.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Thursday, January 31, 2019

Mazmur 31, Amsal 31

Mazmur 31

Scripture      
Mazmur 31:22 (TB)  (31-23) Aku menyangka dalam kebingunganku: "Aku telah terbuang dari hadapan mata-Mu." Tetapi sesungguhnya Engkau mendengarkan suara permohonanku, ketika aku berteriak kepada-Mu minta tolong.

Observation
Aku sering menyangka begini begitu dan berpikiran negatif pada situasi yang aku alami, ayat ini mengingatkanku untuk terus mempercayai Tuhan. Stop berpikiran negatif, tapi pikirkan seperti yang dikatakan firman Tuhan di Filipi 4:8. Hari ini sebenarnya kami dapat surat untuk ke Jakarta tanggal 6-8 nanti, di situ tertulis yang diminta pergi Kabag dan Kasubag. Aku seharusnya pergi, tapi bosku malah meminta stafku yang pergi dengannya karena dia yang mengerjakan laporan yang diminta pusat (aku jujur bilang, bukan aku yang mengerjakan, karena tugasku mengkoreksi, bukan mengerjakan laporannya). Aku sempat berpikiran negatif bosku pikir aku gak mengerti tentang pelaporan tersebut, tapi ya sudahlah. Baca ayat ini aku mikir yang manis-manis aja. Bersyukur gak perlu ninggalin keluarga 3 hari ke luar kota, bersyukur gak pergi karena pasti repot misalkan aku bawa Sara/Sofi,  bersyukur karena sekarang bukan aku yang harus capek mengerjakan laporan dari awal (dulu sih aku ngerjain ginian, sekarang tinggal koreksi),  bersyukur punya staf yang bisa diandalkan.  Yes, dalam segala sesuatu Tuhan mengerjakan kebaikan sekali pun kadang aku gak melihat.

Aplication
✔️  Jaga hati dan gak berpikiran negatif lagi.

Prayer
Tuhan, terima kasih buat apa yang terjadi hari ini. Aku bersyukur dimampukan berpikiran yang positif. Terima kasih Tuhanku. Amin.

Amsal 31

Scripture      
Amsal 31:13 (TB)  Ia mencari bulu domba dan rami, dan senang bekerja dengan tangannya.

Observation
Istri yang cakap SENANG BEKERJA DENGAN TANGANNYA. Istri yang cakap gak sekedar bekerja dan menyelesaikan pekerjaannya dengan baik tapi dia bersukacita mengerjakannya, dia gak menganggap pekerjaannya beban. Tadi siang aku keceplosan saat ngobrol dengan suami dan aku merasa bersalah banget, aku gak tahu suamiku merasakan itu apa ngga. Jadi, aku cerita ke suami, ada teman kantorku yang punya art mengerjakan semua pekerjaan rumahnya dari ke pasar buat belanja, masak, beres-beres rumah, mencuci, menyetrika, jagain anak, jemput anak, dll. Pantesan aja dia tenang di kantor gak mikir kerjaan rumah. Sementara aku? Aku mau juga lah kalau ada duit kayak gitu,  gitu kubilang. Suamiku diam aja sih, tapi sekarang aku baru mikir. Kok aku ngomong gitu ya, sepertinya aku gak menikmati pekerjaan rumah tangga selama ini. Sepertinya beban gitu. Padahal nggak juga tuh, aku senang waktu masak dan keluargaku makan dengan semangat pake nambah, aku senang waktu liat dapur kinclong walaupun cape. Ada kalanya emang aku capek dan malas-malasan mengerjakannya. Tapi, seharusnya aku gak anggap kerjaanku beban, tetap bersukacita karena gak semua orang mendapatkan kesempatan melayani keluarga seperti aku.

Aplication
✔️ Aku mau mengerjakan pekerjaan rumah dengan sukacita.
✔️ Aku gak mau sembarangan ngeluh.

Prayer
Tuhan, ampuni aku karena masih sering ngeluh dan gak bersukacita sewaktu mengerjakan pekerjaan rumah. Mampukan aku bersukacita ya TUHAN. Amin.

Palangka Raya, 31 Januari 2019
-Mega Menulis-

Mazmur 30, Amsal 30

Amsal 30

Scripture      
Amsal 30:11 (TB)  Ada keturunan yang mengutuki ayahnya dan tidak memberkati ibunya.

Observation
Jujur aja sejak menikah, aku lebih banyak memikirkan suami dan anak-anak. Waktu habis untuk mereka,  uang pun untuk keperluan keluarga. Sering terlupakan untuk blessing mamaku.

Aplication
✔️ Paling gak dua minggu sekali main ke rumah mamah seharian.
✔️ Blessing mama dengan apa yang aku punya,  misal masakanku.

Prayer
Tuhan, aku mau memberkati mamahku. Tolong aku untuk gak melupakan mamaku sekali pun sudah berkeluarga. Berikan aku kemampuan untuk memberkati mamaku dengan apa yang aku punya. Amin.

Mazmur 30

Scripture      
Mazmur 30:11 (TB)  (30-12) Aku yang meratap telah Kauubah menjadi orang yang menari-nari, kain kabungku telah Kaubuka, pinggangku Kauikat dengan sukacita,

Observation
Tuhanku adalah Allah yang memberikan suka seimbang dengan suka. Yang gak selama-lamanya membiarkanku berjalan dalam kegelapan. Ratapku pun Dia gantikan dengan tari-tarian. Bersyukur suka dan duka diberiNya seimbang, gak terbayangkan kalau hidupku hanya ada kesenangan, mungkin aku lupa berempati kepada orang lain dan lupa bersyukur karena berkatNya menjadi hal yang biasa. Gak terbayangkan juga kalau hidupku isinya hanya duka, mungkin aku berhenti berpengharapan.

Aplication
✔️ Bersyukur untuk suka suka yang seimbang. Tuhan adil dalam segala jalanNya.

Prayer
Terima kasih Tuhan buat suka duka yang boleh ada dalam hidupku,semuanya Tuhan berikan dan menjadikanku sebagaimana adanya aku sekarang. Aku bersyukur buat penyertaan Tuhan dalam segala musim yang aku alami. Aku merasakan kehadiran dan pertolonganMu. Terima kasih Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 30 Januari 2019
-Mega Menulis-

Tuesday, January 29, 2019

Mazmur 29, Amsal 29

Amsal 29

Scripture      
Amsal 29:4 (TB)  Dengan keadilan seorang raja menegakkan negerinya, tetapi orang yang memungut banyak pajak meruntuhkannya.

Observation
Baca ayat ini teringat Presiden Jokowi, pembencinya dan lawan politiknya yang menggunakan berbagai cara untuk menjatuhkannya padahal bersikal adil itu susahnya luar biasa. Paling jengkel saat orang mengeluhkan harga yang mahal saat ini lalu berkata kalau si X yang memimpin maka harga akan diturunkan karena si X sudah berjanji demikian. Padahal aku pernah dengar seorang mahasiswa bercerita harga kol sekarung di kampungnya (ortunya petani) hanya Rp. 4000, lalu harga tomat hanya Rp. 400 sekilo, astaggggaaa.... Ngebayangin jadi petani, nyesek banget kan ya? Mau harga turun (atau nyungsep) sampai gimana lagi.

Aplication
✔️ Kalau hanya memikirkan diri sendiri rasanya susah lah untuk adil, pasti memikirkan untuk diri sendiri. Tapi untuk bersikap adil harus memikirkan dari berbagai aspek dan sudut pandang.
✔️ Berdoa untuk pemimpin di negeri ini agar bersikap adil dan gak hanya memikirkan pribadi dan golongan.

Prayer
Tuhan, ajari aku bersikap adil dan gak mementingkan diri sendiri. Berikan hikmat pada para pemimpin di Indonesia untuk bersikap adil. Amin.

Mazmur 29

Scripture      
Mazmur 29:11 (TB)  TUHAN kiranya memberikan kekuatan kepada umat-Nya, TUHAN kiranya memberkati umat-Nya dengan sejahtera!

Observation
Kekuatan dan kesejahteraan dari Tuhan bagi setiap umatNya. Aminnnn....
Setiap saat, setiap hari, aku butuh kekuatan dan kesejahteraan yang dari Tuhan. Bukan kekuatanku sendiri. Bukan kekayaan, karena kesejahteraan beda dengan kekayaan. Bisa saja aku diberi kekayaan tapi gak merasakan sejahtera, masih merasakan kekurangan. Kekuatan dan kesejahteraan yang dari Tuhan cukup bagiku. Bagaimana pun keadaanku sekarang, kekuatanNya sempurna di dalamku, aku hidup dalam kasih karuniaNya.

Aplication
✔️ Bersyukur buat kekuatan dari Tuhan menjalani setiap hari dalam hidupku.
✔️ Bersyukur buat hikmat yang Tuhan berikan sehingga aku tetap merasakan kecukupan bahkan berkelimpahan setiap hari.

Prayer
Tuhan, aku bersyukur buat kekuatan dan kesejahteraan dari Tuhan yang boleh aku rasakan setiap hari. Terima kasih Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 29 Januari 2019
-Mega Menulis-

Mazmur 28, Amsal 28

Mazmur 28

Scripture      
Mazmur 28:5 (TB)  Karena mereka tidak mengindahkan pekerjaan TUHAN dan perbuatan tangan-Nya; Ia akan menjatuhkan mereka dan tidak membangunkan mereka lagi.

Observation
Tidak mengindahkan pekerjaan Tuhan bisa berarti :
✔️ Tidak melihat pekerjaan Tuhan
✔️ Tidak menyadari perbuatan tangan Tuhan
✔️ Tidak bersyukur
✔️ Menganggap biasa pekerjaan Tuhan, bukan sesuatu yang luar biasa
Aku termasuk yang mana?

Aplication
✔️ Aku mau bersyukur buat pekerjaan tangan Tuhan setiap harinya. Gak mau lagi menganggap biasa-biasa aja pekerjaan tangan Tuhan. Gak ada yang biasa kalau aku menyadari ada Tuhan dalam setiap hal.

Prayer
Tuhan, aku mau bersyukur kepadaMu di setiap waktuku sebab kasihMu hebat atasku. Amin.

Amsal 28

Scripture      
Amsal 28:20 (TB)  Orang yang dapat dipercaya mendapat banyak berkat, tetapi orang yang ingin cepat menjadi kaya, tidak akan luput dari hukuman.

Observation
Bagaimana menjadi orang yang dapat dipercaya?
👉 Punya integritas
Ada kesesuain antara pikiran, perkataan, perbuatan dan apa yang diyakini. Selama ini sudahkah aku dapat dipercaya? Ada kalanya aku  mengerjakan sesuatu dengan sembarangan dan gak berikan yang terbaik, padahal aku ingin mengerjakan segala sesuatu dengan segenap hati seperti untuk Tuhan. Kalau aku kerjanya ngasal, berarti aku gak berintegritas 

Aplication
✔️ Aku mau elakukan yang terbaik saat melakukan sesuatu, gak asal ngerjain.

