 Timotius 5 Scripture        1 Timotius 5:18 (TB)  Bukankah Kitab Suci berkata: "Janganlah engkau memberangus mulut lembu yang seda...