.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Sunday, April 14, 2019

Amsal 14, Mazmur 104

Mazmur 104

Scripture      
Mazmur 104:33 (TB)  Aku hendak menyanyi bagi TUHAN selama aku hidup, aku hendak bermazmur bagi Allahku selagi aku ada.


Observation
"Adil Ka’ Talino, Bacuramin Ka’ Saruga, Basengat Ka’ Jubata", kata Jokowi di GBK yang disiarkan di TV dan spontan aku jawab "Arus!". Yang diucapkannya adalah salam pemersatu suku Dayak berasal dari Bahasa Dayak Kanayatn, artinya kurang lebih seperti ini:Adil kepada sesama, bercermin ke surga dan bernafas untuk Tuhan. Aku hidup untuk Tuhan dan menyatakan kemuliaanNya. Selama hidup, SEHARUSNYA aku bernyanyi, aku bermazmur, aku berjalan, aku hidup untuk Tuhan. Segala sesuatu yang kulakukan dengan kesadaran untuk Tuhan akan mengubah caraku melakukannya. Kalau aku berbisnis, aku akan berbisnis dengan jujur. Kalau aku menjadi karyawan, aku akan menjadi karyawan yang bijak dan dapat dipercaya, kalau aku seorang mama maka aku akan mendidik anakku dalam kebenaran dan menjadi teladan, kalau aku seorang istri maka aku menjadi penolong dan partner yang baik bagi suamiku.

Aplication
✔️  Aku mau melakukan segala sesuatu dengan kesadaran 'ini untuk Tuhan' sehingga aku melakukan yang memuliakan Tuhan.

Prayer   
Tuhan, ajari aku melakukan segala sesuatu yang menyenangkan hati Tuhan saja. Amin.

Amsal 14

Scripture      
Amsal 14:13 (TB)  Di dalam tertawa pun hati dapat merana, dan kesukaan dapat berakhir dengan kedukaan.

Observation
Tidak ada yang tahu isi hati seseorang sesungguhnya. Orang yang tertawa bisa jadi menyimpan dukanya. Orang yang kelihatannya selalu hahahihi pun punya masalah. Diingatkan untuk peka dengan perasaan seseorang terutama saat bercanda. Terkadang saat bercanda, aku ngegas aja karena liat orangnya santai dan tertawa tapiii.... Aku kan gak tahu isi hatinya yang sebenarnya. Bercanda pun bercanda yang kudus, gak boleh ngasal, kalau itu berpotensi menyakiti hati orang lain, lebih baik aku diam. Kalau candaan yang aku lakukan gak memuliakan Tuhan lebih baik aku gak ngomong apa-apa.

Aplication
✔️ Aku mau lebih berhati-hati dalam bercanda.

Prayer   
Tuhan, terkadang terasa asyik tertawa bersama orang lain dan bercanda menertawakan orang lain tapi aku mau lebih berhati-hati dalam bercanda supaya gak mendukakan orang lain. Tolong aku dalam berkata-kata ya TUHAN. Amin.

Palangka Raya, 14 April 2019
-Mega Menulis-

No comments:

Mikha 2 & Mikha 3

Mikha 2 Scripture        Mikha 2:6 (TB)  "Janganlah ucapkan nubuat," kata mereka itu, "orang tidak mengucapkan nubuat sepe...