.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Wednesday, February 27, 2019

Amsal 26, Amsal 27 dan Mazmur 57

Mazmur 57

Scripture      
Mazmur 57:9 (TB)  (57-10) Aku mau bersyukur kepada-Mu di antara bangsa-bangsa, ya Tuhan, aku mau bermazmur bagi-Mu di antara suku-suku bangsa;

Observation
Aku mau...
Aku mau...
Mau doang tapi kalau gak ada action apa jadinya? Aku juga mau bersyukur setiap waktu, aku juga mau bersyukur dalam segala hal. Tapiii....? Sudahkah aku benar-benar bersyukur setiap hari? Niat doang kalau ga ada tindakan ga akan membawaku kemana-mana.
Ternyata kalau gak didisiplin untuk bikin Gratitude Journal, susah lo punya habit untuk mengucap syukur. Kalau kau punya 'gaya hidup'  yang mengucap syukur memang harus mulai dengan disiplin, memaksa diri sampai benar-benar jadi gaya hidup.
Aplication
✔️ Buat gratitude journal lagi Meg!


Prayer
Tuhan, aku mau berbuat dan gak hanya sekedar  mau dan mau. Aku bersyukur kepada-Mu Tuhan atas segala yang terjadi dalam hidupku. Aku bersyukur buat kecukupan yang Tuhan berikan bulan ini bagi kami. Padahal aku sudah kuatir dari awal bulan, tapi pemeliharaan Tuhan sungguh sempurna atas kami. Terima kasih Tuhan. Amin.

Amsal 27

Scripture      
Amsal 27:23 (TB)  Kenallah baik-baik keadaan kambing dombamu, perhatikanlah kawanan hewanmu.

Observation
Dalam beberapa hal, Sara dan Sofia memiliki beberapa kesamaan tapi ada juga perbedaan. Apalagi suamiku, hahaha. Beberapa waktu lalu seorang teman share tentang Lima Bahasa Kasih. Jadi ingat kalau bahasa kasih seseorang berbeda-beda, jadi kalau ingin love tank mereka penuh aku harus berbicara dengan bahasa kasih yang mereka mengerti.  Apalagi kami serumah kayaknya beda-beda nih bahasa kasihnya.

Aplication
Mengasihi orang rumah dengan bahasa kasihnya
✔️ Suami (pelayanan) : Setiap hari sempatkan buatkan kopi buat suami. Hal yang sering aku abaikan karena buru-buru ke kantor. Kalau gak sempat pagi,  sore harus aku sempatkan.
✔️ Sara (waktu berkualitas) : Sebelum tidur sediakan waktu khusus buat Sara entah baca Alkitab, main, baca buku, nyanyi atau dengar dia cerita. Karena Sofia biasanya duluan tidur dan Sara gak senang 'berbagi'  mamanya.
✔️  Sofia (sentuhan): Sediakan waktu untuk gendong Sofia agak lama. Aku kadang gak mau lama gendong karena Sofia kalau dah gendong trus ditaruh jadi rewel. Tapi kalau itu memang bahasa kasihnya,aku mau cpba penuhi.

Prayer
Tuhan, jangan biarkan aku mengabaikan mereka yang sudah Tuhan percayakan kepadaku. Aku mau mereka merasakan kasih Tuhan lewat aku. Tolong aku mengasihi mereka Tuhan. Amin.

Amsal 26

Scripture      
Amsal 26:21 (TB)  Seperti arang untuk bara menyala dan kayu untuk api, demikianlah orang yang suka bertengkar untuk panasnya perbantahan.

Observation
Aku sekarang gak mau memperpanjang pertengkaran  dan berbantahan apalagi dengan orang yang aku tahu suka cari masalah, gak ada gunanya. Sekali pun kita benar, dia akan selalu punya balasan.
Kemarin seorang rekan kerjaku melapor kalau ada kasi yang gak mau menandatangani Perjanjian Kinerja yang sudah aku buat. Lalu aku bilang ya sudah kalau gak mau, toh dia juga yang harus menjawab kalau inspektorat masuk. Terus tadi pagi tahu-tahu bapak ini malah mendatangiku dan minta format PK diubah sesuai maunya, padahal sudah ada format bakunya. Awalnya aku mendebatnya, tapi seketika aku sadar ga ada gunanya. Kalau gak mau ya sudah. Saat aku diam, eh.... Orang-orang seruanganku yang mendebat bapak itu. Rupanya si bapak emang suka buat masalah. Untung aku gak memperpanjang masalah.

Aplication
✔️  Saat berbicara dengan seseorang,lihat orangnya. Kalau memang suka berdebat yang ga ada gunanya, tinggalin aja.

Prayer
Tuhan, berikanku hikmat untuk tahu saatnya  diam dan saatnya bicara. Jangan biarkan aku dengan egoku untuk berdebat, ajar aku untuk berdiam saat aku harus berdiam. Amin.

Palangka Raya,  26 Februari 2019
-Mega Menulis-

No comments:

Sacred Marriage (Chapter 12)

Pernikahan dapat menjadi sarana yang indah untuk melihat kehadiran Tuhan dalam kehidupan sehari-hari. Sebagaimana sebuah sarana gak mendata...