.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Saturday, June 22, 2019

Sacred Marriage (Chapter 12)

Pernikahan dapat menjadi sarana yang indah untuk melihat kehadiran Tuhan dalam kehidupan sehari-hari.
Sebagaimana sebuah sarana gak mendatangkan manfaat apa-apa kalau gak digunakan, pernikahan pun demikian. Gak semua orang yang menikah melihat kehadiran Tuhan, malahan ada yang semakin jauh dari Tuhan dan memakai pernikahan sebagai alasan. Alih-alih melihat kehadiran Tuhan, malahan melihat kehadiran setan. Hahaha. Wong ada kalimat gini, pernikahan dengan orang yang tepat membawa surga ke bumi sedangkan pernikahan dengan orang yang gak tepat menghadirkan neraka di bumi.

Butuh kepekaan untuk melihat kehadiran Tuhan dalam pernikahan. Sewaktu aku merasa sangat dikasihi suami, aku bisa melihat Tuhan yang sangat mengasihiku dan menyatakan kasihNya lewat suamiku. Waktu love tankku terasa kosong aku pun sebenarnya bisa merasakan bagaimana Tuhan mengasihiku walaupun suami belum bisa memenuhi love tankku. Yang artinya dalam segala situasi dan kondisi pernikahanku, gak peduli bagaimana pun perasaanku. Faktanya adalah Tuhan hadir.

✔️ Aku gak boleh membiarkan apa yang aku rasakan 'mengaburkan' kenyataan bahwa Tuhan selalu hadir dalam setiap waktu hidupku. Aku harus terus mencari Tuhan dalam segala situasi pernikahanku. Belajar fokus melihat Tuhan.

Kita dipanggil untuk membawa pasangan kita bertumbuh dalam Kristus melalui kata-kata yang kita ucapkan.
Aku merasa belum membawa pasanganku bertumbuh dalam Kristus melalui ucapanku. Seringkali waktu emosi, aku mengeluarkan nada yang kasar. Ini jelas gak membawa suami makin bertumbuh. Benar-benar susah untuk gak ngebantah dengan kasar saat suami mengatakan sesuatu yang bertentangan dengan pendapatku. Segala Amsal yang kubaca dan kutahu lenyap sekejap saat pengendalian diriku hilang dan membantah suamiku. Padahal aku tahu jawaban yang lemah lembut meredakan kegeraman, bahwa perkataan yang diucapkan tepat pada waktunya seperti buah apel di pinggan perak, bahwa jawaban yang tepat seperti mengecup bibir, bahwa perkataan yang menyenangkan seperti sarang madu yang manis bagi hati.

✔️ Aku harus melatih diriku untuk cepat mendengar dan lambat berkata-kata, seringnya aku melakukannya terbalik. Cepat ngomong dan gak mendengar dengan benar. Lebih baik diam kalau yang aku katakan bukan hal yang baik dan membangun. Aku harus pakai kekang di mulutku. Pikirkan akibatnya sebelum aku bicara.

Lidah dapat menjadi kejam dengan dua cara: dengan mengeluarkan kata-kata yang jahat, atau dengan menahan diri untuk tidak mengatakan apa yang baik.
Aku merasa aku terkadang kejam dengan membantah suamiku dengan perkataan yang kasar dan suamiku jahat dengan jarang mengatakan yang baik ke aku. Itu perasaanku. Faktanya adalah kami sama-sama kejam dengan lidah kami.
✔️ Kalau  suami ngomong jahat, aku gak harus balas dengan lebih jahat. Kalau suami gak bisa ngomong yang baik, bukan berarti aku harus menahan diri mengatakan yang baik. Seharusnya apa yang aku ucapkan bukan sekedar reaksi dari aksi suami. Apa yang diucapkan lidahku adalah pilihanku.

Untuk menjalani pernikahan yang penuh kasih, saya harus belajar bagaikan menjinakkan lidah saya.
Semoga ini gak jadi pergumulanku seumur hidup. Aku benar-benar jatuh bangun dalam hal ini. Sering waktu aku merasa sudah bisa kendalikan lidahku, eh aku jatuh lagi. Harus terus berjaga-jaga dan menggunakan kekang di mulutku.

Komunikasi memaksa kita memasuki dunia orang lain. Saya harus menyadari bahwa kata yang sama bisa saja memiliki arti yang berbeda bagi masing-masing kami.
Suamiku dan aku berbeda dalam cara berkomunikasi. Sekarang sudah mendingan sih komunikasi kami. Dulu kalau suami ngomong sesuatu yang aku anggap menyinggung, aku langsung nangis, baper, ngambek, diam berhari-hari. Sekarang ditanya dulu maksudnya apa. Perkaranya adalah aku sering berasumsi tanpa cross check dulu sama suami maksudnya apa. Jadi ujung-ujungnya kesal sendiri, sementara suami merasa gak ada yang salah dengan perkataannya.
✔️ Stop berasumsi. Aku harus tanya dengan jelas maksud suami, tujuannya atau alasannya berkata atau melakukan sesuatu. Jangan baper.

Sisi lain dari komunikasi adalah belajar untuk mendengar.
Baru aja kemarin, suami protes lagi karena aku gak mendengarkan dengan sungguh perkataannya. Akibatnya aku melewatkan melakukan sesuatu yang diminta suami. Aku dibilang banyak pegang HP. Awalnya mau defense, tapi aku diam dan mikir. Waktu aku mengingat-ingat iya sih, akhir-akhir ini aku kembali sering pegang HP di rumah. Dulu aku udah ngurangin sih. Tapi sekarang mulai lagi.
✔️ Aku harus mulai berdisiplin lagi. Gak pegang HP waktu bareng bocah dan suami.

Kita bisa membantu orang lain menjadi sadar akan hadirat Tuhan dengan mendorong satu sama lain bertumbuh dalam kekudusan. Tetapi kita harus melakukannya dengan sangat hati-hati, karena kita ingin membawa hadirat Tuhan dalam hidup orang lain itu, bukan penghakiman kita.
Seringkali keteladanan bicara lebih keras daripada perkataan. Aku harus selalu mengingat kalau hanya Tuhan yang bisa memberikan pertumbuhan. Bagianku adalah mendorong pasangan semakin mendekat pada Tuhan, bukannya menjauhi Tuhan. Tentunya aku juga harus hidup dalam kekudusan. Dalam segala waktu di pernikahanku Tuhan hadir. Kesadaran akan hal ini seharusnya mengubah sikapku menghadapi suami. Aku seharusnya menjadi diriku yang terbaik, lebih sabar, lebih lemah lembut, gak ngambekan, yang gak suka berbantahan.

✔️ Kalau aku selalu melihat Tuhan yang hadir dalam pernikahanku, akankah aku memperlakukan suamiku seperti aku memperlakukannya sekarang? Kayaknya nggak deh. Aku mungkin akan lebih rajin, lebih sabar, lebih bisa mengendalikan diri, dll. Aku akan berusaha menjadi diriku yang terbaik. Dengan demikian, aku gak boleh lupa kalau Tuhan hadir dalam hidupku setiap waktu.

Palangka Raya, 22 Juni 2019
-Mega Menulis-

Friday, June 21, 2019

Amsal 21, Mazmur 140

Amsal 21

Scripture      
Amsal 21:17 (TB)  Orang yang suka bersenang-senang akan berkekurangan, orang yang gemar kepada minyak dan anggur tidak akan menjadi kaya.

Observation
Beberapa hari lalu, kami sekeluarga makan di sebuah cafe yang direkomendasikan sepupuku. Enak masakannya, sesuatu yang jarang banget di sini. Biasanya cafe cuma 'jual' tempat. Pulangnya aku dan suamiku ngobrol, intinya suami puas dan ingin sekali-kali melakukannya lagi tapi nggak bakal sering-sering. Boros banget bo kalau sering-sering. Lah, biaya sekali makan di cafe bisa buat makan seharian di rumah, atau bahkan dua hari. Hahahaha. Aku sih sayang duitnya. Kalau bisa gak makan di luar malah lebih baik.

Aplication
✔️ Aku buat budget buat makan di luar rumah setiap bulannya. Kalau pun gak dipakai, masuk tabungan.

Prayer   
Tuhan, aku mau berhikmat menggunakan uang yang Tuhan beri. Tolong aku supaya bijak, bukannya pelit. Amin.