Prayer
Tuhan, aku mau menjadi orang yang bisa dipercaya, bukan hanya ingin melakukan yang baik tapi prakteknya nggak. Aku butuh pertolonganMu untuk jadi orang yang dipercaya dalam segala hal. Amin.

Palangka Raya, 28 Januari 2019
-Mega Menulis-

Mazmur 27, Amsal 27

Mazmur 27

Scripture      
Mazmur 27:8 (TB)  Hatiku mengikuti firman-Mu: "Carilah wajah-Ku"; maka wajah-Mu kucari, ya TUHAN.

Observation
Bangun pagi  yang dicari pertama, apakah Tuhan dan firmanNya? Kadang iya, kadang ngga. Akhir-akhir ini,  susah sekali bangun pagi dan langsung cari Tuhan. Tapi ayat ini mengingatkanku untuk mencari Tuhan lebih dahulu, yang lain belakangan.

Aplication
✔️ Belajar mengutamakan Tuhan dalam setiap hariku.

Prayer
Tuhan, ajari aku untuk terus jadikan Tuhan yang utama dalam hidup. Amin.

Amsal 27

Scripture      
Amsal 27:23 (TB)  Kenallah baik-baik keadaan kambing dombamu, perhatikanlah kawanan hewanmu.

Observation
Aku harus mengenal dengan baik mereka yang dipercayakan pemeliharaannya kepadaku, anak-anakku. Mereka pribadi yang berbeda satu sama lain, bahasa kasihnya berbeda, cara berkomunikasi dan mengasihi mereka pun berbeda pula. Aku harus memperhatikan dan peka terhadap kebutuhan mereka masing-masing.

Aplication
✔️ Aku gak boleh membanding-bandingkan mereka. Kalau dulu cara A berhasil pada Sara, bukan berarti pada Sofi bisa menggunakan cara yang sama.
✔️ Spending time lebih banyak kalau di rumah sama anak-anak.

Prayer
Tuhan, tolong aku memahami anak-anakku dengan baik, supaya aku bisa mengasihi dan melayani mereka dengan optimal. Aku perlu hikmatMu. Amin.

Palangka Raya, 27 Januari 2019
-Mega Menulis-

Monday, January 28, 2019

Mazmur 26, Amsal 26

Mazmur 26

Scripture      
Mazmur 26:4 (TB)  Aku tidak duduk dengan penipu, dan dengan orang munafik aku tidak bergaul;

Observation
Semakin tua dan sejak berkeluarga, pergaulanku semakin sedikit. Gak bisa sembarangan hang out bareng temen hanya buat nonton atau karaoke, aktif di sosmed dan ngobrol dengan orang-orang yang aku kenal, berjam-jam menelepon dengan teman membicarakan banyak hal yang gak penting. Sekarang di kantorku yang baru, terkadang keinginan untuk keluar bareng temen-temen kantor muncul lagi, tiap hari mereka makan siang bareng dan bisa asyik ngobrol sementara aku pulang ke rumah nyuapin bocah-bocah.

Aplication
✔️ Bersyukur untuk waktu yang terbatas, jadi gak sembarangan menggunakan waktu. Jadi selektif dalam pergaulan.
✔️  Sadar Meg, setiap musim punya keindahannya sendiri. Gak boleh iri dengan mereka yang punya waktu untuk hang out tiap hari. Gak semua orang dapat kesempatan melayani keluarga.

Prayer
Tuhan, terima kasih buat waktu bergaulku yang terbatas, jadi aku gak asal dalam bergaul. Tolong aku untuk jadi berkat dalam kesempatan berinteraksi yang terbatas sekarang. Amin.

Amsal 26

Scripture      
Amsal 26:4-5 (TB)  Jangan menjawab orang bebal menurut kebodohannya, supaya jangan engkau sendiri menjadi sama dengan dia.
Jawablah orang bebal menurut kebodohannya, supaya jangan ia menganggap dirinya bijak.

Observation
Saat berbicara perhatikan siapa lawan bicara kita, sesuaikan isi pembicaraan kita dengan kemampuan lawan bicara memahami apa yang kita bicarakan. Beberapa hari ini aku dan suami bingung bagaimana caranya memberitahu Sara supaya gak membuat adeknya menangis. Terkadang Sara mendorong adeknya, merebut mainannya, menarik rambutnya. Duh. Sudah berkali-kali dikasih tahu supaya gak melakukannya, malah diulang-ulang. Lalu aku dan suami sadar kalau Sara memang masih anak-anak, kami gak boleh  bosan memberi tahu Sara dan instruksi harus jelas, karena Sara masih anak-anak.

Aplication
✔️ Bersabar dan pelan-pelan waktu menasihati Sara.

Prayer
Tuhan, kqmi perlu hikmatMu saat menasihati Sara. Tolong kami untuk berbicara dengan bahasa yang dimengerti Sara. Amin.

Palangka Raya, 26 Januari 2019
-Mega Menulis-

Mazmur 25, Amsal 25

Mazmur 25

Scripture      
Mazmur 25:7 (TB)  Dosa-dosaku pada waktu muda dan pelanggaran-pelanggaranku janganlah Kauingat, tetapi ingatlah kepadaku sesuai dengan kasih setia-Mu, oleh karena kebaikan-Mu, ya TUHAN.

Observation
Baca ayat ini malah jadi aku yang ingat pelanggaran, dosa-dosa dan kebodohanku di masa lalu. Bersyukur sekali mengenal Tuhan yang melepaskan aku. Bukan berarti sekarang aku gak pernah berbuat dosa. Tapi sekarang bedanya, aku gak mau tinggal berlama-lama dalam dosa. 

Prayer
Tuhan, terima kasih karena telah menebusku dan melepaskanku dari belenggu dosa, sekarang dosa tidak lagi berkuasa atasku. Aku mau hidup dalam kebenaran, tolong aku menaatiMu dalam segala hal. Amin.

Amsal 25

Scripture      
Amsal 25:11 (TB)  Perkataan yang diucapkan tepat pada waktunya adalah seperti buah apel emas di pinggan perak.

Observation
Sara kalau dilarang langsung menangis kencang, dikasih tahu tambah kencang menangisnya. Jadi sekarang aku dan suami kalau sebelum tidur selalu sempatkan mengobrol dan di situ lah waktunya kami menasihati Sara. Karena kami sadar kalau menasihati Sara saat dia menangis malahan ga masuk, yang ada dia tambah heboh.

Aplication
✔️ Cari timing yang pas untuk menasihati Sara.

Prayer
Tuhan, berikan kami hikmat sebagai orang tua untuk mengatakan perkataan yang tepat, di waktu yang tepat kepada anak-anak kami. Amin.

Palangka Raya, 25 Januari 2019
-Mega Menulis-

Mazmur 25, Amsal 25

Mazmur 25

Scripture      
Mazmur 25:7 (TB)  Dosa-dosaku pada waktu muda dan pelanggaran-pelanggaranku janganlah Kauingat, tetapi ingatlah kepadaku sesuai dengan kasih setia-Mu, oleh karena kebaikan-Mu, ya TUHAN.

Observation
Baca ayat ini malah jadi aku yang ingat pelanggaran, dosa-dosa dan kebodohanku di masa lalu. Bersyukur sekali mengenal Tuhan yang melepaskan aku. Bukan berarti sekarang aku gak pernah berbuat dosa. Tapi sekarang bedanya, aku gak mau tinggal berlama-lama dalam dosa. 

Prayer
Tuhan, terima kasih karena telah menebusku dan melepaskanku dari belenggu dosa, sekarang dosa tidak lagi berkuasa atasku. Aku mau hidup dalam kebenaran, tolong aku menaatiMu dalam segala hal. Amin.

Amsal 25

Scripture      
Amsal 25:11 (TB)  Perkataan yang diucapkan tepat pada waktunya adalah seperti buah apel emas di pinggan perak.

Observation
Sara kalau dilarang langsung menangis kencang, dikasih tahu tambah kencang menangisnya. Jadi sekarang aku dan suami kalau sebelum tidur selalu sempatkan mengobrol dan di situ lah waktunya kami menasihati Sara. Karena kami sadar kalau menasihati Sara saat dia menangis malahan ga masuk, yang ada dia tambah heboh.

Aplication
✔️ Cari timing yang pas untuk menasihati Sara.

Prayer
Tuhan, berikan kami hikmat sebagai orang tua untuk mengatakan perkataan yang tepat, di waktu yang tepat kepada anak-anak kami. Amin.

Palangka Raya, 25 Januari 2019
-Mega Menulis-

Thursday, January 24, 2019

Mazmur 24, Amsal 24

Amsal 24

Scripture
Amsal 24:33-34 (TB)  "Tidur sebentar lagi, mengantuk sebentar lagi, melipat tangan sebentar lagi untuk tinggal berbaring,"
maka datanglah kemiskinan seperti seorang penyerbu, dan kekurangan seperti orang yang bersenjata.

Observation
Tadi pagi aku males banget bangun untuk ke pasar. Jam 4 subuh aku harus ke pasar kalau mau sempat masak untuk serumah, kebayang kan masi ngantuk jam segitu. Aku ke pasar emang seminggu sekali untuk stok isi kulkas dengan lauk dan sayur,kalau beli di dekat rumah mahal pol.Makanya emang harus belanja di pasar kalau mau hemat. Kemarin aku gak sempat ke pasar, alhasil seharian beli makanan doang habis 100 ribu lebih. Padahal kalau beli dan masak sendiri, 50 ribu bisa buat makan seharian. Karena mikir sayang duit kalau melanjutkan tidur, aku bangun deh. Dan aku bersyukur untuk keputusanku tadi pagi. Kalau malas dan tidur lagi, aku akan memboroskan uang dan makan di luar lagi.

Aplication
✔️ Lawan kemalasan dengan berpikir logis Meg! Kemalasan selalu mendatangkan kerugian.

Prayer
Tuhan, terima kasih karena tadi pagi aku dimampukan melawan kemalasanku. Terima kasih karena Tuhan menganggap serius kemalasan, jadi aku gak boleh bermalas-malasan lagi. Aku mau lebih rajin dari sebelumnya dan gak menunda-nunda. Amin.

Mazmur 24

Scripture      
Mazmur 24:4 (TB)  "Orang yang bersih tangannya dan murni hatinya, yang tidak menyerahkan dirinya kepada penipuan, dan yang tidak bersumpah palsu.

Observation
*Bersih tangan dan murni hati.*
Antara perbuatan dan pikiranku harusnya sejalan, sama-sama bersih. Kudus. Pemikiran yang gak kelihatan ini yang susah aku kendalikan: negative thinking, ngiri, kesombongan karena merasa lebih dari orang lain.

