.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Wednesday, December 25, 2019

Wahyu 9

Wahyu 9

Scripture       
Wahyu 9:20 (TB)  Tetapi manusia lain, yang tidak mati oleh malapetaka itu, tidak juga bertobat dari perbuatan tangan mereka: mereka tidak berhenti menyembah roh-roh jahat dan berhala-berhala dari emas dan perak, dari tembaga, batu dan kayu yang tidak dapat melihat atau mendengar atau berjalan, 

Observation & Aplication 
Speechless membaca kebebalan manusia di nubuatan ini. Sudah tahu kalau penderitaan mereka disebabkan dosa-dosanya tapi tetap aja ga berhenti berbuat dosa. Duh, semoga aku gak kayak gitu. Saat Tuhan berikan teguran, aku mau peka dan bertobat. 

Prayer
Tuhan, berikanku hati yang senantiasa hidup dalam pertobatan tiap hari. Amin.

Gratitude Journal
25 Desember 2019

1. Bersyukur pagi ini bisa ikut Ibadah Natal. Padahal dah ngira ga bisa ikutan karena bocah belum bangun dah jam berapa. Ternyata sempat.
2. Bersyukur khotbah Natal hari ini sama dengan kegelisahanku bulan Desember ini, berasa fokus Natal bukan Kristusnya lagi tapi berbagai perayaan. Ternyata pendeta juga mengingatkan hal yang sama. 
3. Bersyukur Natal tahun ini kami bisa berkumpul semua di rumah Mama dalam keadaan sehat. 
4. Bersyukur bisa membuat tulisan untuk mengikuti sebuah sayembara, semoga bisa menang. Sebenarnya pesimis sih, saingannya banyak. Tapi yang penting aku sudah menyelesaikan tulisanku,puji Tuhan.

Palangka Raya, 25 Desember 2019 
-Mega Menulis-

Wahyu 7

Wahyu 7

Scripture       
Wahyu 7:10 (TB)  Dan dengan suara nyaring mereka berseru: "Keselamatan bagi Allah kami yang duduk di atas takhta dan bagi Anak Domba!" 

Observation
Setiap orang yang percaya pada Kristus beroleh keselamatan tapi gak cukup di situ saja, diselamatkan lalu gal melakukan apa-apa. Diselamatkan dari dan diselamatkan untuk adalah dua hal yang berbeda. 

Kristus telah mati untuk semua orang, supaya mereka yang hidup, tidak lagi hidup untuk dirinya sendiri, tetapi untuk Dia, yang telah mati  dan telah dibangkitkan untuk mereka.

Keselamatan yang aku terima adalah bagi Allah. Artinya, aku hidup untuk Dia. Aku bernafas untuk Dia. Aku melakukan segala sesuatu untuk Dia. Hidupku hanya bagi kemuliaanNya. 

Aplication
✔️ Hidupku untuk Tuhan berarti dalam melakukan segala sesuatu, semuanya adalah untuk Tuhan. Hanya dan untuk kemuliaanNya. 

Prayer
Tuhan, keselamatan yang kuterima hanyalah bagi Engkau. Aku mau memuliakan Tuhan. Amin.
Gratitude Journal
24 Desember 2019

1. Bersyukur pagi ini bisa masak ayam gulai kesukaan suami dan bocah-bocah.
2. Bersyukur siang ini bisa ketawa-ketawa sambil bantuin mamaku masak dengan adek-adekku.
3. Bersyukur sewaktu aku bantuin mama, suamiku handle jagain bocah-bocah, kasih makan dan main sama mereka.
4. Bersyukur  bisa ibadah Malam Natal bareng keluargaku. 
5. Bersyukur walaupun capek, sebelum tidur aku sempat buat puding.

Palangka Raya, 24 Desember 2019 
-Mega Menulis-

Wahyu 5-6

Wahyu 6

Scripture 
Wahyu 6:17 (TB)  Sebab sudah tiba hari besar murka mereka dan siapakah yang dapat bertahan?  

Observation
Aneh rasanya membaca kitab Wahyu di suasana Natal yang ceria, sepertinya gak pas. Tapi hari Natal pun sebenarnya aku amati sudah kehilangan makna. Kalau gak ada pohon Natal, gak ada kado, gak ikut perayaan Natal sepertinya gak ada Natal. Padahal Natal tentang Kristus yang lahir untuk menyelamatkan dunia. Saat hari besar murka pun adalah hari penghakiman Allah. 

Aplication
✔️ Aku gak tahu kapan hari besar murka Allah kapan, tapi aku mau kedapatan melakukan yang benar.

Wahyu 5

Scripture       
Wahyu 5:12 (TB)  katanya dengan suara nyaring: "Anak Domba yang disembelih itu layak untuk menerima kuasa, dan kekayaan, dan hikmat, dan kekuatan, dan hormat, dan kemuliaan, dan puji-pujian!" 

Observation & Aplication 
Sudahkah aku memberikan Anak Domba itu segala yang layak diterimanya? Jangan-jangan aku mencuri apa yang bukan bagianku. Saat aku memiliki kekayaan, apakah aku mendatangkan pujian dan hormat bagi Tuhan? Sudahkah aku memberikan pujian kepada Tuhan untuk segala yang telah aku terima?

Prayer
Tuhan, mampukan aku memberikan pujian, hormat dan kemuliaan bagiMu dengan segala yang ada padaku. Amin.

Gratitude Journal
23 Desember 2019

1. Bersyukur tugas di upacara peringatan hari ibu di kantor hari ini lancar.
2. Bersyukur sukses masak sop kepiting dan Sofia suka.
3. Bersyukur bisa jalan bareng temenku Fani dan ngobrol.
4. Bersyukur bisa ke dokter buat periksa telingaku dan kata dokter ga terlalu masalah. Semoga segera normal
5. Bersyukur bocah-bocah tidur cepat jadi bisa quality time sama suami. Keluar rumah berdua tok, ngedate ala-ala. 

Palangka Raya, 23 Desember 2019 
-Mega Menulis-

Wahyu 3-4

Wahyu 3

Scripture       
Wahyu 3:19 (TB)  Barangsiapa Kukasihi, ia Kutegor dan Kuhajar; sebab itu relakanlah hatimu dan bertobatlah!

Observation
Ditegur dan dihajar Tuhan adalah tanda dikasihi Tuhan. Jadi, kalau selama ini aku berbuat dosa dan merasa Tuhan gak menegur atau menghajarku, aku harus hati-hati, jangan-jangan Tuhan sudah menegur tapi aku gak menghiraukan tegurannya. Ditegur dan dihajar Tuhan memang gak enak tapi itu cara Tuhan mendidik untuk hidup dalam kebenaran. Tuhan memberi ajaran seperti Bapa yang sayang anaknya. 

Aplication
✔️ Aku merasa Tuhan kadang menegur, tapi aku abai. Gak boleh gitu, harus segera tobat sebelum Tuhan menghajar. 

Prayer
Tuhan, aku mau bertobat dari kemalasanku dan keegoisanku. Tolong aku Tuhan supaya aku gak tobat kumat lagi. Amin.

Wahyu 4

Scripture       
Wahyu 4:8 (TB)  Dan keempat makhluk itu masing-masing bersayap enam, sekelilingnya dan di sebelah dalamnya penuh dengan mata, dan dengan tidak berhenti-hentinya mereka berseru siang dan malam: "Kudus, kudus, kuduslah Tuhan Allah, Yang Mahakuasa, yang sudah ada dan yang ada dan yang akan datang."  

Observation
Allah yang kusembah adalah Allah yang kudus. Dia adalah alasanku untuk hidup di dalam kekudusan, karena ada dikatakan, "Kuduslah kamu sebab Aku kudus".

Prayer
Tuhan, tolong aku hidup dalam kekudusan hari ini dan seterusnya. Amin.


Gratitude Journal
22 Desember 2019

1. Tadi sempat kesel karena suami minta aku yang gantikan dia nemenin bocah sekolah Minggu, karena minggu ini giliranku dengar khotbah. Tapi bersyukur aku memutuskan nemanin bocah sekolah Minggu. Suami senang dan aku pun terhibur melihat kelakuan anak-anak Sekolah Minggu.
2. Bersyukur hari ini latihan untuk upacara Peringatan Hari Ibu banyak petugas upacara yang hadir walaupun gak semua.
3. Bersyukur pas bongkar kontainer lama ketemu baju jualanku dulu yang gak laku jadi bisa blessing orang lain dengan baju-baju itu.
4. Bersyukur paket baju yang aku pesan sampai hari ini, semoga mamaku suka.

Palangka Raya, 22 Desember 2019 
-Mega Menulis-

Sunday, December 22, 2019

Wahyu 1-2

Wahyu 1

Scripture       
Wahyu 1:3 (TB)  Berbahagialah ia yang membacakan dan mereka yang mendengarkan kata-kata nubuat ini, dan yang menuruti apa yang ada tertulis di dalamnya, sebab waktunya sudah dekat.

Observation & Aplication 
Sebenarnya kitab Wahyu bukan termasuk kitab favoritku. Gak seperti Mazmur yang indah seperti puisi atau Amsal yang penuh perkataan hikmat. Jadi pas baca ayat di atas, langsung bilang amin otomatis dalam hati. Aku adalah orang yang berbahagia saat: 
- membacakan kitab ini 
- mendengarkan kata-kata nubuat
- menuruti apa yang di dalamnya 

Prayer
Tuhan ajar aku menghargai setiap firman Tuhan yang kubaca dengan menaatinya dan gak memilih-milih. Aku mau jadi pelaku firmanMu. Amin.

Wahyu 2

Scripture       
Wahyu 2:29 (TB)  Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat."

Observation
Berulang kali dikatakan bahwa siapa bertelinga hendaklah mendengar. Ini berarti sedemikian pentingnya MENDENGAR APA YANG DIKATAKAN ROH KUDUS. Roh Kudus sering mengingatkan firman yang kubaca, mengingatkan firman yang kudengar, dll. Tapi ada kalanya aku mengabaikannya, berusaha berkompromi atau menunda ketaatan. 

Aplication
✔️ Aku mau peka dan taat dengan suara Roh Kudus.

Prayer
Tuhan, aku mau mendengar suaraMu dan menaatinya, tolong aku Tuhan. Amin.

Gratitude Journal
21 Desember 2019

1. Bersyukur ada adekku dan mamaku pagi-pagi ke rumah kami jadi bisa sarapan dan ngobrol bareng.
2. Bersyukur tahu-tahu Sara mau diajak eyangnya dan ontinya ke rumah eyang tanpa papa mama. Ini berarti Sara sudah semakin berani. Sebenarnya Sofi mau ikut juga karena melihat kakaknya pergi tapi eyangnya takut dia menangis. Ternyata di tempat eyangnya Sara gak rewel dan main dengan asyik sampai dijemput sorenya. 
3. Bersyukur adik iparku datang dari Samba dan bawa durian. Yay! 
4. Bersyukur tetanggaku perpanjang rumah kontrakan sampai bulan Januari. Hari ini baru saja bayar untuk Desember. Puji Tuhan, sudah beberapa bulan ini rumah kami di Kasongan membiayai dirinya sendiri.

