.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Sunday, August 11, 2019

Hakim-hakim 15-16

Hakim-hakim 15

Scripture      
Hakim-hakim 15:11 (TB)  Kemudian turunlah tiga ribu orang dari suku Yehuda ke gua di gunung batu Etam dan berkata kepada Simson: "Tidakkah kauketahui, bahwa orang Filistin berkuasa atas kita? Apakah juga yang telah kauperbuat terhadap kami?" Tetapi jawabnya kepada mereka: *"Seperti mereka memperlakukan aku, demikianlah aku memperlakukan mereka."*

Observation
Simson berkata akan memperlakukan orang Filistin sama seperti mereka memperlakukan dia. Simson punya semangat tinggi dalam membalas dendam. Aku berandai-andai, KALAU Simson gak emosian dan mencari keributan dengan orang Filistin, apakah keributan antara mereka akan berhenti?

Aku juga sama, sedang berpikir untuk memperlakukan orang lain sama seperti dia memperlakukan aku. Pikiran jadi gak tenang, ingin melihat orang tersebut merasakan apa yang aku rasakan. Ingin melakukan yang dia lakukan ke aku juga. Tapi membaca kisah Simson kok ngenes amat ya, yang ada akibatnya adalah pembunuhan, kerusakan dan kehancuran.

Aplication
✔️ Jangan ingin membalas dendam Meg! Itu akan merugikan diri sendiri. Gak akan ada habisnya.
✔️ Stop membenci, mulai mengasihi.
✔️ Seharusnya aku baik ke orang lain bukan tergantung cara orang lain memperlakukanku.

Prayer
Tuhan, Engkau tahu apa yang ada di hatiku. Betapa besar keinginan untuk memperlakukan orang ini seperti dia memperlakukanku. Tolong aku Tuhan, mampukan aku mengasihi. Amin.

Hakim-hakim 16

Scripture      
Hakim-hakim 16:20 (TB)  Lalu berserulah perempuan itu: "Orang Filistin menyergap engkau, Simson!" Maka terjagalah ia dari tidurnya serta katanya: "Seperti yang sudah-sudah, aku akan bebas dan akan meronta lepas." Tetapi tidaklah diketahuinya, bahwa TUHAN telah meninggalkan dia.

Observation
Simson terus mengulangi kesalahannya dan tinggal tetap dalam kebodohannya, akibatnya Tuhan meninggalkan dia. Aneh melihat Simson gak jera ditipu seorang wanita bahkan gak tahan mendengar rengekan wanita. Pola yang sama terjadi dengan wanita sundal ini dengan sebelumnya, dengan istrinya. Simson terus mengikuti hawa nafsunya pada wanita sehingga menjadi bodoh dan ditinggalkan Tuhan. Menyedihkan sekali Simson sampai gak menyadari telah ditinggalkan Tuhan.

Aplication
✔️ Aku gak boleh menyerah pada hawa nafsu sehingga terus-menerus berbuat dosa yang sama.
✔️ Dosa melunturkan kepekaan dalam menyadari ketidkhadiran Tuhan. Bisa saja aku seperti Simson yang hanya merasa Tuhan beserta, padahal Tuhan sudah meninggalkah dia.

Prayer
Tuhan, ajar aku lebih menghargai hadirat Tuhan sehingga gak melakukan yang mendukakan Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 8 Agustus 2019
-Mega Menulis-

No comments:

Mikha 2 & Mikha 3

Mikha 2 Scripture        Mikha 2:6 (TB)  "Janganlah ucapkan nubuat," kata mereka itu, "orang tidak mengucapkan nubuat sepe...