Aplication
✔️  Aku harus jaga hati dengan segala kewaspadaan, saat pikiran jelek muncul, confess firman di Filipi 4:8.

Prayer
Tuhan, jagalah hatiku dengan segala kewaspadaan. Jangan biarkan aku memikirkan selain yang dari di Filipi 4:8. Aku mau memikirkan yang benar, yang mulia, yang adil, yang suci, yang manis, yang sedap didengar dan disebut kebajikan. Amin.

Palangka Raya, 24 Januari 2019
-Mega Menulis-

Wednesday, January 23, 2019

Mazmur 23, Amsal 23

Amsal 23

Scripture
Amsal 23:7 (TB)  Sebab seperti orang yang membuat perhitungan dalam dirinya sendiri demikianlah ia. "Silakan makan dan minum," katanya kepadamu, tetapi ia tidak tulus hati terhadapmu.

Observation
*tetapi ia tidak tulus hati terhadapmu.*
Reminder buatku supaya jangan melakukan kebaikan tanpa ada ketulusan, lalu membuat perhitungan dalam hati (alias ada motivasi tersembunyi). Jangan mencari keuntungan saat berbuat baik sama orang lain Meg! Terkadang aku masih mikir gini, ngapain sih aku perhatiin orang itu, spending time buat encourage orang yang ga ada respon, mendingan ke yang responnya baik dan juga mau perhatikan aku #nahlo. Gak boleh gitu! Aku berbuat baik karena Tuhan telah berbuat baik kepadaku. Aku berbuat baik karena aku mau taat pada dorongan yang dari Tuhan.

Aplication
✔️  Cek dan ricek motivasiku saat melakukan atau gak melakukan kebaikan ke orang lain.
✔️  Taat pada dorongan dari Allah untuk berbuat baik even secara manusia merugikan.
✔️ Stop memikirkan untung rugi, karena pengenalan akan Kristus lebih mulia.

Prayer
Tuhan, selidikilah hatiku apakah aku punya motivasi tersembunyi saat berbuat baik dan bersihkanlah hatiku yang gak benar ya TUHAN. Amin.

Mazmur 23

Scripture
Mazmur 23:1 (TB)  Mazmur Daud. TUHAN adalah gembalaku, takkan kekurangan aku.

Observation
Aku gak kekurangan karena gembalaku adalah gembala yang selalu memenuhi keperluanku, bukan keinginanku. Yes, Tuhan adalah gembala yang baik. Jadi, kalau apa yang aku inginkan gak aku dapatkan berarti aku gak memerlukannya atau aku belum memerlukannya sekarang. Ayat ini memberikan ketenangan, aku diingatkan kalau memang benar banyak hal yang aku inginkan yang gak aku dapatkan, bahkan bayangan untuk mendapatkannya pun belum ada, masih jauh rasanya. Tapiiii.... Selama ini aku gak pernah kekurangan kok,apa yang aku perlukan selalu Tuhan berikan.

Aplication
✔️ Bersyukur buat segala kecukupan dari Tuhan, aku gak pernah berkekurangan, Tuhan sungguh baik.

Prayer
Terima kasih Tuhan karena Engkau menjadi gembalaku yang baik. Sungguh aku gak pernah berkekurangan di dalam Engkau. Terima kasih Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 23 Januari 2019
-Mega Menulis-

Tuesday, January 22, 2019

Mazmur 22, Amsal 22

Mazmur 22

Scripture
Mazmur 22:30 (TB)  (22-31) Anak-anak cucu akan beribadah kepada-Nya, dan akan menceritakan tentang TUHAN kepada angkatan yang akan datang.

Observation
Amin. Amin. Amin. Aku rindu hidup anak cucuku menjadi kesaksian bagi orang lain. Rindu mereka hidup beribadah dengan segenap hati kepada Tuhan dan hidupnya berbuah banyak bagi kemuliaan Tuhan. Sekarang tiap malam sebelum tidur Sara minta dibacakan Alkitab dan berdoa karena aku ajarkan nyanyi lagu Baca Kitab Suci Doa Tiap Hari, benar-benar baca Alkitab yang cuma kata-kata, aku dan suami baca Amsal sesuai tanggal hari ini. Gak ada gambar ilustrasi kayak waktu baca Bible Stories untuk anak lo. Dan Sara dengerin, walau gak sampai selesai, hahahaha. Berdoa supaya Sara dan Sofia bener-bener mendengarkan dan kami sebagai orang tua tekun melakukan ini.

Aplication
✔️ Hidupku harus jadi kesaksian juga buat anak cucuku.
✔️ Tiap malam aku dan suami gantian baca Amsal.

Prayer
Tuhan, tolonglah aku untuk hidup benar supaya bisa menjadi kesaksian bagi anak cucuku. Aku mau menabur yang baik dalam kehidupan anak-anakku sekarang. Mampukan aku ya Tuhan. Amin.

Amsal 22

Scripture
Amsal 22:1 (TB)  Nama baik lebih berharga dari pada kekayaan besar, dikasihi orang lebih baik dari pada perak dan emas.

Observation
Terkadang ada rasa bersalah karena gak memberikan mainan atau baju baru ke anak-anak pada setiap momen tertentu seperti Natal, ulang tahun, dll. Mungkin karena aku dan suami sama-sama bukan tipe yang suka merayakan sesuatu dengan hadiah. Jangankan itu, sebelum punya anak pun kami berdua gak pernah merayakan ulang tahun dan Anniversary dengan acara khusus, paling makan masakan kesukaan di luar, atau aku masak kesukaan suami. Mungkin juga karena bahasa kasih kami bukan memberikan hadiah ya. Ayat ini mengingatkanku kalau dikasihi lebih berharga daripada materi, apa yang membuat anak dan suamiku merasa dikasihi, itulah yang harus aku belajar berikan.

Aplication
✔️ Suami suka saat aku melayani kebutuhannya, rumah bersih dan rapi. Sebenarnya aku gak suka bersih-bersih, tapi aku mau belajar lebih perhatikan kebersihan rumah.
✔️ Sara sepertinya bahasa kasihnya quality time, dia suka kalau dibacain buku, ditemani main dan ngobrol sebelum tidur. Walaupun capek, aku harus sempatkan melakukan ini setiap hari.
✔️  Sofia kalau ditaruh sendirian tahu-tahu menangis, dia suka digendong,hahaha . Sepertinya bahasa kasihnya sentuhan. Lebih banyak menggendong Sofia mulai hari ini.

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk peka akan kebutuhan orang-orang terkasihku dan membuat mereka merasa dikasihi. Amin.

Palangka Raya, 22 Januari 2019
-Mega Menulis-

Monday, January 21, 2019

Amsal 21

Amsal 21

Scripture
Amsal 21:9 (TB)  Lebih baik tinggal pada sudut sotoh rumah dari pada diam serumah dengan perempuan yang suka bertengkar.

Observation
Tadi pagi aku nyaris bertengkar dengan suamiku gara-gara hal sepele. Untungnya aku cepat nyadar dan diam. Gak memperpanjang masalah, walaupun masih banyak yang ingin kukatakan ke suami. Tapi aku lihat percakapan kami dah mengarah ke pertengkaran karena saling jawab dengan nada makin naik, akhirnya aku putuskan stop walaupun ada yang mengganjal. Better diam daripada aku dan suami saling menyakiti dengan perkataan kami, aku mau cari waktu buat ngobrol saat kami lebih tenang.

Aplication
✔️ Ngobrol ke suami saat sudah tenang membahas masalah tadi pagi.

Prayer
Tuhan, aku gak mau jadi perempuan yang suka bertengkar. Tolong aku untuk membawa damai di keluargaku. Biar aku bisa membaca situasi dan tahu kapan harus berkata-kata. Amin.

Palangka Raya, 21 Januari 2019
-Mega Menulis-

Sunday, January 20, 2019

Mazmur 20, Amsal 20

Amsal 20

Scripture
Amsal 20:13 (TB)  Janganlah menyukai tidur, supaya engkau tidak jatuh miskin, bukalah matamu dan engkau akan makan sampai kenyang.

Observation
Kalau weekend gini, puaa banget kalau pulang Gereja tidur seharian, gak usah masak, gak usah ngapa-ngapain, ngebo aja di kamar bareng suami dan anak-anak. Kemarin seharian emang kami jalan sekeluarga, ikut acara Natal,lalu dari sore sampai malam jalan-jalan. Jadi seharian ini bawaannya pengen tidur. Baca ayat ini jadi merasa bersalah kalau terlalu banyak tidur. Akhirnya tadi aku mencuci pakaian dan buat cemilan untuk anak-anak. Tidur memang kebutuhan, tapi terlalu banyak tidur pun gak baik. Jangan mentang-mentang weekend jadi seenaknya. Tetap harus punya batasan.

Aplication
✔️ Tidur siang secukupnya sekalipun weekend, maksimal 1 jam.

Prayer
Tuhan, tolong aku supaya waktu tidurku cukup dan gak berlebihan. Biarlah waktu tidurku jadi berkat, bukan menjadi penyakit. Amin.

Mazmur 20

Scripture
Mazmur 20:4 (TB)  (20-5) Kiranya diberikan-Nya kepadamu apa yang kaukehendaki dan dijadikan-Nya berhasil apa yang kaurancangkan.

Observation & Aplication
Aminnnn!!!  Luar biasa banget ya kalau Tuhan menjawab doa seperti ini. Aku mau dong berdoa seperti ini dan dikabulkan. Lalu aku teringat kalau rancangan Tuhan lebih baik daripada rancanganku. KehendakNya sempurna. RancanganNya yang terbaik. Ingat ini, tiba-tiba aku gak ingin rancangan dan kehendakku yang terjadi. Aku mau kehendak dan rancangan Tuhan saja yang terjadi ataa hidupku.

Prayer
Tuhan, jangan jadi menurut kehendakku,jadilah kehendakMu dan rencanganMu saja dalam hidupku. Amin.

Palangka Raya, 20 Januari 2019.
-Mega Menulis-

Saturday, January 19, 2019

Mazmur 19, Amsal 19

Amsal 19

Scripture
Amsal 19:19 (TB)  Orang yang sangat cepat marah akan kena denda, karena jika engkau hendak menolongnya, engkau hanya menambah marahnya.

Observation
Tadi siang ada kejadian dengan suami, aku tersinggung dan marah mendengar ucapan suami. Sudah berniat ngambek dan gak mau ngomong. Sempat memalingkan muka saat suami ngomong, lalu aku sadar, ini ngapain coba aku kayak gini, bukannya aku bisa tetap bersikap manis, kalau ada yang gak pas ya diomongin baik-baik. Akhirnya, aku bersikap biasa ke suami. Seharian ini menyenangkan. Jam 9 malam kami baru pulang jalan-jalan. Anak-anak sudah kecapekan main, mereka tidur lebih cepat. Aku dan suami bisa quality time. Yay!

