.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Tuesday, August 27, 2019

Main Bareng Sara (12-20 Agustus 2019)



Lama gak posting activity sama Sara, kecapean dan penundaan berujung pada kemalasan, haiyaaa... Mana kemarin gak selalu posting di facebook dan IG, giliran mau posting di blog kudu ngecekin foto di HP, tanggal-tanggalnya, ngetik ceritanya pulak, hahaha. Makanya Mama, kerjakan sedikit-sedikit!



12 Agustus 2019
Matching Profesi
Bahan : Gambar berbagai macam profesi www.totschooling.net
Sara belum kenal banyak profesi, yang dia tahu baru beberapa : tukang masak, polisi. Jadi lama banget matchingnya, lihat gambarnya pun mirip-mirip warna bajunya jadi masih salah.


Matching Gambar Benda
Bahan : Gambar berbagai macam benda dengan alphabet 
Ini lumayan cepat dikerjain Sara, karena Sara sudah kenal hampir semua gambar benda yang ada di kertas ini. Gak fokus sih kenalin alphabet, kebetulan aja pas diprint ada alphabetnya.  Awalnya agak susah Sara buat matching, kan banyak tuh 26 gambar. Pas makin sedikit, makin cepat ketemu deh pasangannya.


13 Agustus 2019

Mencampur Air Berwarna
 Bahan : air, botol kecil, pewarna makanan.

Mama buat 3 macam air berwarna (merah, biru, kuning). Sengaja beli pewarnanya yang warna dasar. Huahahaha. Awalnya mama yang campurin warnanya, buat kasih contoh ke Sara, terus Sara cobain sendiri deh. Warna merah dicampur biru, hasilnya kata Sara kadang coklat, kadang ungu. Ngakaklah bapake, katanya Sara ma asal warna gelap ma dibilang coklat. Waktu tuangin air masih tumpah-tumpah, gak papa ya nak, baru kali ini main ginian, besok-besok makin expert lah ya, gak pake tumpah. Supaya gak repot bersihkan air yang kesana kemari, mama taruh botol-botol airnya di wadah. Sara suka dan masih pengen main lagi walaupun dah beberapa kali mama bersihkan botolnya. 
Btw, kayaknya Mama beli pewarna birunya salah deh, terlalu tua ini birunya, jadi pas dicampur sama merah, warna ungunya gelap banget dan dibilang Sara coklat, huahahaha. Ini nih, gara-gara mau berhemat. Belinya yang biru muda seharusnya, maksud hati biar cuma sedikit aja perlu pewarnanya. Tapi tetap aja lah ya biru tua sama biru muda itu beda. Eh tapi, Mama jadi ngerti kenapa anak sejak usia dini diajak nature walk, karena anak kecil mengamati sekitarnya dengan mata polosnya. Mama taunya teori, merah campur biru ya ungu, padahal beda jumlah, beda konsentrasi juga bisa bikin warna jadi gak jelas ungu kalau dicampur.Sara ma mengatakan sesuai pengamatannya, bukan teori.


15 Agustus 2019

Menyiapkan Roti Tawar dan Meises


Kemarin lihat anaknya teman yang di TK-nya (atau PAUD ya) belajar menyiapkan rotinya sendiri. Mama jadi dapat ide dong, hari ini ngajarin Sara nyiapin sarapannya, roti tawar dengan meises. Pas banget hari ini Sara bangun duluan daripada Sofia, biasanya sih Sofia yang duluan bangun. Jadi bisa fokus deh. Awalnya mama kasih contoh dulu dua roti tawar, setelah itu baru deh Sara coba sendiri. Agak susah buat rapi pegang roti dan sendok untuk ngoleskan mentega, ya sudah, ditaruh di piring deh rotinya, baru dikasih mentega.Mama salah kasih contohnya, ambil meises pake tangan, Sara ikutan deh, lupa siapin sendok. Karena pertama kali, bener-bener harus dibantu Sara. Nanti pasti lebih lancar ya nak. Jadi hari ini, Sara makan roti yang disiapkannya dengan bantuan mama. Gak lama Sofia bangun dan minta roti Sara. Sara kasih dong, hahaha.

Sara kalau makanan ma cepet berbagi sama Sofia, kalau mainan yang susah. Kalau Sara pegang mainan, jangan harap Sofia boleh pegang. Awalnya mamanya gatel pengen suruh dia kasih mainan yang dipegangnya ke Sofia, tapi gak dibolehin gitu sama papanya, kasian si kakak kalau disuruh ngalah melulu, dedek ntar semena-mena, gak adil buat kakak. Mamanya jadi gatel lagi kan mau beli mainan yang sama, tapi ntar mubazir kan ya, mana sayang uangnya (emak kikir eh hemat). Sekarang akhirnya dikasih tahu, mana mainan Sara, mana mainan Sofia. Kalau Sara main, Sofia gak boleh ganggu, gitu juga sebaliknya. Dan mereka masih saling mengganggu. Ini baru dua anak ya, apa kabar kalau tiga anak. Wakakak.

 
 
16 Agustus 2019



Sudah lama punya ini, tapi biasanya kerjaan Sara Cuma ngelepasin alphabet dan angka yanga da di sini (apaan sih namanya, hahaha). Dan, hari ini tumbenan, dia pasangkan sesuai bentuknya, walaupun gak lama dia sambung dan bilang itu kereta api. Huahahaha.






18 Agustus 2019
Mama print gambar dengan titik-titik angka gitu, berharap Sara menghubungkan titik-titiknya lalu mewarnai, hahaha. Harapan tinggal harapan, Sara malah corat-coret dan bikin gambar sesukanya. Ya sudah lah nak, asal kamu hepi.









20 Agustus 2019

Melukis Kanvas dengan Bonggol Sawi
Lama gak ngewarnain kanvas gara-gara kabut asap. Mama gak mau main ini di dalam rumah, bahaya tar lantai rumah jadi warna-warni. Mau main di teras, asapnya parah. Puji Tuhan semalam hujan lebat, asapnya kabur, jadi hari ini bisa main. Yay! Awalnya asyik si kakak kasih warnanya pakai potongan bonggol sawi, polanya keren, eh.... Si dedek datang. Bangun tidur langsung ikutan, beginilah hasilnya kolaborasi kakak dan dedek. Jadi dominan orange hasil akhirnya deh gara-gara si dedek, hahaha. 


 
Mengupas Telur Sendiri
Sore-sore mama pulang kantor, Sara bilang lapar. Pas, ada telur rebus karena Sofia suka telur rebus jadi nyetok deh. Mama tawarin, Sara mau. Pas disuruh kupas sendiri kegirangan dia. Sampe kuning telurnya mau dimakan sebagian, padahal biasanya Sara dan Sofia Cuma mau putih telurnya doang. Ga tau nih dua bocah kok sama seleranya, ckckckck. Gak usah jaga bodi nak, Mama yang seharusnya jaga bodi. Hahaha.






Palangka Raya, 27 Agustus 2019
-Mega Menulis-





Friday, August 23, 2019

Sacred Influence (Chapter 4)

Kapan anda terakhir kali berterima kasih kepada suami anda yang telah membantu membentuk gaya hidup anda?
Ya, seharusnya aku berterima kasih sama suami karena menjadikanku sebagaimana sekarang. Gak sempurna, masih jauh pun. Tapi ada perubahan dari sebelum menikah. Aku 'dipaksa' berubah dan menyesuaikan diri dengan suami. Suami orang yang resikan, tertib banget naruh barang, ingatannya tajam. Aku sebelumnya paling gak suka bersih-bersih, sekarang masih sih, hahaha,tapi jadi lebih carelah dibandingkan sebelumnya. Masalah meletakkan barang pun aku gak bisa lagi sembarangan, mau gak mau harus lebih rapi, kalau nggak dicerewetin suami. Dan terutama, suami sebagai orang yang melihat keseharianku selalu mengingatkan kalau apa yang kutulis gak aku aplikasikan. Gak boleh munafik katanya. Duh, pedes banget gak sih. Aku awalnya gak terima karena merasa dah berusaha, tapi dilihat suami masih belum sesuai.

Hosea 11-12

Hosea 11

Hosea 11:4 (TB)  Aku menarik mereka dengan tali kesetiaan, dengan ikatan kasih. Bagi mereka Aku seperti orang yang mengangkat kuk dari tulang rahang mereka; Aku membungkuk kepada mereka untuk memberi mereka makan. 

Observation 
Dalam ketidaksetiaan Israel, Tuhan tetap setia. Kesetiaan Tuhan yang menarik Israel kembali. Kalau aku jatuh ke dalam dosa, mengingat kesetiaan Tuhan yang tetap setia bahkan di saat aku gak setia,masa aku mau terus-terusan tinggal tetap dalam dosa? Harus bangkit dan berusaha supaya gak jatuh lagi. 

Aplication
✔️ Bersyukur karena kesetiaan Tuhan gak tergantung aku setia atau nggak, Allahku adalah Allah yang setia.

Hosea 12

Scripture       
Hosea 12:6 (TB)  (12-7) "Engkau ini harus berbalik kepada Allahmu, peliharalah kasih setia dan hukum, dan nantikanlah Allahmu senantiasa."

