.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Friday, May 10, 2019

Lukas 1, Amsal 1

Lukas 1

Scripture       
Lukas 1:80 (TB)  Adapun anak itu bertambah besar dan makin kuat rohnya. Dan ia tinggal di padang gurun sampai kepada hari ia harus menampakkan diri kepada Israel.

Observation
Aku highlight kalimat :"Adapun anak itu bertambah besar dan makin kuat rohnya".  Wow! Makin besar fisik Yohanes, semakin besar juga rohnya. Bagaimana dengan anak-anakku? Sudahkah demikian? Belum. Aku sadar belum kasih makan roh anakku dengan makanan rohani yang cukup. Roh makin kuat kalau diberi makanan rohani yang cukup. Sejak kami pindah, mereka beluk bersekolah Minggu karena jadwal SHM di gereja dekat rumah ini sebelum jam ibadah raya. Akhir-akhir ini aku juga jarang baca Alkitab sebelum tidur buat anak-anak. Sekarang  Sara kalau berdoa sebelum tidur malah jadi cerita aktivitasnya seharian ke Tuhan Yesus dan kami biarkan sih, supaya dia tahu dan merasa Tuhan Yesus itu dekat.



Aplication
✔  Kalau gak bisa baca Alkitab sebelum tidur, hapalkan ayat yang aku hapal supaya anak-anak dengar firman Tuhan.

Prayer 
Tuhan, aku rindu anakku makin besar makin kuat rohnya sama seperti Yohanes, tolong kami sebagai orang tua melakukan apa yang jadi bagian kami sekuat tenaga. Amin.

Amsal 1

Scripture 
Amsal 1:28 (TB)  Pada waktu itu mereka akan berseru kepadaku, tetapi tidak akan kujawab, mereka akan bertekun mencari aku, tetapi tidak akan menemukan aku. 

Observation
Aku bisa menolak hikmat saat dia berseru dan tidak menjawabnya. Tapi akan ada saatnya aku perlu hikmat dan dia tidak datang. Bahkan saat aku perlu dan mencarinya, aku gak menemukannya. Mengerikan sekali! Jadi, aku gak boleh melewatkan kesempatan menerima hikmat. Selagi masih bisa membaca Firman Tuhan aku harus menyediakan waktu, selagi masih ada yang mau menegur dan menasehati maka aku harus bersedia mendengarkan, selagi masih ada buku-buku sediakan waktu untuk membaca, selagi Tuhan bicara maka aku harus mendengar dengan seksama, dll. Jangan pernah menolak hikmat yang tersedia di sekelilingku!

Aplication
✔  Aku mau baca 1 buku slow reading selain Sacred Marriage dan membuat refleksinya, mau ngulang baca buku Cinta yang Berpikir. Dulu sudah baca tapi lupa karena bacanya cepat dan gak ambil waktu untuk refleksi.

Palangka Raya, 1 Mei 2019
-Mega Menulis-

No comments:

Amsal 26, Mazmur 119:26-50

Amsal 26 Scripture       Amsal 26:11 (TB)  Seperti anjing kembali ke muntahnya, demikianlah orang bebal yang mengulangi kebodohannya. Obs...