.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Sunday, August 4, 2019

Hakim-hakim 1-2

Hakim-hakim 1

Scripture      
Hakim-hakim 1:21 (TB)  Tetapi orang Yebus, penduduk kota Yerusalem, tidak dihalau oleh bani Benyamin, jadi orang Yebus itu masih diam bersama-sama dengan bani Benyamin di Yerusalem sampai sekarang.

Observation & Aplication
Tuhan telah meminta orang Israel menyingkirkan orang Kanaan tapi banyak yang gak taat :
1. Benyamin - Yebus
2. Manasye - Bet Sean, Taanakh, Dor, Yibleam, Megido
3. Efraim - Gezer
4. Zebulon - Kitron, Nahalol
5. Asyer - Ako
6. Naftali - Bet Semes, Bet Anas
7. Dan-Amori
Tuhan gak mau orang Israel hidup berdampingan dengan bangsa yang gak mengenal Allah. Itu akan memengaruhi mereka dan membawa mereka ke dalam dosa. Tapi mereka gak taat.

Aku diingatkan untuk gak hidup berdampingan dengan dosa. Taat sama Tuhan berarti menjauhi dosa.

Prayer   
Tuhan, aku sering lemah dan jatuh ke dalam dosa. Ampuni aku Tuhan dan jangan biarkan aku tinggal tetap dalam dosa. Aku mau menjauh dari dosa dan taat sama Tuhan. Amin.

Hakim-hakim 2

Scripture      
Hakim-hakim 2:2-3 (TB)  tetapi janganlah kamu mengikat perjanjian dengan penduduk negeri ini; mezbah mereka haruslah kamu robohkan. Tetapi kamu tidak mendengarkan firman-Ku. Mengapa kamu perbuat demikian? 
Lagi Aku telah berfirman: Aku tidak akan menghalau orang-orang itu dari depanmu, tetapi mereka akan menjadi musuhmu dan segala allah mereka akan menjadi jerat bagimu."

Observation
Sejak awal Tuhan sudah meminta orang Israel menaati mereka dan mengatakan konsekuensi kalau mereka gak taat tapi mereka tetap gak taat. Akhirnya, Tuhan membiarkan mereka menerima konsekuensi dari ketidaktaatan mereka. Ya Tuhan mengampuni setiap dosa kita, tapi ada harga yang harus dibayar dari ketidaktaatan. Allah tidak membiarkan diriNya dipermainkan, apa yang ditabur orang, itu yang akan dituainya. Yang dituai pasti berlimpah.

Aplication
✔️ Aku bisa minta ampun dari dosa yang aku lakukan, tapi efeknya harus aku tanggung. Kadang yang menanggung bukan cuma aku, tapi juga berdampak ke orang lain. Stop gak taat Meg!

Prayer
Tuhan, terima kasih karena mengampuni dosa dan mengajarkan ada harga buat ketidaktaatan. Tolong aku untuk menaatiMu. Amin.

Palangka Raya, 1 Agustus 2019
-Mega Menulis-

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir, silakan tinggalkan komentar ya.

2 Raja-Raja 13-14

2 Raja-raja 13 Scripture 2 Raja-raja 13:11 (TB)  Ia melakukan apa yang jahat di mata TUHAN. Ia tidak menjauh dari segala dosa yang disuru...