Palangka Raya, 21 Desember 2019 
-Mega Menulis-

Saturday, December 21, 2019

Maleakhi 3-4

Maleakhi 3

Scripture       
Maleakhi 3:18 (TB)  Maka kamu akan melihat kembali perbedaan antara orang benar dan orang fasik, antara orang yang beribadah kepada Allah dan orang yang tidak beribadah kepada-Nya.

Observation
Apakah perbedaan orang benar dan orang fasik? Atau antara orang yang beribadah kepada Allah dan orang yang tidak beribadah kepadaNya? Salah satunya yang langsung terpikirkan adalah INTEGRITAS. Integritas adalah kesesuaian antara, perkataan, perbuatan, pikiran dan apa yang aku yakini. Seseorang bisa saja berkata percaya kepada Tuhan tapi hidup seperti Tuhan tidak ada. Atau dia beribadah kepada Tuhan tapi hati dan pikirannya gak tertuju pada Tuhan. 

Aplication
✔️ Aku mau memiliki integritas dalam keseharianku dan melakukan yang benar menurut Tuhan. 

Prayer
Tuhan, terkadang aku melakukan yang gak benar padahal aku berkata aku adalah penyembahMu. Tolong aku untuk selalu menyembahMu dalam roh dan kebenaran. Amin.

Maleakhi 4 
No rhema spesifik, hanya diingatkan kalau hari penghakiman akan datang dan pilihanku adalah hidup takut akan Tuhan vs menjadi orang fasik.

Gratitude Journal
20 Desember 2019

1. Bersyukur dengar kabar teman yang ganti motor baru setelah 10 tahun yang lama. Aku bersyukur karena motorku itu umurnya kayaknya sama, aku beli tahun 2019. Walaupun belum ganti yang baru, aku bersyukur karena motorku masih bisa dipakai.
2. Bersyukur dengar kabar temanku yang sudah menikah 7 tahun tapi belum punya anak, dikaruniakan kehamilan. Aku gak dekat sih, cuma berasa banget ikut hepi, aku membayangkan kalau aku jadi dia. Ternyata, bersyukur itu mudah ya waktu kita juga belajar berempati dengan kebahagiaan orang lain.
3. Bersyukur dapat voucher nginap di Swiss Bell Hotel dari seorang teman. Free. Lumayan, bocah bisa berenang puas ntar.
4. Bersyukur pulang kantor cucian banyak banget dan suami yang tolongin jemurin. Duh, big love banget. Tau aja bini dah kecapean, nyuci sambil masak. 

Palangka Raya, 20 Desember 2019
-Mega Menulis-



Friday, December 20, 2019

Maleakhi 1-2

Maleakhi 1

Scripture       
Maleakhi 1:8 (TB)  Apabila kamu membawa seekor binatang buta untuk dipersembahkan, tidakkah itu jahat? Apabila kamu membawa binatang yang timpang dan sakit, tidakkah itu jahat? Cobalah menyampaikannya kepada bupatimu, apakah ia berkenan kepadamu, apalagi menyambut engkau dengan baik? firman TUHAN semesta alam.  

Observation
Memberikan persembahan kepada Tuhan gak boleh asal-asalan. Tuhan menginginkan yang terbaik dari hidup kita, bahkan Ia memandang jahat persembahan yang cacat. Binatang yang timpang dan sakit diberikan ke Tuhan adalah tanda gak menghormati Tuhan. 

Ini juga membuatku teringat sebuah lagu : 
1.Sudahkah yang terbaik ‘ku berikan
kepada Yesus Tuhanku?
Besar pengurbananNya di Kalvari!
DiharapNya terbaik dariku.
Reff
Berapa yang terhilang t’lah ‘ku cari
dan ‘ku lepaskan yang terbelenggu?
Sudahkah yang terbaik ‘ku berikan
kepada Yesus, Tuhanku?
2. Begitu banyak waktu yang terluang
sedikit ‘ku b’ri bagiNya.
Sebab kurang kasihku pada Yesus;
mungkinkah hancur pula hatinya?

Aplication
✔️ Memberikan yang terbaik bagi Tuhan itu menyenangkan hatiNya, tanda aku mengasihi Tuhan dengan sungguh. Aku harus selalu ingat ini saat mempersembahkan sesuatu bagi Tuhan. 

Prayer
Tuhan, berikanku hati yang ingin selalu memberikan yang terbaik. Amin.

Maleakhi 2

Scripture       
Maleakhi 2:17 (TB)  Kamu menyusahi TUHAN dengan perkataanmu. Tetapi kamu berkata: "Dengan cara bagaimanakah kami menyusahi Dia?" Dengan cara kamu menyangka: "Setiap orang yang berbuat jahat adalah baik di mata TUHAN; kepada orang-orang yang demikianlah Ia berkenan — atau jika tidak, di manakah Allah yang menghukum?"!

Observation & Aplication 
Ada unsur menganggap remeh dosa dan menganggap sepi kemurahan Tuhan di ayat ini. Reminder buatku, saat Tuhan gak langsung seketika menghukumku yang berbuat dosa, itu bukan berarti Tuhan membenarkan yang aku lakukan. Itu semata-mata karena Tuhan bermurah hati dan memberikan kesempatan bertobat. Kemurahan hatiNya menunjukkan kasihNya, bukan berarti aku boleh terus flirting dengan dosa. Harus stop berbuat dosa. 

Prayer
Tuhan, tolong aku memandang dosa seperti Engkau memandangnya. Supaya aku jangan lagi berdosa terhadap Tuhan. Amin.
Gratitude Journal
19 Desember 2019

1. Bersyukur hari ini udah lebih sehat dibanding kemarin.
2. Bersyukur hari ini bisa buat sop iga babi dan Sofia senang banget, banyak makannya. Hepi deh, berasa puas banget masaknya.
3. Bersyukur hari ini ada teman yang dinas ke Kasongan. Pulangnya bawa duren banyak. Yay! Makan duren gratisan.
4. Bersyukur dikirimin brownies sama Yolanda. Duh, ga nyangka. Seneng banget bocah-bocah. Gimana gak senang, rasanya nyoklat banget.
5. Bersyukur bisa nonton sama bocah di 21 dan mereka asyik banget ga pake rewel.
6. Bersyukur pulang nonton gak kehujanan. Pas sampe di rumah baru hujan. 

Palangka Raya, 19 Desember 2019 
-Mega Menulis-

2 Tawarikh 35

2 Tawarikh 35

Scripture     
2 Tawarikh 35:7 (TB)  Yosia menyumbangkan kepada kaum awam sejumlah tiga puluh ribu ekor kambing domba, yakni domba-domba dan kambing-kambing jantan yang muda, semuanya sebagai korban Paskah bagi semua orang yang hadir. Selain itu disumbangkannya tiga ribu ekor lembu. Semuanya itu dari harta milik raja.

Observation

Tidak ada kewajiban bagi Yosia untuk memberikan korban Paskah tapi Yosia bermurah hati dengan miliknya. Sebuah reminder buatku untuk bermurah hati. Di bulan Desember ini banyak sekali pengeluaran untuk berbagai kegiatan yang gak terduga ,terkadang berat rasanya memberi dan aku hitung-hitungan gitu. Jadi ketampar-tampar deh.

Aplication
✔ Aku gak boleh hitung-hitungan dalam memberi, aku mau memberi dengan sukacita. Berkat Tuhan begitu banyak.

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk bermurah hati dan memberi dengan sukacita. Amin.

Gratitude Journal
18 Desember 2019


1. Bersyukur kegiatan press release di kantor berjalan lancar.
2. Bersyukur hari ini kuat ngantor walaupun gak enak badan, kepalaku pusing, telinga sakit, dan badanku pegal semua. Duh, ga enak banget. Selama ini gak pernah bersyukur buat telinga yang sehat, ternyata sakit telinga tu menyiksa banget.
3. Bersyukur pulang kantor bisa langsung tidur dan gak diganggu the girls, suami helpful banget dan bisa handle mereka.
4. Bersyukur malam-malam mamaku  datang begitu dengar aku sakit dan bawain mie kesukaanku (padahal tempat belinya lumayan jauh) lalu pijat aku.
5. Bersyukur emas kreditan dah di tangan 😂

Palangka Raya, 18 Desember 2019
-Mega Menulis-

Monday, December 16, 2019

2 Tawarikh 19-20


2 Tawarikh 19

Scripture       
2 Tawarikh 19:7 (TB)  Sebab itu, kiranya kamu diliputi oleh rasa takut kepada TUHAN. Bertindaklah dengan seksama, karena berlaku curang, memihak ataupun menerima suap tidak ada pada TUHAN, Allah kita."

Observation & Aplication 
Di kantor seperti sedang ada dua kubu yang berselisih. Kalau mendengarkan hanya satu pihak saja, jatuh-jatuhnya jadi memihak. Aku diingatkan untuk bertindak dengan seksama dan tidak memihak. Bahkan kalau bisa berusaha mendamaikan. 

Prayer
Tuhan, tolong aku supaya gak memihak mereka yang sedang berselisih di kantor. Bahkan, mampukan aku untuk menjadi juru damai. Amin.

2 Tawarikh 20

Scripture       
2 Tawarikh 20:3 (TB)  Yosafat menjadi takut, lalu mengambil keputusan untuk mencari TUHAN. Ia menyerukan kepada seluruh Yehuda supaya berpuasa. 

Observation
Yosafat : Takut -> Cari Tuhan
Apa yang aku lakukan saat takut ? Apakah sama dengan Yosafat yang mencari Tuhan? 

Aplication
✔️ Waktu aku takut adalah saatnya aku semakin tekun cari Tuhan.

Prayer
Tuhan,waktu aku takut, aku mau mau mencari Tuhan lebih sungguh. Amin.

Palangka Raya, 10 Desember 2019 
-Mega Menulis-

2 Tawarikh 21-22

2 Tawarikh 21

Scripture       
2 Tawarikh 21:6 (TB)  Ia hidup menurut kelakuan raja-raja Israel seperti yang dilakukan keluarga Ahab, *sebab yang menjadi isterinya adalah anak Ahab.* Ia melakukan apa yang jahat di mata TUHAN. 

Observation & Aplication 
Tadi pagi baru saja ngobrol sama suami tentang suami isteri yang kelakuannya mirip. Ini entah karena suami isteri itu sepadan, atau karena orang yang hidup bersama memang makin hari akan semakin menyerupai. Perbuatan dan respon kita akan dipengaruhi pasangan, lama-lama menjadi kebiasaan. Makanya, entah suami meniru isteri atau sebaliknya, mana yang kuat yang akan mempengaruhi yang lemah karakternya.

