.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Tuesday, February 26, 2019

Amsal 24, Mazmur 55

Mazmur 55

Scripture      
Mazmur 55:22 (TB)  (55-23) Serahkanlah kuatirmu kepada TUHAN, maka Ia akan memelihara engkau! Tidak untuk selama-lamanya dibiarkan-Nya orang benar itu goyah.

Observation
Ayat hapalan bulan ini juga bicara tentang kekuatiran (Filipi 4:6) dan apa yang aku kuatirkan kebanyakan gak terjadi, artinya semua yang aku kuatirkan hanyalah hasil kreativitas pikiranku untuk memikirkan yang negatif. Bagaimana kalau terjadi begini, bagaimana kalau terjadi begitu,  tapi semuanya negatif.
Bulan ini aku punya banyak kekuatiran: kuatir suami dan Sofi sakitnya gak sembuh-sembuh, kuatir uang bulanan kurang, kuatir masalah kerjaan di kantor, kuatir polisi ambil alih eselon di BNN, kuatir hamil (gara-gara telat mens sampe 3 minggu), dll. Begitu banyak yang aku kuatirkan! Terus dah gitu gak terjadi pulak!  Bener-bener bikin stres diri sendiri aja mikir negatif gitu. Daripada dipikirin sendiri dan pikiran semakin aneh-aneh, mending cut dengan doa dan confess firman.


Aplication
✔️ Aku harus menyatakan kekuatiranku dan menyerahkan kekuatiranku kepada TUHAN supaya damai sejahteraNya yang melampaui segala akal memelihara hati dan pikiranku.
✔️ Stop over thinking! Terutama mikirin yang jelek-jelek or negatif. Ingat Filipi 4:8.
✔️ Confess firman yang berkaitan dengan kekuatiran!

Prayer
Tuhan, ampuni aku yang sering kuatir ini. Aku mau serahkan segala kekuatiranku kepada Tuhan dan menikmati pemeliharaan Tuhan. Biarlah setiap kekuatiranku menjadi alarm untuk berdoa dan makin bergantung sama Tuhan. Amin.

Amsal 24

Scripture      
Amsal 24:17-18 (TB)  Jangan bersukacita kalau musuhmu jatuh, jangan hatimu beria-ria kalau ia terperosok,
supaya TUHAN tidak melihatnya dan menganggapnya jahat, lalu memalingkan murkanya dari pada orang itu.

Observation
Dalam bulan ini dua kali dapat kabar kalau orang yang pernah menjahati kami (aku dan suami) ditimpa masalah. Pertama, orang yang menipu kami masalah pemberian rumah tahun kemarin. Kalau teman-teman masih ingat ceritanya, kami sudah bayar dp rumah tapi malahan rumahnya dijual ke orang lain dan uang dp kami ditahan cukup lama. Entah bangkrut atau apa, kemarin suami lihat rumah tempat tinggal orang itu ditawarkan di forum jual beli. Lalu, seorang yang mau berbuat curang ke suami, urusan dokumennya ditunda ditandatangani orang dinas sehingga 14 tongkang tertahan dan gak bisa jalan. Padahal sewa tongkang kan mahal, kalau telat ada biaya tambahan yang lumayan.
Dengar kabar itu, beneran hati ini kayak diuji untuk gak bersukacita atas kemalangan yang menimpa mereka. Yang sempat terucap ke suami:"Semoga gak laku rumah orang itu".Dan ditegur suami karena harusnya bersyukur kami gak jadi beli rumah sama orang itu, akhirnya Tuhan izinkan kami dapatkan rumah yang lebih murah, lebih dekat kantorku pulak.
Sejujurnya, bener-bener tergoda untuk berkata: Rasain. Syukurin. Dll sejenisnya. Duh, baca ayat ini langsung berasa ditegur lagi. Hatiku ternyata gak benar. Aku sempat mengharapkan yang gak baik bagi orang lain. Padahal Tuhan gak mau aku bersukacita melihat orang lain jatuh. Bukan sekedar gak boleh tapi itu jahat di mata Tuhan!

Aplication
✔️ Jaga hati Meg! Jangan menginginkan yang jahat bagi orang lain.
Prayer
Tuhan, ampuni aku karena bersukacita melihat kejatuhan orang lain bahkan mengharapkan yang buruk menimpa mereka. Biarpun orang lain jahat, aku gak mau ikut-ikutan. Aku gak mau kedapatan Tuhan melakukan yang jahat. Tolong aku menjaga pikiranku dan mulutku ya Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 24 Februari 2019
-Mega Menulis-

No comments:

Mikha 2 & Mikha 3

Mikha 2 Scripture        Mikha 2:6 (TB)  "Janganlah ucapkan nubuat," kata mereka itu, "orang tidak mengucapkan nubuat sepe...