.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Saturday, July 6, 2019

Yosua 9-10

Yosua 9

Scripture      
Yosua 9:14-15 (TB)  Lalu orang-orang Israel mengambil bekal orang-orang itu, tetapi *tidak meminta keputusan TUHAN.*
*Maka Yosua mengadakan persahabatan dengan mereka dan mengikat perjanjian dengan mereka*, bahwa ia akan membiarkan mereka hidup; dan para pemimpin umat itu bersumpah kepada mereka.

Observation & Aplication
✔️ Generasi Yosua padahal tahu aturan yang sudah Tuhan katakan tentang ini:
Keluaran 23:32-33 (TB)  Janganlah mengadakan perjanjian dengan mereka ataupun dengan allah mereka.
Mereka tidak akan tetap diam di negerimu, supaya mereka jangan membuat engkau berdosa kepada-Ku, dengan beribadah kepada allah mereka, sebab tentulah hal itu menjadi jerat bagimu."

Tuhan membuat aturan tersebut untuk melindungi bangsa Israel dari berbuat dosa. Saat orang Israel diam bersama bangsa lain maka mereka akan mudah terpengaruh kebiasaan mereka yang gak mengenal Tuhan.

Aku juga harus selalu taat pada hukum Tuhan, karena Tuhan ingin melindungiku lewat aturan yang diberikannya.

✔️ Yosua yang biasanya selalu mendengar perkataan Tuhan, kali ini gak bertanya sama Tuhan saat akan mengambil keputusan. Akhirnya, keputusan yang diambil salah.

Kalau aku perlu mengambil keputusan. Harus belajar untuk tanya terus sama Tuhan,gak hanya mengandalkan hikmat sendiri.

Prayer   
Tuhan, aku mau belajar menaati aturan yang ada di sekelilingku. Tolong aku melakukannya Tuhan. Amin.

Yosua 10

Scripture      
Yosua 10:14, 42 (TB)  Belum pernah ada hari seperti itu, baik dahulu maupun kemudian, bahwa TUHAN mendengarkan permohonan seorang manusia secara demikian, *sebab yang berperang untuk orang Israel ialah TUHAN.*
Semua raja ini dan negeri mereka telah dikalahkan Yosua sekaligus, *sebab yang berperang untuk orang Israel ialah TUHAN, Allah Israel.*

Observation
Kemenangan yang diraih oleh orang Israel adalah kemenangan Tuhan. Sebab yang berperang untuk orang Israel ialah TUHAN. Aku diingatkan juga kalau 'kemenangan-kemenangan' yang kuraih dalam hidupku juga karya Tuhan Tuhan yang melakukannya bagiku. Menyadari hal itu, gak ada tempat buatku memegahkan diri.

Aplication
✔️ Keseluruhan yang ada di hidupku adalah pemberian Tuhan semata. Aku mau punya hati yang selalu bersyukur sama Tuhan. Gak boleh merasa kalau itu hasil usahaku semata. Gak boleh mencuri kemuliaan Tuhan.

Prayer   
Tuhan, kepadamulah segala kemuliaan atas segala kemenangan di dalam hidupku. Terima kasih Tuhan. Jangan biarkan aku mencuri kemuliaanMu Tuhan dengan sombong. Amin.

Palangka Raya, 5 Juli 2019
-Mega Menulis-

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir, silakan tinggalkan komentar ya.

Nehemia 10-11

Nehemia 10 Scripture        Nehemia 10:28 (TB)  Dan orang-orang yang lain, yakni: para imam dan orang-orang Lewi, para penunggu pintu...