Di sini pengaruh isteri Yoram sangat kuat, sayangnya pengaruh yang jahat. Sebagai isteri, aku harus memberikan pengaruh positif ke suami. Apa yang aku lakukan setiap hari hari, baik atau buruk, suka gak suka, akan berpengaruh ke suami. 

Prayer
Tuhan, tolong aku supaya setiap hari menjadi isteri yang bijak. Amin.

2 Tawarikh 22

Scripture       
2 Tawarikh 22:3 (TB)  Ia pun hidup menurut kelakuan keluarga Ahab, karena ibunya menasihatinya untuk melakukan yang jahat. 

Observation
Pengaruh istri Yoram gak cuma ke suaminya, tapi juga ke generasi selanjutnya. Sebagai suami/isteri, seseorang akan mempengaruhi keturunannya hingga entah turunan ke berapa. Ini mengingatkanku untuk mengajarkan anak-anakku kalau saatnya memilih pasangan hidup, dia juga sedang memilih ayah untuk anak-anaknya. Dan ini juga berarti kalau karakter seseorang akan mempengaruhi keturunannya. 

Aplication
✔️ Aku dan suami sama-sama berusaha jadi teladan bagi anak-anak kami. Aku mau terus mengingat bahwa ini bukan tentang hidupku, tapi juga hidup keturunanku. 

Prayer
Tuhan, tolong aku dan suami untuk hidup benar di hadapan Tuhan. Amin.


Gratitude Journal
11 Desember 2019

1. Bersyukur Sofi seharian ini makannya bagus.
2. Bersyukur bangun pagi bisa ngobrol asyik dan ketawa bareng dengan suami.
3. Bersyukur hari ini ikut kunjungan Dharma Wanita BNNP ke Panti Jompo dan RSJ Kalawa Atei. Diberkati melihat para orang tua di Panti Jompo yang masih berkarya dengan menjual hasil kebunnya, menganyam keranjang, membuat mandau, dll. Sempat sedih melihat anak perempuan umur 14 dan 15 tahun yang harus direhab karena memakai  narkoba. Tapi lalu bersyukur mereka direhab bukannya dipenjarakan.
4. Hari ini mengikuti Natal Kemenkumham wilayah Kalteng dan melihat penampilan anak Panti Asuhan di acara tersebut. Bersyukur buat kesempatan mengingat bahwa selama ini aku diberkati karena mamaku sehat.

Palangka Raya, 11 Desember 2019 
-Mega Menulis-

2 Tawarikh 23-24


2 Tawarikh 23

Scripture       
2 Tawarikh 23:21 (TB)  Bersukarialah seluruh rakyat negeri dan amanlah kota itu, setelah Atalya mati dibunuh dengan pedang. 

Observation
Atalya pastilah perempuan yang sangat mengerikan jahatnya sampai-sampai saat dia mati, seluruh rakyat negeri bersukaria. Jadi perenunganku, apakah keberadaanku atau ketidakberadaanku yang menimbulkan sukacita bagi orang lain. Apakah keberadaanku mendatangkan ketenteraman atau pertengkaran  di antara orang lain?

Aplication
✔️ Sebagai wanita bijak, aku mau keberadaanku mendatangkan kedamaian dan sukacita bagi orang lain. 

Prayer
Tuhan, jangan biarkan aku mengikuti jejak Atalya dan menjadi perempuan kejam yang keberadaannya menyengsarakan orang lain. Amin.

2 Tawarikh 24

Scripture       
2 Tawarikh 24:2 (TB)  Yoas melakukan apa yang benar di mata TUHAN selama hidup imam Yoyada. 

Observation
Baca ayat ini jadi mikir:Bagaimana kehidupan Yoas setelah Imam Yoyada gak ada? Dan terjawab di ayat-ayat berikutnya kalau Yoas menyimpang setelah Imam Yoyada meninggal. 

Reminder buatku supaya senantiasa melekat pada Tuhan dan punya hubungan priibadi sama Tuhan. Bukannya meniru atau bergantung pada orang lain. 

Aplication
✔️ Seumur hidup aku mau menempel sama Tuhan tanpa perantara orang lain.

Palangka Raya, 12 Desember 2019 
-Mega Menulis-

2 Tawarikh 25-26

2 Tawarikh 25

Scripture       
2 Tawarikh 25:2, 14 (TB)  Ia melakukan apa yang benar di mata TUHAN, hanya tidak dengan segenap hati. 
Ketika Amazia kembali, setelah mengalahkan orang-orang Edom itu, ia mendirikan para allah bani Seir, yang dibawanya pulang, sebagai allahnya. Ia sujud menyembah kepada allah-allah itu dan membakar korban untuk mereka.

Observation
Ternyata melakukan yang benar di mata TUHAN tapi gak dengan segenap hati sungguh berbahaya, Amazia pada akhirnya jatuh ke dalam dosa penyembahan berhala. Hatinya setengah-setengah buat Tuhan. Apabila kehendak Tuhan sama dengan kehendak hatinya maka dia taat, apa yang menguntungkannya dia lakukan sekalipun itu gak menyenangkan Tuhan. Apa yang ada di dalam hati dan gak kelihatan jauh lebih penting dibandingkan yang kelihatan. Tuhan adalah Allah yang melihat hati. 

Aplication
✔️ Apakah aku mengasihi Tuhan dengan segenap hati? Atau aku taat secara selektif? 

Prayer
Tuhan, tolong aku menaatiMu dan mengasihiMu dengan segenap hati. Amin.

2 Tawarikh 26

Scripture       
2 Tawarikh 26:16 (TB)  Setelah ia menjadi kuat, ia menjadi tinggi hati sehingga ia melakukan hal yang merusak. Ia berubah setia kepada TUHAN, Allahnya, dan memasuki bait TUHAN untuk membakar ukupan di atas mezbah pembakaran ukupan. 

Observation & Aplication 
Setelah kuat, Uzia menjadi sombong. Saat aku menjadi makin kuat, aku hak boleh sombong. Aku harus menyadari kalau hidupku dan semua yang kumiliki adalah pemberian Tuhan. 

Prayer
Tuhan, aku mau mengingat selalu kalau hidupku adalah pemberian Tuhan semata. Tolong aku untuk gak jatuh dalam dosa kesombongan ya Tuhan. Amin.

Gratitude Journal
13 Desember 2019

1. Bersyukur acara Natal kantor kami berjalan lancar. Walaupun sedikit kami yang Kristen di kantor tapi kompak dan hampir semua hadir.
2. Bersyukur memilih Aroma Resto sebagai tempat acara Natal kami, tempatnya nyaman dan makanannya enak semua.
3. Bersyukur semua bidang sudah mengumpulkan bahan press release akhir tahun.
4. Bersyukur bisa cuci pakaian.
5. Bersyukur seharian gak usah masak, tinggal manasin makanan. Eh, paling tinggal masak naai doang.
6. Bersyukur barang belanjaan onlineku sudah sampai semua.

Palangka Raya, 13 Desember 2019 
-Mega Menulis-

2 Tawarikh 27

2 Tawarikh 27

Scripture       
2 Tawarikh 27:6 (TB)  Yotam menjadi kuat, karena ia mengarahkan hidupnya kepada TUHAN, Allahnya. 

Observation
Rahasia Yotam menjadi kuat adalah : MENGARAHKAN HIDUPNYA KEPADA TUHAN. 
Jadi, kalau aku mau seperti Yotam, aku harus menjadikan Tuhan sebagai tujuan hidupku.

Gratitude Journal
14 Desember 2019

1. Bersyukur libur bisa main seharian di tempat Mamah.
2. Bersyukur pas ke tempat Mamaku sedang buat stik bawang kesukaan the girls, pulang bawa deh 🤣
3. Bersyukur dapat blessing dari sepupuku.
4. Bersyukur di Hypermart ada diskon, jadi bisa belanja murah.

Palangka Raya, 14 Desember 2019 
-Mega Menulis-

2 Tawarikh 29-30

2 Tawarikh 29

Scripture       
2 Tawarikh 29:34 (TB)  Tetapi jumlah imam terlalu sedikit, sehingga mereka tidak sanggup menguliti semua korban bakaran. Oleh sebab itu saudara-saudara mereka, orang-orang Lewi, membantu mereka sampai pekerjaan itu selesai dan sampai para imam menguduskan dirinya. Sebab orang-orang Lewi itu lebih bersungguh-sungguh menguduskan dirinya dari pada para imam.

Observation
Luar biasa kesungguhan orang Lewi menguduskan dirinya, di sini bahkan dikatakan lebih dari pada para imam. Aku diingatkan bahwa bagian setiap orang adalah hidup kudus di hadapan Tuhan karena Ia Allah kita yang kudus. Bukan hanya pelayan Tuhan yang harus hidup kudus. Terkadang, aku 'menuntut' para hamba Tuhan dan pelayan Tuhan hidup kudus. Gak terkatakan sih, tapi dalam hati selalu beranggapan standar hidup mereka dalam hal kekudusan lebih tinggi daripada orang lain. Padahal sama saja. Tuhan ingin setiap anakNya hidup dalam kekudusan. 

Aplication
✔️ Aku mau senantiasa hidup dalam kekudusan. 

Prayer
Tuhan, tolong aku hidup kudus setiap saat. Amin.

2 Tawarikh 30

Scripture       
2 Tawarikh 30:19 (TB)  yang sungguh-sungguh berhasrat mencari Allah, yakni TUHAN, Allah nenek moyangnya, walaupun ketahiran mereka tidak sesuai dengan tempat kudus." 

Observation
Walaupun Tuhan itu kudus, Ia juga baik hati dan murah hati sehingga walaupun banyak dari rakyat yang ketahirannya tidak sesuai standar kekudusan Tuhan tapi masih diampuni. Ia mau melihat hati mereka yang sungguh-sungguh berhasrat mencari Dia. 

Aplication
✔️ Aku mau bersungguh-sungguh mencari Tuhan dan berikan waktu terbaikku. 

Prayer
Oh Tuhan, berikanlah aku hasrat untuk sungguh mencari Engkau. AMIN.

Gratitude Journal
15  Desember 2019

1. Bersyukur bisa nemanin bocah-bocah sekolah Minggu dan bantuin mereka buat aktivitas.
2. Bersyukur kami gak kehujanan pas pulang dari gereja. 
3. Bersyukur bisa melipat dan menyetrika pakaian buanyak banget. Aslinya, awalnya males, tapi puji Tuhan, aku bisa melawan kemalasanku. 
4. Bersyukur ada diskon susu bocah, bisa nyetok susu sampai Januari 🤭
5. Ada teman yang cerita suaminya kalau udah di rumh, nyuci sebiji sendok pun gak mau. Duh, jadi bersyukur buat suami yang selalu mau bantu urusan rumah.