Mazmur 140

Scripture      
Mazmur 140:1 (TB)  Untuk pemimpin biduan. Mazmur Daud. (140-2) Luputkanlah aku, ya TUHAN, dari pada manusia jahat, jagalah aku terhadap orang yang melakukan kekerasan,

Observation
Kekerasan yang dilakukan seseorang bukan hanya kekerasan fisik, kekerasan verbal pun bisa melukai seseorang. Bahasa kasihku yang dominan adalah perkataan, jadi gak jarang aku terluka karena perkataan orang lain. Kata sungguh punya nyawa. Aku gak bisa mengendalikan apa yang dikatakan orang lain, tapi aku bisa mengendalikan responku. Supaya apa yang dikatakan orang gak memengaruhiku, aku harus ingat bahwa yang di dalam yang terpenting. Hatiku harus tetap terjaga.

Aplication
✔️ Aku gak akan membiarkan apa yang dikatakan orang memengaruhi hatiku. Hatiku tetap tenang dan gak akan merasakan sakit yang gak perlu oleh perkataan sia-sia seseorang.
✔️ Aku juga gak mau sembarangan mengeluarkan perkataan yang berpotensi menyakiti orang lain.

Prayer   
O Tuhan, jagalah aku dari segala kekerasan verbal. Tolong berikan aku ketenangan supaya selalu bisa berespon benar dan gak terburu-buru sakit hati. Dan mampukan aku mengucapkan perkataan berkat bagi orang lain. Amin.

Palangka Raya, 21 Juni 2019
-Mega Menulis-

Thursday, June 20, 2019

Amsal 20, Mazmur 139

Mazmur 139

Scripture       
Mazmur 139:23-24 (TB)  Selidikilah aku, ya Allah, dan kenallah hatiku, ujilah aku dan kenallah pikiran-pikiranku; 
lihatlah, apakah jalanku serong, dan tuntunlah aku di jalan yang kekal! 

Observation 
Terkadang aku melakukan hal yang benar dengan motivasi yang salah atau di pemikiran masih salah. Misal aku berdiam diri waktu marah sama suami, kadang aku memang menenangkan diri sebelum ngomong dan pemberesan sama suami. Tapi kadang tipis bedanya dengan ngambek. LOL. Harus jujur dengan diri sendiri, apakah sikap hatiku benar.

Aplication
✔ Aku mau punya sikap hati yang benar.
✔ Biarlah ayat ini jadi doaku sepanjang hari, supaya Tuhan nyatakan kalau ada pemikiran-pemikiran yang salah di hadapan Tuhan.

Prayer   
Selidikilah aku, ya Allah, dan kenallah hatiku, ujilah aku dan kenallah pikiran-pikiranku;
lihatlah, apakah jalanku serong, dan tuntunlah aku di jalan yang kekal! Amin.

Amsal 20

Scripture       
Amsal 20:3 (TB)  Terhormatlah seseorang, jika ia menjauhi perbantahan, tetapi setiap orang bodoh membiarkan amarahnya meledak. 

Observation 
Hari ini bosku mengucapkan kalimat yang cukup tajam. Kesel sih, tapi aku berhasil menahan diri gak meledak. Aku hanya tersenyum dan bilang, "Makasih bu". Bersyukur sekali gak perlu berbantahan dengan bos.

Aplication
✔ Jangan langsung marah saat orang lain marah, kendalikan diri.

Prayer   
Tuhan, mampukan aku untuk menang di area ini. Aku mau belajar terus untuk mengendalikan diri dan gak meledak saat marah. Amin.

Palangka Raya, 20 Juni 2019
-Mega Menulis-

Amsal 19, Mazmur 138

Amsal 19

Scripture       
Amsal 19:11 (TB)  Akal budi membuat seseorang panjang sabar dan orang itu dipuji karena memaafkan pelanggaran. 

Observation 
Tadi sore jalan sekeluarga beli telur, dompetku ketinggalan dong di tempat penjual telurnya. Mana baru nyadar pas sudah dekat rumah. Pas aku kasih tahu suami, suami marah karena dia dah kasih tahu aku untuk masukkan dompet. Aku ngerasa gak salah, posisinya aku gendong Sofi jadi pas bayar gak bisa ambil dompet di tasku, akhirnya suami yang ngambil. Eh, ga dimasukkan suami ke tasku dong. Gitu kok aku yang dimarahin. Suami bilang dia suruh aku masukkan tapi aku ga dengar. Dah gak terima dan pengen ngedebat suami tapi aku mengingatkan diriku kalau gak ada gunanya. Aku akhirnya minta maaf karena gak denger suami ngomong walaupun masih gak terima dalam hatiku, suami pake bilang aku selalu gak dengerin dia. Deg. Di titik itu aku emosi dan hampir balas omongan suami. Tapi akhirnya aku minta maaf aja dan diam. Udahlah pikirku ngapain bela diri segala. Ngapain perpanjang ribut yang gak esensi.

Aku bersyukur menghindari pertengkaran dengan suami hari ini. Ternyata untuk bersabar gak boleh membiarkan diri dikuasai emosi. Dampak ribut bakal panjang, mending diam. Kalau diingat-ingat, kesel sih. Tapi aku anggap ini latihan buat aku mengendalikan diri. Bahan perenungan dan evaluasi diri juga, curcol suamiku kalau aku sering melewatkan omongannya, gak boleh gitu lagi akunya.

Aplication
✔ Aku harus fokus waktu suami ngomong.
✔ Pikirkan dampak sebelum ribut sama suami. Better diam dan evaluasi diri.

Prayer
Tuhan, terima kasih karena hari ini Tuhan ingatkan aku untuk bersabar dan gak bertengkar dengan suami. Tolong aku di lain hari untuk terus bersabar dan menghindar dari perbantahan. Amin.

Mazmur 138

Scripture       
Mazmur 138:8 (TB)  TUHAN akan menyelesaikannya bagiku! Ya TUHAN, kasih setia-Mu untuk selama-lamanya; janganlah Kautinggalkan perbuatan tangan-Mu! 

Observation 
Tuhan akan menyelesaikan perbuatan tanganNya. Amin. Tuhan belum selesai denganku. Karakter Kristus masih jauh dari hidupku, aku masih jatuh bangun dalam banyak hal. Tapi aku mau diproses Tuhan, aku mau bertumbuh semakin serupa dengan Dia.

Aplication
✔ Mulai lagi bertanya,"What would Jesus do?" saat ada di situasi istimewaku dan melakukan yang Tuhan Yesus lakukan.

Prayer    
Tuhan, tolong aku untuk setia pada setiap proses yang Tuhan kerjakan dalam hidupku sampai akhirnya Tuhan selesai. Jangan menyerah terhadapku ya Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 19 Juni 2019
-Mega Menulis-

Tuesday, June 18, 2019

Amsal 18

Amsal 18

Scripture       
Amsal 18:21 (TB)  Hidup dan mati dikuasai lidah, siapa suka menggemakannya, akan memakan buahnya. 

Observation
Kalau hidup dan mati kita ditentukan oleh perkataan kita, kita tidak akan sembarangan dengan perkataan yang kita ucapkan. Apa yang aku ucapkan bisa menentukan hidup dan mati seseorang. Semangat seseorang bisa dipadamkan dan dinyalakan hanya lewat perkataan.

Aplication
✔ Aku memilih mengucapkan perkataan berkat, bukan yang menyebabkan kematian.

Prayer    
Tuhan, biarlah hanya perkataan yang membangun yang keluar dari mulutku hari ini. Amin.

Palangka Raya, 18 Juni 2019
-Mega Menulis-

Mazmur 136, Amsal 17

Amsal 17

Scripture       
Amsal 17:14 (TB)  Memulai pertengkaran adalah seperti membuka jalan air; jadi undurlah sebelum perbantahan mulai. 

Observation 
Hari ini ada orang kantor yang datang ke aku dan marah-marah karena kegiatannya gak dibayarkan. Padahal bukan wewenangku, tapi berhubung teman yang dicarinya gak ada. Aku kena deh. Puji Tuhan, aku bersikap tenang, gak membantah, gak nyolot. Aku cuma mendengarkan sampai-sampai teman seruanganku heran.

Aplication
✔ Kalau ada orang yang marah-marah, aku harus berespon dengan sikap tenang, mendengarkan dan gak terpancing emosi.

Prayer   
Tuhan, mampukan aku untuk terus menjawab dengan lemah lembut sekalipun ada yang memancing emosi. Amin.

Mazmur 136

Scripture       
Mazmur 136:1 Bersyukurlah kepada TUHAN, sebab Ia baik! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya.