Aplication
✔️  Aku gak boleh cepat marah dan bertindak bodoh.

Prayer
Tuhan, tolong aku mengendalikan emosiku. Aku gak mau cepat marah dan merusak hubungan dengan orang-orang di sekelilingku lagi. Tolong aku ya Tuhan. Amin.

Mazmur 19

Scripture
Mazmur 19:14 (TB)  (19-15) Mudah-mudahan Engkau berkenan akan ucapan mulutku dan renungan hatiku, ya TUHAN, gunung batuku dan penebusku.

Observation
Ucapan mulut dan renungan hatiku, Tuhan tahu. Dia mengerti segala yang gak terucapkan. Tuhan   tahu apa yang kupikirkan, bahkan sebelum aku memikirkannya, gak ada yang tersembunyi di hadapan Tuhan. Dan aku menyadari kalau pikiranku sering gak benar, aku masih sering iri ke orang lain, aku masih sering ngedumel saat suamiku melakukan sesuatu yang gak kusukai. Banyak hal yang perlu pemberesan.

Aplication
✔️ Selain gak mengucapkan sesuatu yang gak berkenan di hadapan Tuhan, pikiranku juga harus benar di hadapan Tuhan. Pikirkan Filipi 4:8 Meg!

Prayer
Mudah-mudahan Engkau berkenan akan ucapan mulutku dan renungan hatiku, ya TUHAN, gunung batuku dan penebusku. Amin.

Palangka Raya, 19 Januari 2019
-Mega Menulis-

Mazmur 18, Amsal 18

Amsal 18

Scripture
Amsal 18:21 (TB)  Hidup dan mati dikuasai lidah, siapa suka menggemakannya, akan memakan buahnya.

Observation
Perkataan apa yang sering aku ucapkan? Jadi perenunganku, selama ini lidahku membawa kehidupan atau kematian? Tidak hanya orang lain, aku sendiri juga akan merasakan akibat dari ucapanku. Jadi teringat saat beberapa hari yang lalu aku teriak ke Sara, beberapa hari ini Sara jadi tambah rewel. sedikit-sedikit nangis. Apakah ini karena kuteriakin beberapa hari lalu? Aku gak tahu. Tapi, duh. Aku berjuang mengendalikan diri supaya gak mengulangi kebodohanku beberapa hari lalu. Kadang gak sabar, pengen membentak Sara, tapi aku gak mau mengulang kebodohanku. Aku berusaha menenangkan Sara dengan tetap tenang, gak menaikkan nada bicaraku, memeluk dia, berusaha mengerti maunya.

Aplication
✔️ Aku akan merasakan akibat dari ucapanku, jadi harus selalu mengendalikan lidah.

Prayer
Tuhan, tolong aku supaya gak mengucapkan perkataan yang sia-sia. Tolong aku supaya membawa kehidupan lewat lidahku. Amin.

Mazmur 18

Scripture
Mazmur 18:2 (TB)  (18-3) Ya TUHAN, bukit batuku, kubu pertahananku dan penyelamatku, Allahku, gunung batuku, tempat aku berlindung, perisaiku, tanduk keselamatanku, kota bentengku!

Observation
Tuhan menjadi tempat perlindungan Daud saat dia dikejar musuhnya Saat aku ada dalam masalah atau frustrasi menghadapi Sara, dalam hati aku cuma bisa bilang, "Tolong Tuhan".  Bener-bener gak tahu harus gimana. Terkadang, berdua dengan suami bisa frustrasi bareng saat Sara rewel gak jelas malam-malam. Apalagi saat kami sama-sama mengantuk. Hanya Tuhan menjadi tempat aku berlari dan menangis. Dan benar, saat sudah datang ke Tuhan, ada kelegaan, entah gimana, ada damai sejahtera.

Aplication
✔️ Saat merasa frustrasi, lari ke Tuhan saja. Jangan melampiaskan emosi sembarangan.

Prayer
Tuhan, waktu aku merasa tertekan, aku mau berlari ke Tuhan saja. Aku gak mau dikuasai emosiku. Aku mau mendekat ke Tuhan saja. Amin.

Palangka Raya, 18 Januari 2019
-Mega Menulis-

Thursday, January 17, 2019

Mazmur 17, Amsal 17

Amsal 17

Scripture
Amsal 17:19 (TB)  Siapa suka bertengkar, suka juga kepada pelanggaran, siapa memewahkan pintunya mencari kehancuran.

Observation
Sejak kecil aku melihat mamaku yang suka menentang papaku. Kalau mamaku punya pendapat yang berbeda dengan papa, gak jarang mereka beradu argumen di depanku. Mamaku bukan tipe wanita yang tunduk kepada suami. Mamaku keras. Jadi kesannya ya suka bertengkar. Ini mempengaruhi hubunganku dengan suamiku, terkadang aku mendebat suami saat pendapatnya gak sesuai dengan pendapatku, susah untukku tunduk. Maunya pendapatan yang dituruti. Ini terjadi walaupun aku sudah tahu kebenaran. Nada bicaraku pun gak enak didengar. Setahun belakangan ini aku belajar menutup mulutku kalau hanya akan berujung pada pertengkaran. Aku belajar menahan mulutku dan mengubah nada bicaraku.  Belajar tetap menggunakan nada rendah sekalipun sudah tegangan tinggi itu sulit, kalau dulu ma suami kasih nada F, aku harus kasih nada G atau A. Sekarang berusaha tetap tenang dan mengendalikan diri.

Aplication
✔️ Aku belajar berbicara dengan nada rendah ke suami dan anak-anak supaya gak bertengkar.

Prayer
Tuhan, aku gak mau menjadi perempuan yang suka bertengkar. Aku mau jadi perempuan yang membawa ketenangan dan bawa atmosfer yang baik di dalam keluarga. Tolong aku ya Tuhan. Amin.

Mazmur 17

Scripture
Mazmur 17:15 (TB)  Tetapi aku, dalam kebenaran akan kupandang wajah-Mu, dan pada waktu bangun aku akan menjadi puas dengan rupa-Mu.

Mazmur 17:15 (BIMK)  Tetapi aku akan memandang Engkau, sebab aku tidak bersalah. Pada waktu aku bangun, kehadiran-Mu membuat hatiku gembira.

Observation
Saat Sara berbuat salah dan ditegur, dia menundukkan wajahnya. Sama denganku, saat aku gak hidup dalam kebenaran atau berbuat dosa maka hubunganku dengan Tuhan rusak. Aku pasti gak berani berhadapan dengan Tuhan karena naluri dosa adalah menyembunyikan diri. Gak bisa memandang Tuhan karena terhalang dosa-dosaku, hiii... Mengerikan sekali. Emang bener sih, saat aku tahu aku melakukan dosa, untuk menghadap Tuhan rasanya segan. Gak berani. Ada perasaan gak layak. Melalui penebusan Kristus memang hubunganku dan Allah gak berubah sekali pun aku berbuat dosa, aku tetap anakNya tapi tentunya relasi gak bisa semesra saat sebelum berbuat dosa. Kehadiran Tuhan akan terasa mengganggu saat aku masih hidup dalam dosa, sama seperti CCTV yang mengawasi saat aku mau berbuat dosa. Beda dong, saat aku hidup dalam kebenaran, malah kehadiranNya membuatku bersukacita.

Aplication
✔️ Hidup dalam kebenaran, gak dalam dosa.
✔️ Saat berbuat dosa segera akui di hadapan Tuhan dan menerima pengampunan dariNya.

Prayer
Tuhan, tolonglah aku untuk terus hidup dalam kebenaran supaya aku bisa terus memandangMu dengan sukacita. Amin.

Palangka Raya, 17 Januari 2019
-Mega Menulis-

Wednesday, January 16, 2019

Mazmur 16, Amsal 16

Mazmur 16

Scripture
Mazmur 16:7 (TB)  Aku memuji TUHAN, yang telah memberi nasihat kepadaku, ya, pada waktu malam hati nuraniku mengajari aku.

Observation
Hari ini banyak yang posting #10yearschallenge,  memposting fotonya tahun 2009 dan 2019. Aku bukannya mencari foto 10 tahun lalu, aku malah mengingat yang terjadi 10 tahun belakangan ini dan melihat betapa Tuhan campur tangan dalam setiap keputusan yang aku ambil. Ya! Aku memuji TUHAN karena Dia memimpinku mengambil keputusan dalam berbagai kesempatan, gak terbayangkan kalau aku menuruti kehendakku, mau jadi apa aku sekarang? Sungguh aku harus memuji Tuhan, Dia layak menerima pujian atas segala hal baik yang terjadi dalam hidupku. Aku ada sebagaimana ada aku sekarang karena Dia yang memimpin hidupku.

Aplication
✔️ Aku berdoa mengucap syukur kepada Tuhan merayakan pimpinanNya 10 tahun belakangan ini, betapa banyak yang terjadi. Aku bersyukur mengikuti pimpinanNya.

Prayer
Tuhan, aku bersyukur buat kebaikanMu selama 10 tahun belakangan ini. Aku menyaksikan pimpinan Tuhan dan aku bersyukur tunduk pada Tuhan. Tuhan memberkati luar biasa. Terima kasih Tuhan. Amin.

Amsal 16

Scripture
Amsal 16:23 (TB)  Hati orang bijak menjadikan mulutnya berakal budi, dan menjadikan bibirnya lebih dapat meyakinkan.

Observation
Zaman sekarang, selain omongan dari mulut, aku juga perlu mengendalikan apa yang aku ketik dengan tanganku. Kalau yang aku sampaikan lewat jariku gak benar, gak memberkati, gak berguna, berarti hatiku gak benar. Aku bukan orang bijal karena gak bisa mengendalikan apa yang aku sampaikan lewat medsos atau wa grup/wa personal. Hari ini aku gagal mengendalikan jempolku, aku gak bijak. Seseorang curhat ke aku tentang kejelekan orang lain dan aku menanggapi dengan menceritakan hal jelek tentang orang lain. Harusnya aku hanya menyimak dan gak menambahkan cerita. Duh. Begitu selesai percakapan kami, aku menyesal. Apa gunanya aku melakukan itu coba. Aku jadi memeriksa hatiku, rupanya masih ada kejengkelan juga kepada orang itu sehingga aku malah menceritakan kejelekannya.

Aplication
✔️ Kalau teman bercerita tentang kejelekan orang lain seharusnya aku diam saja. Gak usah menanggapi.
✔️ Aku mengampuni orang tersebut dan gak mau menceritakan lagi kejelekannya.