Palangka Raya, 15 Desember 2019 
-Mega Menulis-

2 Tawarikh 31-32

2 Tawarikh 31

Scripture       
2 Tawarikh 31:20 (TB)  Demikianlah perbuatan Hizkia di seluruh Yehuda. Ia melakukan apa yang baik, apa yang jujur, dan apa yang benar di hadapan TUHAN, Allahnya. 
2 Tawarikh 31:21 (TB)  Dalam setiap usaha yang dimulainya untuk pelayanannya terhadap rumah Allah, dan untuk pelaksanaan Taurat dan perintah Allah, ia mencari Allahnya. Semuanya dilakukannya dengan segenap hati, sehingga segala usahanya berhasil. 

Observation
Luat biasa bagaimana dua ayat di atas menyaksikan kehidupan Hizkia. Seandainya ayat ini juga bisa bicara tentang imanku. 
Hizkia melakukan :
- yang baik
- yang jujur
- yang benar di hadapan Tuhan 
Dalam setiap usaha Hizkia, ia mencari Allahnya. Semua dilakukan Hizkia dengan segenap hati! Wow! 

Prayer
Tuhan, aku juga mau kedapatan melakukan mencari Tuhan dalam segala sesuatu yang aku kerjakan dengan segenap hati untukMu. Aku mau sepenuh hati buat Tuhan. Tolong aku untuk melakukan yang terbaik buat Tuhan. Amin.

2 Tawarikh 32

Scripture       
2 Tawarikh 32:25 (TB)  Tetapi Hizkia tidak berterima kasih atas kebaikan yang ditunjukkan kepadanya, karena ia menjadi angkuh, sehingga ia dan Yehuda dan Yerusalem ditimpa murka.

Observation
'Hanya' karena tidak berterima kasih pada Tuhan, Hizkia jatuh ke dalam dosa kesombongan dan  mendatangkan murka Allah pada dirinya, Yehuda dan Yerusalem. 

Aplication
✔️ Aku gak mau menganggap sepi kemurahan Tuhan dengan gak tahu terima kasih. Aku mau bersyukur dan mengingat kebaikan Tuhan. 

Prayer
Tuhan, jangan biarkan aku melupakan kebaikanMu dan jatuh dalam kesombongan. Amin.


Gratitude Journal
16  Desember 2019

1. Bersyukur data-data untuk press release Pak Kepala sudah terkumpul semua, walaupun ada beberapa data yang harus dicross check validitasnya.
2. Bersyukur buat kerajinan adek iparku buat kue kering Natalan, gak tanggung-tanggung sampai 7 jenis.
3. Bersyukur buat kemurahan hati mamahku yang blessing temanku dengan stik bawang buatannya. Ada teman dekatku yang mau pesan dan waktu aku sampaikan ke Mama malah dibuatin free.
4. Hari ini waktu cerita-cerita ke suami tentang papa mamaku, aku diingatkan kalau suami isteri itu sepadan dan papa mamaku sepadan dalam hal kemurahan hati. Aku harus belajar banyak dalam hal bermurah hati dari mereka.
5. Bersyukur Sara dan Sofia dapat blessing baju sepupunya yang bagus banget. 

Palangka Raya, 16 Desember 2019 
-Mega Menulis-

Wednesday, December 11, 2019

2 Tawarikh 17-18

2 Tawarikh 17

Scripture       
2 Tawarikh 17:3-4 (TB)  Dan TUHAN menyertai Yosafat, karena ia hidup mengikuti jejak yang dahulu dari Daud, bapa leluhurnya, dan tidak mencari Baal-baal,
melainkan mencari Allah ayahnya. Ia hidup menurut perintah-perintah-Nya dan tidak berbuat seperti Israel. 

Observation
Kenapa Tuhan menyertai Yosafat? 
- Dia tidak mencari Baal tetapi mencari Allah
- Ia hidup menurut perintah Tuhan dan tidak berbuat seperti Israel 

Aplication
Dari teladan Yosafat aku belajar :
✔️ Hidup mencari Tuhan dan menjadikan Tuhan prioritas setiap hari. 
✔️ Walaupun banyak orang lain berbuat salah, bukan berarti aku juga ikutan, tetap taat sama firman Tuhan. 

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk hidup seperti Yosafat setiap harinya. Amin.

2 Tawarikh 18

Scripture       
2 Tawarikh 18:13 (TB)  Tetapi Mikha menjawab: "Demi TUHAN yang hidup, sesungguhnya, apa yang akan difirmankan Allahku, itulah yang akan kukatakan." 

Observation & Aplication 
Hanya perkatakan firman Tuhan. Itu yang aku dapatkan begitu membaca ayat ini. Jangan coba-coba mengatakan hal yang bertentangan dengan firman Tuhan hanya untuk menyenangkan manusia.

Prayer
Tuhan, aku mau menyenangkanMu lewat perkataanku. Amin.
Gratitude Journal
9 Desember 2019

1. Bersyukur seharian the girls mau makan ayam bakar dan sayur bayam yang kubuat. Mereka makan banyak banget. Hepi deh. 
2. Hari ini pas jalan bareng keluarga lihat sebuah gereja yang selesai direnovasi. Dan tiba-tiba aku teringat, di sini gampang sekali menemukan Gereja. Bersyukur sekali buat itu.
3. Bersyukur pagi-pagi di kantor banyak oleh-oleh makanan dari bosku yang baru datang dari luar kota. 
4. Bersyukur malam-malam beli pisang dengan harga murah.

Palangka Raya, 9 Desember 2019
-Mega Menulis-

2 Tawarikh 15-16

2 Tawarikh 15

Scripture       
2 Tawarikh 15:8 (TB)  Ketika Asa mendengar perkataan nubuat yang diucapkan oleh nabi Azarya bin Oded itu, ia menguatkan hatinya dan menyingkirkan dewa-dewa kejijikan dari seluruh tanah Yehuda dan Benyamin dan dari kota-kota yang direbutnya di pegunungan Efraim. Ia membaharui mezbah TUHAN yang ada di depan balai Bait Suci TUHAN. 

Observation & Aplication 
Bukan perkara yang mudah menyingkirkan dewa-dewa kejijikan dari seluruh tanah Yehuda dan Benyamin, pasti banyak yang menentang Asa. Asa bahkan harus bertentangan dengan neneknya sendiri. 

Kalau aku mau hidupku berkenan di hadapan Allah, aku juga harus menyingkirkan segala dosaku yang menjijikkan dari hadapan Tuhan. Aku harus menguatkan hati dan hidup benar sekalipun harus bertentangan dengan orang lain. 

Prayer
Tuhan, tolong aku hidup bersih, supaya hidupku berkenan di hadapan Tuhan. Aku mau menyingkirkan dosa dari hidupku, tolong aku yang lemah ini Tuhan. Amin.

2 Tawarikh 16

Scripture       
2 Tawarikh 16:9 (TB)  Karena mata TUHAN menjelajah seluruh bumi untuk melimpahkan kekuatan-Nya kepada mereka yang bersungguh hati terhadap Dia. Dalam hal ini engkau telah berlaku bodoh, oleh sebab itu mulai sekarang ini engkau akan mengalami peperangan."

Observation
Tragis sekali hidup Asa, dia telah dengan tulus hati memulai pemerintahannya, bahkan menyingkirkan dewa-dewa di Yehuda. Tapi dia mengakhiri hidupnya tanpa mencari Tuhan dna bersandar padaNya. 
2 Tawarikh 16:12 (TB)  Pada tahun ketiga puluh sembilan pemerintahannya Asa menderita sakit pada kakinya yang kemudian menjadi semakin parah. Namun dalam kesakitannya itu ia tidak mencari pertolongan TUHAN, tetapi pertolongan tabib-tabib. 

Aplication
✔️ Aku harus mengandalkan Tuhan dan bukan manusia. Jangan sampai mengulangi kesalahan Asa. 

Prayer
Tuhan, aku mau mengandalkan Engkau sampai akhir hidupku. Amin.
Gratitude Journal
8 Desember 2019

1. Bersyukur hari ini bisa belanja lauk berbagai jenis : ikan nila, ikan pipih, iga, daging, ayam. Bersyukur Tuhan ciptakan berbagai jenis makanan ini 🤭
2. Bersyukur adik iparku pintar buat kue kering jadi Natal ini dia buat kue untuk di rumah mama. 
3. Bersyukur pertama kali buat otak-otak ikan pipih rasanya enak, cuma next tinggal ngurangin kelapanya kalau buat lagi. 
4. Bersyukur bisa main ke rumah mama dan dapat stok film baru dari adekku. 
5. Bersyukur suamiku gak beli nasi Padang dan lebih milih makan makanan rumah.

Palangka Raya, 8 Desember 2019
-Mega Menulis-

2 Tawarikh 13-14

2 Tawarikh 13

Scripture       
2 Tawarikh 13:18 (TB)  Demikianlah orang Israel ditundukkan pada waktu itu, sedang orang Yehuda menjadi kokoh, karena mereka mengandalkan diri kepada TUHAN, Allah nenek moyang mereka.

Observation
Orang Yehuda mengandalkan Tuhan, artinya mereka gak mengandalkan dirinya sendiri. Mereka menyadari di luar Tuhan mereka gak bisa berbuat apa-apa. Apakah aku juga mengandalkan Tuhan seperti mereka? Seringnya sih waktu keadaanku baik-baik saja, aku bergantung pada pemikiran dan kekuatanku sendiri. Padahal, dalam segala keadaan, aku perlu Tuhan. Gak ada hariku yang sedemikian baiknya sampai aku gak perlu Tuhan. 

Aplication
✔️ Setiap hari aku mau datang ke Tuhan dan menerima kekuatan dari Tuhan untuk menjalani hariku. 

Prayer
Tuhan, tolong aku supaya tiap hari aku berjalan dengan kesadaran kalau Tuhan selalu besertaku. Amin.

2 Tawarikh 14

Scripture       
2 Tawarikh 14:2 (TB)  Asa melakukan apa yang baik dan yang benar di mata TUHAN, Allahnya. 

Observation & Aplication 
Melakukan yang baik dan benar di mata Tuhan berarti hidup dengan standar Tuhan Hal ini hanya bisa dilakukan kalau :
1. Punya hati yang taat sama Tuhan 
2. Punya pengertian tentang apa yang baik dan benar di mata Tuhan 
3. Punya hubungan yang intim dengan Tuhan
Jadi kalau selama ini aku gak bisa seperti Asa, bisa jadi aku gak punya 3 hal tersebut. 

Prayer
Tuhan, aku mau melakukan yang baik dan benar di mata Tuhan. Mampukanlah aku supaya saat aku tahu kehendak Tuhan, aku taat. Amin. 

Gratitude Journal
7 Desember 2019

1. Bersyukur bisa setrika pakaian segabang dan lipat pakaian dibantu suami.
2. Bersyukur hari ini Natal anak-anak sekolah Minggu dan mereka hepi banget pas Natalan.
3. Bersyukur pulang Natalan dapat tumpangan pas hari hujan. Hujannya deras banget. 
4. Bersyukur ada mama dan adekku yang main ke rumah kami. 
5. Bersyukur suami suka dengan kaos yang aku beli untuknya.

