.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Sunday, August 11, 2019

Hakim-hakim 17-18

Hakim-hakim 17

Scripture      
Hakim-hakim 17:6 (TB)  Pada zaman itu tidak ada raja di antara orang Israel; setiap orang berbuat apa yang benar menurut pandangannya sendiri.

Observation
Gak ada raja berarti ga ada pemimpin di antara orang Israel, ini menjadi alasan orang Israel hidup seenaknya, mereka melakukan yang benar menurut dirinya sendiri. Orang Israel lupa kalau Allah sendiri yang ingin memerintah mereka, ada hukum yang sudah diberikan Allah melalui Musa. Ini artinya mereka memilih mengabaikan hukum Tuhan.

Saat aku memilih mengabaikan firman Tuhan, aku sedang berlaku sama seperti orang Israel. Saat aku melakukan sesuatu hanya berdasarkan hikmatku, apa yang benar menurutku, berarti Tuhan gak menjadi raja atas hidupku.

Aplication
✔️ Aku harus kembali pada firman Tuhan dan taat.

Prayer
Tuhan, aku mau menaati firmanMu dalam segala hal, karena Engkaulah raja atas hidupku. Tolong aku untuk taat ya Tuhan. Amin.

Hakim-hakim 18

Scripture      
Hakim-hakim 18:9 (TB)  Jawab mereka: "Bersiaplah, marilah kita maju menyerang mereka, sebab kami telah melihat negeri itu, dan memang sangat baik. Masakan kamu tinggal diam! Janganlah bermalas-malas untuk pergi memasuki dan menduduki negeri itu.

Observation
Bani Dan dijanjikan hal yang sama dengan suku lain tapi mereka belum menerima negeri yang dijanjikan akibat kemalasan mereka, mereka gak mau berperang dan hanya diam.
Kenapa mereka gak mau berperang?
- mungkin terlalu nyaman dengan kondisi saat itu
- berperang dianggap beresiko
- malas

Kalau aku mau janji Tuhan terjadi dalam hidupku, aku harus berjuang, gak boleh bermalas-malasan dan diam. Gak boleh hanya menikmati zona nyaman, harus terus berusaha sampai janji Tuhan digenapi. Gimana aku mau bertumbuh secara rohani kalau baca Alkitab malas? Gimana anak-anakku takut akan Tuhan, kalau aku gak berikan teladan dan membawa mereka kenal Tuhan? Gimana punya pernikahan yang manis dan berbuah kalau aku gak mau berubah?

Aplication
✔️ Gak boleh malas Meg! Apa janji Tuhan dalam hidupmu? Berjuang dan berdoa sampai itu terjadi. Usaha tanpa doa itu sia-sia, doa tanpa usaha itu bohong.

Prayer
Tuhan, aku mau tekun berdoa dan berusaha sampai janji Tuhan tergenapi. Jangan biarkan aku bermalas-malasan Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 9 Agustus 2019
-Mega Menulis-

No comments:

Mikha 2 & Mikha 3

Mikha 2 Scripture        Mikha 2:6 (TB)  "Janganlah ucapkan nubuat," kata mereka itu, "orang tidak mengucapkan nubuat sepe...