.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Tuesday, April 30, 2019

Hagai 2, Amsal 30, Amsal 31

Amsal 30

Scripture      
Amsal 30:15 (TB)  Si lintah mempunyai dua anak perempuan: "Untukku!" dan "Untukku!" Ada tiga hal yang tak akan kenyang, ada empat hal yang tak pernah berkata: "Cukup!"

Observation
Akhir-akhir ini aku benar-benar belajar mencukupkan diri dengan apa yang kumiliki. Kesal melihat HP yang semakin sering mati akhir-akhir ini. Pengen sekali beli HP baru. Semakin tergoda dengan cicilan kredit 0% setahun untuk beli HP tapi aku sama suami komitmen ga mau utang konsumtif. Yo wes lah.

Aplication
✔️ Menggunakan yang ada dan bersyukur. Saat melihat HP ini, aku bersyukur masih bisa hidup ni HP, meskipun bisa mati tiba-tiba.

Prayer  
Tuhan, aku mau puas dengan keadaan HPku saat ini. Tolong aku untuk selalu bersyukur. Amin.

Amsal 31

Scripture      
Amsal 31:21 (TB)  Ia tidak takut kepada salju untuk seisi rumahnya, karena seluruh isi rumahnya berpakaian rangkap. 

Observation
Aku bukan orang yang suka belanja baju jadi kurang perhatikan untuk beli pakaian kalau gak butuh amat. Aku jadi ingat, sambil lalu beberapa hari yang lalu suami bilang pengen beli celana panjang, dia emang jarang banget beli pakaian karena dia apik banget sama barangnya.

Aplication
✔️ Weekend mau beli celana panjang buat suami.

Hagai 2

Scripture      
Hagai 2:3 (TB)  (2-4) Masih adakah di antara kamu yang telah melihat Rumah ini dalam kemegahannya semula? Dan bagaimanakah kamu lihat keadaannya sekarang? Bukankah keadaannya di matamu seperti tidak ada artinya?

Observation
Kemegahan bait suci gak seperti awal baru dibangun. Sekarang, bagaimana dengan diriku sebagai bait Allah, apakah sudah sesuai rancangan awal Allah? Tempat Roh Kudus berdiam di dalamnya. Benarkah Allah sungguh bertahta dalam hati dan hidupku?

Aplication
✔️  Kalau sungguh Allah yang bertahta dalam hidupku, aku harus hidup dalam ketaatan kepada Allah.

Palangka Raya, 30 April 2019
-Mega Menulis-

Amsal 29, Mazmur 119

Mazmur 119

Scripture      
Mazmur 119:9 (TB)  Dengan apakah seorang muda mempertahankan kelakuannya bersih? Dengan menjaganya sesuai dengan firman-Mu.

Observation
Ada penelitian LIPI dengan kantorku, dan aku yang dipilih jadi mitra lokal dari kantorku. Penelitiannya berbentuk pengisian kuesioner ke responden, jumlahnya cukup banyak 1200. Enumerator (pengambil data)  hanya 15 orang dan waktu pengambilan data cuma 2 minggu. Cukup rumit kuesionernya dan penentuan respondennya. Kemungkinan kata suami, banyak enumerator yang akan memanipulasi data. Apalagi lokasi di Kecamatan cukup sulit medannya. Ah, nggak lah kubilang. Tapi kata suami, godaan untuk berdusta sangat besar. KALAU aku gak mau ah, mending kasih tahu aja kesulitannya daripada bohong. Tapi tiap orang beda,gak semua orang bisa menjaga dirinya tetap jujur di tengah tantangan seperti itu. Aku dan suami diingatkan untuk mendidik anak untuk jujur.  Dan caranya dengan beri teladan dan tanam benih firman Tuhan.

Aplication
✔️ Jaga kelakuanku dengan Firman Tuhan supaya jadi teladan buat anak.

Prayer
Tuhan, aku perlu FirmanMu untuk menjaga kelakuanku. Tolong aku untuk bertekun dalam firmanMu. Amin.
  
Amsal 29

Scripture      
Amsal 29:5 (TB)  Orang yang menjilat sesamanya membentangkan jerat di depan kakinya.

Observation
Bersikap baik ke orang lain tanpa ada agenda atau motivasi tersembunyi. Gak  berbaik-baik hanya untuk mendapatkan sesuatu. Harus tulus. Gak boleh beda di depan dan di belakang.

Aplication
✔️ Bersikap tulus.Jadi diri sendiri yang terbaik dalam memperlakukan orang lain.

Palangka Raya, 29 April 2019
-Mega Menulis-

Amsal 28, Mazmur 118, Mazmur 119

Amsal 28

Scripture      
Amsal 28:21 (TB)  Memandang bulu tidaklah baik, tetapi untuk sekerat roti orang membuat pelanggaran.