Palangka Raya, 7 Desember 2019
-Mega Menulis-

Saturday, December 7, 2019

2 Tawarikh 11-12

2 Tawarikh 11

Scripture       
2 Tawarikh 11:23 (TB)  Oleh sebab itu ia mengambil kebijaksanaan untuk menyebarkan semua anaknya yang lain ke seluruh daerah Yehuda dan Benyamin, ke segala kota kubu. Ia memberikan mereka makanan dengan limpahnya dan menyediakan bagi mereka banyak isteri. 

Observation
Geleng-geleng deh melihat apa yabg dilakukan Rehabeam,untuk apa coba orang tua memberikan banyak isteri bagi anaknya? Mungkin karena dia sendiri memiliki banyak isteri lalu dia merasa itu hal yang baik bagi anak-anaknya. Walah! 

Teekadang sebagai orang tua aku merasa semua yang aku lakukan bagi anak-anakku itu baik. Tidak ada orang tua yang gak menginginkan hal yang baik kan? Tapi aku gak boleh bersandar pada pengertianku sendiri, harus benar-benar tanya Tuhan dan mendengarkan Dia. 

Aplication
✔️ Saat memberikan sesuatu buat anak aku harus berpikir secara rasional dan tanya Tuhan. 

Prayer
Tuhan, tolong aku supaya gak salah langkah dalam mendidik anak-anakku. Berikanku hikmat Tuhan supaya mereka bisa bertumbuh dengan baik. Amin.

2 Tawarikh 12

Scripture       
2 Tawarikh 12:14 (TB)  Ia berbuat yang jahat, karena ia tidak tekun mencari TUHAN.

Observation
Jleb. Jleb. Jleb. Selama ini aku tidak pernah memandang ketidaktekunan mencari Tuhan sebagai perbuatan yang jahat. Baca ini jadi merasa aku orang yang jahat, akhir-akhir ini aku gak tekun mencari Tuhan. Tetep sih baca firman Tuhan, tapi aku gak memprioritaskan baaca firman. Kalau pagi masih teralihkan dengan medsos dll. Terkadang ingin menyerah saat sekali baca firman Tuhan dan gak dapat rhema. Padahal namanya juga mencari harta terpendam, aku harusnya berusaha membaca berulang kali dan berdoa, jangan asal baca. 

Aplication
✔️ Aku mau tekun mencari Tuhan dan kembali memprioritaskan Tuhan. 

Prayer
Tuhan, aku rindu punya kasih mula-mula dan jatuh cinta tiap hari sama Tuhan. Amin.
Gratitude Journal
6 Desember 2019

1. Bersyukur hari ini GU terakhir lancar.
2. Bersyukur unit reksadana yang aku beli sudah masuk.
3. Bersyukur hari ini hari Jumat. Yay! Besok libur. 
4. Bersyukur ingat beli kado silang untuk Natal anak besok.
5. Hampir bertengkar sama suami karena masalah sepele, bersyukur aku langsung sadar dan gak memperpanjang masalah.
6. Bersyukur bisa cuci pakaian.
7. Bersyukur ada yang mau nukar uang receh di celengan bocah. 

Palangka Raya, 6 Desember 2019
-Mega Menulis-

Friday, December 6, 2019

2 Tawarikh 9-10

2 Tawarikh 9

Scripture       
2 Tawarikh 9:23 (TB)  Semua raja di bumi berikhtiar menghadap Salomo untuk menyaksikan hikmat yang telah ditaruh Allah di dalam hatinya.

Observation
Raja-raja pasti memiliki apa yang dimiliki Salomo, meskipun masalah jumlah mungkin berbeda ya. Semua berusaha berjumpa Salomo bukan melihat harta atau istana Salomo, dikatakan yang menarik mereka adalah HIKMAT ALLAH. Ada masa di mana aku berpikir saat aku memiliki jabatan tertentu aku bisa bicara dengan bebas tentang firman Tuhan atau kalau aku populer banyak yang akan mendengarkan aku. Terinspirasi artis gitu, hahaha. Tapiiiii.... Hikmat Allah yang ada di hati seseoranglah yang sebenarnya yang benar-benar menarik orang lain. Bagaimana hikmat Allah mengubah hidupku, caraku berkata dan bertindak, itu pun akan menarik raja-raja dunia. 

Aplication
✔️ Permulaan hikmat adalah takut akan TUHAN alias taat sama Tuhan. Ketaatanku pada Tuhan akan menjadi kesaksian yang menarik banyak orang. Aku mau kedapatan taat. 

Prayer
Tuhan, biarlah hikmatMu di dalam hatiku akan menjadi kesaksian bagi orang lain. Amin.

2 Tawarikh 10

Scripture       
2 Tawarikh 10:8 (TB)  Tetapi ia mengabaikan nasihat yang diberikan para tua-tua itu, lalu ia meminta nasihat kepada orang-orang muda yang sebaya dengan dia dan yang mendampinginya,

Observation & Aplication 
Orang muda maupun tua dapat memberi nasihat yang salah. Umur seseorang tidak menentukan kebijakan atau hikmat seseorang. Saat aku mencari nasihat, aku harus memastikan orang yang aku minta nasihatnya adalah orang yang taat sama firman Tuhan supaya nasihat yang diberikannya sejalan dengan firman Tuhan. 

Prayer 
Tuhan, tolong aku supaya punya hati yang mau mendengarkan nasihat. Berikanku hikmat untuk tahu mana nasihat yang harus kuturuti supaya aku gak salah langkah. Amin.

Gratitude Journal
5 Desember 2019

1. Bersyukur ternyata kaki gak sepegal yang aku kira pasca jalan pas Parade Natal.
2. Bersyukur rapat dengan kepala berjalan lancar.
3. Bersyukur walaupun mendadak, mamah bisa bantuin jaga bocah.
4. Bersyukur hari ini bisa istirahat masak. Bersyukur bisa makan saksang setelah sekian lama gak makan dan cobain bakmi baru. 
5. Bersyukur sisa uang Parade Natal bisa buat Natal bareng staf BNNP.
6. Bersyukur hari ini tunkin dan THR suami keluar.
7. Bersyukur bisa belanja popok dan susu diskon.

Palangka Raya, 5 Desember 2019
-Mega Menulis-

Thursday, December 5, 2019

2 Tawarikh 7-8

2 Tawarikh 7 

Scripture       
2 Tawarikh 7:18 (TB)  maka Aku akan meneguhkan takhta kerajaanmu sesuai dengan perjanjian yang telah Kuikat dengan Daud, ayahmu, dengan berkata: Takkan terputus keturunanmu yang memerintah atas Israel.

Observation 
Daud mungkin gak tahu kalau janji Tuhan tentang keturunannya sudah tergenapi. Daud hanya berusaha mengasihi Tuhan dengan segenap hatinya dan menaati Tuhan. Misteri banget sih sebenarnya waktunl Tuhan ni. Sama, aku mungkin gak akan tahu kapan akan menerima janji Tuhan tapi aku harus tetap setia. Aku gak tahu kapan usahaku berhasil, tapi aku harus tetap setia dan tekun mengerjakan pekerjaan baik yang Tuhan sediakan. 

Aplication
✔️ Terkadang ngerasa capek melakukan usaha tapi gak berhasil, tapi aku harus setia berproses. 

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk gak menjadi lelah lalu berhenti mengerjakan yang baik. Saat lelah, aku mau menerima kekuatan baru dari Tuhan. Amin.

2 Tawarikh 8

Scripture       
2 Tawarikh 8:11 (TB)  Dan Salomo memindahkan anak Firaun dari kota Daud ke rumah yang didirikannya baginya, karena katanya: "Tidak boleh seorang isteriku tinggal dalam istana Daud, raja Israel, karena tempat-tempat yang telah dimasuki tabut TUHAN adalah kudus." 

Observation
Amaze sih lihat alasan Salomo, padahal isteri dan gundiknya banyak. Bukankah itu sama-sama hal yang gak disukai Tuhan? Tapi kenapa ya dia bisa memilih melakukan suatu dosa dan yang lain nggak. Ini seperti berkata 'tidak' terhadap dosa A, tapi berkata 'ya' terhadap dosa B. Dosa adalah dosa, gak ada dosa besar atau kecil. 

Aplication
✔️ Terkadang aku memaklumi dosa kemalasan dibanding dosa perzinahan. Terkadang aku memandang dosa orang lain lebih berat padahal aku juga berdosa. 

Prayer
Tuhan, tolong aku memandang dosa sebagaimana Tuhan memandang. Berikanku mata seperti mataMu, supaya aku melakukan yang berkenan di hadapan Tuhan. Amin


Gratitude Journal
4 Desember 2019

1. Bersyukur hari ini ada temanku yang pesan kripik pedas.
2. Bersyukur honorku keluar.
3. Bersyukur Parade Natal hari ini berjalan lancar dan teman-teman sekantorku yang Kristen ikut, kecuali yang memang gak bisa ikut. Bersyukur sewaktu Parade Natal gak hujan. 
4. Bersyukur akhirnya punya kesempatan nyobain bakso jualan temanku, senang ih lihat usaha temanku jualan laris.
5. Bersyukur Mamaku bisa ke rumah buat jagain bocah dan bawain makanan.
6. Bersyukur punya suami yang bisa dipercaya ditinggalin dengan bocah seharian.
7. Bersyukur cuma sehari ninggalin bocah dan kangen banget. Pulang malam dan bisa langsung peluk mereka tuh berkat banget. Apalagi mereka juga kelihatan kangen banget dengan aku.
8. Bersyukur urusan GU di KPPN beres padahal  satpam awalnya gak terima,tapi akhirnya diterima juga.

Palangka Raya, 4 Desember 2019
-Mega Menulis-

Wednesday, December 4, 2019

2 Tesalonika 2-3

2 Tesalonika 2

Scripture       
2 Tesalonika 3:10 (TB)  Sebab, juga waktu kami berada di antara kamu, kami memberi peringatan ini kepada kamu: jika seorang tidak mau bekerja, janganlah ia makan.

Observation
Ini pas banget dengan pembicaraanku dengan suamiku dan aku. Kami berniat mulai mengenalkan Sara dengan pekerjaan di rumah kayak mencuci piring, menyapu, membersihkan tempat tidur, dll. Supaya dia belajar bekerja dan nantinya kami berbagi tugas di rumah dan saling melayani sesuai bagiannya. Kami terinspirasi keluarga Gen Halilintar juga sih. Mereka mengajarkan tanggung jawab ke anak-anaknya sejak dini. Aku juga berkaca ke pengalamanku sendiri, dulu waktu kecil gak pernah punya tanggung jawab ngurus rumah, jadi pas nikah lumayan keteteran. Bisa sih, tapi ga ada sukacita dalam mengerjakannya. Alasan lain, kami gak mau capek-capek berdua dan anak-anak tumbuh jadi raja di rumah tanpa tahu mengurus rumah adalah pekerjaan semua yang ada di rumah bersama-sama. Ayat ini makin meneguhkanku mengajarkan Sara.