Observation 
Tuhan ingin agar Israel :
- Berbalik kepada Tuhan  - > meninggalkan berhala yang disembah dan fokus pada Tuhan 
- Memelihara kasih setia dan hukum - > Hidup taat pada firman Tuhan dan setia 
- Menantikan Tuhan - > Selalu berharap kepada Tuhan

Menurutku memelihara kasih setia bukan hal yang mudah, karena kesetiaan seseorang hanya dapat dilihat pada akhir hidupnya. Kesetiaan teruji oleh waktu. Aku gak setia, terkadang aku jatuh dan gak taat. Bangun. Jatuh. Bangun. Jatuh. Gak boleh gitu lagi Meg. Setia sampai akhir!

Palangka Raya, 22 Agustus 2019
-Mega Menulis

Hosea 9, Roma 1

Hosea 9

Scripture       
Hosea 9:17 (TB)  Allahku akan membuang mereka, sebab mereka tidak mendengarkan Dia, maka mereka akan mengembara di antara bangsa-bangsa. 

Observation 
Mendengarkan Tuhan. Taat. Hari-hari belakangan aku belajar untuk taat sama Tuhan dibanding nurutin keinginan sendiri. Seringkali, aku tahu apa yang benar tapi gak melakukan. Lebih nurutin ego, ngerasa rugi. Padahal ikut Tuhan, tapi kok ya masih mikir untung rugi ya, hadeh.

Aplication
✔ Lakukan apa kata firman Tuhan sekalipun gak ingin! Yakin, Tuhan berikan sukacita saat aku melakukan kehendakNya.

Prayer
Tuhan, aku mau bersukacita dalam melakukan setiap kehendakMu. Tolong aku untuk taat saat mendengar suara Tuhan. Amin.

Roma 1

Scripture       
Roma 1:12 (TB)  yaitu, supaya aku ada di antara kamu dan turut terhibur oleh iman kita bersama, baik oleh imanmu maupun oleh imanku.

Observation 
Iman kita dapat menjadi penghiburan bagi orang lain. Saat aku bersekutu dengan tubuh Kristus, imanku dapat menghibur mereka, demikian juga sebaliknya. Makanya penting sekali punya komunitas yang benar yang dapat menguatkan iman. Aku bersyukur melihat pekerjaan iman teman-teman di BRG yang menguatkan dan beri pengharapan. Berdoa supaya imanku dapat menguatkan orang lain juga.

Palangka Raya, 22 Agustus 2019
-Mega Menulis-

Hosea 7-8

Hosea 7

Scripture       
Hosea 7:6 (TB)  Batin mereka seperti dapur perapian; hati mereka menyala-nyala; semalam-malaman murka mereka surut, pada waktu pagi menyala kembali seperti api yang menjilat. 

Observation 
Baca ini diingatkan kalau Tuhan tahu isi hatiku. Bahkan saat di muka gak kelihatan, waktu aku dalam hati terasa 'panas', Tuhan tahu. Beberapa hari yang lalu, kesal banget mendengar seseorang  yang keputusannya merepotkan keluarga besar. Aku gak menyadari kalau menyimpan rasa kesal yang besar sampai aku merencanakan hal yang buruk.

Duh, syukurlah, Tuhan ingatkan aku untuk melepaskan pengampunan dan gak melaksanakan rencanaku. Kalau hati sudah dikuasai amarah emang mengerikan.

Aplication 
- Aku harus terus membawa setiap isi hatiku ke Tuhan, supaya Tuhan yang jagai dengan damai sejahtera. Jangan sampai, aku berlagak baik-baik tapi hatiku gak benar dan dipenuhi kebencian.

Prayer
Tuhan, Engkau tahu bagaimana kesalnya aku beberapa hari kemarin. Tolong aku ya Tuhan, supaya jangan sampai hatiku dikuasai amarah lagi. Amin.

Hosea 8

Scripture       
Hosea 8:4 (TB)  Mereka telah mengangkat raja, tetapi tanpa persetujuan-Ku; mereka mengangkat pemuka, tetapi dengan tidak setahu-Ku. Dari emas dan peraknya mereka membuat berhala-berhala bagi dirinya sendiri, sehingga mereka dilenyapkan. 

Observation 
Entah kenapa, baca ini diingatkan bagaimana kuatnya beberapa orang yang kukenal memegang adat sukunya. Kadang gak masuk akal buatku, gak logis. Ngakunya percaya Tuhan tapi urusan adat mengalahkan urusan lain.

Aplication
✔ Berdoa supaya Tuhan berikan kesadaran ke mereka yang sedemikian menganggap adat di atas segalanya.

Prayer
Tuhan, tolong orang-orang yang kukenal untuk mengingat bahwa Tuhan di atas adat, bahwa adat hanya buatan manusia dan gak semestinya terlalu diikuti tanpa berpikir. Amin.

Palangka Raya, 20 Agustus 2019
-Mega Menulis-

Hosea 5-6

Hosea 5

Scripture       
Hosea 5:15 (TB)  Aku akan pergi pulang ke tempat-Ku, sampai mereka mengaku bersalah dan mencari wajah-Ku. Dalam kesesakannya mereka akan merindukan Aku: 

Observation 
Tuhan 'seperti' meninggalkan Israel, padahal Tuhan ingin Israel kembali kepadaNya. Tuhan ingin Israel :
- mengakui dosanya
- mencari wajah Tuhan
Saat Tuhan terasa jauh adalah saat aku semakin sungguh-sungguh mencari Tuhan dan mengoreksi hidupku, apakah ada dosa dan pelanggaran yang membuatku memisahkan diri dari Tuhan.

Beberapa hari ini aku sedang memikirkan seseorang yang menyusahkan hidup kami sekeluarga, jengkel banget rasanya. Akibat membenci orang itu, pikiran jadi negatif terus bawaannya dan aku malas berdoa.

Prayer
Aku gak mau damai sejahteraku dirampas karena rasa jengkel ke orang itu. Tolong aku ya Tuhan, biar aku bisa hidup damai dengan orang itu. Mampukan aku tetap mengasihi dia. Amin.

Hosea 6

Scripture       
Hosea 6:6 (TB)  Sebab Aku menyukai kasih setia, dan bukan korban sembelihan, dan menyukai pengenalan akan Allah, lebih dari pada korban-korban bakaran. 

Observation 
Apa yang disukai Tuhan?
- kasih setia
- pengenalan akan Allah
Akhir-akhir ini pengenalan akan Allah ga jadi prioritasku. Aku merasa hanya memberikan sisa waktuku buat Tuhan. Bangun kesiangan trus gak tahu kenapa rasanya kehabisan energi kalau sudah malam, bangun kesiangan, di kantor sudah sibuk. Melelahkan.

Aplication
✔ Besok mau bangun lebih pagi dan duduk diam baca firman Tuhan.

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk menjadikan pengenalan akan Engkau prioritasku setiap hari. Amin.

Palangka Raya, 19 Agustus 2019
-Mega Menulis-

Hosea 3-4

Hosea 3

Scripture 
Hosea 3:1 (TB)  Berfirmanlah TUHAN kepadaku: "Pergilah lagi, cintailah perempuan yang suka bersundal dan berzinah, seperti TUHAN juga mencintai orang Israel, sekalipun mereka berpaling kepada allah-allah lain dan menyukai kue kismis." 
Hosea 3:2 (TB)  Lalu aku membeli dia bagiku dengan bayaran lima belas syikal perak dan satu setengah homer jelai. 

Observation
Gomer seorang pelacur yang berkali-kali gak setia, sudah ada yang mau menikahinya pun merupakan anugerah. Israel yang sudah berulang kali bersundal dipilih Allah menjadi milikNya pun sungguh kasih karunia. Menerima kasih seperti ini gak membuat Israel bertobat, dia terus berzinah. Duh. Aku juga sudah menerima kasih Allah, tapi aku masih sering menyerah sama dosa. Aku sama seperti Israel yang terus berzinah. Padahal gambaran Hosea MEMBELI Gomer adalah gambaran Allah yang mengasihi dengan pengorbanan.

Allah mengasihi dengan pengorbanan. Apakah yang sudah aku korbankan untuk mengasihi? Atau aku hanya melakukan yang aku suka dan gak ada berkorban sama sekali. Aku diingatkan bahwa aku belum sungguh-sungguh mengasihi suami dengan pengorbanan.

Aplication
✔  Bagaimana aku mengasihi suami dengan pengorbanan? Aku mau mulai bersih-bersih rumah, selama ini suami yang melakukan karena kami memang ada pembagian tugas secara gak tertulis. Tapi aku mau menunjukkan kasihku dengan melakukan hal yang gak aku suka.

Prayer
Tuhan, terima kasih karena sudah mengingatkanku bagaimana Tuhan mengasihiku Terima kasih sudah mengasihiku sebesar itu. Ajar aku untuk mengasihi orang lain dengan pengorbanan dan gak cuma melakukan yang aku mau. Amin.

Hosea 4

Scripture       
Hosea 4:7 (TB)  Makin bertambah banyak mereka, makin berdosa mereka kepada-Ku, kemuliaan mereka akan Kutukar dengan kehinaan. 

Observation 
Mengerikan sekali apa yang terjadi, makin banyak orang, makin besar dosanya. Aku sebagai orang tua harus melakukan tugasku supaya anak-anakku gak berdosa kepada Tuhan. Mendidik mereka supaya hidup dalam kebenaran bukannya makin menambah dosa dalam dunia.

Aplication
- Aku sudah lama gak membacakan Alkitab buat anak-anakku, aku mau mulai lagi, biar mereka mengenal Tuhan.

Prayer
Tuhan, biarlah anakku bertumbuh dalam kebenaran firman Tuhan dan kenal Tuhan, biarlah mereka menyimpan janji-janji Tuhan supaya gak berdosa sama Tuhan. Tolong kami sebagai orangtua. Amin.