Observation
Baca sharing Titin kemarin teringat seseorang yang kukenal di kantorku. Dia bersikap baik ke semua orang di luar bidangnya dan ke tamu yang datang ke kantor, tapi ke stafnya yang setiap hari membantu pekerjaannya malah ditekan habis-habisan. Speechless deh ngeliatnya. Sampai-sampai ada yang bilang, dia memang begitu orangnya, pengen dianggap baik sama orang tapi sama anak buahnya tegaan. Dulu aku berpikir kalau aku lebih baik bersikap baik ke stafku daripada bersikap baik ke tamu dari luar (yang bikin susah tiap datang, hahahaha).  Tapi, aku berpikir gitu pun salah, harusnya aku bersikap baik ke semua orang.

Aplication
✔️ Aku mau bersikap baik ke semua orang, ga peduli jabatannya.

Prayer   
Tuhan, jadikan aku saluran kasih karuniaMu dan melakukan kebaikan bagi semua orang. Supaya kasih Tuhan dirasakan orang lain. Amin.

Mazmur 118

Scripture      
Mazmur 118:24 (TB)  Inilah hari yang dijadikan TUHAN, marilah kita bersorak-sorak dan bersukacita karenanya!

Observation
Selalu ada perasaan tenang dan damai saat ingat kalau hari ini adalah hari yang dijadikan Tuhan. Diingatkan kalau Tuhan pegang kendali dalam hidupku, bahwa apapun yang terjadi HARI INI ada berada dalam kontrol Tuhan. Ada kebaikan yang Tuhan sediakan hari ini, aku akan bersorak-sorak dan bersukacita karena perbuatan Tuhan. Bahkan hal yang aku anggap buruk pun dijadikan Tuhan untuk melakukan kebaikan dalam hidupku.

Aplication
✔️ Saat merasa gak bersyukur, kesal, gak damai, marah atau kecewa hari ini. Aku mau mengingat kalau hari ini adalah hari yang dijadikan Tuhan, Doa memampukanku untuk bersukacita dan bersorak-sorak apapun yang terjadi.

Prayer   
Inilah hari yang dijadikan TUHAN, aku akan bersorak-sorak dan bersukacita karenanya. Amin.

Mazmur 117

Scripture      
Mazmur 117:1 (TB)  Pujilah TUHAN, hai segala bangsa, megahkanlah Dia, hai segala suku bangsa!

Observation
Segala suku bangsa memuji Tuhan dan mengagungkan Dia-sungguh pemandangan yang indah. Bagaimana yang belum mengenal Tuhan akan memuji Dia? Bagaimana mereka mengenal Tuhan kalau mendengar tentang Dia pun gak pernah. Diingatkan  tanggung jawabku untuk bersaksi kepada orang lain supaya mereka mengenal Tuhan. Di kantor aku punya teman  Muslim yang mulai suka curhat ke aku dan aku suka kasih saran based on firman Tuhan.  Aku berdoa supaya dapat kesempatan untuk bercerita tentang Yesus.

Aplication
✔️  Aku mau hidup sesuai FT, supaya hidupku menarik bagi yang belum mengenal Tuhan dan aku dapat kesempatan bersaksi tentang Tuhan dengan perkataan juga.

Prayer   
Tuhan, aku mau menjadi saksiMu dan dipakai sebagai saluran kasihMu. Mampukan aku ya Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 28 April 2019
-Mega Menulis-

Amsal 27, Mazmur 127

Mazmur 127

Scripture      
Mazmur 127:2 (TB)  Sia-sialah kamu bangun pagi-pagi dan duduk-duduk sampai jauh malam, dan makan roti yang diperoleh dengan susah payahsebab Ia memberikannya kepada yang dicintai-Nya pada waktu tidur.

Observation
Wuih, enak banget ya jadi orang yang dikasihi Tuhan. Ada berkat yang tersedia, bahkan sewaktu dia tidur. Siapa yang menyediakan? Tuhan. Jadi, sebagai anak yang dikasihi Tuhan. Aku gak perlu kuatir akan apa yang kuperlukan. Tuhan yang akan  memberikan. Kalau hal kecil mengenai makanan aja Tuhan sudah sediakan, apalagi yang lain yang kuperlukan. Stop kuatir Meg! Ada seorang temanku yang berkecukupan, bahkan berlebih. Beli HP harga 5 juta hal yang kecil buat dia, sementara bagi kami(aku dan suami) berpikir banget (dan ujung-ujungnya gak beli). Ini aja hp ngedrop melulu, aku belum bisa beli HP. Terus aku teringat, akhir tahun kemarin suami dapat HP yang harganya lebih dari 5 juta dari undian. Terus kalau diingat-ingat lagi, banyak sekali barang di rumah kami yang dapat dari undian:TV (2 biji), sepeda, hp, tab, magic com, printer, dll. Bukan berarti kami lebih diberkati dibandingkan kawanku tadi. Tapi cara Tuhan memberkati setiap anaknya berbeda-beda. Aku gak perlu menginginkan yang dimiliki orang lain.

