.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Sunday, August 11, 2019

Hakim-hakim 11-12

Hakim-hakim 11

Scripture      
Hakim-hakim 11:1 (TB)  Adapun Yefta, orang Gilead itu, adalah seorang pahlawan yang gagah perkasa, tetapi ia anak seorang perempuan sundal; ayah Yefta ialah Gilead.

Observation
Yefta adalah anak perempuan sundal, tetapi Alkitab menyaksikan bahwa ia adalah pahlawan gagah perkasa. Latar belakang seseorang bisa menjadi faktor penyebab dia gagal atau terpuruk di masa depannya, tapi itu gak menghalangi karya Tuhan di dalam hidup seseorang. Yefta bisa saja terus-menerus merasa tertolak, rusak gambar dirinya dan sakit hati. Tetapi Yefta taat sama Tuhan dan Tuhan jadikan dia pahlawan gagah perkasa. Ketaatan Yefta sama Tuhan dapat dilihat dari bagaimana Yefta membawa perkaranya di hadapan Tuhan dan bagaimana dia memenuhi nazarnya kepada Tuhan.

Terkadang aku ngerasa gak mampu melakukan ini itu, gak berani juga bermimpi besar karena ngerasa aku orang yang biasa-biasa aja. Lewat kisah Yefta seakan-akan diingatkan kalau aku dipanggil Tuhan untuk taat dan Dia sanggup menjadikanku apapun yang Tuhan mau, aku gak boleh membatasi Tuhan. Akhir-akhir ini Tuhan ingatkan mimpiku dulu buat kuliah S2, suami malahan yang kasih wacana ini dan support aku. Tapi aku ngerasa keadaan sekarang gak mendukung, gak sanggup dari segi biaya, waktu, belum lagi konsentrasi ngurus anak, suami dan rumah. Ada juga kekuatiran sekolah lagi akan mengganggu kerjaan dan karir.

Aplication
✔️ Aku harus taat sama Tuhan dan membawa semua perkara pada Tuhan, jangan mengandalkan pemikiranku sendiri.

Prayer
Tuhan, Tuhan yang paling tahu isi hatiku. Melampaui kebutuhan bahkan keinginan, Tuhan selalu berikan yang terbaik. Aku mau menerima apa saja pemberian Tuhan dan taat pada apapun yang Tuhan mau aku kerjakan. Amin.

Hakim-hakim 12

Scripture      
Hakim-hakim 12:7 (TB)  Yefta memerintah sebagai hakim atas orang Israel enam tahun lamanya. Kemudian matilah Yefta, orang Gilead itu, lalu dikuburkan di sebuah kota di daerah Gilead.

Observation
Secara umum, kitab Hakim-hakim mencatat begitu banyak nama hakim yang memerintah Israel dan berapa tahun ia memimpin, silih berganti demikian saja. Hanya beberapa orang yang kisahnya tercatat berbeda, lebih panjang dan detail, yakni mereka yang hidup taat sama Tuhan dan yang hidup menentang Tuhan. Ini sepertinya mengajarkan ke aku untuk memilih, mau hidup seperti apa?
Taat sama Tuhan?
Menentang Tuhan?
Suam-suam kuku? Yang kadang taat, kadang nggak.

Aplication
✔️ Ada banyak orang yang menikah. Ada banyak ibu di dunia. Ada banyak orang yang menjadi PNS. Apakah aku mau menjadi yang taat sama Tuhan, menentang Tuhan atau suam-suam kuku? Aku mau sama Tuhan.

Prayer
Tuhan, biarlah ketaatanku sama Tuhan menjadi kesaksian bagi orang lain. Hidupku gak biasa karena aku hidup menaatiMu. Amin.

Palangka Raya, 6 Agustus 2019
-Mega Menulis-

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir, silakan tinggalkan komentar ya.

2 Raja-Raja 13-14

2 Raja-raja 13 Scripture 2 Raja-raja 13:11 (TB)  Ia melakukan apa yang jahat di mata TUHAN. Ia tidak menjauh dari segala dosa yang disuru...