.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Sunday, April 14, 2019

Amsal 13, Mazmur 103

Amsal 13

Scripture      
Amsal 13:24 (TB)  Siapa tidak menggunakan tongkat, benci kepada anaknya; tetapi siapa mengasihi anaknya, menghajar dia pada waktunya.


Observation
Menghajar pada waktunya.
Kapan waktunya mendisiplin anak? Pada saat dia sedang tenang, bukan lagi menangis meraung-raung dan bukan pada saat aku sedang emosi. Karena gak akan nyambung nantinya. Anakku belum bisa menerima luapan emosiku,dia belum cukup mengerti dan paham. Apa yang kusampaikan gak akan diterimanya dengan baik. Beberapa minggu ini benar-benar jadi pelajaran buatku. Sara berlaku seperti trauma karena aku memaksanya makan  dan mendisiplinnya pada saat bersamaan. Akibatnya, Sara jadi gak mau makan, tiap makan langsung mau muntah yang berujung gak makan, dia jadi sensitif dan rewel sekali. Menyadari kesalahanku, aku berusaha lebih sabar dan bicara dengan lembut, aku menawari makan tanpa paksa, kujelaskan pelan-pelan akibatnya kalau gak mau makan. Aku jadi lebih fokus menghabiskan waktu bareng dia. Puji Tuhan, tadi malam tahu-tahu dia sendiri yang minta makan. Ya ampun, senang banget, walaupun gak habis makanannya Semoga Sara seterusnya seperti ini. Kejadian ini benar-benar pelajaran buatku dan suami. Kebodohan yang kulakukan (memaksa, mengancam, mendisiplin pada saat yang gak tepat) akan menyusahkan diri kami sendiri nantinya.

Aplication
✔️ Aku mendisiplin Sara harus lihat waktunya. Mencari waktu di mana dia bisa menerima setiap ajaran dengan baik, gak asal menghajar.

Prayer   
Tuhan, kami butuh hikmatMu dalam mendisiplin Sara dan Sofia. Tolong kami Tuhan. Amin.

Mazmur 103

Scripture   
Mazmur 103:2 (TB)  Pujilah TUHAN, hai jiwaku, dan janganlah lupakan segala kebaikan-Nya! 

Observation
Kenapa aku memuji Tuhan?
 Karena Dia layak dipuji atas segala perbuatanNya
Ya! Dia layak menerima pujian atas segala yang dibuatNya.
 Aku diciptakan untuk memuji dan menyembah Dia
Saat aku gak memenuhi tujuan penciptaanku maka akan selalu ada perasaan kurang dalam hidupku. Aku seperti gak punya tujuan hidup.
 Supaya aku puas di dalam Tuhan dan gak bersungut-sungut
Kalau aku gak memuji Tuhan, maka ujung-ujungnya aku akan bersungut-sungut sama Tuhan karena aku lupa yang diperbuatNya. Sama seperti bangsa Israel yang gak memuji Tuhan saat menerima kebaikanNya dan menganggap biasa pemberianNya, jadi gak tahu terima kasih.
 Untuk mengingatkanku akan segala kebaikanNya
Memuji Dia adalah cara untuk mengingatkan diriku sendiri atas kebaikanNya. Bukan Tuhan yang butuh dipuji, aku yang butuh memuji Tuhan. Karena aku sering melupakan kebaikanNya maka aku harus memuji Tuhan.

Aplication
✔️ Aku mau terus memuji Tuhan secara spesifik.

Prayer   
Tuhan aku mau fokus pada perbuatanMu dan bukan masalahku supaya aku memuji Engkau seumur hidupku dan terus mengingat kebaikanMu. Amin.

Palangka Raya, 13 April 2019
-Mega Menulis-

No comments:

Mikha 2 & Mikha 3

Mikha 2 Scripture        Mikha 2:6 (TB)  "Janganlah ucapkan nubuat," kata mereka itu, "orang tidak mengucapkan nubuat sepe...