Aplication
✔️ Bersyukur untuk berkat Tuhan setiap hari.
✔️ Aku gak perlu menginginkan berkat Tuhan yang diperuntukkan bagi orang lain.

Prayer   
Tuhan, ajari aku terus bersyukur buat berkatMu. Aku mau bersyukur seumur hidupku,gak hanya melihat apa yang ga aku miliki. Amin.

Amsal 27

Scripture      
Amsal 27:7 (TB)  Orang yang kenyang menginjak-injak madu, tetapi bagi orang yang lapar segala yang pahit dirasakan manis.

Observation
Sering kelaparan dan lapar mata akhir-akhir ini dan jadinya makan sembarangan, asal kenyang. Gak mikir berguna apa gak buat tubuh. Padahal sudah makan tapi tetap aja lapar. Berarti pikiranku yang lapar, bukan perutku.

Aplication
✔️ Kalau lapar di waktu yang bukan jam makan, aku mau minum air putih atau buah aja.
✔️  Aku mau belanja buah setiap dua hari sekali.

Palangka Raya, 27 April 2019
-Mega Menulis-

Amsal 26

Amsal 26

Scripture      
Amsal 26:17 (TB)  Orang yang ikut campur dalam pertengkaran orang lain adalah seperti orang yang menangkap telinga anjing yang berlalu.

Observation
Mendengarkan curhatan seorang teman tentang pasangan hidupnya kadang membuatku gatal pengen kasih tahu pasangannya, apalagi aku mengenal dan dekat dengan keduanya. Tapi aku menahan diri, rasanya gak pas. Bukan karena aku gak peduli. Tapi, aku hanya mendengarkan dari satu sisi saja. Dan aku gak diminta untuk ikut campur pulak. Si teman hanya curhat.

Aplication
✔️ Aku mau mendengarkan dengan bijak gak asal mengeluarkan komentar sebelum tahu masalah dari dua sisi.
✔️ Aku mau mendorong temanku untuk mengkomunikasikan perasaannya dengan suaminya dan tetap bersikap manis.
✔️ Belajar berdoa daripada aku ikut campur. Lebih baik Tuhan yang campur tangan dalam rumah tangga kawanku, daripada aku.

Prayer   
Tuhan engkau tahu masalah yang dialami temanku ini. Biarlah dia mencari TUHAN dalam segala sesuatu dan menjadikan Tuhan yang utama. Amin.

Palangka Raya, 26 April 2019
-Mega Menulis-

Thursday, April 25, 2019

Amsal 25, Mazmur 115

Mazmur 115

Scripture  
Mazmur 115:11-12 (TB)  Hai orang-orang yang takut akan TUHAN, percayalah kepada TUHAN! — Dialah pertolongan mereka dan perisai mereka.
TUHAN telah mengingat kita; Ia akan memberkati, memberkati kaum Israel, memberkati kaum Harun,

Observation
Tuhan mengingat dan memberkati mereka yang percaya kepadaNya.Itu adalah pernyataan yang sangat indah. Di saat sepertinya kulihat orang lain kok mendapat berkat tapi aku nggak maka mengingat kalau Tuhan sebenarnya gak melupakan aku, aku lega. Masalahnya adalah, apakah aku selalu mengingat Tuhan dan menyenangkan Dia? Apakah kerinduanku yang terbesar adalah Dia? Apakah Dia yang menjadi tujuan hidupku?

Aplication
✔️ Bagaimana aku bisa selalu mengingat Tuhan?  Aku harus melibatkan Tuhan dalam setiap hariku dan hatiku tertuju padaNya. Seperti orang yang jatuh cinta dan selalu mengingat orang yang dia cintai. Menghubung-hubungkan segala sesuatu dengan orang yang dia cintai, aku juga mau melakukan itu.

Prayer   
Tuhan, terima kasih karena selalu mengingatku dan memberkatiku. Aku mau bertumbuh dalam komitmen mencintai Tuhan, biar aku selalu mengingat dan menyenangkan hatiMu. Amin.

Amsal 25

Scripture      
Amsal 25:28 (TB)  Orang yang tak dapat mengendalikan diri adalah seperti kota yang roboh temboknya.

Observation
Selain mengendalikan diri dalam hal makan memakan selama di Jakarta ini, pergumulanku yang lain adalah menahan diri untuk gak berbelanja online secara berlebihan. Duh. Di sini sebentar aja barang dah diantar, ongkir murah pula, jadi gatal deh beli barang-barang yang selama ini aku masukkan keranjang doang. Suami emang titip beli beberapa barang yang diperlukan, nah aku? Cuma pengen doang. Hais.

Aplication
✔️ Aku berbelanja sesuai list yang diberikan suami aja.

Prayer   
Tuhan, ajar aku mengendalikan nafsu belanjaku, aku hanya mau beli apa yang kuperlukan. Amin.