Palangka Raya, 18 Agustus 2019
-Mega Menulis-

Hosea 1-2

Hosea 1

Scripture       
Hosea 1:2-3 (TB)  Ketika TUHAN mulai berbicara dengan perantaraan Hosea, berfirmanlah Ia kepada Hosea: "Pergilah, kawinilah seorang perempuan sundal dan peranakkanlah anak-anak sundal, karena negeri ini bersundal hebat dengan membelakangi TUHAN." 
Maka pergilah ia dan mengawini Gomer binti Diblaim, lalu mengandunglah perempuan itu dan melahirkan baginya seorang anak laki-laki.

Observation 
Hosea adalah seorang  nabi, karena Tuhan memakai dia sebagai perantara untuk berbicara. Gomer adalah seorang pelacur. Ngebayangin seorang nabi menikah dengan pelacur, alamak. Jomplang banget sih. Gak pantas. Gak layaklah pokoknya. Ini Tuhan gak salah apa? Tapi segitunyalah Tuhan ingin memberikan gambaran hubungannya dengan Israel, bahwa Israel menerima kasih karunia Tuhan saat Tuhan menjadikan Israel mempelaiNya. Tapi Israel menyia-nyiakan kasihNya dengan ketidaksetiaannya. Israel menyembah berhala dalam hidupnya.

Saat aku menggap hal lain lebih penting dari Tuhan, aku sedang menyia-nyiakan kasih Tuhan. Waktu aku lebih menuruti hawa nafsu dibandingkan menaati Tuhan , maka aku aku sedang bersundal hebat.

Aplication
✔ Aku harus memilih menaati Tuhan dibandingkan menuruti keinginanku sendiri.

Prayer
Tuhan, ampuni aku kalau seringkali seperti Gomer yang menuruti keinginannya sendiri. Aku mau memilih untuk lebih menaati Tuhan. Amin.

Hosea 2

Scripture       
Hosea 2:19 (TB)  (2-18) Aku akan menjadikan engkau isteri-Ku untuk selama-lamanya dan Aku akan menjadikan engkau isteri-Ku dalam keadilan dan kebenaran, dalam kasih setia dan kasih sayang. 

Observation 
Begitu hebat kasih Tuhan, sehingga mampu mengampuni ketidaksetiaan Israel dan mengasihinya selama-lamanya. Tuhan gak main-main atau setengah-setengah dalam mengasihi, aku pun gak boleh setengah-setengah mengasihi Dia. Diingatkan kembali mengasihi Tuhan dengan semua yang ada, dengan segenap hati, jiwa dan akal budi.

Aplication
✔ Saat Tuhan mengampuni kesalahanku, aku gak boleh lagi menyia-nyiakan kasihnya dan jatuh ke dalam lobang yang sama.

Palangka Raya, 17 Agustus 2019
-Mega Menulis-

Mikha 6-7

Mikha 6

Scripture       
Mikha 6:11 (TB)  Masakan Aku membiarkan tidak dihukum orang yang membawa neraca palsu atau pundi-pundi berisi batu timbangan tipu? 

Observation 
Neraca palsu atau timbangan tipu biasanya dipakai pedagang yang ingin menipu untuk menguntungkan dirinya sendiri. Ada UU Metrologi di Indonesia untuk melindungi kepentingan umum untuk menjamin kebenaran dalam pengukuran,jadi ada ketertiban dan kepastian hukum dalam pemakaian satuan ukur, standar satuan, metode, alat ukur, takar dan timbang. NERACA PALSU dan BATU TIMBANGAN TIPU bicara tentang orang-orang yang memakai ukuran dan kebenarannya sendiri untuk kepentingannya. Orang yang membawa 'neraca palsu' :
- gak memakai kebenaran yang dari Allah alias firman Tuhan.
- Kalau pun Firman Tuhan dipakai, dipakai untuk keuntungan dirinya sendiri
- Gak punya integritas
- Dirinya selalu benar dan orang lain selalu salah
- Semangat menghakimi yang besar

Aplication
✔ Aku harus berlaku adil, gak boleh memakai firman Tuhan hanya untuk membenarkan diri sendiri.

Prayer
Tuhan, ampuni aku karena terkadang memakai neraca palsu. Menganggap orang lain salah dan aku selalu benar. Ampuni aku Tuhan. Amin.

Mikha 7

Scripture       
Mikha 7:2 (TB)  Orang saleh sudah hilang dari negeri, dan tiada lagi orang jujur di antara manusia. Mereka semuanya mengincar darah, yang seorang mencoba menangkap yang lain dengan jaring. 

Observation 
Ngeri sekali keadaan Israel zaman dulu, dikatakan gak ada orang saleh satu pun dan orang jujur gak ada. Jadi diingatkan untuk hidup saleh dan jujur. Begitu juga dengan anak-anakku, kesalahan dan kejujuran adalah hal yang penting.

Aplication 
- Aku harus hidup dengan integritas karena anak-anakku akan melihat dan meneladani orang tuanya, bukan orang lain.

Palangka Raya, 16 Agustus 2019
-Mega Menulis-

Mikha 5

Mikha 5

Scripture       
Mikha 5:13 (TB)  (5-12) Aku akan melenyapkan patung-patungmu dan tugu-tugu berhalamu dari tengah-tengahmu, maka engkau tidak lagi akan sujud menyembah kepada buatan tanganmu. 

Observation 
Beberapa waktu yang lalu diskusi dengan seorang teman tentang adat yang kadang gak logis dan bertentangan dengan firman Tuhan. Gak masuk akal sih, tapi itu banyak terjadi. Firman Tuhan kadang kalah sama adat yang buatan manusia. Sedih melihatnya.

Ayat ini benar-benar memberikan penghiburan, akan ada saatnya Tuhan akan melenyapkan segala adat yang gak masuk akal.

Aplication
✔ Saat diperhadapkan dengan adat yang ga masuk akal, aku harus berdoa dan minta hikmat sama Tuhan untuk bertindak sesuai kehendak Tuhan.

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk lebih menaati Tuhan dibandingkan adat. Amin.

Palangka Raya, 15 Agustus 2019
-Mega Menulis-

Sacred Influence (Chapter 3)

Bagaimana jika kesalahan-kesalahan suami anda menjadi alat yang Allah pakai untuk membentuk anda? Apakah anda bersedia menerima fakta bahwa pembenahan dalam pernikahan anda-proses untuk menggerakkan hati seorang pria-harus dimulai dari anda?

Beberapa minggu ini terasa sulit menghadapi suami. Dan rasanya aku jadi pengen teriak, kenapa aku sih yang harus bekerja keras dalam pernikahan ini. Meskipun aku membayangkan, suami mungkin merasakan hal yang sama. Tapi, Tuhan sedang membentukku dan suami. Gesekan dalam pernikahan membentukku semakin indah hanya jika aku berespon benar. Aku gak berespon benar saat aku menuntut suamiku menjadi orang yang layak sementara aku tinggal tetap dalam diriku yang sekarang. Aku harus berjuang menjadi orang yang layak, diriku yang terbaik sambil berdoa supaya suami juga bersedia diproses dan berespon dengan benar juga. 


Thursday, August 22, 2019

Rahel : Seorang Isteri yang Bergumul Seumur Hidupnya

Bacaan: Kejadian 29-30 
Kisah cinta Rahel dan Yakub tergolong romantis di zamannya. Bayangkan saja, untuk mendapatkan Rahel sebagai isterinya, Yakub harus bekerja untuk mertuanya selama 14 tahun. Saat membaca lagi kisah Rahel dan Yakub setelah menikah, bisa dilihat kalau kehidupan pernikahan Rahel memang tidak mudah. Rahel harus menunggu tujuh tahun untuk menikah dengan pujaan hatinya. Setelah itu, ia harus melihat suaminya bekerja tujuh tahun lagi untuk ayahnya. Ia harus bergumul dalam posisinya sebagai istri kedua yang berbagi cinta suaminya dengan kakaknya sendiri. Eh, masih ditambah dia tidak kunjung dikaruniai keturunan. Ini bukan hal yang mudah bagi wanita manapun. Tidak heran, terjadilah adegan ini dalam kehidupan pernikahan Rahel:

Ketika dilihat Rahel, bahwa ia tidak melahirkan anak bagi Yakub, cemburulah ia kepada kakaknya itu, lalu berkata kepada Yakub: "Berikanlah kepadaku anak; kalau tidak, aku akan mati." Maka bangkitlah amarah Yakub terhadap Rahel dan ia berkata: "Akukah pengganti Allah, yang telah menghalangi engkau mengandung?"
(Kejadian 30:1-2)

Wednesday, August 14, 2019

Mikha 2 & Mikha 3

Mikha 2

Scripture       
Mikha 2:6 (TB)  "Janganlah ucapkan nubuat," kata mereka itu, "orang tidak mengucapkan nubuat seperti itu! Noda tidak akan menimpa kita." 