Observation 
Sungguh bersyukur kepada Tuhan buat segala kebaikan Tuhan. Membaca Mazmur 136 mengingatkan pada segala perbuatan tangan Tuhan dan mukzizat yang telah dilakukanNya. Dalam kehidupan pribadiku pun aku melihat betapa banyak yang dibuatNya. Hari demi hari aku melihat kebaikanNya saat aku menghitung berkatNya.

Aplication
✔ Buat gratitude journal.

Prayer   
Tuhan, terima kasih karena kebaikanMu hari ini aku mendapat kekuatan untuk mengendalikan diri. Tuhan berikan aku kerajinan untuk mengerjakan banyak hal. Terima kasih karena aku boleh melihat keluargaku sehat semua hanya karena kasihMu. Aku bersyukur. Terima kasih Tuhan.Amin.

Palangka Raya, 17 Juni 2019
-Mega Menulis-

Mazmur 135, Amsal 16

Amsal 16

Scripture       
Amsal 16:21 (TB)  Orang yang bijak hati disebut berpengertian, dan berbicara manis lebih dapat meyakinkan. 

Observation 
Hari ini aku kaget tahu-tahu suami membicarakan sesuatu yang kami bicarakan minggu sebelumnya. Aku memang belum bertanya ke suami lanjutannya bagaimana. Aku ingat waktu kami membicarakannya aku sempat kuatir suami gak mau dengar pendapatku karena awalnya kami beda pendapat, tapi aku berusaha menjelaskan secara logis dan bicara baik-baik alasanku. Suami cuma manggut-manggut tapi gak memutuskan apa-apa. Eh hari ini tahu-tahu dia setuju denganku. Senang deh.

Aplication
✔ Kalau punya pendapat beda dengan suami, tetap sampaikan dengan manis.

Prayer   
Tuhan, terima kasih karena Tuhan ingatkan terus untuk bermanis dengan suami walaupun gak sependapat. Amin.

Mazmur 135

Scripture       
Mazmur 135:15 (TB)  Berhala bangsa-bangsa adalah perak dan emas, buatan tangan manusia, 

Observation 
Adakah berhala yang sudah kubuat? Berhala bukan hanya patung. Saat aku menganggap sesuatu lebih utama daripada Tuhan maka aku sedang menjadikannya berhala dalam hidupku.

Prayer    
Tuhan, selidiki hatiku, apakah ada yang kuanggap lebih penting dari Tuhan. Ampuni aku Tuhan. Aku mau kembali jadikan Tuhan yang terutama dalam hidupku. Amin.

Palangka Raya, 16 Juni 2019
-Mega Menulis-

Mazmur 134, Amsal 15

Amsal 15

Scripture       
Amsal 15:16 (TB)  Lebih baik sedikit barang dengan disertai takut akan TUHAN dari pada banyak harta dengan disertai kecemasan. 

Observation 
Apakah ini berarti lebih baik miskin daripada kaya? No lah. Poinnya adalah untuk hidup dalam takut akan TUHAN dan gak kuatir. Karena ada aja orang yang miskin, hidup tanpa takut Tuhan, kuatir mulu lagi. Alamak! Kamu mau pilih hidup yang gimana Meg? Tentunya aku mau hidup dalam takut akan TUHAN. Kalau aku takut akan TUHAN, aku gak perlu takut menghadapi apapun lagi.

Aplication
✔ Fokus untuk hidup dalam takut akan TUHAN bukan menjadi kaya Meg!

Prayer    
Tuhan aku mau lagi kuatir masalah kaya miskin, aku mau fokus hidup dalam takut akan TUHAN. Tolong aku untuk gak mencemaskan hal-hal yang gak penting. Amin.


Mazmur 134 

Mazmur 134:3 (TB)  Kiranya TUHAN yang menjadikan langit dan bumi, memberkati engkau dari Sion. 

Observation 
Diingatkan kalau Tuhan yang menjadikan langit dan bumi yang memberkatiku, aku gak perlu kuatir akan keperluanku. Sebagai hamba Tuhan, aku hanya harus fokus menyembah dan memuji Tuhan. Hamba Tuhan bukan hanya pendeta atau orang yang melayani full timer, aku juga hamba Tuhan. Melayani Tuhan berarti melakukan segala sesuatu seperti untuk Tuhan dan melakukan bagi kemuliaanNya. Ada kesadaran bahwa yang kulakukan adalah untuk Dia.

Aplication
✔ Saat aku sedang melayani orang lain yang Tuhan mau aku layani, lakukan seperti untuk Tuhan. Dengan sepenuh hati. Dengan sukacita.

Prayer   
Tuhan, ampuni kalau terkadang selama ini asal-asalan melayani keluargaku dan tanpa sukacita. Mampukan aku Tuhan, untuk melayani mereka dengan sepenuh hati dan dengan sukacita. Amin.

Palangka Raya, 15 Juni 2019
-Mega Menulis-

Mazmur 133, Amsal 14

Mazmur 133

Scripture       
Mazmur 133:1 (TB)  Nyanyian ziarah Daud. Sungguh, alangkah baiknya dan indahnya, apabila saudara-saudara diam bersama dengan rukun! 

Observation
Diingatkan hubunganku dengan adekku yang cowok yangmemang kurang dekat dibandingkan dengan yang cewek.  Jarang banget ngobrol. Kadang iri dengan suami yang dah merit pun masih sering chat sama saudaranya, kami ngga gitu. Kalau ketemu adekku pun ngobrol biasa gak bisa yang deep gitu. Gak tahu kenapa.

Aplication
✔ Mau coba chat adekku rutin buat tanyain kabar atau apa.

Prayer   
Tuhan, tolong aku bangun hubungan lagi sama A. Biar kami diam dengan rukun dan menerima berkat Tuhan bersama. Amin.

Amsal 14

Scripture       
Amsal 14:5 (TB)  Saksi yang setia tidak berbohong, tetapi siapa menyembur-nyemburkan kebohongan, adalah saksi dusta. 

Observation 
Aku sedang bingung. Di kantor ada teman yang tiba-tiba ditarik ke kantor lamanya padahal dia adalah pejabat penandatanganan surat perintah membayar. Aku ditunjuk menjadi penggantinya. Masalah muncul karena ternyata honor PPSPM bulan Juni sudah dibayarkan ke PPSPM lama sebelum libur Lebaran (Bulan Mei), teman yang membayarkan mungkin berpikir kalau toh masuk kantor tanggal 10 Juni (biasanya mereka terima honor di bawah tanggal 5). Karena temanku itu sudah pindah, otomatis harus dibuat tanda terima honor baru per Juni ini untukku, teman yang membayarkan ga enak minta balik uangnya ke PPSPM yang lama sementara aku gak mau tanda tangan kalau aku gak terima, itu kan bohong. Sigh. Bukannya aku mata duitan, kerjaannya pasti aku kerjakan. Gak masalah juga gak terima honor bulan ini. Tapi kalau disuruh tanda tangan padahal aku gak terima, duh, aku gak damai sejahtera bohong gitu.

Kalau aku gak tanda tangan,saat pemeriksaan Irwas bisa jadi temuan. Karena PPSPM Juni aku, kok yang terima honor yang lama (honor atau gaji PNS dibayarkan di awal bulan berjalan, bukan seperti swasta yang dibayarkan di akhir bulan). Yang kena pasti teman yang membayarkan. Duh, beneran bingung.

Prayer   
Tuhan, Engkau yang tahu hatiku. Tolong berikan aku jalan keluar Tuhan tanpa harus berbohong. Berikan hikmat ya Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 14 Juni 2019
-Mega Menulis-

Mazmur 132, Amsal 13

Amsal 13

Scripture       
Amsal 13:11 (TB)  Harta yang cepat diperoleh akan berkurang, tetapi siapa mengumpulkan sedikit demi sedikit, menjadi kaya. 

Observation 
Beberapa hari yang lalu aku ditanya suamiku kalau misal penghasilan 1 juta, aku bisa nabung 100 rb. Kalau 2 juta berapa yang bisa aku tabung. Spontan aku jawab 1,1 juta. Dan suamiku geleng-geleng karena berarti standar pengeluaranku sama meskipun pendapatan bertambah,kok bisa katanya. Ya namanya juga ngumpulin uang sedikit demi sedikit, masa begitu pendapatan nambah langsung dihabiskan 😁

Aku bukan orang yang bisa menabung banyak saat ini karena punya kredit rumah. Tapi aku mengusahakan setiap bulan menghemat sehingga bisa menabung.

