.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Saturday, July 6, 2019

Yosua 7-8

Yosua 7

Scripture      
Yosua 7:19 (TB)  Berkatalah Yosua kepada Akhan: "Anakku, hormatilah TUHAN, Allah Israel, dan mengakulah di hadapan-Nya; katakanlah kepadaku apa yang kauperbuat, jangan sembunyikan kepadaku."

Observation
Yosua bersikap lembut dan menggunakan kata-kata yang tepat untuk mendorong Akhan mengaku. Dia gak langsung menuduh Akhan dan menghukumnya padahal jelas-jelas Tuhan dah tunjukkan siapa yang bersalah, malahan dia meminta Akhan menghormati Tuhan dengan mengakui kesalahannya. Akhan harus menyadari kesalahannya adalah dosa di mata Tuhan, Tuhan yang dikecewakannya. Barulah dia menerima konsekuensi dari perbuatannya.

Respon Yosua saat menyadari kesalahan Akhan luar biasa. Aku diingatkan untuk bersikap demikian saat anak berbuat kesalahan. Selama ini kalau tahu-tahu Sofi menangis, karena pernah beberapa kali kedapatan diganggu Sara, aku lalu otomatis mengira Sara yang mengganggu Sofi, lalu aku menegur dan memarahi dia.

Aplication
✔️ Aku gak boleh langsung memarahi Sara kalau terjadi hal yang sama. Harus bersabar. Tanya baik-baik, minta dia menghormati Tuhan dengan mengaku kalau memang dia yang berbuat(kasih tahu kalau Tuhan gak senang dia kalau dia berbuat ini itu yang salah). Kalau sudah mengaku, dikasih tahu seharusnya bagaimana. Kalau masih berulang baru didisiplin.

Prayer   
Tuhan berikanku kesabaran dan hikmar dalam menghadapi Sara terutama saat dia berbuat kesalahan. Biar dia belajar kalau yang dilakukannya mendukakan Tuhan. Amin.

Yosua 8

Scripture      
Yosua 8:1 (TB)  Kemudian  *berfirmanlah TUHAN kepada Yosua*: "Janganlah takut dan janganlah tawar hati; bawalah seluruh tentara dan bersiaplah, majulah ke Ai. Ketahuilah, Aku serahkan kepadamu raja negeri Ai, rakyatnya, kotanya dan negerinya,

Observation
Baru sadar, berkali-kali dikatakan dari pasal 1 kalau  Tuhan berfirman pada Yosua. Tuhan ngomong langsung ke Yosua. Yosua selalu terhubung sama Tuhan, sampai-sampai pas perang aja Tuhan berfirman ke dia. Yosua selalu terhubung sama Tuhan. Wow! Seberapa sering di zaman sekarang seseorang mendengar Tuhan ngomong langsung ke dia? Jarang banget! Tapiiii... Kupikir ada kualitas istimewa di Yosua yang bikin Tuhan mau ngomong langsung ke dia:*Yosua mau mendengar Tuhan alias taat*. Lah iya kan ya, kalau Yosua track recordnya jelek, tiap dikasi tahu Tuhan ndablek. Ya kali Tuhan males ngomong sama Yosua.

Banyak orang yang mau dengar Tuhan bicara atau berfirman ke dia, tapi seberapa banyak yang mau dengar apa yang Tuhan bilang. Jleb. Jleb. Jleb. Aku termasuk orang yang banyak itu T-T Tuhan selalu rindu menyampaikan isi hatinya pada mereka yang mau taat.

Aplication
✔️ Kalau mau Tuhan banyak menyampaikan isi hatinya, aku mau berespon dengan ketaatan.

Prayer   
Tuhan, bicaralah, aku mau taat sama Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 4 Juli 2019
-Mega Menulis-

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir, silakan tinggalkan komentar ya.

Nehemia 10-11

Nehemia 10 Scripture        Nehemia 10:28 (TB)  Dan orang-orang yang lain, yakni: para imam dan orang-orang Lewi, para penunggu pintu...