Observation 
Orang seringkali hanya ingin mendengarkan berkat Tuhan saja, gak mau mendengar aturan atau hukum Tuhan. Orang percaya juga gitu, selektif dalam membaca Alkitab sehingga hanya suka dan hapal tentang berkat Tuhan. Membaca hanya tentang berkat dan berkat. Padahal Alkitab juga bicara tentang ketaatan, hukuman atas dosa, penderitaan mengikuti Kristus,pengajaran, dll. Mendengar khotbah juga sama, lebih suka mendengar yang diinginkannya, misal khotbah tentang berkat. Akibat mendengar dan membaca selektif ini bahaya:
- jadi selektif melakukan apa kata Tuhan
Karena hanya tahu sebagian dari firman Tuhan, ya wajar saja cuma menaati sebagian (syukur-syukur semua yang diketahuinya ditaati semua)
- punya mindset yang salah
Beberapa mindset yang salah :Tuhan pasti memberikan berkat bagi yang mengikuti Dia, Tuhan gak mau umatnya mengalami penderitaan, ikut Tuhan pasti senang, dll. Ini karena membaca hanya bagian Alkitab yang disenangi.
- hanya tahu sebagian Alkitab dan karakter Allah
Ya iya lah, cuma baca sebagian.

Aplication
✔ Aku harus bersedia dan bersukacita saat mendengar dan membaca firman Tuhan, khotbah atau teguran yang keras. Karena itu membuatku mengenal Tuhan secara benar dan menolongku menaatiNya lebih sungguh.

Mikha 3

Scripture       
Mikha 3:8 (TB)  Tetapi aku ini penuh dengan kekuatan, dengan Roh TUHAN, dengan keadilan dan keperkasaan, untuk memberitakan kepada Yakub pelanggarannya dan kepada Israel dosanya. 

Observation 
Mikha mengingatkan dosa Yakub dan Israel dengan kekuatan Roh Tuhan.  Mikha gak gentar karena menyampaikan kebenaran dari Tuhan.

Terkadang aku merasa ga enakan untuk menegur kesalahan orang lain, takut responnya ga ngenakin. Padahal kalau Tuhan yang berikan dorongan itu, aku harus taat.

Aplication
✔ Sebelum menegur, aku harus berdoa, minta Tuhan yang pimpin aku. Supaya bukan semangat menghakimi yang keluar, tapi semangat mengasihi. Menegur karena kasih dan dengan kasih.

Prayer
Tuhan, mampukan aku menegur dengan kasih. Amin.

Palangka Raya, 14 Agustus 2019
-Mega Menulis-

Tuesday, August 13, 2019

Rut 4 & Mikha 1

Rut 4

Scripture

Rut 4:10 (TB)  juga Rut, perempuan Moab itu, isteri Mahlon, aku peroleh menjadi isteriku *untuk menegakkan nama orang yang telah mati itu di atas milik pusakanya.* Demikianlah nama orang itu tidak akan lenyap dari antara saudara-saudaranya dan dari antara warga kota. Kamulah pada hari ini menjadi saksi."

Ulangan 25:5-6 (TB)  "Apabila orang-orang yang bersaudara tinggal bersama-sama dan seorang dari pada mereka mati dengan tidak meninggalkan anak laki-laki, maka janganlah isteri orang yang mati itu kawin dengan orang di luar lingkungan keluarganya; saudara suaminya haruslah menghampiri dia dan mengambil dia menjadi isterinya dan dengan demikian melakukan kewajiban perkawinan ipar.
Maka *anak sulung yang nanti dilahirkan perempuan itu haruslah dianggap sebagai anak saudara yang sudah mati itu, supaya nama itu jangan terhapus dari antara orang Israel.*

Observation
Boas memanggil kerabatnya yang juga memiliki hak untuk menebus segala milik Naomi dan menikahi Rut dan bertanya lebih dahulu,ini menunjukkan bahwa Boas:
- Gak mau mengambil apa yang bukan menjadi hakny
- Tahu aturan/hukum yang berlaku dan mau taat

Boas menikahi Rut tapi nantinya anak sulung yang dilahirkan Rut dianggap anak suaminya yang sudah meninggal. Walah. Ini sebenarnya gak mudah bagi seorang laki-laki tapi Boas bersedia melakukannya. Boas mengasihi dengan pengorbanan. Boas bersedia meletakkan egonya sebagai seorang pria dan berkorban.

Aplication
- Aku harus belajar mengasihi dengan pengorbanan. Bukan mengasihi kalau gak melayani. Terkadang malas melakukan ini itu buat suami kalau capek. Tapiiii.... Gak boleh gitu lagi Meg!

Prayer
Tuhan, ajari aku mengasihi suami setiap hari. Mampukan aku untuk melayani dengan sukacita. Amin.

Scripture      
Rut 4:15 (TB)  Dan dialah yang akan menyegarkan jiwamu dan memelihara engkau pada waktu rambutmu telah putih; sebab menantumu yang mengasihi engkau telah melahirkannya, perempuan yang lebih berharga bagimu dari tujuh anak laki-laki."

Observation
Rut dikatakan perempuan yang lebih berharga bagi Naomi lebih dari 7 anak laki-laki. Wow! Betapa terpujinya karakter Rut.

Dalam budaya Batak, kehadiran  anak laki-laki sangat ditunggu-tunggu karena akan meneruskan marga. Bukan berarti anak perempuan gak dikasihi cuma kok banyak orang Batak menganggap  keluarga kurang lengkap karena belum ada anak laki-laki. Kesel juga kadang, padahal anak perempuan dan laki-laki sama-sama pemberian Tuhan. Baca ayat ini diingatkan kalau aku perlu fokus pada karakter anak-anakku. Seperti Rut yang dipuji karena karakternya, biarlah keberadaan anakku dihargai bukan karena jenis kelaminnya.

Aplication
✔️ Gak perlu kesel kalau ada yang bilang keluargaku belum lengkap karena belum punya anak laki-laki. Doakan saja orang itu.

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk gak merasa terganggu menghadapi orang-orang yang menganggap keberadaan anak laki-laki begitu penting dalam keluarga, mampukan aku untuk tenang dan gak emosi. Amin.

Mikha 1

Scripture      
Mikha 1:1 (TB)  Firman TUHAN yang datang kepada Mikha, orang Moresyet, pada zaman Yotam, Ahas dan Hizkia, raja-raja Yehuda, yakni berkenaan dengan yang dilihatnya tentang Samaria dan Yerusalem.

Observation
Waktu baca Mikha ini, entah kenapa jadi teringat sewaktu Yunus diminta Tuhan menyampaikan ke Niniwe kalau penduduk kota itu akan menerima akibat dari dosanya, lalu mereka bertobat. Di sini, dikatakan Samaria dan Yehuda akan dihukum atas dosanya, apakah respon mereka? Cuek? Marah? Sedih? Atau bertobat?

Saat aku dihukum atas dosaku, BERSEDIAkah aku meresponi dengan pertobatan? Jangan cuma sedih tapi masih mengulangi kesalahan Meg!

Aplication
✔️ Saat ditegur atas dosaku, aku mau meresponi dengan benar :mengakui kesalahan, minta ampun dan BERTOBAT. Aku gak boleh terus-menerus mengulangi kesalahan yang sama.

Prayer
Tuhan, aku mau meresponi setiap teguran dan hukuman dengan pertobatan. Mampukan aku ya Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 13 Agustus 2019
-Mega Menulis-

Monday, August 12, 2019

Main Bareng Sara (6-11 Agustus 2019)

Aku mulai komitmen memberikan waktu buat main sama Sara, seringkali pulang kantor sudah capek tapi aku mau mulai #mainbarengSara. Teracuni oleh Mama Stand, mulai searching bahan di www.totschooling.net, download dan print. Well, sebenarnya aku sejak belum punya anak sudah ngumpulin bahan buat main anak , tapi apa daya males, yo wes gak pernah deh kepake. By the way, aku sempat bikin bahan sendiri looo... Rajin planning tapi males eksekusi nih, wakakak. Semingguan ini gak tiap hari sih bisa main sama Sara sesuai target, tapi gak papa lah, yang penting ada progress. Semangatttt!!!

Sengaja simpan activity Sara di beberapa media : Instagram, Facebook, dan blog. Tujuannya buat dokumentasi activity Sara supaya ntar bisa dilihat-lihat di masa depan, trus kalau mau ngajak Sofia main tinggal nyontek, hahaha. Kan gak tahu tuh mana yang bakal kehapus, semacam friendster zaman jebot, wakakak. Ini kegiatan Sara seminggu ini.

Rut 2 & Rut 3

Rut 2

Scripture      
Rut 2:4-5, 9, 12, 14 (TB)  Lalu datanglah Boas dari Betlehem. Ia berkata kepada penyabit-penyabit itu: "TUHAN kiranya menyertai kamu." Jawab mereka kepadanya: "TUHAN kiranya memberkati tuan!"
Lalu kata Boas kepada bujangnya yang mengawasi penyabit-penyabit itu: "Dari manakah perempuan ini?"
Lihat saja ke ladang yang sedang disabit orang itu. Ikutilah perempuan-perempuan itu dari belakang. Sebab aku telah memesankan kepada pengerja-pengerja lelaki jangan mengganggu engkau. Jika engkau haus, pergilah ke tempayan-tempayan dan minumlah air yang dicedok oleh pengerja-pengerja itu."
TUHAN kiranya membalas perbuatanmu itu, dan kepadamu kiranya dikaruniakan upahmu sepenuhnya oleh TUHAN, Allah Israel, yang di bawah sayap-Nya engkau datang berlindung."
Ketika sudah waktu makan, berkatalah Boas kepadanya: "Datanglah ke mari, makanlah roti ini dan celupkanlah suapmu ke dalam cuka ini." Lalu duduklah ia di sisi penyabit-penyabit itu, dan Boas mengunjukkan bertih gandum kepadanya; makanlah Rut sampai kenyang, bahkan ada sisanya.