Aplication
✔ Aku dan suami mau mengajarkan Sara melakukan pekerjaan rumah seperti menyapu, menjemur pakaian, sll.

Prayer
Tuhan, tolong kami supaya bisa mengajarkan Sara dengan sabar dan Sara punya hati yang mau diajar. Amin.

2 Tesalonika 3

Scripture       
2 Tesalonika 2:16 (TB)  Dan Ia, Tuhan kita Yesus Kristus, dan Allah, Bapa kita, yang dalam kasih karunia-Nya telah mengasihi kita dan yang telah menganugerahkan penghiburan abadi dan pengharapan baik kepada kita,

2 Tesalonika 2:16 (FAYH)  Semoga Tuhan kita, Yesus Kristus, dan Allah Bapa kita, yang mengasihi kita dan memberi penghiburan kekal serta pengharapan yang tidak layak kita peroleh,

Observation
Kalau aku bandingkan, versi FAYH rasanya nyes banget. Keren nih pemilihan katanya : penghiburan kekal dan pengharapan yang tidak layak kita peroleh. Rasanya berasa dapat anugerah banget ga sih?  Setiap sedih, pasti nanti Tuhan juga kasih sesuatu yang menghiburkan. Gak pernah ada kesedihan yang kekal. Selalu ada pengharapan dalam segala situasi. Bahkan dari hal buruk yang terjadi karena kebodohan kita sendiri, Allah sanggup mendatangkan kebaikan. Dia bisa buat ending yang gak berani aku harapkan sekalipun.

Prayer
Tuhan, terima kasih karena penghiburan dan pengharapan dari Tuhan membuat imanku semakin bertumbuh. Bahkan di saat aku ngerasa gak layak menerima semuanya. Terima kasih Tuhan.

Gratitude Journal
30 November 2019

1. Bersyukur hari ini suami juga libur, jadi bisa bangun siang.
2. Bersyukur bisa rekam ayat hapalan bulan ini.
3. Bersyukur pagi-pagi bisa ngobrol sama adekku.
4. Bersyukur bisa jalan-jalan ke Hypermart dan ada diskon es krim, Sara yang hobi makan es krim puas banget makannya.
5. Bersyukur bisa ikut tehnical meeting untuk Parade Natal walaupun sendirian.
6. Bersyukur bisa lihat dua tempat yang jual rombong hari ini.

Palangka Raya, 30 November 2019
-Mega Menulis-

2 Tawarikh 1-2

2 Tawarikh 1

Scripture       
2 Tawarikh 1:15 (TB)  Raja membuat banyaknya emas dan perak di Yerusalem sama seperti batu, dan banyaknya pohon kayu aras sama seperti pohon ara yang tumbuh di Daerah Bukit. 

Observation
Di beberapa ayat sebelumnya Salomo dikatakan telah menerima kebijaksanaan dan pengertian dari Tuhan.
2 Tawarikh 1:12 (TB)  maka kebijaksanaan dan pengertian itu diberikan kepadamu; selain itu Aku berikan kepadamu kekayaan, harta benda dan kemuliaan, sebagaimana belum pernah ada pada raja-raja sebelum engkau dan tidak akan ada pada raja-raja sesudah engkau."

Di ayat ini malahan Salomo mengumpulkan emas dan perak di Yerusalem padahal Tuhan telah berfirman di Ulangan demikian :
Ulangan 17:17 (TB)  Juga janganlah ia mempunyai banyak isteri, supaya hatinya jangan menyimpang; emas dan perak pun janganlah ia kumpulkan terlalu banyak.
Kedua hal ini dilakukan Salomo padahal Tuhan melarangnya. Apakah Salomo gak tahu larangan Tuhan ini? Padahal setiap raja harusnya tahu.
Ulangan 17:18-19 (TB)  Apabila ia duduk di atas takhta kerajaan, maka haruslah ia menyuruh menulis baginya salinan hukum ini menurut kitab yang ada pada imam-imam orang Lewi.
Itulah yang harus ada di sampingnya dan haruslah ia membacanya seumur hidupnya untuk belajar takut akan TUHAN, Allahnya, dengan berpegang pada segala isi hukum dan ketetapan ini untuk dilakukannya,

Pantas saja di Amsal dikatakan :
Amsal 9:10 (TB)  Permulaan hikmat adalah takut akan TUHAN, dan mengenal Yang Mahakudus adalah pengertian.
Betapa pentingnya memiliki hati yang takut akan Tuhan, bahkan melebihi hikmat dan pengertian akan segala sesuatu. Reminder untukku benar-benar hidup takut akan Tuhan dan mengajarkan anak-anak kami takut akan Tuhan. Kalau untuk pendidikan dan kebutuhan anak saja aku memikirkan sedemikian rupa, harusnya lebih lagi dalam membawanya dalam pengenalan dan takut akan Tuhan.

Aplication
✔ Jadi ingat kalau orang Israel diminta menceritakan tentang apa yang diperbuat Tuhan kepada anak-anaknya. Setiap hari aku harus menyediakan waktu untuk baca Alkitab untuk anak-anak.

Prayer
Tuhan, berikan kami hati yang takut akan Engkau dan rindu mengenal Engkau. Amin.

2 Tawarikh 2

Scripture       
2 Tawarikh 2:13 (TB)  Maka sekarang aku mengirim seorang ahli, yang penuh pengertian, yakni Huram Abi, 

Observation
Di ayat ini bicara tentang Huram Abi seseorang yang ahli yang penuh pengertian. Di sekolah anak belajar banyak hal dan dituntut mendapat nilai bagus dalam semua pelajaran. Aku harus ingat kalau bukan nilai yang penting tapi bagaimana anak mengerti untuk apa dia mempelajari sesuatu dan bagaimana menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari bahkan menjadi ahli.

Aplication
✔ Aku mau ngobrol lagi sama suami tentang visi kami mengenai pendidikan anak-anak.

Prayer
Tuhan, inilah anak-anak kami. Berikan kami hikmat dan hati yang takut akan Tuhan supaya kehendak Tuhan yang jadi dalam kehidupan mereka. Amin.
Gratitude Journal 
1 Desember 2019 

1. Bersyukur dah bulan Desember. Yay! Bulan favorit sepanjang tahun. 
2. Bersyukur hari ini bisa ikut Natal Batak, lama banget bo dari jam 3 siang sampai jam 9. Puji Tuhan bocah ga terlalu rewel, diajak jalan-jalan mau.
3. Bersyukur hari ini suami yang nemenin bocah-bocah Sekolah Minggu, jadi aku bisa dengar khotbah. 
4. Bersyukur hari ini gajian dan langsung buat bayar kredit rumah. 
5. Bersyukur dapat promo naik Grab. Jadi cuma bayar 2 ribu. 

Palangka Raya, 1 Desember 2019
-Mega Menulis-

2 Tawarikh 5-6

2 Tawarikh 6

Scripture       
2 Tawarikh 6:14 (TB)  sambil berkata: "Ya TUHAN, Allah Israel! Tidak ada Allah seperti Engkau di langit dan di bumi; Engkau yang memelihara perjanjian dan kasih setia kepada hamba-hamba-Mu yang dengan segenap hatinya hidup di hadapan-Mu;

2 Tawarikh 6:14 (FAYH)  "Ya TUHAN, Allah Israel, sesungguhnya tidak ada allah yang seperti Engkau, di langit maupun di bumi! Engkau pengasih serta penyayang dan setia kepada janji-janji-Mu yang menyatakan kemurahan-Mu itu, apabila umat-Mu setia melakukan kehendak-Mu.

Observation
Awalnya aku merasa mendapatkan rhema tentang Allah yang setia dan memegang perjanjianNya. Lalu saat baca ayat ini berulang kali, aku diingatkan tentang bagian umat Tuhan yaitu setia melakukan kehendak Tuhan.

Terkadang manusia hanya mengingat apa yang sudah dijanjikan Tuhan, tapi tidak mau melakukan bagiannya dengan setia. Saat gak menerima apa yang dijanjikan Tuhan lalu menuntut macam-macam dan mengeluh sama Tuhan, padahal tetap ada bagian yang harus saya kerjakan. Jangan mentang-mentang Allah setia lalu berlaku seenaknya dan hak menghormati Tuhan. 

Aplication
✔️ Aku harus melakukan kehendak Tuhan. Bukan sekedar supaya menerima apa yang dijanjikan Tuhan, tapi karena bagianku adalah menaati Dia pemilik hidupku. 

Prayer
Tuhan, ajari aku untuk taat dalam segala hal ke Tuhan.Aku mau menaati Tuhan dengan segenap hati. Amin.

2 Tawarikh 5

Scripture       
2 Tawarikh 5:14 (TB)  sehingga imam-imam itu tidak tahan berdiri untuk menyelenggarakan kebaktian oleh karena awan itu, sebab kemuliaan TUHAN memenuhi rumah Allah. 

Observation
Saat Tuhan hadir dan kemuliaanNya memenuhi baitNya, tidak ada yang tahan menghadapiNya. Di sini aku diingatkan betapa kudus-Nya Tuhan dan kita harus menghormati hadiratNya. Seringkali aku lupa menghormati hadirat Tuhan, saat aku berdoa pun aku asal-asalan dengan posisiku, atau sikap hatiku gak benar di hadapannya, gak jarang aku datang dengan segala dosa dan pelanggaranku. Padahal, kalau aku berkomunikasi dengan Tuhan berarti aku mengharapkan Tuhan hadir dan menjawabku, masakan aku asal-asalan. 

Aplication
✔️ Aku perlu berdisiplin mengakui dosa di hadapan Tuhan, supaya aku dibenarkan saat menghadap Tuhan. 
✔️ Sekiranya aku menyimpan kebencian pada orang lain, aku harus mengampuni lebih dahulu sebelum menghadap Tuhan. 
✔️ Datang kepada Tuhan dengan rasa hormat dan sikap hati yang benar. 

Prayer
Tuhan, ampuni aku kalau aku sering gak menghormati Tuhan saat datang kepada Tuhan. Ajar aku lebih menghargai hadiratMu ya Tuhan. Amin.
Gratitude Journal
3 Desember 2019

1. Bersyukur hari ini bisa belanja keperluan Parade Natal, pesan spanduk, makanan, dll.
2. Bersyukur suamiku bersihkan kamar mandi hari ini sampai kinclong banget 🤭
3. Bersyukur untuk kecukupan dana mengikuti Parade Natal. Bersyukur walaupun kami yang Kristen sedikit tapi masih mau mengikuti kegiatan ini. Bersyukur buat teman-teman yang walaupun banyak pekerjaan masih mau terlibat.
4. Bersyukur pulang kerja masih ada tenaga buat cuci pakaian.
5. Bersyukur malam ajak Sara dan Sofi naik motor tanpa papanya dan mereka gak rewel.

Palangka Raya, 3 Desember 2019
-Mega Menulis-

Saturday, November 30, 2019

1 Tesalonika 5 & 2 Tesalonika 1

1 Tesalonika 

Scripture       
1 Tesalonika 5:18 (TB)  Mengucap syukurlah *dalam segala hal*, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu.