Palangka Raya, 25 April 2019
-Mega Menulis-

Amsal 24

Amsal 24

Scripture      
Amsal 24:13 (TB)  Anakku, makanlah madu, sebab itu baik; dan tetesan madu manis untuk langit-langit mulutmu.

Observation
Sara dan Sofia setiap hari kami berikan madu karena kami anggap baik. Sharing Ci Lia tadi membuatku merenung, apakah kami sudah memberikan madu bagi jiwa mereka? Kata-kata manis yang membuat mereka merasa dicintai,yang mengencourage mereka. Aku ingat kalau papa mamaku bukan orang yang bahasa kasihnya perkataan, mereka gak pernah bilang kalau mereka sayang aku. Akibatnya, terkadang aku merasa gak dikasihi.

Aplication
✔️ Aku setiap hari sudah bilang 'Mama sayang Sara', aku mau lebih sering encourage dia dan gak sekedar menuntut ini itu. Aku mau dia merasa dikasihi.

Prayer  
Tuhan, tolonglah aku membuat anak-anakku merasa dikasihi. Tolong aku untuk berkomitmen mengasihi mereka dengan kasihMu. Amin.

Palangka Raya, 24 April 2019
-Mega Menulis-

Amsal 23, Mazmur 113

Scripture      
Amsal 23:2 (TB)  Taruhlah sebuah pisau pada lehermu, bila besar nafsumu!

Observation
Mulai besok sampai tanggal 26 aku akan mengikuti rakor di Jakarta. Kalau udah rakor, kerjaan cuma makan duduk doang,hadeh. Mana makanannya enak-enak biasanya, bisa kalap deh. Bener-bener reminder banget baca ayat ini sehari sebelum rakor,kalau makan gak boleh nafsu diutamakan. Makan secukupnya aja.

Aplication
✔️ Ambil makanan secukupnya, jangan nurutin nafsu.

Prayer   
Tuhan, aku mau mengendalikan diriku dan menahan nafsu makanku. Berikan aku makanan secukupnya. Amin.

Mazmur 113

Scripture      
Mazmur 113:3 (TB)  Dari terbitnya sampai kepada terbenamnya matahari terpujilah nama TUHAN.

Observation
Sara lagi suka banget nyanyi lagu Dari Terbit Matahari, dan dia seneng banget kalau kami yang mendengar ikut menyanyikannya. Bener-bener deh si Sara kalau udah nyanyi lagu yang disukainya diulang terus-menerus sampai kadang kita yang dengar bosan. Anehnya, dia gak bosan, hahaha. Bosankah aku kalau harus memuji Tuhan sepanjang hari? Belajar dari Sara yang gak bosan memuji Tuhan Meg!

Aplication
✔️ Aku mau tiap hari memuji Tuhan dengan gak bosan-bosan.

Prayer
Tuhan, buka mata hatiku biar aku memandangMu dan menemukan alasan untuk memujiMu setiap hari. Amin.

Palangka Raya, 23 April 2019
-Mega Menulis-

Monday, April 22, 2019

Lidia : Pebisnis Wanita yang Menyerahkan Hidupnya Kepada Kristus

Kali ini kita akan mengenal lebih dekat seorang businesswoman yang terkenal di zamannya. Dialah Lidia, seorang penjual kain ungu dari Tiatira. Tidak dicantumkan di Alkitab apakah dia menikah atau tidak. Kita tidak tahu seberapa besar kota Tiatira namun nama Lidia sangat terkenal—hingga keterangan itu yang disematkan oleh penulis Kisah Para Rasul (selengkapnya bisa dibaca di Kisah Para Rasul 16:1-40).

Seorang dari perempuan-perempuan itu yang bernama Lidia turut mendengarkan. Ia seorang penjual kain ungu dari kota Tiatira, yang beribadah kepada Allah. Tuhan membuka hatinya, sehingga ia memperhatikan apa yang dikatakan oleh Paulus. Sesudah ia dibaptis bersama-sama dengan seisi rumahnya, ia mengajak kami, katanya: "Jika kamu berpendapat, bahwa aku sungguh-sungguh percaya kepada Tuhan, marilah menumpang di rumahku." Ia mendesak sampai kami menerimanya. (Kisah Para Rasul 16:14-15)

Amsal 22, Mazmur 112

Mazmur 112

Scripture      
Mazmur 112:7-8 (TB)  Ia tidak takut kepada kabar celaka, hatinya tetap, penuh kepercayaan kepada TUHAN.
Hatinya teguh, ia tidak takut, sehingga ia memandang rendah para lawannya.

Observation
Orang yang percaya penuh sama Tuhan, hatinya berbeda dengan orang lain. Dikatakan di sini:
Hatinya tetap
Hatinya teguh
Hatinya gak mudah digoyahkan oleh keadaan. Ada ketenangan dan keteguhan karena dia tahu kepada siapa Dia percaya. Apapun bisa terjadi, tapi dia tetap menaruh kepercayaannya kepada Allah.