Observation
Sepanjang baca Rut 2,apa yang dilakukan Boas mengagumkan :
Ay. 4 : Dia memberkati pekerjanya dengan memberikan salam berkat. Ini menunjukkan Boas ramah dan menghargai pekerjanya.
Ay. 5 : Boas menyadari ada orang baru di antara pekerjanya, berarti Boas orang yang teliti dan sangat memperhatikan pekerjanya.
Ay. 8 : Boas bermurah hati dan berbelas kasihan melihat keadaan Rut lalu mempersilakan Rut mengambil jelai di ladangnya, bahkan berpesan kepada para pekerjanya menjatuhkan jelai bagi Rut. Dia tidak memberikan langsung dan membiarkan Rut bekerja. Di sini terlihat hikmat Boas. Dia menjaga harga diri Rut, dengan membiarkan Rut bekerja untuk mendapatkan berkat Tuhan.
Ay. 9: Boas memberikan rasa aman dengan berpesan kepada pekerja laki-laki untuk tidak mengganggu Rut. Dia juga memperhatikan kebutuhan Rut yang haus.
Ay. 14:Boas menguatkan dan menghibur Rut dengan perkataannya.

Aplication
✔️ Berdoa supaya anak-anakku perempuan nantinya mempunyai pasangan hidup yang berkarakter Kristus seperti Boas.

Prayer
Tuhan, di manapun dan siapa pun pasangan hidup anak-anakku nantinya, bentuklah mereka sejak sekarang menjadi pria yang mengasihi Tuhan. Berkatilah anak-anakku dengan pria berkarakter Kristus seperti Boas. Amin.

Rut 3
Scripture      
Rut 3:5 (TB)  Lalu kata Rut kepadanya: "Segala yang engkau katakan itu akan kulakukan."

Observation
Rut mau mendengarkan nasehat dan melakukan tepat sama dengan yang diminta Naomi. Ini menunjukkan kalau Rut:
- rendah hati
Rut gak sok pintar lalu merasa gak membutuhkan nasihat. Rut gak berpikir kalau apa yang dikatakan Naomi itu kuno atau gak sesuai dengan keinginannya. Malahan dia bersedia menerima nasehat.
- tunduk pada otoritas
Rut bersedia melakukan persis sama yang dikatakan Naomi tanpa menunda, dia tunduk pada perkataan otoritas di atasnya.
- pendengar yang baik
Rut mendengarkan dengan baik sehingga yang dilakukannya tidak terlewat dari instruksi Naomi. Rut mendengar dengan seksama jadi melakukan tepat sama.

Aplication
✔️ Aku bukan pendengar yang baik dan gak dengan mudah menerima nasehat kalau bertentangan dengan pikiranku. Aku kadang mendengarkan suami ngomong tapi lewat-lewat gitu,akhirnya gak melakukan tepat sama dengan yang diinginkan.

Prayer
Tuhan, aku mau belajar mendengarkan dengan seksama perkataan suami. Tolong aku Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 12 Agustus 2019
-Mega Menulis-

Sunday, August 11, 2019

Hakim-hakim 21 & Rut 1

Hakim-hakim 21

Scripture      
Hakim-hakim 21:1 (TB)  Orang-orang Israel telah bersumpah di Mizpa, demikian: "Seorang pun dari kita takkan memberikan anaknya perempuan kepada seorang Benyamin menjadi isterinya."

Observation
Aneh sekali orang-orang Israel, mengucapkan sumpah tanpa berpikir dampaknya. Berkata-kata dan bertindak saat emosi hanya mendatangkan masalah. Itu akan berdampak buruk dan dan kusesali, bukan hanya bagiku tapi juga orang lain.

Aplication
✔️ Jangan mengambil keputusan saat emosi.
✔️ Berpikir sungguh-sungguh sebelum bertindak.

Prayer
Tuhan, seringkali aku juga seperti orang Israel yang berkata sembarangan saat emosi. Tolong aku untuk berhenti melakukannya ya Tuhan. Amin.

Rut 1 

Scripture      
Rut 1:16 (TB)  Tetapi kata Rut: "Janganlah desak aku meninggalkan engkau dan pulang dengan tidak mengikuti engkau; sebab ke mana engkau pergi, ke situ jugalah aku pergi, dan di mana engkau bermalam, di situ jugalah aku bermalam: bangsamulah bangsaku dan Allahmulah Allahku;

Observation
Kehidupan Rut yang indah tiba-tiba hancur oleh kematian suaminya. Rut orang Moab yang memilih menikah dengan orang Israel, mungkin pernikahan ini ditentang keluarga dan orang sebangsanya. Menikah lagi? Walaupun masih muda, status janda mungkin agak menyulitkan baginya untuk mencari suami yang bersedia menikahinya. Mengikuti mertua karena setia pun sebenarnya gak menjamin masa depannya. Malahan bukan perkara yang mudah sebenarnya tinggal bersama mertua yang juga janda, apa yang dapat mereka lakukan setelah ini. Bagaimana masa depannya setelah ini?

Menghadapi masa depan yang tidak pasti, Rut mengambil keputusan terbesar dalam hidupnya dengan mengikuti Allah orang Israel. Rut meninggalkan kehidupan lamanya sebagai bangsa yang menyembah berhala dengan hidup bersama-sama orang Israel menyembah Allah orang Israel.

Aplication
✔️ Masa depan memang penuh ketidakpastian tapi saat aku hidup menyembah Allah yang benar, pengharapanku gak akan hilang.
✔️ Aku juga mau seperti Rut yang mengambil keputusan-keputusan yang tepat dalam hidupnya.

Prayer
Tuhan, mampukan aku untuk terus berjalan bersama Tuhan di tengah ketidakpastian dunia ini. Amin.

Palangka Raya, 11 Agustus 2019
-Mega Menulis-

Hakim-hakim 19-20

Hakim-hakim 19

Scripture      
Hakim-hakim 19:22 (TB)  Tetapi sementara mereka menggembirakan hatinya, datanglah orang-orang kota itu, orang-orang dursila, mengepung rumah itu. Mereka menggedor-gedor pintu sambil berkata kepada orang tua, pemilik rumah itu: "Bawalah ke luar orang yang datang ke rumahmu itu, *supaya kami pakai dia."*

Hakim-Hakim 19:22 (FAYH)  Pada saat mereka mulai bergembira dan merasa akrab, segerombolan orang dukana mengepung rumah itu. Mereka menggedor-gedor pintu dan berteriak-teriak kepada orang tua itu, meminta agar ia membawa ke luar orang Lewi yang menginap di rumahnya *untuk diperkosa.*

Observation & Aplication
Awalnya aku bingung baca di versi TB, apa maksudnya untuk dipakai, ternyata diperkosa, padahal laki-kali loooo... Betapa bejatnya orang-orang di kota itu. Jadi masuk akal, saat pria tua itu gak mau orang Lewi tersebut tinggal di tanah lapang, dia tahu betapa berbahaya bagi orang Lewi itu sehingga menawarkan tumpangan. Pria tua itu tidak ikut dalam kebejatan orang-orang di sekelilingnya.

Aku juga gak boleh mengikuti sekelilingku yang melakukan perbuatan jahat. Harus hidup dalam takut akan Tuhan sekalipun orang lain nggak.

Prayer
Tuhan, tolong aku tetap berpegang teguh pada kebenaran firman Tuhan sekalipun sekelilingku melakukan yang berbeda. Amin.

Hakim-hakim 20

Scripture      
Hakim-Hakim 20:13-14 (FAYH)  Serahkan orang-orang jahat dari Kota Gibea itu untuk kami hukum mati, supaya Israel disucikan dari kejahatannya. " Tetapi orang-orang Benyamin itu tidak mau mendengar.
Malah sebaliknya, orang-orang Benyamin dari kota-kota lain datang ke Gibea untuk bergabung dengan tujuh ratus orang penduduk setempat, dengan maksud mengadakan perlawanan terhadap suku-suku bangsa Israel yang lainnya. Mereka berjumlah 26. 000 orang.

Observation & Aplication
Orang Benyamin memilih membela Orang Gibea tanpa mau mendengarkan dengan detail kejahatan yang telah dilakukan. Akibatnya puluhan ribu orang mati bahkan suku Benyamin hampir punah.

Di kantor sedang ada permasalahan antara dua orang rekan kerjaku. Aku cenderung berpihak pada salah satu sisi. Tapi melalui bacaan Alkitab hari ini aku diingatkan untuk gak asal membela tanpa tahu duduk perkara yang terjadi, ngeri dampaknya.

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk adil sejak dalam pikiran dan gak asal memihak. Aku mau berlaku bijak menghadapi pihak yang sedang bermasalah ini. Mampukan aku Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 10 Agustus 2019
-Mega Menulis-

Hakim-hakim 17-18

Hakim-hakim 17

Scripture      
Hakim-hakim 17:6 (TB)  Pada zaman itu tidak ada raja di antara orang Israel; setiap orang berbuat apa yang benar menurut pandangannya sendiri.

Observation
Gak ada raja berarti ga ada pemimpin di antara orang Israel, ini menjadi alasan orang Israel hidup seenaknya, mereka melakukan yang benar menurut dirinya sendiri. Orang Israel lupa kalau Allah sendiri yang ingin memerintah mereka, ada hukum yang sudah diberikan Allah melalui Musa. Ini artinya mereka memilih mengabaikan hukum Tuhan.

Saat aku memilih mengabaikan firman Tuhan, aku sedang berlaku sama seperti orang Israel. Saat aku melakukan sesuatu hanya berdasarkan hikmatku, apa yang benar menurutku, berarti Tuhan gak menjadi raja atas hidupku.