Observation
Menulis Gratitude Journal membuatku bersyukur saat terjadi hal baik dalam keseharianku, lalu membuat aku terus berterima kasih untuk setiap berkat Tuhan yang mungkin selama ini aku anggap biasa. Ayat di atas mengingatkanku untuk bersyukur dalam segala hal,ini berarti saat kesedihan melanda, saat sepertinya yang terjadi buruk, waktu hariku sepertinya ga ada yang istimewa, Tuhan mau aku bersyukur dalam keadaan tersebut. Selalu ada alasan untuk berkata, "Terima kasih Tuhan". 

Aplication
✔️ Aku mau terus bersyukur dalam segala hal. 

Prayer
Terima kasih Tuhan karena selalu saja ada alasan untuk bersyukur. Terima kasih karena Tuhan jadikan aku sebagaimana aku ada sekarang. Amin.

2 Tesalonika 1 

Scripture       
2 Tesalonika 1:11 (TB)  Karena itu kami senantiasa berdoa juga untuk kamu, supaya Allah kita menganggap kamu layak bagi panggilan-Nya dan dengan kekuatan-Nya menyempurnakan kehendakmu untuk berbuat baik dan menyempurnakan segala pekerjaan imanmu, 

Observation
Hari ini teringat seorang teman  pelayanan bareng semasa kuliah yang berulang tahun hari ini. Sudah lama gak berkirim kabar dan gak tahu apa pergumulannya sekarang tapi aku mendoakan dia seperti ayat ini.

Gratitude Journal
29 November 2019

1. Bersyukur hari ini bisa bayar cicilan hutang koperasi yang terakhir. Yay! Lunas! Hahahaha.
2. Bersyukur hari ini ulang tahun teman pelayananku dulu, aku berdoa buat dia dan wa ngucapin selamat ultah.
3. Bersyukur tadi siang pas kesel sama suami, trus dicium dan digodain sama suami, jadi keselnya sebentar aja.
4. Bersyukur karena di saat teman-teman lain cuti, aku nggak, hahaha. Awalnya sempat mengasihani diri karena gak bisa cuti, tapi aku emang terpaksa alihkan sisa cuti tahun ini karena rencananya ada saudara nikah tahun depan. Toh pikirku, ga ada juga rencana ke luar kota. Tapi setelah kupikir lagi, ternyata dengan aku gak cuti jadi berkat buat teman-teman satu bidangku, mereka bisa cuti. Bosku gak mau kalau semua cuti, harus ada yang stay. Emang teman-temanku hepi banget bisa cuti, sampai-sampai surat cuti yang ditandatangani dishare di status WA. Terkadang bersyukur ternyata bukan hanya karena hal baik terjadi pada kita, tapi juga pada orang lain.

Palangka Raya, 29 November 2019
-Mega Menulis-

Friday, November 29, 2019

1 Tesalonika 4

1 Tesalonika 4

Scripture       
1 Tesalonika 4:7 (TB)  Allah memanggil kita bukan untuk melakukan apa yang cemar, melainkan apa yang kudus. 

1 Tesalonika 4:7 (FAYH)  Karena Allah tidak memanggil kita untuk berhati kotor dan penuh hawa nafsu, tetapi untuk menjadi suci dan bersih.

Observation
Melakukan apa yang kudus bukan tentang gak melakukan dosa zinah/ mencuri/ bohong. Hari ini aku diingatkan untuk jaga diri terhadap hawa nafsu, terutama nafsu makan.

Aplication
- Stop makan mie instant sampai akhir tahun
- So far target ngurangin berat 5 kg tahun ini belum tercapai, baru kurang 2 kg. Fighting Meg!

Prayer
Tuhan, ajar aku menghormati Tuhan melalui apa yang aku makan. Amin.

Gratitude Journal
28 November 2019

1. Bersyukur pagi ini bangun sempat buat gado-gado. Kukus wortel dan kentang, rebus sawi dan telur, goreng tempe dan tahu. Huaaa... Untung gak telat ngantor. Lumayan rasanya.
2. Bersyukur sudah selesai proses pembelian reksadana di aplikasi Bibit.
3. Bersyukur dikasih tahu bakso sama Fani.
4. Bersyukur timeline untuk tahun 2020 selesai.
5. Bersyukur bisa dengar stand up comedybyang lucu banget buat hiburan.

Palangka Raya, 28 November 2019
-Mega Menulis-

1 Tesalonika 1-2

1 Tesalonika 1

1 Tesalonika 1:2-3 (TB)  Kami selalu mengucap syukur kepada Allah karena kamu semua dan menyebut kamu dalam doa kami. 
Sebab kami selalu mengingat pekerjaan imanmu, usaha kasihmu dan ketekunan pengharapanmu kepada Tuhan kita Yesus Kristus di hadapan Allah dan Bapa kita.

Observation & Aplication 
Baca ayat ini jadi berpikir, saat seseorang berdoa buatku, apakah yang diingatnya? Menurutku luar biasa saat Paulus berdoa bagi jemaat Tesalonika yang diingatnya adalah pekerjaan iman, usaha kasih dan ketekunan pengharapan kepada Tuhan. Bener-bener teladan banget kan jemaat di Tesalonika ini. Aku gak tahu apa yang diingat seseorang saat mengingatku tapi aku mau mengerjakan dengan sungguh keselamatan yang Tuhan beri dan mengasihi lebih sungguh.

1 Tesalonika 2

Scripture       
1 Tesalonika 2:2 (TB)  Tetapi sungguhpun kami sebelumnya, seperti kamu tahu, telah dianiaya dan dihina di Filipi, namun dengan pertolongan Allah kita, kami beroleh keberanian untuk memberitakan Injil Allah kepada kamu dalam perjuangan yang berat.  

Observation
Paulus dkk dianiaya sebelum memberitakan Injil Allah kepada jemaat Tesalonika, ternyata jemaat Tesalonika menjadi teladan dalam penderitaan mereka. Dalam pasal 1 dikatakan demikian :
1 Tesalonika 1:6 (TB)  Dan kamu telah menjadi penurut kami dan penurut Tuhan; dalam penindasan yang berat kamu telah menerima firman itu dengan sukacita yang dikerjakan oleh Roh Kudus,

Menakjubkan banget pasti buat Paulus karena dia boleh melihat penderitaannya ternyata berbuah manis. Perjuangannya gak sia-sia, jemaat Tesalonika menjadi jemaat yang menerima penderitaan dengan sukacita seperti dirinya. Aku jadi mikir, terkadang Tuhan izinkan penderitaan mengerjakan kesaksian yang luar biasa dalam hidup seseorang dan menginspirasi banyak orang, seperti yang Paulus alami.

Aplication
✔ Aku mau bersukacita saat mengalami masalah dan menjadi saksi kebaikan dan kemurahan Tuhan.

Prayer 
Tuhan, tolonglah supaya aku tetap mempercayai Tuhan sepenuhnya dalam segala keadaan dan orang lain bisa melihat karya Tuhan dalam apa yang aku alami. Amin.

Gratitude Journal
27 November 2019

1. Bersyukur sebelum berangkat ke kantor bisa ngobrol asyik sama suami, sampai-sampai hampir telat ke kantor. Ngobrol tentang tujuan keuangan kami dalam jangka wakti dekat dan cara mencapainya.
2. Bersyukur siang diundang makan siang tanteku dan ngobrol sama keluarga yang lama gak ketemu. Pulangnya dibungkusin sayur lagi.
3. Bersyukur kantorku hari ini sudah daftar untuk ikut Parade Natal tanggal 4 Desember nanti.
4. Bersyukur tanteku yang cuci darah semangat menjalani cuci darahnya keadaannya mulai membaik.
5. Bersyukur ketemu jualan pisang goreng yang enak banget. Kami serumahan suka.

Palangka Raya, 27 November 2019
-Mega Menulis-

Wednesday, November 27, 2019

Amos 5-6

Amos 5

Scripture       
Amos 5:14 (TB)  Carilah yang baik dan jangan yang jahat, supaya kamu hidup; dengan demikian TUHAN, Allah semesta alam, akan menyertai kamu, seperti yang kamu katakan. 

Observation
Saat berkata Tuhan menyertai kita, maka konsekuensinya adalah harus mencari yang baik dalam hidup, bukan yang jahat. Apa saja yang baik itu? 
Yang menyenangkan hati Tuhan.
Bukan sekedar dosa gak dosa, tapi apakah ini menyenangkan Tuhan? Apakah aku mencari dan memilih yang menyenangkan Tuhan setiap hari? Atau jangan-jangan aku mencari kesenanganku sendiri? 

Aplication
✔️ Saat akan melakukan sesuatu aku perlu bertanya sama Tuhan, apakah ini menyenangkan Tuhan? Kalau iya, lakukan. 

Prayer
Tuhan, hari ini aku mau menyenangkanMu. Amin.

Amos 6

Scripture       
Amos 6:1 (TB)  "Celaka atas orang-orang yang merasa aman di Sion, atas orang-orang yang merasa tenteram di gunung Samaria, atas orang-orang terkemuka dari bangsa yang utama, orang-orang yang kepada mereka kaum Israel biasa datang! 

Observation
Perikop ini berjudul rasa tenteram yang palsu. Kapan aku merasa tenteram? Saat aku punya uang banyak? Saat anak-anakku bersikap manis? Saat suamiku mengisi love tankku? Aku diingatkan kalau rasa tenteram yang sejati hanya datang dari Tuhan dan hidup di dalam kehendakNya. Bukan dari yang lain. Kalau aku gak hidup dalam ketaatan pada Tuhan, aku gak akan pernah merasakan ketenteraman sejati.


Gratitude Journal
24 November 2019

1. Bersyukur bisa jalan pagi sekeluarga di Bundaran Besar. Aku bawa bekal buat sarapan di sana, senangnya bocah-bocah makan banyak.
2. Bersyukur hari ini bisa nyelesaikan setrikaan segabang.
3. Bersyukur bisa nonton bareng suami di rumah.
4. Bersyukur pas malam aku goreng ikan nila, bocah-bocah suka dan ngabisin hampir semua ikan yang aku goreng.
5. Hari ini di beberpa tempat di Kalteng mati listrik secara bergilir karena ada kerusakan, puji Tuhan di tempat kami nggak mati listrik.

Palangka Raya, 24 November 2019
-Mega Menulis-

Amos 7-8

Amos 7

Scripture       
Amos 7:10 (TB)  Lalu Amazia, imam di Betel, menyuruh orang menghadap Yerobeam, raja Israel, dengan pesan: "Amos telah mengadakan persepakatan melawan tuanku di tengah-tengah kaum Israel; negeri ini tidak dapat lagi menahan segala perkataannya. 

