.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Friday, June 21, 2019

Amsal 21, Mazmur 140

Amsal 21

Scripture      
Amsal 21:17 (TB)  Orang yang suka bersenang-senang akan berkekurangan, orang yang gemar kepada minyak dan anggur tidak akan menjadi kaya.

Observation
Beberapa hari lalu, kami sekeluarga makan di sebuah cafe yang direkomendasikan sepupuku. Enak masakannya, sesuatu yang jarang banget di sini. Biasanya cafe cuma 'jual' tempat. Pulangnya aku dan suamiku ngobrol, intinya suami puas dan ingin sekali-kali melakukannya lagi tapi nggak bakal sering-sering. Boros banget bo kalau sering-sering. Lah, biaya sekali makan di cafe bisa buat makan seharian di rumah, atau bahkan dua hari. Hahahaha. Aku sih sayang duitnya. Kalau bisa gak makan di luar malah lebih baik.

Aplication
✔️ Aku buat budget buat makan di luar rumah setiap bulannya. Kalau pun gak dipakai, masuk tabungan.

Prayer   
Tuhan, aku mau berhikmat menggunakan uang yang Tuhan beri. Tolong aku supaya bijak, bukannya pelit. Amin.

Mazmur 140

Scripture      
Mazmur 140:1 (TB)  Untuk pemimpin biduan. Mazmur Daud. (140-2) Luputkanlah aku, ya TUHAN, dari pada manusia jahat, jagalah aku terhadap orang yang melakukan kekerasan,

Observation
Kekerasan yang dilakukan seseorang bukan hanya kekerasan fisik, kekerasan verbal pun bisa melukai seseorang. Bahasa kasihku yang dominan adalah perkataan, jadi gak jarang aku terluka karena perkataan orang lain. Kata sungguh punya nyawa. Aku gak bisa mengendalikan apa yang dikatakan orang lain, tapi aku bisa mengendalikan responku. Supaya apa yang dikatakan orang gak memengaruhiku, aku harus ingat bahwa yang di dalam yang terpenting. Hatiku harus tetap terjaga.

Aplication
✔️ Aku gak akan membiarkan apa yang dikatakan orang memengaruhi hatiku. Hatiku tetap tenang dan gak akan merasakan sakit yang gak perlu oleh perkataan sia-sia seseorang.
✔️ Aku juga gak mau sembarangan mengeluarkan perkataan yang berpotensi menyakiti orang lain.

Prayer   
O Tuhan, jagalah aku dari segala kekerasan verbal. Tolong berikan aku ketenangan supaya selalu bisa berespon benar dan gak terburu-buru sakit hati. Dan mampukan aku mengucapkan perkataan berkat bagi orang lain. Amin.

Palangka Raya, 21 Juni 2019
-Mega Menulis-

No comments:

Kisah Para Rasul 1-2

Kisah Para Rasul 1 Scripture       Kisah Para Rasul 1:8 (TB)  Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kam...