Aplication
✔ Aku mau memasak sendiri cemilan bocah-bocah. Lumayan menghemat dibandingkan beli kalau bisa buat sendiri. Jadi budget cemilan bisa ditabung.


Prayer   
Tuhan, ajari aku untuk berhikmat dalam menikmati setiap berkatMu sehingga aku bisa menabung. Jangan biarkan aku cuma manghabiskan setiap berkat tanpa perhitungan. Amin.

Mazmur 132

Scripture       
Mazmur 132:11 (TB)  TUHAN telah menyatakan sumpah setia kepada Daud, Ia tidak akan memungkirinya: "Seorang anak kandungmu akan Kududukkan di atas takhtamu; 

Observation 
Tuhan menyatakan sumpahnya dan memenuhi perjanjianNya dengan Daud. Ia adalah Allah yang memegang perjanjianNya. Allah kita berkomitmen. Kalau Allah saja memegang perjanjianNya, aku yang diciptakan segambar dan serupa dengan dia berarti juga harus memegang perjanjian dan komitmenku.

Aku berjanji mengasihi suamiku dalam suka dan duka. Tapi terkadang rasanya susah mengasihi suami saat dikecewakan. Aku harus mengingat bagaimana Allah sudah setia dan gak pernah mengingkari janjiNya. Aku pun pasti dimampukan memegang komitmen dalam janji nikahku.

Aplication
✔  Aku mau tetap mengasihi suamiku meskipun dikecewakan. Karena mengasihi bukan sekedar perasaan tapi melakukan tindakan kasih. Love is a verb Meg!

Prayer    
Tuhan, ajari aku terus mengasihi dan berkomitmen. Aku mau mengasihi suamiku. Tolong aku Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 13 Juni 2019
-Mega Menulis-

Wednesday, June 12, 2019

Mazmur 131, Amsal 12

Mazmur 131

Scripture       
Mazmur 131:2 (TB)  Sesungguhnya, aku telah menenangkan dan mendiamkan jiwaku; seperti anak yang disapih berbaring dekat ibunya, ya, seperti anak yang disapih jiwaku dalam diriku. 

Observation 
Anakku ga ada yang full ASI, jadi aku gak merasakan menyapih anak. Tapi mendengar cerita teman-temanku yang menyapih anaknya, awalnya adalah perjuangan berat, apalagi saat anak menangis meminta apa yang diinginkannya (nenen). Pokoknya terus menangis sampai dapat.Frustrasi rasanya, ya anaknya, ya mamanya. Anak frustrasi karena gak mendapat yang diinginkan, mamanya frustrasi karena ingin memberi tapi tahu sudah saatnya berhenti memberi. Saat ditolak, lama-lama anak sepertinya belajar untuk 'mencukupkan diri' dengan kehadiran mamanya. Asal ada mamanya, gak nenen pun gak papa.

Saat aku gak dapat yang aku inginkan, aku juga kadang sama. Frustrasi dan menangis di hadapan Tuhan. Berpikir kok Tuhan gini sih sama aku. Padahal Tuhan mau aku belajar, gak selalu yang kuinginkan kudapatkan. Tuhan selalu memberi yang aku butuhkan, kalau Tuhan gak berikan yang kuminta bisa jadi karena sebenarnya aku gak butuh.

Aplication
✔ Aku mau mencukupkan diri dengan kehadiran Tuhan. Biar hatiku dipuaskan dengan kehadiranNya, bukan pemberianNya.

Prayer 
Tuhan, Aku mau belajar menenangkan dan mendiamkan jiwaku di dekat Tuhan seperti anak yang disapih. Aku mau menjadi puas dengan kehadiran Tuhan saja. Amin.

Amsal 12 

Scripture       
Amsal 12:23 (TB)  Orang yang bijak menyembunyikan pengetahuannya, tetapi hati orang bebal menyeru-nyerukan kebodohan. 

Observation 
Baca ayat ini aku teringat teman yang pernah bilang, makin banyak bicara seseorang sebenarnya makin kelihatan bodohnya. Aku diingatkan untuk bijak saat berbicara, tahu kapan waktunya bicara, kapan waktunya diam. Ada saatnya memberkati dengan perkataan, ada saatnya memberkati dengan diam.

Aplication
✔ Aku gak perlu berkomentar yang gak perlu saat mendengar orang lain bercerita. Lebih baik sedikit kata-kataku dan jadi berkat daripada banyak tapi sia-sia.

Prayer 
Tuhan, Engkau tahu mulutku kadang susah direm. Tolong aku mengekang mulutku dari perkataan yang sia-sia dan jangan biarkan aku menahan mulutku dari berkata baik saat diperlukan. Amin.

Palangka Raya, 12 Juni 2019
-Mega Menulis-

Amsal 11, Mazmur 130

Amsal 11

Scripture       
Amsal 11:16 (TB)  Perempuan yang baik hati beroleh hormat; sedangkan seorang penindas beroleh kekayaan. 

Observation 
Menindas orang lain beroleh kekayaan, berbuat hati beroleh hormat. Pilih yang mana Meg kalau pilihannya seperti itu?

Sebagai seorang staf yang pernah berganti bos beberapa kali, aku teringat bosku yang suka menindas anak buahnya, uang perjalanan anak buah pun dipotongnya, emang banyak uang sih dia nampaknya. Tapi dia selalu dibenci anak buahnya. Semua menghindari pergi bersama dia. Bahkan untuk perjalanan dinas yang nyata-nyata ada uangnya. Beda dengan bosku yang lain, bahkan melakukan pekerjaan yang gak ada uangnya pun, stafnya berlomba-lomba melakukan yang terbaik baginya. Memang orangnya selalu perhatian sama staf dan memperlakukan staf dengan manusiawi.

Kekayaan bukan hanya berupa materi, saat aku dikelilingi orang-orang yang bersedia membantuku pun adalah kekayaan yang tak ternilai.

Aplication
✔ Perlakukan staf sebagai keluarga.

Prayer   
Tuhan, ajari aku mengasihi rekan sekantorku. Bukan supaya aku beroleh hormat tapi supaya mereka merasakan kasih Tuhan di dalamku dan melaluiku. Amin.

Mazmur 130

Scripture       
Mazmur 130:2 (TB)  Tuhan, dengarkanlah suaraku! Biarlah telinga-Mu menaruh perhatian kepada suara permohonanku. 

Observation 
Selama ini berdoa buat keamanan di Indonesia khususnya Jakarta pasca hasil pilpres diumumkan KPU. Dan hari ini heboh penangkapan teroris di Palangka Raya tempat kami dan di Gunung Mas yang dua jam perjalanan jauhnya dari Palangka Raya. Gak terbayangkan, tempat kami yang aman ada teroris. Jumlahnya belasan lagi. Duh. Bersyukur Tuhan masih jagai kota kami. Selama ini berdoa buat Indonesia tanpa membayangkan kota kami bakal jadi sasaran teroris tapi Tuhan dengar doaku berdoa buat keamanan Indonesia meskipun gak spesifik Palangka Raya. Tuhan sungguh baik.

Aplication
✔ Berdoa buat Provinsi Kalimantan Tengah.

Prayer   
Tuhan, terima kasih buat penjagaan Tuhan bagi kami di Palangka Raya. Tolong jagai setiap kota di Kalimantan Tengah ini Tuhan. Aku serahkan 13 Kabupaten dan kota Palangka Raya ke dalam tangan pengasihanMu. Amin.

Palangka Raya, 11 Juni 2019
-Mega Menulis-

Amsal 10

Amsal 10

Scripture       
Amsal 10:26 (TB)  Seperti cuka bagi gigi dan asap bagi mata, demikian si pemalas bagi orang yang menyuruhnya. 

Observation 
Cuka bagi gigi menyebabkan ngilu pada gigi. Asap bagi mata menyebabkan mata perih. Demikianlah orang yang malas, membuat orang lain terganggu. Ada seorang teman di kantor yang terkebal kalau diminta mengerjakan sesuatu pasti lamaaaaa..... Banget! Bukan karena dia gak bisa, tapi karena dia SELALU menunda pekerjaan. Kesal deh. Hampir semua orang malas berurusan dengan dia. Semua sudah hapal kelakuannya. Hari ini aku terpaksa berurusan dengan dia, menagih pekerjaan dari sebelum libur. Eh, belum selesai dong. Padahal kalau mau duduk sebentar dan mengerjakan selesai. Duh Tuhan, berikan aku kesabaran berurusan dengan orang ini.

Aplication
✔ Belajar dari orang ini, jangan menunda pekerjaan dan menyusahkan orang lain.
✔ Aku harus ekstra sabar menagih pekerjaan ke orang ini.