Amsal 21

Amsal 21

Scripture      
Amsal 21:9 (TB)  Lebih baik tinggal pada sudut sotoh rumah dari pada diam serumah dengan perempuan yang suka bertengkar.

Observation
Di perjalanan mobil sekitar 5 jam, ada-ada aja yang bikin emosi, mana capek lagi di jalan. Mama yang nyuruh mampir melulu pas di Sampit ke tempat keluarga, suami yang ngeyel dikasih tahu, adek yang ngeselin. Ini baru  perjalanan naek mobil 5 jam aja susah buat gak bertengkar, apalagi serumah. Tapi hari ini aku belajar untuk menahan emosi. Puji Tuhan. Pokoknya kalau ada yang ngseselin, aku diam aja, menahan diri buat gak ngomongin atau ngomentarin perkataan yang bikin kesel. Dan gak jadi bertengkar lo. Perlu lebih dari 1 orang yang bertengkar.

Aplication
✔️ Next,  mau berespon gitu ah sama suami. Diam dan tenangin diri aja dulu kalau dia ngeselin, hahahaha.

Prayer   
Terima kasih Tuhan buat perjalanan hari ini, Tuhan sudah tolong aku gak mengatakan hal yang gak perlu. Amin.

Palangka Raya, 21 April 2019
-Mega Menulis-

Amsal 20

Amsal 20

Scripture      
Amsal 20:29 (TB)  Hiasan orang muda ialah kekuatannya, dan keindahan orang tua ialah uban.

Amsal 19, Mazmur 109

Amsal 19

Scripture      
Amsal 19:5 (TB)  Saksi dusta tidak akan luput dari hukuman, orang yang menyembur-nyemburkan kebohongan tidak akan terhindar.

Amsal 18,Mazmur 108

Amsal 18

Scripture      
Amsal 18:4 (TB)  Perkataan mulut orang adalah seperti air yang dalam, tetapi sumber hikmat adalah seperti batang air yang mengalir.

Wednesday, April 17, 2019

Amsal 17, Mazmur 107

Amsal 17

Scripture      
Amsal 17:1 (TB)  Lebih baik sekerat roti yang kering disertai dengan ketenteraman, dari pada makanan daging serumah disertai dengan perbantahan.

Amsal 16,Mazmur 106

Mazmur 106

Scripture      
Mazmur 106:1 (TB)  Haleluya! Bersyukurlah kepada TUHAN, sebab Ia baik! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya.

Monday, April 15, 2019

Amsal 15, Mazmur 105

Amsal 15

Scripture      
Amsal 15:3 (TB)  Mata TUHAN ada di segala tempat, mengawasi orang jahat dan orang baik.

Sunday, April 14, 2019

Sacred Marriage (Chapter 8)


Keindahan kerap lahir dari pergumulan. Dampak benturan yang terjadi pun tidak "menyenangkan", bahkan bisa saja membuat kita merasa hancur lebur. Tetapi prosesnya dapat membuat kita makin kuat, karakter kita makin dibentuk dan iman kita makin diperdalam.
Waktu dulu membaca ayat di bawah ini, gak pernah terpikirkan kalau ini bicara atau boro-boro diterapkan dalam pernikahan. Juga, gak terbayangkan kalau 'kemuliaan kekal' bicara tentang karakter dan iman. Tapi menyadari 'penderitaan ringan'  aka pergumulan dalam pernikahanku sedang mengerjakan kemuliaan kekal yang jauh lebih besar dari apa yang aku alami benar-benar memberikan pengharapan. Ada proses yang sedang Tuhan kerjakan di dalamku dan melalui aku saat menghadapi setiap pergumulanku. Karakter dan imanku seharusnya terus bertumbuh kalau aku setia pada proses yang harus aku lewati.
2 Korintus 4:17
Sebab penderitaan ringan yang sekarang ini, akan menghasilkan bagi kami kemuliaan kekal yang melebihi segala-galanya, jauh lebih besar daripada penderitaan kami.

Kecenderungan untuk menghindari kesulitan adalah kelemahan rohani yang berbahaya, yang dapat dan sering kali menyebabkan kita tidak bertumbuh secara rohani. 
Awal-awal menikah aku sering menghindari berkonflik dengan suami. Lebih sering menyimpan sesuatu yang gak aku sukai daripada ntar bertengkar. Tapi lama-lama gak tahan dan stres sendiri,akhirnya meledak dan tetap stres, hahahaha. Karena cuma ingin suami tahu yang aku rasakan dan berubah jadi seperti yang aku mau. Sekarang? Berusaha lebih cepat dikomunikasikan dan menerima kalau pun gak ada perubahan. Belajar bersabar karena aku dan suami sama-sama berproses. Berusaha mengingatkan diri sendiri kalau yang bisa aku kontrol adalah diriku sendiri dan bukan suamiku.

