.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Sunday, May 12, 2019

Lukas 11, Amsal 11

Lukas 11

Scripture      
Lukas 11:11-12 (TB)  Bapa manakah di antara kamu, jika anaknya minta ikan dari padanya, akan memberikan ular kepada anaknya itu ganti ikan?
Atau, jika ia minta telur, akan memberikan kepadanya kalajengking?


Observation
Bapa A
Ikan-Ular
Ular-Ular
Telur-Kalajengking
Kalajengking-Kalajengking
Bapa B
Ikan-Ikan
Ular-Ular
Telur-Telur
Kalajengking-Kalajengking
Bapa C
Ikan-Ikan
Ular-Ikan
Telur-Telur
Kalajengking-Telur
Ada 3 macam Bapa, bapa yang pertama, si bapa A anaknya minta apa aja pasti dikasih yang jelek, bahkan saat anaknya minta yang baik pun dikasih yang jelek. Ini sih Iblis ya. Kalau Bapa B, setiap anaknya minta apa aja pasti dikasih sesuai apa yang diminta anaknya, gak peduli baik atau buruk, pokoknya kasih! Hadeh, kelihatannya aja enak punya Bapa kayak gini, tapi... Ngga ah, aku gak mau kayak gitu.  Nah, Bapa C ga peduli anaknya minta yg baik atau buruk, yang dikasih tetap yang baik.  Ini ma Tuhanku  Dia sungguh Bapa yang baik.
Masalahnya sekarang, sebagai anak. Apakah aku tahu apa yang aku minta? Sara pernah meminta permen, padahal dia belum pernah lo makan permen cuma dilihatnya sepupunya makan permen, atau iklan permen di TV sepertinya enak, makanya dia minta. Sebagai ortunya, aku menolak ngasih permen kalau dia minta, lebih baik aku kasih dia makanan yang sehat. Kejadian dengan Sara ngasih pencerahan pas baca ayat di atas. O, iya yaaa... Aku kayak gini sama Tuhan, seringkali aku gak tahu yang kuminta sama Tuhan itu kalajengking, aku merasa yang kuminta itu telur dan ikan, lalu aku kecewa, kok Tuhan gak ngasih. Padahal, sebenarnya Tuhan pengennya ngasih yang terbaik.

Aplication
✔️ Aku mau percaya kalau Bapaku adalah Bapa yang selalu memberikan yang terbaik.
✔️ Cek dan ricek, apakah yang kuminta adalah yang baik, atau jangan-jangan sesuatu yang akan mencelakakanku. Kalau iya, wajar saja Tuhan gak memberi.

Prayer    
Tuhan, terima kasih karena selalu memberikan yang terbaik buatku. Ajar aku sebagai anak, meminta sesuatu yang menyenangkan hati Tuhan saja. Amin.

Amsal 11

Scripture      
Amsal 11:17 (TB)  Orang yang murah hati berbuat baik kepada diri sendiri, tetapi orang yang kejam menyiksa badannya sendiri.

Observation
Aku punya seorang tante yang ke mana saja dia pergi selalu disambut orang lain dengan tangan terbuka. Semua orang menyukai kehadirannya dan terutama kepribadiannya. Baik banget! Orangnya gak tegaaan melihat orang lain sampai - sampai sering banget keperluannya dikesampingkan saat dia melihat kebutuhan orang lain. Kadang aku  heran sendiri melihat bagaimana Tuhan memelihara kehidupan tanteku melalui berkatNya lewat orang lain. Tapi kalau mengingat betapa ringan tangannya tante ini kepada orang lain, ga jadi deh heran. Tanteku menuai apa yang ditaburnya.

Aplication
✔️ Saat bermurah hati pada orang lain, maka aku akan  beroleh kemurahan juga. Jadi, aku gak boleh menahan diri berbuat baik.

Prayer    
Tuhan, terkadang terus-menerus berbuat baik itu melelahkan. Tapi, aku mau terus berbuat baik pada orang lain. Tolong kuatkan aku Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 11 Mei 2019
-Mega Menulis-

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir, silakan tinggalkan komentar ya.

1 Samuel 17-18

1 Samuel 17 Scripture        1 Samuel 17:15, 37 (TB)  Tetapi Daud selalu pulang dari pada Saul untuk menggembalakan domba ayahnya di Bet...