.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Saturday, July 6, 2019

Yosua 5-6

Yosua 5

Scripture      
Yosua 5:6 (TB)  Sebab empat puluh tahun lamanya orang Israel itu berjalan melalui padang gurun, sampai habis mati seluruh bangsa itu, yakni prajurit yang keluar dari Mesir, yang tidak mendengarkan firman TUHAN. Kepada mereka itu TUHAN telah bersumpah, bahwa Ia tidak akan mengizinkan mereka melihat negeri yang dijanjikan TUHAN dengan bersumpah kepada nenek moyang mereka akan memberikannya kepada kita, suatu negeri yang berlimpah-limpah susu dan madunya.

Observation
Satu generasi Israel mati di padang gurun karena tidak mendengarkan firman Tuhan. Mereka tidak diizinkan Tuhan masuk ke negeri yang dijanjikan Tuhan. Bahkan Musa pun hanya bisa melihat dari kejauhan. Sedih sekali.

Ketidaktaatan akan mendapat hukuman, ketaatan mendatangkan berkat. Gak boleh meremehkan firman Tuhan. Kalau aku gak mendengarkan apa kata Tuhan maka yang terjadi :
- Kematian
Mungkin bukan kematian fisik yang jadi fokusku tapi kematian secara rohani. Sekali aku gak taat, yang awalnya ada perasaan bersalah, lama-lama mati rasa. Akan makin sering gak taat. Nurani sudah gak peka lagi pada dosa.
- Tidak menerima yang Tuhan janjian.
Ketaatan mendatangkan berkat. Saat aku gak taat, aku hanya akan melihat orang lain menerima janji Tuhan. Aku gak akan mengalami sendiri berkat dari mendengarkan firman Tuhan. Saat taat, bukan aku sendiri yang menerima berkat Tuhan, tapi orang lain di sekelilingku juga.

Aplication
✔️ Aku mau melakukan Firman Tuhan setiap harinya. Segera minta ampun kalau melakukan yang berbeda dari firman.
✔️ Mau tanya Tuhan tiap hari, apa yang Tuhan ingin aku lakukan, adakah yang Tuhan ingin aku lakukan bagi orang lain.

Prayer   
Tuhan, tolonglah aku melakukan firmanMu hari ini, sesulit apapun keadaanku. Biar aku mengalami sukacita saat hidup dalam ketaatan.Amin.

Yosua 6

Scripture      
Yosua 6:2-3 (TB)  Berfirmanlah TUHAN kepada Yosua: "Ketahuilah, Aku serahkan ke tanganmu Yerikho ini beserta rajanya dan pahlawan-pahlawannya yang gagah perkasa.
Haruslah kamu mengelilingi kota itu, yakni semua prajurit harus mengedari kota itu sekali saja; demikianlah harus engkau perbuat enam hari lamanya,
Yosua 6:10 (TB)  Tetapi Yosua telah memerintahkan kepada bangsa itu, demikian: "Janganlah bersorak dan janganlah perdengarkan suaramu, sepatah kata pun janganlah keluar dari mulutmu sampai pada hari aku mengatakan kepadamu: Bersoraklah! — maka kamu harus bersorak."

Observation
Tuhan berjanji menyerahkan kota itu kepada bangsa Israel dan meminta mereka melakukan perintahNya lebih dahulu. Di sini aku belajar tentang:
- Ketaatan
Yosua memperhatikan detail perkataan Tuhan. Dia gak asal melakukan tapi mengerjakan tepat seperti yang Tuhan mau. Yosua dan bangsa Israel gak meremehkan firman Tuhan.
- Ada bagian yang harus dikerjakan oleh bangsa Israel
Tuhan bisa saja memberikan kota itu atau merobohkan Yerikho dalam sekejap tapiiii... Selama 6 hari itu Tuhan memperkuat iman mereka dan mempersiapkan hati bangsa Israel menerima janjiNya. Yosua dari awal gak berkata ke bangsa Israel kalau pada hari ke-7 tembok akan runtuh. Baru pada hari ke-7 dia mengatakannya. Selama 6 hari itu pastinya bangsa Israel was-was dan menanti-nanti apa  yang terjadi tapi mereka tetap melakukan bagian mereka dengan setia dalam situasi yang Tuhan hadapkan pada mereka.
- Tuhan melakukan mukzizat dan menyatakan diriNya
Sejarah akan mencatat, hanya Bangsa Israel saja yang merobohkan tembok Yerikho dengan ketaatanNya pada Tuhan dan ini akan membuat bangsa lain tahu hanya Allah bangsa Israel yang benar.

Aplication
✔️ Saat Tuhan suruh aku kerjakan sesuatu, aku harus setia melakukannya. Tetap jaga hati dalam kondisi berharap sama Tuhan.
✔️ Saat menghadapi 'tembok' alias masalah dan pergumulan dalam hidupku. Aku harus tetap taat dan memuji Tuhan. Aku akan menyaksikan Tuhan yang robohkan tembok itu.

Prayer   
Tuhan, aku percaya Engkau yang akan merobohkan tembok yang aku hadapi setiap hari. Aku mau tetap taat dan memuji Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 3 Juli 2019
-Mega Menulis-

No comments:

Kisah Para Rasul 1-2

Kisah Para Rasul 1 Scripture       Kisah Para Rasul 1:8 (TB)  Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kam...