Jika pernikahan anda sulit, berlutut dan bersyukurlah kepada Tuhan sebab Dia telah memberi anda kesempatan untuk bertumbuh secara rohani. Ini berarti anda memiliki potensi besar untuk berhasil dalam pertumbuhan karakter dan ketaatan.
Emang ada pernikahan yang mudah? Ini yang aku pikirkan waktu membaca bagian ini, hahaha. Dulu aku berpikir ada, kayaknya melihat pernikahan beberapa orang kok indah banget. Ada yang suaminya selalu romantis, istri terlihat cantik dan tersenyum, anak-anaknya manis dan penurut. Keluarga idaman banget. Tapi saat aku mendapat akses untuk tahu kehidupan pribadinya aku lumayan shock, ternyata suami istri ini punya banyak pergumulan di keluarganya yang aku pun mikir-mikir kalau punya masalah kayak mereka. Karakter mereka pun gak sekuat yang aku kira, tapi satu hal, mereka berjuang untuk memiliki karakter Kristus. Setiap pernikahan punya kesulitannya masing-masing, gak jarang ada situasi yang sama dalam beberapa pernikahan. Tapi gak semua pernikahan tersebut menghasilkan pertumbuhan karakter yang sama dan bahkan ketaatan yang sama. Perbedaannya,  ya itu tadi, ada yang melihat kesulitan tersebut sebagai sarana bertumbuh (dan tentunya berusaha bertumbuh). Ada yang lari dari kesulitan. Ada yang bertahan tapi berespon dengan salah dan gak bertumbuh.

Salah satu tantangan besar yang dihadapi saat mendorong orang-orang Kristiani untuk bertumbuh adalah:kita terobsesi untuk membesarkan anak-anak belajar karakter yang baik, sementara kita menganggap karakter kita sendiri sudah cukup dewasa.
Aku banget ni. Pengen anak rajin, dengar-dengaran sama ortu,  sabar, dll. Sementara aku? Bah! Jauh. Mendidik anak menjadi seperti yang aku inginkan itu sulit sewaktu aku sendiri sebenarnya bukan orang yang demikian. Karena sejatinya mendidik anak sama dengan mendidik diri sendiri. Aku masih harus bertumbuh dalam banyak hal. Aku perlu fokus untuk bertumbuh dulu sebelum mengajari anak-anakku.  Saat aku melihat Sara yang sangat sensitif, sedikit-sedikit menangis saat gak dituruti, awalnya aku kesal dan gak sabar. Ini anak, kok gak bisa ngerti sih kalau dibilangin, gak perlu nangis, ngomong baik-baik supaya orang lain mengerti, gak semua yang diinginkannya bisa dituruti. Emosi deh jadinya dengar tangisan sepanjang hari. Tapi saat aku sadar kalau aku ternyata berlaku demikian juga. Duh, berasa ketampar bolak-balik. Aku mulai merubah pendekatanku ke Sara,  aku jadi lebih sabar dan gak memaksa dia menjadi yang aku mau.   Dan aku mulai belajar menjadi mama yang gak terlalu sensitif, belajar mengendalikan diri dan menyalurkan emosi dengan cara yang sehat.

Pernikahan yang baik tidak ditemukan, tetapi diperjuangkan. Anda akan bergumul di dalamnya. Anda harus menyalibkan keegoisan anda. Kadang anda harus menegur kesalahan pasangan,  sementara pada saat lain anda harus mengakui kesalahan anda. Praktik pengampunan sangatlah penting dalam pernikahan.
Kehidupan pernikahan awalnya kupikir harus diisi 'saling'. Saling mengasihi. Saling bersabar. Saling mengakui kesalahan. Saling mengampuni. Saling mengerti. Saling murah hati.  Dan saling yang lain. Butuh perjuangan! Saat yang satu merasa sudah melakukan lebih dari yang lain, perjuangan akan tambah berat. Tentunya diri sendiri yang merasa demikian! Hahahaha. Ini yang menyebabkan ketidakpuasan. Padahal, bisa jadi ternyata pasangan sudah melakukannya, tapi dengan caranya sendiri. Sekarang aku belajar realistis, gak mungkin untuk kami melakukan hal yang sama dalam porsi yang sama. Bagianku adalah berusaha selalu mengasihi, berusaha selalu bersabar, berusaha selalu memahami, berusaha selalu mengampuni, dll.  Pokoknya berusaha SELALU. Bagian suami? Sama sih. Wakakakak. Tapi,  bagiannya adalah tanggung jawabnya, bukan tanggung jawabku. Aku berjuang melakukan bagianku dengan setia.  Dan aku percaya, dia juga sedang berjuang melakukan bagiannya dengan setia. Kalau dia gagal? Waktunya aku mengampuni. Kalau dia belum juga melakukan bagiannya? Waktunya aku bersabar. Dan aku juga berdoa supaya dia bersabar dan mengampuniku waktu aku gagal. Astagaaaa, aku nulis gini berasa damai sejahtera lo 