Aplication
✔️ Aku harus kembali pada firman Tuhan dan taat.

Prayer
Tuhan, aku mau menaati firmanMu dalam segala hal, karena Engkaulah raja atas hidupku. Tolong aku untuk taat ya Tuhan. Amin.

Hakim-hakim 18

Scripture      
Hakim-hakim 18:9 (TB)  Jawab mereka: "Bersiaplah, marilah kita maju menyerang mereka, sebab kami telah melihat negeri itu, dan memang sangat baik. Masakan kamu tinggal diam! Janganlah bermalas-malas untuk pergi memasuki dan menduduki negeri itu.

Observation
Bani Dan dijanjikan hal yang sama dengan suku lain tapi mereka belum menerima negeri yang dijanjikan akibat kemalasan mereka, mereka gak mau berperang dan hanya diam.
Kenapa mereka gak mau berperang?
- mungkin terlalu nyaman dengan kondisi saat itu
- berperang dianggap beresiko
- malas

Kalau aku mau janji Tuhan terjadi dalam hidupku, aku harus berjuang, gak boleh bermalas-malasan dan diam. Gak boleh hanya menikmati zona nyaman, harus terus berusaha sampai janji Tuhan digenapi. Gimana aku mau bertumbuh secara rohani kalau baca Alkitab malas? Gimana anak-anakku takut akan Tuhan, kalau aku gak berikan teladan dan membawa mereka kenal Tuhan? Gimana punya pernikahan yang manis dan berbuah kalau aku gak mau berubah?

Aplication
✔️ Gak boleh malas Meg! Apa janji Tuhan dalam hidupmu? Berjuang dan berdoa sampai itu terjadi. Usaha tanpa doa itu sia-sia, doa tanpa usaha itu bohong.

Prayer
Tuhan, aku mau tekun berdoa dan berusaha sampai janji Tuhan tergenapi. Jangan biarkan aku bermalas-malasan Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 9 Agustus 2019
-Mega Menulis-

Hakim-hakim 15-16

Hakim-hakim 15

Scripture      
Hakim-hakim 15:11 (TB)  Kemudian turunlah tiga ribu orang dari suku Yehuda ke gua di gunung batu Etam dan berkata kepada Simson: "Tidakkah kauketahui, bahwa orang Filistin berkuasa atas kita? Apakah juga yang telah kauperbuat terhadap kami?" Tetapi jawabnya kepada mereka: *"Seperti mereka memperlakukan aku, demikianlah aku memperlakukan mereka."*

Observation
Simson berkata akan memperlakukan orang Filistin sama seperti mereka memperlakukan dia. Simson punya semangat tinggi dalam membalas dendam. Aku berandai-andai, KALAU Simson gak emosian dan mencari keributan dengan orang Filistin, apakah keributan antara mereka akan berhenti?

Aku juga sama, sedang berpikir untuk memperlakukan orang lain sama seperti dia memperlakukan aku. Pikiran jadi gak tenang, ingin melihat orang tersebut merasakan apa yang aku rasakan. Ingin melakukan yang dia lakukan ke aku juga. Tapi membaca kisah Simson kok ngenes amat ya, yang ada akibatnya adalah pembunuhan, kerusakan dan kehancuran.

Aplication
✔️ Jangan ingin membalas dendam Meg! Itu akan merugikan diri sendiri. Gak akan ada habisnya.
✔️ Stop membenci, mulai mengasihi.
✔️ Seharusnya aku baik ke orang lain bukan tergantung cara orang lain memperlakukanku.

Prayer
Tuhan, Engkau tahu apa yang ada di hatiku. Betapa besar keinginan untuk memperlakukan orang ini seperti dia memperlakukanku. Tolong aku Tuhan, mampukan aku mengasihi. Amin.

Hakim-hakim 16

Scripture      
Hakim-hakim 16:20 (TB)  Lalu berserulah perempuan itu: "Orang Filistin menyergap engkau, Simson!" Maka terjagalah ia dari tidurnya serta katanya: "Seperti yang sudah-sudah, aku akan bebas dan akan meronta lepas." Tetapi tidaklah diketahuinya, bahwa TUHAN telah meninggalkan dia.

Observation
Simson terus mengulangi kesalahannya dan tinggal tetap dalam kebodohannya, akibatnya Tuhan meninggalkan dia. Aneh melihat Simson gak jera ditipu seorang wanita bahkan gak tahan mendengar rengekan wanita. Pola yang sama terjadi dengan wanita sundal ini dengan sebelumnya, dengan istrinya. Simson terus mengikuti hawa nafsunya pada wanita sehingga menjadi bodoh dan ditinggalkan Tuhan. Menyedihkan sekali Simson sampai gak menyadari telah ditinggalkan Tuhan.

Aplication
✔️ Aku gak boleh menyerah pada hawa nafsu sehingga terus-menerus berbuat dosa yang sama.
✔️ Dosa melunturkan kepekaan dalam menyadari ketidkhadiran Tuhan. Bisa saja aku seperti Simson yang hanya merasa Tuhan beserta, padahal Tuhan sudah meninggalkah dia.

Prayer
Tuhan, ajar aku lebih menghargai hadirat Tuhan sehingga gak melakukan yang mendukakan Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 8 Agustus 2019
-Mega Menulis-

Hakim-hakim 13-14

Hakim-hakim 13

Scripture      
Hakim-hakim 13:5 (TB)  Sebab engkau akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki; kepalanya takkan kena pisau cukur, sebab sejak dari kandungan ibunya anak itu akan menjadi seorang nazir Allah dan dengan dia akan mulai penyelamatan orang Israel dari tangan orang Filistin." 

Observation & Aplication
Sebelum Simson dikandung, Tuhan sudah menetapkan Simson untuk menyelamatkan orang Israel dari tangan orang Filistin sehingga Simson sudah dikhususkan bagi Tuhan dengan menjauhi anggur, tidak memotong rambutnya dan hidup kudus. Kedua orang tua Simson diminta menjaga anaknya bagi Tuhan karena ada pekerjaan yang dikhususkan baginya.

Aku gak tahu rencana Tuhan atas hidup anak-anakku, tapi sebelum mereka ada pasti Tuhan punya rencana dalam hidup mereka. Tugasku sebagai orang tua adalah menjaga mereka hidup dalam kekudusan sehingga mereka siap melakukan pekerjaan bagi Tuhan.

Prayer
Tuhan, mampukan aku mendidik anak-anakku dalam kekudusan sebagaimana Tuhan kehendaki. Supaya rencana Tuhan saya yang jadi dalam hidup mereka. Amin.

Hakim-hakim 14

Scripture      
Hakim-hakim 14:17 (TB)  Tetapi isterinya itu menangis di sampingnya selama ketujuh hari mereka mengadakan perjamuan itu. Pada hari yang ketujuh diberitahukannyalah kepadanya, karena ia merengek-rengek kepadanya, kemudian perempuan itu memberitahukan jawab teka-teki itu kepada orang-orang sebangsanya.

Observation
Istri Simson diancam sehingga merengek-rengek ke Simson sampai ia mendapatkan apa yang diinginkannya. Mungkin dia ketakutan. Tapiiii.... Kenapa juga sih dia sebagai istri gak menceritakan ketakutannya kepada suaminya dengan jujur? Memang rencana Tuhan supaya

Simson mencari gara-gara dengan orang Filistin tapi apa yang dilakukan istri Simson mengingatkanku untuk berespon dengan benar saat suamiku tidak memberikan apa yang aku inginkan.

Aplication
✔️ Aku harus berkomunikasi dengan baik ke suami,  bukannya ngambek atau merengek.
✔️ Berusaha mendengarkan dan mengerti maksud suami.

Prayer
Tuhan, mampukan aku memahami maksud suami saat dia tidak memberikan apa yang kuinginkan, tolong aku berespon dengan benar ya Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 7 Agustus 2019
-Mega Menulis-

Hakim-hakim 11-12

Hakim-hakim 11

Scripture      
Hakim-hakim 11:1 (TB)  Adapun Yefta, orang Gilead itu, adalah seorang pahlawan yang gagah perkasa, tetapi ia anak seorang perempuan sundal; ayah Yefta ialah Gilead.

Observation
Yefta adalah anak perempuan sundal, tetapi Alkitab menyaksikan bahwa ia adalah pahlawan gagah perkasa. Latar belakang seseorang bisa menjadi faktor penyebab dia gagal atau terpuruk di masa depannya, tapi itu gak menghalangi karya Tuhan di dalam hidup seseorang. Yefta bisa saja terus-menerus merasa tertolak, rusak gambar dirinya dan sakit hati. Tetapi Yefta taat sama Tuhan dan Tuhan jadikan dia pahlawan gagah perkasa. Ketaatan Yefta sama Tuhan dapat dilihat dari bagaimana Yefta membawa perkaranya di hadapan Tuhan dan bagaimana dia memenuhi nazarnya kepada Tuhan.

Terkadang aku ngerasa gak mampu melakukan ini itu, gak berani juga bermimpi besar karena ngerasa aku orang yang biasa-biasa aja. Lewat kisah Yefta seakan-akan diingatkan kalau aku dipanggil Tuhan untuk taat dan Dia sanggup menjadikanku apapun yang Tuhan mau, aku gak boleh membatasi Tuhan. Akhir-akhir ini Tuhan ingatkan mimpiku dulu buat kuliah S2, suami malahan yang kasih wacana ini dan support aku. Tapi aku ngerasa keadaan sekarang gak mendukung, gak sanggup dari segi biaya, waktu, belum lagi konsentrasi ngurus anak, suami dan rumah. Ada juga kekuatiran sekolah lagi akan mengganggu kerjaan dan karir.