Observation
Amos menyampaikan perkataan Tuhan tapi banyak orang tidak terima dan malahan mengusir dia, tidakkah mereka tahu kalau itu teguran Tuhan? Amos hanya perantara! Aku harus meresponi teguran dengan benar,  bukannya marah seperti yang dilakukan Israel. Respon yang benar terhadap teguran adalah :
- Berterima kasih kepada yang menegur
- Minta ampun
- Tidak mengulangi lagi kesalahan tersebut

Aplication
✔️ Aku mau meresponi teguran dengan benar

Prayer
Tuhan, berikanku hati yang lembut dan mau menerima setiap teguran. Amin

Amos 8

Scripture       
Amos 8:11-12 (TB)  "Sesungguhnya, waktu akan datang," demikianlah firman Tuhan ALLAH, "Aku akan mengirimkan kelaparan ke negeri ini, bukan kelaparan akan makanan dan bukan kehausan akan air, melainkan akan mendengarkan firman TUHAN. 
Mereka akan mengembara dari laut ke laut dan menjelajah dari utara ke timur untuk mencari firman TUHAN, tetapi tidak mendapatnya. 

Observation
Duh, seram banget baca bagian ini. Haus dan lapar akan firman Tuhan tapi saat mencari gak pernah mendapat. Ini kebalikan dengan ucapan bahagia:Matius 5:6 (TB)  Berbahagialah orang yang lapar dan haus akan kebenaran, karena mereka akan dipuaskan. Gak terbayang kalau gak bisa baca firman Tuhan setiap hari seperti sekarang atau gak punya akses untuk baca firman seperti orang yang tertindas karena imannya. Jatuh-jatuhnya jadi bersyukur sudah diberi kemudahan dan merasa bersalah karena seringkali gak prioritaskan baca firman Tuhan setiap pagi. 

Aplication
✔️ Aku mau punya hati yang haus dan lapar akan firman Tuhan setiap hari dan dipuaskan oelh firmanNya. 

Prayer
Tuhan, setiap hari aku mau lapar akan firmanMu dan dipuaskan oleh firmanMu. Amin.

Gratitude Journal
25 November 2019

1. Bersyukur hari ini bocah-bocah asyik banget makannya.
2. Bersyukur pagi ini ada acara perayaan kenaikan pangkat Kepala kami, jadi pagi sarapan gratis. Huahahaha.
3. Bersyukur sore bisa rame-rame makan gorengan di kantor.
4. Bersyukur setiap hari selalu dikiss sama suami 🥰
5. Bersyukur ada kerjaan yang aku kira bakal la dikerjain, ternyata pas aku cek di aplikasi, bisa narik data yang aku inginkan, kerjaan cepat selesai deh.
6. Bersyukur lihat ekspresi Sofia setelah diikat rambutnya dan difoto hari ini, lucu banget.
7. Bersyukur melihat Sara dan Sofia digensong barengan sama papanya mereka kelihatan bahagia banget. 

Palangka Raya, 25 November 2019
-Mega Menulis-

Amos 9 & Obaja 1







Amos 9

Scripture       
Amos 9:15 (TB)  Maka Aku akan menanam mereka di tanah mereka, dan mereka tidak akan dicabut lagi dari tanah yang telah Kuberikan kepada mereka," firman TUHAN, Allahmu. 

Observation
Bangsa Israel menerima tanah perjanjian tapi karena dosa mereka, Tuhan menghukum dan mereka diangkut dari tanah perjanjian tersebut. Kebayang ga sih, setelah menerima apa yang dijanjikan eh harus melepasnya lagi. Itu sakit banget kan? 

Sewaktu pindah ke BNN, gak terbayangkan kalau akan ada wacana pembubaran. Ada wacana dari komisi 3 sewaktu RDP semingguan lalu. Sempat aku yang dag dig dug gitu tapi setelah baca pasal ini aku berpikir, apa yang dijanjikan Tuhan pasti akan kuterima kalau itu memang bagianku. Aku gak perlu kuatir. 

Aplication
✔️ Aku mau tetap bekerja dan melakukan yang terbaik di manapun Tuhan 'tanam' aku. 

Prayer
Tuhan, terima kasih karena Tuhan beri kelegaaan dan buat aku fokus lagi untuk melakukan yang terbaik dan menerima yang terbaik dari Tuhan. Amin.

Obaja 1 

Scripture       
Obaja 1:12 (TB)  Janganlah memandang rendah saudaramu, pada hari kemalangannya, dan janganlah bersukacita atas keturunan Yehuda pada hari kebinasaannya; dan janganlah membual pada hari kesusahannya. 

Observation & Aplication 
Waktu membaca ini, aku teringat seorang saudara seiman yang bikin kesal, kelakuannya emang amit-amit. Sampai-sampai aku berpikir kalau ni orang pas kena batunya rasain deh, bodo amat deh, gak bakal ada yang bantuin. Sudah dikasih tahu tapi gak mau dengar, apaan tuh. Rasakan sendiri ntar. 

Tapi Tuhan bilang gak boleh bersukacita karena kebinasaan orang lain atau memandang rendah dia pada hari kemalangannya. Tuhan ingin aku tetap mengasihi saat orang lain gak punya kasih. Tuhan ingin aku berempati, bersukacita dengan orang yang bersukacita dan berduka cita dengan mereka yang berduka. 

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk mengasihi orang ini apapun yang terjadi. Ajar aku mengasihi dan berempati, bukan bersukacita melihat kemalangannya. Amin.


Gratitude Journal
26 November 2019

1. Bersyukur pagi-pagi dapat blessing pizza si kantor.
2. Bersyukur hari ini pulang kantor bisa mencuci pakaian sebelum mengantar suamiku ke dokter. Aku baru sadar selama ini gak pernah bersyukur karena inhaler suami ditanggung BPJS, padahal tiap 2 bulan suami bisa ambil inhalernya di dokter keluarga. 
3. Bersyukur pulang dari dokter bisa ke pasar malam dan belanja beberapa jenis sayur, ketemu pete kesukaan suami.
4. Bersyukur bisa nyobain beli reksadana di aplikasi Bibit. Gak banyak sih, tapi tetap aja senang banget karena itu menyisihkan dari bulanan. Rencananya untuk tabungan pendidikan anak.
5. Bersyukur sebelum tidur bisa sharing sama suami dan planning beberapa hal bareng.

Palangka Raya, 26 November 2019
-Mega Menulis-

Sunday, November 24, 2019

Amos 3 - 4

Amos 3

Scripture       
Amos 3:3 (TB)  Berjalankah dua orang bersama-sama, jika mereka belum berjanji? 

Amos 3:3 (FAYH)  Apakah dua orang dapat berjalan seiring kalau tidak sehati? (Mana mungkin kita berjalan bersama-sama kalau dosamu menjadi ganjalan di antara kita?)

Observation
Pengennya jalan bareng tanpa janjian, gimana caranya? Susah dong ya. Jadi, komunikasi terus menerus itu penting. Gak boleh sok tahu, bahkan sekalipun sudah lama hidup bersama. Ada kejadian di mana aku dan suami kurang komunikasi sehingga aku berkali-kali melakukan apa yang aku kira akan menyenangkan suami padahal suami ingin yang lain. Konyol sih. Hanya karena kurang komunikasi. Sejak itu aku gak mau lagi sok tahu, mending tanya saja dulu. Mending dikomunikasikan. 

Aplication
✔️ Aku mau selalu ambil waktu ngobrol sama suami setiap hari, malam setelah the girls tidur.

Amos 4

Scripture       
Amos 4:11 (TB)  "Aku telah menjungkirbalikkan kota-kota di antara kamu, seperti Allah menjungkirbalikkan Sodom dan Gomora, sehingga kamu menjadi seperti puntung yang ditarik dari kebakaran, namun kamu tidak berbalik kepada-Ku," demikianlah firman TUHAN. 

Observation
Duh. Orang Israel ni ya, berkali-kali Tuhan kasih peringatan malah gak mau berobat. Aku gak mau seperti orang Israel yang saat Tuhan tegur bukannya berbalik ke Tuhan malahan semakin jahat. 

Aplication
✔️ Saat Tuhan tegur, aku harus segera minta ampun dan bertobat. Jangan biarkan telingaku menebal terhadap teguran. 

Prayer
Tuhan, lembutkanlah hatiku supaya mampu meneriman teguran dengan sukacita dan gak menunda pertobatan. Amin.
Gratitude Journal
23 November 2019 

1. Bersyukur berdua suami bangun subuh jadi bisa quality time dan ngobrol tanpa the girls. 
2. Bersyukur bisa dapat kupon jalan sehat untuk besok. 
3. Bersyukur pas main ke rumah mamaku, ada adekku yang yang pulang dari lapangan. 
4. Bersyukur sore ada Pesta Ceria Anak dan tbe girls bisa ikut. Di sana juga ketemu teman lama waktu aku kerja di Kasongan. 
5. Bersyukur pas pulang kami gak kehujanan. Sesampainya kami di rumah baru hujan.

Palangka Raya, 23 November 2019
-Mega Menulis-

Amos 1

Amos 1 

Scripture       
Amos 1:1 (TB)  Perkataan yang dinyatakan kepada *Amos, salah seorang peternak domba* dari Tekoa, tentang Israel pada zaman Uzia, raja Yehuda, dan dalam zaman Yerobeam, anak Yoas, raja Israel, dua tahun sebelum gempa bumi.

Observation
Amos yang peternak domba pun dipakai Tuhan untuk menyatakan isi hatiNya. Tuhan bisa pakai siapa pun yang Dia mau. Kalau hari ini Tuhan pakai aku, apakah aku bersedia? Aku agak malas mendengar kalau aku akan ditunjuk menjadi ketua panitia Natal di kantor. Duh, kalau bisa mending orang lain aja. Waktunya mepet, persiapan minim, dana gak ada. Ini berasa beban mengingat banyak orang yang gak mau. Tapi aku mau belajar melakukan pelayanan ini dengan segenap hati kalau Tuhan benar pakai aku. Biarlah nama Tuhan saja yang dimuliakan. 

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk bersungguh-sungguh melakukan yang terbaik dan bersukacita saat benar ditunjuk. Amin.
Gratitude Journal 
22 November 2019 

1. Bersyukur pagi ini bisa ikut senam di kantor, segar banget rasanya habis senam dan keringatan. Bersyukur karena 'dipaksa' olahraga tiap Jumat.
2. Bersyukur the girls sekarang bangunnya pagi banget, jam 5an gitu dah bangun , jadi siang mereka tidur siang,malam sebelum jam 9 susah tidur. Yay!
3. Bersyukur siang dapat blessing lauk dan sayur dari sepupuku.
4. Bersyukur Sofia pas makan malam mau makan  bener, soale pagi dan siang makan cuma beberapa suap.
5. Bersyukur hari ini bisa bayar kredit emas dan beli beberapa baju buat Sara.

Palangka Raya, 22 November 2019
-Mega Menulis-

Matius 4

Matius 4:1 - 11 Scripture Matius 4:7 (TB)  Yesus berkata kepadanya: "Ada pula tertulis: Janganlah engkau mencobai Tuhan, Allahmu!"...