Prayer
Tuhan, ampuni aku karena gak bijak dengan jempolku. Ampuni aku karena masih menyimpan kejengkelan dengan si M. Aku mau mengampuni dia ya Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 16 Januari 2019
-Mega Menulis-

Mazmur 15, Amsal 15

Amsal 15

Scripture
Amsal 15:4 (TB)  Lidah lembut adalah pohon kehidupan, tetapi lidah curang melukai hati.

Observation
Lidah lembut ➡️ Ini yang sedang aku perjuangkan saat berhadapan dengan Sara. Bener-bener perjuangan untuk bersikap lemah lembut menghadapi Sara yang nangis jejeritan, Sara yang mendorong adeknya sampai adeknya terjatuh, Sara yang mengganggu adeknyanyang sedang tidur. Kemarin sore Sara nangis jejeritan hanya karena kakinya yang terluka mau diberi obat.  Sara menangis lama sekali, sampai kepalaku mau pecah rasanya. Bahkan saat mau dimandikan pun masih menangis, saking gemasnya aku berteriak dan memukulkan gayung beberapa kali ke tembok. Perbuatan bodoh. Hasilnya, cat dinding terkelupas. Dan tangis Sara makin kencang. Menyesal sekali. Akhirnya suamiku bilang, tinggalkan saja Sara. Sama suami Sara masih menangis, tapi berangsur pelan sampai diam.

Aplication
✔️ Kalau Sara menangis dan gak bisa diomongin, tinggalkan saja, biarkan sampai tenang. Karena percuma ngomong saat dia seperti itu, hasilnya malah aku makin emosi.

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk mengendalikan diriku saat menghadapi Sara. Jangan biarkan aku melakukan kebodohan seperti kemarin. Amin.

Mazmur 15

Scripture
Mazmur 15:4 (TB)  yang memandang hina orang yang tersingkir, tetapi memuliakan orang yang takut akan TUHAN; yang berpegang pada sumpah, walaupun rugi;

Observation
Maukah aku melakukan sesuatu yang aku tahu mendatangkan kerugian buatku? Errr... Kayaknya nggak deh. Tapi Firman Tuhan berkata ini memuliakan Tuhan looo. Jadi, saat aku tahu dengan melakukan suatu hal mendatangkan kerugian bagiku dan kemuliaan bagi Tuhan, mana yang kupilih? Tetap melakukan atau tidak?

Jadi ingat Filipi 3 yang dibaca bulan ini, apa yang dahulu aku anggap keuntungan malahan aku anggap rugi sekarang karena pengenalan akan Kristus Yesus Tuhanku lebih mulia.

Aplication
Saat melakukan sesuatu aku berpikir dahulu:
✔️ Apakah ini memuliakan Tuhan?
✔️ Apakah ini membuatku semakin mengenal Tuhan?
Kalau jawabannya ngga, jangan lakukan!
Pertimbangan melakukan atau memutuskan sesuatu bukan karena aku suka atau aku mau, tapi apakah memuliakan dan membuat makin mengenal Tuhan atau nggak.

Prayer
Tuhan, jadilah pusat atas hidupku. Amin.

Palangka Raya, 15 Januari 2019
-Mega Menulis-

Mazmur 14

Mazmur 14

Scripture
Mazmur 14:2 (TB)  TUHAN memandang ke bawah dari sorga kepada anak-anak manusia untuk melihat, apakah ada yang berakal budi dan yang mencari Allah.

Observation
Tuhan memandang ke dunia untuk mencari manusia yang berakal budi dan mencari dia. Aku jadi ingat, bangun tidur tadi pagi aku gak mencari Tuhan dan firmanNya terlebih dahulu. Biasanya bangun pagi aku saat teduh, berdoa dan baca Alkitab dulu walaupun belum tulis rhema. Tapi gara-gara bangun kesiangan, bangun langsung terburu-buru ngurus dapur deh. Kalau bangun kesiangan pasti gitu deh jadinya. Saat aku berkomitmen mendahulukan Tuhan di setiap pagiku, malam aku harus berusaha istirahat dengan cukup supaya aku bisa memberikan yang terbaik setiap pagiku buat Tuhan.

Aplication
✔️ Tidur paling lambat jam 11 setiap malam.

Prayer
Tuhan, aku mau menjadikan Engkau yang utama. Aku mau mencari wajahMu setiap pagi. Tolong aku memanajemen waktuku dengan baik ya Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 14 Januari 2019
-Mega Menulis-

Amsal 13, Mazmur 13

Amsal 13

Scripture
Amsal 13:3 (TB)  Siapa menjaga mulutnya, memelihara nyawanya, siapa yang lebar bibir, akan ditimpa kebinasaan.

Observation
Sudah beberapa malam aku kurang tidur, mau tidur susah. Puncaknya tadi malam, berasa capek dan ngantuk banget tapi susah tidur. Hari ini jadi gak bisa menikmati apa yang aku kerjakan, bawaannya kesal aja. Bener-bener menahan diri untuk gak ngomel waktu Sara dan Sofi rewel atau ngomelin suami. Aku lebih banyak diam hari ini menahan diri. Syukurlah sampai malam ini berhasil menahan mulut dari mengatakan sesuatu yang akan kusesali.

Aplication
✔️  Gak membuka mulut kalau bukan hal baik yang dikatakan.

Prayer
Tuhan, tolong terus jagai mulutku supaya gak berbuat dosa. Amin.

Mazmur 13

Scripture
Mazmur 13:6 (TB)  (13-6b) Aku mau menyanyi untuk TUHAN, karena Ia telah berbuat baik kepadaku.

Observation
Ya! Tuhan telah berbuat baik kepadaku, aku mau menyanyi bagiNya. Saat merasakan kebaikan Tuhan, apa yang aku lakukan? Bernyanyi? Kayaknya ngga deh. FirTu hari ini ingatkan untuk bernyanyi. Kenapa bernyanyi? Karen Tuhan bertahta di atas puji-pujian. Dia mau bertahta di ataa ucapan syukurku.

Aplication
✔️ Hari ini aku merasakan kebaikan Tuhan, dapat rhema ini dan bingung mau nyanyi apa. Eh tiba-tiba ada teman kirim di grup wa sebuah lagu hits di zaman pelayanan kampus, jadi aku nyanyi lagu itu deh 😊

Prayer
Terima kasih Tuhan buat kebaikanMu yang aku rasakan hari ini. Terima kasih Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 13 Januari 2019
-Mega Menulis-

Sacred Marriage (Chapter 1)

REFLEKSI
Sacred Marriage - Chapter 1

Pernikahan bertujuan menguduskan saya lebih daripada membahagiakan saya.
Baca ini jadi teringat kalau kebahagiaan bukanlah tujuan dalam pernikahan, karena kalau pernikahan bertujuan hanya untuk bahagia sudah pasti pernikahan akan berakhir dengan perceraian. Ada kalanya aku gak bahagia, ada kalanya love tankku gak terisi penuh, ada saatnya aku merasa frustasi. Tapiii.... Jika pernikahan menjadikanku kudus, kebahagiaanku bukanlah yang utama.
Bagaimana aku menjadi kudus? Hidup dipimpin oleh Roh Kudus.
Bagaimana aku tahu aku sudah hidup sesuai pimpinan Roh Kudus?
Ada buah roh dalam hidupku : Galatia 5:22-23 (TB)  Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu.

➡️ Setiap pergumulan dalam pernikahan, setiap ada masalah dengan suami. Aku mau berespon dengan benar sesuai firman Tuhan. Aku mau tunduk pada pimpinan Roh Kudus.

Jika hubungan kami dengan Tuhan benar, maka kami tidak akan saling menuntut secara berlebihan di dalam pernikahan, meminta dan mengharapkan pasangan kami untuk mengisi kekosongan rohani.
Gak mungkin aku meminta suami melakukan apa yang hanya bisa dilakukan Tuhan. Gak adil buat suami.

Hanya Tuhan yang mengerti aku berarti aku gak bisa berharap suami baca pikiranku,aku harus komunikasikan mauku.
Suamiku gak bisa selalu fresh mendengarkan isi hatiku ada saatnya dia capek atau sibuk, hanya Tuhan yang selalu ada untuk mendengarkanku. Jadi, aku harus lebih pengertian saat suami gak bisa kasih telinga untukku.

Jika saya ingin Tuhan mentransformasi kehidupan saya secara menyeluruh, saya harus berkonsentrasi untuk mengubah diri saya dan bukannya mengubah pasangan saya. Makin sulit pasangan saya, makin besar kesempatan untuk saya bisa bertumbuh.
Gak jarang aku berharap suamiku lebih lembut dalam berkata-kata, gak to the point dan mengiris hati. Atau lebih romantis dan care. Ada saatnya aku berharap suamiku segera mengerjakan apa yang aku minta. Kalau suamiku gak melakukan yang kumau, aku bisa langsung ngambek atau mutung. Aku belajar kalau ada yang harus berubah dalam pernikahan kami, itu aku. Aku gak bertanggung jawab dengan perubahan suamiku, aku bertanggung jawab dengan diriku sendiri. Berespon benar dalam segala kesempatan yang Tuhan beri supaya aku bisa bertumbuh secara maksimal.Hanya Tuhan yang sanggup mengubahkan suamiku. Bagianku adalah mendoakan dia, mensupportnya dan berespon pada setiap kebutuhan suami.

➡️ Evaluasi diri, apa yang perlu berubah di aku lalu berusaha berubah. Semalam suami sempat bilang aku masih mutungan atau kalau gak dituruti maunya. Gak boleh gitu lagi.

‌Palangka Raya,  16 Januari 2019
-Mega Menulis-

Saturday, January 12, 2019

Amsal 12

Amsal 12

Scripture
Amsal 12:26 (TB)  Orang benar mendapati tempat penggembalaannya, tetapi jalan orang fasik menyesatkan mereka sendiri.

Observation
Aku bersyukur ada di BRG, berjuang dengan teman-teman yang sama-sama ingin konsisten mencintai firman Tuhan, yang bersedia dimurnikan firman Tuhan setiap hari sehingga semakin diubahkan menjadi serupa dengan Kristus. Ya, aku berada di tempat yang tepat dan aku bersyukur. Tapi apakah aku bersukacita saat digembalakan? Ada kalanya sih aku merasa kok banyak banget PR BRG, emang gak kurang banyak apa kerjaanku, hahaha, aku bekerja kantoran, ngurus rumah, anak dan suami pulak. Ngapalin ayat eh masih ditambahin PR. Belum buat PR, pakai baca buku bareng dan setor refleksi. Lol. Tapiii.... Saat aku berpikir seperti itu,  akuu diingatkan kalau aku sedang digembalakan. Kalau aku gak mengikuti tuntunan, aku sendiri yang rugi. Kayak menghapal ayat, awalnya berat, pengen mundur karena gak yakin bisa, tapi aku belajar taat, ternyata bisa! Dan banyak sekali manfaat yang aku rasakan, sewaktu galau,, Roh Kudus mengingatkan yang sudah aku baca, waktu butuh tiba-tiba firman Tuhan muncul di kepalaku. Ooo... Ini gunanya. Ketaatan ternyata belakangan memberikan pengertian dan berkat. Sekarang, kalau  ada challenge, walaupun aku gak terlalu excited aku berusaha melakukannya, berusaha taat dan percaya ada berkat yang tersedia waktu aku rela hati dituntun.