Aplication
✔️ Aku harus taat sama Tuhan dan membawa semua perkara pada Tuhan, jangan mengandalkan pemikiranku sendiri.

Prayer
Tuhan, Tuhan yang paling tahu isi hatiku. Melampaui kebutuhan bahkan keinginan, Tuhan selalu berikan yang terbaik. Aku mau menerima apa saja pemberian Tuhan dan taat pada apapun yang Tuhan mau aku kerjakan. Amin.

Hakim-hakim 12

Scripture      
Hakim-hakim 12:7 (TB)  Yefta memerintah sebagai hakim atas orang Israel enam tahun lamanya. Kemudian matilah Yefta, orang Gilead itu, lalu dikuburkan di sebuah kota di daerah Gilead.

Observation
Secara umum, kitab Hakim-hakim mencatat begitu banyak nama hakim yang memerintah Israel dan berapa tahun ia memimpin, silih berganti demikian saja. Hanya beberapa orang yang kisahnya tercatat berbeda, lebih panjang dan detail, yakni mereka yang hidup taat sama Tuhan dan yang hidup menentang Tuhan. Ini sepertinya mengajarkan ke aku untuk memilih, mau hidup seperti apa?
Taat sama Tuhan?
Menentang Tuhan?
Suam-suam kuku? Yang kadang taat, kadang nggak.

Aplication
✔️ Ada banyak orang yang menikah. Ada banyak ibu di dunia. Ada banyak orang yang menjadi PNS. Apakah aku mau menjadi yang taat sama Tuhan, menentang Tuhan atau suam-suam kuku? Aku mau sama Tuhan.

Prayer
Tuhan, biarlah ketaatanku sama Tuhan menjadi kesaksian bagi orang lain. Hidupku gak biasa karena aku hidup menaatiMu. Amin.

Palangka Raya, 6 Agustus 2019
-Mega Menulis-

Hakim-hakim 9-10

Hakim-hakim 9

Scripture      
Hakim-hakim 9:5 (TB)  Ia pergi ke rumah ayahnya di Ofra, lalu membunuh saudara-saudaranya, anak-anak Yerubaal, tujuh puluh orang, di atas satu batu. Tetapi Yotam, anak bungsu Yerubaal tinggal hidup, karena ia menyembunyikan diri.

Observation
Demi ambisinya berkuasa, Abimelekh tega memhunuh saudara-saudaranya. Dia melakukan dosa tanpa takut atau menyesal. Adakah ambisiku yang mendorongku melakukan dosa tanpa rasa takut lagi pada Allah? Atau bahkan melukai saudara-saudaraku?

Aplication
✔️ Terkadang aku lebih mementingkan menabung daripada membantu saudaraku yang kesulitan keuangan, aku beranggapan setiap orang harus bijak mengelola keuangannya apalagi kalau sudah berumah tangga. Aku harus mulai lagi saving secara rutin untuk membantu keluarga yang memerlukan. Selama ini agak berat kalau kejadian karena gak dikhususkan.

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk berhikmat dan memiliki belas kasihan dalam membantu keluarga yang memerlukan. Jangan biarkan aku mengabaikan keluargaku. Amin.

Hakim-hakim 10

Scripture      
Hakim-hakim 10:16 (TB)  Dan mereka menjauhkan para allah asing dari tengah-tengah mereka, lalu mereka beribadah kepada TUHAN. Maka TUHAN tidak dapat lagi menahan hati-Nya melihat kesukaran mereka.

Observation & Aplication
Gregetan melihat bangsa Israel yang kayak penjahat kambuhan. Terheran-heran melihat Allah yang penuh kasih karunia dan belas kasihan. Kok mau-maunya ya Tuhan berulang kali mengampuni tanpa batas gitu sama orang Israel. Lalu menyadari, kalau aku sama aja kayak orang Israel T-T Aku juga berulang kali jatuh dan Tuhan mengampuni. Bersyukur karena Tuhan gak pernah berhenti memberikan pengampunan. Terkadang capek jatuh terus, tapi Tuhan aja gak menyerah denganku, aku juga gak boleh menyerah.

Prayer
Tuhan, terima kasih karena gak pernah menyerah untuk mengampuniku. Tolong aku Tuhan supaya gak menyia-nyiakan anugerah Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 5 Agustus 2019
-Mega Menulis-

Monday, August 5, 2019

Sifra dan Pua : Bidan-Bidan yang Takut akan Tuhan




Keluaran 1:15-20
Raja Mesir juga memerintahkan kepada bidan-bidan yang menolong perempuan Ibrani, seorang bernama Sifra dan yang lain bernama Pua, katanya: "Apabila kamu menolong perempuan Ibrani pada waktu bersalin, kamu harus memperhatikan waktu anak itu lahir: jika anak laki-laki, kamu harus membunuhnya, tetapi jika anak perempuan, bolehlah ia hidup. " Tetapi bidan-bidan itu takut akan Allah dan tidak melakukan seperti yang dikatakan raja Mesir kepada mereka, dan membiarkan bayi-bayi itu hidup. Lalu raja Mesir memanggil bidan-bidan itu dan bertanya kepada mereka: "Mengapakah kamu berbuat demikian membiarkan hidup bayi-bayi itu?" Jawab bidan-bidan itu kepada Firaun: "Sebab perempuan Ibrani tidak sama dengan perempuan Mesir; melainkan mereka kuat: sebelum bidan datang,  mereka telah bersalin. Maka Allah berbuat baik kepada bidan-bidan itu; bertambah banyaklah bangsa itu dan sangat berlipat ganda. Dan karena bidan-bidan itu takut akan Allah, maka Ia membuat mereka berumah tangga. Lalu Firaun memberi perintah kepada seluruh rakyatnya: "Lemparkanlah segala anak laki-laki yang lahir bagi orang Ibrani ke dalam sungai Nil; tetapi segala anak perempuan biarkanlah hidup.

Bidan Sifra dan Pua mungkin tidak seterkenal wanita-wanita lain di Alkitab, bahkan namanya hanya disebutkan sekali saja. Namun bidan-bidan ini memberikan teladan dalam hal hidup takut akan Allah. Dengan kesadaran, mereka memilih menentang perintah Raja Mesir untuk membunuh bayi laki-laki Ibrani, meskipun hal itu beresiko pada nyawa mereka. Perbuatan mereka diganjar Allah dengan membuat mereka berumah tangga. Allah memperhatikan apa yang mereka perbuat, dan Allah memberkati mereka saat mereka hidup dalam takut akan Dia.

Sunday, August 4, 2019

Hakim-hakim 7-8

Hakim-hakim 7

Scripture      
Hakim-hakim 7:2 (TB)  Berfirmanlah TUHAN kepada Gideon: "Terlalu banyak rakyat yang bersama-sama dengan engkau itu dari pada yang Kuhendaki untuk menyerahkan orang Midian ke dalam tangan mereka, jangan-jangan orang Israel memegah-megahkan diri terhadap Aku, sambil berkata: Tanganku sendirilah yang menyelamatkan aku.

Observation
Tuhan tahu isi hati orang Israel, Dia mengenal mereka sehingga berinisiatif menciptakan kondisi yang membuat mereka menyadari dari siapa kemenangan mereka. Bangsa Israel yang pergi berperang dibuatnya sedikit supaya mereka bergantung kepada Tuhan sepenuhnya.

Tuhan mengenali kelemahan-kelemahanku dan Dia mau berkarya di dalam hidupku. Saat aku berada dalam kondisi gak sanggup atau mustahil adalah saat di mana Tuhan mau mengajarkan aku untuk gak bermegah atas diriku sendiri, tapi bermegah karena Tuhan yang telah menunjukkan kasih karuniaNya dan menyelamatkan aku. Waktu lulus kuliah aku merasa sombong, 3,5 tahun bo lulus jurusan teknik. Dah kebayang waktu itu lulus langsung dapat pekerjaan yang bagus, melakukan ini itu kesana kemari. Tapi saat lulus dan dihadapkan kenyataan papa sakit, aku full jaga papa dan gak bisa langsung kerja. Aku jadi benar-benar belajar bergantung sama Tuhan, apalagi setahun kemudian papa meninggal. Sekarang kalau aku lihat ke belakang, nyata Tuhan yang menolong kami sekeluarga.

Aplication
✔️ Tuhan mengenalku dengan baik dan Tuhan menjaga diriku supaya gak jatuh dalam dosa. Jangan sekali-kali aku yang melangkah mendekati pencobaan.
✔️ Saat keadaan sulit buatku, Tuhan ingin menunjukkan kuasaNya. Aku mau gak bergantung sama Tuhan sepenuhnya.

Prayer
Tuhan, mampukan aku melihat tangan Tuhan dalam keadaanku yang sulit. Amin.

Hakim-hakim 8

Scripture      
Hakim-hakim 8:2-3 (TB)  Jawabnya kepada mereka: "Apa perbuatanku dalam hal ini, jika dibandingkan dengan kamu? Bukankah pemetikan susulan oleh suku Efraim lebih baik hasilnya dari panen buah anggur kaum Abiezer?
Allah telah menyerahkan kedua raja Midian itu, yakni Oreb dan Zeeb, ke dalam tanganmu; apa yang telah dapat kucapai, jika dibandingkan dengan kamu?" Setelah ia berkata demikian, maka redalah marah mereka terhadap dia.

