.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Thursday, June 20, 2019

Amsal 19, Mazmur 138

Amsal 19

Scripture       
Amsal 19:11 (TB)  Akal budi membuat seseorang panjang sabar dan orang itu dipuji karena memaafkan pelanggaran. 

Observation 
Tadi sore jalan sekeluarga beli telur, dompetku ketinggalan dong di tempat penjual telurnya. Mana baru nyadar pas sudah dekat rumah. Pas aku kasih tahu suami, suami marah karena dia dah kasih tahu aku untuk masukkan dompet. Aku ngerasa gak salah, posisinya aku gendong Sofi jadi pas bayar gak bisa ambil dompet di tasku, akhirnya suami yang ngambil. Eh, ga dimasukkan suami ke tasku dong. Gitu kok aku yang dimarahin. Suami bilang dia suruh aku masukkan tapi aku ga dengar. Dah gak terima dan pengen ngedebat suami tapi aku mengingatkan diriku kalau gak ada gunanya. Aku akhirnya minta maaf karena gak denger suami ngomong walaupun masih gak terima dalam hatiku, suami pake bilang aku selalu gak dengerin dia. Deg. Di titik itu aku emosi dan hampir balas omongan suami. Tapi akhirnya aku minta maaf aja dan diam. Udahlah pikirku ngapain bela diri segala. Ngapain perpanjang ribut yang gak esensi.

Aku bersyukur menghindari pertengkaran dengan suami hari ini. Ternyata untuk bersabar gak boleh membiarkan diri dikuasai emosi. Dampak ribut bakal panjang, mending diam. Kalau diingat-ingat, kesel sih. Tapi aku anggap ini latihan buat aku mengendalikan diri. Bahan perenungan dan evaluasi diri juga, curcol suamiku kalau aku sering melewatkan omongannya, gak boleh gitu lagi akunya.

Aplication
✔ Aku harus fokus waktu suami ngomong.
✔ Pikirkan dampak sebelum ribut sama suami. Better diam dan evaluasi diri.

Prayer
Tuhan, terima kasih karena hari ini Tuhan ingatkan aku untuk bersabar dan gak bertengkar dengan suami. Tolong aku di lain hari untuk terus bersabar dan menghindar dari perbantahan. Amin.

Mazmur 138

Scripture       
Mazmur 138:8 (TB)  TUHAN akan menyelesaikannya bagiku! Ya TUHAN, kasih setia-Mu untuk selama-lamanya; janganlah Kautinggalkan perbuatan tangan-Mu! 

Observation 
Tuhan akan menyelesaikan perbuatan tanganNya. Amin. Tuhan belum selesai denganku. Karakter Kristus masih jauh dari hidupku, aku masih jatuh bangun dalam banyak hal. Tapi aku mau diproses Tuhan, aku mau bertumbuh semakin serupa dengan Dia.

Aplication
✔ Mulai lagi bertanya,"What would Jesus do?" saat ada di situasi istimewaku dan melakukan yang Tuhan Yesus lakukan.

Prayer    
Tuhan, tolong aku untuk setia pada setiap proses yang Tuhan kerjakan dalam hidupku sampai akhirnya Tuhan selesai. Jangan menyerah terhadapku ya Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 19 Juni 2019
-Mega Menulis-

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir, silakan tinggalkan komentar ya.

2 Tawarikh 17-18

2 Tawarikh 17 Scripture        2 Tawarikh 17:3-4 (TB)  Dan TUHAN menyertai Yosafat, karena ia hidup mengikuti jejak yang dahulu dari Daud, b...