Prayer    
Tuhan, tolong aku, berikan aku kesabaran ekstra menghadapi orang ini. Amin.

Palangka Raya, 10 Juni 2019
-Mega Menulis-

Monday, June 10, 2019

Tips Berhemat Ala Mak Sara



Terinspirasi tulisan Echa di sini , aku juga mau ah bikin tulisan sejenis. Dan, ini diaaaa….Tips hemat ala aku.

1.    MASAK SENDIRI. Aku gak tahu lah ya kalau di daerah lain (Jawa dkk), kalau aku di sini (Palangka Raya), kalau beli lumayan bo habisnya buat makan sehari-hari. Ada sih di sini tempat makan yang 10 ribu per porsi tapi ya teuteeeppp jarang banget. Paling gak 15-25 ribu lah makan rata-rata per orang sekali makan. Kalau masak aku bisa habis 500 ribu rata-rata per minggu. Ini buat makan 2 orang dewasa dan 2 balita.
2.    Kalau mau beli makanan, nasi campur paling memuaskan di Warung Hikmah. Postingan ini mengandung iklan, hahaha. Eh tapi bener kok, yang lebih murah daripada WM Hikmah banyak. Tapi yang porsinya jumbo, rasanya enak dan harganya bersahabat ya WM Hikmah. Kalau pengen nyobain tempat makan baru, tunggu promo deh. Atau pas hari-hari tertentu, misal: pasca PEMILU, hut kemerdekaan, hut sendiri, dll. Lumayan bisa hemat 10-20% dan terkadang gratis. 
3.    RM UDA SAYANG lebih murah daripada RM SEDERHANA, apalagi RM TALAGO.LOL. Ga penting banget ya, tapi pentinglah ya buat suamiku. Secara dia pecinta nasi padang garis keras.  Sssttt…Di Uda Sayang nasi plus daging rendang 15 ribu lo. Dan bener kata Echa, dibungkus lebih banyak dapatnya daripada makan di tempat.
4.   Kalau ada barang yang diincar di olshop, masukkan dulu ke keranjang. Tar biasanya ada pemberitahuan promo atau cashback, nah…baru deh beli. Untuk menghemat ongkir, ajak teman belanja bareng, bagi dua deh ntar ongkirnya. Bandingkan harga kalau mau beli barang, cek ongkirnya, bandingkan. Jangan males liat info promo. Liat testimoni yang sudah belanja. Jangan sampe harga murah tapi gak berkualitas, ini ma ga hemat, malah boros.
5.   Bawa botol minum yang sudah diisi air kalau kemana-mana. Daripada beli hayo. Lumayan lo bawa minum sendiri. Pelajaran ini aku dapat sejak tinggal enam bulan buat diklat di Bandung, beli air 2 botol aja sehari dah berapa tuh kalau dikalikan.
6.    Ngajak main anak? Manfaatkan playground gratisan di dalam kota, ke perpustakaan daerah, ke pasar, naik bis gratis di Pasak Kameluh, ke rumah teman yang punya anak (pasti punya mainan yang beda kan dengan anak sendiri) , ke teman yang gede halamannya (aku punya teman yang halamannya luassss buanget, pelihara ikan, ayam, bebek, angsa, anggrek, dll-Gimana anakku gak hepi ke sana), ke Hypermart (Sara dan Sofi ke sini buat naek troli doang). Buat anak kadang gak penting mainnya apa, yang penting orang tua main bersama dia, bukan nemenin doang tapi main bareng. Sering tuh bocah-bocah diajak naik motor keliling-keliling aja dah bahagia, di jalan nyanyi bareng, tanyain setiap yang dilihat, namanya, warnanya atau bahasa Inggrisnya.
7.  Tanya harga sebelum membeli! Ini berlaku untuk barang apa aja. Kalau gak tahu harganya mending nanya. Daripada makan gengsi, hahaha. Kapok pernah makan di warung pinggiran, kirain harga standar kaki lima. Lah, harganya yang malah harga bintang lima. Hais.

Kalau ada yang mau nambahin tipsnya monggo ya...

Palangka Raya, 10 Juni 2019
-Mega Menulis-




Amsal 9, Mazmur 128

Amsal 9

Scripture      
Amsal 9:13 (TB)  Perempuan bebal cerewet, sangat tidak berpengalaman ia, dan tidak tahu malu.

Observation
Sedang kesal sama suami dan pengen banget ngomel-ngomel. Tapi dari pengalaman sebelumnya, ngomel ga ada gunanya, nyerewetin suami cuma bikin suasana tambah kacau.

Aplication
- Kalau ga ada hal baik yang bisa aku ucapkan, lebih baik aku diam.

Prayer   
Tuhan, aku gak mau jadi perempuan cerewet yang gak belajar dari pengalamannya. Aku mau lebih bijak menggunakan mulutku dan berkata-kata tepat pada waktunya. Tolong aku Tuhan. Amin.

Mazmur 128

Scripture      
Mazmur 128:1 (TB)  Nyanyian ziarah. Berbahagialah setiap orang yang takut akan TUHAN, yang hidup menurut jalan yang ditunjukkan-Nya!

Observation
Dengan spesifik dikatakan bagi setiap laki-laki yang takut akan TUHAN dan hidup menurut jalan yang ditunjukkan Tuhan maka ada berkat atas rumah tangganya seperti di Mazmur 128. Luar biasa sekali berkat yang diberikan Tuhan atas rumah tangganya.

Aplication
✔️ Bersyukur untuk setiap berkat Tuhan dalam rumah tangga kami.
✔️ Berdoa supaya suami terus hidup dalam takut akan TUHAN dan hidup sesuai kehendak Tuhan.

Prayer   
Tuhan, terima kasih buat berkat Tuhan dalam rumah tangga kami. Terima kasih buat penyertaan Tuhan bagi suamiku, biarlah dia hidup dalam takut akan TUHAN dan kerinduannya adalah menyenangkan Engkau. Amin.

Palangka Raya, 9 Juni 2019
-Mega Menulis-

Saturday, June 8, 2019

Amsal 8, Mazmur 127

Mazmur 127

Scripture      
Mazmur 127:1 (TB)  Nyanyian ziarah Salomo. Jikalau bukan TUHAN yang membangun rumah, sia-sialah usaha orang yang membangunnya; jikalau bukan TUHAN yang mengawal kota, sia-sialah pengawal berjaga-jaga.

Mazmur 127:1 (FAYH)  KALAU bukan Allah yang mendirikan rumah, sia-sialah pekerjaan tukang yang mendirikannya. Kalau bukan Allah yang melindungi kota, para penjaga tidak ada gunanya.

Observation
Baca ini jadi bingung kan ya. Siapa yang sebenarnya membangun, Tuhan atau orang? Siapa yang sebenarnya berjaga, Tuhan atau pengawal?

Aku pernah menjemur pakaian lalu tiba-tiba hujan. Terpaksa aku memasukkan lagi pakaian tersebut. Lalu hujan berhenti dan hari panas, aku jemu lagi tuh pakaiannya. Pakaiannya kering dong akhirnya. Kalau aku gak menjemur pakaian apakah akan kering? Kalau aku cuma berdoa, apakah pakaiannya akan kering?

Ada bagian yang Tuhan kerjakan dan ada bagian yang harus aku kerjakan. Usaha tanpa doa sia-sia. Doa tanpa usaha itu bohong. Gimana aku bilang aku mau jadi rajin kalau aku gak bergerak? Tuhan berikan kemauan dan kemampuan, tapi kalau aku gak melakukan apa-apa gimana?

Aplication
✔️ Do the best with God Meg!
✔️ Selalu berdoa di setiap usaha dan lakukan yang berkenan di hadapan Tuhan.

Prayer   
Tuhan, aku mau melakukan bagianku dengan setia dan bertanggung jawab dan mencari perkenan Tuhan. Supaya yang aku lakukan gak jadi kesia-siaan. Tolong aku Tuhan. Amin.

Amsal 8

Scripture      
Amsal 8:13 (TB)  Takut akan TUHAN ialah membenci kejahatan; aku benci kepada kesombongan, kecongkakan, tingkah laku yang jahat, dan mulut penuh tipu muslihat.

Observation
Orang yang takut akan Tuhan akan menjauhi kesombongan, kecongkakan, kejahatan dan mulut yang suka menipu. Bukan hanya membenci perilaku tersebut tapi juga GAK MELAKUKANNYA. Cek dan ricek diri sendiri, seringkali aku merasa sombong di dalam hati. Gak kelihatan sih, tapi merasa lebih baik dari orang lain. Itu kesombongan!