Aplication
✔️ Kalau aku mengakui berada di tempat penggembalaan, aku harus bersedia dituntun demi kebaikanku.
✔️ Aku mau bersukacita dalam setiap apa yang aku kerjakan

Prayer
Terima kasih Tuhan untuk komunitas BRG ini, tolong aku untuk berespon benar dalam setiap tuntunan. Aku mau mengerjakan segala sesuatu dengan sepenuh hati dan sukacita, bukan sekedar selesai. Tolong aku ya Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 12 Januari 2019
-Mega Menulis-

Friday, January 11, 2019

Mazmur 11, Amsal 11

Amsal 11

Scripture
Amsal 11:28 (TB)  Siapa mempercayakan diri kepada kekayaannya akan jatuh; tetapi orang benar akan tumbuh seperti daun muda.

Observation
Sebenarnya aku merasa bukan orang yang menganggap harta adalah segala-galanya. Tapi kok ya sejak ambil kredit rumah, duit berasa mepet. LoL. Emang sejak gaji dipotong awal bulan dengan nilai yang lumayan, mulai deh dag dig dug apakah sisanya akan cukup sampai akhir bulan. Berasa aman kalau tanggal sekian masih ada nilai sekian, lalu baca ayat ini dan berasa ditegur, lah emangnya hidup kami terjamin bergantung dengan jumlah simpanan. Bukankah Tuhan yang menjagai hidup kami sekeluarga.

Aplication
✔️  Aku harus tetap cermat dengan pengeluaran dan pemasukan,buat pos-pos pengeluaran yang bisa dihemat. Toh saat memutuskan untuk kredit rumah, kami sudah berhitung.
✔️ Kalau aku sudah cermat dalam keuangan, aku gak perlu kuatir karena aku sudah melakukan bagianku. Aku percaya Tuhan  yang mencukupkan segala keperluan kami.

Prayer
Tuhan, ampuni kekuatiranku masalah keuangan. Aku percaya Engkau yang mencukupkan keperluan kami. Aku mau belajar jadi penatalayan yang bertanggung jawab atas segala yang ada pada kami berapa pun itu. Amin.

Mazmur 11

Scripture
Mazmur 11:5 (TB)  TUHAN menguji orang benar dan orang fasik, dan Ia membenci orang yang mencintai kekerasan.

Observation
Duh. Sebenarnya aku merasa bukan orang yang mencintai kekerasan tapi akhir-akhir ini gemas melihat tingkah Sara yang menangis kalau gak dituruti. Belum lagi kalau dia sedang jealous sama adeknya, adeknya kalau main gak boleh dekat dia, kalau dekat didorong sampai terjatuh. Pernah gak sengaja, refleks aku pukul tangannya karena kaget melihat Sara mendorong adeknya. Setelah itu aku menyesal banget karena gak bisa mengendalikan diri. Aku minta maaf sama Sara lalu menjelaskan ke dia kenapa gak boleh kayak gitu.

Aplication
✔️ Gak main fisik ke Sara karena emosi tapi hanya dengan tujuan mendisiplin. Lakukan saat aku tenang.

Prayer
Tuhan, ampuni aku karena melakukan kekerasan ke Sara saat emosi. Aku gak mau menjadi orang yang mencintai kekerasan. Tolong aku ya Tuhan untuk mengendalikan diri. Amin.

Palangka Raya, 11 Januari 2019
-Mega Menulis-

Mazmur 10, Amsal 10

Amsal 10

Scripture
Amsal 10:31 (TB)  Mulut orang benar mengeluarkan hikmat, tetapi lidah bercabang akan dikerat.

Observation
Ternyata orang benar dapat dilihat dari apa yang dikeluarkan mulutnya. Ada hikmat di mulut orang benar. Jadiiii.... Ucapannya mengandung hikmat. Perkataan yang mengandung hikmat seperti apa?
👉 Bukan perkataan sia-sia:gosip, humor jorok,  cerita gak berguna.
👉 Menolong, memberkati dan menginspirasi yang mendengarnya
👉 Based on Firman Tuhan, bukan sekedar pemikiran sendiri atau dunia.

Aplication
✔️ Aku harus cek dan ricek sebelum ngomong, apakah yang akan kukatakan ini hikmat atau kebodohan.
✔️ Aku mau memberkati orang lain melalui perkataanku

Prayer
Tuhan, aku mau jadi orang benar yang mulutnya mengeluarkan hikmat. Pimpin lidahku dalam berkata-kata ya TUHAN. Amin.

Mazmur 10

Scripture
Mazmur 10:7 (TB)  Mulutnya penuh dengan sumpah serapah, dengan tipu dan penindasan; di lidahnya ada kelaliman dan kejahatan.

Observation
Kalau orang benar mengeluarkan hikmat, di sini dikatakan kalau lidah orang fasik penuh dengan :
👉 sumpah serapah
👉 tipu
👉 penindasan
👉 kelaliman
👉 kejahatan
Aku bergumul masalah 'tipu'  ini, terutama saat berhadapan dengan Sara. Saat menyuapi dia, aku seringkali menipu dia. Sara susah makan, jadi aku membujuknya dengan menipu dia, bilang sekali lagi aja suap atau gak mengajak maij di playground dekat rumah kalau gak makan, dll. Selama ini ada rasa bersalah karena melakukan itu, tapi membela diri dengan berkata kalau gak gini gimana caranya supaya Sara makan. Tapi hari ini diingatkan kalau ini menipu. Gak boleh lagi aku ulangi. Masak sih memberikan makan lebih penting dari hidup benar dan memberi teladan kejujuran buat Sara.

Aplication
✔️ Gak berbohong lagi sama Sara.

Prayer
Tuhan, ampuni aku karena menganggap ringan kebohonganku ke Sara. Aku mau jujur pada Sara ya Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 10 Januari 2019
-Mega Menulis-

Mazmur 9, Amsal 9

Amsal 9

Scripture
Amsal 9:13 (TB)  Perempuan bebal cerewet, sangat tidak berpengalaman ia, dan tidak tahu malu.

Observation
Aku gak mau jadi perempuan seperti di ayat ini, yang :
🌸  bebal cerewet
🌸 tidak berpengalaman
🌸 tidak tahu malu
Sering banget aku jatuh di dua hal pertama, mencereweti sekeliling saat keadaan gak terkendali dan mengulangi terus gak belajar dari pengalaman. Sudah sejak Sofia pulang dari RS,  Sara jadi susah tidur kalau malam, rewel minta ini itu, kalau gak diturutin akan menangis kencang sampai muntah, aku kesal dan mengomel lah malam-malam. Ngeselin banget kalau dah jam malam Sara, aku membentak dia, mengomeli dia, dia nangis makin kencang dan tidur makin malam. Begitu terus setiap malam. Duh. Semalam terjadi lagi, Sara rewel sebelum tidur, puji Tuhan dah sempat baca ayat inu, aku bertekad untuk gak mengulangi kesalahanku malam-malam sebelumnya. Aku berusaha untuk gak mengomel, aku ajak bernyanyi, aku gendong Sara, aku peluk Sara walaupun dah capek banget dan pengen marah. Puji Tuhan aku gak marah-marah, tapi saking lamanya bujuk dia, aku ketiduran deh.LOL. Tapi aku senang berhasil mengendalikan diri.

Aplication
Alu gak mau jadi perempuan bebal cerewet dan mengulangi kesalahanku:
✔️ Bersabar, gak membentak Sara dan mencereweti dia saat jam tidurnya, aku mau jadi mama yang tegas dan lembut.
✔️ Gak langsung defense saat ditegur suami, segera berubah.

Prayer
Tuhan, jangan biarkan aku jadi perempuan bebal cerewet yang gak belajar dari pengalaman dan terus melakukan kebodohan. Aku mau jadi bijal dan gak mengulangi kesalahanku. Tolong aku Tuhan. Amin.

Mazmur 9

Scripture
Mazmur 9:14 (TB)  (9-15) supaya aku menceritakan segala perbuatan-Mu yang terpuji dan bersorak-sorak di pintu gerbang puteri Sion karena keselamatan yang dari pada-Mu.

Observation
Saat aku berdoa minta Tuhan menolongku, apakah motivasiku? Untukku atau kemuliaan Tuhan? Saat aku berdoa supaya mampu melewati masalahku, pernahkah aku berpikir nantinya aku  bersaksi tentang kebaikanNya? Segala sesuatu bukan tentang aku, tapi tentang Allah. Bahkan saat aku selamat dari maut, melewati masalah, bersukacita dalam penderitaan, dan lain-lain,  bisa jadi *supaya aku menceritakan segala perbuatanNya yang terpuji dan bersorak-sorai karena Allah.*

Aplication
✔️ Aku gak boleh lupa bersaksi saat Tuhan menjawab doaku dan menceritakan perbuatanNya kepada orang lain.

Prayer
Tuhan, ampuni aku karena gak memuliakan Tuhan dengan bersaksi dan bersyukur saat Tuhan menjawab doaku. Aku mau menceritakan perbuatanMu ya TUHAN. Amin.

Palangka Raya, 9 Januari 2019
-Mega Menulis-

Amsal 8

Amsal 8

Scripture
Amsal 8:19 (TB)  Buahku lebih berharga dari pada emas, bahkan dari pada emas tua, hasilku lebih dari pada perak pilihan.

Observation
Buah hikmat lebih berharga dari emas tua dan perak pilihan. Apa buah dari hikmat?
👉 Kecerdasan
👉 Pengetahuan
👉 Kebijaksanaan
👉 Nasihat
👉 Pengertian
👉 Kekuatan
👉 Kekayaan
👉 Kehormatan
👉 Harta yang tetap
👉 Keadilan
Permulaan hikmat adalah takut akan TUHAN, jadi kalau aku mau merasakan buah hikmat, aku harus hidup dalam takut akan Tuhan.

Aplication
✔️  Aku harus hidup takut akan Tuhan, gak bisa nggak. Hidup selaras dengan firman Tuhan.
✔️ Gak boleh mengeraskan hati saat Tuhan tegur.

Prayer
Tuhan,  aku mau hidup takut akan Engkau. Jangan biarkan aku mengeraskan hatiku saat aku tahu bagaimana melakukan yang benar ya TUHAN. Amin.

