.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Monday, March 11, 2019

Bumbu Dasar Wajib Stok di Rumahku



Sebagai istri, mamak dua anak dan pekerja kantoran, resep ini sudah menolongku bertahun-tahun (tsahhh…). Secara, aku ini aslinya gak bisa masak. Percaya gak percaya, tiap mau masak aku harus tanya Mbah Google lo resepnya apa, eh kecuali kalau masak Indomie, telor ceplok dan masak air. Kenapa aku bilang resep ini menolong banget?
-       Kalau mau masak tinggal potong bahan, berhubung bumbu dah ready tinggal sreng-sereng dong. Paling nambahin sejenis serai, daun salam, daun jeruk, lengkuas dan teman-temannya. Tertolong banget kan masalah waktu.
-       Jadi jarang tanya Mbah Google, wakakakak. Mau masak gulai tinggal pakai bumbu orange yang ditambahin santan, serai dan daun jeruk. Mau masak rica tinggal bumbu kuning yang ditambahin serai, daun jeruk dan lombok. Mau masak nasi goreng tinggal pakai bumbu merah atau putih. Pokoke tinggal padu padan bumbu dasar aja.



Resep Rudi Choiruddin
Resep bumbu dasar ini aku dapat dari Mbah Google juga dan aku sempat share di Instagramku dengan caption Resep Rudi Choiruddin. Aku gak nyimpan link aslinya. Pas aku searching lagi, banyak artikel yang juga cantumin sebagai resep Rudi Choiruddin. Memang dari Om Rudi deh ini (sejak kapan jadi Om-mu Meg?)

BUMBU DASAR MERAH 
Bumbu yang dapat dipergunakan seluruh masakan Indonesia yang berwarna merah (tumisan,nasi goreng, sambal goreng dll) hanya menambah bahan bumbu seperti daun salam, sereh,lengkuas. 

Bahan :
-          400 gr cabe merah ( buang bijinya)
-          100 gr bawang merah
-          50 gr bawang putih
-          100 gr tomat
-          20 gr terasi
-          100 gr gula pasir
-          15 gr garam
-          100 ml minyak goreng ( saat blender )
-          100 ml minyak goreng ( saat menumis )


BUMBU DASAR PUTIH 
Bumbu yang dapat dipergunakan seluruh masakan Indonesia yang berwarna putih seperti ( soto-sotoan ) hanya menambah bahan bumbu seperti salam, daun jeruk,serai misalnya rawon, semur, bisa juga untuk tumisan, mi goreng, dan oseng-oseng. 

Bahan :
-          250 gr bawang merah
-          100 gr bawang putih
-          50 gr kemiri
-          3 cm lengkuas dirajang halus
-          2 sdt garam
-          2 sdt gula pasir
-          100 ml minyak goreng ( saat blender )
-          100 ml minyak goreng ( saat menumis ) 
-           
BUMBU DASAR ORANYE
Bumbu ini untuk kari, gulai, rendang, dan macam-macam masakan yang berwarna oranye. 

Bahan : 
-          300 gr cabe merah buang bijinya
-          1 sdt jintan
-          1 sdt adas manis bubuk
-          2 1/2 sdm ketumbar bubuk
-          100 gr kemiri
-          150 gr bawang putih
-          500 gr bawang merah
-          25 gr kunyit
-          20 gr jahe
-          20 gr lengkuas2 sdt lada bubuk
-          3 1/2 sdt garam
-          2 sdt gula
-          100 ml minyak goreng ( saat blender )
-          100 ml minyak goreng ( saat menumis ) 
-           
BUMBU DASAR KUNING
Bumbu ini misalnya untuk macam-macam soto, pesmol, acar, terik daging, sampai bumbu ayam goreng dan mi goreng. 

Bahan : 
-          100 gr kemiri
-          150 gr bawang putih
-          500 gr bawang merah
-          25 gr kunyit
-          20 gr jahe
-          20 gr lengkuas
-          1 sdm lada bubuk
-          2 1/2 sdt garam
-          2 sdt gula pasir
-          100 ml minyak goreng ( saat blender )
-           100 ml minyak goreng ( saat menumis ) 

Cara membuat :

Haluskan semua bahan kecuali gula dan minyak untuk menumis hingga halus benar. Panaskan minyak untuk menumis hingga panas betul kemudian masukkan bumbu yang dihaluskan.Tumis hingga harum dan matang, tambahkan gula pasir, dinginkan,siap digunakan.

TIPS :
-     - Aku sekali buat bumbu dasar ini bisa 2 atau 3 kali resep, tergantung mana yang paling sering aku pakai. So far berhubung suami hobinya gulai-gulai gitu. Bumbu oranye yang paling banyak aku buat. Pokoke sesuai kebutuhan aja.
-     - Berhubung aku punya bayi yang belum makan gula garam, waktu bikin bumbu dasar aku gak masukin garam atau gula. Jadi pas masak pakai bumbu ini, kasih dulu lauknya. Ntar kalau dah masak, ambilkan dulu buat anakku, sisanya baru aku tambahin guyla garam.
-       - Kalau aku mau buat masakan baru, aku cek resepnya di Google. Terus bandingkan sama bumbu dasar yang aku punya, mana yang bumbunya paling mendekati, nah itu yang aku pakai. Jadi aku tinggal nambahin deh yang lainnya. Misal untuk Soto Betawi aku pakai bumbu kuning tambahin daun bawang, daun salam, serai, daun jeruk, santan, tomat, kentang, daging.  Udah deh.

Aslinya aku malas masak, hahaha. Tapi sejak nyadar kalau jauh lebih hemat (aku mamak irit ya booo…), aku pilih masak disbanding beli. Lumayan bo bedanya dibanding beli. Hidup mamak irit! Wakakakak. Siapa bilang mamak pekerja gak bisa masak buat orang rumah? Semangat mamak-mamak! ^^V

Palangka Raya, 11 Maret 2019
-Mega Menulis_



No comments:

Sacred Marriage (Chapter 12)

Pernikahan dapat menjadi sarana yang indah untuk melihat kehadiran Tuhan dalam kehidupan sehari-hari. Sebagaimana sebuah sarana gak mendata...