Kalau aku sungguh takut akan Tuhan, aku gak akan merasa lebih baik dibandingkan orang lain. Aku gak akan merasa yang dilakukan orang lain salah dan aku selalu benar. Aku gak akan merasa kurang berdosa dibandingkan orang lain. Semua manusia sama di hadapan Tuhan. Semua berdosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah. Kalau aku sebagaimana ada sekarang, semua kasih karuniaNya.

Aplication
✔️ Aku gak boleh menganggap orang lain lebih rendah. Setiap kali merasa demikian, harus segera minta ampun sama Tuhan.

Prayer   
Tuhan, ampuni aku karena sombong di dalam hatiku. Gak ada yang bisa aku sombongkan, semua yang ada padaku, yang terjadi padaku adalah karena kasih karunia Tuhan. Terima kasih Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 8 Juni 2019
-Mega Menulis-

Amsal 7, Mazmur 126

Amsal 7

Scripture      
Amsal 7:19 (TB)  Karena suamiku tidak di rumah, ia sedang dalam perjalanan jauh,

Observation
Perempuan ini mengambil kesempatan saat suaminya tidak ada di rumah, dia melakukan kejahatan diam-diam tanpa sepengetahuan suaminya.

Suamiku memang jarang pergi jauh  dari rumah, tapi bisa saja kami dekat secara fisik tapi ada sesuatu yang aku rahasiakan. No. Gak boleh gitu. Harus ada keterbukaan dengan suami. Dan emang kalau suami istri ga ada keterbukaan tu bikin hubungan jadi gak intim. Selalu ada yang mengganjal. Dulu di awal menikah, aku berharap suami mengerti tanpa aku kasih tahu, aku berharap suami lebih peka. Tapi malah hubungan makin tegang, wong suami gak bisa baca pikiran. Semakin ke sini, komunikasi kami semakin baik. Aku belajar mengungkapkan apa yang aku pikirkan dan suami juga.

Aplication
✔️ Aku mau terus terbuka sama suami. Terkadang masih tergoda untuk gak menceritakan semua yang aku pikirkan, apalagi kalau aku tahu bertentangan dengan pemikiran suami. Tapi keterbukaan membuat kami belajar saling mengerti dan semakin mendekatkan kami.

Prayer   
Tuhan, aku mau belajar terus terbuka di hadapan suami dan gak menyembunyikan apa-apa. Tolong aku untuk mengkomunikasikan dengan baik apa yang di pikiranku. Amin.

Mazmur 126

Scripture      
Mazmur 126:3 (TB)  TUHAN telah melakukan perkara besar kepada kita, maka kita bersukacita.

Observation
Hal-hal apakah yang kuperhitungkan sebagai 'perkara besar' dalam hidupku? Itu adalah pekerjaan tangan Tuhan. Hidup yang aku hidupi sekarang adalah dari Tuhan. Sudahkah aku hidup dalam sukacita? Atau selama ini aku hidup dengan keluh-kesah?

Sebelum menikah, temanku bilang, aku hidup seperti gak punya beban hidup, bawaannya kayak gak punya masalah. Walah, kalau ingat itu kok jadi berasa sekarang hidupku penuh keluhan ya 😅 Diingatkan untuk bersukacita deh.

Aplication
✔️ Ganti keluhan dengan ucapan syukur Meg!

Prayer   
Aku mau bersukacita selalu. Mampukan aku untuk melihat setiap berkatMu dan bersyukur padamu ya Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 7 Juni 2019
-Mega Menulis-

Thursday, June 6, 2019

Amsal 6, Mazmur 125

Amsal 6

Amsal 6:6-7 (TB)  Hai pemalas, pergilah kepada semut, perhatikanlah lakunya dan jadilah bijak:
biarpun tidak ada pemimpinnya, pengaturnya atau penguasanya,

Observation
Hari ini bangun dengan perasaan malas mengerjakan apapun. Kalau bisa maunya tidur seharian di tempat tidur. Tapi baca ayat ini aku ingat, Tuhan menciptakan dengan tujuan. Bahkan semut pun diciptakan dengan tujuan untuk mengajarkan manusia dengan kerajinannya. Aku pun diciptakan dengan tujuan, bukan untuk bermalas-malasan tentunya. Bagaimana aku memuliakan Tuhan kalau aku bermalas-malasan?

Aplication
✔️ Aku harus memuliakan Tuhan setiap harinya. Bagaimana caranya? Salah satunya dengan gak bermalas-malasan. Aku memuliakan Tuhan saat aku rajin.

Prayer   
Tuhan, aku mau memuliakan Engkau seumur hidupku. Biarlah setiap hari menjadi waktuku melakukan yang terbaik dengan apa yang aku miliki. Aku gak akan memakan makanan kemalasan. Amin.

Mazmur 125

Scripture      
Mazmur 125:4 (TB)  Lakukanlah kebaikan, ya TUHAN, kepada orang-orang baik dan kepada orang-orang yang tulus hati;

Observation
Gak hanya jadi orang baik, tapi juga tulus. Gak punya motivasi tersembunyi saat berbuat baik kepada orang lain. Bukan karena ingin mendapat balasan. Atau karena orang tersebut sudah berbuat baik ke aku. Kalau aku berbuat baik hanya ke mereka yang berbuat baik ke aku, apa bedanya aku dengan mereka yang gak kenal Tuhan.

Aplication
✔️ Selidiki hatiku sendiri, saat aku berbuat baik, aku tulus atau ngga.

Prayer   
Tuhan, selidiki hatiku, apakah aku tulus saat berbuat baik atau aku mengharapkan balasan. Nyatakanlah kalau ada yang gak benar di hatiku ya Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 6 Juni 2019
-Mega Menulis-

Wednesday, June 5, 2019

Amsal 5, Mazmur 124

Mazmur 124

Scripture      
Mazmur 124:1 (TB)  Nyanyian ziarah Daud. Jikalau bukan TUHAN yang memihak kepada kita, — biarlah Israel berkata demikian —

Observation
Awalnya aku merasa kok sombong ya Israel ni sewaktu berkata Tuhan di pihaknya, seolah-olah mereka selalu layak di hadapan Tuhan dibandingkan pihak lain. Sejujurnya, Israel ini bangsa yang tegar tengkuk. Tapi sewaktu baca lagi, aku malah melihat kerendahan hati mereka yang mengakui kalau Tuhanlah yang telah melindungi mereka dari segala bahaya. Kalau layak gak layak, ma kita ga ada yang layak. Tapi Israel sungguh hidup karena kasih karunia Tuhan dan mereka menyadarinya.

Terkadang ada perasaan sombong di dalam hatiku waktu melihat orang percaya lain. Ada pikiran, kok dia gini, kok dia gitu. Padahal sesungguhnya kami sama-sama hidup karena anugerah Tuhan. Aku gak berhak menghakimi orang lain. Aku perlu menyadari kalau ada kasih karunia Tuhan yang berbeda bagi setiap anakNya, gak sama tapi cukup.

Aplication
✔️ Aku harus hidup dalam kasih karunia Tuhan. Dengan kerendahan hati mengakui kalau aku ada sebagaimana aku ada karena kasih karunia Tuhan
✔️ Sebagai sesama penerima kasih karunia, aku gak berhak menghakimi orang lain.

Prayer   
Tuhan, terima kasih karena aku hidup karena Engkau. Ampuni aku saat aku hidup di luar kasih karuniaMu dan berlaku seperti anak sulung. Amin.

Amsal 5

Scripture      
Amsal 5:23 (TB)  Ia mati, karena tidak menerima didikan dan karena kebodohannya yang besar ia tersesat.

Observation
Orang fasik mati karena :
- Tidak menerima didikan
- Kebodohannya
Udah bodoh gak mau menerima didikan. Udah bodoh ga mau dikasih tahu, malahan yang ada sok tau. Nah lo! Ujung-ujungnya menerima konsekuensinya dong. Jadiii.... Kalau aku gak mau dikasih tahu dan malah sok tahu,ada akibat yang harus aku tanggung. Aku bakal Mati! Mungkin bukan kematian fisik, tapi kematian rohani, kematian nurani. Semakin sering aku menolak teguran, maka aku semakin pandai melewatkan didikan. Aku akan mati rasa terhadap didikan dan merasa diri paling benar.

Aplication
✔️ Aku harus belajar menerima didikan dengan hati yang lembut. Gak defense dan merasa apa yang aku lakukan sudah benar.