Palangka Raya, 8 Januari 2019
-Mega Menulis-

Mazmur 7, Amsal 7

Amsal 7

Scripture
Amsal 7:24 (TB)  Oleh sebab itu, hai anak-anak, dengarkanlah aku, perhatikanlah perkataan mulutku.

Observation
Sedih sekali saat anak gak mendengarkan dan memperhatikan yang aku katakan. Hari ni aku membentak Sara karena gak mau berbagi mainan dengan adeknya dan selalu merebut apa yang dipegang adeknya. Ini terjadi untuk yang kesekian kalinya, membuat aku berpikir apalah selama aku menegur Sara, apakah dia benar-benar memperhatikan. Atau dia hanya mendengar sambil lalu.

Aplication
✔️ Saat menasihati anak, aku harus pastikan dia dalam keadaan 'FOKUS' memperhatikan kalau nggak, AKAN ada banyak hal yang dilewatkan.

Prayer.
Saat melihat Sara melakukan sesuatu yang salah padahal sudah diberi tahu, saat itu aku merasakan hatiMu saat aku berbuat dosa. Ampuni aku ya Tuhan, aku mau fokus mendengarkan Tuhan dan taat selalu. Amin.

Mazmur 7

Scripture
Mazmur 7:17 (TB)  (7-18) Aku hendak bersyukur kepada TUHAN karena keadilan-Nya, dan bermazmur bagi nama TUHAN, Yang Mahatinggi.

Observation
Mudah untuk berpikir kalau Tuhan gak adil saat sesuatu yang buruk menimpaku. Padahal kalau mau jujur, siapa yang gak adil, berani-beraninya aku berkata Tuhan gak adil hanya karena sedikit kemalangan sedangkan saat hal baik terjadi aku kemana aja? Tuhan itu adil, diberikanNya suka dan duka silih berganti dalam porsi yang pas. Aku dapat bersyukur karena sudah mengalami keduanya, kalau gak mungkin susah. Tuhan itu adil, aku yang sering gak adil.

Aplication
✔️ Aku mau bersyukur dalam segala hal. Aku mampu bersyukur karena Tuhan adil dalam segala jalanNya.

Prayer
Tuhan, aku bersyukur bagi keadilanMu dan bermazmur bagi namaMu sebab segala sesuatu yang terjadi dalam hidupku menunjukkan keadilanMu. Ampuni aku kalau saat kesusahan datang dan aku berpikir Tuhan gak adil.Amin.

Palangka Raya, 7 Januari 2019
-Mega Menulis-

Mazmur 6, Amsal 6

Mazmur 6

Scripture
Mazmur 6:9 (TB)  (6-10) TUHAN telah mendengar permohonanku, TUHAN menerima doaku.

Observation
Tuhan adalah Allah yang mendengar dan menerima doa. Ya, itu benar. Seperti Daud aku juga sudah mengalami bagaimana Tuhan menjawab doaku. Memang jawaban doa yang kuterima gak selalu seperti yang aku inginkan, tapi aku tahu Dia sungguh mendengarkan, aku menerima lebih dari yang aku minta. Aku menerima gak kurang dari yang terbaik menurut kasih karuniaNya.

Kesetiaan Daud berdoa (referee edengan Tuhan) memang menginspirasi. Daud menjadikan hubungan dengan Tuhan sebagai prioritas , ia datang oada Tuhan bukan hanya meminta sesuatu sekalipun dia tahu kalau Tuhan menerima permihonannya. Ia mencurahkan isi hatinya di hadapan Tuhan sebagaimana seorang kekasih.

Aplication
✔️ Aku datang kepada Tuhan bukan hanya saat meminta sesuatu sama Tuhan tapi untuk memiliki keintiman dengan Tuhan.

Prayer
Tuhan, aku mau datang kepada-Mu bukan hanya dengan permintaan tapi karena aku mengasihiMu. Terima kasih Tuhan karena selalu mendengarkan doaku. Amin.

Amsal 6

Scripture
Amsal 6:6 (TB)  Hai pemalas, pergilah kepada semut, perhatikanlah lakunya dan jadilah bijak:

Observation
Tuhan bisa pakai apa dan siapa saja untuk mengajarku, semut sekalipun. Tuhan bisa ajar aku saat aku mau tuntuk dan taat sama Tuhan. Kalau aku merasa gak ada yang bisa kupelajari, berarti aku sudah sombong. Misalnya, aku mendengar orang lain menasihatiku, dalam hati aku ngomong, "Ah, udah tahu". Itu sikap hati yang gak benar.

Aku bisa belajar dari siapa pun kalau aku mau mengambil waktu untuk memperhatikan dengan seksama dan bertanya sama Tuhan, "Tuhan, apa yang Tuhan ingin aku pelajari dari orang ini".

Aplication
✔️ Tuhan bisa pakai siapa pun untuk mengajarku kalau aku mau. Aku mau perhatikan sekelilingku dan belajar dari mereka.

Prayer
Tuhan, aku mau belajar dari siapa pun yang ada di sekelilingku. Berikanku hati yang lemah lembut dan mau diajar ya TUHAN. Amin.

Palangka Raya, 6 Januari 2019
-Mega Menulis-

Mazmur 5

Mazmur 5

Scripture
Mazmur 5:1 (TB)  Untuk pemimpin biduan. Dengan permainan suling. Mazmur Daud. (5-2) Berilah telinga kepada perkataanku, ya TUHAN, indahkanlah keluh kesahku.

Observation
Terpujilah Tuhanku yang sungguh mendengarkan keluh kesahku. Semalam kami sekeluarga menginap di RS karena hujan besar dari sore. Pagi ini aku mencari sarapan di luar RS sambil rencananya memanaskan motor karena anak-anak sedang nempel sama papanya dan gak mau ditinggalin papanya. Motorku susah diengkol ternyata gara-gara semalaman dingin terguyur hujan, biasa emang suami sih yang tiap pagi panasin motor sebelum kupakai, jadi aku gak merasakan capeknya engkol motor. Hari ini beda. Duh, dah pegel aja nih engkolin motor. Bersyukur masih punya motor tapi ya kok nyusahin ya tiap pagi. Tiba-tiba seorang bapak yang motornya diparkir di ujung jalur parkir motor di seberangku menawarkan diri mengengkol motorku, "Saya coba ya bu". Cukup lama dia mencoba sampai akhirnya bisa. Kami mengobrol dan istri bapak itu ternyata sakit kanker dan sudah dikemo sebanyak 4 kali, hari ini dia ke RS untuk cek darah. Saat sedang kesusahan pun dia masih memberi diri menolong orang lain. Baik sekali.
Tuhan memperhatikan keluh kesahku dan kirimkan bapak itu, bukan cuma untuk menolongku tapi mengingatkanku. Keluhanku tentang motorku gak sebanding dengan apa yang dialami bapak itu. Bahkan orang yang sedang kesusahan pun bisa jadi berkat buat orang lain kalau gak hanya fokus mikirin diri sendiri, contohnya bapak itu.

Aplication
✔️ Ya TUHAN memang mendengarkan keluhan, tapi aku gak mau lagi ah dikit-dikit ngeluh. Pilih untuk bersyukur dalam setiap kesempatan buat mengeluh Meg! Pilih untuk jadi berkat! I can with  God's grace  

Prayer
Tuhan, terima kasih buat bapak yang menolongku pagi ini. Kalau Tuhan berkenan, sembuhkanlah istrinya ya TUHAN. Terima kasih juga Tuhan dah ingatkan aku bersyukur. Aku mau memilih bersyukur. Aku mau jadi berkat. Amin.

Palangka Raya, 5 Januari 2019
-Mega Menulis-

Mazmur 4, Amsal 4

Mazmur 4

Scripture
Mazmur 4:8 (TB)  (4-9) Dengan tenteram aku mau membaringkan diri, lalu segera tidur, sebab hanya Engkaulah, ya TUHAN, yang membiarkan aku diam dengan aman.

Observation
Bisa bangun dan tidur dengan tenteram adalah karunia Tuhan. Ada orang-orang yang selama ini gak bisa tidur dengan tenteram dan tenang, entah karena sakitnya, entah karena kekuatirannya. Kebaikan Tuhan semata membuatku bisa tidur semalam. Aku percaya Tuhan tolong dan menjaga Sofia. Aku bisa tidur dengan tenang. Aku percaya Tuhan yang sembuhkan melalui tangan dokter, perawat, dan petugas medis yang lain.

Aplication
✔️ Bersyukur untuk waktu istirahat yang Tuhan berikan bagi kami sekeluarga, walaupun Sofia dan suamiku harus tidur di RS malam ini. Bersyukur semalam aku tinggalkan Sofia sudah bisa tidur dengan nyaman.

Prayer
Tuhan, terima kasih untuk waktu istirahat kami sekeluarga. Walaupun keadaan seperti ini, Tuhan berikan tidur yang nyaman. Terima kasih ya Tuhanku. Amin.

Amsal 4

Scripture
Amsal 4:23 (BIMKJagalah hatimu baik-baik, sebab hatimu menentukan jalan hidupmu.

Observation
Sempat berpikir, kok awal tahun ada aja kejadian gak enak kayak gini ya (Sofi sakit dan masuk RS),  kenapa sih Tuhan izinkan ini terjadi. Kenapa dan kenapa terpikirkan. Lalu baca ayat ini, aku mau stop mikirin kenapa. Aku mau ingat Filipi 4:8 sepanjang hari ini, aku mau jaga hatiku karena itu yang akan menentukan responku.

Aplication
✔️ Pikirkan yang ada di Filipi 4:8. Jangan mikir macam-macam. Aku mau jaga hati supaya tetap dalam kondisi mengucap syukur.

Prayer
Tuhan, aku mau jaga hatiku dan mengucap syukur sepanjang hari ini. Tolonglah aku yang lemah ini. Amin.

Palangka Raya, 4 Januari 2019
-Mega Menulis-

Mazmur 3, Amsal 3

Amsal 3

Scripture
Amsal 3:1-2 (TB)  Hai anakku, janganlah engkau melupakan ajaranku, dan biarlah hatimu memelihara perintahku,
karena panjang umur dan lanjut usia serta sejahtera akan ditambahkannya kepadamu.

Observation
Baca ayat ini bener-bener langsung merhema, secara bulan ini umurku akan bertambah. Hanya karena kasih karunia Tuhan sebentar lagi aku akan berulang tahun yang ke-34. Sungguh bersyukur karena gak semua orang sampai di umur ini, teringat beberapa kejadian bencana akhir-akhir ini dan banyak korban berusia muda. Sepupu suami yang bulan November tahun kemarin meninggal padahal usianya lebih muda dariku dan belum mempunyai anak. Umur adala misteri.

Kalau sampai saat ini Tuhan masih beri umur panjang dan sejahtera, berarti aku gak boleh melupakan ajaran Tuhan dan harus memelihara perintahNya. Tuhan aja gak pernah melupakanku 😉 Hidup dalam ketaatan Meg!