Jangan lari dari pergumulan dalam pernikahan. Hadapilah tiap tantangan yang ada. Bertumbuhlah di dalamnya. Melangkahlah lebih dekat kepada Tuhan melaluinya. Melalui pergumulan-pergumulan itu, anda akan makin mencerminkan Kristus. Mengucap syukurlah kepada Tuhan sebab Dia telah menempatkan anda dalam situasi di mana jiwa anda dapat makin disempurnakan.
Cerita mengenai pasangan Abraham Lincoln-Mary Todd dan Charles Lindbergh-Anne Morrow sangat menginspirasi. Selama ini ucapan "Di belakang pria hebat ada seorang wanita hebat" cukup mengintimidasi banyak orang, seolah-olah segala kesuksesan pria tergantung istrinya saja, atau "Pria hebat untuk wanita hebat",  jadi apa kabar dengan pria dan wanita yang merasa biasa saja tapi ingin jadi hebat, hahaha.  Aku baru tahu pernikahan Lincoln sesulit itu, padahal dia dikenal sebagai presiden yang hebat. Pernikahan yang sulit bukannya menghalangi seseorang tapi bisa jadi mempersiapkan seseorang menghadapi tugas pangilan hidupnya. Lincoln tidak meninggalkan pernikahannya yang sulit terbukti mampu menjaga keutuhan negara yang hampir ambruk.

Sebuah pernikahan yang sulit saja tidak dapat membuat kita bertumbuh. Kita harus mempraktikkan akal sehat, kasih dan kesabaran-kita harus bertekad untuk mengupayakan pertumbuhan karakter. Kita tidak bisa mengontrol bagaimana pasangan atau orang lain di sekitar kita bertindak, tetapi kita bisa mengontrol tindakan dan respon kita.
Semua pernikahan punya kesulitannya masing-masing. Kalau mau karakterku bertumbuh, aku harus mengasihi pasanganku lebih sungguh dan  berhenti bersikap egois. Responku adalah satu-satunya yang bisa aku upayakan. Aku memang gak bisa mengendalikan respon suami. Terkadang pengen suami lebih gini, lebih gitu. Berusaha mengkomunikasikan dengan baik tapi hasilnya gak sesuai dengan yang aku inginkan. Ya sudahlah,  semua butuh proses.



Palangka Raya, 14 April 2019
-Mega Menulis-

Amsal 14, Mazmur 104

Mazmur 104

Scripture      
Mazmur 104:33 (TB)  Aku hendak menyanyi bagi TUHAN selama aku hidup, aku hendak bermazmur bagi Allahku selagi aku ada.

Amsal 13, Mazmur 103

Amsal 13

Scripture      
Amsal 13:24 (TB)  Siapa tidak menggunakan tongkat, benci kepada anaknya; tetapi siapa mengasihi anaknya, menghajar dia pada waktunya.

Amsal 12, Mazmur 102

Mazmur 102

Scripture      
Mazmur 102:1 (TB)  Doa seorang sengsara, pada waktu ia lemah lesu dan mencurahkan pengaduhannya ke hadapan TUHAN. (102-2) TUHAN, dengarkanlah doaku, dan biarlah teriakku minta tolong sampai kepada-Mu.

Amsal 11, Mazmur 101

Amsal 11

Scripture      
Amsal 11:29 (TB)  Siapa yang mengacaukan rumah tangganya akan menangkap angin; orang bodoh akan menjadi budak orang bijak.

Wednesday, April 10, 2019

Amsal 10, Mazmur 100

Amsal 10

Scripture      
Amsal 10:1 (TB)  Amsal-amsal Salomo. Anak yang bijak mendatangkan sukacita kepada ayahnya, tetapi anak yang bebal adalah kedukaan bagi ibunya.

Amsal 9, Mazmur 99

Amsal 9

Scripture     
Amsal 9:9 (TB)  berilah orang bijak nasihat, maka ia akan menjadi lebih bijak, ajarilah orang benar, maka pengetahuannya akan bertambah.

Tuesday, April 9, 2019

Amsal 8, Mazmur 98

Amsal 8

Scripture      
Amsal 8:1 (TB)  Bukankah hikmat berseru-seru, dan kepandaian memperdengarkan suaranya?

Monday, April 8, 2019

Amsal 7

Amsal 7

Scripture      
Amsal 7:9 (TB)  pada waktu senja, pada petang hari, di malam yang gelap.

Saturday, April 6, 2019

Amsal 6, Mazmur 96

Mazmur 96

Scripture      
Mazmur 96:9 (TB)  Sujudlah menyembah kepada TUHAN dengan berhiaskan kekudusan, gemetarlah di hadapan-Nya, hai segenap bumi!