Prayer   
Tuhan, aku mau mati terhadap diri sendiri dan rasa sok tahuku supaya aku menerima teguran dan didikan dengan terbuka. Supaya aku hidup benar di hadapan Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 5 Juni 2019
-Mega Menulis-

Amsal 4, Mazmur 123

Amsal 4

Scripture      
Amsal 4:1 (TB)  Dengarkanlah, hai anak-anak, didikan seorang ayah, dan perhatikanlah supaya engkau beroleh pengertian,

Observation
Seorang ayah punya peranan penting dalam mendidik anaknya, dia bukan hanya pencari nafkah dalam keluarga. Aku bersyukur suamiku mau spending time setiap hari buat ngobrol sama anak-anak dan berperan aktif menegur, menasihati dan mendisiplin anak-anak kami.

Aplication
✔️ Berdoa supaya suamiku terus bertekun dalam firman sehingga FT yang jadi dasar dalam mendidik anak-anak kami.

Prayer   
Tuhan, berikanlah kerinduan buat Pa Sara bertekun dalam firmanMu supaya sungguh FT jadi dasar baginya mendidik anak-anak kami. Jangan biarkan dia mengandalkan hikmatnya sendiri ya Tuhan. Amin.

Mazmur 123

Scripture      
Mazmur 123:1 (TB)  Nyanyian ziarah. Kepada-Mu aku melayangkan mataku, ya Engkau yang bersemayam di sorga.

Observation
Nyanyian ziarah biasanya dinyanyikan saat orang-orang mendaki ke Yerusalem untuk berziarah atau beribadah. Atau ketika para imam mau melayani di Bait Allah. Nyanyian ini berkata mereka hendak melayangkan mata pada Tuhan, ini mengingatkan mereka untuk fokus pada Tuhan saat beribadah dan melayani Tuhan.

Aku juga harus belajar fokus pada Tuhan saat beribadah dan melayani Dia. Sungguh-sungguh melakukannya dengan mata tertuju pada Tuhan. Gak jarang waktu baca Alkitab pagi aku gak fokus karena dipenuhi pikiran mempersiapkan segala sesuatu sebelum ke kantor. Malam pun sambil lalu berdoa karena ngantuk. Gak boleh gitu. Harus terus melatih fokus pada Tuhan. Benar-benar memberikan diri sepenuhnya pada Tuhan saat menghadap Dia.

Aplication
✔️ Jangan memikirkan hal lain saat beribadah pada Tuhan Meg! Berikan dirimu sepenuhnya. Seluruhnya. Seutuhnya.

Prayer   
Tuhan ampuni aku karena seringkali gak fokus sama Tuhan saat datang kepada Tuhan. Aku mau fokus menikmati hadirat Tuhan saat beribadah. Tolong bersihkan pikiranku dari segala hal yang menghalangiku menikmati waktu bersamaMu ya Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 4 Juni 2019
-Mega Menulis-

Monday, June 3, 2019

Amsal 3, Mazmur 122

Amsal 3

Scripture      
Amsal 3:9 (TB)  Muliakanlah TUHAN dengan hartamu dan dengan hasil pertama dari segala penghasilanmu,

Observation
Sejak sebelum menikah, aku berkomitmen mendukung pelayanan sebuah yayasan. Setiap bulannya aku akan mentransfer sejumlah nominal tertentu. Sudah tanggal 3 dan aku belum transfer. Lupa. Baca ini diingatkan untuk transfer.

Aplication
✔️ Aku transfer hari ini juga ke yayasan tersebut.

Prayer   
Tuhan, terima kasih sudah mengingatkanku. Aku bersyukur setiap bulan Tuhan masih berikan kemauan dan kemampuan untuk mendukung pelayanan ini. Amin.

Mazmur 122

Scripture      
Mazmur 122:8 (TB)  Oleh karena saudara-saudaraku dan teman-temanku aku hendak mengucapkan: "Semoga kesejahteraan ada di dalammu!"

Observation
Berdoa buat kesejahteraan orang lain. Sudah lama aku gak melakukannya, selama ini sibuk memikirkan kesejahteraan sendiri. Dan mendoakan diri sendiri. Diingatkan untuk mendoakan adik-adikku.

Aplication
✔️ Berdoa untuk dua adikku, Adi dan Ruri.

Palangka Raya, 3 Juni 2019
-Mega Menulis-

Sunday, June 2, 2019

Amsal 2, Mazmur 121

Mazmur 121

Scripture      
Mazmur 121:2 (TB)  Pertolonganku ialah dari TUHAN, yang menjadikan langit dan bumi.

Observation & Aplication
- Penolongku yang sesungguhnya adalah Tuhan. Bahkan orang yang menolongku pun digerakkan Tuhan. Jangan berharap pada manusia karena manusia bisa mengecewakan, entah mereka tidak mampu atau tidak mau menolong. Jangan pernah jadikan Tuhan sebagai ban serep. Kalau gak berhasil baru cari Tuhan. No! Gak boleh gitu.
- Aku gak perlu meragukan kemampuan dan kuasa Tuhan untuk menolongku. Dia yang menjadikan langit bumi tentunya gak kurang kuasaNya untuk menolongku. Kalau Tuhan belum tolong, Tuhan punya tujuan.

Prayer   
Tuhan, Engkaulah Penolongku, hanya Engkau Tuhan.Amin.

Amsal 2

Scripture      
Amsal 2:7 (TB)  Ia menyediakan pertolongan bagi orang yang jujur, menjadi perisai bagi orang yang tidak bercela lakunya,

Observation
Di Mazmur 121 yang aku baca sebelumnya, aku meyakini pertolonganku datang dari Tuhan yang menjadikan langit dan bumi. Nah, di ayat ini Tuhan ingatkan kalau pertolonganNya tersedia bagi orang yang jujur. Berarti ada saatnya Tuhan gak tolong dong? Ya. Bisa jadi. Supaya aku terus jujur, apakah aku selalu jujur? Nggak. Ada kalanya aku bersikap gak jujur. Dan kalau saat aku gak jujur terus Tuhan gak tolong, itu karena Tuhan mengasihiku. Dia gak membiarkanku tinggal tetap dalam keadaan demikian.

Aplication
✔️ Saat aku merasa Tuhan gak tolong aku adalah saat aku merenungkan. Apakah ada ketidakjujuran dalam hidupku di hadapan Tuhan? Kalau iya, segera akui dan bertobat.

Prayer   
Tuhan, teruslah jadi Penolongku. Aku mau kedapatan jujur dan gak bercela di hadapan Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 2 Juni 2019
-Mega Menulis-

Sacred Marriage (Chapter 11)

Spiritual kristiani akan menolong kita setidaknya dalam 3 cara:
1. Mengajarkan kita sisi positif dari seks sekaligus mengingatkan kita akan hal-hal yang lebih penting dari seks.
2. Memungkinkan kita menikmati kesenangan, tanpa menjadikan kesenangan itu berhala kita.
3. Mengingatkan bahwa seks tidak akan pernah bisa sepenuhnya memuaskan dahaga kita.

Tuhan tidak memalingkan matanya ketika sepasang suami istri naik ke ranjang. Ini berarti, kita juga tidak perlu memalingkan mata kita dari Tuhan ketika berbagi momen intim bersama pasangan kita.
Hehehe, baca ini berasa emejing, aku pikir aku doang yang aneh pernah bertanya kayak gitu. Pernah dulu banget sebelum having sex sama suami aku bertanya-tanya, "Saat kami melakukan ini,apa yang dipikirkan Tuhan ya?". Ya, Tuhan Maha Hadir dan Maha Tahu. Awalnya merasa malu membayangkan Tuhan hadir, tapi lalu mikir, sex itu pemberian Tuhan dan ini indah. Kenapa juga yak kok harus malu. Sejak itu, yang bikin malu kalau Tuhan lihat aku egois saat berhubungan seks, hahaha. Ada saatnya sewaktu dorongan itu tinggi dan suami sedang kecapean. Lalu aku merasa gak berharga atau gak dikasihi suami. Kehadiran Tuhan mengingatkanku bagaimana harus bersikap ke suami.

Percaya atau tidak, kita memuliakan Tuhan dengan membangun hasrat seksual terhadap suami kita dan dengan menyambut hasrat seksual mereka terhadap kita.
Aku percayaaaa....!!! 😉 Baca ini jadi makin semangat untuk berinisiatif having sex sama suami. Tuhan begitu baik ya, kita memuliakan Dia bukan dengan melakukan hal yang susah tapi melakukan hal yang menyenangkan. Saat-saat ini aku belajar untuk lebih murah hati dalam menawarkan ini ke suami. Belajar sungguh-sungguh peka dengan kebutuhan suami.