Observation
Gideon gak menanggapi perkataan marah dan emosi dengan emosi, malahan dia berkata manis kepada Suku Efraim sehingga meredakan situasi. Gideon berkata dengan rendah hati bahwa yang dilakukannya gak ada apa-apanya, gak ada gunanya bertengkar dengan saudara sendiri. Saat mereka sama-sama bawa ego sebenarnya mereka sama-sama kalah.

Aku juga perlu belajar seperti Gideon yang meredakan amarah  suku Efraim, terutama dalam hubungan dengan suamiku. Saat kami saling berkata kasar dan saling melukai, gak ada yang menang, kami sama-sama kalah. Lebih baik menjawab dengan lemah lembut untuk meredakan perbantahan.

Aplication
✔️ Aku perlu terus belajar berkata lemah lembut saat orang lain emosi. Gak perlu terpancing.

Prayer
Tuhan, tolong kendalikan diriku. Kendalikan lidahku yang tajam ini Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 4 Agustus 2019
-Mega Menulis-

Hakim-hakim 6

Hakim-hakim 6

Scripture      
Hakim-hakim 6:17 (TB)  Maka jawabnya kepada-Nya: "Jika sekiranya aku mendapat kasih karunia di mata-Mu, maka berikanlah kepadaku tanda, bahwa Engkau sendirilah yang berfirman kepadaku.

Observation
Berkali-kali Gideon meminta tanda dan Allah memberikannya. Allah gak marah atau pun tersinggung. Dipikir-pikir bisa saja Allah marah karena ketidakpercayaan Gideon kepadaNya,tapi tiga kali Allah menyetujui tanda yang diinginkan Gideon. Awalnya aku pikir ini Gideon kok kurang ajar ya, tapi itulah iman, kadang aku pun bertanya-tanya dan butuh tanda seperti Gideon tapi lalu mengabaikan itu. Gideon jujur dan Allah menerima sebesar apapun iman seseorang, Dia tahu isi hati kita.

Aplication
✔️ Aku harus jujur dengan Tuhan, gak perlu sok yakin kalau aku masih ragu akan sesuatu. Jujur saja dan komunikasikan sama Tuhan. Percaya kalau Dia sendiri yang akan meneguhkan imanku kepadaNya.

Prayer
Tuhan, terima kasih karena menerima sebesar apapun imanku. Tolong aku supaya makin teguh di dalam Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 3 Agustus 2019
-Mega Menulis-

Hakim-hakim 3-4

Hakim-hakim 4

Scripture      
Hakim-hakim 4:4 (TB)  Pada waktu itu Debora, seorang nabiah, isteri Lapidot, memerintah sebagai hakim atas orang Israel.

Observation
Debora dipercayakan Tuhan menjadi istri, nabiah dan hakim. Pastinya bukan hal yang mudah menjalankan tugas dan tanggung jawabnya, tapi dia dimampukan Tuhan melaksanakannya. Terkadang aku mau menyerah dalam melayani di Pearl dan BRG. Menjadi istri dan ibu kadang terasa berat, apalagi pas di kantor lagi hectic. Duh. Pulang kantor dah tepar rasanya. Melihat Debora aku diingatkan untuk percaya kalau Tuhan yang akan memampukan, beri hikmat dan kekuatan.

Aplication
✔️ Tetap lakukan bagianku dengan sukacita.
✔️ Aku harus terus melekat sama Tuhan. Supaya dimampukan berbuah.

Prayer
Tuhan, tolong aku saat aku capek untuk mempercayai ada kekuatan baru di dalam Tuhan. Seperti Debora yang Tuhan mampukan melayani di dlama rumah dan luar rumah. Tolonglah aku juga Tuhan. Amin.

Hakim-hakim 3

Scripture      
Hakim-hakim 3:7 (TB)  Orang Israel melakukan apa yang jahat di mata TUHAN, mereka melupakan TUHAN, Allah mereka, dan beribadah kepada para Baal dan para Asyera.

Observation
Berkali-kali hakim silih berganti :Otniel, Ehud, Samgar, dll. Bangsa Israel hanya sesaat saja bertobat,lalu kembali melakukan yang jahat di mata Tuhan. Pertobatan mereka hanya penyesalan sesaat tanpa perubahan hidup.

Aplication
✔️ Gak boleh gitu Meg. Kalau bertobat, jangan kembali ke dosa lama.

Prayer
Tuhan, tolong aku mengalami pertobatan yang sejati. Amin.

Palangka Raya, 2 Agustus 2019
-Mega Menulis-

Hakim-hakim 1-2

Hakim-hakim 1

Scripture      
Hakim-hakim 1:21 (TB)  Tetapi orang Yebus, penduduk kota Yerusalem, tidak dihalau oleh bani Benyamin, jadi orang Yebus itu masih diam bersama-sama dengan bani Benyamin di Yerusalem sampai sekarang.

Observation & Aplication
Tuhan telah meminta orang Israel menyingkirkan orang Kanaan tapi banyak yang gak taat :
1. Benyamin - Yebus
2. Manasye - Bet Sean, Taanakh, Dor, Yibleam, Megido
3. Efraim - Gezer
4. Zebulon - Kitron, Nahalol
5. Asyer - Ako
6. Naftali - Bet Semes, Bet Anas
7. Dan-Amori
Tuhan gak mau orang Israel hidup berdampingan dengan bangsa yang gak mengenal Allah. Itu akan memengaruhi mereka dan membawa mereka ke dalam dosa. Tapi mereka gak taat.

Aku diingatkan untuk gak hidup berdampingan dengan dosa. Taat sama Tuhan berarti menjauhi dosa.

Prayer   
Tuhan, aku sering lemah dan jatuh ke dalam dosa. Ampuni aku Tuhan dan jangan biarkan aku tinggal tetap dalam dosa. Aku mau menjauh dari dosa dan taat sama Tuhan. Amin.

Hakim-hakim 2

Scripture      
Hakim-hakim 2:2-3 (TB)  tetapi janganlah kamu mengikat perjanjian dengan penduduk negeri ini; mezbah mereka haruslah kamu robohkan. Tetapi kamu tidak mendengarkan firman-Ku. Mengapa kamu perbuat demikian? 
Lagi Aku telah berfirman: Aku tidak akan menghalau orang-orang itu dari depanmu, tetapi mereka akan menjadi musuhmu dan segala allah mereka akan menjadi jerat bagimu."

Observation
Sejak awal Tuhan sudah meminta orang Israel menaati mereka dan mengatakan konsekuensi kalau mereka gak taat tapi mereka tetap gak taat. Akhirnya, Tuhan membiarkan mereka menerima konsekuensi dari ketidaktaatan mereka. Ya Tuhan mengampuni setiap dosa kita, tapi ada harga yang harus dibayar dari ketidaktaatan. Allah tidak membiarkan diriNya dipermainkan, apa yang ditabur orang, itu yang akan dituainya. Yang dituai pasti berlimpah.

Aplication
✔️ Aku bisa minta ampun dari dosa yang aku lakukan, tapi efeknya harus aku tanggung. Kadang yang menanggung bukan cuma aku, tapi juga berdampak ke orang lain. Stop gak taat Meg!

Prayer
Tuhan, terima kasih karena mengampuni dosa dan mengajarkan ada harga buat ketidaktaatan. Tolong aku untuk menaatiMu. Amin.

Palangka Raya, 1 Agustus 2019
-Mega Menulis-

Kisah Para Rasul 27-28

Kisah Para Rasul 27

Scripture      
Kisah Para Rasul 27:35-36 (TB)  Sesudah berkata demikian, ia mengambil roti, mengucap syukur kepada Allah di hadapan semua mereka, memecah-mecahkannya, lalu mulai makan.
Maka kuatlah hati semua orang itu, dan mereka pun makan juga.

Observation
Dalam keadaan demikian Paulus mengucap syukur, dan kuatlah hati semua orang. Mengucap syukur menguatkan hati ternyata. Stop selfpity. Stop mengeluh.

Aplication
✔️ Sekalipun ada masalah, aku mau tetap mengucap syukur.

Prayer
Tuhan, biarlah ucapan syukurku mampu menguatkan hatiku bahkan orang lain. Mampukan aku mengucap syukur dalam segala hal ya Tuhan. Amin.

Kisah Para Rasul 28

Scripture      
Kisah Para Rasul 28:24 (TB)  Ada yang dapat diyakinkan oleh perkataannya, ada yang tetap tidak percaya.

Observation
Respon setiap orang saat mendengar pemberitaan Injil berbeda-beda. Tapiiii.... Paulus tetap setia memberitakan Injil. Gak ada yang tahu bagaimana respon setiap orang saat aku memberitakan Injil atau melayani, tapi bagianku adalah tetap setia. Mungkin bukan aku yang akan menuai sekalipun aku menabur, tapi tetap harus setia.

Aplication
✔️ Tetap kerjakan bagianku dengan setia dan sukacita.

Prayer
Tuhan, aku mau bersukacita mengerjakan apa yang Tuhan percayakan. Respon orang lain bukanlah bagianku. Aku mau tetap setia sampai akhir. Amin.

Palangka Raya, 28 Juli 2019
-Mega Menulis-

1 Samuel 17-18

1 Samuel 17 Scripture        1 Samuel 17:15, 37 (TB)  Tetapi Daud selalu pulang dari pada Saul untuk menggembalakan domba ayahnya di Bet...