Friday, April 5, 2019

Amsal 5, Mazmur 95

Mazmur 95

Scripture      
Mazmur 95:8-9 (TB)  Janganlah keraskan hatimu seperti di Meriba, seperti pada hari di Masa di padang gurun,
pada waktu nenek moyangmu mencobai Aku, menguji Aku, padahal mereka melihat perbuatan-Ku.

Amsal 4, Mazmur 94

Amsal 4

Scripture      
Amsal 4:4 (TB)  aku diajari ayahku, katanya kepadaku: "Biarlah hatimu memegang perkataanku; berpeganglah pada petunjuk-petunjukku, maka engkau akan hidup.

Thursday, April 4, 2019

Amsal 3, Mazmur 93

Amsal 3

Scripture      
Amsal 3:5 (TB)  Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri.

Wednesday, April 3, 2019

Amsal 2, Mazmur 92

Mazmur 92

Scripture      
Mazmur 92:1 (TB)  Mazmur. Nyanyian untuk hari Sabat. (92-2) Adalah baik untuk menyanyikan syukur kepada TUHAN, dan untuk menyanyikan mazmur bagi nama-Mu, ya Yang Mahatinggi,

Monday, April 1, 2019

Amsal 1,Mazmur 91

Amsal 1

Scripture      
Amsal 1:22 (TB)  "Berapa lama lagi, hai orang yang tak berpengalaman, kamu masih cinta kepada keadaanmu itu, pencemooh masih gemar kepada cemooh, dan orang bebal benci kepada pengetahuan?

Amsal 31, Mazmur 90

Amsal 31

Scripture      
Amsal 31:26 (TB)  Ia membuka mulutnya dengan hikmat, pengajaran yang lemah lembut ada di lidahnya.

Amsal 30, Mazmur 89

Amsal 30

Scripture      
Amsal 30:15 (TB)  Si lintah mempunyai dua anak perempuan: "Untukku!" dan "Untukku!" Ada tiga hal yang tak akan kenyang, ada empat hal yang tak pernah berkata: "Cukup!"

Amsal 29, Mazmur 88

Mazmur 88

Scripture      
Mazmur 88:13 (TB)  (88-14) Tetapi aku ini, ya TUHAN, kepada-Mu aku berteriak minta tolong, dan pada waktu pagi doaku datang ke hadapan-Mu.

Observation
Di saat sakit Daud masih mencari tekun bahkan pagi-pagi pun dia tetap mencari TUHAN. Lah aku? Beberapa hari ini bangun telat dan sibuk dengan kerjaan rumah jadi gak sempat baca Alkitab. Duh, luar biasa banget ya Daud ni.

Aplication
✔️ Hidupkan lagi alarm HP.

Prayer 
Tuhan, ampuni aku karena beberapa hari ini gak menjadikan Tuhan sebagai yang utama. Disiplin words before worldku kendor. Tolong aku untuk selalu menjadikan Tuhan yang utama. Amin.

Amsal 29

Scripture      
Amsal 29:8 (TB)  Pencemooh mengacaukan kota, tetapi orang bijak meredakan amarah.

Observation
Orang bijak gak membuat suasana menjadi semakin panas, tapi membawa damai. Reminder buatku. Di ruangan, kami sedang kesal denga seseorang karena suka mengacau dan memaksakan keinginannya. Berhubung aku juga kesal, aku pun ikut menyatakan apa yang kupikirkan. Pokoknya seruangan misah-misuh mengingat kelakuan orang itu. Seharusnya aku gak ikutan. Aku gak bijak karena bukannya meredakan marah malah membuat orang lain marah.

Aplication
✔️  Next, kalau kejadian tersebut berulang. Lebih baik aku diam atau mengatakan sesuatu yang menginginkan suasana.

Prayer 
Tuhan, jadikanlah aku pembawa damai dan bijak dalam berkata-kata. Amin.

Gratitude Journal
29 Maret 2019
1. Bersyukur pagi ini barengan orang kantor kerja bakti bersih-bersih kontrakan pak kepala yang baru, bisa sambil ngobrol dan lebih kenal teman kantor. Bersyukur dapat makanan setelah selesainya.
2. Bersyukur Sofia dapat baju dari Mbak Sinta. Yosi  udah berumur 2 tahunan, jadi banyak bajunya yang dah gak muat. Balita make baju cuma bentar, hahaha. Puji Tuhan.
3. Bersyukur  malam bisa jalan-jalan ke apotek ambil obat Pa Sara terus jalan ke Hypermart. Sara dan Sofia senang banget naik troli.

Palangka Raya, 29 Maret 2019
-Mega Menulis-

Lukas 23, Amsal 23

Amsal 23 Scripture       Amsal 23:29 (TB)  Siapa mengaduh? Siapa mengeluh? Siapa bertengkar? Siapa berkeluh kesah? Siapa mendapat cidera t...