Seks tidak bisa memberikan manfaat rohani, jika diselubungi oleh rasa bersalah yang tidak perlu atau tidak pada tempatnya. Rasa syukur kepada Tuhan atas pengalaman yang menakjubkan ini sangatlah penting, sebab jika tidak, perasaan kuat yang ditimbulkannya akan membuat kita berfokus pada diri kita sendiri.
Bersyukur sekali buat anugerah menikmati seks bersama suami. Tuhan menciptakan sesuatu yang indah saat suami isteri bersatu dan saling melayani, dan aku bersyukur merasakannya, bersyukur buat perasaan yang menyertainya. Jadi merasa kagum dengan bagaimana Tuhan merancangkan seks dalam pernikahan.

Ketika Paulus berkata bahwa tubuh kita adalah bait Roh Kudus, pemahaman kita tentang pentingnya seks mendapatkan makna yang sama sekali baru. Apa yang diizinkan masuk oleh seorang wanita dan apa yang dengan rela dimasuki seorang pria di dalam pernikahan kristiani, adalah tubuh yang telah dikhususkan, tempat di mana Tuhan hadir melalui Roh Kudus-Nya, tubuh yang saling menyatu dengan penuh nikmat namun juga dipenuhi kekudusan dan rasa hormat.
Wow! Baca bagian ini sungguh luar biasa. Seks bukan hanya sarana mendapatkan keturunan atau saling melayani suami istri, tapi menjadi pengingat bahwa tubuh seorang wanita adalah bait Roh Kudus yang hanya dikhususkan bagi satu orang saja, yaitu suami yang telah diberkati oleh Tuhan bersama-sama dengannya. Tubuhku adalah baitNya dan hanya dia yang menjadi suamiku yang diizinkanNya memasukinya.

Paulus melarang seorang pria untuk bersetubuh dengan pelacur karena tubuhnya adalah bait Allah, kita diminta mengingat gambaran ini untuk menghindari dosa.Inilah kenapa pria gak boleh sembarangan berhubungan seks dengan wanita yang bukan istrinya.*! Mengesankan bagaimana hubungan suami istri memberikan analogi mengenai hubungan manusia dengan Tuhan. Waktu Tuhan bilang aku mempelaiNya, maka dalam hubungan dengan suamiku, aku belajar lebih dalam menyelami peranku sebagai mempelaiNya Tuhan. Bagaimana Tuhan mau aku setia kepada suamiku, terlebih lagi ke Tuhan. Saat aku melayani suamiku, aku diingatkan untuk melayani Tuhan dengan sukacita. Saat aku menaruh hasrat pada suamiku, seperti itulah Tuhan ingin aku memiliki hasrat pada kekudusan. Saat aku belajar bagaimana menghadapi suami dan semakin mengenalnya maka aku akan semakin maksimal mengasihi dia. Begitu pun Tuhan mau aku mengenalNya dan mengasihiNya lebih sungguh.

Seks di luar pernikahan hanya akan menghilangkan kepekaan kita terhadap kekudusan, kebenaran, dan kehadiran Tuhan di dalam hidup kita.
Aku pernah dengar kutipan yang berkata, "Sebelum menikah, iblis berusaha agar kita melakukan hubungan seks dengan pacar kita. Tapi setelah kita menikah, iblis berusaha agar kita berhenti berhubungan seks dengan suami/istri kita". Ternyata ini sebabnya! Seks itu indah saat dilakukan dengan dia yang diberkati Tuhan bersama kita. Bahkan dapat mengasah kepekaan kita terhadap kekudusan, kebenaran, dan kehadiran Tuhan di dalam hidup kita. Berkebalikan dengan saat dilakukan sebelum menikah.

Seks tidak dapat menggantikan Tuhan dan tidak akan memadai untuk menggantikan posisi Tuhan dalam hidup kita.
Saat melakukan hubungan seks dan mencapai klimaks, rasanya sesuatu banget deh 😁  Aku pernah gak mencapai klimaks  tapi anehnya aku merasakan hal yang beda untuk pengalaman yang sama. Waktu aku berfokus pada diri sendiri, waktu aku gak klimaks, aku frustrasi, aku kecewa, aku menyalahkan suami yang kuanggap kurang pemanasan, aku gak puas. Tapi waktu aku fokus sama Tuhan dan mulai melayani dengan sukacita, anehnya aku puas walaupun gak klimaks. Ada sukacita tersendiri saat melayani suami. Menikmati kedekatan fisik dan emosional kami. Tuhan lah yang memberikan kepuasan dalam hubungan suami istri ternyata,dan kepuasan itu gak bergantung keadaan.

Pernikahan memanggil kita untuk mengarahkan kembali fokus hasrat kita pada satu pria atau wanita secara khusus.
Sejak menikah aku gak pernah menginginkan pria lain selain suamiku, hasratku hanya tertuju ke dia (tsahhh....). Dan aku berdoa semoga dia pun juga. Aku diingatkan teman-temanku yang bergumul tentang hal ini dalam pernikahannya, yang suaminya selingkuh, yang sedang tergoda dengan pria/wanita lain. Supaya mereka kembali memfokuskan hasrat mereka kepada pasangannya sendiri. Sedih mendengarkan banyak pernikahan hancur karena ketidaksetiaan. 

Pengalaman seks yang disertai kehadirannya, prioritasNya dan moralitasNya akan menolong kita bertumbuh secara rohani;kita diubahkanNya melalui ranjang pernikahan sama seperti kita diubahkanNya melalui disiplin doa.
Aku berdoa supaya Tuhan sungguh mengubahkanku dan suami melalui ranjang pernikahan kami. Semoga setiap pengalaman seks membuat kami semakin merasakan kehadiran Tuhan dan mengubah karakter kami sesuai rancanganNya. Amin.

Palangka Raya, 1 Juni 2019
-Mega Menulis-

Saturday, June 1, 2019

Amsal 1, Mazmur 120

Amsal 1

Scripture      
Amsal 1:10 (TB)  Hai anakku, jikalau orang berdosa hendak membujuk engkau, janganlah engkau menurut;

Observation
Hari ini ASN wajib upacara kelahiran Pancasila,  malas sekali berangkat di hari libur.  Sebenarnya di kantor ada aja yang mengusulkan untuk berfoto saja dan gak usah upacara, lalu fotonya dikirimkan sebagai laporan. Tapi pada akhirnya kami sekantoran mengikuti upacara bersama pemprov.

Aplication
✔️ Aku mau belajar untuk terus jujur bahkan dalam hal kecil sekalipun.

Prayer   
Tuhan, tolong aku untuk menolak bujukan berbuat gak jujur. Aku mau berusaha jujur dalam segala hal. Amin.

Mazmur 120

Scripture      
Mazmur 120:1 (TB)  Nyanyian ziarah. Dalam kesesakanku aku berseru kepada TUHAN dan Ia menjawab aku:

Observation
Setiap doa, Tuhan dengar. Dan Tuhan pasti jawab. Walaupun jawabanNya gak selalu iya. Aku bersyukur selama ini Tuhan gak selalu menjawab iya semua doaku, kalau iya, entah apa jadinya aku. Dalam jawaban tidak Tuhan, aku belajar lebih banyak:
Bahwa Tuhan adalah Allah yang selalu memberikan yang terbaik, jauh melebihi apa yang aku pinta dan doakan.
Bahwa waktu Tuhan lebih baik dari waktuku.
Bahwa Dia sungguh Allah yang berdaulat atas hidupku.
Bahwa dalam segala sesuatu Ia sanggup mendatangkan kebaikan.
Dia sungguh Allah yang baik.

Aplication
✔️ Aku dapat berdoa dengan penuh keyakinan bahwa Tuhan SELALU mendengar dan menjawab. Tuhan peduli.

Prayer   
Tuhan aku bersyukur Engkau Allah yang peduli pada hidupkudan mendengar seruanku. Ajar aku menerima jawaban Tuhan dengan respon yang benar. Aku mau bersukacita di dalamnya. Amin.

Palangka Raya, 1 Juni 2019
-Mega Menulis-

Sacred Marriage (Chapter 12)

Pernikahan dapat menjadi sarana yang indah untuk melihat kehadiran Tuhan dalam kehidupan sehari-hari. Sebagaimana sebuah sarana gak mendata...