Sempat terlintas dalam pikiranku, "Aku sudah panjang umur, tapi sudahkah aku sejahtera?" Lalu seperti ada alarm yang mengingatkanku untuk mulai mengucap syukur dan menghitung berkat-berkatku. Yes! Aku fokus pada berkat Tuhan dan hatiku mulai limpah dengan syukur. Terpujilah Tuhan.

Aplication
✔️  Semakin bertambah umur, aku harus semakin taat sama Tuhan. Katanya orang makin tua makin pikun, tapi aku makin tua gak boleh lupa ajaran Tuhan.
✔️ Aku harus ambil waktu untuk bersyukur. Mulai buat gratitude journal, gak bolong-bolong lagi.

Prayer
Tuhan, terima kasih kalau aku ada sebagaimana aku ada sekarang karena kebaikanMu semata. Ajarlah aku menghitung hari-hariku ya TUHAN, supaya aku beroleh hati yang bijaksana. Amin.

Mazmur 3

Scripture
Mazmur 3:5 (TB)  (3-6) Aku membaringkan diri, lalu tidur; aku bangun, sebab TUHAN menopang aku!

Observation
Semalam aku dan Sara pulang dari RS jam 12 malam, sementara Sofia dan suami menginap di RS.  Sampe rumah langsung aku ajak tidur Sara karena belum ada istirahat dia, terpaksa kami bawa ke RS karena gak ada yang jagain. Ini terbangun dan baca ayat ini merasakan benar kalau bisa bangun tidur sungguh karena Tuhan. Capek sekali rasanya tapi Tuhan beri kekuatan untuk bangun. Jadi ngeh, selama ini bisa bangun dari tidur setiap hari sungguh hanya karena topangan Tuhan,ada orang-orang yang gak bisa bangun dari tidurnya untuk selamanya alias meninggal dalam tidurnya.

Aplication
✔️ Aku bersyukur bisa bangun dari tidur dengan sehat dan segar walaupun semalam di IGD sampai tengah malam. Aku mau terus bersyukur hari ini.

Prayer
Tuhan, terima kasih aku bangun setiap pagi karena topanganMu. Ampuni aku yang selama ini lupa mensyukuri hal ini. Terima kasih karena mengingatkanku. Amin.

Palangka Raya, 3 Januari 2019
-Mega Menulis-

Mazmur 2, Amsal 2

Mazmur 2

Scripture
Mazmur 2:10 (TB)  Oleh sebab itu, hai raja-raja, bertindaklah bijaksana, terimalah pengajaran, hai para hakim dunia!

Observation
Pagi tadi aku sudah baca pasal ini tapi belum dapat rhema. Nah, hari ini bosku memintaku membuat surat ke instansi lain. Sudah kubuat, tapi begitu stafku meminta tanda tangannya eh bosku malah bilang dia mau buat ulang suratnya. Saat stafku mengabariku awalnya ada perasaan kecewa, kenapa sih aku gak dipanggil saja dan diberi tahu apa salahnya, kok malah bosku ambil alih. Ingin kudatangi rasanya bosku untuk tahu apa kesalahan di surat itu. Aku teringat ayat di atas dan memilih diam saja untuk menenangkan diri. Saat aku kembali jam istirahat ada sura
surat  yang dikoreksi dari bosku dan gak lama dia datang langsung ke aku bilang, "Bu, ini saya koreksi ya". Aku bisa langsung tersenyum dan bilang, "Ya bu, terima kasih, akan saya perbaiki".  Saat ngomong gitu, aku lega banget.

Aku menyadari kalau aku memang baru di kantor ini dan aku perlu terus belajar. Ayat di atas mengingatkanku juga kalau orang yang bijaksana harus bersedia menerima pengajaran. Gak ada gunanya bersikap sok tahu,apalagi sok pintar. Gak perlu gengsi bertanya.

Aplication
✔️ Aku harus banyak bertanya dengan orang lama di kantor ini, jangan segan bertanya kepada yang lebih tahu.
✔️ Saat aku diberi tahu gak usah merasa tersinggung, belajar menerima pengajaran dengan sikap hati yang nenar

Prayer
Tuhan aku mau menjadi bijaksana dengan menerima pengajaran. Tolong aku supaya terus mau diajar. Amin.

Amsal 2

Scripture
Amsal 2:1 (TB)  Hai anakku, jikalau engkau menerima perkataanku dan menyimpan perintahku di dalam hatimu,

Observation
Menerima dan menyimpan. Jangan cuma terima doang tapi gak disimpan. Gitu juga sebaliknya, disimpan tapi gak diterima. Contoh nih, saat ada ayat hapalan, ngapal doang dan ingat, tapi gak dilakukan.

Aplication
✔️ Aku mau menghapal (menyimpan) ayat Alkitab dan melakukan (menerima)

Prayer
Tuhan, aku mau menerima dan menyimpan perkataanMu dalam hatiku. Tolong aku ya Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 2 Januari 2019
-Mega Menulis-

Tuesday, January 1, 2019

Mazmur 1, Amsal 1

Mazmur 1

Scripture
Mazmur 1:3 (TB)  Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil.

Observation
Jadi ingat pelajaran di Kelas Berbuah dulu. Buah ada dua macam :buah ke dalam (buah roh, karakter) dan buah ke luar (membawa jiwa pada Kristus). Yes! Aku akan berbuah pada musimnya. Mungkin pada musim ini aku gak membawa banyak jiwa pada Kristus tapiiiii... Tuhan sedang mengerjakan lebih banyak buah ke dalam, ada karakterku yang setiap hari dibentuk menjadi serupa dengan Kristus, ada buah roh yang dinikmati banyak orang. Aku percaya Tuhan.

Bagaimana aku bisa berbuah? Ayat sebelumnya berbicara tentang menyukai taurat Tuhan dan merenungkannya siang dan malam. Dulu aku pengen banget setiap hari menghapal 1 ayat tapi gak ada akuntabilitas dan kurang komitmen, gagal deh. Puji Tuhan, mulai tahun kemarin menghapal dan merenungkan firman Tuhan bersama member BRG yang lain. Ternyata bukan seberapa banyak yang aku hapal yang penting, tapi seberapa banyak yang aku renungkan dan aku lakukan.

Aplication
✔️ Semakin diteguhkan buat menghapal dan merenungkan firman Tuhan di tahun 2019 ini.

Prayer
Tuhan, aku mau berbuah bagi kemuliaan-Mu. Biarlah setiap ayat yang aku renungkan siang dan malam tahun ini sungguh aku lakukan. Amin.

Amsal 1

Scripture
Amsal 1:7 (TB)  Takut akan TUHAN adalah permulaan pengetahuan, tetapi orang bodoh menghina hikmat dan didikan.

Observation
Sejujurnya aku gak terlalu bersemangat saat tahu harus baca Amsal lagi, masih pengen baca Mazmur (ya, kitab Mazmur adalah kitab favoritku). Bo, baca Amsal setiap bulan selama setahun lebih, sampai bingung kadang gak dapat rhema dah berulang kali baca. Tapiiii.... Aku diingatkan lewat bacaan Amsal 1 bahwa kitab Amsal penuh dengan hikmat, didikan, pengetahuan, kecerdasan, pertimbangan, nasihat, peringatan, dan banyak yang aku perlukan untuk menjalani hari-hariku di tahun 2019 ini. Tidakkah aku percaya kalau Tuhan sanggup berbicara lewat kitab apapun yang kubaca, sekalipun berulang kali kubaca?

Dan sempat surprise karena bulan ini masih baca Mazmur,  yay! Tuhan sungguh tahu aku masih mau baca Mazmur 😉

Aplication
✔️ Aku mau baca Amsal setiap hari dengan sikap hati yang benar, berdoa dan bilang sama Tuhan:Tuhan, bicaralah dengan jelas lewat Amsal yang kubaca hari ini dan pimpin aku melakukan kehendakMu.

Prayer
Tuhan, aku percaya Engkau akan bicara banyak buatku tahun ini lewat Amsal sekalipun sudah kubaca berulang kali. Ampuni aku ya Tuhan kalau aku sempat meremehkan hikmat dan didikan. Aku mau membaca Amsal setiap hari dengan hati yang tertuju padaMu. Amin.

Palangka Raya, 1 Januari 2019
-Mega Menulis-

Wahyu 22

Wahyu 22

Scripture
Wahyu 22:7 (TB)  "Sesungguhnya Aku datang segera. Berbahagialah orang yang menuruti perkataan-perkataan nubuat kitab ini!"

Observation
Tuhan datang segera! Wow! Mengetahui ini saja rasanya sudah mendatangkan semangat dan sukacita. Saat Dia datang, aku mau kedapatan sedang melakukan kehendakNya, hidup dalam kehendakNya.

Aplication
✔️ Aku gak mau sekedar tahu kehendak Tuhan, tapi yang terpenting melakukan firmanNya.

Prayer
Tuhan, ampuni aku kalau aku membaca firman Tuhan hanya sekedar untuk tahu dan bukan untuk taat sama apa yang Tuhan mau. Aku mau menjadi pelaku firman. Amin.

Palangka Raya, 31 Desember 2018
-Mega Menulis-

Wahyu 21

Wahyu 21

Scripture
Wahyu 21:4 (TB)  Dan Ia akan menghapus segala air mata dari mata mereka, dan maut tidak akan ada lagi; tidak akan ada lagi perkabungan, atau ratap tangis, atau dukacita, sebab segala sesuatu yang lama itu telah berlalu."

Observation
Berhubung mau ganti tahun jadi baca ayat ini langsung ingat segala sesuatu yang terjadi tahun ini. Ada tangis di tahun ini dan pasti ada tangis lagi di tahun depan. Bedalah dengan di ayat ini saat Yerusalem baru,luar biasa ma ini. Tapi satu hal, meskipun tahun depan ada hal-hal yang mendatangkan  dukacita tapi ada Tuhan yang beri kekuatan dan sekali-kali gak akan pernah meninggalkanku.

Aplication
✔️ Aku percaya Tuhan yang menyertaiku di tahun 2018 juga akan menyertaiku di tahun 2019 nanti. PenyertaanNya sempurna dalam suka suka dukaku.

Prayer
Tuhan, aku bersyukur untuk tahun 2018 yang akan berlalu ini, aku merasakan kebaikan dan penyertaan Tuhan. Aku percaya tahun depan pun aku merasakan lagi penyertaanMu.Terima kasih
Tuhan buat tahun yang akan berlalu dan yang akan datang. Amin.

Palangka Raya, 30 Desember 2018
-Mega Menulis-

1 Timotius 5-6

1 Timotius 5 Scripture        1 Timotius 5:18 (TB)  Bukankah Kitab Suci berkata: "Janganlah engkau memberangus mulut lembu yang seda...